10 Rekomendasi Pasta Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pasta Maker Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda pencinta pasta? Kalau begitu, sebaiknya Anda menyediakan mesin pembuat pasta atau pasta maker di rumah. Bagi Anda yang pemula, mungkin akan bingung dalam memilihnya. Apalagi sekarang banyak merek terkenal seperti Shuma, Oxone, dan Phillips yang meluncurkan produk pasta maker dengan berbagai keunggulan.

Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih serta memberikan rekomendasi produk-produk pasta maker yang bagus untuk Anda. Ayo, membuat pasta yang enak dengan pasta maker terbaik pilihan Anda!

Daftar isi

Cara memilih pasta maker

Pasta maker merupakan perkakas dapur yang barangkali masih terasa asing bagi sebagian orang. Bagi Anda yang memutuskan untuk memiliki alat ini, ada beberapa poin yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum membelinya. Dengan memperhatikan poin-poin ini, tentu Anda akan mendapatkan manfaat pasta maker secara optimal.

Pilih tipe elektrik atau tipe manual, tergantung frekuensi penggunaan

Pilih tipe elektrik atau tipe manual, tergantung frekuensi penggunaan

Secara garis besar, ada 2 tipe pasta maker, yaitu tipe elektrik dan tipe manual. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan dari pasta maker tipe manual adalah Anda dapat merasakan sendiri sensasi menyenangkan dalam membuat pasta. Akan tetapi, tipe ini lebih direkomendasikan bagi Anda yang membuat pasta untuk konsumsi sendiri di rumah karena Anda akan membutuhkan waktu cukup lama untuk membuat pasta dengan tipe manual ini.

Di sisi lain, kami merekomendasikan pasta maker tipe elektrik untuk Anda yang ingin membuat pasta untuk usaha atau Anda yang tidak ingin repot saat membuat pasta. Kekurangan tipe ini adalah harganya yang cukup mahal. Walau begitu, dengan pasta maker ini, Anda dapat menghemat waktu lebih banyak sehingga banyak pekerjaan rumah lain yang dapat Anda selesaikan.

Pilih yang memiliki pengaturan ketebalan agar tekstur pasta merata

Pilih yang memiliki pengaturan ketebalan agar tekstur pasta merata

Saat membuat pasta, sangat penting untuk memperhatikan ketebalannya. Jika ketebalan hasil akhir pasta berbeda, tekstur pasta saat dimakan juga akan berbeda. Ketebalan yang tidak seragam pada pasta memang bisa menjadi bukti bahwa pasta tersebut benar-benar home made. Namun, tentu saja akan lebih baik jika ketebalan pasta seragam, bukan?

Roller pada pasta maker adalah bagian yang membuat hasil akhir pasta memiliki ketebalan yang seragam. Akan lebih baik bila pasta maker yang Anda pilih memiliki roller yang dapat diatur. Dengan begini, Anda akan lebih mudah mengatur ketebalan pasta buatan Anda sesuai selera.

Pilih yang memiliki banyak tipe pisau agar lebar pasta bisa disesuaikan

Pilih yang memiliki banyak tipe pisau agar lebar pasta bisa disesuaikan

Pasta maker biasanya sudah dibekali paling tidak 2 tipe pisau dengan lebar potongan yang berbeda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menikmati beberapa variasi ukuran pasta hanya dengan mengganti tipe pisau.

Jika Anda ingin membuat banyak variasi ukuran pasta, kami merekomendasikan Anda untuk memilih pasta maker yang dilengkapi dengan banyak tipe pisau. Bila tidak, Anda dapat membeli pisau tambahan yang kompatibel dengan pasta maker Anda.

Pilih yang dapat dilepas part-nya agar lebih mudah dibersihkan

Pilih yang dapat dilepas part-nya agar lebih mudah dibersihkan

Dalam pengolahan bahan makanan, kebersihan adalah hal yang utama. Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh higienis, kesehatan Anda pun senantiasa terjaga. Karena itu, kebersihan alat dapur Anda juga harus diperhatikan. Saat ini, terdapat banyak pasta maker yang dapat dilepas setiap bagiannya sehingga lebih memudahkan Anda untuk menjaga kebersihannya.

Mengingat eratnya hubungan antara kebersihan makanan dengan kesehatan, akan lebih baik jika Anda memilih pasta maker yang tidak sulit untuk dibersihkan.

Pilih ukuran dan berat yang sesuai untuk kemudahan pemakaian

Pilih ukuran dan berat yang sesuai untuk kemudahan pemakaian

Setiap produk pasta maker memiliki ukuran dan berat yang berbeda. Mau Anda letakkan di dalam lemari dapur, atau diletakkan begitu saja di atas rak dapur, Anda harus memperhatikan ukurannya karena pasta maker cukup memakan tempat di dapur.

Selain ukuran, memperhatikan berat pasta maker juga tidak kalah penting Jika alatnya terlalu berat, penggunaannya jadi tidak praktis dan bisa saja malah membuat Anda kesulitan. Jika terlalu ringan, alat pun menjadi tidak stabil saat digunakan. Untuk penggunaan di rumah, bila memungkinkan pilihlah pasta maker dengan berat 2-4 kg saja.

10 Rekomendasi pasta maker terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi pasta maker pilihan kami yang tidak hanya dapat Anda gunakan untuk membuat masakan rumahan saja, tetapi juga untuk membuka usaha jika Anda menginginkannya. Jangan sampai salah pilih, ya!

10. Phillips Viva Collection Pasta and Noodle Maker HR2332

10. Phillips Viva Collection Pasta and Noodle Maker HR2332

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.100.000

Bikin pasta tanpa buang waktu dan tenaga

Membuat adonan pasta yang sempurna, biasanya memerlukan waktu yang cukup lama. Namun, Anda tidak perlu buang waktu bila memiliki produk yang satu ini. Tinggal campurkan saja bahan adonan ke dalam tempat pengaduknya, lalu tekan tombol pengolahnya. Mesin ini akan membuatkan pasta dengan tekstur yang mantap untuk Anda tanpa perlu buang tenaga dan waktu.

Mesin yang dilengkapi dengan cetakan spaghetti, penne, dan fetuccine ini berdesain compact sehingga praktis saat disimpan. Bagi Anda yang ingin membuat home made pasta untuk dinikmati sekeluarga, pasta maker elektrik keluaran Phillips ini akan sangat cocok. Tempat adonannya yang tidak terlalu besar juga memastikan Anda tidak akan kebanyakan membuat pasta, jadi tidak mubazir.

9. Willman Noodle Maker DJJ 200

9. Willman Noodle Maker DJJ 160

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.875.000

Hasilkan pasta langsung dalam jumlah banyak

Walau produk ini terdaftar sebagai noodle maker, nyatanya produk tipe elektrik ini juga dapat membuat pasta. Dengan tray adonan yang begitu lebar, membuat pasta dalam jumlah banyak tidak lagi memberatkan karena tidak memerlukan waktu yang lama. Bahan pembuatnya kuat dan antikarat sehingga Anda dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama.

Dengan kinerja yang luar biasa, mesin ini memang berukuran besar dan berbobot cukup berat sehingga mobilitasnya rendah. Jadi, jangan lupa sediakan tempat khusus untuk penyimpanannya ini sebelum membelinya, ya! Meski dapat digunakan untuk keperluan rumah tangga, produk ini tentu akan lebih bermanfaat di tangan Anda yang ingin memulai bisnis kuliner pasta atau mi.

8. Oxone Electric Noodle Machine OX-355EC

8. Oxone Electric Noodle Machine OX-355EC

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.700.000

Pasta maker elektrik yang minimalis? Ini dia!

Kebingungan mencari pasta maker elektrik yang minimalis? Cobalah pasta maker elektrik dari Oxone yang berbahan stainless steel berkualitas dan tahan lama ini. Bentuknya yang minimalis dan compact dapat menghemat ruang penyimpanan di dapur Anda. Meski simpel, produk ini sudah lengkap dengan 7 pengaturan tingkat ketebalan pasta yang dapat Anda atur sesuai keinginan.

Dengan mesin ini, membuat pasta jadi tidak melelahkan, lebih mudah, dan cepat. Mesin ini juga mudah untuk dibersihkan dan dirawat karena strukturnya yang sederhana. Karena memiliki ukuran mesin yang kecil, mesin ini hanya mampu untuk memproduksi pasta dalam kuantitas terbatas. Meski begitu, pasti cukup kok, kalau hanya untuk sekedar memuaskan perut Anda sekeluarga.

7. Ossel Giling Mie Listrik JCD-6

7. Ossel Giling Mie Listrik JCD-6 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.300.000

Si hemat listrik yang berdiri lebih stabil saat digunakan

Satu lagi pasta maker elekrik minimalis yang cocok melengkapi dapur Anda. Daya yang digunakannya pun hanya 40 watt saja. Cocok untuk Anda yang sering membuat pasta di rumah. Seluruh bodi, penggiling, dan pisau pemotongnya terbuat dari bahan stainless steel antikarat sehingga lebih tahan lama. Berkat hal itu, hasil potongan pasta pun bisa lebih rapi.

Ketebalannya pun dapat diatur dengan menyetel kenop penggilingnya sesuai keinginan Anda. Agar dapat berdiri stabil di tempatnya selama digunakan, kaki-kaki mesin dilapisi bantalan karet. Mesin ini juga dilengkapi dengan plate sebagai tempat meletakkan adonan, jadi Anda tidak perlu lagi menahan adonan dengan tangan selama proses penggilingan dan pemotongan adonan.

6. Oxone Noodle Machine OX-355AT

6. Oxone Noodle Machine

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 228.000

Tipe manual dengan material yang kuat dan antikarat

Seperti produk Oxone lainnya, alat ini dibuat dengan bahan stainless steel yang kuat dan tahan lama karena antikaratnya. Dilengkapi gagang penggiling yang kokoh dengan putaran lebih smooth, Anda dapat menggiling adonan tanpa perlu membuang banyak tenaga. Ditambah lagi, pisau pemotongnya yang tajam menjamin pasta Anda terpotong dengan rapi.

Dengan kenop yang tersedia, Anda dapat mengatur ketebalan adonan pasta hingga 7 tingkat. Setelah menggunakannya, Anda dapat melepas penggiling dan pisaunya agar lebih mudah membersihkannya. Dengan beratnya yang hanya 3 kg Anda dapat dengan mudah membawa dan menyimpannya. Bila Anda ingin pasta maker yang praktis dan berkualitas, Oxone jagonya!

5. Vicenza Pasta Machine V-150AT

5. Vicenza Pasta Machine V-150AT

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 235.000

Terbuat dari bahan yang dapat menjaga citarasa pasta Anda!

Alat ini memang didesain seperti pasta maker manual pada umumnya, tetapi ada 1 perbedaan besar. Pasta maker ini terbuat dari stainless steel berlapis krom yang kuat dan antikarat. Bagi Anda yang menginginkan hasil pasta dengan rasa optimal, produk ini jawabannya. Itu karena paduan material logam tersebut tidak akan meninggalkan bau anyir khas besi pada adonan.

Gagang penggiling berulir yang kuat membuat tangan Anda tidak mudah tergelincir ketika memipihkan dan memotong adonan. Pisau yang tajam juga menjadikan pemotongan adonan jadi lebih mudah. Dilengkapi dengan pengaturan ketebalan adonan pasta hingga 7 tingkatan, alat ini juga mudah dibersihkan karena unit pemotong dan penggiling adonannya dapat dilepas.

4. Shuma Pasta & Noodle Machine Classico AM150

4. Shuma Pasta & Noodle Machine Classico AM150

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 220.000

9 tingkat pengaturan ketebalan pasta untuk kreasi pasta yang lebih beragam

Pasta maker ini memang memiliki desain klasik yang lebih sederhana dari pasta maker lainnya. Meski begitu, kualitasnya terjamin karena terbuat dari bahan stainless steel bekualitas antikarat sehingga produk bisa berumur panjang. Uniknya, pasta yang dihasilkannya dapat diatur ketebalannya hingga 9 tingkat. Cocok untuk Anda yang ingin berkreasi lebih dengan tekstur pasta.

Dengan batang penggiling adonan yang terbuat dari baja berlapis nikel serta pedal dari bahan plastik ABS (akrilonitril butadiena stiren), putarannya semakin mulus dan nyaman untuk digenggam. Saat tidak digunakan, batang penggiling dan pedalnya bisa dilepas sehingga hanya tersisa bodi utama yang compact saja. Penyimpanan pun jadi lebih mudah dan hemat tempat.

3. Marcato Pasta Making Machine Atlas 150

3. Marcato Pasta Making Machine Atlas 150

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 245.000

Teknologi dari Italia untuk masakan pasta yang lebih kaya rasa

Pasta maker buatan Italia ini memiliki teknologi yang dapat membuat masakan pasta Anda lebih kaya rasa. Teknologi tersebut berada di permukaan penggiling yang dibuat kasar agar adonan yang dihasilkan berpori sehingga bumbu-bumbu yang Anda gunakan juga mudah meresap. Pada kaki alat ini juga dilengkapi easy-to-fit clamp dan lapisan karet yang menjaga kestabilannya.

Untuk ketebalan, alat ini memiliki 10 tingkat pengaturan ketebalan yang mudah diatur. Alat ini pun dilengkapi dengan 13 tipe cetakan pasta tambahan yang memungkinkan Anda membuat banyak variasi pasta. Cocok bagi Anda yang tidak hanya mementingkan rupa pasta, tetapi juga citarasanya. Pasta seperti buatan chef profesional pun kini bisa dihasilkan di dapur Anda.

2. Nagako Pasta Maker ATL 150

2. Nagako Pasta Maker ATL 150

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 132.500

Pasta maker ekonomis dengan fitur standar lengkap

Sedang mencari pasta maker berfitur standar lengkap dan berkualitas dengan harga ekonomis untuk pemakaian di rumah? Pasta maker ini bisa jadi pilihan Anda. Walau harganya murah, pasta maker ini terbuat dari bahan antikarat yang membuatnya tahan lama untuk digunakan. Setiap bagian alat ini juga kokoh sehingga Anda tidak perlu khawatir alatnya rusak selama penggunaan.

Dilengkapi dengan penggiling adonan yang dapat diatur untuk menghasilkan ketebalan adonan sesuai selera, pisau pemotongnya juga bisa diandalkan untuk hasil potongan adonan yang lebih rapi. Alat ini juga mudah dibersihkan karena unit penggiling dan pemotongnya dapat dilepas. Lengkap dan terjangkau, produk ini pas juga sebagai starter pack bagi Anda yang masih pemula.

1. Signora Noodle Maker Motor

1. Signora Noodle Maker Motor

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.280.000

Manual dan elektrik dalam satu pasta maker

Pasta maker yang satu ini dilengkapi gagang pemutar manual dan motor listrik yang membuatnya dapat dioperasikan secara manual serta otomatis. Saat sedang mati listrik, Anda tetap dapat membuat pasta dengan nyaman. Ketika ingin cepat dan hemat tenaga, Anda dapat menggunakan tenaga listrik untuk mengoperasikannya. Pasta maker ini bisa diandalkan dalam berbagai situasi.

Terbuat dari paduan bahan logam berkualitas dan plastik yang kuat membuat alat ini berumur panjang. Adanya klem pengunci menjamin rangkaian alat ini tidak bergeser saat digunakan sehingga kegiatan membuat pasta bisa lebih lancar. Pasta maker yang sudah dilengkapi pengatur ketebalan ini cocok untuk Anda yang hobi membuat pasta di segala momen dan kondisi.

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pasta maker dan memperkenalkan rekomendasi produk-produk pilihan kami. Apakah Anda sudah menentukan pilihan Anda?

Pasta adalah makanan sejenis mi yang digemari banyak orang dari berbagai kalangan dan usia. Jadi, tidak ada salahnya Anda memiliki 1 unit pasta maker di dapur Anda. Dengan menggunakan pasta maker, Anda dapat menikmati berbagai pengalaman menarik dalam membuat pasta sendiri. Pilihlah pasta maker terbaik versi Anda dan buatlah pasta yang lezat untuk Anda sekeluarga!