• 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)

Sepatu jogging merupakan perlengkapan yang sangat dibutuhkan jika Anda menggemari olahraga lari. Merek ternama, seperti TOMKINS, New Balance, dan adidas menyediakan sepatu jogging yang bervariasi. Khusus untuk Anda yang mencari sepatu jogging pria, produk manakah yang tepat untuk dipilih?


Banyaknya sepatu running untuk pria memang bisa membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu lari dan merekomendasikan produk yang bagus untuk jogging. Selamat membaca dan mendapatkan sepatu jogging pria yang Anda butuhkan!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 05 Desember 2022
Daftar isi

Karakteristik dari sepatu jogging

Bila dilihat sekilas, sepatu jogging, sepatu training, dan sepatu kasual mungkin sulit dibedakan. Namun, ternyata ada perbedaan mendasar di antara ketiganya. Simak penjelasannya berikut ini.


  • Sepatu training dan sepatu kasual

Grip sepatu training didesain melekat ke permukaan untuk membuat kaki tetap seimbang ketika melakukan gerakan ke segala arah. Sementara itu, sepatu kasual lebih memprioritaskan segi visual daripada fungsionalnya karena dipakai untuk menunjang penampilan.


  • Sepatu jogging

Nah, sepatu jogging memiliki karakteristik sol lebih lentur dibandingkan sepatu training dan sepatu kasual. Hal tersebut dimaksudkan agar kaki tidak mudah lecet saat mengenakannya untuk jogging. Selain didesain dengan bantalan yang empuk, sepatu jogging juga mempunyai bobot yang ringan.

Cara memilih sepatu jogging untuk pria

Sebelum mengulas rekomendasi sepatu jogging terbaik untuk pria, kami akan memberitahu Anda mengenai cara memilihnya terlebih dahulu. Perhatikanlah poin-poin berikut ini agar Anda bisa memilih produk yang tepat.

Pilih ukuran berdasarkan panjang dan lingkar kaki

Bagian terpenting dari memilih sepatu jogging adalah memeriksa ukurannya. Oleh karena itu, pilihlah sepatu jogging dengan ukuran yang nyaman di kaki Anda.

Panjang kaki, beri ruang seukuran ibu jari

Panjang kaki, beri ruang seukuran ibu jari

Sepatu yang ukurannya sangat pas akan membuat jari kaki dan tumit langsung menyentuh sepatu. Sebaiknya, beri ruang lebih seukuran ibu jari agar jari kaki bebas bergerak. Selain itu, saat mencoba sepatu, kenakanlah kaus kaki yang biasa Anda pakai ketika jogging. Namun, jangan pilih sepatu yang terlalu besar karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan saat digunakan.


Nah, standar ukuran sepatu antara produsen lokal dan luar negeri biasanya berbeda. Meskipun nomor yang tertera sama, belum tentu ukuran aslinya juga sama. Bisa saja ukurannya lebih besar ataupun lebih kecil saat dikenakan di kaki Anda. Hal ini dikarenakan standar kaki orang di setiap negara yang berbeda. Untuk itu, telitilah dalam memilih, ya!

Lingkar kaki, sesuaikan dengan tabel yang tersedia

Lingkar kaki, sesuaikan dengan tabel yang tersedia

Selain panjang kaki, lingkar kaki juga perlu diperhatikan ketika hendak memilih sepatu. Lingkar kaki diukur secara melingkar menggunakan pita ukur, mulai dari ibu jari hingga luar kelingking yang paling menonjol. Setelah melakukan pengukuran, sesuaikan dengan tabel referensi yang disediakan oleh produsen. Sayangnya, tabel referensi mengenai lingkar kaki lebih sulit dijumpai dibandingkan ukuran sepatu. 


Di samping itu, terkadang aktivitas yang dilakukan seharian menyebabkan kaki sedikit membengkak pada sore hari. Jadi, Anda perlu mencoba sepatu sesuai dengan waktu saat Anda akan memakai sepatu tersebut. Jika Anda berencana jogging pada sore hari, cobalah sepatu tersebut ketika sore juga.

Periksa detail sepatu jogging

Jika Anda berencana membeli sepatu jogging langsung ke toko offline, jangan lupa untuk memeriksa detail sepatu tersebut. Dengan demikian, Anda pun bisa mendapatkan sepatu yang pas dan nyaman.

Tumpuan tumit, memengaruhi kenyamanan Anda saat berlari

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika mencoba sepatu jogging adalah kenyamanan di bagian tumit Anda. Bagian tumit yang kencang dapat membantu pergelangan kaki Anda lebih stabil saat berlari. Jadi, pilihlah sepatu yang bisa menopang tumit dengan kuat jika Anda ingin berlari dengan nyaman.

Keras empuknya outsole, memengaruhi keseimbangan dan stabilitas

Jika Anda mengutamakan keseimbangan dan stabilitas yang bagus, lihatlah sepatu dari atas. Apabila bagian sol terlihat lebih lebar dari bagian upper, itu artinya sepatu memiliki stabilitas yang baik.

Hal ini perlu diperhatikan, terutama bagi Anda yang menginginkan sepatu dengan sol yang agak keras. Sepatu dengan sol yang keras biasanya menghasilkan keseimbangan yang lebih bagus meskipun sepatu bersol empuk lebih banyak digemari.

Upper, bahan yang lembut dan breathable lebih nyaman digunakan

Dalam memilih upper sepatu jogging, penting untung mempertimbangkan bahan yang lembut, fleksibel, dan breathable. Bahan yang lembut dan fleksibel memungkinkan Anda bergerak dengan nyaman. Risiko kaki lecet tentunya akan lebih minim. Sementara, bahan yang breathable memungkinkan kaki Anda bernapas sehingga dapat meminimalkan bau kaki.

Pilih bobot sepatu dan jenis sol sesuai level lari

Bobot dan jenis sol sepatu lari untuk pemula dan profesional tentu akan berbeda. Jadi, selain bobot yang seimbang, Anda juga perlu memperhatikan jenis sol sesuai dengan level lari Anda.

Sol tebal, cocok untuk pemula

Jika Anda seorang pelari pemula, sebaiknya gunakan sepatu yang memiliki bantalan dengan bobot 250–280 gram untuk satu kaki. Anda bisa memilih sepatu lari yang mempunyai sol tebal. Ketebalan sol memberikan bantalan yang cukup sehingga kaki akan terlindung dari benturan.

Sol ringan, untuk pelari tingkat menengah dan profesional

Untuk pelari tingkat menengah dan profesional, pilih sepatu dengan bantalan sol yang lebih tipis. Sol yang tipis akan membuat kaki Anda terasa ringan saat berlari. Beberapa produk masa kini telah didesain dengan keempukan dan ketahanan yang kuat meskipun bantalan solnya tipis dan ringan.

10 Rekomendasi sepatu jogging terbaik untuk pria

    Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu jogging terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 23 November 2022:

Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa sepatu Leedo memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, sepatu TOMKINS yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 2 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee. 

Gambar produk
1
Leedo Sepatu Pria Sneakers Running Fashion Casual Kerja Hitam Polos F15-A 1

Leedo

2
TOMKINS Falcon 1

TOMKINS

3
910 Nineten  Haze 1.5 Sepatu Lari 1

910 Nineten

4
Eagle Space Run Eagle Shoes 1

Eagle

5
Ardiles Servo 1

Ardiles

6
adidas Pureboost 21 1

adidas

7
Piero Ergo All White 1

Piero

8
Puma Softride Enzo NXT Men's Running Shoes 1

Puma

9
New Balance Dynasoft UA900V1 Men's Running Shoes 1

New Balance

10
ASICS Gel-Nimbus 23 1

ASICS

Nama produk

Sepatu Pria Sneakers Running Fashion Casual Kerja Hitam Polos F15-A

Falcon

Haze 1.5 Sepatu Lari

Space Run Eagle Shoes

Servo

Pureboost 21

Ergo All White

Softride Enzo NXT Men's Running Shoes

Dynasoft UA900V1 Men's Running Shoes

Gel-Nimbus 23

Keunggulan

Sepatu model slip-on, mudah dikenakan

Desainnya menjorok ke atas, lari pun makin kencang

Sepatu dengan kapabilitas untuk lari maraton

Antilecet dengan soft collar lining

Jogging nyaman di alam terbuka dengan outsole yang tebal dan durable

Sepatu kualitas adidas dengan bahan ramah lingkungan

Outsole dengan daya cengkeram kuat, tiap langkah jadi lebih stabil

Nyaman maksimal untuk dipakai berolahraga

Warna abunya membuat tampilan tampak modern dan clean

Dapat berpendar, jogging saat malam hari bukan lagi masalah

Harga mulai dariRp 200.000,00Rp 459.000,00Rp 449.900,00Rp 369.900,00Rp 266.800,00Rp 2.100.000,00Rp 449.800,00Rp 1.199.000,00Rp 1.199.000,00Rp 2.399.000,00
Ukuran39–4436–44 39–4437–4538–44 7,5; 9,5; 10,539–437–107,5–117–12
Bahan upperTidak ada keteranganMesh foamMesh dengan teknologi protective upper tech dan seamlockSandwich mesh dan synthetic leatherMeshParley ocean plasticSintetik unggulanMesh, breathableTidak ada keteranganMesh, multi-directional
Bahan outsoleTidak ada keteranganPhylonRubber dengan airflexRubberRubberKaret, primeblueSNC foam dengan octogripRubber, softrideTidak ada keteranganFLYTEFOAM®, propel technology
Fitur tambahanxxInsole hexa cushPhylon midsole, soft collar liningxxInsole neo lite foamInsole softfoamMidsole DynaSoft ultra-responsif GEL™ technology cushioning, reflectivity, orthoLite™ X-55 sockliner
Tautan produk
10

ASICSGel-Nimbus 23

1011B004.007

Mulai dari Rp 2.399.000,00

Ukuran7–12
Bahan upperMesh, multi-directional
Bahan outsoleFLYTEFOAM®, propel technology
Fitur tambahanGEL™ technology cushioning, reflectivity, orthoLite™ X-55 sockliner
9

New BalanceDynasoft UA900V1 Men's Running Shoes

Mulai dari Rp 1.199.000,00

Ukuran7,5–11
Bahan upperTidak ada keterangan
Bahan outsoleTidak ada keterangan
Fitur tambahanMidsole DynaSoft ultra-responsif
8

PumaSoftride Enzo NXT Men's Running Shoes

Mulai dari Rp 1.199.000,00

Ukuran7–10
Bahan upperMesh, breathable
Bahan outsoleRubber, softride
Fitur tambahanInsole softfoam
7
Ukuran39–43
Bahan upperSintetik unggulan
Bahan outsoleSNC foam dengan octogrip
Fitur tambahanInsole neo lite foam
6
Ukuran7,5; 9,5; 10,5
Bahan upperParley ocean plastic
Bahan outsoleKaret, primeblue
Fitur tambahanx
5
Ukuran38–44
Bahan upperMesh
Bahan outsoleRubber
Fitur tambahanx
4
Ukuran37–45
Bahan upperSandwich mesh dan synthetic leather
Bahan outsoleRubber
Fitur tambahanPhylon midsole, soft collar lining
3

910 Nineten Haze 1.5 Sepatu Lari

Mulai dari Rp 449.900,00

Ukuran39–44
Bahan upperMesh dengan teknologi protective upper tech dan seamlock
Bahan outsoleRubber dengan airflex
Fitur tambahanInsole hexa cush
2
Ukuran36–44
Bahan upperMesh foam
Bahan outsolePhylon
Fitur tambahanx
1

LeedoSepatu Pria Sneakers Running Fashion Casual Kerja Hitam Polos F15-A

Mulai dari Rp 200.000,00

Ukuran39–44
Bahan upperTidak ada keterangan
Bahan outsoleTidak ada keterangan
Fitur tambahanx

Kapan waktu yang tepat mengganti sepatu lari?

Memang agak sulit untuk menentukan masa pakai sepatu lari yang sudah lama digunakan. Namun, Anda bisa mengikuti tips berikut ini sebagai patokan.

Estimasi jarak tempuh tiap sepatu adalah 800 km

Estimasi jarak tempuh tiap sepatu adalah 800 km

Pada umumnya, sepatu lari perlu diganti setelah menempuh jarak 800–1.000 km. Anda akan mudah menentukan masa pakai sepatu jika mengetahui jarak tempuh setiap kali Anda berlari


Coba gunakan smartwatch atau aplikasi untuk mengukur jarak tempuh. Dengan begitu, Anda akan mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti sepatu. Sebagai contoh, jika Anda berlari sejauh 10 km per hari, masa pakai sepatu adalah sekitar 2,5–3 bulan.

Perhatikan kondisi sol

Perhatikan kondisi sol

Anda juga dapat menentukan masa pakai sepatu lari dengan melihat kondisi solnya, terutama outsole dan midsole. Jika Anda merasa outsole makin menipis dan midsole tidak lagi terasa empuk, berarti sudah saatnya Anda mengganti sepatu. Sebaiknya Anda mengecek kondisi sol pada sepatu lari secara berkala.


Selain karena rusak, Anda juga bisa mengganti sepatu untuk meningkatkan motivasi dalam berlari. Anda bisa menantang diri Anda dengan menetapkan sebuah target. Jika target tersebut tercapai, Anda menghadiahi diri sendiri dengan sepatu lari yang baru. Ide bagus, bukan?

Baca juga rekomendasi perlengkapan jogging lainnya di sini

Selain sepatu jogging, ada beberapa perlengkapan lainnya yang bisa membuat performa lari Anda lebih maksimal. Anda bisa melengkapi diri dengan running watch, tas pinggang, atau sunglasses. Jika ingin tahu lebih detail, klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan cara memilih sepatu jogging untuk pria sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan sepatu lari yang tepat? Dalam olahraga lari, sepatu jogging tentu menjadi perlengkapan paling utama.

Pilihlah sepatu jogging Anda sebaik mungkin, sesuaikan dengan level lari, bujet, dan kenyamanan kaki Anda saat memakainya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih sepatu jogging!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2022)
    Lari adalah olahraga yang sederhana sebab tidak menggunakan banyak alat. Satu-satunya perlengkapan yang Anda perlukan adalah sepatu. Dengan sepatu yang nyaman, kegiatan lari akan lebih menyenangkan. Anda yang memiliki bujet ketat juga tak perlu khawatir. Pasalnya, ada banyak sepatu running yang bagus dengan harga di bawah 1 juta.Sebelum Anda membeli, kami akan memberikan beberapa tips untuk memilihnya. Kami juga merekomendasikan beberapa sepatu lari terbaik yang harganya tak lebih dari 1 juta rupiah. Diadora, adidas, dan Nike masuk dalam daftar review kami. Selamat menemukan running shoes yang pas di kantong!
    Running
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2022)
    Jogging adalah bentuk berlari dengan langkah santai. Jika dibandingkan dengan running, intensitas kecepatan pada jogging lebih lambat. Selain itu, gerakan pada lutut lebih sedikit terangkat dan lengan tidak perlu berayun terlalu banyak. Untuk itu, Anda membutuhkan sepatu yang tepat untuk mendukung aktivitas jogging Anda.Untuk Anda yang belum tahu karakteristik sepatu jogging, kami akan menjelaskannya di artikel ini. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk sepatu jogging terbaik dan yang bagus untuk wanita. Sepatu jogging merek Adidas, Nike, ASICS, dan League dapat Anda temukan pada rekomendasi kami di bawah ini.
    Running
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu jenis olahraga lari yang banyak digemari adalah trail running. Trail running merupakan olahraga lari dengan lintasan di alam bebas yang berbukit-bukit dan bukan di jalan beraspal. Olahraga ini memerlukan sepatu dengan sol khusus yang berciri waterproof, menggunakan sol tebal, dan berukuran lebih lebar.Pemula yang baru ingin mencoba trail running biasanya kebingungan memilih sepatu. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas cara memilih sepatu trail running terbaik. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus dari merek terkenal, seperti Eiger, Nike, HOKA, dan ASICS. Simak sampai habis, ya!
    Running
  • 10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kacamata Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, penggunaan sunglasses makin marak di kalangan pencinta olahraga lari atau maraton. Produk ini memiliki beragam manfaat sehingga direkomendasikan untuk dimiliki. Tersedia berbagai kacamata jogging di pasaran dengan filter UV, lensa, dan kepekatan warna yang berbeda-beda. Sudahkah Anda mengetahui tipe kacamata running yang Anda perlukan?Kami akan membantu Anda memahami cara memilih kacamata lari yang bagus. Kami juga telah menyeleksi produk-produk dari merek kenamaan, seperti EIGER dan Goodr yang dapat Anda beli secara online. Pastikan aktivitas lari Anda jadi makin nyaman dengan memiliki produk kacamata lari terbaik!
    Running
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari New Balance Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari New Balance Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Berlari adalah olahraga yang murah dan menyenangkan karena dapat dilakukan di mana saja dan tidak butuh banyak peralatan. Meski begitu, pakailah alas kaki yang tepat agar kaki tetap nyaman dan performa dapat optimal. Nah, Anda dapat memilih sepatu lari New Balance untuk menemani Anda berolah raga.New Balance telah memproduksi banyak sepatu lari baik untuk pria maupun wanita. Di sini kami akan membagikan tips memilih dan rekomendasi produk sepatu lari New Balance yang bagus, seperti Roav V1, Nitrel 4, dan 068. Makin penasaran, kan? Yuk, simak pembahasannya!
    Running
  • 10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tas Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mulai dari jogging santai hingga maraton, banyak pelari yang menggunakan tas lari. Tas khusus untuk lari sangat berguna untuk membawa peralatan pendukung Anda saat lari, misalnya obat-obatan dan handphone. Karena itu, kami akan membedah jenis-jenis tas lari dan merekomendasikan sepuluh tas lari yang bagus untuk Anda.Ada tas lari berjenis running backpack, hydration vest, arm band, dan tas pinggang yang bisa Anda pilih. Tas lari dari merek terbaik, seperti Consina, EIGER, Decathlon, dan Aonijie pun akan kami rekomendasikan. Yuk, simak informasinya!
    Running
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori