1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Running
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sepatu Jogging Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2023)

Sepatu jogging merupakan perlengkapan yang sangat dibutuhkan jika Anda menggemari olahraga lari. Merek ternama, seperti TOMKINS, New Balance, dan adidas menyediakan sepatu jogging yang bervariasi. Khusus untuk Anda yang mencari sepatu jogging pria, produk manakah yang tepat untuk dipilih?


Banyaknya sepatu running untuk pria memang bisa membuat Anda bingung menentukan pilihan. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu lari dan merekomendasikan produk yang bagus untuk jogging. Selamat membaca dan mendapatkan sepatu jogging pria yang Anda butuhkan!

Diperbaharui 12-11-2022
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Karakteristik dari sepatu jogging

Karakteristik dari sepatu jogging
Sumber: nike.com

Bila dilihat sekilas, sepatu jogging, sepatu training, dan sepatu kasual mungkin sulit dibedakan. Namun, ternyata ada perbedaan mendasar di antara ketiganya. Simak penjelasannya berikut ini.


  • Sepatu training dan sepatu kasual

Grip sepatu training didesain melekat ke permukaan untuk membuat kaki tetap seimbang ketika melakukan gerakan ke segala arah. Sementara itu, sepatu kasual lebih memprioritaskan segi visual daripada fungsinya karena dipakai untuk menunjang penampilan.


  • Sepatu jogging

Nah, sepatu jogging memiliki karakteristik sol lebih lentur dibandingkan sepatu training dan sepatu kasual. Hal tersebut dimaksudkan agar kaki tidak mudah lecet saat mengenakannya untuk jogging. Selain didesain dengan bantalan yang empuk, sepatu jogging juga mempunyai bobot yang ringan.

Cara memilih sepatu jogging untuk pria

Sebelum mengulas rekomendasi sepatu jogging terbaik untuk pria, kami akan memberitahu Anda mengenai cara memilihnya terlebih dahulu. Perhatikanlah poin-poin berikut ini agar Anda bisa memilih produk yang tepat.

① Pilih ukuran berdasarkan panjang dan lingkar kaki

Bagian terpenting dari memilih sepatu jogging adalah memeriksa ukurannya. Oleh karena itu, pilihlah sepatu jogging dengan ukuran yang nyaman di kaki Anda.

Panjang kaki, beri ruang seukuran ibu jari

Panjang kaki, beri ruang seukuran ibu jari

Sepatu yang ukurannya sangat pas akan membuat jari kaki dan tumit langsung menyentuh sepatu. Sebaiknya, beri ruang lebih seukuran ibu jari agar jari kaki bebas bergerak. Selain itu, saat mencoba sepatu, kenakanlah kaus kaki yang biasa Anda pakai ketika jogging. Namun, jangan pilih sepatu yang terlalu besar karena dapat menyebabkan ketidakseimbangan saat digunakan.


Nah, standar ukuran sepatu antara produsen lokal dan luar negeri biasanya berbeda. Meskipun nomor yang tertera sama, belum tentu ukuran aslinya juga sama. Bisa saja ukurannya lebih besar ataupun lebih kecil saat dikenakan di kaki Anda. Hal ini dikarenakan standar kaki orang di setiap negara yang berbeda. Untuk itu, telitilah dalam memilih, ya!

Lingkar kaki, lebih baik disesuaikan dengan tabel yang tersedia

Lingkar kaki, lebih baik disesuaikan dengan tabel yang tersedia

Selain panjang kaki, lingkar kaki juga perlu diperhatikan ketika hendak memilih sepatu. Lingkar kaki diukur secara melingkar menggunakan pita ukur, mulai dari ibu jari hingga luar kelingking yang paling menonjol. Setelah melakukan pengukuran, sesuaikan dengan tabel referensi yang disediakan oleh produsen. Sayangnya, tabel referensi mengenai lingkar kaki lebih sulit dijumpai dibandingkan ukuran sepatu. 


Di samping itu, terkadang aktivitas yang dilakukan seharian menyebabkan kaki sedikit membengkak pada sore hari. Jadi, Anda perlu mencoba sepatu sesuai dengan waktu saat Anda akan memakai sepatu tersebut. Jika Anda berencana jogging pada sore hari, cobalah sepatu tersebut ketika sore juga.

② Periksa detail sepatu jogging

Jika Anda berencana membeli sepatu jogging langsung ke toko offline, jangan lupa untuk memeriksa detail sepatu tersebut. Dengan demikian, Anda pun bisa mendapatkan sepatu yang pas dan nyaman.

Tumpuan tumit, memengaruhi kenyamanan Anda saat berlari

Tumpuan tumit, memengaruhi kenyamanan Anda saat berlari
Sumber: nike.com

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika mencoba sepatu jogging adalah kenyamanan di bagian tumit Anda. Bagian tumit yang kencang dapat membantu pergelangan kaki Anda lebih stabil saat berlari. Jadi, pilihlah sepatu yang bisa menopang tumit dengan kuat jika Anda ingin berlari dengan nyaman.

Keras empuknya outsole, memengaruhi keseimbangan dan stabilitas

Keras empuknya outsole, memengaruhi keseimbangan dan stabilitas
Sumber: nike.com
Jika Anda mengutamakan keseimbangan dan stabilitas yang bagus, lihatlah sepatu dari atas. Apabila bagian sol terlihat lebih lebar dari bagian upper, itu artinya sepatu memiliki stabilitas yang baik.

Hal ini perlu diperhatikan, terutama bagi Anda yang menginginkan sepatu dengan sol yang agak keras. Sepatu dengan sol yang keras biasanya menghasilkan keseimbangan yang lebih bagus meskipun sepatu bersol empuk lebih banyak digemari.

Upper, bahan yang lembut dan breathable lebih nyaman digunakan

Upper, bahan yang lembut dan breathable lebih nyaman digunakan
Sumber: nike.com

Dalam memilih upper sepatu jogging, penting untung mempertimbangkan bahan yang lembut, fleksibel, dan breathable. Bahan yang lembut dan fleksibel memungkinkan Anda bergerak dengan nyaman. Risiko kaki lecet tentunya akan lebih minim. Sementara, bahan yang breathable memungkinkan kaki Anda bernapas sehingga dapat meminimalkan bau kaki.

③ Sesuaikan bobot sepatu dan jenis sol dengan level lari

Bobot dan jenis sol sepatu lari untuk pemula dan profesional tentu akan berbeda. Jadi, selain bobot yang seimbang, Anda juga perlu memperhatikan jenis sol sesuai dengan level lari Anda.

Sol tebal, cocok untuk pemula

Sol tebal, cocok untuk pemula
Sumber: nike.com

Jika Anda seorang pelari pemula, sebaiknya gunakan sepatu yang memiliki bantalan dengan bobot 250–280 gram untuk satu kaki. Anda bisa memilih sepatu lari yang mempunyai sol tebal. Ketebalan sol memberikan bantalan yang cukup sehingga kaki akan terlindung dari benturan.

Sol ringan, untuk pelari tingkat menengah dan profesional

Sol ringan, untuk pelari tingkat menengah dan profesional
Sumber: nike.com

Untuk pelari tingkat menengah dan profesional, pilih sepatu dengan bantalan sol yang lebih tipis. Sol yang tipis akan membuat kaki Anda terasa ringan saat berlari. Beberapa produk masa kini telah didesain dengan keempukan dan ketahanan yang kuat meskipun bantalan solnya tipis dan ringan.

10 Rekomendasi sepatu jogging terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu jogging terbaik untuk pria yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Leedo

Sepatu Pria Sneakers Running Fashion Casual Kerja Hitam Polos F15-A

Leedo Sepatu Pria Sneakers Running Fashion Casual Kerja Hitam Polos F15-A 1枚目

Sepatu model slip-on, mudah dikenakan

2

TOMKINS

Falcon

TOMKINS Falcon 1枚目

Desainnya menjorok ke atas, lari pun makin kencang

3

910 Nineten

Haze 1.5 Sepatu Lari

910 Nineten  Haze 1.5 Sepatu Lari 1枚目

Sepatu dengan kapabilitas untuk lari maraton

4

Eagle

Space Run Eagle Shoes

Eagle Space Run Eagle Shoes 1枚目

Antilecet dengan soft collar lining

5

Ardiles

Servo

Ardiles Servo 1枚目

Jogging nyaman di alam terbuka dengan outsole yang tebal dan durable

6

adidas

Pureboost 21

adidas Pureboost 21 1枚目

Sepatu kualitas adidas dengan bahan ramah lingkungan

7

Piero

Ergo All White

Piero Ergo All White 1枚目

Outsole dengan daya cengkeram kuat, tiap langkah jadi lebih stabil

8

Puma

Softride Enzo NXT Men's Running Shoes

Puma Softride Enzo NXT Men's Running Shoes 1枚目

Nyaman maksimal untuk dipakai berolahraga

9

New Balance

Dynasoft UA900V1 Men's Running Shoes

New Balance Dynasoft UA900V1 Men's Running Shoes 1枚目

Warna abunya membuat tampilan tampak modern dan clean

10

ASICS

Gel-Nimbus 23

ASICS Gel-Nimbus 23 1枚目

Dapat berpendar, jogging saat malam hari bukan lagi masalah

Perincian produk
Close
No.1

LeedoSepatu Pria Sneakers Running Fashion Casual Kerja Hitam Polos F15-A

Mulai dari Rp200.000,00

Sepatu model slip-on, mudah dikenakan

Kelebihan:

  • Model slip-on, mudah digunakan

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna menyebutkan insole-nya mudah bergeser

Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, sepatu keluaran Leedo ini bisa jadi pilihan. Harganya yang ramah di kantong juga sudah dibarengi dengan kualitas yang oke dan desain yang keren. Selain itu, sepatu ini merupakan sepatu model slip-on sehingga mudah dikenakan. Sepatu jogging pria ini cocok bagi Anda yang tak mau repot mengikat tali sepatu. 

No.2

Desainnya menjorok ke atas, lari pun makin kencang

Kelebihan:

  • Sepatu terasa ringan, nyaman digunakan

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengatakan mengalami lecet di bagian tumit, mungkin karena ukuran yang terlalu ketat

Falcon merupakan sepatu jogging yang diproduksi oleh TOMKINS. Sepatu ini memiliki dua pilihan warna dengan nuansa monokrom yang modis. Salah satu kelebihan produk ini adalah memiliki desain outsole dengan ujung yang sedikit menjorok ke atas. 


Desain ini dibuat agar mampu mempercepat langkah Anda ketika berlari. Jadi, jangan lewatkan produk ini jika Anda ingin memiliki sepatu merek lokal yang nyaman untuk berlari cepat, ya.

No.3

910 Nineten Haze 1.5 Sepatu Lari

Mulai dari Rp449.900,00

Sepatu dengan kapabilitas untuk lari maraton

Kelebihan:

  • Memiliki kombinasi tiga teknologi yang memungkinkan sepatu ini dapat digunakan untuk lari maraton

Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mengatakan bahwa ada sedikit bagian yang kurang rapi, seperti lem yang berlebihan

910 Nineten menghadirkan sepatu yang tidak hanya pas dan cocok untuk jogging, tetapi juga memenuhi standar untuk dipakai maraton. Hal tersebut berkat teknologi HyperWeb, Protective Upper Tech, dan Seamlock yang disematkan di dalamnya.


Kombinasi tiga teknologi tersebut membuat sepatu lari ini jadi lebih ringan dipakai lari. Hasilnya, sepatu ini sangat nyaman dikenakan, bahkan untuk waktu yang cukup lama. 

No.4

EagleSpace Run Eagle Shoes

Mulai dari Rp369.900,00

Antilecet dengan soft collar lining

Kelebihan:

  • Soft colar lining yang nyaman dan empuk di kaki

Kekurangan:

  • Pengguna dengan kaki lebar merasa agak sempit saat menggunakannya

Ada satu hal kecil yang sering luput diperhatikan saat memilih sepatu. Hal tersebut adalah bahan pada area pergelangan kaki. Jika bahan yang digunakan tidak nyaman, tak jarang ini akan membuat kaki Anda lecet.


Memperhatikan hal tersebut, Eagle menghadirkan sepatu jogging dengan soft collar lining yang empuk dan nyaman di kaki. Jadi, saat Anda bergerak menggunakannya, kaki Anda tidak akan lecet. 

No.5

Jogging nyaman di alam terbuka dengan outsole yang tebal dan durable

Kelebihan:
  • Kaki bisa berjalan dengan nyaman di medan apa pun

Kekurangan:

  • Pada tanah yang becek, akan ada banyak tanah yang menempel pada outsole-nya

Apakah Anda gemar jogging di alam terbuka? Jika begitu, produk dari Ardiles ini ini layak untuk dipertimbangkan. Men Servo ini didesain dengan outsole yang tebal dan bentuk yang unik. Karena outsole-nya cukup tebal, saat berlari di medan yang tidak rata pun kaki tidak akan terasa sakit. Kaki bebas melangkah dengan perlindungan yang optimal!

No.6

adidasPureboost 21GY5099

Mulai dari Rp2.100.000,00

Sepatu kualitas adidas dengan bahan ramah lingkungan

Kelebihan:

  • Menggunakan material daur ulang, ramah lingkungan

Kekurangan:

  • Bentuknya regular fit, kurang cocok bagi Anda yang memiliki kaki lebar

Nama besar adidas tentu sudah tak perlu diragukan lagi. Kualitas produk-produknya dijamin merupakan kualitas unggulan. Desain, fitur, dan materialnya dipilih dengan saksama. 


Nah, dalam produk sepatunya yang satu ini, adidas pun melakukan terobosan yang sangat baik. Sepatu ini menggunakan bahan daur ulang berkualitas, Parley Ocean Plastic. Jadi, selain nyaman, sepatu ini juga merupakan produk yang ramah lingkungan. 

No.7

Outsole dengan daya cengkeram kuat, tiap langkah jadi lebih stabil

Kelebihan:
  • Fitur octogrip, daya cengkeram sepatu lebih kuat

Kekurangan:

  • Warnanya putih sehingga akan mudah kotor

Saat Anda jogging di alam terbuka, tidak akan ada yang pernah tahu kondisi medan yang akan Anda lalui. Bahkan, jika itu adalah area yang familier bagi Anda, jalan berlubang dan kondisi tak terduga lainnya bisa saja ada. Nah, menjawab tantangan tersebut, Pirdo menghadirkan sepatu Ergo All White.


Sepatu keren berwarna serbaputih ini hadir dengan fitur octogrip pada bagian outsole. Fitur tersebut membuat sepatu lari ini memiliki daya cengkeram yang kuat. Dengan demikian, tiap langkah kaki Anda pun jadi lebih stabil. 

No.8

PumaSoftride Enzo NXT Men's Running Shoes

Mulai dari Rp1.199.000,00

Nyaman maksimal untuk dipakai berolahraga

Kelebihan:

  • Kenyamanan maksimal dengan insole nyaman, outsole stabil, dan upper breathable

Kekurangan:

  • Pilihan warnanya terbatas

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan brand internasional, Puma. Desain sepatunya yang keren dan kualitas mumpuni lengkap dengan logo khasnya membuatnya laris manis di pasaran. Begitu juga halnya dengan salah satu produknya ini, Softride Enzo NXT Running Shoes Pria 03 11.


Sepatu pria berwarna hitam ini juga memiliki fitur-fitur untuk memaksimalkan kenyamanan penggunanya. Sepatu ini memiliki keunggulan insole yang nyaman sebagai tumpuan, outsole yang stabil, dan upper yang breathable. Silakan miliki dan rasakan sendiri kenyamanannya. 

No.9

New BalanceDynasoft UA900V1 Men's Running Shoes

Mulai dari Rp1.199.000,00

Warna abunya membuat tampilan tampak modern dan clean

Kelebihan:

  • Midsole dynasoft memberikan kenyamanan saat melangkah

Kekurangan:

  • Mungkin terdapat selisih ukuran sekitar 1–2 cm, cek kembali ukuran kaki Anda sebelum memutuskan membelinya

Memilih sepatu olahraga, selain dari fitur dan material, warna juga harus diperhatikan. Jika menggunakan warna-warna terang, tentunya Anda harus sering membersihkannya. Sementara menggunakan warna-warna gelap, membuat desain sepatu kurang menonjol.


Jika Anda mencari sepatu desainnya tampak jelas dan tidak mudah tampak kotor, produk inilah jawabannya. Dengan warna abu muda, sepatu ini akan cocok untuk warna kulit apa pun. Tampilan akan tampak modern dan clean. 

No.10

ASICSGel-Nimbus 231011B004.007

Mulai dari Rp2.399.000,00

Dapat berpendar, jogging saat malam hari bukan lagi masalah

Kelebihan:

  • Ada fitur reflective, lebih aman dipakai jogging saat malam hari

Kekurangan:

  • Beberapa orang dengan kaki lebar menyatakan kurang nyaman dengan lebar sepatu ini


Jogging tak hanya dapat dilakukan saat pagi atau sore hari. Bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu, jogging saat malam hari pun menjadi aktivitas yang lumrah. Jika Anda salah satunya, sepatu ini dapat Anda pertimbangkan. 


Hal ini karena ASICS Gel-Nimbus 23 memiliki fitur reflective yang dapat berpendar dalam gelap. Dengan begitu, Anda pun bisa jogging lebih aman pada malam hari jika memakainya. Menariknya lagi, produk ini juga memiliki tiga belas pilihan warna menarik yang siap Anda pinang sesuai selera!

Kapan waktu yang tepat mengganti sepatu lari?

Memang agak sulit untuk menentukan masa pakai sepatu lari yang sudah lama digunakan. Namun, Anda bisa mengikuti tips berikut ini sebagai patokan.

Estimasi jarak tempuh tiap sepatu adalah 800 km

Estimasi jarak tempuh tiap sepatu adalah 800 km

Pada umumnya, sepatu lari perlu diganti setelah menempuh jarak 800–1.000 km. Anda akan mudah menentukan masa pakai sepatu jika mengetahui jarak tempuh setiap kali Anda berlari


Coba gunakan smartwatch atau aplikasi untuk mengukur jarak tempuh. Dengan begitu, Anda akan mengetahui waktu yang tepat untuk mengganti sepatu. Sebagai contoh, jika Anda berlari sejauh 10 km per hari, masa pakai sepatu adalah sekitar 2,5–3 bulan.

Perhatikan kondisi sol

Perhatikan kondisi sol

Anda juga dapat menentukan masa pakai sepatu lari dengan melihat kondisi solnya, terutama outsole dan midsole. Jika Anda merasa outsole makin menipis dan midsole tidak lagi terasa empuk, berarti sudah saatnya Anda mengganti sepatu. Sebaiknya Anda mengecek kondisi sol pada sepatu lari secara berkala.


Selain karena rusak, Anda juga bisa mengganti sepatu untuk meningkatkan motivasi dalam berlari. Anda bisa menantang diri Anda dengan menetapkan sebuah target. Jika target tersebut tercapai, Anda menghadiahi diri sendiri dengan sepatu lari yang baru. Ide bagus, bukan?

Baca juga rekomendasi perlengkapan jogging lainnya di sini

Selain sepatu jogging, ada beberapa perlengkapan lainnya yang bisa membuat performa lari Anda lebih maksimal. Anda bisa melengkapi diri dengan running watch, tas pinggang, atau sunglasses. Jika ingin tahu lebih detail, klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan cara memilih sepatu jogging untuk pria sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan sepatu lari yang tepat? Dalam olahraga lari, sepatu jogging tentu menjadi perlengkapan paling utama.

Pilihlah sepatu jogging Anda sebaik mungkin, sesuaikan dengan level lari, bujet, dan kenyamanan kaki Anda saat memakainya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih sepatu jogging!

5 Rekomendasi Sepatu Jogging untuk Pria terbaik

No. 1LeedoSepatu Pria Sneakers Running Fashion Casual Kerja Hitam Polos F15-A

No. 2TOMKINSFalcon

No. 3910 Nineten Haze 1.5 Sepatu Lari

No. 4EagleSpace Run Eagle Shoes

No. 5ArdilesServo

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer