• 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sepatu lari merupakan perlengkapan yang sangat dibutuhkan untuk melakukan olahraga lari. Merk ternama seperti Nike, Asics, dan Adidas menyediakan sepatu lari yang bervariasi. Namun, setiap produk tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya tersendiri.

Anda akan sulit membedakan sepatu lari untuk pemula atau profesional jika hanya melihat dari desainnya saja. Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih sepatu lari sekaligus memberikan rekomendasi produknya yang bagus. Produk-produk tersebut tentunya bisa dibeli melalui e-commerce favorit Anda. Semoga Anda mendapatkan sepatu lari yang tepat!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Radityo Wahyu S.
  • Pembaharuan terakhir: 09 September 2021
  • 139.635 Views
Daftar isi

Cara memilih sepatu lari

Pertama-tama, kami akan memberi tahu Anda tentang cara memilih sepatu lari yang sesuai. Perhatikanlah poin-poin berikut ini agar bisa memilih produk terbaik untuk Anda.

Pilih ukuran berdasarkan panjang dan lingkar kaki

Bagian terpenting dari memilih sepatu lari adalah memeriksa ukurannya. Jadi, pilihlah sepatu dengan ukuran yang muat dan nyaman dengan kaki Anda.

Ukur panjang kaki dengan menambahkan ruang lebih seukuran ibu jari

Ukur panjang kaki dengan menambahkan ruang lebih seukuran ibu jari

Saat memilih sepatu lari, hindari memilih produk yang ukurannya sangat pas karena Anda akan merasa kesempitan. Hal ini disebabkan jari kaki dan tumit yang langsung menyentuh sepatu. Untuk itu, pastikan bagian dalam sepatu memiliki ruang lebih seukuran ibu jari.


Sepatu yang kekecilan akan membuat kaki Anda sakit. Sebaliknya, sepatu yang terlalu besar akan terasa longgar sehingga dapat menyebabkan ketidakseimbangan ketika dipakai berlari.

Hati-hati dalam memilih ukuran karena tiap produsen memiliki standar yang berbeda

Hati-hati dalam memilih ukuran karena tiap produsen memiliki standar yang berbeda

Standar ukuran sepatu antara produsen lokal dan luar negeri biasanya berbeda. Meskipun nomor yang tertera sama, belum tentu ukuran aslinya juga sama. Bisa saja ukurannya lebih besar ataupun lebih kecil saat dikenakan di kaki Anda. Hal ini dikarenakan standar kaki orang di setiap negara yang berbeda. Untuk itu, telitilah dalam memilih, ya!

Sesuaikan ukuran lingkar kaki pada tabel yang tersedia

Sesuaikan ukuran lingkar kaki pada tabel yang tersedia

Saat memilih sepatu lari, Anda tidak hanya harus memperhatikan ukuran panjang kaki, tetapi juga lingkar kaki. Lingkar kaki diukur dari bagian ibu jari, lalu ke bagian luar kelingking yang paling menonjol. Ukurlah secara melingkar menggunakan pita ukur.


Ukuran lingkar sepatu pada tiap produsen berbeda-beda, ada yang lebih sempit ataupun lebih lebar. Karena itu, pilihlah sepatu lari yang sesuai dengan ukuran lingkar kaki Anda. Ukuran panjang dan lingkar kaki dapat dicek pada tabel referensi yang disediakan oleh produsen sepatu.

Periksa detail sepatu dengan cara mencobanya langsung

Sebelum membeli sepatu lari, alangkah baiknya Anda mencobanya langsung di toko. Selanjutnya, periksalah secara detail agar mendapatkan sepatu yang pas dan nyaman.

Rasakan kenyamanan sepatu saat menopang tumit Anda

Rasakan kenyamanan sepatu saat menopang tumit Anda

Saat mencoba sepatu lari, hal pertama yang harus diperhatikan ialah kenyamanan di bagian tumit Anda. Bagian tumit yang kencang dapat membantu pergelangan kaki Anda lebih stabil saat berlari. Pilih sepatu yang bisa menopang tumit dengan kuat jika Anda ingin berlari dengan nyaman.

Perhatikan waktu saat mencoba sepatu

Perhatikan waktu saat mencoba sepatu

Ukuran kaki Anda sejatinya memang tidak berubah-ubah. Namun, terkadang aktivitas yang dilakukan seharian menyebabkan kaki Anda sedikit membengkak pada sore hari. Jika ukuran kaki Anda pada pagi hari ialah 26 cm, ukuran tersebut akan berubah menjadi 27 cm saat sore hari.


Untuk itu, Anda harus mencoba sepatu sesuai dengan waktu saat Anda akan memakai sepatu tersebut. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengikuti acara maraton yang dimulai pagi hari, cobalah sepatu saat pagi hari juga. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan sepatu yang sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan.

Jika Anda mementingkan keseimbangan dan stabilitasnya, lihat sepatu dari atas

Jika Anda mementingkan keseimbangan dan stabilitasnya, lihat sepatu dari atas
Jika Anda menginginkan keseimbangan dan stabilitas yang bagus, lihatlah sepatu dari atas. Jika bagian sol terlihat lebih lebar dari bagian upper, artinya sepatu memiliki stabilitas yang baik.

Hal ini perlu diperhatikan terutama bagi Anda yang menginginkan sepatu dengan sol yang agak keras. Sepatu dengan sol yang keras biasanya menghasilkan keseimbangan yang lebih bagus meskipun sepatu bersol empuk lebih banyak digemari.

Pertimbangkan juga ketebalan kaus kaki yang dikenakan

Pertimbangkan juga ketebalan kaus kaki yang dikenakan

Saat mencoba, sebaiknya Anda juga mengenakan kaus kaki yang biasa Anda gunakan untuk berlari. Ketebalan kaus kaki akan berpengaruh pada ukuran sepatu lari. Apabila Anda sedang mencari kaus kaki baru, alangkah baiknya jika Anda membelinya bersamaan dengan sepatu. Selain itu, Anda juga perlu mengingat bahwa ketebalan kaus kaki berbeda-beda tergantung produsennya. Untuk itu, belilah kaus kaki dan sepatu dari merek yang sama agar lebih sesuai.

Pilih bagian upper sepatu yang lembut dan fleksibel

Pilih bagian upper sepatu yang lembut dan fleksibel
Jika bagian upper terbuat dari bahan yang keras, kaki akan mudah lecet saat bergesekan dengan sepatu. Karena itu itu, pilihlah bahan yang lembut. Hal ini merupakan poin terpenting karena memengaruhi kesesuaian sepatu dengan kaki Anda. Jika bagian upper elastis, Anda akan mudah memasukkan kaki ke dalam sepatu. Kaki Anda juga akan terasa pas dan nyaman saat mengenakan sepatu lari.

Pilih bobot sepatu dan jenis sol yang sesuai dengan level lari Anda

Bobot dan jenis sol sepatu lari untuk pemula dan profesional tentu akan berbeda. Jadi, selain bobot yang seimbang, Anda juga perlu memperhatikan jenis sol sesuai dengan level lari Anda.

Untuk pemula, sebaiknya gunakan sepatu sol tebal dengan bobot 250–280 gram

Untuk pemula, sebaiknya gunakan sepatu sol tebal dengan bobot 250–280 gram

Jika Anda seorang pelari pemula, sebaiknya gunakan sepatu yang memiliki bantalan dengan bobot 250–280 gram untuk satu kaki. Anda bisa memilih sepatu lari yang mempunyai sol tebal. Ketebalan sol memberikan bantalan yang cukup sehingga kaki akan terlindung dari benturan.

Untuk pelari tingkat menengah hingga profesional, pilih sepatu dengan bantalan sol yang lebih ringan

Untuk pelari tingkat menengah hingga profesional, pilih sepatu dengan bantalan sol yang lebih ringan

Untuk pelari tingkat menengah dan profesional, pilih sepatu dengan bantalan sol yang lebih tipis. Sol yang tipis akan membuat kaki Anda terasa ringan saat berlari. Apalagi, beberapa produk masa kini telah didesain dengan keempukan dan ketahanan yang kuat meskipun bantalan solnya tipis dan ringan.

Pilih sepatu lari berdasarkan ciri khas tiap merek

Saat memilih sepatu lari, ciri khas dari masing-masjng merek juga perlu diperhatikan. Perlu diingat bahwa produk dari merek luar negeri mungkin memiliki ukuran yang lebih besar daripada produk lokal. Untuk itu, berhati-hatilah saat memilih.

Asics dan Mizuno: Sepatu maraton yang cocok untuk kaki orang Asia

Berhubung Asics dan Mizuno adalah merek sepatu buatan Jepang, ukurannya didesain untuk orang-orang Asia, termasuk Indonesia. Kedua merek ini kini juga mengeluarkan banyak produk sepatu kasual. Namun, ciri khasnya tetap terletak pada produk sepatu maraton. Bagi Anda yang hendak mengikuti event maraton, produk dari merek ini ideal untuk Anda.

Adidas: Sepatu lari kasual yang menarik bagi konsumen muda

Untuk merek Adidas, pertimbangkanlah seri UltraBoost yang diklaim memiliki performa tinggi. Sepatu ini menawarkan keempukan yang maksimal sehingga Anda bisa berlari lebih kencang. Jika Anda ingin mencoba sepatu Adidas yang kasual, pilihlah seri selain UltraBoost. Namun, kini kesan seri UltraBoost bergeser menjadi sepatu untuk pelari maraton yang juga bisa dipakai secara kasual.

Nike: Sepatunya para pelari profesional

Saat ini Nike banyak memproduksi sepatu untuk para pelari profesional. Namun, Anda yang masih pemula juga bisa mencoba sepatu Nike. Anda dapat memilih seri Structure untuk menemani latihan berlari Anda.

New Balance: Sepatu untuk pelari profesional maupun kasual ada semua!

New Balance berada di antara Nike dan Adidas. Merek ini memproduksi sepatu untuk berbagai tujuan. Ada sepatu yang dibuat khusus untuk pelari profesional, ada juga sepatu yang didesain kasual untuk sekadar lari-lari sore. Semua kalangan bisa memakainya!


Masih banyak lagi merek ternama lainnya yang menawarkan sepatu lari berkualitas. Kenali dahulu spesifikasi yang ditawarkan, kemudian pilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

NikeDownshifter 9 Men's Running Shoes

Black white

Mulai dari Rp 749.000,00

10 Rekomendasi sepatu lari terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan produk sepatu lari untuk Anda. Pilihlah berdasarkan cara memilih di atas serta harga yang sesuai dengan budget Anda.

10
Ukuran37–44
Heel dropTidak disebutkan
Bobot sepatuTidak disebutkan
GenderUniseks
9

AsicsGEL-Nimbus 21 Lite-Show

1011A207.020

Mulai dari Rp 729.000,00

Ukuran38–49
Heel drop10 mm
Bobot sepatu309 gram
GenderPria
8

MizunoWave Rider 24-Castlerock/ Phantom/ Shocking Orange

J1GC200316

Mulai dari Rp 1.499.800,00

Ukuran39–44
Heel dropTidak disebutkan
Bobot sepatuTidak disebutkan
GenderPria
7

ReebokSpeed Breeze 2.0 Women's Running Shoes – White

0888-REE1-EG8542

Mulai dari Rp 799.000,00

Ukuran36–39
Heel dropTidak disebutkan
Bobot sepatuTidak disebutkan
GenderWanita
6

AdidasX9000L4 Cyberpunk 2077 Shoes

Mulai dari Rp 2.200.000,00

Ukuran39 1/3–46
Heel dropTidak disebutkan
Bobot sepatu405 gram (ukuran 42 2/3)
GenderPria
5

NikeReact Infinity Run Flyknit 2

Mulai dari Rp 2.389.000,00

Ukuran41–48.5
Heel drop9 mm (forefoot: 24 mm, heel: 33 mm)
Bobot sepatu302 gram (ukuran sepatu 42.5)
GenderPria
4

AdidasAlphabounce+ Run Parley Shoes

G28373

Mulai dari Rp 1.700.000,00

Ukuran36–50
Heel drop10 mm (forefoot: 10 mm, heel: 20 mm)
Bobot sepatu326 gram (ukuran 38 2/3)
GenderWanita
3

New Balance Fresh Foam 1080 V10 Running Womens – Lemon Slush

Mulai dari Rp 949.000,00

Ukuran36–40.5
Heel drop8 mm
Bobot sepatu238 gram
GenderWanita
2
Ukuran38.5–49
Heel dropTidak disebutkan
Bobot sepatu310 gram (ukuran 43)
GenderPria
1
Ukuran40–46
Heel dropTidak disebutkan
Bobot sepatuTidak disebutkan
GenderPria

Tabel perbandingan produk sepatu lari terbaik

Gambar produk
1
Nike Renew Run 2 1

Nike

2
Diadora Kuruka 5 1

Diadora

3
New Balance  Fresh Foam 1080 V10 Running Womens – Lemon Slush 1

New Balance

4
Adidas Alphabounce+ Run Parley Shoes  1

Adidas

5
Nike React Infinity Run Flyknit 2 1

Nike

6
Adidas X9000L4 Cyberpunk 2077 Shoes 1

Adidas

7
Reebok Speed Breeze 2.0 Women's Running Shoes – White 1

Reebok

8
Mizuno Wave Rider 24-Castlerock/ Phantom/ Shocking Orange 1

Mizuno

9
Asics GEL-Nimbus 21 Lite-Show 1

Asics

10
Eagle Hector Shoes 1

Eagle

Nama produk

Renew Run 2

Kuruka 5

Fresh Foam 1080 V10 Running Womens – Lemon Slush

Alphabounce+ Run Parley Shoes

React Infinity Run Flyknit 2

X9000L4 Cyberpunk 2077 Shoes

Speed Breeze 2.0 Women's Running Shoes – White

Wave Rider 24-Castlerock/ Phantom/ Shocking Orange

GEL-Nimbus 21 Lite-Show

Hector Shoes

Keunggulan

Berventilasi dan cukup lapang, membuat kaki tidak gampang lecet

Desainnya sporty dan tahan aus berkat bahan yang berkualitas

Hidup sehat dengan gaya yang stand out

Unik! Sepatu lari yang terbuat dari plastik recycle

Produknya awet, desainnya sangat stylish

Sepatu lari yang fashionable untuk anak muda

Selalu tampil fresh, kaki pun tetap stabil selama berlari

Berlari lebih smooth dan dinamis berkat teknologi Mizuno Wave dan Mizuno Enerzy

Kuat digunakan di berbagai medan

Mau dipakai saat olahraga atau bekerja? Tak masalah!

Harga mulai dariRp 1.199.000,00Rp 999.000,00Rp 949.000,00Rp 1.700.000,00Rp 2.389.000,00Rp 2.200.000,00Rp 799.000,00Rp 1.499.800,00Rp 729.000,00Rp 289.900,00
Ukuran40–4638.5–4936–40.536–5041–48.539 1/3–4636–3939–4438–4937–44
Heel dropTidak disebutkanTidak disebutkan8 mm10 mm (forefoot: 10 mm, heel: 20 mm)9 mm (forefoot: 24 mm, heel: 33 mm)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan10 mmTidak disebutkan
Bobot sepatuTidak disebutkan310 gram (ukuran 43)238 gram326 gram (ukuran 38 2/3)302 gram (ukuran sepatu 42.5)405 gram (ukuran 42 2/3)Tidak disebutkanTidak disebutkan309 gramTidak disebutkan
GenderPriaPriaWanitaWanitaPriaPriaWanitaPriaPriaUniseks
Tautan produk

Kapan waktu yang tepat mengganti sepatu lari?

Memang agak sulit untuk menentukan masa pakai sepatu lari yang sudah lama digunakan. Berikut ini kami jelaskan mengenai waktu yang tepat untuk mengganti sepatu lari.

Estimasi jarak tempuh tiap sepatu adalah 800 km

Estimasi jarak tempuh tiap sepatu adalah 800 km

Pada umumnya, Anda dapat mengganti sepatu jika sudah berlari sepanjang 800–1.000 km. Jika Anda berlari sejauh 10 km per hari, berarti masa pakai sepatu adalah sekitar 2,5–3 bulan. Anda akan mudah menentukan masa pakai sepatu jika mengetahui jarak tempuh setiap berlari. Coba gunakan alat seperti GPS untuk mengukur jarak tempuh. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah mengetahui waktu penggantian sepatu yang tepat.

Perhatikan kondisi sol

Perhatikan kondisi sol

Anda juga dapat menentukan masa pakai sepatu lari dengan melihat kondisi solnya, terutama outsole dan midsole. Jika Anda merasa outsole makin menipis dan midsole tidak lagi terasa empuk, berarti sudah saatnya Anda mengganti sepatu. Sebaiknya Anda mengecek kondisi sol pada sepatu lari secara berkala.


Selain karena rusak, Anda juga bisa mengganti sepatu untuk meningkatkan motivasi dalam berlari. Anda bisa menantang diri Anda dengan menetapkan sebuah target. Jika target tersebut tercapai, Anda menghadiahi diri sendiri dengan sepatu lari yang baru. Ide bagus, bukan?

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan lari lainnya di sini

Selain sepatu lari, ada beberapa perlengkapan lainnya yang bisa membuat performa lari Anda lebih maksimal. Anda bisa melengkapi diri dengan running watch, tas pinggang, atau sunglasses. Kami juga telah menyiapkan artikel mengenai sepatu lari dari merek Nike dan New Balance untuk Anda. Jika ingin tahu lebih detail, klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Kami sudah menjelaskan cara memilih sepatu lari sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaiknya untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat? Dalam olahraga lari, sepatu lari tentu menjadi perlengkapan paling utama.

Pilihlah sepatu lari Anda sebaik mungkin, sesuaikan dengan level lari, budget, dan kenyamanan kaki Anda saat memakainya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih sepatu lari terbaik.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Trail Running Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu jenis olahraga lari yang banyak digemari adalah trail running. Trail running merupakan olahraga lari dengan lintasan di alam bebas yang berbukit-bukit dan bukan di jalan beraspal. Olahraga ini memerlukan sepatu dengan sol khusus yang berciri waterproof, menggunakan sol tebal, dan berukuran lebih lebar.Pemula yang baru ingin mencoba trail running biasanya kebingungan memilih sepatu. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas cara memilih sepatu trail running terbaik. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus dari merek terkenal, seperti Eiger, Nike, HOKA, dan ASICS. Simak sampai habis, ya!
    Running
    28.140 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Touring Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Touring Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Anda baru pertama kali merencanakan touring bersama komunitas motor? Jika demikian, Anda harus mengetahui perlengkapan yang diperlukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama touring. Tak hanya motornya, tetapi perlengkapan biker juga harus diperhatikan, salah satunya sepatu touring.Sepatu touring membuat Anda terlindungi saat menempuh berbagai medan serta perubahan cuaca yang tidak bisa ditebak. Kali ini, kami akan membahas cara memilih sepatu touring beserta beberapa produk rekomendasi dari merek-merek terbaik untuk Anda. Merek lokal atau internasional, seperti Alpinestars, TCX, dan Eiger tak luput kami rekomendasikan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Running
    5.433 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari Terbaik di Bawah 1 Juta (Terbaru Tahun 2021)
    Lari adalah salah satu olahraga sederhana sebab tidak perlu menggunakan banyak alat. Satu-satunya perlengkapan yang mungkin Anda perlukan hanyalah sepatu. Dengan sepatu yang nyaman, kegiatan lari akan terasa lebih menyenangkan. Meski demikian, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang sebab ada banyak sepatu berkualitas berharga di bawah 1 juta.Sebelum Anda membeli, kami akan berikan beberapa tips untuk memilihnya. Kami juga merekomendasikan beberapa produk sepatu lari terbaik yang harganya tak lebih dari 1 juta. Mulai dari Diadora, Adidas, hingga Nike akan kami berikan untuk Anda. Semoga Anda bisa menemukan yang cocok!
    Running
    4.800 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Lari New Balance Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sepatu Lari New Balance Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Berlari adalah olahraga yang murah dan menyenangkan. Anda dapat melakukannya di mana saja karena tidak membutuhkan banyak peralatan. Saat ingin berlari, pakailah alas kaki yang tepat agar kaki Anda nyaman dan lari Anda lebih maksimal. Salah satu brand yang memiliki teknologi sepatu lari terbaik adalah New Balance.New Balance telah memproduksi banyak sepatu lari. Jika Anda tertarik ingin membelinya, bacalah artikel ini. Kami akan mengulas informasi tentang cara memilih sepatu lari dari New Balance. Setelahnya, kami juga membagikan rekomendasi sepatu lari terbaik dari New Balance. Makin penasaran? Yuk, simak pembahasannya!
    Running
    6.058 Views
  • 10 Rekomendasi Sunglasses Terbaik untuk Olahraga Lari (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sunglasses Terbaik untuk Olahraga Lari (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, penggunaan sunglasses makin marak di kalangan pencinta olahraga lari atau maraton. Produk ini memiliki beragam manfaat sehingga direkomendasikan untuk dimiliki. Tersedia berbagai sunglasses di pasaran dengan filter UV, lensa, dan kepekatan warna yang berbeda-beda. Sudahkah Anda mengetahui tipe sunglasses yang Anda perlukan?Kami akan membantu Anda memahami cara memilih sunglasses yang tepat. Kami juga telah menyeleksi produk-produk yang dapat dibeli secara online dan menyusun rekomendasinya untuk Anda. Pastikan aktivitas lari Anda jadi makin nyaman dengan memiliki produk sunglasses terbaik!
    Running
    6.698 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Pinggang Terbaik untuk Olahraga Lari (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Pinggang Terbaik untuk Olahraga Lari (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang suka olahraga lari, membawa barang bawaan mungkin menjadi salah satu hal yang menyulitkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat mencoba membeli tas pinggang khusus olahraga lari. Dengan begitu, Anda pun bisa dengan mudah membawa barang yang diperlukan.Pada kesempatan ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan 10 tas pinggang terbaik untuk olahraga lari. Anda akan menemukan beragam tas pinggang fungsional keluaran Salzmann, Granite Gear, dan sebagainya dalam artikel ini. Pilihlah yang paling Anda suka!
    Running
    5.521 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori