10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Ketika masuk ke dalam rumah, Anda tentu tidak ingin melihat sepatu dan sandal yang berserakan di mana-mana. Anda memerlukan rak sepatu untuk membantu menyimpan semua alas kaki Anda dan membuat ruangan Anda terlihat rapi.

Banyak jenis rak sepatu yang tersedia di pasaran, mulai dari 2 tingkat, 5 tingkat, yang didesain terbuka, ataupun tertutup. Kami akan merekomendasikan rak sepatu terbaik untuk Anda dan bagaimana cara memilihnya. Mari simak lebih lanjut!

Daftar isi

Cara memilih rak sepatu

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rak sepatu agar setelah Anda membeli barang tersebut, Anda akan merasa senang dan tidak ada perasaan menyesal setelahnya. Berikut poin-poin tersebut!

Pilihlah rak sepatu yang stabil

Pilihlah rak sepatu yang stabil

Rak sepatu dapat diletakkan di mana saja, Anda dapat meletakkannya di bagian belakang rumah, atau juga diletakkan di depan pintu masuk sehingga dapat terlihat oleh setiap tamu yang datang. Jika ingin diletakkan di depan pintu masuk, Anda perlu untuk memperhatikan desain rak sepatu Anda.

Namun tidak hanya desain, Anda juga harus memperhatikan kestabilan rak sepatu tersebut. Jika Anda memilih rak sepatu dengan desain yang unik, jangan lupa untuk memperhatikan bagian bawahnya dan memastikan bagian kakinya kokoh. Terutama jika Anda sedang mencari rak sepatu yang tinggi agar menghemat ruang, pastikan terlebih dahulu ketinggian dan kedalamannya apakah efisien untuk menyimpan sepatu. Selain itu pastikan rak tersebut stabil dan kokoh.

Pilihlah rak yang tingginya sesuai dengan ukuran sepatu yang akan disimpan

Pilihlah rak yang tingginya sesuai dengan ukuran sepatu yang akan disimpan

Ada beberapa jenis sepatu yang sulit diletakkan pada rak sepatu dengan ukuran standar, seperti sepatu bot, sepatu hak tinggi, atau sepatu high-cut. Jika Anda memiliki tipe sepatu seperti ini, Anda perlu memilih rak yang tingginya memadai, agar sepatu Anda tetap dapat disimpan dengan baik. Akan jauh lebih baik, jika Anda membeli rak sepatu yang tinggi tiap raknya dapat diatur sesuai kebutuhan.

Pilih rak sepatu dengan breathability yang bagus

Pilih rak sepatu dengan breathability yang bagus

Poin penting berikutnya yang perlu diperhatikan ketika ingin memilih rak sepatu adalah adanya aliran udara yang baik. Jika tidak ada aliran udara, dikhawatirkan bau sepatu akan terperangkap di dalam dan membuat sepatu Anda bau ketika dipakai, selain itu sepatu dapat menjadi lembap dan berjamur.

Dalam hal ini, rak sepatu terbuka dapat menjadi pilihan karena udara dapat mengalir dengan lancar, namun sepatu Anda akan lebih mudah berdebu. Pilihan lainnya adalah rak sepatu yang memiliki tutup berventilasi, agar udara tetap mengalir namun sepatu terlindung dari debu.

Pilih rak sepatu yang mudah dirakit

Pilih rak sepatu yang mudah dirakit

Rak sepatu banyak juga dijual dalam bentuk yang belum dirakit dibanding dalam bentuk yang sudah jadi. Semakin mudah rak sepatu tersebut dirakit, tentu akan lebih menguntungkan bagi Anda.

Mudah atau tidaknya proses perakitan dapat Anda perhatikan dari gambar model yang sudah jadi. Anda dapat melihat apakah produk tersebut dapat disambung secara langsung dengan tinggal menempelkan setiap bagian, atau proses perakitan tersebut membutuhkan peralatan seperti baut dan juga obeng. Proses perakitan sendiri akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda, ketika telah berhasil memasang setiap bagiannya, Anda akan merasa senang.

10 Rekomendasi rak sepatu terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan 10 rak sepatu terbaik. Anda dapat memilih yang paling Anda sukai dan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. NayyarahShop Rak Sepatu Gantung

10. NayyarahShop Rak Sepatu Gantung

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 47.000

Menyimpan sepatu lebih rapi di ruang dengan luas terbatas

Rak sepatu gantung berikut ini sangat praktis untuk diletakkan di mana saja, dengan tinggi 122 cm dan panjangnya yang hanya 30 cm, rak ini tidak akan memakan banyak tempat. Cocok untuk Anda yang saat ini sedang tinggal di kost atau asrama dan memiliki banyak flat shoes. Walau luas ruang terbatas, sepatu-sepatu Anda tetap bisa diletakkan di dalam ruang, aman dari pencurian.

Rak sepatu ini juga dilengkapi dengan ritsleting pada kedua sisinya, sehingga Anda dapat membukanya baik dari kiri atau kanan untuk mengambil sepatu, lebih fleksibel. Ritsleting tersebut juga dapat Anda buka untuk memberikan aliran udara yang  dibutuhkan oleh sepatu Anda. Sepatu Anda tidak akan mudah berjamur meski diletakkan di dalam kamar.

9. Universal Rak Sepatu 8 Susun

9. Universal Rak Sepatu 8 Susun

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 130.000

Membuat tempat usaha lebih rapi dan menarik

Jika Anda membuka usaha yang berkonsep lesehan, seperti taman bacaan anak-anak, maka Anda akan memerlukan rak sepatu yang dapat membuat tempat usaha Anda tetap rapi. Anak-anak cenderung meletakkan sepatu dengan sembarangan, namun dengan menggunakan rak sepatu berwarna biru ini, anak-anak akan tertarik dan dapat menyimpan sepatu mereka pada rak.

Tingginya yang hanya 120 cm juga memungkinkan mereka untuk mencapai rak yang paling atas sekalipun. Dengan kerangka yang terbuat dari tiang besi yang kokoh dan konektor yang kuat, rak sepatu ini akan kuat menahan beban hingga 24 pasang sepatu yang diletakkan di dalamnya. Walaupun begitu, rak sepatu ini ringan dan mudah dibongkar-pasang, memudahkan Anda jika ingin memindahkannya ke tempat lain.

8. Modern Musbiz DIY Creative Household Shoe Storage

8. Modern Musbiz DIY Creative Household Shoe Storage

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 174.900

Si cantik yang multi guna dan mudah dibersihkan

Rak sepatu yang satu ini memiliki desain yang cantik dan unik, dapat menjadi pilihan untuk Anda yang saat ini tinggal di indekos, namun tetap pulang ke rumah 2-4 minggu sekali. Rak ini memiliki 2 rak kecil dan 1 rak besar, dimana rak besar tersebut dapat Anda gunakan untuk meletakkan sepatu bot atau jika Anda tidak memilikinya, dapat Anda gunakan untuk menaruh tas dan helm, multi guna dan lebih menghemat tempat.

Rak sepatu ini terbuat dari rangka baja dan badannya dari plastik yang bermotif, membuat ruangan Anda akan tetap bersih karena kotoran yang mungkin menempel pada sepatu Anda dapat tertahan pada badan rak tersebut. Raknya pun mudah dibersihkan, Anda dapat mengelapnya dengan menggunakan tisu basah atau kanebo untuk membersihkan kotoran yang menempel.

7. Lion Star Rak Sepatu Plastik 3 Susun

7. Lion Star Rak Sepatu Plastik 3 Susun

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 75.000

Mudah dibongkar pasang dan anti karat

Rak sepatu ini cocok sekali untuk Anda dan pasangan yang baru saja berumah tangga. Ketika rumah yang ditempati belum milik sendiri, dan ada kemungkinan untuk pindah rumah, rak ini dapat dengan mudah dibongkar pasang. Anda hanya tinggal memasukkan bagian tiang rangka ke lubang yang telah disediakan pada alas penyimpanan, tanpa baut dan tanpa lem, mudah sekali!

Rak sepatu dari Lion Star ini terbuat dari bahan plastik yang tebal sehingga rak ini kuat menampung 12 pasang sepatu atau lebih. Selain itu, rak ini juga dapat dipastikan anti karat, jika rumah Anda kemasukan air, rak sepatu ini akan tetap aman meski terendam air. Warna dari rak sepatu ini juga awet dan tidak mudah pudar meski Anda telah menggunakannya selama bertahun-tahun.

6. Lunar Huga 425 Shoe Rack

6. Lunar Huga 425 Shoe Rack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 650.000

Tambahkan kesan elegan pada ruangan dengan warna sonoma oak dan pintu geser kaca

Bagi Anda yang menyukai barang-barang yang bertemakan kayu, rak sepatu ini dapat menjadi pilihan. Dengan bahan papan partikel yang diberi warna sonoma oak, dan pintu geser yang terbuat dari kaca, rak sepatu berikut ini dapat Anda letakkan di dekat pintu masuk, ataupun di ruang keluarga. Desainnya yang elegan membuat rak sepatu ini layak untuk diletakkan pada ruangan yang sering dilalui orang.

Pintu geser pada rak ini juga sangat berguna, Anda dapat membuka rak sepatu di kala ingin memberi udara pada sepatu-sepatu di dalam, tanpa takut pintunya akan tertendang atau menghalangi jalan. Rak sepatu ini juga dilengkapi dengan laci pada bagian atasnya yang berfungsi untuk menyimpan kaos kaki. Kini Anda tidak perlu lagi repot mencari kaos kaki ketika ingin menggunakannya, cukup membuka bagian atas lemari, dan Anda akan menemukannya.

5. Furigami Rak Sepatu

5. Furigami Rak Sepatu

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.950.000

Tempat sepatu yang juga berfungsi sebagai tempat duduk

Jika Anda sedang mencari rak sepatu yang desainnya unik namun multi guna, produk yang satu ini akan menjadi favorit Anda. Rak sepatu ini didesain menyimpan sepatu secara vertikal ketika ditutup, namun akan kembali horizontal ketika penutup rak dibuka. Membuat rak ini tidak menghabiskan banyak tempat dalam ruangan dan Anda juga dapat dengan mudah mengambil sepatu ketika ingin mengunakannya.

Selain itu, rak sepatu ini didesain menjadi sebuah bench, dan dilengkapi dengan busa pada bagian atasnya, membuat Anda dapat sambil duduk ketika menggunakan sepatu. Anda tidak perlu lagi repot mencari bangku atau membungkuk-bungkuk karena memakai sepatu sambil berdiri, lebih praktis dan nyaman. Namun perlu diperhatikan agar jangan menyimpan sepatu terlalu banyak, karena rak dapat menjadi berat dan sulit menutup.

4. Lunar Huga 4310 Shoe Rack

4. Lunar Huga 4310 Shoe Rack

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 745.000

Pastikan sepatu yang dipilih sudah sesuai dengan outfit Anda

Sebelum berangkat keluar rumah, Anda tentu perlu untuk memastikan apakah penampilan Anda telah sesuai antara baju dan sepatu yang Anda kenakan. Dengan rak sepatu yang telah dilengkapi dengan cermin ini, Anda dapat langsung melihat bagaimana penampilan Anda ketika memasangkan berbagai sepatu dengan outfit yang Anda kenakan. Cocok sekali untuk wanita terutama yang telah bekerja dimana penampilan sangat penting.

Rak yang memiliki tinggi 120 cm ini terbuat dari bahan papan partikel yang diberi warna walnut, membuat rak sepatu ini kuat menampung 28 pasang sepatu dan juga akan menambah kesan mewah pada ruangan Anda. Namun, karena rak sepatu ini berupa rak tertutup, pastikan sepatu yang akan Anda simpan telah diangin-anginkan terlebih dahulu untuk menghilangkan bau dan keringat yang menempel.

3. Atria Rak DIY dan Multifungsi

3. Atria Rak DIY dan Multifungsi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 239.900

Simple but stylish

Rangka tiang hitam yang digunakan pada produk ini untuk membentuk 2 area, dimana area kiri berupa rak-rak kecil dan area sebelah kanan merupakan 2 rak besar, membuat rak sepatu ini secara keseluruhan terlihat stylish. Namun penggunaan rangka dan kain hitam tersebut juga membuat rak ini sekaligus terlihat sederhana. Jika rumah Anda bergaya minimalis modern dan tersedia ruang yang cukup besar, rak sepatu ini akan cocok diletakkan di dalamnya.

Meski rangka yang digunakan berupa tiang hitam, rak sepatu ini tetap kokoh karena setiap bagiannya dihubungkan dengan konektor yang kuat. Anda dapat meletakkan berbagai macam sepatu di dalamnya, bahkan Anda juga dapat menumpuk beberapa kotak sepatu pada rak besar yang disediakan. Selain itu, pinggiran kain pada rak ini juga dilengkapi dengan kantong yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan barang, seperti semir dan sikat sepatu.

2. Damura Double Shoe Rack 12 Layers with Dust Cover

2. Damura Double Shoe Rack 12 Layers with Dust Cover

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 165.500

Membuat koleksi sepatu Anda selalu rapi dan bersih

Apakah Anda gemar mengoleksi sepatu hingga tak terasa sepatu Anda telah lebih dari 20 pasang? Tentu sulit untuk memilih sepatu yang akan digunakan jika rak sepatu Anda berukuran kecil. Anda perlu untuk membeli rak sepatu yang besar untuk menyimpan semua koleksi sepatu Anda, seperti rak sepatu ini. Dengan ukuran 118 x 30 x 110 cm, rak ini dapat menampung hingga 36 pasang sepatu.

Rak sepatu ini terbuat dari pipa stainles yang dilapisi dengan kain tahan air yang dapat menahan debu dan kotoran lain agar tidak menempel pada sepatu. Tutup dari kain tersebut juga dapat digulung sesuai kebutuhan Anda. Ketika ada tamu yang akan datang ke rumah, Anda dapat menutup rak sepatu tersebut agar ruangan Anda terlihat rapi dan bersih. Dan ketika Anda ingin memilih-milih sepatu, Anda dapat menggulungnya kembali ke atas.

1. Grace RS 39

1. Grace RS 39

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 185.000

Rak sepatu mewah dengan harga terjangkau

Apakah Anda sedang mencari rak sepatu yang dapat diletakkan di tempat usaha pijat refleksi milik Anda? Untuk tujuan tersebut, Anda tentu membutuhkan rak sepatu yang desainnya bagus. Cobalah untuk membeli rak sepatu ini! Dengan bahan papan partikel berkualitas baik dan rak dari bahan aluminium, produk ini terlihat mewah meski harganya tidak terlalu mahal.

Desain rak yang minimalis dan terbuka akan membuat sepatu para pelanggan tetap dapat bernafas dan bau sepatu dapat hilang. Selain itu, rak sepatu ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan payung panjang pada pinggirnya. Anda dapat menyediakan 2 payung panjang di tempat Anda. Pada musim hujan, hal ini akan sangat membantu para pelanggan yang lupa membawa payung.

Kesimpulan

Seiring dengan perkembangan jaman, rak sepatu juga mengalami perkembangan, baik dar segi model maupun bahan yang digunakan. Ada rak sepatu yang dilengkapi dengan cermin, rak sepatu dengan penutup berupa kain, ataupun rak sepatu yang menyatu dengan tempat duduk.

Harga dari tiap produk juga beragam, tidak selalu yang memiliki jumlah rak lebih banyak menjadi lebih mahal, hal tersebut tergantung juga pada bahan yang digunakan. Lalu, dari 10 produk yang kami rekomendasikan, manakah yang menjadi incaran Anda?