• 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sepatu dan sandal yang berserakan di depan pintu atau di dalam ruangan tentu tidak sedap dipandang. Untuk itu dibutuhkan rak sepatu guna menyimpan semua alas kaki dan membuat ruangan terlihat rapi.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih rak sepatu terbaik, mulai dari rak berbahan plastik, alumunium, besi, hingga kayu. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas beragam merek rak sepatu yang bagus, seperti IKEA, Furnil, dan YK-Design. Silakan memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih rak sepatu

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rak sepatu. Berikut akan kami jelaskan satu per satu untuk memudahkan Anda dalam menemukan rak sepatu terbaik.

Kenali bahan rak sepatu

Tidak hanya ukuran yang beragam, bahan pembuat rak sepatu juga bermacam-macam. Setiap bahan memiliki kelebihannya masing-masing. Dengan mengetahui jenis bahannya, Anda akan tahu cara merawatnya agar bisa bertahan lama.

Rak sepatu plastik, ringan dan mudah dipindahkan

Rak sepatu plastik, ringan dan mudah dipindahkan

Beberapa tahun terakhir, masyarakat sudah sangat terbiasa menggunakan rak sepatu plastik. Bobot rak plastik ringan dan sangat mudah dipindah ke mana-mana. Rak sepatu plastik juga mudah dibersihkan dengan cara dicuci. Namun, terkadang rak sepatu plastik tidak cukup kuat untuk menahan beban sepatu yang terlalu banyak. Oleh karena itu, sesuaikan jumlah sepatu Anda jika ingin memakai rak sepatu plastik.

Rak sepatu kayu, kukuh sekaligus terlihat klasik

Rak sepatu kayu, kukuh sekaligus terlihat klasik

Jika Anda menginginkan rak sepatu berkualitas dan tampil klasik, pertimbangkan rak sepatu berbahan kayu jati, mahoni, atau jati belanda. Sayangnya, rak sepatu berbahan kayu utuh harganya cukup mahal dan berat. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih rak sepatu yang terbuat dari partikel kayu atau medium density fiberboard (MDF).


Namun, saat memilih rak sepatu dari kayu, Anda harus merawatnya dengan ketelitian. Usahakan agar rak sepatu kayu berada dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus. Selain itu, hindari menaruh sepatu basah di rak. Jika Anda menyukai rak sepatu tertutup, usahakan untuk membukanya secara berkala. Rak sepatu kayu yang kering membuat jamur enggan menghampiri.

Rak sepatu besi, bahannya kuat untuk menampung banyak sepatu

Rak sepatu besi, bahannya kuat untuk menampung banyak sepatu

Besi adalah bahan yang kuat dengan harga yang relatif lebih tinggi. Karena kekukuhannya, rak sepatu besi bisa digunakan untuk menyimpan banyak sepatu yang cukup berat. Meski demikian, besi sangat rentan terhadap terpaan air serta angin. Jika tidak dirawat dengan baik, rak besi Anda akan mudah berkarat. Sebaiknya letakkan rak sepatu besi di dalam ruangan agar awet dan tahan lama.

Rak sepatu aluminium, si ringan yang tahan karat

Rak sepatu aluminium, si ringan yang tahan karat

Sama-sama logam, aluminium lebih ringan daripada besi. Kekuatannya pun masih di bawah besi. Namun, jangan Anda remehkan logam satu ini. Aluminium adalah logam tahan karat. Oleh karena itu, rak sepatu aluminium sangat cocok bagi Anda yang berencana meletakkan di teras rumah.

Periksa jumlah alas kaki yang dapat disimpan

Periksa jumlah alas kaki yang dapat disimpan

Rak sepatu biasanya diletakkan di dekat pintu masuk agar mudah terlihat oleh setiap orang yang datang. Karena itu, Anda perlu memperhatikan dengan saksama desain rak sepatunya. Kapasitas penyimpanannya juga penting untuk Anda periksa. Sebaiknya pilih rak sepatu yang mampu menampung semua sepatu dan sandal Anda dengan baik.


Selain itu, jika Anda memilih rak sepatu stylish atau berdesain unik, pastikan produknya stabil saat digunakan. Terlebih jika Anda hendak membeli rak sepatu yang hemat tempat. Produk semacam ini belakangan makin populer karena tidak menyita banyak ruang. Meski begitu, bila lebar rak sepatu terlalu sempit padahal tingginya menjulang, tentu posisinya jadi kurang stabil. 

Perhatikan jenis sepatu yang akan Anda simpan

Perhatikan jenis sepatu yang akan Anda simpan

Tergantung jenis sepatu yang disimpan, rak sepatu yang dibutuhkan setiap orang bisa berbeda. Sebagai contoh, bila Anda hendak menyimpan high heels atau sepatu high-cut, pilihlah produk yang jarak antar raknya memadai. Bisa juga Anda memilih produk yang jarak antara baris dalam raknya adjustable. Dengan begitu, Anda bisa mengatur jaraknya dengan leluasa sesuai ukuran sepatu.

Sesuaikan jenis rak sepatu dengan lokasi penempatannya

Anda juga perlu memikirkan lokasi penempatan rak sepatu. Khususnya jika Anda ingin meletakkannya di dekat pintu atau rak sepatu lain. Pastikan produk tersebut tidak menyulitkan Anda saat membuka pintu, serta tidak menghalangi benda lain di dekatnya.

Rak sepatu susun, bisa menghiasi ruangan sekaligus

Rak sepatu susun, bisa menghiasi ruangan sekaligus

Jika Anda masih memiliki ruang yang cukup, rak sepatu susun bisa menjadi pilihan.Mungkin Anda bertanya-tanya, berapakah ukuran rak susun yang sebaiknya dibeli? Berikut aturan umumnya:

  1. Panjang rak: Idealnya, sepasang sepatu membutuhkan ruang selebar sekitar 20 cm. Jadi, jika Anda berencana menaruh 3 pasang dalam satu jajar, carilah rak dengan panjang 60 cm.
  2. Lebar rak: Untuk lebar rak, sesuaikan dengan maksimal ukuran sepatu. Ukuran sepatu terbesar umumnya ditujukan untuk kaki sepanjang 28 cm. Belilah rak sepatu dengan lebar kira-kira 20-30 cm agar sepatu dapat masuk ke dalam rak dan tidak menggantung sebagian.

Rak sepatu gantung, terlihat rapi di ruang mungil

Rak sepatu gantung, terlihat rapi di ruang mungil

Memiliki ruang terbatas tidak berarti kesulitan menata sepatu. Tersedia solusi lain, yaitu rak sepatu gantung. Jika Anda ingin memasang rak sepatu gantung, pastikan ukurannya cukup untuk sepatu Anda. Terkadang sepasang sepatu berukuran besar membutuhkan dua ruang dalam rak sepatu gantung, Jangan sampai Anda mengabaikan masalah ukuran ini, ya!

Pilih rak sepatu dengan sirkulasi udara yang baik

Pilih rak sepatu dengan sirkulasi udara yang baik
Sirkulasi udara yang kurang optimal membuat sepatu Anda menjadi lembap dan berbau tidak sedap. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan rak sepatu berpenutup. Memang ada sejumlah alasan orang memilih rak sepatu berpenutup, misalnya estetika alias sebagai penghias ruangan. Alasan lainnya, rak sepatu berada di tempat yang mudah terpapar panas atau hujan. Padahal, ada bahan sepatu yang rentan terhadap cuaca. 

Dengan alasan-alasan di atas, rak sepatu berpenutup adalah pilihan yang tepat. Anda hanya perlu memastikan untuk memilih rak berventilasi. Jika rak tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, bukalah rak sepatu secara berkala. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap serta menjaga rak tidak lembap.

Cermati tingkat kesulitan merakit rak sepatu

Cermati tingkat kesulitan merakit rak sepatu
Rak sepatu kebanyakan dijual dalam bentuk yang belum dirakit, apalagi jika Anda membelinya secara online. Bagi sebagian orang, merakit rak sepatu bisa terasa lebih sulit dari yang dibayangkan. Meski begitu, ada juga orang merasa bahwa merakit rak sepatu ternyata mudah. 

Guna menghindari kesulitan yang mungkin timbul, sebaiknya pilih rak sepatu yang mudah dirakit. Anda bisa mencari informasi tambahan melalui review pengguna terkait kemudahan perakitan suatu produk.

10 Rekomendasi rak sepatu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rak sepatu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10

Furnil Rak Sepatu Kayu Orthodox Modern Light Cream

Mulai dari Rp 750.000,00

Ukuran70 cm × 24 cm × 120 cm
Kapasitas18 pasang sepatu
BahanMDF particle board dengan finishing paper lamination
ModelRak tertutup
PemasanganSedikit rumit, tetapi tersedia video instruksi di YouTube
Berat23,5 kg
9

IKEABISSA Kabinet Sepatu dengan 2 Kompartemen

Mulai dari Rp 499.000,00

Ukuran49 cm × 28 cm × 93 cm
Kapasitas8 pasang sepatu
BahanParticle board
ModelRak tertutup dengan ventilasi udara
PemasanganMudah dirakit dengan bantuan manual book
Berat15,24 kg
8
Ukuran56 cm × 24 cm × 56 cm
Kapasitas6 pasang sepatu
BahanPlastik
ModelRak terbuka
PemasanganMudah dirakit
Berat4 kg
7
Ukuran60 cm × 30 cm × 160 cm
Kapasitas28 pasang sepatu
BahanRangka besi, penutup kain non-woven
ModelRak tertutup dengan tirai gulung
PemasanganMudah dirakit
Berat2,2 kg
6
Ukuran125 cm × 13 cm × 27 cm
Kapasitas5 pasang sepatu
BahanPlastik, kain, sekat triplek
ModelRak tertutup
PemasanganLangsung dipasang tanpa perakitan
Berat900 gr
5
Ukuran56 cm × 22 cm × 96 cm
Kapasitas15 pasang sepatu
BahanPlastik
ModelRak terbuka
PemasanganMudah dirakit
Berat2 kg
4
Ukuran47,5 cm × 19 cm × 46 cm
Kapasitas8 pasang sepatu
BahanKain non-woven, rangka stainless, dan sambungan rangka plastik
ModelRak terbuka
PemasanganMudah dirakit
Berat1 kg
3
Ukuran105 cm × 57 cm × 26 cm
Kapasitas15 pasang sepatu
BahanAluminium
ModelRak terbuka
PemasanganMudah dirakit
Berat1,8 kg
2

AonezRak Sepatu Anti Debu 4 Layer

Mulai dari Rp 300.000,00

Ukuran85 cm × 31 cm × 65 cm
Kapasitas16 pasang sepatu
BahanKawat besi, lembaran pp, gesper ABS
ModelRak tertutup
PemasanganSedikit rumit, tetapi sudah dilengkapi video tutorial
Berat3,9 kg
1

YK DesignPARIM Rak Sepatu 5 Tingkat

YK-216

Mulai dari Rp 139.000,00

Ukuran60 cm × 30 cm × 102 cm
Kapasitas15 pasang sepatu
BahanRangka besi, alas kain non-woven
ModelRak terbuka
PemasanganMudah dirakit
Berat1,15 kg

Tabel perbandingan produk rak sepatu terbaik

Gambar produk
1
YK Design PARIM Rak Sepatu 5 Tingkat 1

YK Design

2
Aonez Rak Sepatu Anti Debu 4 Layer 1

Aonez

3
Rak Sepatu Aluminium 5 Susun 1

4
Rak Sepatu Zigzag 4 Susun  1

5
Top Star Rak Sepatu Plastik Susun 5 1

Top Star

6
Rak Sepatu Gantung Polos 11 Saf 1

7
Rak Sepatu Kain 9 Tingkat 1

8
Tabitha Rak Sepatu Plastik Motif Rotan 1

Tabitha

9
IKEA BISSA Kabinet Sepatu dengan 2 Kompartemen 1

IKEA

10
Furnil  Rak Sepatu Kayu Orthodox Modern Light Cream 1

Furnil

Nama produk

PARIM Rak Sepatu 5 Tingkat

Rak Sepatu Anti Debu 4 Layer

Rak Sepatu Aluminium 5 Susun

Rak Sepatu Zigzag 4 Susun

Rak Sepatu Plastik Susun 5

Rak Sepatu Gantung Polos 11 Saf

Rak Sepatu Kain 9 Tingkat

Rak Sepatu Plastik Motif Rotan

BISSA Kabinet Sepatu dengan 2 Kompartemen

Rak Sepatu Kayu Orthodox Modern Light Cream

Keunggulan

Hemat tempat dan bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan

Kompartemen rak yang memudahkan penyortiran sepatu

Tahan cuaca untuk ditaruh di teras rumah

Rak sepatu aesthetic dengan bentuk zigzag yang unik

Sangat ringan untuk dibawa dan dipindahkan ke mana pun!

Pemasangannya mudah dan praktis, alternatif untuk ruangan sempit

Muat hingga 28 pasang sepatu, lho!

Menghadirkan nuansa alam ke dalam rumah Anda

Ventilasi udaranya membuat sepatu Anda tetap kering dan bebas lembap

Didesain minimalis, mampu menampung banyak sepatu dan tetap rapi

Harga mulai dariRp 139.000,00Rp 300.000,00Rp 115.000,00Rp 38.000,00Rp 39.000,00Rp 28.500,00Rp 82.000,00Rp 59.500,00Rp 499.000,00Rp 750.000,00
Ukuran60 cm × 30 cm × 102 cm85 cm × 31 cm × 65 cm105 cm × 57 cm × 26 cm47,5 cm × 19 cm × 46 cm56 cm × 22 cm × 96 cm125 cm × 13 cm × 27 cm60 cm × 30 cm × 160 cm56 cm × 24 cm × 56 cm49 cm × 28 cm × 93 cm70 cm × 24 cm × 120 cm
Kapasitas15 pasang sepatu16 pasang sepatu15 pasang sepatu8 pasang sepatu15 pasang sepatu5 pasang sepatu28 pasang sepatu6 pasang sepatu8 pasang sepatu18 pasang sepatu
BahanRangka besi, alas kain non-wovenKawat besi, lembaran pp, gesper ABSAluminiumKain non-woven, rangka stainless, dan sambungan rangka plastikPlastikPlastik, kain, sekat triplekRangka besi, penutup kain non-wovenPlastikParticle boardMDF particle board dengan finishing paper lamination
ModelRak terbukaRak tertutupRak terbukaRak terbukaRak terbukaRak tertutupRak tertutup dengan tirai gulungRak terbukaRak tertutup dengan ventilasi udaraRak tertutup
PemasanganMudah dirakit Sedikit rumit, tetapi sudah dilengkapi video tutorialMudah dirakitMudah dirakitMudah dirakitLangsung dipasang tanpa perakitanMudah dirakitMudah dirakitMudah dirakit dengan bantuan manual bookSedikit rumit, tetapi tersedia video instruksi di YouTube
Berat1,15 kg3,9 kg1,8 kg1 kg2 kg900 gr2,2 kg4 kg15,24 kg23,5 kg
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan merawat sepatu dan tempat penyimpanan lainnya di sini

Selain disimpan rapi di dalam rak, Anda juga harus merawat sepatu supaya tetap bersih dan awet. Berikut ini beberapa ulasan mengenai perlengkapan untuk merawat sepatu, seperti sikat sepatu dan semir sepatu. Selain itu, ada juga rekomendasi tempat penyimpanan sepatu lainnya. Untuk lebih jelasnya, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Dengan menggunakan rak sepatu, alas kaki Anda akan tersimpan rapi. Untuk itu, silakan Anda cari rak sepatu yang paling sesuai dengan keinginan. Anda bisa memilih bahan rak sepatu sesuai dengan tempat peletakannya. Perhatikan juga ukurannya agar bisa menampung sepatu Anda dengan baik.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui kelancaran sirkulasi udara dari produk pilihan Anda. Cek juga kemudahan perakitannya agar Anda tidak mengalami kesulitan saat hendak memasangnya. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Brankas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Brankas Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Brankas merupakan solusi untuk menyimpan barang berharga, seperti logam mulia, perhiasan, atau uang. Selain itu, brankas juga bisa melindungi barang berharga dari bencana, seperti kebakaran atau banjir. Tipe kunci brankas cukup beragam, misalnya menggunakan keypad numerik, silinder, atau keduanya. Kami akan menjelaskan cara memilih brankas yang bagus untuk Anda. Terdapat merek brankas terbaik, seperti Krisbow, Honeywell, atau SentrySafe. Sebelum memilih brankas, penting untuk menentukan barang yang akan disimpan dan lokasi penempatannya. Pastikan Anda baca sampai tuntas sebelum memutuskan membeli brankas untuk di rumah, ya!
    Tempat penyimpanan
  • 10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tempat Penyimpanan Barang Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Supaya rumah terlihat rapi, Anda bisa menyimpan barang-barang pada tempat penyimpanan khusus. Ada berbagai jenis tempat penyimpanan barang, mulai dari container box, rak gantung, hingga rak partisi. Kali ini kami akan secara khusus membahas storage penyimpanan untuk ruangan yang terbatas atau Anda yang tinggal sendiri.Simaklah tips dari kami untuk menemukan tempat penyimpanan yang praktis. Selanjutnya, Anda dapat melihat rekomendasi produk yang bagus dari merek Olymplast, ACE Hardware Krishome, Pira, dan Shinpo. Anda bisa menemukan tempat penyimpanan plastik dan kayu. Mari langsung baca artikel ini sampai habis!
    Tempat penyimpanan
  • 10 Rekomendasi Lemari Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lemari Pakaian Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lemari pakaian adalah furnitur yang wajib Anda miliki untuk menyimpan pakaian dengan rapi. Harga lemari pakaian cukup beragam, tergantung pada material yang digunakan. Anda bisa membeli lemari pakaian dari plastik, kayu jati, besi, bahkan lemari pintu geser atau pintu sliding. Kami akan membahas cara memilih serta rekomendasi lemari pakaian yang bagus dan awet. Lemari pakaian 2 pintu, 3 pintu, atau yang menggunakan sliding door ada dalam artikel ini. Rekomendasi lemari aesthetic serta minimalis dari merek IKEA dan Informa juga ada di artikel ini. Selamat membaca!
    Tempat penyimpanan
  • 10 Rak Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rak Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Selain menjadi tempat untuk meletakkan tanaman, rak bunga juga dapat meningkatkan estetika sebuah rumah. Dengan rak pot bunga, Anda bisa menaruh bermacam-macam tanaman dengan lebih rapi. Namun, banyaknya model rak bunga pastinya membuat Anda kesulitan dalam memilih, bukan?Kami akan membantu Anda menemukan rak bunga yang bagus. Ada yang terbuat dari kayu, besi, serta rak pot bunga dengan desain yang stylish dan minimalis. Cek juga rekomendasi produknya dan temukan berbagai rak pot bunga merek IKEA, Guninco, dan Goland. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Tempat penyimpanan
  • 10 Lemari Sliding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lemari Sliding Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Selain nyaman digunakan di tempat sempit, lemari pintu geser juga memberi kesan modern saat Anda tempatkan dalam ruangan. Bahan yang digunakan untuk membuat lemari ini beragam, misalnya kayu jati, kaca, aluminium, dan sebagainya.Cara memilih dan rekomendasi lemari pintu geser yang bagus ada dalam artikel ini. Anda bisa memilih lemari pintu geser berkualitas merek IKEA, Krisbow, Livien, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Endi Burhan. Apakah Anda sedang mencari lemari pintu geser bergaya minimalis atau lemari yang modelnya estetik? Temukan review lengkapnya di bawah ini!
    Tempat penyimpanan
  • 10 Rak Bunga Minimalis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rak Bunga Minimalis Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    Kini, rak bunga berdesain minimalis makin diminati. Bahan yang digunakan untuk membuat rak bunga minimalis adalah kayu, besi, bahkan plastik. Model terbarunya juga jauh dari kata monoton. Rak bunga minimalis modern, klasik, dan sebagainya sudah bisa Anda beli.Cara memilih dan rekomendasi rak bunga minimalis terbaik ada dalam artikel ini. Ada rak bunga minimalis yang bagus untuk ruang tamu dan untuk area outdoor. Ayo manfaatkan rak bunga merek Informa, Goland, dan sebagainya untuk memajang aneka pot bunga koleksi Anda! Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana.
    Tempat penyimpanan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori