1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Tempat penyimpanan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sepatu dan sandal yang berserakan di depan pintu atau di dalam ruangan tentu tidak sedap dipandang. Untuk itu dibutuhkan rak sepatu guna menyimpan semua alas kaki dan membuat ruangan terlihat rapi.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih rak sepatu terbaik, mulai dari rak berbahan plastik, alumunium, besi, hingga kayu. Tak hanya itu, kami juga akan mengulas beragam merek rak sepatu yang bagus, seperti IKEA, Furnil, dan YK-Design. Silakan memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih rak sepatu

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli rak sepatu. Berikut akan kami jelaskan satu per satu untuk memudahkan Anda dalam menemukan rak sepatu terbaik.

① Kenali bahan rak sepatu

Tidak hanya ukuran yang beragam, bahan pembuat rak sepatu juga bermacam-macam. Setiap bahan memiliki kelebihannya masing-masing. Dengan mengetahui jenis bahannya, Anda akan tahu cara merawatnya agar bisa bertahan lama.

Rak sepatu plastik, ringan dan mudah dipindahkan

Rak sepatu plastik, ringan dan mudah dipindahkan

Beberapa tahun terakhir, masyarakat sudah sangat terbiasa menggunakan rak sepatu plastik. Bobot rak plastik ringan dan sangat mudah dipindah ke mana-mana. Rak sepatu plastik juga mudah dibersihkan dengan cara dicuci. Namun, terkadang rak sepatu plastik tidak cukup kuat untuk menahan beban sepatu yang terlalu banyak. Oleh karena itu, sesuaikan jumlah sepatu Anda jika ingin memakai rak sepatu plastik.

Rak sepatu kayu, kukuh sekaligus terlihat klasik

Rak sepatu kayu, kukuh sekaligus terlihat klasik

Jika Anda menginginkan rak sepatu berkualitas dan tampil klasik, pertimbangkan rak sepatu berbahan kayu jati, mahoni, atau jati belanda. Sayangnya, rak sepatu berbahan kayu utuh harganya cukup mahal dan berat. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih rak sepatu yang terbuat dari partikel kayu atau medium density fiberboard (MDF).


Namun, saat memilih rak sepatu dari kayu, Anda harus merawatnya dengan ketelitian. Usahakan agar rak sepatu kayu berada dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang bagus. Selain itu, hindari menaruh sepatu basah di rak. Jika Anda menyukai rak sepatu tertutup, usahakan untuk membukanya secara berkala. Rak sepatu kayu yang kering membuat jamur enggan menghampiri.

Rak sepatu besi, bahannya kuat untuk menampung banyak sepatu

Rak sepatu besi, bahannya kuat untuk menampung banyak sepatu

Besi adalah bahan yang kuat dengan harga yang relatif lebih tinggi. Karena kekukuhannya, rak sepatu besi bisa digunakan untuk menyimpan banyak sepatu yang cukup berat. Meski demikian, besi sangat rentan terhadap terpaan air serta angin. Jika tidak dirawat dengan baik, rak besi Anda akan mudah berkarat. Sebaiknya letakkan rak sepatu besi di dalam ruangan agar awet dan tahan lama.

Rak sepatu aluminium, si ringan yang tahan karat

Rak sepatu aluminium, si ringan yang tahan karat

Sama-sama logam, aluminium lebih ringan daripada besi. Kekuatannya pun masih di bawah besi. Namun, jangan Anda remehkan logam satu ini. Aluminium adalah logam tahan karat. Oleh karena itu, rak sepatu aluminium sangat cocok bagi Anda yang berencana meletakkan di teras rumah.

② Periksa jumlah alas kaki yang dapat disimpan

Periksa jumlah alas kaki yang dapat disimpan

Rak sepatu biasanya diletakkan di dekat pintu masuk agar mudah terlihat oleh setiap orang yang datang. Karena itu, Anda perlu memperhatikan dengan saksama desain rak sepatunya. Kapasitas penyimpanannya juga penting untuk Anda periksa. Sebaiknya pilih rak sepatu yang mampu menampung semua sepatu dan sandal Anda dengan baik.


Selain itu, jika Anda memilih rak sepatu stylish atau berdesain unik, pastikan produknya stabil saat digunakan. Terlebih jika Anda hendak membeli rak sepatu yang hemat tempat. Produk semacam ini belakangan makin populer karena tidak menyita banyak ruang. Meski begitu, bila lebar rak sepatu terlalu sempit padahal tingginya menjulang, tentu posisinya jadi kurang stabil. 

③ Perhatikan jenis sepatu yang akan Anda simpan

Perhatikan jenis sepatu yang akan Anda simpan

Tergantung jenis sepatu yang disimpan, rak sepatu yang dibutuhkan setiap orang bisa berbeda. Sebagai contoh, bila Anda hendak menyimpan high heels atau sepatu high-cut, pilihlah produk yang jarak antar raknya memadai. Bisa juga Anda memilih produk yang jarak antara baris dalam raknya adjustable. Dengan begitu, Anda bisa mengatur jaraknya dengan leluasa sesuai ukuran sepatu.

④ Sesuaikan jenis rak sepatu dengan lokasi penempatannya

Anda juga perlu memikirkan lokasi penempatan rak sepatu. Khususnya jika Anda ingin meletakkannya di dekat pintu atau rak sepatu lain. Pastikan produk tersebut tidak menyulitkan Anda saat membuka pintu, serta tidak menghalangi benda lain di dekatnya.

Rak sepatu susun, bisa menghiasi ruangan sekaligus

Rak sepatu susun, bisa menghiasi ruangan sekaligus

Jika Anda masih memiliki ruang yang cukup, rak sepatu susun bisa menjadi pilihan.Mungkin Anda bertanya-tanya, berapakah ukuran rak susun yang sebaiknya dibeli? Berikut aturan umumnya:

  1. Panjang rak: Idealnya, sepasang sepatu membutuhkan ruang selebar sekitar 20 cm. Jadi, jika Anda berencana menaruh 3 pasang dalam satu jajar, carilah rak dengan panjang 60 cm.
  2. Lebar rak: Untuk lebar rak, sesuaikan dengan maksimal ukuran sepatu. Ukuran sepatu terbesar umumnya ditujukan untuk kaki sepanjang 28 cm. Belilah rak sepatu dengan lebar kira-kira 20-30 cm agar sepatu dapat masuk ke dalam rak dan tidak menggantung sebagian.

Rak sepatu gantung, terlihat rapi di ruang mungil

Rak sepatu gantung, terlihat rapi di ruang mungil

Memiliki ruang terbatas tidak berarti kesulitan menata sepatu. Tersedia solusi lain, yaitu rak sepatu gantung. Jika Anda ingin memasang rak sepatu gantung, pastikan ukurannya cukup untuk sepatu Anda. Terkadang sepasang sepatu berukuran besar membutuhkan dua ruang dalam rak sepatu gantung, Jangan sampai Anda mengabaikan masalah ukuran ini, ya!

⑤ Pilih rak sepatu dengan sirkulasi udara yang baik

Pilih rak sepatu dengan sirkulasi udara yang baik
Sirkulasi udara yang kurang optimal membuat sepatu Anda menjadi lembap dan berbau tidak sedap. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan rak sepatu berpenutup. Memang ada sejumlah alasan orang memilih rak sepatu berpenutup, misalnya estetika alias sebagai penghias ruangan. Alasan lainnya, rak sepatu berada di tempat yang mudah terpapar panas atau hujan. Padahal, ada bahan sepatu yang rentan terhadap cuaca. 

Dengan alasan-alasan di atas, rak sepatu berpenutup adalah pilihan yang tepat. Anda hanya perlu memastikan untuk memilih rak berventilasi. Jika rak tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, bukalah rak sepatu secara berkala. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap serta menjaga rak tidak lembap.

⑥ Cermati tingkat kesulitan merakit rak sepatu

Cermati tingkat kesulitan merakit rak sepatu
Rak sepatu kebanyakan dijual dalam bentuk yang belum dirakit, apalagi jika Anda membelinya secara online. Bagi sebagian orang, merakit rak sepatu bisa terasa lebih sulit dari yang dibayangkan. Meski begitu, ada juga orang merasa bahwa merakit rak sepatu ternyata mudah. 

Guna menghindari kesulitan yang mungkin timbul, sebaiknya pilih rak sepatu yang mudah dirakit. Anda bisa mencari informasi tambahan melalui review pengguna terkait kemudahan perakitan suatu produk.

10 Rekomendasi rak sepatu terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rak sepatu terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

YK Design

PARIM Rak Sepatu 5 Tingkat

YK Design PARIM Rak Sepatu 5 Tingkat 1枚目

Hemat tempat dan bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan

2

Aonez

Rak Sepatu Anti Debu 4 Layer

Aonez Rak Sepatu Anti Debu 4 Layer 1枚目

Kompartemen rak yang memudahkan penyortiran sepatu

3

Rak Sepatu Aluminium 5 Susun

 Rak Sepatu Aluminium 5 Susun 1枚目

Tahan cuaca untuk ditaruh di teras rumah

4

Rak Sepatu Zigzag 4 Susun

 Rak Sepatu Zigzag 4 Susun  1枚目

Rak sepatu aesthetic dengan bentuk zigzag yang unik

5

Top Star

Rak Sepatu Plastik Susun 5

Top Star Rak Sepatu Plastik Susun 5 1枚目

Sangat ringan untuk dibawa dan dipindahkan ke mana pun!

6

Rak Sepatu Gantung Polos 11 Saf

 Rak Sepatu Gantung Polos 11 Saf 1枚目

Pemasangannya mudah dan praktis, alternatif untuk ruangan sempit

7

Rak Sepatu Kain 9 Tingkat

 Rak Sepatu Kain 9 Tingkat 1枚目

Muat hingga 28 pasang sepatu, lho!

8

Tabitha

Rak Sepatu Plastik Motif Rotan

Tabitha Rak Sepatu Plastik Motif Rotan 1枚目

Menghadirkan nuansa alam ke dalam rumah Anda

9

IKEA

BISSA Kabinet Sepatu dengan 2 Kompartemen

IKEA BISSA Kabinet Sepatu dengan 2 Kompartemen 1枚目

Ventilasi udaranya membuat sepatu Anda tetap kering dan bebas lembap

10

Furnil

Rak Sepatu Kayu Orthodox Modern Light Cream

Furnil  Rak Sepatu Kayu Orthodox Modern Light Cream 1枚目

Didesain minimalis, mampu menampung banyak sepatu dan tetap rapi

Perincian produk
Close
No.1

YK DesignPARIM Rak Sepatu 5 TingkatYK-216

Mulai dari Rp139.000,00

Hemat tempat dan bisa dibongkar pasang sesuai kebutuhan

Rak sepatu besi ini banyak dipuji oleh para pembeli karena kekuatannya. Perakitannya juga mudah dan tidak memerlukan peralatan rumit. Bukan hanya itu, Anda juga bisa membongkar pasang rak ini sesuka hati. Sekalipun konsep awal desain adalah sebuah rak sepatu susun lima, Anda bisa menjadikannya dua rak berbeda. Anda pun bisa mengatur peletakannya sesuai kebutuhan.

No.2

AonezRak Sepatu Anti Debu 4 Layer

Mulai dari Rp300.000,00

Kompartemen rak yang memudahkan penyortiran sepatu

Rak sepatu tertutup ini memiliki beberapa kompartemen. Anda bisa mengelompokkan sepatu sesuai jenisnya dan menyimpannya ke dalam kompartemen yang sama. Dengan demikian, penataannya jadi lebih rapi. 


Berkat tutup yang rapat, sepatu Anda juga aman dari debu dan serbuan serangga. Meski raknya tertutup, Anda tak perlu khawatir akan kesulitan mencari sepatu. Tutup rak sepatu ini transparan sehingga Anda bisa melihat isinya dengan mudah dari luar.

No.3

Rak Sepatu Aluminium 5 Susun

Mulai dari Rp115.000,00

Tahan cuaca untuk ditaruh di teras rumah

Terbuat dari bahan aluminium yang tahan karat, sepatu ini bisa Anda letakkan di teras tanpa perlu merasa khawatir. Jika ingin memindahkannya ke dalam rumah, Anda bisa menentengnya karena bobotnya tidak terlalu berat.


Rak sepatu ini mampu menyimpan 15 pasang sepatu dan sandal. Jumlah yang cukup untuk keluarga kecil dengan anak-anak yang aktif berkegiatan di luar rumah. Sepatu basah mereka tidak akan menimbulkan karat di badan rak aluminium ini.

No.4

Rak Sepatu Zigzag 4 Susun

Mulai dari Rp38.000,00

Rak sepatu aesthetic dengan bentuk zigzag yang unik

Bagi Anda yang mendambakan ruangan dengan beragam perabot estetis, rak sepatu zigzag ini patut dipertimbangkan. Dengan sambungan rangka yang berkelok-kelok, rak ini terlihat sangat unik dan atraktif. Anda tak perlu khawatir soal kekuatannya, perpaduan kain non-woven, stainless, dan plastik membuat rak ini kuat menahan beban.


Rak sepatu aesthetic ini tersedia dalam tiga pilihan warna dan mudah dibongkar pasang. Fitur tersebut juga cocok untuk Anda yang sering pindah tempat tinggal atau gemar menata ulang ruangan. Jadikan kamar Anda makin estetis dengan rak sepatu yang satu ini!

No.5

Top StarRak Sepatu Plastik Susun 5

Mulai dari Rp39.000,00

Sangat ringan untuk dibawa dan dipindahkan ke mana pun!

Rak sepatu plastik ini memiliki desain klasik sekaligus timeless. Dengan warna-warni cerah, rak sepatu ini menjadi favorit banyak orang, terutama mereka yang sering berpindah tempat. 


Hal ini karena bobotnya relatif ringan dan bisa dikemas menjadi sangat ringkas. Anda tak akan kerepotan membawanya ke mana-mana. Selain itu, bahan plastik tahan panas dan hujan. Anda tidak perlu khawatir saat menaruhnya di teras rumah yang relatif terbuka.

No.6

Rak Sepatu Gantung Polos 11 Saf

Mulai dari Rp28.500,00

Pemasangannya mudah dan praktis, alternatif untuk ruangan sempit

Ruangan sempit bukanlah penghalang untuk memiliki banyak sepatu. Anda toh masih bisa memanfaatkan ruangan secara vertikal sebagai tempat penyimpanan. Ya, rak sepatu gantung ini memfasilitasi Anda untuk menampung koleksi sepatu yang dimiliki.


Terdiri dari sebelas kompartemen, rak sepatu gantung ini mampu menyimpan lima pasang sepatu dewasa. Sedangkan untuk sepatu anak, tiap kompartemennya bisa diisi sepasang sepatu. Dengan alas tripleks, rak sepatu polos ini menjadi makin kukuh. Anda bisa membeli beberapa rak sekaligus untuk dipasang berderet.

No.7

Rak Sepatu Kain 9 Tingkat

Mulai dari Rp82.000,00

Muat hingga 28 pasang sepatu, lho!

Bagi Anda yang mencari rak dengan kapasitas superbesar, jatuhkanlah pilihan pada produk ini. Terdiri dari sembilan susun, rak ini mampu menampung puluhan sepatu Anda. Selain itu, sepatu Anda juga akan terlihat rapi karena rak ini dilengkapi dengan penutup berupa tirai yang bisa digulung.


Menariknya lagi, di bagian samping rak sepatu ini terdapat beberapa kantung yang bisa digunakan untuk menyimpan barang. Selain tersedia dalam beragam motif yang cantik, rak sepatu kain ini juga tersedia dalam warna polos.

No.8

TabithaRak Sepatu Plastik Motif Rotan

Mulai dari Rp59.500,00

Menghadirkan nuansa alam ke dalam rumah Anda

Sepintas lihat permukaan rak plastik ini menyerupai jalinan rotan, nyatanya produk ini terbuat dari bahan plastik yang kukuh. Tekstur dan motif rotannya memberi kesan eksotis. Sedangkan warna cokelatnya memperkuat nuansa alaminya.

Bagi Anda yang menginginkan rak sepatu plastik yang juga bisa menghiasi ruangan, Anda patut mempertimbangkan produk ini. Rak sepatu plastik ini juga aman diletakkan di teras atau taman. Jika Anda ingin menyimpan lebih banyak sepatu, rak plastik ini juga tersedia dalam beberapa ukuran.

No.9

IKEABISSA Kabinet Sepatu dengan 2 Kompartemen

Mulai dari Rp499.000,00

Ventilasi udaranya membuat sepatu Anda tetap kering dan bebas lembap

Rak sepatu IKEA BISSA memiliki dua kompartemen yang penyekatnya dapat diatur sesuai kebutuhan. Meski berupa rak tertutup, Anda tak perlu cemas sepatu menjadi lembap. Hal ini karena rak dilengkapi dengan ventilasi. Udara yang masuk akan mengeringkan sepatu sehingga mencegah munculnya bau tidak sedap. Desainnya yang minimalis dengan warna putih bersih membuatnya cocok diletakkan di dekat perabot mana pun.

No.10

Furnil Rak Sepatu Kayu Orthodox Modern Light Cream

Mulai dari Rp750.000,00

Didesain minimalis, mampu menampung banyak sepatu dan tetap rapi

Anda yang menggemari desain minimalis pasti akan menyukai rak sepatu yang satu ini. Berdesain sederhana serupa lemari, rak sepatu tertutup ini mampu menyimpan semua sepatu Anda dengan rapi tanpa terlihat dari luar. Dibuat dari bahan MDF yang memiliki kerapatan lebih tinggi daripada particle boards biasa, rak ini sangat kokoh. 


Kekurangan rak ini hanya satu, yaitu sirkulasi udara yang agak terbatas akibat desainnya yang tertutup. Guna menyiasatinya, Anda bisa sesekali membuka rak supaya ada pergantian udara. Jangan lupa juga untuk selalu menyimpan sepatu dalam kondisi kering. 

Baca juga rekomendasi perlengkapan merawat sepatu dan tempat penyimpanan lainnya di sini

Selain disimpan rapi di dalam rak, Anda juga harus merawat sepatu supaya tetap bersih dan awet. Berikut ini beberapa ulasan mengenai perlengkapan untuk merawat sepatu, seperti sikat sepatu dan semir sepatu. Selain itu, ada juga rekomendasi tempat penyimpanan sepatu lainnya. Untuk lebih jelasnya, silakan klik tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Dengan menggunakan rak sepatu, alas kaki Anda akan tersimpan rapi. Untuk itu, silakan Anda cari rak sepatu yang paling sesuai dengan keinginan. Anda bisa memilih bahan rak sepatu sesuai dengan tempat peletakannya. Perhatikan juga ukurannya agar bisa menampung sepatu Anda dengan baik.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui kelancaran sirkulasi udara dari produk pilihan Anda. Cek juga kemudahan perakitannya agar Anda tidak mengalami kesulitan saat hendak memasangnya. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer