10 Rekomendasi Lemari Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Lemari Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Lemari piring merupakan perabot rumah tangga yang dapat membantu Anda dalam menyimpan peralatan dapur seperti piring, gelas, sendok, dan perabot kecil lainnya agar lebih rapi dan bersih. Bahkan, beberapa lemari piring memiliki tempat yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan makanan.

Anda dapat menemukan berbagai jenis lemari piring dengan bermacam bentuk dan ukuran. Lalu, lemari piring seperti apakah yang paling baik untuk Anda? Pada artikel ini kami akan memberitahukan cara memilih lemari piring yang baik dan juga merekomendasikan lemari piring terbaik untuk Anda. Mari baca lebih lanjut!

Daftar isi

Cara memilih lemari piring

Ada beberapa poin yang perlu Anda perhatikan ketika akan memilih lemari piring, di antaranya adalah ukuran, harga, dan beberapa poin lainnya. Poin-poin tersebut akan kami jelaskan lebih lengkap di bawah ini.

Pilih berdasarkan lokasi penempatannya

Pilih berdasarkan lokasi penempatannya

Ada dua jenis lemari piring, pertama adalah lemari yang semua bagiannya tertutup. Lalu, tipe yang kedua adalah lemari piring yang memiliki bagian terbuka di tengahnya sehingga Anda dapat meletakkan oven, termos, atau benda lainnya. Adanya kedua tipe tersebut bisa saja membuat Anda bingung saat hendak memilih. Akan tetapi, Anda tetap bisa dengan mudah memilih berdasarkan lokasi penempatannya.

Sebagai rekomendasi, jika lemari ingin diletakkan di dapur, Anda dapat memilih lemari dengan bagian terbuka di tengahnya sehingga Anda dapat meletakkan benda-benda yang dapat membantu Anda saat memasak. Di sisi lain, jika Anda ingin meletakkannya di ruang makan, pilihlah lemari yang tertutup di semua bagiannya agar ruangan terlihat lebih rapi.

Pilih berdasarkan ukurannya

Pilih berdasarkan ukurannya

Setelah Anda menentukan tipe yang akan dipilih, Anda perlu mengecek ukurannya. Jika Anda tidak mengukurnya terlebih dahulu, dikhawatirkan lemari tidak dapat masuk atau tidak pas dan berisiko malah membuat lemari tersebut rusak. Karena itu, bandingkanlah luas ruang yang tersedia dengan ukuran lemari. Selain itu, Anda juga perlu menambahkan jarak untuk membuka pintu atau laci lemari sekitar 80 cm ke depan.

Lalu, bila Anda berencana meletakkannya di samping lemari es, berikanlah jarak agar lemari piring tidak menempel dengan bagian samping kulkas yang panas. Selain itu, jika Anda membeli lemari yang sudah dalam bentuk jadi, periksa kembali akses masuknya agar lemarinya bisa masuk ke lokasi penempatan dengan lancar.

Pilih berdasarkan kapasitas penyimpanannya

Pilih berdasarkan kapasitas penyimpanannya

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kapasitas penyimpanannya. Ketahui jumlah peralatan makan yang Anda miliki, kemudian pilihlah produk dengan kapasitas yang sesuai. Bila Anda sudah memilih lemari dengan kapasitas tertentu, ukuran peralatan makan yang akan Anda beli pun akan semakin terbatas dan lemari piring Anda akan semakin rapi.

Namun, bila Anda berencana membeli peralatan makan dengan ukuran yang lebih besar, Anda bisa memilih produk yang raknya dapat dilepas-pasang. Dengan begitu, Anda bisa mengatur lebar atau ketinggian raknya sesuai dengan ukuran peralatan makan yang Anda beli.

Pilih jenis laci dan pintu yang cocok untuk Anda

Pilih jenis laci dan pintu yang cocok untuk Anda

Terakhir, Anda perlu mengecek pintu dan laci pada lemari pilihan Anda. Banyak orang tidak terlalu memperhatikan pintu dan laci pada lemari piring padahal kedua bagian ini akan sangat mempengaruhi kemudahan penggunaannya.

Terdapat dua jenis pintu lemari, yaitu tipe pintu berengsel dan pintu geser. Bila Anda mengutamakan kemudahan penggunaan, tipe berengsel lebih direkomendasikan. Terlepas dari dibutuhkannya space tambahan di depan pintu agar pintunya bisa terbuka, Anda bisa dengan mudah membuka dan melihat seluruh isi di balik pintu tersebut. Di sisi lain, pintu geser adalah pilihan sempurna bila Anda mempertimbangkan fungsionalitas penggunaannya saat terjadi bencana misalnya gempa. Pintu geser tak mudah terbuka bahkan saat gempa sehingga tetap fungsional. Meski begitu, lemari piring model pintu geser hingga saat ini masih tergolong jarang ditemukan di Indonesia.

Sama seperti pintu berengsel, laci juga membutuhkan tambahan ruang depan. Selain itu, akan lebih baik jika laci dapat dikunci sehingga tidak mudah terbuka jika terjadi gempa.

10 Rekomendasi lemari piring terbaik

Setelah membahas cara memilihnya, kami akan memberikan rekomendasi lemari piring terbaik. Lihat dan temukanlah lemari piring yang paling pas untuk Anda miliki!

10. Naiba Rak Piring 4802

10. Naiba Rak Piring 4802

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 459.000

Tampil cantik dengan 6 varian desain menawan

Bahan plastik yang digunakan pada produk ini juga membuat lemari ini tidak akan berkarat dan tahan lama. Tenang saja, plastik yang digunakan cukup tebal sehingga cukup kuat untuk menampung berbagai peralatan dapur Anda selama tidak melebihi 20 kg per susun.

Lemari ini juga mudah dibersihkan, Anda dapat mengelapnya dengan lap kering atau basah untuk membersihkan debu dan noda yang menempel. Tersedia dalam 6 varian desain yang sangat cantik, produk ini adalah pilihan tepat bila Anda mencari rak piring dengan tampilan yang menarik dan colorful.

Ukuran 65 x 45 x 154,5 cm
Bahan Plastik

9. Simplefurniture Lemari Piring Kaca 3 Pintu

9. Simplefurniture Lemari Piring Kaca 3 Pintu

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 750.000

Pintunya full kaca bening, makin mudah mengecek isi lemari

Meski memiliki 3 pintu dan kapasitas yang memadai, harga produk ini masih sangat ramah di kantong. Selain 3 pintu di bagian bawah, lemari ini juga menyediakan 2 tingkat penyimpanan di bagian atasnya, Anda bisa menempatkan piring, gelas, mug, di mana pun Anda mau.

Dibuat menggunakan bahan aluminium, Anda juga tak perlu khawatir dengan karat. Pintu lemari ini seluruhnya full kaca sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan dan mengambil piring yang Anda butuhkan. Bila Anda tidak ingin kesulitan mencari peralatan makan yang hendak Anda gunakan, produk ini patut diperhitungkan.

Ukuran 90 x 32 x 163 cm
Bahan Aluminium dan kaca

8. Lemari Piring Clavo 2 Pintu

8. Lemari Piring Clavo 2 Pintu

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.100.000

Compact dan berkapasitas besar, makin fungsional

Saat ini banyak rumah minimalis dengan ruang dapur yang tidak terlalu besar. Jika tipe rumah Anda seperti ini, Anda akan memerlukan lemari piring yang tidak terlalu besar, tetapi dapat menampung banyak peralatan. Lemari piring ini dapat menjadi pilihan tepat untuk ruang dapur Anda.

Selain itu, dengan menggunakan lemari ini peralatan makan Anda akan aman dari jangkauan anak kecil. Hal ini disebabkan karena pintu bagian bawahnya didesain tidak memiliki pegangan sehingga anak-anak akan sulit untuk membukanya. Peralatan dapur Anda akan aman dari anak batita Anda yang masih serba ingin tahu.

Ukuran 85 x 42 x 180 cm
Bahan Tidak disebutkan

7. Lemari Piring Minimalis 3 Pintu

7. Lemari Piring Minimalis 3 Pintu

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.549.000

Tampil modern dengan desain yang sleek

Bila Anda mencari lemari piring dengan tampilan yang kekinian, produk ini adalah salah satu opsinya. Tampil sleek dan minim ornamen, produk ini terkesan modern dan cocok ditempatkan di dapur dengan gaya kontemporer. Tersedia dalam beberapa varian warna, Anda bebas memilih yang paling disuka.

Selain itu, produk ini juga semakin fungsional dengan adanya rak besar di bagian atas dan bawah serta bagian tengah yang lebar tanpa sekat. Desain bagian tengah tersebut juga memungkinkan Anda untuk meletakkan berbagai barang atau meracik minuman semisal kopi dan teh.

Ukuran 127 x 53 x 180 cm
Bahan Blockthick

6. Simplefurniture Lemari 3 Pintu LS 502

6. Simplefurniture Lemari 3 Pintu LS 502

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.600.000

Hadirkan kesan warm di ruangan Anda

Dilengkapi dengan pintu kaca, Anda bisa memajang dan menikmati keindahan peralatan makan Anda yang cantik ketika Anda simpan di balik pintu tersebut. Dilengkapi 3 laci, Anda dapat meletakkan sendok, garpu, atau pisau tanpa tercampur satu dengan yang lainnya.

Pintu lemarinya pun besar dan banyak, Anda bisa menyimpan banyak peralatan makan di dalamnya. Hadir dengan warna cokelat yang soft dan natural, produk ini sangat cocok dimiliki bila Anda mencari lemari piring yang mampu menimbulkan kesan hangat dan cozy di ruang makan Anda.

Ukuran 115 x 38 x 180 cm
Bahan Tidak disebutkan

5. Lemari Piring 4 Pintu

5. Lemari Piring 4 Pintu

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.000.000

Produk berkapasitas besar dengan harga bersahabat

Ketika anak-anak beranjak besar, tidak terasa peralatan makan dan masak Anda pun bertambah banyak. Jika Anda memerlukan lemari berkapasitas besar, tetapi tak ingin mengeluarkan terlalu banyak biaya, produk ini cocok dimiliki. Dengan harga yang tak bikin kantong bolong, Anda bisa memperoleh lemari piring 4 pintu.

Dengan panjang 167 cm dan tinggi 192 cm, kapasitas penyimpanan lemari ini sangat besar. Anda dapat menyimpan berbagai macam barang dalam lemari ini dengan lebih rapi. Diklaim antirayap dan tahan air, tentu produk ini dapat Anda gunakan untuk jangka waktu cukup lama.

Ukuran 167 x 53 x 192 cm
Bahan Multipleks

4. Lemari Piring Hydraulic

4. Lemari Piring Hydraulic

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.200.000

Makin praktis digunakan dengan sistem hydraulic

Tidak hanya dilengkapi dengan banyak laci dan ruang penyimpanan, produk ini juga dilengkapi dengan mekanisme hydraulic untuk membuka area penyimpanan di bagian atasnya agar semakin mudah dibuka. Bila Anda mencari lemari piring dengan banyak ruang penyimpanan yang praktis dan mudah digunakan, produk ini salah satu opsinya!

Ukuran 130 x 45 x 190 cm
Bahan Multipleks dan blockboard

3. Bina Karya Lemari Piring Aluminium

3. Bina Karya Lemari Piring Aluminium

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.500.000

Mencerahkan dan menyegarkan suasana dapur Anda

Jika Anda membutuhkan suasana segar dan cerah di ruang dapur Anda, lemari piring ini layak diperhitungkan. Pintu bagian atasnya dihiasi dengan gambar burung kakak tua dan pada pintu bagian bawah berwarna merah, warna yang sangat cerah sehingga suasana dapur Anda akan semakin segar.

Bagian tengah lemari ini didesain terbuka dan juga dilengkapi dengan stopkontak sehingga Anda dapat meletakkan microwave atau rice cooker pada bagian ini. Bahan aluminium yang digunakan membuat lemari ini kuat terhadap uap panas dan karat sehingga menjadi lebih tahan lama.

Ukuran 124 x 42 x 180 cm
Bahan Aluminium, kaca, dan multipleks

2. Lemari Piring 4 Pintu Beroda

2. Lemari Piring 4 Pintu Beroda

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.500.000

Makin mudah dipindah-pindah dengan adanya roda

Lemari piring berbahan aluminium ini memiliki empat pintu, Anda bisa menyimpan banyak peralatan makan di dalamnya. Meski berukuran besar, produk ini sangat mudah dipindah karena sudah dilengkapi dengan roda di kakinya. Untuk Anda yang ingin bisa mengubah interior dapur atau ruang makan dengan mudah, produk ini adalah partner yang pas.

Ukuran 130 x 45 x 180 cm
Bahan Aluminium

1. Lemari Piring Jati

1. Lemari Piring Jati

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 3.450.000

Bahan kayu jati bikin produk ini sangat durable

Finishing natural membuat lemari piring ini terlihat timeless dan mudah Anda tempatkan di ruangan makan atau dapur dengan gaya interior seperti apa pun. Memiliki ukuran 100 x 50 x 200 cm, tentu Anda bisa menempatkan dan memajang banyak piring di dalamnya.

Dibuat menggunakan bahan kayu jati pilihan, produk ini tidak hanya antirayap, tetapi juga tak mudah rusak meski sering Anda bawa pindahan rumah. Bila Anda mencari lemari piring dengan daya tahan sangat mumpuni untuk digunakan bertahun-tahun, produk ini adalah pilihan terbaik.

Ukuran 100 x 50 x 200 cm
Bahan Kayu jati

Baca juga rekomendasi perlengkapan kebersihan alat makan dan rak piring di sini

Bila Anda mengutamakan kebersihan, Anda perlu menggunakan sabun cuci piring yang ampuh bersihkan minyak, spons cuci piring, dan rak piring untuk mengeringkan alat makan yang telah Anda cuci. Anda bisa membaca lebih lanjut mengenai seluruh barang tersebut di sini.

Kesimpulan

Banyak poin yang perlu diperhatikan dalam membeli lemari piring. Selain lokasi penempatannya, Anda juga perlu memilih lemari dengan ukuran yang sesuai. Penting juga untuk mengecek kesesuaian kapasitasnya dengan jumlah peralatan makan yang Anda miliki serta jenis pintu dan laci lemarinya.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk membeli salah satu lemari dari rekomendasi kami? Anda dapat menekan tautan yang kami berikan dan langsung membelinya secara online. Happy shopping!