1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Tempat penyimpanan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lemari Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lemari Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lemari Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lemari Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lemari Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lemari Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lemari Piring Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Lemari piring merupakan perabot rumah yang berguna untuk menyimpan peralatan dapur, seperti piring, gelas, dan perabot kecil lainnya. Terlebih, beberapa lemari piring memiliki tempat yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan makanan. Di pasaran, tersedia berbagai model lemari piring dengan bermacam bentuk dan ukuran. Lalu, lemari piring seperti apakah yang paling baik untuk Anda?


Untuk memudahkan Anda menentukan pilihan, simak dulu beberapa poin penting dalam memilih lemari piring yang bagus. Kemudian, kami akan memberikan rekomendasi produk terbaru sekaligus terbaik dari merek kenamaan, seperti Mobelio, Naiba, dan Bina Karya. Selamat membaca!

Diperbaharui 07-08-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih lemari piring

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan memilih lemari piring, seperti ukuran, bahan, harga, dan desain. Yuk, langsung simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

① Sesuaikan dengan lokasi penempatannya

Sesuaikan dengan lokasi penempatannya

Secara umum, ada dua jenis lemari piring yang dapat Anda pilih. Pertama, tipe lemari yang semua bagiannya tertutup untuk menyimpan peralatan makan. Kedua, lemari piring yang terbuka di bagian tengah sehingga Anda dapat meletakkan oven, termos, dan peralatan dapur lainnya. Apabila Anda bingung menentukan tipe lemari piring yang tepat, Anda bisa memilih berdasarkan lokasi penempatannya.


Sebagai contoh, lemari tertutup diletakkan di ruang makan dan lemari dengan bagian tengah terbuka untuk di dapur. Dengan demikian, Anda dapat menata ruang makan dan dapur sehingga terlihat rapi dan teratur.

② Cek bahan yang digunakan

Selanjutnya, Anda juga perlu memeriksa bahan yang digunakan. Ada beberapa bahan yang cukup sering dipakai untuk membuat lemari piring. Beberapa di antaranya adalah kaca, kayu, particle board, plastik, dan aluminium. Agar Anda tidak salah pilih, simak kekurangan dan kelebihan setiap bahan tersebut di bawah ini.


  • Kaca
Produk yang terbuat dari kaca memiliki sifat yang tembus pandang. Dengan demikian, tataannya pun akan tampak dari luar sehingga memudahkan Anda ketika mencari peralatan makan. Bahan kaca juga mudah untuk dibersihkan serta tak akan mengalami korosi atau pengeroposan. Meskipun begitu, lemari piring berbahan kaca lebih rentan mengalami pecah atau retak.

  • Kayu

Lemari piring berbahan kayu cenderung memiliki tampilan bernuansa alami. Selain itu, kayu juga terbilang lebih kokoh dan kuat, terlebih jika jenisnya adalah kayu jati. Namun, produk yang dibuat dari bahan kayu bobotnya lebih berat sehingga kurang portabel.


  • Particle board/MDF

Apabila Anda ingin mendapatkan produk bernuansa warm dengan bobot yang lebih ringan, produk berbahan particle board cocok dipilih. Particle board atau disebut dengan medium density fiberboard (MDF) adalah produk turunan kayu yang berupa serbuk kayu. Serbuk kayu ini diolah hingga menjadi papan padat. Sayangnya, karena mudah menyerap air, bahan ini lebih mudah berjamur dan lapuk.


  • Plastik

Ada juga produk berbahan plastik yang keringanannya tidak diragukan lagi. Dibandingkan bahan lainnya, lemari piring berbahan plastik juga memiliki harga yang lebih terjangkau. Selain itu, bahan ini tahan terhadap air dan lebih mudah dibersihkan. Akan tetapi, produk berbahan plastik lebih mudah terbakar dan tergores jika terkena benda tajam.


  • Aluminium

Kelebihan dari lemari piring berbahan aluminium, yaitu karakteristiknya yang tidak mudah berkarat dan lapuk. Dengan demikian, bahan ini pun akan lebih awet dipakai. Karena cenderung tipis, aluminium pun akan lebih mudah tergores dan penyok jika terbentur keras.

③ Periksalah ukuran lemarinya

Periksalah ukuran lemarinya

Setelah menemukan bahan yang tepat, langkah selanjutnya adalah mengecek ukuran. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari risiko lemari menjadi rusak saat dipasang atau dimasukkan ke dalam ruangan. Karena itu, bandingkanlah luas ruang yang tersedia dengan ukuran lemari yang ingin dibeli


Selain itu, Anda juga perlu memperhitungkan jarak untuk membuka pintu atau laci lemari, sekitar 80 cm di bagian depan. Sebagai informasi, lemari piring kecil di pasaran berukuran sekitar 33 cm x 38 cm x 37 cm. Sementara itu, ukuran yang besar kurang lebih 150 cm x 200 cm x 55 cm.


Satu hal lagi, berilah jarak agar lemari piring tidak menempel dengan bagian samping kulkas yang panas. Kemudian, jika Anda membeli lemari dalam bentuk siap pakai, pastikan jalan masuknya muat untuk dilewati.

④ Pilih berdasarkan ukuran peralatan makan yang dimiliki

Pilih berdasarkan ukuran peralatan makan yang dimiliki

Kemudian, jangan lupa untuk memeriksa ukuran peralatan makan yang Anda miliki. Lalu, pilihlah produk dengan ukuran rak yang sesuai. Apabila sudah memilih lemari dengan ukuran rak tertentu, jadikan ukuran ini sebagai patokan saat ingin membeli peralatan makan. Dengan begitu, lemari piring Anda pun akan tertata dengan baik dan terlihat rapi.


Namun, jika Anda berencana membeli peralatan makan berukuran besar, pilihlah produk yang raknya bisa digeser. Dengan begitu, Anda bisa mengatur lebar rak sesuai dengan ukuran peralatan makan yang Anda beli.

⑤ Pertimbangkan tipe laci dan pintu yang sesuai dengan keinginan

Pertimbangkan tipe laci dan pintu yang sesuai dengan keinginan

Poin terakhir yang perlu dilakukan dalam memilih lemari piring adalah mengecek pintu dan lacinya. Sebagian besar orang tidak terlalu memperhatikan poin ini. Nyatanya, pintu dan laci sangat memengaruhi kemudahan penggunaan lemari. Untuk penjelasan lengkapnya, simak poin-poin di bawah ini.


  • Jika Anda mengutamakan kemudahan penggunaan, pintu tipe engsel lebih direkomendasikan. Tipe engsel memang membutuhkan ruang tambahan di bagian depan untuk membuka pintu. Namun, tipe ini lebih memudahkan Anda untuk melihat seluruh isi di balik pintu.

  • Sama seperti pintu engsel, laci juga membutuhkan tambahan ruang di bagian depan. Selain itu, sebaiknya pilih laci yang dapat dikunci untuk meminimalkan risiko terjadinya kecelakaan.

  • Pintu geser adalah pilihan sempurna apabila Anda mempertimbangkan keamanannya saat terjadi gempa karena tidak mudah terbuka. Meskipun begitu, lemari piring tipe geser masih tergolong jarang ditemukan di Indonesia.

10 Rekomendasi lemari piring terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lemari piring terbaik yang ditentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Rovega

PLADYS

Rovega PLADYS 1枚目

Didesain portabel untuk penggunaan yang lebih praktis!

2

Mobelio

Kiara Kitchen Set

Mobelio Kiara Kitchen Set 1枚目

Dengan desain monokrom untuk tampilan yang modern dan minimalis

3

Naiba

Mini Dash Rack Pantry 5 Susun

Naiba Mini Dash Rack Pantry 5 Susun 1枚目

Lemari berbahan plastik yang memiliki enam varian corak menawan

4

BINA KARYA

Bima OK

BINA KARYA Bima OK 1枚目

Warnanya mencerahkan dan menyegarkan suasana dapur Anda

5

CITRA FURNITURE

Rak Piring Pintu Kaca

CITRA FURNITURE Rak Piring Pintu Kaca 1枚目

Pintunya full kaca, makin mudah mengecek isi lemari

6

Lemari Piring Aluminium Roda

 Lemari Piring Aluminium Roda 1枚目

Produk berbahan aluminium beroda, mudah dipindah-pindah!

7

Kai Furniture Warehouse

Lemari Piring Hydraulic

Kai Furniture Warehouse Lemari Piring Hydraulic 1枚目

Makin praktis digunakan berkat sistem hydraulic

8

Funika Living

Lemari Piring 4 Pintu Cat Duko

Funika Living Lemari Piring 4 Pintu Cat Duko  1枚目

Produk berkapasitas besar dengan harga bersahabat

9

AKAKO

Lemari Rak Piring

AKAKO Lemari Rak Piring 1枚目

Didesain dengan model susun yang compact

10

Aufal Djati Jepara

Lemari Piring Jati

Aufal Djati Jepara Lemari Piring Jati 1枚目

Sangat durable karena dibuat dari bahan kayu jati

Perincian produk
Close
No.1

Didesain portabel untuk penggunaan yang lebih praktis!

Kelebihan:

  • Bobotnya ringan dan ukurannya kecil sehingga mudah dibawa
  • Dibuat dari bahan plastik food grade

Kekurangan:

  • Ukurannya kecil sehingga kurang pas dipakai oleh Anda yang memiliki banyak anggota keluarga di rumah
  • Jika terkena percikan api akan mudah rusak

Apakah Anda merupakan pasangan baru dan peralatan makan belum terlalu banyak? Jika iya, produk keluaran Rovega ini dapat Anda pertimbangkan. Lemari piring ini sangat portabel sehingga mudah dipindahkan saat Anda membersihkan dapur. 


Selain itu, lemari ini mempunyai tiga bagian yang dapat digunakan untuk menyimpan peralatan makan. Bagian tengah untuk menyimpan piring-piring dan peralatan makan. Rak di bagian atas untuk menyimpan gelas. Lalu, bagian paling bawah bisa digunakan untuk menyimpan kopi atau minuman saset lainnya.

No.2

MobelioKiara Kitchen Set3410

Mulai dari Rp2.700.000,00

Dengan desain monokrom untuk tampilan yang modern dan minimalis

Kelebihan:

  • Mempunyai space yang luas di bagian tengah
  • Terdapat tambahan laci yang cukup banyak
  • Pintu di bagian bawah dapat dikunci sehingga anak-anak tidak mudah mengaksesnya

Kekurangan:

  • Ukurannya cukup besar sehingga membutuhkan waktu lama untuk merakitnya

Apabila Anda mencari lemari piring dengan tampilan yang elegan, produk ini adalah salah satu opsinya. Lemari piring keluaran Mobelio ini mempunyai desain bernuansa monokrom yang membuatnya terkesan lebih modern. Alhasil, produk ini pun sangat cocok ditempatkan di dapur dengan gaya minimalis. 


Selain itu, produk ini juga makin fungsional dengan adanya bagian tengah yang lebar tanpa sekat. Desain bagian tengah tersebut juga memungkinkan Anda untuk meletakkan berbagai barang atau meracik minuman, misalnya kopi dan teh.

No.3

NaibaMini Dash Rack Pantry 5 Susun4002

Mulai dari Rp530.000,00

Lemari berbahan plastik yang memiliki enam varian corak menawan

Kelebihan:
  • Lebih praktis dan mudah dirakit ataupun dibongkar pasang
  • Terdapat wadah untuk sendok dan penadah air

Kekurangan:

  • Jika terkena benda tajam akan mudah tergores

Bahan plastik yang digunakannya membuat lemari dari Naiba ini tidak akan berkarat dan tahan lama. Plastik yang digunakan cukup tebal sehingga kuat untuk menampung berbagai peralatan dapur Anda sekitar 20 kg per susun.


Lemari ini pun mudah dibersihkan, Anda dapat mengelapnya untuk membersihkan debu dan noda yang menempel. Ia tersedia dalam enam varian corak yang sangat cantik. Produk ini adalah pilihan tepat apabila Anda mencari rak piring dengan tampilan yang menarik dan colorful.
No.4

Warnanya mencerahkan dan menyegarkan suasana dapur Anda

Kelebihan:
  • Mempunyai empat pilihan warna dengan nuansa yang fresh
  • Terdapat space yang cocok untuk meletakkan rice cooker atau microwive

Kekurangan:

  • Desainnya terang, kurang cocok untuk diletakkan di rumah berdesain rustic

Jika Anda membutuhkan suasana segar dan cerah di ruang dapur, lemari piring dari Bina Karya ini layak diperhitungkan. Pasalnya, celah di antara pintu bagian atas dan bagian bawah dihiasi dengan gambar buah-buahan yang mencolok. Dengan demikian, suasana dapur Anda pun akan tampak lebih terang.


Kemudian, karena bagian tengahnya didesain terbuka dan dilengkapi stopkontak, Anda pun dapat meletakkan microwave atau rice cooker. Terlebih lagi, aluminium yang digunakan membuat lemari ini kuat terhadap uap panas dan karat sehingga lebih tahan lama.
No.5

CITRA FURNITURERak Piring Pintu Kaca

Mulai dari Rp690.000,00

Pintunya full kaca, makin mudah mengecek isi lemari

Kelebihan:

  • Didesain tembus pandang yang memudahkan Anda melihat isi rak
  • Tampilannya simpel sehingga cocok diletakkan di berbagai desain rumah

Kekurangan:

  • Mudah terlihat dari luar jika Anda menata piringnya kurang rapi

Lemari untuk menyimpan piring dan gelas ini memiliki tiga pintu atas dan tiga pintu bawah. Semua pintunya terbuat dari kaca transparan. Alhasil, produk ini pun akan memudahkan Anda untuk mencari peralatan makan yang hendak Anda gunakan. Bukan itu saja, raknya didesain menggunakan plat aluminium. Karena itu, produk keluaran CITRA FURNITURE ini antikarat!

No.6

Lemari Piring Aluminium Roda

Mulai dari Rp1.290.000,00

Produk berbahan aluminium beroda, mudah dipindah-pindah!

Kelebihan:

  • Memiliki motif yang menggemaskan, bikin anak-anak jadi rajin membantu merapikan piring
  • Dilengkapi roda yang membuatnya mudah digeser

Kekurangan:

  • Motifnya playful, kurang cocok diletakkan di rumah berdesain minimalis

Lemari piring berbahan aluminium ini memiliki empat pintu, Anda bisa menyimpan banyak peralatan makan di dalamnya. Meski berukuran besar, produk ini sangat mudah dipindahkan karena sudah dilengkapi dengan roda di bagian bawah. Untuk Anda ingin mengubah layout interior dapur atau ruang makan dengan mudah, produk ini adalah pilihan yang tepat.

No.7

Kai Furniture WarehouseLemari Piring Hydraulic

Mulai dari Rp2.375.000,00

Makin praktis digunakan berkat sistem hydraulic

Kelebihan:
  • Mempunyai tambahan laci, penataan pun lebih gampang
  • Terdapat sistem hydraulic yang meminimalkan risiko terjepit

Kekurangan:

  • Memiliki ukuran yang cukup tinggi sehingga akan susah dijangkau oleh orang bertubuh pendek

Tidak hanya dilengkapi dengan banyak laci dan ruang penyimpanan, produk ini juga dilengkapi dengan mekanisme hydraulic. Dengan sistem ini, tidak ada lagi kejadian tangan terjepit secara tidak sengaja, deh. Lemari piring ini juga hadir dengan banyak ruang penyimpanan dan mudah digunakan. Anda dapat menjadikan produk dari Kai Furniture Warehouse ini sebagai pilihan untuk di dapur Anda.

No.8

Funika LivingLemari Piring 4 Pintu Cat Duko

Mulai dari Rp2.100.000,00

Produk berkapasitas besar dengan harga bersahabat

Kelebihan:
  • Terdapat lebih dari sepuluh pilihan warna
  • Kapasitasnya tergolong besar dengan tambahan laci

Kekurangan:

  • Ukurannya yang besar membuatnya kurang cocok diletakkan di ruangan minimalis
  • Tidak leluasa untuk dipindahkan karena bobotnya cukup berat

Ketika anak-anak beranjak besar, tidak terasa peralatan makan dan masak Anda pun bertambah banyak. Jika Anda memerlukan lemari berkapasitas besar, tetapi tak ingin mengeluarkan terlalu banyak biaya, produk ini cocok dimiliki. Dengan harga yang tak bikin kantong bolong, Anda bisa memperoleh lemari piring empat pintu.


Anda dapat menyimpan berbagai macam barang dalam lemari ini dengan lebih rapi. Diklaim tahan air karena menggunakan blockteak, produk ini tentu dapat Anda gunakan untuk jangka waktu cukup lama.
No.9

AKAKOLemari Rak Piring

Mulai dari Rp108.000,00

Didesain dengan model susun yang compact

Kelebihan:

  • Terdapat 4 tipe rak sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  • Terdapat nampan serta lubang pembuangan air
  • Mudah dilepas dan mudah dibersihkan

Kekurangan:

  • Jika terkena noda akan terlihat jelas karena dibalut dengan warna putih yang cerah

AKAKO menghadirkan lemari rak piring dengan desain susun. Anda bisa memilih yang tipe satu susun atau empat susun tergantung kebutuhan. Karena modelnya susun dan compact, produk ini pun sangat cocok diletakkan di dapur yang tidak terlalu besar. Anda tetap bisa menampung cukup banyak piring tanpa memerlukan space yang terlalu lebar. 

No.10

Aufal Djati JeparaLemari Piring Jati

Mulai dari Rp5.850.000,00

Sangat durable karena dibuat dari bahan kayu jati

Kelebihan:
  • Mempunyai tampilan alami yang warm
  • Dibuat dari bahan yang superawet

Kekurangan:

  • Memiliki bobot yang berat sehingga lebih susah dipindahkan
  • Harganya cenderung tinggi sehingga kurang cocok untuk Anda yang mempertimbangkan bujet

Finishing natural membuatnya terlihat timeless dan mudah ditempatkan di ruangan makan atau dapur dengan gaya interior apa pun. Dengan tinggi 2 meter, Anda bisa menempatkan dan memajang banyak piring di dalamnya.


Tak hanya itu, lemari piring ini dibuat dari kayu jati. Bahan ini tidak hanya antirayap, tetapi juga tak mudah rusak meski sering dibawa pindahan rumah. Apabila Anda mencari produk dengan daya tahan yang mumpuni untuk digunakan bertahun-tahun, produk ini adalah pilihan terbaik.

Baca juga rekomendasi alat makan dan perlengkapan dapur lainnya di sini

Setelah Anda mendapatkan lemari piring sesuai kebutuhan Anda, tidak ada salahnya Anda juga menyimak rekomendasi lainnya dari kami. Rekomendasi kami tentu akan melengkapi ruang makan dan dapur Anda, seperti sendok makan, gelas kaca, dan centong nasi. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Banyak poin yang perlu Anda perhatikan saat membeli lemari piring. Selain bahan dan lokasi penempatannya, Anda juga perlu memeriksa ukuran lemari yang Anda incar. Sesuaikan juga ukuran rak dengan ukuran peralatan makan yang Anda miliki, ya.


Agar tidak salah pilih, gunakanlah penjelasan dan rekomendasi kami sebagai referensi saat hendak membeli lemari piring. Silakan bookmark artikel ini agar mudah dibaca ulang dan sampai jumpa di artikel lainnya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer