10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Stick drum adalah kawan setia yang selalu ada dalam genggaman bagi para drummer. Pemilihan stick drum yang tepat Anda akan meningkatkan performa seorang drummer. Bagi Anda yang masih pemula di dunia drummer, belajarlah memilih stick drum yang tepat berdasarkan material pembuatannya, jenis tip dan tentu saja harganya. Pemilihan stick drum biasanya juga tergantung dari genre musik yang ingin Anda mainkan.

Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih stick drum dan mengenalkan beberapa pilihan stick drum yang direkomendasikan. Silakan Anda pelajari sebelum memutuskan untuk membeli stick drum yang cocok dengan kebutuhan Anda. Pilihan yang tepat akan meningkatkan performa drum lebih maksimal.

Daftar isi

Cara memilih stick drum

Stick drum adalah alat yang sangat mempengaruhi performa drummer. Baik atau buruknya permainan juga dipengaruhi kualitas dari stick drum yang digunakan. Untuk itu, kami akan memperkenalkan poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih stick drum.

Perhatikan bahan baku pembuatan stick drum

Salah satu cara memilih stick drum yang berkualitas adalah dengan melihat bahan baku utama pada proses pembuatannya. Stick drum sering kali dibuat dengan bahan kayu. Bahan pembuat stick drum juga mempengaruhi suara yang ditimbulkan. Berikut ini hal-hal yang dapat Anda perhatikan ketika memilih bahan baku pembuat stick drum berkualitas.

Beragam jenis bahan kayu

Beragam jenis bahan kayu

Bahan stick drum dapat menentukan kualitas suara yang ditimbulkan. Jenis kayu hickory merupakan salah satu bahan baku yang paling banyak digunakan. Bahan ini memiliki daya tahan yang kuat dan bobot yang ideal untuk dijadikan bahan baku pembuat stick drum. Suara yang dihasilkan stick drum dari kayu hickory bisa cocok dengan berbagai genre musik.

Jenis kayu lain dengan tekstur lebih kuat dari kayu hickory adalah jenis oak. Kayu tersebut berasal dari Eropa. Karena teksturnya yang keras, stick drum dari bahan oak menjadi lebih berat, kuat dan tidak mudah patah. Cocok untuk genre musik rock dan musik keras lainnya.

Untuk Anda yang gemar memainkan musik klasik atau akustik, sebaiknya memilih stick drum dari bahan kayu maple. Kayu maple memberikan ketukan nada yang lembut sehingga cocok untuk genre musik tersebut. Sayangnya stick drum dari kayu maple lebih mudah patah.

Bahan tip terbuat dari kayu atau nilon

 Bahan tip terbuat dari kayu atau nilon

“Tip” adalah nama untuk bagian ujung stick drum. Bagian inilah yang bersentuhan secara langsung dengan drum sehingga menjadi bagian yang penting untuk menghasilkan suara drum yang Anda inginkan. Meskipun bahan pembuat sama-sama terbuat dari kayu, suara yang dihasilkan bisa berbeda.

Tip jenis kayu adalah jenis yang paling tradisional dan cocok untuk genre musik rock atau jazz classic. Suara yang dihasilkan tip jenis kayu lebih lembut dibandingkan dengan tip jenis nilon.

Tip jenis nilon menghasilkan suara yang lebih jelas dan keras saat memukul simbal dibandingkan dengan tip kayu. Bahannya juga lebih awet dari tip kayu, namun Anda harus berhati-hati karena tip nilon bisa lepas atau putus dari stick drum.

Ragam bentuk tip

Bila Anda melihat lebih dekat pada ujung stick drum Anda, Anda akan dapat menemukan perbedaan pada bentuk tip. Bentuk tip inilah yang juga mempengaruhi suara drum Anda. Anda dapat mencari stick drum dengan menyesuaikan bentuk yang Anda inginkan sehingga suara yang dihasilkan dapat terdengar sesuai harapan.

“Ball type” yang menghasilkan suara seragam

“Ball type” yang menghasilkan suara seragam

Jenis yang paling lama adalah jenis bola, dimana bagian ujungnya berbentuk lingkaran seperti bola. Jenis ini menjadi pilihan yang direkomendasikan bagi drummer pemula karena saat menyentuh drum akan menghasilkan suara yang seragam saat kontak antara tip dan drum terjadi pada area yang sama.

Oval” untuk menghasilkan suara yang keras

“Oval” untuk menghasilkan suara yang keras

Dibandingkan dengan jenis tip bulat, bentuk tip oval memiliki bentuk elips lebih panjang. Tipe ini sangat disarankan bagi Anda yang ingin menghasilkan suara drum yang nyaring. Pada area ujung bagian berbeda dengan bagian samping, hal ini memungkinkan Anda untuk dapat mengubah suara drum tergantung pada teknik memukulnya.

Tear drop type” untuk pengguna tingkat lanjut

“Tear drop type” untuk pengguna tingkat lanjut

Tear drop type memiliki bentuk elips yang ramping seperti air mata. Untuk menghasilkan jenis suara yang lebih bervariasi, biasanya drummer profesional menggunakan stick drum jenis ini. Bila Anda sudah memiliki kemampuan tingkat lanjut, Anda juga dapat mengubah suara yang dihasilkan dengan cara memukul yang disesuaikan dengan bagian tip yang akan beradu dengan permukaan drum.

 

Untuk pemula disarankan mencoba ukuran standar

Untuk pemula disarankan mencoba ukuran standar

Stick drum memiliki panjang dan ketebalan yang bervariasi. Bagi pemula akan lebih dimudahkan bila menggunakan ukuran standar terlebih dahulu untuk memulai. Yang dikatakan ukuran standar adalah dengan lebar sekitar 14-14,5 mm dan panjangnya sekitar 400 mm. Istilah lainnya lebih dikenal dengan sebutan 5A. Cara terbaik untuk memilih stick drum yang cocok untuk Anda adalah dengan menyesuaikan kecepatan memukul Anda dengan ukuran tangan Anda.

10 Rekomendasi stick drum terbaik

Kami akan menjelaskan beberapa rekomendasi produk stick drum yang terbaik. Anda dapat membandingkan kelebihan dari masing-masing produk dengan kebutuhan Anda. Perhatikan baik-baik dan silahkan pilih dan miliki stick drum yang Anda sukai.

10. Zildjian Stick Drum

10. Zildjian Stick Drum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 16.000

Menggunakan kayu hickory dengan harga ekonomis

Anda seorang drummer pemula yang ingin belajar bermain drum? Zildjian Stick Drum ini cocok untuk Anda gunakan. Produk ini dibuat dengan bahan kayu hickory dengan harga yang terjangkau. Kayu hickory sudah dikenal luas sebagai bahan pembuatan stick drum yang menghasilkan produk yang kuat dan tahan lama.

Harganya yang murah membuat Anda tidak perlu ragu belajar dengan produk ini, karena jika sampai patah atau rusak Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli stick drum yang baru. Tip pada ujung stick drum ini memiliki bentuk oval yang dapat menghasilkan suara yang lebar dan penuh. Dengan ukuran standar 5A membuat produk ini sangat cocok untuk memudahkan Anda yang baru belajar bermain drum.

9. Vic Firth Stick Drum

9. Vic Firth Stick Drum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 150.000

Terbuat dari American hickory

Vic Firth Stick Drum ini memiliki kualitas teruji yang dibuat di Amerika. Bahan baku terbuat dari kayu American hickory yang berkualitas dan tahan lama dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berkarir sebagai pemain drum karena terbuat dari kayu hickory padat yang dapat menghasilkan suara lebih jelas.

Perbedaan bahan American hickory dibandingkan dengan bahan lainnya adalah kayu ini lebih awet dan tidak mudah patah. Kayu ini akan terkikis secara perlahan hingga lama-lama stick drum sudah tidak layak untuk digunakan. Serat kayunya juga lebih kasar dibandingkan bahan jenis lain. Untuk Anda yang ingin stick drum awet, segera miliki produk ini.

8. OEM Stick Drum Nilon

8. OEM Stick Drum Nilon

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 64.700

Gagang stick drum yang anti-slip

Telapak tangan Anda sering berkeringat saat memegang stick drum sehingga sering terlepas? Atasi masalah tersebut dengan produk dari bahan nilon ini. Produk ini memiliki desain titik-titik kecil pada seluruh gagang stick drum yang berfungsi sebagai anti-slip sehingga membuatnya mudah untuk digenggam. Dengan begitu Anda tetap tampil dengan performa maksimal tanpa takut stick drum terlepas.

Selain itu, seorang drummer memerlukan kecepatan tangan dalam memainkan drum, bukan? Dengan adanya bintik-bintik kecil pada stick drum, Anda dapat melakukan perpindahan pukulan pada drum dengan cepat. Menarik bukan? Pilih warna stick drum sesuai karakter Anda karena produk ini dilengkapi beberapa pilihan warna.

7. Sonor Stick Drum

7. Sonor Stick Drum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 45.000

Terbuat dari kayu Oak Jepang

Sonor merupakan salah satu produsen stick drum yang sudah cukup populer dan sering digunakan oleh para drummer terkenal. Anda salah satu drummer band metal atau musik keras lainnya? Anda bisa mencoba stick drum dari kayu oak Jepang ini. Suara yang dihasilkan produk ini cukup keras sehingga sesuai dengan genre Anda.

Berbeda dari jenis kayu biasanya yang mudah terkikis, kayu oak memiliki tekstur yang lebih keras sehingga tidak mudah terkikis. Namun demikian, bobotnya lebih berat dibanding jenis kayu lainnya. Berlatih menggunakan stick drum dengan bobot keras akan melatih kekuatan tangan dan pace Anda dalam memukul drum. Sehingga performa Anda di panggung akan lebih matang nantinya.

6. Innovative Percussion TS-PR Paul Rennick

6. Innovative Percussion TS-PR Paul Rennick

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 902.504

Tip unik berbentuk Taj Mahal

Drummer kadang ingin tampil nyentrik dengan gaya yang khas, produk ini cocok untuk Anda drummer yang berkarakter dan kuat. Tip pada stick drum ini sekilas berbentuk oval biasa, namun jika dilihat lebih detail tip-nya menyerupai bangunan Taj Mahal di India. Bentuknya yang unik membuat Anda bisa tampil beda dibandingkan drummer lain dan memiliki ciri khas tersendiri. Unik bukan?

Permasalahan setiap drummer adalah pegangan yang semakin licin karena keringat di tangan. Lateks pada bagian ujung stick membantu Anda agar tidak licin saat memegang stick drum. Dengan begitu pukulan Anda menjadi lebih stabil dan menampilkan performa yang konsisten sejak awal. Miliki produk ini segera!

 

5. Promark Stick Drum Rebound 7a

5. Promark Stick Drum Rebound 7a

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 175.000

Tip berbentuk tear drop yang tahan jamur

Promark Stick Drum Rebound memiliki tip berbentuk tear drop yang memberikan sweet spot yang lebih besar untuk meningkatan respons dan artikulasi suara pukulan drum sehingga suara yang dapat Anda hasilkan lebih maksimal. Mulai dari perancangan hingga produksi produk ini dilakukan di Amerika serikat, tepatnya di Texas, tempat yang dipilih untuk memberikan kontrol terhadap kualitas dengan ketat.

Stick drum ini menggunakan lapisan pernis sehingga menguatkan serat kayu dan melindungi kayu dari gangguan rayap dan jamur. Selain itu, juga menghasilkan efek warna kayu yang keemasan atau kekuningan yang sekaligus tahan terhadap panas matahari atau air. Cocok bagi Anda yang menginginkan stick drum yang kuat dan tahan lama.

4. OEM Stick Drum Hitam

4. OEM Stick Drum Hitam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 70.000

Stick drum berbahan kayu maple

Jenis kayu tertentu sangat mempengaruhi kareakter suara yang dihasilkan. Untuk itu produk keluaran dari OEM ini membuat stick drum yang terbuat dari kayu maple. Karakteristik suara yang dihasilkan adalah lembut dan bulat, karena itu maple menjadi salah satu kayu favorit sebagai bahan pembuatan stick drum. Desain warna hitamnya membuat produk ini terlihat begitu atraktif.

Tip dari ujung stick drum berbentuk oval. Dengan panjang 40 cm dan diameter 1,5 cm menjadikannya produk yang sangat baik digunakan untuk pemula karena penggunaannya yang mudah. Dengan bahan dan desain yang teruji menghasilkan fleksibilitas dan daya tahan yang luar biasa. Cocok bagi Anda yang ingin mencari stick drum dengan kualitas kayu maple berkualitas.

3. OEM Maple Drum Stick Hijau

3. OEM Maple Drum Stick Hijau

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 58.000

Tip bulat baik untuk pemula

Inovasi dalam pengembangan desain stick drum semakin meningkat. Stick drum keluaran OEM ini memberikan penampilan yang berbeda dari stick drum kebanyakan karena menggabungkan antara kayu maple dan nilon handle wrap berwarna hijau memberikan kesan berbeda dan lebih colorful sehingga Anda dapat lebih percaya diri saat memainkan drum dengan atraktif.

Anda tidak perlu khawatir memilih ukuran stick drum yang tepat karena ukuran 5A pada produk ini dapat digunakan untuk banyak jenis musik. Perawatannya cukup mudah, Anda cukup meletakkannya di tempat yang kering untuk menjaganya dari jamur atau pengeroposan akibat udara lembab. Cocok bagi Anda yang mencari stick drum dengan tambahan warna hijau padaha handle yang menawan.

2. Innovative Percussion TS-PR Paul Rennick

2. Innovative Percussion TS-PR Paul Rennick

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 902.503

Lapisan latex untuk tambahan warna suara

Produk stick drum ini memiliki ujung yang unik. Berbentuk bulat dengan ukiran seperti manik-manik dengan bentuk Taj Mahal. Bahan dasar pembuat stick drum ini begitu kokoh karena terbuat dari hickory berwarna putih yang keras dan kuat.  Anda akan mendapatkan stick drum berkualitas yang tahan terhadap goncangan.

Pada bagian pangkal dari stick drum terdapat lapisan latex, bertujuan untuk menghasilkan tambahan pada warna suara yang dihasilkan. Dengan stick drum ini Anda tidak hanya mendapatkan kualitas suara yang Anda dambakan, tetapi juga desainnya yang unik membuat produk ini terlihat mewah. Cocok bagi Anda yang mencari stick drum dengan desain yang elegan.

1. Aquarian Drumheads F5ACB-G X-10

1. Aquarian Drumheads F5ACB-G X-10

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 738.130

Shock grips yang melindungi tangan dari getaran

Saat Anda memukul drum, kadang ada hentakan balik dari drum yang mengakibatkan suara yang keluar menjadi bergema dan artikulasinya tidak jelas. Untuk band profesional tentunya hal ini tidak boleh terjadi karena permainan yang tidak clear satu ketukan pun akan disorot media. Atasi permasalahan tersebut dengan produk yang dilengkapi fitur shock grips ini.

Aquarian Drumheads F5ACB-G X-10 merupakan stick drum dengan teknologi tinggi yang memiliki fitur shock grips sehingga dapat melindungi tangan drummer dari getaran ketika memukul. Suara yang dihasilkan menjadi lebih clear dan enak didengar. Produk ini dibuat dengan bahan nilon dan graphite sehingga lebih halus saat dipegang. Cocok untuk Anda yang siap tampil lebih profesional!

Kesimpulan

Kami sudah memperkenalkan beberapa stick drum yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda ketika akan memilih produk stick drum. Gunakan informasi ini agar Anda dapat melihat kegunaan dari segi jenis stick drum berdasarkan genre lagu yang Anda akan mainkan. Anda dapat menyesuaikan antara bentuk stick drum dengan tangan Anda agar nyaman ketika menggunakan.

Sudahkah Anda menentukan pilihan? Semoga setelah membaca penjelasan di atas, Anda sudah memiliki gambaran mengenai produk yang sesuai dengan selera dan jenis musik yang Anda akan mainkan. Selamat mencoba!