• 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Stick drum adalah kawan setia yang selalu ada dalam genggaman bagi para drummer. Pemilihan stick drum yang tepat Anda akan meningkatkan performa seorang drummer. Bagi Anda yang masih pemula di dunia drummer, belajarlah memilih stick drum yang tepat berdasarkan material pembuatannya, jenis tip dan tentu saja harganya. Pemilihan stick drum biasanya juga tergantung dari genre musik yang ingin Anda mainkan.

Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih stick drum dan mengenalkan beberapa pilihan stick drum yang direkomendasikan. Silakan Anda pelajari sebelum memutuskan untuk membeli stick drum yang cocok dengan kebutuhan Anda. Pilihan yang tepat akan meningkatkan performa drum lebih maksimal.
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 1.462 Views
Daftar isi

Cara memilih stick drum

Stick drum adalah alat yang sangat mempengaruhi performa drummer. Baik atau buruknya permainan juga dipengaruhi kualitas dari stick drum yang digunakan. Untuk itu, kami akan memperkenalkan poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih stick drum.

Perhatikan bahan baku pembuatan stick drum

Salah satu cara memilih stick drum yang berkualitas adalah dengan melihat bahan baku utama pada proses pembuatannya. Stick drum sering kali dibuat dengan bahan kayu. Bahan pembuat stick drum juga mempengaruhi suara yang ditimbulkan. Berikut ini hal-hal yang dapat Anda perhatikan ketika memilih bahan baku pembuat stick drum berkualitas.

Beragam jenis bahan kayu

Beragam jenis bahan kayu
Bahan stick drum dapat menentukan kualitas suara yang ditimbulkan. Jenis kayu hickory merupakan salah satu bahan baku yang paling banyak digunakan. Bahan ini memiliki daya tahan yang kuat dan bobot yang ideal untuk dijadikan bahan baku pembuat stick drum. Suara yang dihasilkan stick drum dari kayu hickory bisa cocok dengan berbagai genre musik.
Jenis kayu lain dengan tekstur lebih kuat dari kayu hickory adalah jenis oak. Kayu tersebut berasal dari Eropa. Karena teksturnya yang keras, stick drum dari bahan oak menjadi lebih berat, kuat dan tidak mudah patah. Cocok untuk genre musik rock dan musik keras lainnya.
Untuk Anda yang gemar memainkan musik klasik atau akustik, sebaiknya memilih stick drum dari bahan kayu maple. Kayu maple memberikan ketukan nada yang lembut sehingga cocok untuk genre musik tersebut. Sayangnya stick drum dari kayu maple lebih mudah patah.

Bahan tip terbuat dari kayu atau nilon

Bahan tip terbuat dari kayu atau nilon
“Tip” adalah nama untuk bagian ujung stick drum. Bagian inilah yang bersentuhan secara langsung dengan drum sehingga menjadi bagian yang penting untuk menghasilkan suara drum yang Anda inginkan. Meskipun bahan pembuat sama-sama terbuat dari kayu, suara yang dihasilkan bisa berbeda.
Tip jenis kayu adalah jenis yang paling tradisional dan cocok untuk genre musik rock atau jazz classic. Suara yang dihasilkan tip jenis kayu lebih lembut dibandingkan dengan tip jenis nilon.
Tip jenis nilon menghasilkan suara yang lebih jelas dan keras saat memukul simbal dibandingkan dengan tip kayu. Bahannya juga lebih awet dari tip kayu, namun Anda harus berhati-hati karena tip nilon bisa lepas atau putus dari stick drum.

Ragam bentuk tip

Bila Anda melihat lebih dekat pada ujung stick drum Anda, Anda akan dapat menemukan perbedaan pada bentuk tip. Bentuk tip inilah yang juga mempengaruhi suara drum Anda. Anda dapat mencari stick drum dengan menyesuaikan bentuk yang Anda inginkan sehingga suara yang dihasilkan dapat terdengar sesuai harapan.

“Ball type” yang menghasilkan suara seragam

“Ball type” yang menghasilkan suara seragam
Jenis yang paling lama adalah jenis bola, dimana bagian ujungnya berbentuk lingkaran seperti bola. Jenis ini menjadi pilihan yang direkomendasikan bagi drummer pemula karena saat menyentuh drum akan menghasilkan suara yang seragam saat kontak antara tip dan drum terjadi pada area yang sama.

“Oval” untuk menghasilkan suara yang keras

“Oval” untuk menghasilkan suara yang keras
Dibandingkan dengan jenis tip bulat, bentuk tip oval memiliki bentuk elips lebih panjang. Tipe ini sangat disarankan bagi Anda yang ingin menghasilkan suara drum yang nyaring. Pada area ujung bagian berbeda dengan bagian samping, hal ini memungkinkan Anda untuk dapat mengubah suara drum tergantung pada teknik memukulnya.

“Tear drop type” untuk pengguna tingkat lanjut

“Tear drop type” untuk pengguna tingkat lanjut
Tear drop type memiliki bentuk elips yang ramping seperti air mata. Untuk menghasilkan jenis suara yang lebih bervariasi, biasanya drummer profesional menggunakan stick drum jenis ini. Bila Anda sudah memiliki kemampuan tingkat lanjut, Anda juga dapat mengubah suara yang dihasilkan dengan cara memukul yang disesuaikan dengan bagian tip yang akan beradu dengan permukaan drum.

Untuk pemula disarankan mencoba ukuran standar

Untuk pemula disarankan mencoba ukuran standar
Stick drum memiliki panjang dan ketebalan yang bervariasi. Bagi pemula akan lebih dimudahkan bila menggunakan ukuran standar terlebih dahulu untuk memulai. Yang dikatakan ukuran standar adalah dengan lebar sekitar 14-14,5 mm dan panjangnya sekitar 400 mm. Istilah lainnya lebih dikenal dengan sebutan 5A. Cara terbaik untuk memilih stick drum yang cocok untuk Anda adalah dengan menyesuaikan kecepatan memukul Anda dengan ukuran tangan Anda.

10 Rekomendasi stick drum terbaik

Kami akan menjelaskan beberapa rekomendasi produk stick drum yang terbaik. Anda dapat membandingkan kelebihan dari masing-masing produk dengan kebutuhan Anda. Perhatikan baik-baik dan silahkan pilih dan miliki stick drum yang Anda sukai.

10. Zildjian Stick Drum

Rp 16.000,00

9. Vic Firth Stick Drum

Rp 150.000,00

8. OEM Stick Drum Nilon

Rp 64.700,00

7. Sonor Stick Drum

Rp 45.000,00

6. Innovative Percussion TS-PR Paul Rennick

Rp 902.504,00

5. Promark Stick Drum Rebound 7a 1

5. Promark Stick Drum Rebound 7a

Rp 175.000,00

4. OEM Stick Drum Hitam

Rp 70.000,00

3. OEM Maple Drum Stick Hijau

Rp 58.000,00

2. Innovative Percussion TS-PR Paul Rennick

Rp 902.503,00

1. Aquarian Drumheads F5ACB-G X-10

Rp 738.130,00

Kesimpulan

Kami sudah memperkenalkan beberapa stick drum yang dapat menjadi rekomendasi bagi Anda ketika akan memilih produk stick drum. Gunakan informasi ini agar Anda dapat melihat kegunaan dari segi jenis stick drum berdasarkan genre lagu yang Anda akan mainkan. Anda dapat menyesuaikan antara bentuk stick drum dengan tangan Anda agar nyaman ketika menggunakan.
Sudahkah Anda menentukan pilihan? Semoga setelah membaca penjelasan di atas, Anda sudah memiliki gambaran mengenai produk yang sesuai dengan selera dan jenis musik yang Anda akan mainkan. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gitar Akustik Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Gitar akustik lebih mudah digunakan oleh Anda yang baru belajar bermain gitar. Tentunya gitar pertama Anda akan berperan penting dalam proses pembelajaran sehingga Anda harus memilih yang tepat. Di pasaran, Anda akan menemukan gitar akustik merek ternama, seperti Yamaha, Fender, Ibanez, Gibson, dan berbagai merek lainnya.Meski begitu, dengan banyak variasi model, spesifikasi, dan harga, Anda bisa saja bingung saat hendak memilihnya. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi gitar akustik terbaik untuk pemula. Dengan begitu, Anda bisa membeli produk yang tepat untuk dijadikan partner bermain musik Anda!
    Musik
    20.426 Views
  • 10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Ukulele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda seorang pemain musik dan ingin mencoba mendalami alat musik baru? Atau Anda seseorang yang baru ingin belajar alat musik? Tak ada salahnya untuk mencoba ukulele, alat musik yang mirip seperti gitar tetapi lebih kecil. Meskipun ukulele identik dengan Hawaii, ternyata alat musik ini dapat pula digunakan untuk jenis musik lainnya seperti Jazz maupun Pop.Untuk memudahkan Anda memilih jenis ukulele yang tepat dan sesuai, kami berikan tips dalam memilih ukulele dan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!
    Musik
    8.662 Views
  • 10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Senar Gitar Klasik Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Berbeda dengan senar akustik yang terbuat dari metal, senar pada gitar klasik memiliki karakter menghasilkan nada yang halus dan lembut. Genre musik yang cocok dimainkan dengan gitar klasik yang dapat menghasilkan musik asyik pun beragam, di antaranya bossa nova dan jazz.Senar gitar klasik tersedia dalam bermacam jenis sehingga mungkin sulit untuk mengetahui karakter senar dari kemasannya saja. Pada artikel ini kami akan membagikan tips cara memilih senar gitar klasik yang tepat, sekaligus merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti D’Addario, Augustine, dan Savarez. Check it out!
    Musik
    4.866 Views
  • 10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Piano Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Piano digital cocok untuk Anda yang suka bermain atau berlatih piano pada malam hari. Anda bisa menggunakan headphone sehingga tidak perlu takut suara piano mengganggu anggota keluarga yang sedang beristirahat. Piano digital juga cocok untuk anak-anak yang baru belajar piano, karena harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan piano akustik. Piano digital pun cocok untuk Anda yang suka mengeksplor berbagai genre musik.Terdapat beberapa produsen piano digital yang terkenal, seperti Yamaha, Kawai, Casio, Roland, dan Korg. Masing-masing dari piano digital tersebut mempunyai karakteristik dan fungsi yang bervariasi. Apa yang menjadi kelebihan dan keunggulan masing-masing produk? Yuk, simak penjelasan berikut.
    Musik
    4.634 Views
  • 10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Amplifier Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menjadi musisi adalah impian bagi banyak orang, salah satunya adalah menjadi gitaris. Banyak orang di dunia, tua atau muda, membeli gitar dan mempelajarinya. Ada yang bermain gitar akustik dan ada yang bermain gitar listrik. Apakah Anda tahu alat pendukung apa yang gitar Anda perlukan?Ya, amplifier adalah salah satu alat pendukung gitar yang pastinya Anda perlukan. Anda sudah mengetahui merek amplifier terkenal seperti Marshall, Roland, Fender. Namun, apakah Anda tahu cara memilih amplifier gitar terbaik? Simak artikel kami di bawah ini dan dapatkan referensinya!
    Musik
    4.894 Views
  • 10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Biola Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Biola adalah alat musik gesek yang cenderung kurang diminati karena dipandang sulit untuk dikuasai. Apalagi, harganya juga cukup tinggi. Meski sulit dipelajari, Anda belum terlambat untuk mempelajarinya mulai sekarang! Dengan biola yang tepat untuk pemula, Anda bisa mulai berlatih dengan menyenangkan.Di pasaran, terdapat biola dengan berbagai ukuran dan rentang harga, seperti dari Cremona, Karl Höfner, Skylark, dan Makoa. Jika Anda bingung memilih, kami akan membantu Anda melalui artikel ini. Kami tidak hanya memberikan rekomendasi produk terbaik, tetapi juga cara memilih supaya Anda menemukan produk yang benar-benar pas.
    Musik
    3.218 Views
  • 10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pick gitar merupakan alat yang sangat penting bagi pemain gitar. Namun, memilih pick gitar yang cocok mungkin akan terasa menyulitkan bagi seorang pemula. Terlebih pick gitar memiliki beragam bentuk, ketebalan, serta material pembuat. Tentu hal tersebut semakin membingungkan Anda, bukan?Sekarang, kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih pick gitar. Setelah itu, kami akan memberikan rekomendasi produk pilihan keluaran Jim Dunlop, D’Addario, Gravity, dan sebagainya untuk Anda. Kami harap rekomendasi kami dapat membantu Anda menemukan pick gitar yang pas. Selamat membaca!
    Musik
    2.164 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori