mybest
Stik drum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik [Ditinjau oleh Produser Musik]
  • 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik  [Ditinjau oleh Produser Musik] 1
  • 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik  [Ditinjau oleh Produser Musik] 2
  • 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik  [Ditinjau oleh Produser Musik] 3
  • 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik  [Ditinjau oleh Produser Musik] 4
  • 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik  [Ditinjau oleh Produser Musik] 5

10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik [Ditinjau oleh Produser Musik]

Stick drum akan memengaruhi kualitas permainan drummer. Dari segi jenisnya, ada stik konvensional dan stik sapu yang lembut serta jazzy. Ukuran stick drum juga bervariasi, seperti 5A, 7A, dan 5B. Karena itu, penting bagi Anda untuk memahami stick drum.


Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih stick drum terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek stick drum yang bagus, seperti Laidback dan PHILTER. Stick drum merek Wincent dan AHEAD pun ada. Stik-stik tersebut bisa dimainkan pada drum elektrik, lho. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.

Diperbaharui 02/09/2023
Satriyo Arwanto
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih stick drum

Baik buruknya sebuah permainan drum cukup bergantung pada stick drum yang Anda gunakan. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan poin-poin cara memilihnya berikut agar mendapatkan produk yang tepat.
1

Sesuaikan tipe ukuran stick drum dengan genre yang dimainkan

Sesuaikan tipe ukuran stick drum dengan genre yang dimainkan

Setidaknya ada tiga jenis ukuran stick drum yang bisa Anda temukan di pasaran, yakni 7A, 5A, dan 2B/5B. Di bawah ini kami akan menjelaskan karakteristik setiap ukurannya untuk Anda. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan genre dan skill bermain drum Anda.


  • Ukuran 7A
Stick drum berukuran 7A sedikit lebih tipis dan kecil sehingga menghasilkan suara yang lembut. Ukuran stik ini cocok untuk memainkan musik dengan karakter suara yang soft, salah satunya jaz. Stick drum 7A juga disarankan sebagai stik latihan untuk drummer pemula.

  •  Ukuran 5A

Stick drum 5A merupakan ukuran yang paling umum digunakan oleh drummer. Anda juga bisa menemukan ukuran ini dengan mudah di pasaran. Kekuatan yang solid dari jenis stick drum ini bisa digunakan untuk memainkan beragam aliran musik, tak terkecuali rock. Bahkan, banyak drummer dari band aliran rock yang memilih stik ini.


  • Ukuran 2B/5B

Stick drum 2B/5B berukuran lebih besar dan memiliki bobot yang berat. Jadi, ukuran ini cocok untuk Anda yang tangannya besar. Produknya pun pas dijadikan sebagai stik latihan. Karena memerlukan tenaga yang lebih, impact dan power dari stik ini juga lebih besar. Maka dari itu, stik ini biasa digunakan untuk memainkan musik keras, seperti heavy metal.

2

Periksa jenis kayu dari stick drum

Jangan lupa juga untuk melihat bahan baku dari sebuah stik. Stick drum akan menghasilkan suara dan kesan yang berbeda tergantung dari jenis kayu yang digunakan. Simak pembahasan mengenai jenis kayu lebih dalam di bawah ini.

Hickory, material kokoh untuk memainkan berbagai dinamika

Hickory, material kokoh untuk memainkan berbagai dinamika

Hickory merupakan bahan baku yang paling banyak digunakan untuk membuat stick drum. Secara botani, hickory termasuk dalam famili Juglandaceae atau walnut yang memiliki varietas cukup banyak. 


Area produksi dari tiap varietas kayu ini berbeda-beda bergantung mereknya. Meski begitu, hickory dikenal dengan ketahanan dan bobotnya. Selain cocok digunakan untuk menabuh drum, kayu ini mendukung performa Anda pada berbagai genre musik.

Oak, kuat dan tidak mudah patah untuk memainkan musik keras

Oak, kuat dan tidak mudah patah untuk memainkan musik keras

Oak adalah jenis kayu yang lebih keras dari hickory. Kayu ini memiliki karakteristik yang keras dan berat sehingga tidak mudah patah. Maka dari itu, stick drum dari oak cocok untuk Anda yang menginginkan suara yang kencang. Anda yang sering memainkan musik rock dan musik keras lainnya bisa mengandalkan performa kayu ini.

Maple, memberikan ketukan yang lembut untuk musik akustik

Maple, memberikan ketukan yang lembut untuk musik akustik

Stick drum dari maple berjodoh dengan musik klasik dan akustik. Kayu ini mampu memberikan ketukan yang lembut sehingga cocok digunakan pada genre musik tersebut. Namun, maple memiliki tekstur paling lunak di antara jenis kayu yang biasa dipakai untuk pembuatan stick drum. Karena itu, stik dari maple lebih mudah patah.

3

Cek bentuk dan bahan tip pada stik drum

Bila diperhatikan lebih dekat, Anda akan menemukan beberapa variasi bentuk dan bahan tip pada stick drum. Di bawah ini kami akan menjelaskannya lebih jauh untuk Anda. Silakan pilih karakter tip menurut suara yang Anda inginkan.

Bentuk tip, berperan pada jenis suara dan gaya permainan Anda

Bentuk tip, berperan pada jenis suara dan gaya permainan Anda

Tip adalah bagian kepala pada stick drum sehingga memengaruhi suara dari permainan Anda. Hal ini makin terasa jika Anda memainkan cymbal, hit-hat, dan snare. Tidak heran bila stick drum memiliki bentuk tip yang beragam untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Anda bisa memilih dari ragam bentuk tip berikut.


  • Ball
Tip ini berbentuk bulat seperti bola sehingga menghasilkan bunyi yang mirip meski teknik memukulnya berbedaBall tip cukup mudah digunakan, bahkan bagi drummer pemula.

  • Barrel
Barrel tip berbentuk seperti tong, sedikit memanjang dari ball tip. Karena memiliki area kontak dengan drum yang lebih besar, bentuk ini dapat menghasilkan suara yang nyaring. Anda juga bisa membuat suara yang berbeda ketika memukulkan bagian ujung atau sampingnya.

  • Teardrop
Tip ini memiliki bentuk oval memanjang yang menyerupai tetesan air. Bentuknya tersebut memungkinkan Anda untuk membuat suara yang berbeda, bergantung teknik memukul yang digunakan. Maka dari itu, bentuk ini direkomendasikan untuk para drummer profesional.

  • Acorn
Acorn tip mirip dengan teardrop tip. Namun, tip ini memiliki bentuk yang lebih tebal sehingga mampu menghasilkan suara yang keras dan tebal pula. Bentuk ini juga mempunyai respons yang baik. Acorn tip cocok digunakan untuk memainkan musik rock atau akustik.

Bahan tip, memengaruhi karakter suara yang keluar

Bahan tip, memengaruhi karakter suara yang keluar

Ada dua jenis bahan yang sering ditemukan pada bagian tip dari stick drum, yaitu kayu dan nilon. Berikut akan kami jelaskan perbedaan keduanya untuk Anda. Pilihlah bahan yang paling sesuai dengan selera bermusik Anda.


  • Tip kayu 

Bergantung jenis kayunya, tip ini akan memberikan suara yang berbeda. Namun, tip berbahan kayu menghasilkan suara drum yang lebih tegas bila dibandingkan tip dari nilon. Karakteristik lain dari tip ini adalah memberikan besar suara yang sebanding dengan tenaganya.


  • Tip nilon

Tip dari nilon bertekstur lebih kaku, tetapi akan memberikan suara yang enak didengar saat dipukulkan ke simbal. Tip ini dapat menghasilkan suara yang lebih nyaring dan jernih dari tip kayu. Namun, Anda harus berhati-hati karena tip nilon bisa lepas atau retak bila digunakan terlalu kuat.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Stick Drum Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Stick Drum terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace (diperbarui tanggal 02 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe ukuran
Material stik
Bentuk tip
Material tip
Ukuran
1

Laidback

Stick Drum

Laidback Stick Drum 1

Rp17.500

Lebih Murah

Beratraksi di panggung makin keren bersama stick drum bermotif

5A, 5B, 7A, 7B

Maple, sapodilla

Teardrop, acorn, ball

Tip kayu

1,4 cm x 41 cm (5A), 1,5 cm x 41 cm (5B), 13 cm x 41 cm (7A), 13,5 cm x 41 cm (7B)

2

BRANDOS

Stick Drum Nylon 5ASTKD-65

BRANDOS  Stick Drum Nylon 5A 1

Rp89.000

Menengah

Tidak perlu takut tangan tergelincir berkat lapisan bertekstur pada grip

5A

Nilon

Teardrop

Tip nilon

1,5 cm x 41 cm

3

VIC FIRTH

American Classic 5A Drumsticks

VIC FIRTH  American Classic 5A Drumsticks 1

Rp160.000

Agak Mahal

Kukuh dan tebal, bisa eksplorasi semua teknik menabuh drum tanpa takut patah

5A

Hickory

Teardrop

Tip kayu

1,44 cm x 40,64 cm

4

Stick Drum Glow in The Dark Nylon 5A

null Stick Drum Glow in The Dark Nylon 5A 1

Rp112.800

Menengah

Bisa menyala di saat gelap dengan pilihan warna yang beragam

5A

Nilon

Acorn

Tip nilon

1,4 cm x 41 cm

5

AHEAD

Metallica Stick Drum STKD-17

AHEAD  Metallica Stick Drum  1

Rp69.000

Agak Murah

Bebas bermain layaknya drummer Metallica dengan stick berbahan kayu sapodilla

5A

Sapodilla

Teardrop

Tip kayu

1,5 cm x 41 cm

6

Wincent

Hickory Dynabeat Series

Wincent  Hickory Dynabeat Series  1

Rp95.000

Menengah

Unique wax protection-nya membuat stick ini lebih awet dan tahan lama

7A, 5A

Hickory

Acorn

Tip kayu

1,4 cm x 40 cm (7A), 1,4 cm x 41 cm (5A)

7

Heartbeat

Drumsticks

Heartbeat  Drumsticks 1

Rp79.900

Menengah

Pilih material dan ketebalan sesuai kebutuhan Anda karena variannya yang beragam

5A, 5AL, 5B, 7A, 8A

Hickory, maple, oak

Teardrop, acorn, barrel

Tip kayu

1,4 cm x 41 cm (5A), 1,4 cm x 42 cm (5AL), 1,5 cm x 41 cm (5B), 1,2 cm x 39 cm (7B), 1,5 cm x 42 cm (8A)

8

Wincent

W-YES Signature Echa Soemantri Wood Tip

Wincent  W-YES Signature Echa Soemantri Wood Tip 1

Rp175.000

Lebih Mahal

Tampil anti-mainstream dengan desain uniknya

5A XXL

Hickory

Teardrop

Tip kayu

1,43 cm x 43,3 cm

9

SOLOBEAT

Stick Drum 5A

 SOLOBEAT Stick Drum 5A 1

Rp55.000

Agak Murah

Menyuguhkan kenyamanan sejak genggaman pertama

7A, 5A, 5B

Oak

Teardrop

Tip kayu

1,37 cm x 39,37 cm (7A), 1,44 cm x 40,64 cm (5A), 1,44 cm x 40,64 cm (5B)

10

PHILTER

Stick Drum Oakwood Oval Shaped 5A

PHILTER Stick Drum Oakwood Oval Shaped 5A 1

Rp100.000

Menengah

Memainkan akustik sekaligus rock tetap asik dengan stik oak berkualitas

5A

Oak

Acorn

Tip kayu

41 x 1,5 cm

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

LaidbackStick Drum

Stick Drum 1
Sumber: shopee.co.id
Stick Drum 2
Sumber: shopee.co.id
Stick Drum 3
Sumber: shopee.co.id
Stick Drum 4
Sumber: shopee.co.id
Stick Drum 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp17.500
Lebih Murah
Harga referensi
Rp17.500
Lebih Murah

Beratraksi di panggung makin keren bersama stick drum bermotif

Ingin tampil makin keren saat bermain drum di panggung? Nah, ada baiknya Anda memilih stick drum dari Laidback ini. Produk ini menyediakan tujuh motif berbeda dengan finishing yang apik. 


Anda dapat memilih desain yang paling pas dengan karakter permainan. Ditambah, Anda juga bisa memilih sendiri ukuran stick serta tip yang diinginkan. Dengan begitu, menjaga tempo permainan drum lebih asyik dan stabil plus keren pula!

Tipe ukuran5A, 5B, 7A, 7B
Material stikMaple, sapodilla
Bentuk tipTeardrop, acorn, ball
Material tipTip kayu
Ukuran1,4 cm x 41 cm (5A), 1,5 cm x 41 cm (5B), 13 cm x 41 cm (7A), 13,5 cm x 41 cm (7B)
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

BRANDOS Stick Drum Nylon 5ASTKD-65

Harga referensi
Rp89.000
Menengah

Tidak perlu takut tangan tergelincir berkat lapisan bertekstur pada grip

Menghasilkan suara tabuhan yang lebih nyaring memang lebih pas dengan stick drum ber-tip nylon. Bila Anda mencari stick drum tipe ini Anda bisa menengok produk dari BRANDOS. Berkat tip berbahan nylon, suara yang dihasilkan akan lebih nyaring ketika menabuh snare


Selain itu, tangan yang berkeringat juga tidak akan membuat stick tergelincir dari tangan karena ada lapisan tambahan pada pegangannya. Warnanya yang hitam pun bisa menambah elegan tampilan Anda saat bermain drum, lho. Mantap, ya!

Tipe ukuran5A
Material stikNilon
Bentuk tipTeardrop
Material tipTip nilon
Ukuran1,5 cm x 41 cm
View all
No.3

VIC FIRTH American Classic 5A Drumsticks

Harga referensi
Rp160.000
Agak Mahal

Kukuh dan tebal, bisa eksplorasi semua teknik menabuh drum tanpa takut patah

Menabuh drum dengan berbagai eksplorasi tentu memerlukan stick yang kuat dengan material yang berkualitas. Drumstick VIC FIRTH ini cocok untuk dipilih. Pasalnya, stick ini terbuat dari kayu hickory yang dikenal awet dan kuat. 


Anda tidak perlu khawatir stick patah ketika memainkan melakukan flame yang divariasikan dengan rim-shot. Jadi, skill bisa makin meningkat ketika memakainya bersama grup band Anda.

Tipe ukuran5A
Material stikHickory
Bentuk tipTeardrop
Material tipTip kayu
Ukuran1,44 cm x 40,64 cm
View all
No.4

Stick Drum Glow in The Dark Nylon 5A

Harga referensi
Rp112.800
Menengah

Bisa menyala di saat gelap dengan pilihan warna yang beragam

Anda yang senang tampil eksentrik ketika performing bisa banget memakai Stick Drum Glow in The Dark Nylon. Bagaimana tidak, stick ini bisa menyala di saat gelap dengan variasi warna menarik mulai dari biru, kuning, hingga pink. 


Terlebih, bahannya yang berupa nylon dapat menghasilkan suara lebih nyaring dan kencang. Agar makin matching, pilihlah warna yang sesuai dengan warna drum Anda, ya. 

Tipe ukuran5A
Material stikNilon
Bentuk tipAcorn
Material tipTip nilon
Ukuran1,4 cm x 41 cm
View all
No.5

AHEAD Metallica Stick Drum STKD-17

Harga referensi
Rp69.000
Agak Murah

Bebas bermain layaknya drummer Metallica dengan stick berbahan kayu sapodilla

Penggemar Metallica patut untuk tidak melewatkan produk ciamik satu ini. Alasannya, stick drum ini didesain khusus dengan balutan warna hitam serta tulisan Metallica. Tidak hanya itu, stick ini juga dibuat dari kayu sapodilla yang memiliki karakter keras dan kukuh. Dengan begitu, Anda bebas menabuh drum bertenaga dengan ritme kencang layaknya lagu-lagu Metallica yang sangar.

Tipe ukuran5A
Material stikSapodilla
Bentuk tipTeardrop
Material tipTip kayu
Ukuran1,5 cm x 41 cm
View all
No.6

Wincent Hickory Dynabeat Series

Harga referensi
Rp95.000
Menengah

Unique wax protection-nya membuat stick ini lebih awet dan tahan lama

Memainkan beat-beat kencang dari lagu hardcore atau metalcore tidak lagi canggung ketika memakai Hickory Dynabeat Series dari Wincent. Material hickory yang padat dapat mencegah stick patah ketika dipukulkan dengan keras. Terlebih, stick ini juga dilengkapi dengan proteksi tambahan berupa wax kayu. Berkat hal itu, stick dapat bertahan lebih lama tanpa terkelupas berlebihan saat Anda memainkan beat gahar.

Tipe ukuran7A, 5A
Material stikHickory
Bentuk tipAcorn
Material tipTip kayu
Ukuran1,4 cm x 40 cm (7A), 1,4 cm x 41 cm (5A)
View all
No.7

Heartbeat Drumsticks

Harga referensi
Rp79.900
Menengah

Pilih material dan ketebalan sesuai kebutuhan Anda karena variannya yang beragam

Anda sedang bingung mencari satu set stick drum lengkap dengan berbagai ukuran? Kami rekomendasikan untuk memilih produk ini. Drumsticks Heartbeat series basic ini menyediakan beragam size, mulai dari 5A, 5AL, 5B, 7A, bahkan 8A. Materialnya juga ada yang terbuat dari oak, hickory, serta maple. Jadi, Anda dapat menentukan sendiri stick kesukaan seperti karakter suara yang diinginkan ketika membeli satu set stick ini. 

Tipe ukuran5A, 5AL, 5B, 7A, 8A
Material stikHickory, maple, oak
Bentuk tipTeardrop, acorn, barrel
Material tipTip kayu
Ukuran1,4 cm x 41 cm (5A), 1,4 cm x 42 cm (5AL), 1,5 cm x 41 cm (5B), 1,2 cm x 39 cm (7B), 1,5 cm x 42 cm (8A)
View all
No.8

Wincent W-YES Signature Echa Soemantri Wood Tip

Harga referensi
Rp175.000
Lebih Mahal

Tampil anti-mainstream dengan desain uniknya

Apakah Anda penggemar Echa Soemantri? Kalau begitu, pertimbangkanlah produk ini. Stick drum 5A ini memiliki tampilan yang sangat anti-mainstream. Ada aksara Jawa dan gambar wajah Echa Soemantri pada bodi dan ujungnya. Hal inilah yang membuat stick drum W-YES Signature Echa Soemantri tampil beda.


Stick drum ini juga nyaman digunakan untuk beragam level dinamika permainan. Anda bisa menggunakannya untuk bermain drum di mana saja. Baik untuk ruangan kecil berkapasitas sepuluh orang maupun lapangan besar dengan banyak orang, stick drum ini sudah mencukupi.

Tipe ukuran5A XXL
Material stikHickory
Bentuk tipTeardrop
Material tipTip kayu
Ukuran 1,43 cm x 43,3 cm
View all
No.9

SOLOBEATStick Drum 5A

Harga referensi
Rp55.000
Agak Murah

Menyuguhkan kenyamanan sejak genggaman pertama

Produk dari Solobeat ini terbuat dari material oak premium dibalut finishing kayu yang apik sehingga membuatnya halus ketika dipegang. Anda yang baru mulai belajar bermain drum tentu makin nyaman saat menggunakannya. 


Selain itu, tidak perlu takut kayu coak berlebihan ketika stick terbentur sisi snare atau cymbal karena kayu ini dikenal bagus. Dengan begitu, latihan harian Anda makin nyaman dan mengasyikkan ketika menggunakan stick Solobeat satu ini.

Tipe ukuran7A, 5A, 5B
Material stikOak
Bentuk tipTeardrop
Material tipTip kayu
Ukuran1,37 cm x 39,37 cm (7A), 1,44 cm x 40,64 cm (5A), 1,44 cm x 40,64 cm (5B)
View all
No.10

PHILTERStick Drum Oakwood Oval Shaped 5A

Harga referensi
Rp100.000
Menengah

Memainkan akustik sekaligus rock tetap asik dengan stik oak berkualitas

Untuk Anda seorang session player untuk beberapa band dengan genre berbeda, baiknya tidak melewati produk keren satu ini. Stick drum buatan PHILTER ini diklaim tangguh untuk menabuh dalam banyak cara dan ritme karena terbuat dari oak berkualitas.


Di sisi lain, ukuran 5A-nya didesain versatile untuk mengiringi banyak lagu. Jadi, memainkan musik keras atau soft tentu tetap bisa tanpa khawatir suara yang dihasilkan kurang enak didengar.

Tipe ukuran5A
Material stikOak
Bentuk tipAcorn
Material tipTip kayu
Ukuran41 x 1,5 cm
View all

5 Rekomendasi Stick Drum terbaik

No. 1: LaidbackStick Drum

No. 2: BRANDOS Stick Drum Nylon 5ASTKD-65

No. 3: VIC FIRTH American Classic 5A Drumsticks

No. 4: Stick Drum Glow in The Dark Nylon 5A

No. 5: AHEAD Metallica Stick Drum STKD-17

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Hobi
  3. Musik
  4. 10 Rekomendasi Stick Drum Terbaik [Ditinjau oleh Produser Musik]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.