1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Musik
  6. >
  7. 8 Stick Drum Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)
  • 8 Stick Drum Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 8 Stick Drum Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 8 Stick Drum Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 8 Stick Drum Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 8 Stick Drum Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023) 5

8 Stick Drum Terbaik - Ditinjau oleh Produser Musik (Terbaru Tahun 2023)

Stick drum akan memengaruhi kualitas permainan drummer. Dari segi jenisnya, ada stik konvensional dan stik sapu yang lembut serta jazzy. Ukuran stick drum juga bervariasi, seperti 5A, 7A, dan 5B. Karena itu, penting bagi Anda untuk memahami stick drum.


Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih stick drum terbaik. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek stick drum yang bagus, seperti Wincent dan Zildjian. Stick drum ProMark dari D'Addario pun ada. Stik-stik tersebut bisa dimainkan pada drum elektrik, lho. Artikel ini sudah ditinjau oleh pendidik dan produser musik kami, Satrio Arwanto.

Diperbaharui 01-10-2023
Satriyo Arwanto
Pakar
Music educator dan music producer
Satriyo Arwanto

Satriyo adalah seorang pendidik sekaligus produser musik lulusan Pendidikan Seni Musik Universitas Negeri Yogyakarta. Terjun di dunia pendidikan musik formal selama lima tahun membuatnya yakin untuk mendirikan kursus musik. Kursus musik yang ia dirikan diberi nama Bless Music Wonosobo. Selain melahirkan calon-calon musisi, Satriyo juga menggarap jingle, mars, himne, dan aransemen. Akhir-akhir ini ia mulai fokus menggarap lagu-lagu anak.

Profil Satriyo Arwanto
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih stick drum

Baik buruknya sebuah permainan drum cukup bergantung pada stick drum yang Anda gunakan. Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan poin-poin cara memilihnya berikut agar mendapatkan produk yang tepat.

① Sesuaikan tipe ukuran stick drum dengan genre yang dimainkan

Sesuaikan tipe ukuran stick drum dengan genre yang dimainkan

Setidaknya ada tiga jenis ukuran stick drum yang bisa Anda temukan di pasaran, yakni 7A, 5A, dan 2B/5B. Di bawah ini kami akan menjelaskan karakteristik setiap ukurannya untuk Anda. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan genre dan skill bermain drum Anda.


  • Ukuran 7A
Stick drum berukuran 7A sedikit lebih tipis dan kecil sehingga menghasilkan suara yang lembut. Ukuran stik ini cocok untuk memainkan musik dengan karakter suara yang soft, salah satunya jaz. Stick drum 7A juga disarankan sebagai stik latihan untuk drummer pemula.

  •  Ukuran 5A

Stick drum 5A merupakan ukuran yang paling umum digunakan oleh drummer. Anda juga bisa menemukan ukuran ini dengan mudah di pasaran. Kekuatan yang solid dari jenis stick drum ini bisa digunakan untuk memainkan beragam aliran musik, tak terkecuali rock. Bahkan banyak drummer dari band aliran rock yang memilih stik ini.


  • Ukuran 2B/5B

Stick drum 2B/5B berukuran lebih besar dan memiliki bobot yang berat. Jadi, ukuran ini cocok untuk Anda yang tangannya besar. Produknya pun pas dijadikan sebagai stik latihan. Karena memerlukan tenaga yang lebih, impact dan power dari stik ini juga lebih besar. Maka dari itu, stik ini biasa digunakan untuk memainkan musik keras, seperti heavy metal.

② Periksa jenis kayu dari stick drum

Jangan lupa juga untuk melihat bahan baku dari sebuah stik. Stick drum akan menghasilkan suara dan kesan yang berbeda tergantung dari jenis kayu yang digunakan. Simak pembahasan mengenai jenis kayu lebih dalam di bawah ini.

Hickory, material kokoh untuk memainkan berbagai dinamika

Hickory, material kokoh untuk memainkan berbagai dinamika

Hickory merupakan bahan baku yang paling banyak digunakan untuk membuat stick drum. Secara botani, hickory termasuk dalam famili Juglandaceae atau walnut yang memiliki varietas cukup banyak. 


Area produksi dari tiap varietas kayu ini berbeda-beda tergantung mereknya. Meski begitu, hickory dikenal dengan ketahanan dan bobotnya. Selain cocok digunakan untuk menabuh drum, kayu ini mendukung performa Anda pada berbagai genre musik.

Oak, kuat dan tidak mudah patah untuk memainkan musik keras

Oak, kuat dan tidak mudah patah untuk memainkan musik keras

Oak adalah jenis kayu yang lebih keras dari hickory. Kayu ini memiliki karakteristik yang keras dan berat sehingga tidak mudah patah. Maka dari itu, stick drum dari oak cocok untuk Anda yang menginginkan suara yang kencang. Anda yang sering memainkan musik rock dan musik keras lainnya bisa mengandalkan performa kayu ini.

Maple, memberikan ketukan yang lembut untuk musik akustik

Maple, memberikan ketukan yang lembut untuk musik akustik

Stick drum dari maple berjodoh dengan musik klasik dan akustik. Kayu ini mampu memberikan ketukan yang lembut sehingga cocok digunakan pada genre musik tersebut. Namun, maple memiliki tekstur paling lunak di antara jenis kayu yang biasa dipakai untuk pembuatan stick drum. Karena itu, stik dari maple lebih mudah patah.

③ Cek bentuk dan bahan tip pada stik drum

Bila diperhatikan lebih dekat, Anda akan menemukan beberapa variasi bentuk dan bahan tip pada stick drum. Di bawah ini kami akan menjelaskannya lebih jauh untuk Anda. Silakan pilih karakter tip menurut suara yang Anda inginkan.

Bentuk tip, berperan pada jenis suara dan gaya permainan Anda

Bentuk tip, berperan pada jenis suara dan gaya permainan Anda

Tip adalah bagian kepala pada stick drum sehingga memengaruhi suara dari permainan Anda. Hal ini makin terasa jika Anda memainkan cymbal, hit-hat, dan snare. Tidak heran bila stick drum memiliki bentuk tip yang beragam untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Anda bisa memilih dari ragam bentuk tip berikut.


  • Ball
Tip ini berbentuk bulat seperti bola sehingga menghasilkan bunyi yang mirip meski teknik memukulnya berbedaBall tip cukup mudah digunakan, bahkan bagi drummer pemula.

  • Barrel
Barrel tip berbentuk seperti tong, sedikit memanjang dari ball tip. Karena memiliki area kontak dengan drum yang lebih besar, bentuk ini dapat menghasilkan suara yang nyaring. Anda juga bisa membuat suara yang berbeda ketika memukulkan bagian ujung atau sampingnya.

  • Teardrop
Tip ini memiliki bentuk oval memanjang yang menyerupai tetesan air. Bentuknya tersebut memungkinkan Anda untuk membuat suara yang berbeda, tergantung teknik memukul yang digunakan. Maka dari itu, bentuk ini direkomendasikan untuk para drummer profesional.


  • Acorn
Acorn tip mirip dengan teardrop tip. Namun, tip ini memiliki bentuk yang lebih tebal sehingga mampu menghasilkan suara yang keras dan tebal pula. Bentuk ini juga mempunyai respons yang baik. Acorn tip cocok digunakan untuk memainkan musik rock atau akustik.

Bahan tip, memengaruhi karakter suara yang keluar

Bahan tip, memengaruhi karakter suara yang keluar

Ada dua jenis bahan yang sering ditemukan pada bagian tip dari stick drum, yaitu kayu dan nilon. Berikut akan kami jelaskan perbedaan keduanya untuk Anda. Pilihlah bahan yang paling sesuai dengan selera bermusik Anda.


  • Tip kayu 

Tergantung jenis kayunya, tip ini akan memberikan suara yang berbeda. Namun, tip berbahan kayu menghasilkan suara drum yang lebih tegas bila dibandingkan tip dari nilon. Karakteristik lain dari tip ini adalah memberikan besar suara yang sebanding dengan tenaganya.


  • Tip nilon

Tip dari nilon bertekstur lebih kaku, tetapi akan memberikan suara yang enak didengar saat dipukulkan ke simbal. Tip ini dapat menghasilkan suara yang lebih nyaring dan jernih dari tip kayu. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati karena tip nilon bisa lepas atau retak bila digunakan terlalu kuat.

8 Rekomendasi stick drum terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan delapan stick drum terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Delapan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Satriyo Arwanto.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Wincent

W-YES Signature Echa Soemantri Wood Tip

Wincent  W-YES Signature Echa Soemantri Wood Tip 1枚目

Tampil anti-mainstream dengan desain uniknya

2

Stagg

Pair of Maple Sticks/5A - Wooden Tip

Stagg  Pair of Maple Sticks/5A - Wooden Tip 1枚目

Harga terjangkau untuk jadi stik cadangan Anda!

3

Innovative Percussion

FS-PR Paul Rennick Model

Innovative Percussion FS-PR Paul Rennick Model 1枚目

Respons suara lebih cepat dengan tip lebih besar

4

Vater

Sugar Maple 5B Wood

Vater  Sugar Maple 5B Wood 1枚目

Kekuatan stabil untuk lagu berdurasi panjang

5

D'Addario

ProMark Rebound 7A

D'Addario  ProMark Rebound 7A 1枚目

Desainnya membuat tangan makin lincah bermain drum

6

D'Addario

ProMark Heavy Telescopic Wire Brush

D'Addario ProMark Heavy Telescopic Wire Brush 1枚目

Suaranya empuk dan jazzy, suasana jadi makin syahdu

7

AHEAD

Switch Stix 5A

AHEAD Switch Stix 5A 1枚目

Stick drum multiguna untuk variasi suara

8

TAMA

Traditional Series 5A

TAMA Traditional Series 5A 1枚目

Menawarkan feel yang nyaman sejak genggaman pertama

Perincian produk
Close
No.1

Wincent W-YES Signature Echa Soemantri Wood Tip

Mulai dari Rp156.000,00

Tampil anti-mainstream dengan desain uniknya

Apakah Anda penggemar Echa Soemantri? Kalau begitu, pertimbangkanlah produk ini. Stick drum 5A ini memiliki tampilan yang sangat anti-mainstream. Ada aksara Jawa dan gambar wajah Echa Soemantri pada bodi dan ujungnya. Hal inilah yang membuat stick drum W-YES Signature Echa Soemantri tampil beda.


Stick drum ini juga nyaman digunakan untuk beragam level dinamika permainan. Anda bisa menggunakannya untuk bermain drum di mana saja. Baik untuk ruangan kecil berkapasitas sepuluh orang maupun lapangan besar dengan banyak orang, stick drum ini sudah mencukupi.

No.2

Stagg Pair of Maple Sticks/5A - Wooden Tip

Mulai dari Rp50.454,00

Harga terjangkau untuk jadi stik cadangan Anda!

Demi berjaga-jaga jika stick drum Anda patah saat bermain, penting untuk memiliki stik cadangan. Nah, Anda bisa memilih stick drum yang bagus sebagai cadangan ini. Harga produk ini cukup terjangkau sehingga Anda dapat membeli beberapa stik sekaligus tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Anda yang melakukan live performance akan banyak terbantu dengan memiliki stick drum 5A ini.

No.3

Innovative PercussionFS-PR Paul Rennick Model

Mulai dari Rp234.000,00

Respons suara lebih cepat dengan tip lebih besar

Innovative Percussion memproduksi stick drum hasil kerja sama dengan ahli musik bernama Paul Rennick. Ciri khas produk ini adalah ukuran tip yang lebih besar dari biasanya. Dengan tip tersebut, respons suaranya akan menjadi lebih cepat.


Di samping itu, produk ini merupakan salah satu stick drum terbaik untuk kebutuhan pemakaian indoor dan outdoor. Produk ini patut dipertimbangkan bila Anda sering tampil, baik di dalam ruangan maupun luar ruangan.

No.4

Kekuatan stabil untuk lagu berdurasi panjang

Jika Anda butuh rekomendasi stick drum untuk memainkan lagu-lagu dengan durasi yang panjang, pilih produk ini. Stik ini memiliki diameter neck yang memungkinkan Anda dapat bermain lama dengan stabil. Ukuran stick drum ini juga cocok untuk musik metal. Maka dari itu, Anda bisa memainkan lagu metal berdurasi panjang dengan dinamika sesuai aslinya, seperti lagu Dream Theatre.

No.5

D'Addario ProMark Rebound 7A

Mulai dari Rp162.000,00

Desainnya membuat tangan makin lincah bermain drum

Produk ini merupakan salah satu stick drum terbaik untuk Anda yang mengutamakan kelincahan tangan. Panjang, bobot, dan kontur stick drum ProMark Rebound 7A didesain agar tangan Anda dapat bergerak cepat dengan mudah. Desain produk ini membuat Anda bisa berlatih berbagai tempo dan dinamika dari beragam genre musik dengan mudah.

No.6

D'AddarioProMark Heavy Telescopic Wire BrushTB6

Mulai dari Rp450.000,00

Suaranya empuk dan jazzy, suasana jadi makin syahdu

Memiliki jenis stick drum ini sudah menjadi kewajiban bagi seorang drummer jaz. Jika Anda sedang mencari brush stick, kami merekomendasikan produk ini. Suara yang dihasilkan stick drum sapu ini sangat jazzy dan lembut karena didesain untuk memainkan musik-musik jaz. Dengan stick drum ProMark Heavy Telescopic Wire Brush, Anda bisa membawa suasana permainan menjadi makin cozy.

No.7

Stick drum multiguna untuk variasi suara

Sebagai seorang professional drummer, Anda bisa melakukan eksplorasi dengan stick drum ini. Produk ini merupakan stick drum yang kedua ujungnya dapat Anda gunakan. Ujung stik yang kecil dapat digunakan memainkan drum seperti biasa. 


Sementara itu, ujung mallet yang lebih besar digunakan untuk roll di floor tom atau cymbal roll. Dengan menggunakan produk ini, suara drum yang bisa Anda mainkan jadi makin bervariasi. Pada intinya, Anda akan lebih bebas melakukan eksplorasi dengan stick drum 5A ini.

No.8

Menawarkan feel yang nyaman sejak genggaman pertama

Produk ini adalah salah satu stick drum yang bagus bila Anda baru pertama kali belajar menabuh drum. Traditional Series Oak Stick 5A memberikan feel yang nyaman, bahkan untuk Anda yang baru pertama kali memegang stick drum.


TAMA sudah mengukur stick drum 5A ini dengan presisi tinggi, baik dari segi ukuran, berat, maupun keseimbangannya. Dengan begitu, Anda dapat lebih semangat lagi belajar bermain drum.

Baca juga rekomendasi alat musik di sini

Setelah membaca ulasan mengenai stick drum, Anda juga dapat melihat rekomendasi alat musik yang telah kami ulas. Anda bisa memilih MIDI keyboard, drum set, atau drum elektrik. Silakan baca ulasan selengkapnya dari kami melalui artikel-artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Memilih stick drum yang bagus akan memengaruhi kualitas permainan Anda. Bahkan ada produk yang dibuat untuk genre musik tertentu. Maka dari itu, penting untuk memiliki stick drum yang dapat menunjang style Anda dalam bermain drum.


Kami telah mengulas dan berbagi rekomendasi stick drum terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Tiap-tiap produk mempunyai karakteristik dan keunggulan yang berbeda. Jadikanlah artikel ini sebagai panduan berbelanja. Selamat bermain drum!

5 Rekomendasi Stick Drum terbaik

No. 1Wincent W-YES Signature Echa Soemantri Wood Tip

No. 2Stagg Pair of Maple Sticks/5A - Wooden Tip

No. 3Innovative PercussionFS-PR Paul Rennick Model

No. 4Vater Sugar Maple 5B Wood

No. 5D'Addario ProMark Rebound 7A

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer