10 Rekomendasi Lampu USB Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lampu USB Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Tak jarang pekerjaan Anda menuntut Anda untuk lembur hingga larut malam. Untuk mendapatkan pencahayaan lebih bagus saat bekerja dengan laptop kini sudah ada produk Lampu USB. Lampu USB bisa dinyalakan melalui USB port sehingga membantu Anda mendapatkan pencahayaan yang dibutuhkan. Bagaimana cara memilih lampu USB yang tepat? Mari ikuti tulisan kami yang akan membahas cara memilih lampu USB yang dilanjutkan dengan 10 rekomendasi lampu USB terbaik.

Setelah membaca artikel ini, Anda bisa pilih lampu USB dari IKEA, ZMI, Vansky atau produsen lain dengan fitur, bentuk dan harga bervariatif yang sesuai kebutuhan Anda. Silakan baca artikel ini sampai tuntas agar Anda memperoleh informasi yang utuh. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih lampu USB

Anda perlu memperhatikan beberapa hal ketika ingin membeli lampu USB, seperti ukuran, kesesuaian antara lampu USB dengan USB port, dan diperlukan atau tidaknya remote control. Untuk itu, kami akan mengulas satu per satu untuk Anda pertimbangkan agar Anda tidak salah pilih.

Sesuaikan ukuran dengan kegunaannya

Sesuaikan ukuran dengan kegunaannya

Ukuran merupakan salah satu pertimbangan penting saat Anda memilih lampu USB karena lampu USB seringkali dipakai untuk beberapa situasi berbeda yang membutuhkan ukuran lampu yang berbeda pula. Lampu USB biasanya dipakai untuk menerangi berbagai hal mulai layar komputer, meja kerja, televisi hingga lampu darurat yang mudah dibawa-bawa.

Lampu USB berbentuk strip, bisa dipakai untuk menerangi televisi dan Anda perlu memperhatikan panjang yang sesuai sehingga lampu USB mampu menerangi semua bagian yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan lampu USB yang mudah dibawa-bawa, Anda bisa pilih lampu USB yang berukuran kecil. Ketika Anda bekerja di meja atau membutuhkan lampu USB untuk menerangi saat bekerja di depan laptop, Anda bisa pilih ukuran yang tidak menghalangi pandangan ketika bekerja.

Pilih yang sesuai dengan tingkat power yang dikeluarkan USB port

Pilih yang sesuai dengan tingkat power yang dikeluarkan USB port

Selain ukuran, Anda mesti mempertimbangkan output power jika ingin menyalakan lampu USB melalui USB port pada laptop. Pada umumnya output power yang biasa digunakan memiliki arus 500 mA (0,5 A) serta tegangan 5 V untuk setiap port laptop yang menggunakan USB 2.0.

Sebuah perangkat yang membutuhkan daya (output power) yang lebih besar daripada daya yang disediakan dari USB port akan membuat perangkat tersebut tidak mampu bekerja. Saat ini tersedia banyak lampu USB yang kompatibel dengan USB port sehingga Anda tidak perlu khawatir lampu USB yang Anda miliki tidak bekerja. Namun untuk kepastian, Anda bisa memeriksa output power pada kemasan produk secara saksama.

Jika Anda ingin menghubungkan lampu USB ke laptop dengan menggunakan USB hub, jangan lupa untuk memeriksa output power dari USB hub. Periksa secara saksama apakah Anda bisa menggunakan lampu USB dalam rentang  batas output power USB hub.

Perlu tidaknya penggunaan remote control berdasarkan jarak

Perlu tidaknya penggunaan remote control berdasarkan jarak

Saat ini tersedia lampu USB yang bisa dioperasikan dengan menggunakan remote control. Lampu USB tipe ini direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan kemudahan penggunaan karena Anda bisa menyalakan dan mematikan lampu USB dari jarak jauh. Namun jika Anda memakai lampu USB dalam jarak dekat, pemakaian remote control malah akan membuat pengoperasian menjadi kurang efektif. Anda bisa pilih lampu USB yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan atau tanpa remote control.

10 Rekomendasi lampu USB terbaik

Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi 10 lampu USB terbaik berdasarkan dari cara memilih yang sudah kami uraikan. Silakan pilih lampu USB yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

10. IKEA Jansjo Led USB Lamp

10. IKEA Jansjo Led USB Lamp

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 142.800

Lampu USB yang hemat energi

Lampu pijar memiliki efisiensi yang sangat rendah sehingga kurang efektif digunakan karena boros listrik. Guna mendapatkan pencahayaan yang lebih efisien, Anda bisa beralih ke IKEA Jansjo LED USB Lamp untuk mengganti lampu pijar yang masih Anda gunakan. Produk ini mampu mengonsumsi 85% energi lebih rendah dan mampu tahan selama 20 kali lebih lama dibandingkan lampu pijar.

Anda akan mendapatkan sumber penerangan hingga 25.000 jam dengan fitur energy saving yang terdapat pada produk ini. Waktu operasi yang lama akan cocok untuk Anda yang membutuhkan lampu USB untuk keperluan jangka panjang. Selain itu, Anda akan mendapatkan pencahayaan dengan mudah karena kepala dan tangkai lampu bisa disesuaikan secara fleksibel.

9. Xiaomi Mi Led Portable USB Light Pink

9. Xiaomi Mi Led Portable USB Light Pink

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 65.000

Pelengkap Mi fans dengan warna feminin

Xiaomi menduduki posisi 5 besar pabrikan smartphone di Indonesia karena desain dan harganya yang terjangkau mampu menarik perhatian konsumen. Bahkan kini sudah muncul sebutan Mi fans kepada pengguna yang selalu setia menjadikan produk Xiaomi sebagai produk pilihan utama.

Xiaomi telah berekspansi memperbanyak lini produk mereka salah satunya adalah Xiaomi Mi Led Portable USB Light Pink yang cocok untuk melengkapi koleksi produk Mi fans di Indonesia. Seperti produk Xiaomi lainnya, lampu USB ini dibanderol dengan harga yang terjangkau. Tampilan produk yang berwarna merah muda akan cocok untuk wanita feminin yang membutuhkan pencahayaan di segala suasana. Anda Mi fans? Jika iya, miliki dulu produk ini.

8. Remax Milk Series LED Protect Light USB

8. Remax Milk Series LED Protect Light USB

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 247.500

Nyaman dipakai di meja kerja

Lampu USB berbentuk kabel yang menerangi dengan sumber powerbank, tidak kokoh untuk menerangi ketika Anda bekerja di meja kerja karena powerbank tidak memiliki landasan yang berfungsi menopang lampu secara khusus. Jika lampu USB bentuk kabel ini dipasang melalui USB port laptop akan sulit mengatur jarak yang nyaman karena letak USB port laptop yang statis.

Produk ini memiliki landasan di bagian bawah yang berfungsi sebagai penyangga sehingga lebih kokoh daripada menempatkan lampu USB kabel melalui sumber powerbank. Selain itu, bagian penyangga memungkinkan Anda untuk memindah-mindahkan lampu USB pada permukaan datar yang sesuai dengan jarak pencahayaan sehingga membuat Anda nyaman ketika bekerja di meja.

7. FosPower Led Clip On LED Desk

7. FosPower Led Clip On LED Desk

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.167.000

Nyaman dipakai dengan 2 sumber listrik

Produk ini bisa dinyalakan melalui 2 jenis sumber listrik yang melalui USB port atau melalui AC adapter sehingga produk ini cocok untuk Anda yang membutuhkan cadangan sumber listrik selain USB. Jika powerbank atau laptop Anda kehabisan baterai, Anda bisa mencolokkan lampu ini ke sumber listrik melalui AC adapter sehingga Anda bisa tetap bisa beraktivitas dengan terang. Asyik ya?

Lampu USB ini bisa diatur hingga 3 jenis pencahayaan yang bisa disesuaikan dengan kenyamanan Anda. Selain itu, Lampu LED pada produk ini tidak akan mengeluarkan cahaya yang berkedip-kedip saat dinyalakan dengan kedua sumber listrik sehingga mata Anda tetap nyaman selama produk ini dinyalakan. Miliki produk ini supaya Anda tidak kesulitan jika baterai laptop atau powerbank Anda habis.

6. Vansky Led TV Backlight Strip Multi Color

6. Vansky Led TV Backlight Strip Multi Color

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 784.000

Mata tidak lelah lagi saat berada di depan TV

Menonton TV atau bermain games dengan menggunakan TV dalam waktu lama bisa menyebakan kelelahan pada mata yang disebabkan perbedaan kecerahan warna yang muncul pada setiap adegan. Produk ini cocok melindungi mata Anda dari kelelahan saat berada di depan TV dengan memberikan pencahayaan yang berfungsi meningkatkan kejelasan saat menonton.

Anda bisa bisa memilih hingga 16 warna background yang bisa disesuaikan dengan selera dan mood yang cocok untuk memberikan warna latar belakang ketika Anda berkaraoke di televisi. Lampu ini memiliki kabel USB sepanjang 12 meter dan bisa Anda potong dan rekatkan di belakang TV. Tidak hanya itu, Andapun bisa mengoperasikan produk ini dari jauh melalui wireless remote control.

5. OEM Lampu USB 28 LED dengan Modul On/Off

5. OEM Lampu USB 28 LED dengan Modul On/Off

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 54.500

Fitur switch on/off untuk menghemat daya

Lampu USB tidak selamanya digunakan, jika kondisi ruangan gelap lampu ini baru akan digunakan. Biasanya pengguna akan malas mencabut lampu USB meskipun sudah tidak terlalu dibutuhkan sehingga bisa memboroskan daya dan penggunaan berlebihan akan membuat lampu USB lebih mudah rusak. Produk ini memiliki fitur switch on/off sehingga Anda tidak perlu mencabut dan memasang lampu jika akan atau telah digunakan.

Lampu USB ini cocok untuk Anda yang mencari lampu USB yang mudah dinyalakan dan dimatikan. Anda akan nyaman beraktivitas dengan penerangan yang didukung oleh 28 LED yang ada pada produk ini. Harga lampu USB ini juga relatif murah sehingga produk ini cocok untuk Anda miliki ketika mencari lampu USB dengan harga ekonomis.

4. Sunsky Car Decoration Rotating Strobe

4. Sunsky Car Decoration Rotating Strobe

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 154.000

Aksesori unik di mobil Anda

Lampu USB ini berukuran 7,9 x 7,9 x 6,9 cm dengan berat 0,3 kg serta dilengkapi kabel USB sepanjang 4 meter. Anda bisa memasang produk ini dengan mudah di bagian jendela mobil atau kaca depan yang masih bisa dijangkau oleh kabel USB menggunakan chuck bracket. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin memberikan dekorasi spesial di dalam interior mobil.

Tampilan berupa bola kristal membuat produk ini terlihat unik. Lampu USB ini akan memberikan warna dan suasana yang meriah pada mobil, namun Anda mesti berhati-hati agar saat menggunakan aksesori ini tidak menyebabkan Anda kehilangan fokus saat berkendaraan. Jadikan mobil Anda unik dengan aksesori penuh cahaya gemerlap dengan memiliki produk ini.

3. IKEA Varva Lampu USB LED

3. IKEA Varva Lampu USB LED

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 53.300

Menjaga mata tetap sehat saat membaca buku

Lampu USB ini cocok untuk menerangi Anda saat membaca buku tatkala pencahayaan kurang mendukung. Anda bisa menjepit kertas halaman pada buku di bagian atas, karena lampu USB ini dilengkapi dengan klip penjepit. Setelah dijepit, Anda bisa mengarahkan lampu ke halaman yang Anda inginkan sehingga mata Anda tetap sehat ketika membaca di tempat yang kurang pencahayaan.

IKEA Varva Lampu USB LED memiliki panjang tali hingga 1,5 meter sehingga memberikan Anda jarak yang cukup ketika Anda ingin membaca buku dari tempat yang jauh dari USB port laptop. Selain itu, produk ini memiliki warna dominan putih yang tidak mencolok sehingga tidak akan menggangu konsentrasi Anda ketika membaca buku. Jaga mata Anda tetap sehat saat membaca dengan produk ini!

2. Kitchsmart Multiple Light Wand

2. Kitchsmart Multiple Light Wand

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 815.314

Pencahayaan bisa diatur hanya dengan disentuh

Beberapa produk lampu USB yang biasa ditemukan memiliki fitur umum yang hanya bisa dimatikan atau dinyalakan dengan tombol on/off atau dinyalakan dengan dipasang atau dicabut dari USB port. Jika Anda sedang mencari lampu USB dengan fitur unik maka produk ini cocok untuk Anda miliki. Produk ini adalah lampu USB yang bisa dinyalakan atau dimatikan dengan menyentuh ujung lampu USB.

Andapun bisa mengatur pencahayaan menjadi terang atau redup hanya dengan menahan bagian ujung lampu produk ini. Selain itu, fitur pengaturan cahaya dengan disentuh juga membuat Anda tidak perlu repot untuk mengeluarkan atau memasukkan produk ini pada USB port ketika selesai atau akan digunakan sehingga mengurangi potensi keausan pada USB port. Menarik bukan?

1. Amazlab UB2 LED Retro Bright Lightbulb

1. Amazlab UB2 LED Retro Bright Lightbulb

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 661.075

Lebih handal dari bohlam biasa

Produk ini memiliki desain retro unik berupa lampu bohlam, namun bisa dinyalakan melalui USB port dari USB hub, laptop atau powerbank sehingga lebih mudah dinyalakan daripada lampu bohlam biasa. Anda akan mendapat pencahayaan berwarna putih yang sangat terang saat memakai produk ini sehingga cocok untuk dipakai sebagai lampu penerangan utama melalui stop kontak USB.

Lampu bohlam biasa memerlukan asupan listrik yang tinggi serta memiliki kondisi yang rentan terbakar, sedangkan produk ini memiliki kemampuan yang tidak mudah terbakar sehingga bisa Anda jadikan pengganti lampu bohlam biasa. Selain itu, produk ini juga dibuat dengan teknologi yang cukup kuat sehingga tidak mudah pecah dan cocok untuk menggantikan bohlam biasa yang mudah pecah.

Kesimpulan

Bagaimana dengan artikel tentang lampu USB yang sudah Anda baca? Apa Anda sudah bisa memilih lampu USB yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda? Lampu USB menawarkan kemudahan karena bisa dinyalakan hanya dengan menggunakan USB port.

Pencahayaan cukup yang dihasilkan dari lampu USB akan membantu Anda beraktivitas dengan lebih nyaman. Lampu USB juga bisa dijadikan alternatif pencahayaan ketika Anda butuh pencahayaan di kala mati listrik. Semoga setelah membaca artikel di atas Anda tidak bingung lagi ketika akan memilih lampu USB yang Anda butuhkan.