10 Rekomendasi Kaca Pembesar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Kaca Pembesar Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Kaca pembesar atau lup tidak hanya digunakan oleh orang yang sudah tua atau memiliki kesulitan untuk melihat huruf yang kecil. Berbagai pekerjaan yang menuntut detail yang lebih, seperti mengamati daun, serangga, batu, perhiasan, juga menggunakan kaca pembesar. Di pasaran, kaca pembesar dijual dalam berbagai bentuk dan ukuran perbesaran. Apakah Anda salah satu orang yang membutuhkan kaca pembesar?

Untuk membantu Anda dalam memilih kaca pembesar, kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih kaca pembesar serta memberikan rekomendasinya untuk Anda. Pilihlah kaca pembesar yang sesuai kebutuhan Anda ya. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih kaca pembesar

Ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan kaca pembesar, seperti memasukkan benang ke dalam jarum, mengerjakan kerajinan tangan dengan detail, mengamati tanaman, dan masih banyak lagi. Setiap kaca pembesar memiliki fungsinya masing-masing. Berikut ulasan kami tentang cara memilih kaca pembesar.

Pilih berdasarkan kegunaan

Pilih berdasarkan kegunaan

Saat Anda kesulitan dengan huruf-huruf yang kecil, Anda dapat menggunakan kaca pembesar yang dapat Anda pegang dan dekatkan ke arah kertas untuk memperbesar tulisan. Tetapi, ketika Anda bekerja dan kesulitan untuk memegang kaca pembesar, gunakan kaca pembesar dengan kaki-kaki yang dapat menahannya atau dapat dipegang dengan satu tangan. Anda harus memastikan kaca pembesar Anda sesuai dengan kebutuhan. Periksa juga bentuk, perbesaran, dan kemudahan untuk digunakan ya.

Untuk membaca pilihlah yang memiliki gagang atau dapat diletakkan

Untuk membaca pilihlah yang memiliki gagang atau dapat diletakkan

Jika Anda memilih kaca pembesar dengan gagang, pilihlah yang memiliki ukuran kaca 5-6 cm atau lebih. Hal ini akan memudahkan Anda saat membaca kertas yang lebih besar seperti koran atau peta. Lensa kaca pembesar tipe ini biasanya berbentuk bulat atau kotak.

Sedangkan pada kaca pembesar tipe diletakkan, diameternya lebih kecil dibandingkan tipe kaca pembesar dengan gagang. Namun kelebihannya adalah tangan Anda tidak pegal karena harus memegang kaca pembesar terus-menerus. Pada jenis ini, kaca pembesar diletakkan pada objek yang ingin dilihat atau dibaca. Jenis ini juga lebih mudah disimpan karena bentuknya lebih simpel.

Jika Anda ingin membaca tulisan dengan huruf-huruf kecil seperti di koran sebaiknya memilih kaca pembesar dengan gagang. Jika Anda ingin melihat keseluruhan bacaan dan jumlahnya banyak sebaiknya memilih kaca pembesar yang diletakkan.

Untuk bekerja pilihlah tipe standing atau kacamata

Untuk bekerja pilihlah tipe standing atau kacamata

Untuk Anda yang menggunakan kaca pembesar untuk bekerja, gunakan tipe standing atau tipe kacamata. Dengan kedua tipe kaca pembesar ini, Anda dapat bekerja dengan bebas tanpa harus memegang kaca pembesar.

Stand type biasanya digunakan saat Anda ingin mengerjakan kerajinan tangan. Anda hanya perlu meletakkan pekerjaan Anda di bawah lensa dan Anda dapat melihatnya dengan memperbesar secara manual. Untuk tipe ini, pilihlah ukuran lensa yang sesuai dengan objek yang akan Anda lihat.

Tipe kacamata berbentuk seperti kacamata biasanya. Tipe ini memiliki jangkauan penglihatan yang lebih luas dan cocok sekali untuk Anda yang membutuhkan hasil yang detail. Tetapi, jika Anda menggunakan tipe kacamata terlalu lama, mata Anda akan kesulitan mencari fokus setelahnya. Untuk tipe ini, Anda harus lebih memperhatikan jangka pemakaiannya ya.

Perhatikan ukuran untuk dibawa kemana saja

Perhatikan ukuran untuk dibawa kemana saja

Untuk Anda yang bekerja mengamati tanaman, serangga, batu, atau detail lukisan, pilihlah tipe yang dapat dibawa. Tipe kaca pembesar ini memiliki kotak untuk melindunginya sehingga lensa kaca pembesar tidak mudah rusak saat dibawa kemana saja.

Tipe ini memiliki berbagai bentuk, dari bentuk standar seperti pada gambar, kalung, dan kartu. Namun kaca pembesar jenis ini tidak cocok untuk membaca tulisan-tulisan kecil karena bentuknya yang mungil akan menyulitkan Anda ketika harus membaca tulisan dalam jumlah banyak.

Pilih perbesaran berdasarkan objek yang ingin Anda lihat

Pilih perbesaran berdasarkan objek yang ingin Anda lihat

Untuk Anda yang bekerja dengan perhiasan, mengamati cek tua, atau mengobservasi pembuluh pada daun, gunakanlah kaca pembesar dengan perbesaran yang lebih tinggi, seperti perbesaran 10x atau lebih. Dengan perbesaran yang cukup besar, kilauan perhiasan Anda akan semakin terlihat dan memanjakan mata.

Sebaliknya, jika ingin melihat peta, brosur, menu, kaca pembesar dengan perbesaran 2-3x sudah cukup untuk Anda. Kaca pembesar dengan daya perbesaran yang rendah lebih baik digunakan daripada kacamata baca.

Lup dengan lampu untuk memfokuskan area penglihatan

Lup dengan lampu untuk memfokuskan area penglihatan

Suatu kali mungkin Anda harus membaca di tempat yang kurang cahaya, seperti waktu petang, atau saat seluruh anggota keluarga telah tidur di malam hari. Tanpa perlu mengganggu sekitar, gunakan kaca pembesar yang memiliki lampu LED. Tipe kaca pembesar ini biasanya membutuhkan baterai 3-4 baterai ukuran A3 atau ada juga tipe yang dapat di-charge sehingga Anda tidak perlu repot mengganti-ganti baterai.

Karena tipe ini menggunakan baterai, maka bobotnya akan lebih berat daripada tipe lainnya ya. Apalagi jika menggunakan jenis kaca pembesar dengan gagang, tangan Anda akan terasa pegal saat menggunakannya dalam waktu lama.

Sebelum membeli, periksa dengan saksama apakah Anda benar-benar membutuhkan tambahan cahaya lampu LED dalam meneliti objek yang ingin Anda teliti. Jika tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik membeli tanpa fitur lampu LED.

10 Rekomendasi kaca pembesar terbaik

Setelah mengetahui cara memilih kaca pembesar, selanjutnya kami akan memberikan 10 rekomendasi kaca pembesar untuk Anda berdasarkan kegunaannya. Yuk, dicek!

10. Kaca Pembesar dan Kompas Mainan Anak

10. Kaca Pembesar dan Kompas Mainan Anak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.500

Kaca pembesar untuk anak

Anak Anda gemar berpetualang dan mengamati objek di alam bebas? Tentunya si kecil membutuhkan kaca pembesar yang dapat dibawanya saat berpergian keluar. Bekali si kecil dengan kaca pembesar lucu ini agar pertualangannya lebih seru. Kaca pembesar dengan desain lucu ini bisa dijadikan sarana pembelajaran si kecil mengenai objek-objek berukuran kecil.

Di dalam 1 set terdapat kaca pembesar dan kompas untuk menemani pertualangannya. Kaca Pembesar dan Kompas Mainan Anak ini terbuat dari plastik sehingga ringan untuk dibawa kemana saja. Terdapat 3 variasi warna dan karakter yang dapat dipilih, kuning, biru, dan merah muda. Menarik bukan?

9. Handheld Magnifying Hand Lens Magnifier

9. Handheld Magnifying Hand Lens Magnifier

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 24.000

Model klasik yang dapat dibawa kemana saja

Model kaca pembesar klasik dengan pegangan tentunya akan selalu dicari ya. Model klasik ini akan semakin tampak timeless dengan copper plating yang membuatnya tidak mudah berkarat. Kaca pembesar dengan gagang ini cocok Anda gunakan sebagai koleksi atau hadiah karena seiring perkembangan zaman, belum tentu kaca pembesar model klasik ini akan semakin jarang dimiliki orang.

Kaca pembesar klasik ini memiliki diameter kaca 6 cm dengan panjang pegangan 14 cm yang tentunya dapat masuk ke dalam tas Anda ketika berpergian. Kekuatan perbesarannya pun cukup besar yaitu sampai 10x sehingga dapat Anda gunakan pula untuk melihat objek kecil lainnya.

8. Allwin Lensa Baca Kartu Kredit

8. Allwin Lensa Baca Kartu Kredit

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 37.000

Ukuran yang pas di dompet

Anda yang senang traveling? Tentunya akan sering membaca peta ya agar tidak salah jalan dan tersesat. Untuk menemani traveling Anda, kami rekomendasikan Allwin Lensa Baca Kartu Kredit. Kaca pembesar ini memiliki bentuk yang sama dengan kartu kredit Anda, 8,5 x 5,5 cm dengan ketebalan 0,5 mm sehingga dapat Anda simpan di dalam dompet.

Allwin Lensa Baca Kartu Kredit memiliki perbesaran sebanyak 3x yang pas untuk melihat peta maupun membaca menu pada restoran yang Anda kunjungi. Kaca pembesar bentuk kartu kredit ini terbuat dari PVC sehingga tidak mudah pecah. Untuk pengalaman traveling yang lebih mudah, gunakan kaca pembesar portable ini.

7. Bellamall Pendant Lup

7. Bellamall Pendant Lup

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 48.358

Tampil lebih fashionable

Membawa kaca pembesar kemana-mana mungkin terasa aneh untuk Anda para wanita. Samarkan saja kaca pembesar Anda dalam bentuk kalung seperti Bellamall Pendant Lup ini. Bellamall Pendant Lup memiliki 2 varian warna yang dapat Anda pilih, yaitu gold dan silver.

Bellamall Pendant Lup terbuat dari kaca dan alloy sehingga Anda yang punya alergi terhadap metal harus hati-hati ya. Tipe kaca pembesar ini juga cocok untuk Anda yang ingin lebih cepat membaca saat di tempat umum. Desainnya yang unik membuat kaca pembesar jenis kalung ini bisa digunakan sebagai pelengkap fashion namun dari segi fungsional tetap bisa diandalkan. Tampil beda dengan aksesori menarik ini!

6. Enlarge Screen Magnifier Stand

6. Enlarge Screen Magnifier Stand

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.900

Menonton dengan smartphone lebih nyaman

Bagi Anda yang sering menonton film maupun video dengan smartphone mungkin merasa kurang nyaman dengan ukuran layarnya yang kurang besar. Enlarge Screen Magnifier Stand akan membantu Anda untuk menonton dalam tampilan yang lebih besar. Enlage Screen Magnifier Stand memiliki ukuran 18,0 x 14,2 x 1,5 cm yang pas ketika Anda mau membawanya bepergian. Dengan begitu, Anda bisa menonton film lebih puas dari smartphone Anda!

Dengan Enlarge Screen Magnifier Stand, Anda cukup meletakkan smartphone Anda pada bagian yang ada tanpa perlu dipegang. Kaca pembesar ini memiliki kekuatan perbesaran sebesar 3-5x. Tentunya Anda dapat menonton tanpa mata menjadi letih akibat tampilan yang kurang besar.

5. Light Head Magnifying Glass

5. Light Head Magnifying Glass

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 319.000

Kaca pembesar untuk segala aktivitas

Jika Anda menginginkan kaca pembesar yang dapat Anda gunakan untuk reparasi benda seperti jam, menjahit, membaca, melihat perangko dengan lebih detail, kami rekomendasikan kaca pembesar berbentuk topi. Anda cukup memasangkannya seperti topi agar tangan Anda lebih bebas memegang objek. Dengan menggunakan produk ini, pekerjaan Anda menjadi lebih efektif, tidak pegal di tangan dan praktis.

Kaca pembesar ini dilengkapi dengan 4 ukuran lensa, 1,2x, 1,8x, 2,5x, dan 3,5x yang dapat Anda sesuaikan dengan objek yang akan lihat. Selain itu, Light Head Magnifying Glass dilengkapi dengan lampu pada bagian atasnya sehingga Anda dapat lebih nyaman beraktivitas pada ruangan yang gelap. Tentunya perhatikan waktu penggunaannya ya agar mata Anda tetap sehat.

4. Kaca Pembesar Bentuk Meja dengan Lampu LED

4. Kaca Pembesar Bentuk Meja dengan Lampu LED  

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 146.000

Membaca tanpa perlu tangan pegal

Saat membaca buku atau artikel di koran yang cukup panjang, tentunya cukup melelahkan jika Anda harus sekaligus memegang kaca pembesar. Sebagai solusinya kami rekomendasikan kaca pembesar berbentuk meja ini. Lensanya memiliki ukuran A4 sehingga cukup besar untuk membaca majalah maupun koran.

Kaca pembesar ini memiliki kaki-kaki meja yang dapat dilipat dan dilengkapi dengan tali yang dikalungkan pada leher untuk penggunaan yang lebih nyaman. Membaca di tempat gelap pun tak masalah karena kaca pembesar berbentuk meja ini juga dilengkapi dengan 4 lampu LED.

3. Mini Magnifier with LED 2 in 1

3. Mini Magnifier with LED 2 in 1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 20.000

Kaca pembesar dwifungsi

Kaca pembesar satu ini tidak hanya dapat digunakan untuk melihat objek yang kecil saja. Dilengkapi dengan lampu UV, Anda juga dapat mendeteksi keaslian uang yang Anda terima. Cocok sekali untuk Anda yang memiliki toko dengan transaksi uang kertas. Dengan begitu Anda akan lebih terhindar dari peredaran uang palsu.

Membaca pun lebih nyaman dengan perbesaran 5x dan ditambah dengan lampu LED biasa yang cukup terang. Kaca pembesar ini memiliki ukuran panjang 12 cm dan lebar 3,2 cm yang dapat Anda letakkan di dalam laci tanpa memakan banyak ruang penyimpanan. Terdapat 3 varian warna yang dapat Anda pilih, merah, putih, dan hitam.

2. Stand Pegangan Solder dengan 3 Kaca Pembesar dan LED

2. Stand Pegangan Solder dengan 3 Kaca Pembesar dan LED

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 210.000

Khusus para pekerja elektronik

Menyolder bagian kecil pada HP, tablet, maupun alat elektronik lainnya merupakan pekerjaan yang sulit dilakukan tanpa adanya kaca pembesar. Salah menyolder malah akan membuatnya semakin rusak ya. Untuk Anda yang bekerja dengan alat elektronik kami rekomendasikan kaca pembesar tipe stand ini. Menggunakan alat ini, pekerjaan Anda akan lebih terbantu dan minim kesalahan karena Anda dapat melihat objek lebih besar.

Untuk memudahkan pekerjaan menyolder Anda, kaca pembesar ini dilengkapi dengan set penjepit untuk menjepit PCB (printed circuit board) agar lebih stabil saat disolder. Kaca pembesar ini memiliki 2 lensa tambahan yang dapat diubah sudut kemiringannya untuk memudahkan Anda dalam bekerja. Melihat objek pun akan lebih terang karena dilengkapi dengan lampu LED yang fleksibel.

1. Kaca Pembesar Saku Dual Lens

1. Kaca Pembesar Saku Dual Lens UV Light

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 38.700

Kaca pembesar para penjelajah alam bebas

Untuk Anda yang gemar menjelajai alam bebas untuk mengamati objek seperti tanaman, serangga, maupun objek lainnya, kami rekomendasikan Kaca Pembesar Saku Dual Lens. Kaca pembesar portable ini memiliki lensa ganda dengan perbesaran masing-masing 30x dan 60x. Sehingga objek yang Anda amati akan terlihat lebih jelas dan detail.

Mengamati objek saat petang pun tak akan masalah karena kaca pembesar ini dilengkapi dengan 2 lampu LED berwarna putih terang. Kaca Pembesar Saku Dual Lens memiliki ukuran 55 x 40 x 28 mm saat dilipat dan 98 x 42 x 31 mm saat dibuka. Selain itu, kaca pembesar ini juga dilengkapi dengan kotak penyimpanan untuk menjaganya dari benturan saat dibawa.

Kesimpulan

Kaca pembesar memang memiliki fungsi untuk melihat dengan lebih besar dan detail. Banyak tipe kaca pembesar atau lup sesuai kegunaannya, untuk membaca, tipe yang dapat dibawa keluar, serta yang tipe standing. Dalam memilih kaca pembesar, Anda juga perlu memperhatikan ukuran lensa serta perbesarannya untuk kenyamanan penggunaan.

Bagaimana menurut Anda? Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel kami. Ingat untuk memperhatikan hal-hal yang sudah kami infokan saat memilih kaca pembesar ya. Selamat melihat dengan lebih detail!