10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Sekarang ini Anda seringkali menghubungkan banyak perangkat luar ke komputer Anda. Bukan hanya flashdisk atau mouse saja. Keyboard eksternal, hardisk eksternal, dan modem seringkali Anda pasang dalam waktu yang bersamaan. Padahal port Universal Serial Bus (USB) pada komputer atau laptop Anda terbatas. Itu sebabnya dibutuhkan USB Hub atau alat bantu yang menghubungkan lebih banyak perangkat luar dengan komputer.

Semakin banyaknya produsen USB Hub membuat Anda perlu selektif dalam memilihnya. Berikut ini ini kami akan memberitahukan cara memilih USB Hub beserta produk-produk terbaik yang kami rekomendasikan untuk Anda. Mari simak ulasan berikut ini!

Daftar isi

Cara memilih USB Hub

USB Hub digunakan untuk menambah jumlah port USB yang ada pada komputer atau laptop. Seiring perkembangan zaman, semakin banyak saja perangkat luar yang dihubungkan dengan laptop. Port USB yang ada tidak lagi cukup memenuhi kebutuhan. Apalagi jika ada port USB yang tidak berfungsi, tentu akan sangat menganggu aktivitas. Berikut ini adalah cara memilih USB Hub yang sesuai kebutuhan Anda.

Pilih standar yang sesuai untuk peralatan Anda

Sebagian besar USB Hub yang ada di pasaran saat ini biasanya mendukung fitur USB 3.0 atau USB 2.0. Fitur USB 3.0 memiliki kecepatan transfer dan power supply yang lebih tinggi 10 kali lipat dibanding dengan USB 2.0. Jika Anda sering mentransfer data dalam ukuran besar, disarankan menggunakan fitur USB 3.0 agar lebih efisien waktu. Apalagi jika Anda menggunakan beberapa perangkat dalam waktu yang bersamaan.

Sementara USB 2.0 lebih praktis dalam mentransfer data ukuran yang lebih kecil. Penggunaan USB 2.0 membutuhkan adaptor AC saat digunakan untuk menghubungkan perangkat yang menghabiskan banyak daya seperti hard disk esternal.

Bagaimana menemukan yang sesuai dengan perangkat Anda

Bagaimana menemukan yang sesuai dengan perangkat Anda

Perlu Anda ketahui untuk bisa menggunakan USB 3.0, perangkat yang terhubung dengan komputer harus kompatibel dengan USB 3.0. Perangkat USB 3.0 tidak dapat disambungkan ke komputer yang memiliki port USB 2.0. Namun perangkat USB 2.0 tetap bisa disambungkan dan bekerja dengan baik meskipun jenis port USB pada komputer tipe 3.0.

Anda juga perlu memperhatikan warna port USB komputer dan perangkat periferal Anda. Jika port USB berwarna biru tandanya port USB tersebut kompatibel dengan USB 3.0 dan tidak kompatibel dengan USB 2.0. Sedangkan jika port USB berwarna putih atau hitam, makan kompatibel dengan USB 2.0.

Pilihlah metode power supply yang sesuai dengan peralatan

Pilihlah metode power supply yang sesuai dengan peralatan

Karena USB 2.0 memiliki power supply yang lebih sedikit dibandingkan dengan USB 3.0, sangat mungkin terjadi kekurangan daya ketika melakukan transfer data. Akibatnya perangkat USB tidak akan beroperasi dengan baik. Oleh karena itu jika menggunakan USB 2.0 butuh USB Hub yang menerima pasokan daya dari adaptor AC.

Namun jika USB 2.0 hanya digunakan untuk perangkat dengan konsumsi daya rendah seperti mouse maka pasokan daya dari PC Anda sudah cukup. USB yang tidak memerlukan pasokan daya dari adaptor AC tentu akan lebih mudah dibawa dan tidak merepotkan. Jangan lupa periksa jenis power supply dan sesuaikan dengan konsumsi daya peralatan yang Anda gunakan.

Periksa panjang kabel, jenis desain dan jumlah port

USB Hub dibuat dengan tujuan untuk mempermudah aktivitas kita. Namun kemudahan tersebut juga bergantung pada bagaimana jenis desain USB Hub yang dibutuhkan. Selain itu, periksa lebih dulu jumlah port dan panjang kabel untuk menyesuaikan pemakaian.

Tipe potrait biasanya akan lebih mudah digunakan

Tipe potrait biasanya akan lebih mudah digunakan

Ada dua jenis port USB, yakni tipe berdampingan dan tipe vertikal. Ketika Anda menggunakan beberapa USB secara bersamaan dan jenis port USB-nya berdampingan, ada kemungkinan USB Anda tidak bisa semuanya masuk dan berfungsi. Hal ini disebabkan jarak antara dua port USB terlalu dekat. Jadi untuk memasang lebih banyak USB sebaiknya pilih port USB vertikal.

Pilih jumlah port sesuai dengan perangkat yang digunakan dan frekuensi pemakaian

Pilih jumlah port sesuai dengan perangkat yang digunakan dan frekuensi pemakaian

Anda bisa memilih jumlah port USB sesuai dengan jumlah perangkat periferal yang Anda hubungkan. Anda bisa memperkirakan mana perangkat yang selalu terhubung, dan mana perangkat yang bisa dilepas pasang. Jika Anda sering menggunakan USB yang dilepas pasang, sebaiknya pilih USB Hub dengan saklar ON/OFF.

Pilih jumlah port sesuai dengan perangkat yang digunakan dan frekuensi pemakaian

Ada pula USB Hub yang dilengkapi dengan saklar ON/OFF. Salah satu keuntungan USB Hub dengan saklar ini adalah akan menghemat daya jika ada perangkat yang tidak dipakai namun tetap menancap di port USB. Selain itu juga terdapat saklar yang bisa mematikan dan menghidupkan perangkat secara bersamaan.

Kelebihan lainnya USB Hub tersebut bisa dipasang di meja baja atau besi dengan magnet sehingga tampilan meja akan lebih apik.

Pilih panjang kabel sesuai dengan pemakaian

Pilih panjang kabel sesuai dengan pemakaian

Jika USB Hub akan dipasangkan di laptop, maka Anda bisa memilih USB Hub dengan ukuran kabel yang pendek. Namun jika Anda menggunakan komputer desktop maka Anda memerlukan kabel tambahan untuk menghubungkan USB Hub dengan port pada PC. Jika tidak Anda bisa memilih USB Hub dengan kabel yang panjang. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Pilih panjang kabel sesuai dengan pemakaian

Namun ada juga USB Hub yang langsung terpasang tanpa perlu kabel perantara atau perangkat lainnya. Desain PC atau laptop tertentu memungkinkan adanya pemasangan interface untuk menyambungkan USB Hub.

Berhubung pemasangan USB Hub sangat bergantung pada variasi PC atau laptop, sebaiknya sesuaikan produk yang ingin Anda beli dengan perangkat yang tersedia.

10 Rekomendasi USB Hub terbaik

Sekarang kami akan merekomendasikan kepada Anda 10 produk USB Hub terbaik. Piranti ini sering Anda butuhkan, terutama jika Anda bekerja dengan beberapa perangkat sekaligus.

10. NYK-43 Usb Hub 2.0

10. NYK-43 Usb Hub 2.0

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 38.000

Kecepatan transfer stabil, tanpa adaptor tambahan

Permasalahan yang sering terjadi pada USB Hub 2.0 adalah kecepatan transfer yang lebih tidak stabil daripada USB Hub 3.0 dan memerlukan adaptor AC tambahan untuk mempercepat proses transfer. Produk ini mampu melakukan transfer data dengan stabil hingga 1 TB tanpa memerlukan adaptor AC tambahan.

Dengan begitu pekerjaan Anda akan lebih cepat dan lebih mudah diselesaikan. Apalagi tersedia 4 port USB dalam 1 produk USB Hub ini sehingga menambah cepat akses transfer data Anda. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin memiliki USB Hub stabil dengan harga yang ramah di kantong. Karena harga yang ditawarkan cukup murah.

9. Orico 4 ports USB 3.0 Hub

9. Orico 4 ports USB 3.0 Hub

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 195.000

Dapat mentransfer data dalam jumlah besar

Untuk Anda pecinta drama korea atau film lainnya biasanya memiliki kendala saat ingin memasukkan data ke USB atau saat mentransfer data dari USB ke laptop Anda. Masalahnya antara lain kecepatan transfernya lelet atau kapasitas USB Anda kurang besar.

Produk ini sangat direkomendasikan memilih USB Hub merek ini. Perangkat ini adalah tipe USB Hub 3.0 tentu saja bisa mentransfer data lebih cepat dengan kecepatan transfer 5 Gbps. Fitur lainnya adalah USB Hub ini memiliki 4 port USB dengan 3 jenis vertikal dan 1 jenis di bagian samping. Segera miliki produk ini!

8. UGREEN USB Hub 2.0

8. UGREEN USB Hub 2.0

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp  74.000

USB Hub berbentuk bulat untuk Anda yang bekerja menggunakan PC

Produk ini didesain berbeda dengan USB Hub pada umumnya yang berbentuk kubus atau balok. Bentuknya bulat serta dilengkapi dengan empat port USB di sisi luar dan bagian atasnya. Bentuknya yang unik dapat membantu Anda mengusir kebosanan ketika bekerja di depan PC dalam waktu lama. Anda juga bisa menambah daya perangkat ini dengan AC adaptor sehingga performanya semakin cepat.

Perangkat ini cocok untuk Anda yang bekerja di dalam kantor yang menggunakan PC, karena terdapat kabel sepanjang 50 cm sehingga Anda tidak perlu khawatir USB Hub tidak terjangkau tangan Anda. Bisa digunakan untuk meja customer service atau bisa juga digunakan untuk usaha warnet, atau jasa rental komputer. Menarik bukan?

7. USB 2.0 HUB 7 Port

7. USB 2.0 HUB 7 Port

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 70.000

Terdapat saklar on/off  sehingga lebih hemat daya

Kelebihan merek ini adalah terdapat saklar on/off pada piranti USB Hub. Anda bisa mematikan saklar ketika USB Hub sedang tidak digunakan. Tentu saja adanya fitur tersebut akan membuat perangkat luar lebih aman dan hemat daya. Saklar on/off berlaku untuk semua port USB, jadi ketika tombol on ditekan, semua port USB bisa digunakan. Begitu juga sebaliknya ketika tombol off ditekan, semua mati.

Kecepatan transfer yang dimiliki lumayan stabil yaitu 480 Mbps sehingga proses transfer data Anda tidak terganggu dan performa kerja tetap terjaga. Untuk Anda yang ingin mencari USB Hub aman dan hemat, sebaiknya Anda memilih alat ini. Soal harga tidak perlu khawatir karena sesuai antara harga dan kualitas produk.

6. Siyoteam H20 Usb Hub

6. Siyoteam H20 Usb Hub

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 39.000

Cocok untuk Anda yang bekerja di luar kantor

Bagi Anda yang sering bekerja di luar kantor seringkali membutuhkan pengiriman data cepat. USB ini sesuai karena memiliki kecapatan transfer hingga 480 Mbps sehingga akan mempermudah pekerjaan Anda. Desainnya stylish dan hanya dengan kabel pendek sehingga tidak kerepotan menyimpan.

Dengan harga terjangkau, perangkat ini cocok untuk Anda yang sering bekerja di luar kantor dan tidak menghubungkan banyak alat ketika bekerja. Selain itu bisa juga menjadi pengganti port USB yang tidak bisa berfungsi di perangkat komputer Anda. Anda tertarik?

5. UGREEN It in 1 USB 3.0

5. UGREEN It in 1 USB 3.0

Lihat produk ini di Lazada

Harga :  Rp 165.800

USB yang mendukung fungsi OTG

Produk ini sudah mendukung fitur USB on the go (OTG) yang bisa terkoneksi dengan smartphone atau tablet tanpa harus tersambung ke PC atau laptop. Dengan begitu Anda bisa saat itu juga mengirim data lewat smartphone Anda. Jadi Anda tidak perlu repot-repot membawa PC berukuran besar hanya untuk mengirim data kepada rekan bisnis Anda.

USB Hub dengan fitur USB OTG ini cocok untuk Anda yang mobilitasnya tinggi sehingga mempersingkat waktu Anda dalam berkomunikasi dan bertukar informasi yang ada di USB. Dengan fungsi USB OTG, Anda juga bisa menonton film atau memainkan game yang ada di USB Anda melalui smartphone Anda. Menarik bukan?

4.  USB Hub 2.0 10Port

4. USB Hub 2.0 10Port

Lihat produk ini di Lazada

Harga :  Rp 80.000

USB Hub dengan 10 port USB

Anda membutuhkan transfer banyak data sekaligus dan membutuhkan port USB dalam jumlah banyak? Belilah produk ini. Karena produk ini memiliki 10 buah port USB yang didesain dalam beragam posisi. Ada yang berdampingan, ada pula yang vertikal atau sedikit menyamping ke atas.

Namun USB Hub ini hanya kompatibel untuk USB 2.0 sehingga Anda perlu menyesuaikan jenis USB yang Anda gunakan. Desainnya pun unik karena port bisa ditutup jika tidak digunakan sehingga lebih awet dan terhindar dari kotoran. Segera miliki USB Hub dengan banyak port USB ini untuk kantor Anda!

3. Sanwa HCS307 USB Hub

3. Sanwa HCS307 USB hub

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 254.000

Praktis dan mudah disimpan dalam tas

Terkadang Anda hanya membutuhkan satu atau dua port USB tambahan karena sebenarnya PC atau laptop Anda sudah cukup banyak memiliki port USB. Bagi Anda yang hanya membutuhkan sedikit tambahan port USB sebaiknya memilih produk ini. Produk ini simple karena hanya terdiri dari tiga port USB dan satu port yang berfungsi sebagai card reader.

Selain desainnya yang simple dan tidak merepotkan ketika dibawa, produk ini bekerja secara bus powered. Artinya tidak membutuhkan daya tambahan dari adaptor luar. Dengan begitu, Anda tidak perlu harus menyediakan adaptor AC lagi. Menarik kan?

2. Elecom USB Hub

2. Elecom USB Hub

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 125.100

Tersedia port USB untuk micro USB

Semakin berkembangnya teknologi dan jenis gadget di pasaran membuat port USB juga diperlukan tidak hanya untuk USB biasa, ada juga port USB untuk USB micro. Untuk Anda yang mencari USB Hub yang bisa dihubungkan dengan beberapa jenis USB, pilihlah produk ini.

Produk ini memiliki 4 port USB dimana 3 diantaranya tipe USB A sedangkan 1 untuk USB micro-B. Anda dapat membedakan jenis port USB berdasarkan jenis colokan dan panjang kabelnya. USB micro biasanya lebih panjang dibandingkan yang lainnya. Cocok untuk Anda yang bekerja di bidang kreatif seperti desain grafis atau fotografi karena sering menggunakan perangkat periferal secara bersamaan.

1. Anker USB3.0 Ultra Slim

1. Anker USB3.0 Ultra Slim

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 123.800

Bisa digunakan untuk perangkat kapasitas besar

Produk ini terdiri dari empat port USB dengan kecepatan transfer yang cukup tinggi, yakni 5 Gbps, sehingga bisa digunakan untuk mengoperasikan perangkat yang membutuhkan daya besar, seperti game controller dan hard disk eksternal. Sangat sesuai untuk Anda yang hobi bermain game di rumah atau menonton film dari hard disk eksternal.

Transfer data yang cepat membantu Anda menyelesaikan pekerjaan yang banyak karena kerja Anda menjadi lebih efektif dan tidak buang-buang waktu untuk menunggu. Selain itu, produk ini didesain dengan simple berwarna hitam sehingga akan memberikan kesan menarik, khususnya untuk anak muda.

Kesimpulan

USB Hub sepertinya perangkat biasa namun penting untuk menunjang aktivitas Anda. Memilih USB Hub bukan hanya melihat harga murah saja, akan tetapi juga mempertimbangkan fungsinya. Seringkali harga murah, terdapat banyak port namun hanya beberapa slot yang bisa digunakan. Masalah juga sering muncul lambannya proses transfer. Itu sebabnya memilih USB Hub yang tepat sangat diperlukan.

Dalam memilih sesuaikan juga kebutuhan Anda. Jika tidak memerlukan banyak piranti yang terhubung dengan komputer sebaiknya memilih USB Hub dengan tiga atau empat port saja. Dari ulasan di atas, apakah Anda sudah mendapatkan gambaran USB Hub mana yang sesuai untuk Anda? Selamat memilih dan berbelanja.