• 10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Jika Anda menggunakan banyak perangkat dalam PC, dibutuhkan USB hub untuk menghubungkannya. Hal ini karena jumlah port USB yang terpasang di komputer ataupun laptop sangat terbatas. Tanpa USB hub, Anda tidak bisa menghubungkan flashdisk, mouse, keyboard, dan perangkat lainnya pada waktu bersamaan.


Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih USB hub terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus dari berbagai merek, seperti ORICO dan Aukey. Anda bisa memilih produk dengan konektor USB 3.0 atau yang Type-C. Usb hub empat port juga banyak, lho. Yuk, dimulai saja!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 10 Juni 2022
Daftar isi

Mengenal standar USB

Sebelum memilih USB hub, terlebih dahulu Anda perlu mengenal standar dan kecepatan dari USB. Di bawah ini adalah standar umum dari USB beserta kecepatan transfer yang dimiliki tiap-tiap kelasnya.


  • USB 2.0 kecepatan 480 Mbps
  • USB 3.0 kecepatan 5 Gbps (USB 3.1 Gen 1)
  • USB 3.2 kecepatan 10 Gbps (USB 3.1 Gen 2)
  • USB 3.2 Gen 2 kecepatan 20 Gbps (hanya Type-C)

Nilai di atas merupakan ketentuan umum dari standar USB secara teori, bukan kecepatan real. Meskipun demikian, makin tinggi versinya cenderung makin tinggi pula kecepatan transfernya. Sebagai tambahan, USB 3.1 telah diganti namanya menjadi USB 3.2. Di artikel ini kami akan menggunakan nama USB 3.1 karena lebih umum di pasaran.


Apabila Anda ingin memilih USB hub dengan kecepatan transfer yang tinggi, versi USB 3.1 ke atas direkomendasikan. Namun, tingkat kecepatannya juga bergantung pada jenis dan kelas perangkat yang tersambung. Jadi, perhatikan dengan saksama cara memilih USB hub berikut supaya tidak membingungkan Anda. 

Tabel perbandingan produk USB hub terbaik

Gambar produk
1
ROBOT  HT390 Multiport 9in1 USB Type C HUB  1

ROBOT

2
Orico SHC-U3 4 Port USB 3.0 HUB with Stand 1

Orico

3
Rexus  USB Hub 1

Rexus

4
AUKEY CB-C64 Unity Slim C 4 in 1 1

AUKEY

5
Baseus  Type-C HUB to USB HDMI 4k USB3.0 SDTF RJ45 PD 60W Fast Charging 1

Baseus

6
EASYIDEA  USB Hub 3.0 4 Port with Power Supply  1

EASYIDEA

7
UGREEEN 4-in-1 USB 3.0 Data Hub 1

UGREEEN

8
Uneed Docking Station 8 in 1 USB Hub 1

Uneed

9
Vention  USB Type C Hub 3.0 Sound Card External Stereo Audio Mic TRS 1

Vention

10
Anker  USB Hub Aluminum 3-Port 3.0 with Ethernet  1

Anker

Nama produk

HT390 Multiport 9in1 USB Type C HUB

SHC-U3 4 Port USB 3.0 HUB with Stand

USB Hub

CB-C64 Unity Slim C 4 in 1

Type-C HUB to USB HDMI 4k USB3.0 SDTF RJ45 PD 60W Fast Charging

USB Hub 3.0 4 Port with Power Supply

4-in-1 USB 3.0 Data Hub

Docking Station 8 in 1 USB Hub

USB Type C Hub 3.0 Sound Card External Stereo Audio Mic TRS

USB Hub Aluminum 3-Port 3.0 with Ethernet

Keunggulan

USB multiport yang punya beragam kegunaan!

Ada dudukan tablet, makin praktis kerja di mana saja

Desain transparannya terlihat sangat anti-mainstream!

Lebih aman dan lebih awet dengan dual protection

Multifungsi dengan fitur fast charging

Makin hemat daya dengan sakelar di tiap port

Didesain untuk tidak mengganggu perangkat lain

Mirroring smartphone ke monitor makin praktis dengan docking station

Ada sound card untuk output audio yang maksimal

USB hub mini dengan desain yang elegan

Harga mulai dariRp 499.000,00Rp 198.000,00Rp 149.000,00Rp 475.000,00Rp 1.032.000,00Rp 49.700,00Rp 150.000,00Rp 699.000,00Rp 193.000,00Rp 499.000,00
Port huluUSB-CUSB 3.0USB 3.1 + konverter USB-CUSB-CUSB-CUSB 3.0USB 3.0USB-CUSB-CUSB 3.0
Port hilir1 x USB 3.0, 2 x USB 2.0, 1 x VGA, 1 x HDMI, 1 x MicroSD, 1 x SD card, 1 x jack 3,5 mm4 x USB 3.04 x USB 3.14 x USB 3.02 x USB 3.0, 1 x microSD, 1 x SD card, 1 x RJ45, 1 x HDMI4 x USB 3.04 x USB 3.01 x USB 3.0, 2 x USB 2.0, 2 x USB-C (charging), 1 x HDMI, 1 x microSD, 1 x SD card3 x USB 3.0, 2 x jack 3,5 mm (audio dan mic)3 x USB 3.0, 1 x RJ45
Power supplyPDBus powerBus powerBus powerPD PD Bus powerBus powerPDBus power
Panjang kabelTidak disebutkan100 cmTidak disebutkan20 cmTidak disebutkanTidak disebutkan100 cm19,5 cm15 cm40 cm
Fitur tambahanLEDLEDTidak disebutkanLEDTidak disebutkanLED, sakelarLEDTidak disebutkanLEDTidak disebutkan
Tautan produk

Cara memilih USB hub

Ada banyak USB hub yang tersedia di pasaran dengan bentuk, jumlah port, dan harga yang bervariasi. Agar mendapat produk terbaik, silakan perhatikan dengan teliti beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilihnya berikut.

Pilih versi USB terbaru yang mampu mentransfer data dengan cepat

Pilih versi USB terbaru yang mampu mentransfer data dengan cepat

USB hub memiliki kecepatan transfer yang bervariasi, tergantung versi yang digunakan. Ada beberapa cara mengidentifikasi kelas USB, salah satunya dengan melihat warna di dalamnya. USB dengan bagian dalam berwarna biru biasanya berjenis USB 3.1. Jika berwarna hitam atau putih, itu merupakan USB 2.0 atau model yang lebih lama. 


Versi tertinggi USB biasanya kompatibel dengan kelas USB di bawahnya. Misalnya, USB 3.1 kompatibel dengan USB 2.0 dan USB 1.1. Namun, hal ini tidak berlaku sebaliknya. USB hub 2.0 tidak akan mengikuti kecepatan USB 3.1.


Kami merekomendasikan USB hub yang telah kompatibel dengan USB 3.1 Gen 2. Hal ini karena jenis USB hub tersebut akan kompatibel dengan semua jenis USB 3.1 dan di bawahnya. Akan tetapi, USB hub jenis ini cukup sulit ditemukan dan harganya relatif lebih tinggi.

Periksa metode power supply pada USB hub

Ada tiga jenis sumber daya (power supply) pada USB hub, yakni bus power, self power, dan PD. Tiap-tiap jenis power supply ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Mari simak pembahasan selengkapnya dari kami di bawah ini.

Bus power, perangkat lebih rapi dengan satu kabel saja

Bus power adalah jenis power supply yang menyatu dengan kabel penghubungnya. Jenis USB hub ini biasanya lebih rapi karena hanya menggunakan satu kabel saja. Namun, besaran daya yang ditransmisikan ke port-nya terbatas. 


Jika USB hub ini disambungkan ke perangkat dengan konsumsi daya yang besar, transfer dayanya jadi tidak stabil. Maka dari itu, USB hub jenis ini direkomendasikan untuk Anda yang akan menyambungkan perangkat berkonsumsi daya kecil. Beberapa di antaranya adalah mouse, keyboard, dan speaker kecil.

Self power, daya lebih besar sehingga transfer data lebih stabil

Self power, daya lebih besar sehingga transfer data lebih stabil

Jenis power supply lainnya dari USB hub adalah self power. Power supply ini memiliki kabel daya yang terpisah dengan kabel penghubung ke PC. Jadi, daya yang disalurkan ke USB hub bisa lebih besar sehingga kecepatan transfernya lebih stabil. 


Jenis ini biasanya digunakan untuk USB dengan port yang banyak dan beragam. USB hub ini juga cocok untuk perangkat dengan daya yang besar, seperti hard disk eksternal berkapasitas besar.

PD, kombinasi antara bus power dan self power

Terakhir, ada jenis PD (power delivery) dengan power supply yang memadukan bus power dan self power. Saat hanya membutuhkan transmisi daya yang kecil, Anda bisa langsung menggunakan USB hub layaknya jenis bus power. Sementara itu, Anda bisa menyambungkan kabel daya self power ketika membutuhkan daya yang besar.

Sesuaikan jenis konektor dan port dengan perangkat Anda

Sesuaikan jenis konektor dan port dengan perangkat Anda

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan jenis konektor dan port dari USB hub dengan perangkat yang Anda gunakan. Memilih USB hub dengan port yang tidak Anda gunakan sama saja membuang-membuang uang. Penggunaan USB hub juga jadi tidak efisien. Karena itu, perhatikanlah hal-hal di bawah ini.


  • Konektor

Pada umumnya ada dua jenis konektor utama pada USB hub, yakni USB-A dan USB-C. Jenis konektor Type-A biasa digunakan untuk perangkat komputer atau laptop, sedangkan Type-C biasanya digunakan pada MacBook. Beberapa laptop terbaru juga sudah mendukung USB-C.


  • Port

Lihat juga jenis port pada USB hub. Makin banyak jumlah port yang disediakan, makin mahal juga harga USB hub. Jenis port yang paling umum adalah USB-A dan USB-C. Namun, ada juga port HDMI, SD card, jack audio, hingga RJ45 untuk kebutuhan koneksi internet. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya juga, ya.

Cek faktor lain demi kemudahan penggunaan USB hub

Desain akan berpengaruh pada kemudahan penggunaan USB hub. Jadi, sesuaikanlah jumlah dan lokasi port, serta panjang kabelnya dengan kebutuhan Anda.

Tata letak port, memengaruhi kenyamanan saat melepas dan memasang konektor

Tata letak port, memengaruhi kenyamanan saat melepas dan memasang konektor

Pastikan tata letak dan jarak antar port pada USB hub mempunyai ruang yang cukup. Makin dekat jarak antar port, USB hub makin compact. Namun, hal ini akan merepotkan Anda yang sering melepas dan memasang konektor.


Ada beberapa produk dengan port yang tersusun secara vertikal. Sementara itu, jenis lainnya meletakkan port USB di samping unit. Perangkat berkonektor besar bisa menutupi port lain yang terlalu dekat. Dalam kasus ini, pilihlah produk dengan port yang tersusun secara vertikal.

Panjang kabel, bisa disesuaikan dengan area kerja

Panjang kabel, bisa disesuaikan dengan area kerja

Sesuaikanlah panjang kabel USB hub dengan kebutuhan Anda. USB hub dengan kabel pendek atau tanpa kabel lebih praktis dan tidak merepotkan. Di sisi lain, USB hub dengan kabel panjang dibutuhkan jika area kerja Anda luas.


USB hub tanpa kabel biasanya menghalangi antarmuka laptop Anda. Hal ini tergantung pada desain komputer atau model USB hub itu sendiri. Ada juga jenis lain, seperti tipe roll-up dan rotating plug. Maka dari itu, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan pekerjaan Anda.

Fitur tambahan, mengatur dan memeriksa kinerja USB hub makin mudah

Fitur tambahan, mengatur dan memeriksa kinerja USB hub makin mudah

Sebagian besar USB hub adalah jenis stasioner sederhana sehingga memiliki fungsi tambahan. Salah satunya adalah sakelar yang memungkinkan Anda mematikan arus daya saat tidak digunakan. Jadi, kebutuhan daya USB hub makin efisien. 


Ada juga produk dengan indikator LED yang menunjukkan apakah USB hub berfungsi baik atau tidak. Fitur tambahan ini banyak ditemukan pada USB hub.

Periksa kompatibilitas USB hub dengan perangkat Anda

Periksa kompatibilitas USB hub dengan perangkat Anda

Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi pada periferal komputer karena USB hub tidak kompatibel dengan PC Anda. Misalnya, perangkat Wi-Fi dan wireless tidak merespons saat USB hub digunakan. Maka dari itu, bacalah dengan saksama detail informasi produknya. Ada juga beberapa masalah yang tidak dapat diprediksi oleh pabrikan USB hub. Jadi, baca juga review dari pengguna lain di internet, ya.

10 Rekomendasi USB hub terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh USB hub terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Anker USB Hub Aluminum 3-Port 3.0 with Ethernet

A7514

Mulai dari Rp 499.000,00

Port huluUSB 3.0
Port hilir3 x USB 3.0, 1 x RJ45
Power supplyBus power
Panjang kabel40 cm
Fitur tambahanTidak disebutkan
9

Vention USB Type C Hub 3.0 Sound Card External Stereo Audio Mic TRS

Mulai dari Rp 193.000,00

Port huluUSB-C
Port hilir3 x USB 3.0, 2 x jack 3,5 mm (audio dan mic)
Power supplyPD
Panjang kabel15 cm
Fitur tambahanLED
8

UneedDocking Station 8 in 1 USB Hub

UUH902C

Mulai dari Rp 699.000,00

Port huluUSB-C
Port hilir1 x USB 3.0, 2 x USB 2.0, 2 x USB-C (charging), 1 x HDMI, 1 x microSD, 1 x SD card
Power supplyBus power
Panjang kabel19,5 cm
Fitur tambahanTidak disebutkan
7
Port huluUSB 3.0
Port hilir4 x USB 3.0
Power supplyBus power
Panjang kabel100 cm
Fitur tambahanLED
6

EASYIDEA USB Hub 3.0 4 Port with Power Supply

U9103

Mulai dari Rp 49.700,00

Port huluUSB 3.0
Port hilir4 x USB 3.0
Power supplyPD
Panjang kabelTidak disebutkan
Fitur tambahanLED, sakelar
5

Baseus Type-C HUB to USB HDMI 4k USB3.0 SDTF RJ45 PD 60W Fast Charging

Mulai dari Rp 1.032.000,00

Port huluUSB-C
Port hilir2 x USB 3.0, 1 x microSD, 1 x SD card, 1 x RJ45, 1 x HDMI
Power supplyPD
Panjang kabelTidak disebutkan
Fitur tambahanTidak disebutkan
4

AUKEYCB-C64 Unity Slim C 4 in 1

500580

Mulai dari Rp 475.000,00

Port huluUSB-C
Port hilir4 x USB 3.0
Power supplyBus power
Panjang kabel20 cm
Fitur tambahanLED
3
Port huluUSB 3.1 + konverter USB-C
Port hilir4 x USB 3.1
Power supplyBus power
Panjang kabelTidak disebutkan
Fitur tambahanTidak disebutkan
2

OricoSHC-U3 4 Port USB 3.0 HUB with Stand

Mulai dari Rp 198.000,00

Port huluUSB 3.0
Port hilir4 x USB 3.0
Power supplyBus power
Panjang kabel100 cm
Fitur tambahanLED
1

ROBOT HT390 Multiport 9in1 USB Type C HUB

Mulai dari Rp 499.000,00

Port huluUSB-C
Port hilir1 x USB 3.0, 2 x USB 2.0, 1 x VGA, 1 x HDMI, 1 x MicroSD, 1 x SD card, 1 x jack 3,5 mm
Power supplyPD
Panjang kabelTidak disebutkan
Fitur tambahanLED

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan komputer lainnya di sini

Banyak perlengkapan yang bisa memudahkan Anda saat bekerja dengan komputer, seperti Bluetooth adapter, flashdisk, dan lampu USB. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel-artikel berikut. Yuk, dibaca semuanya!

Kesimpulan

USB hub dapat menunjang berbagai aktivitas Anda saat menggunakan PC. Menyambungkan USB dan perangkat lain juga makin mudah berkat produknya. Maka dari itu, penting untuk memilih USB hub terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak jenis USB hub yang tersedia dengan beragam keunggulan. Pilihlah USB hub dengan banyak port jika Anda menggunakan banyak piranti, begitu juga sebaliknya. Tidak lupa, sesuaikanlah dengan bujet yang Anda siapkan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Anker, Aukey, dan Energea.Kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain games di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Samsung, AOC, dan Xiaomi memiliki monitor dengan kualitas yang baik.Faktor apa yang mempengaruhi kualitas monitor? Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh merek gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kebutuhan penggunaan webcam makin meningkat. Hal ini karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam yang bagus dikeluarkan oleh berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel untuk laptop maupun PC.Kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasikan produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merek Logitech, Microsoft, dan Razer. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cooling Pad Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Laptop memang sudah punya sistem pendinginnya sendiri. Meski begitu, terkadang laptop tidak mampu membuat mesinnya dingin sehingga harus dibantu cooling pad. Produknya dapat menurunkan suhu laptop saat kepanasan. Bekerja atau gaming pun jadi lebih nyaman.Kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih cooling pad yang bagus. Kami juga akan membagikan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel ini, seperti merek Cooler Master, Havit, dan lainnya. Kami berkolaborasi dengan software engineer, Yosua Surojo, dalam artikel ini. Yuk, lanjut scroll ke bawah agar Anda bisa menemukan cooling pad laptop sesuai kebutuhan!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Mouse Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Wireless mouse banyak dipilih karena praktis. Produknya adalah pilihan tepat bagi Anda yang sering terbatasi oleh kabel mouse. Namun, spesifikasi produknya beragam dari segi koneksi, fitur, hingga desain. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang bagus.Karena itu, kami akan mengulas cara memilih wireless mouse terbaik untuk Anda. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produk dari merek populer seperti Logitech, ROBOT, dan lainnya. Yang untuk bekerja ada, yang untuk gaming juga ada. Sudah tidak sabar memilihnya? Yuk, dimulai saja pembahasannya!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori