• 10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi USB Hub Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Jika Anda menggunakan banyak perangkat dalam PC, dibutuhkan USB hub untuk menghubungkannya. Hal ini karena jumlah port USB yang terpasang di komputer maupun laptop sangat terbatas. Tanpa USB hub, Anda tidak bisa menghubungkan flashdisk, mouse, keyboard, dan perangkat lainnya pada waktu bersamaan. 


Saat ini, ada banyak USB hub yang diproduksi oleh perusahaan elektronik, seperti Aukey, Anker, dan pilihan lainnya. Kali ini, kami akan memperkenalkan cara memilih USB hub dan mengulas beberapa produk yang direkomendasikan. Dengan demikian, Anda tidak kebingungan saat memilih USB hub yang sesuai dengan kebutuhan. Selamat membaca.

  • Pembaharuan terakhir: 25 Agustus 2020
  • 15.315 Views
Daftar isi

Mengenal standar USB

Mengenal standar USB

Sebelum memilih USB hub, terlebih dahulu Anda mengenal standar dan kecepatan dari USB. Di bawah ini adalah standar umum dari USB beserta kecepatan transfer yang dimiliki tiap-tiap kelasnya.


  • USB 2.0 kecepatan 480 mb/s
  • USB 3.1 gen 1 kecepatan 5 Gb/s
  • USB 3.2 gen 2 kecepatan 10 Gb/s

Nilai angka di atas merupakan ketentuan umum dari standar USB secara teori, bukan kecepatan real-nya. Saat angka pada kelas USB bertambah, itu merupakan USB model terbaru sehingga tingkat kecepatan transfernya bertambah juga.


Apabila Anda ingin memilih USB hub dengan kecepatan transfer yang tinggi, USB 3.1 atau di atasnya direkomendasikan. Tetapi, tingkat kecepatannya juga tergantung dengan jenis dan kelas perangkat yang tersambung. Jadi, supaya tidak membingungkan Anda, perhatikan dengan saksama cara memilih USB hub berikut ini. 

Cara memilih USB hub

Ada banyak varian USB hub yang tersedia di pasaran. Agar tak salah memilih, silakan perhatikan dengan teliti beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih.

Pilih standar USB hub yang kompatibel dengan perangkat Anda

Untuk menggunakan USB hub, Anda harus memilih produk yang kompatibel dengan perangkat yang digunakan. Di sini, kami akan memperkenalkan cara memeriksa standar USB dan jenis apa yang bisa jadi pertimbangan Anda.

Tabel spesifikasi, berisi detail informasi umum dari USB hub

Tabel spesifikasi, berisi detail informasi umum dari USB hub

USB memiliki kecepatan transfer yang bervariasi tergantung pada standar yang telah ditentukan oleh pabrikannya. Dengan begitu, Anda perlu menyesuaikan kelas standar antara USB hub dengan port USB yang terpasang pada PC. Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi jenis kelas port USB, salah satunya dengan melihat warna di dalam konektornya. 


USB dengan bagian dalam port berwarna biru muda biasanya merupakan jenis USB 3.1 atau jenis terbaru. Jika dalam port-nya berwarna hitam atau putih, biasanya itu merupakan USB 2.0 atau model yang lebih lama. Namun, cara yang paling pasti untuk mengetahuinya adalah dengan melihat tabel spesifikasi dari PC yang terhubung. Untuk penjelasan yang lebih jelas, perhatikan poin selanjutnya sesudah ini. 

Versi tertinggi, biasanya kompatibel dengan model-model sebelumnya

Biasanya, versi tertinggi dari USB kompatibel dengan kelas USB di bawahnya. Meskipun demikian, ada beberapa pengecualian walaupun kasus seperti ini jarang terjadi. Pada dasarnya, USB 3.1 kompatibel dengan USB 2.0 dan USB 1.1. Jika Anda tidak tahu spesifikasi port USB pada PC, sebaiknya memilih USB hub dengan standar kecepatan tertinggi. Perlu diperhatikan bahwa kompatibilitas USB hub tidak berfungsi untuk versi ke atas. Misalnya, USB hub 2.0 tidak akan kompatibel dengan port USB 3.1. 


Hal lain yang perlu diperhatikan, jika standar USB hub lebih tinggi, kecepatan transfer USB akan lebih rendah. Selain itu, USB hub yang lebih tinggi juga tidak support dengan USB 1.0. Sekarang, jenis USB 1.0 sudah sedikit sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun, Anda harus tetap memeriksanya untuk berjaga-jaga.


Kami merekomendasikan USB hub yang telah kompatibel dengan USB 3.1 gen 2. Hal ini karena jenis USB hub tersebut akan kompatibel dengan semua jenis USB 3.1 dan di bawahnya. Tetapi, USB hub jenis ini cukup sulit ditemukan dan harganya relatif lebih tinggi. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya juga, ya. 

Pilih USB hub berdasarkan jenis metode power supply

Ada dua jenis sumber daya listrik pada USB hub, bus power dan self power. Bus power adalah USB hub dengan sumber daya dari port perangkat yang terhubung seperti PC. Jenis USB ini biasanya lebih rapi karena hanya terhubung menggunakan satu kabel. Namun, jenis USB ini memiliki konsumsi daya dan jumlah port yang lebih terbatas. Dengan demikian, saat terhubung dengan perangkat besar, USB hub menjadi tidak stabil. USB hub jenis ini direkomendasikan jika Anda hendak menyambungkan perangkat dengan konsumsi daya yang kecil. Beberapa perangkat yang bisa menggunakan USB hub ini seperti mouse, keyboard, speaker kecil, dan sejenisnya. 


Jenis lainnya, USB hub self power dengan daya yang lebih terjaga karena menggunakan adaptor AC. Jenis USB hub ini direkomendasikan jika Anda hendak menghubungkan ke periferal yang lebih besar seperti printer. Namun, produk jenis ini terlihat tidak rapi karena adanya kabel tambahan untuk adaptor AC-nya. Kelebihannya, jenis USB hub dengan power supply ini jadi lebih stabil. 


Ada juga jenis USB hub yang didukung dengan kedua jenis supply daya tersebut dan PD (Power Delivery). Jenis USB hub ini dapat mentransfer data saat USB hub mengisi daya pada PC. Maka dari itu, saat hendak memilih, periksa dahulu jumlah dan jenis perangkat yang hendak Anda sambungkan.

Pilih konektor USB hub yang sesuai dengan perangkat Anda

Pilih konektor USB hub yang sesuai dengan perangkat Anda

Pada umumnya, ada dua jenis konektor utama pada USB hub, yakni tipe-A dan tipe-C. Jenis konektor tipe-A biasa digunakan untuk perangkat komputer atau laptop, sedangkan tipe-C biasanya digunakan pada MacBook. Pilihlah konektor hulu (sisi PC) dan hilir (sisi USB) yang sesuai dengan PC dan USB yang digunakan. Selain itu, ada beberapa port hilir pada USB hub yang dapat dimasukkan kabel HDMI dan SD card. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya juga, ya.

Pilih produk yang memudahkan penggunaan Anda

Kemudahan dan kegunaan USB hub akan berubah tergantung dengan desain dan tata letak port USB tersebut. Dengan demikian, periksa dahulu jumlah, lokasi port, hingga panjang kabel pada USB hub sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tempat dan jarak port usb, vertikal atau horizontal sesuai dengan kebutuhan

Tempat dan jarak port usb, vertikal atau horizontal sesuai dengan kebutuhan

Perhatikan tata letak dan jarak antar port pada USB hub apakah mempunyai ruang yang cukup atau tidak. Makin dekat jarak antar port, USB hub makin compact, tetapi akan merepotkan jika Anda sering melepas pasang USB.


Namun, semuanya itu tergantung pada desain dan model produknya. Ada beberapa produk dengan port USB yang tersusun berbaris secara vertikal. Sementara itu, jenis lainnya meletakkan port USB di samping unitnya. Jadi, pilihlah bentuk USB hub dengan port yang sesuai dengan kebutuhan Anda.


Perangkat USB berkonektor besar bisa menutupi port USB hub yang terlalu dekat. Dalam kasus ini, pilihlah produk dengan port yang tersusun secara vertikal.

Panjang kabel, sesuaikan dengan lingkungan penggunaan Anda

Panjang kabel, sesuaikan dengan lingkungan penggunaan Anda

Panjang kabel USB hub menjadi salah satu poin penting yang tidak boleh dilupakan saat Anda memilih produk. Sesuaikanlah panjang kabel USB hub sesuai dengan kebutuhan Anda. Jenis USB hub dengan kabel pendek atau tanpa kabel nyaman digunakan karena kabelnya tidak merepotkan. Di sisi lain, USB hub dengan kabel panjang dibutuhkan jika Anda memiliki area kerja yang luas.


Perlu diperhatikan juga, jenis USB hub tanpa kabel juga menghalangi antarmuka untuk perangkat lain. Namun, hal ini tergantung pada desain komputer atau model USB hub sendiri sehingga pilihlah dengan hati-hati. Ada juga jenis lain seperti tipe roll-up dan rotating plug. Periksalah kembali dan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan pekerjaan Anda.

Periksa fungsi tambahan yang terpasang pada USB hub

Periksa fungsi tambahan yang terpasang pada USB hub

Sebagian besar produk USB hub adalah jenis stasioner yang sederhana. Beberapa produk biasanya dilengkapi fungsi tambahan seperti magnet yang terdapat di permukaan sehingga terlihat lebih menarik. Ada juga produk yang mempunyai sakelar power sehingga Anda bisa mematikannya saat tidak digunakan. 


Tidak hanya itu, fungsi tambahan lainnya adalah hemat daya. Fitur ini memungkinkan perangkat periferal dapat dihidupkan dan dimatikan bersamaan dengan power suply dari PC. Ada juga produk yang mempunyai lampu LED indikator yang menunjukkan keadaan produk. USB hub merupakan barang sederhana, tetapi ada beberapa produk yang dilengkapi dengan detail-detail kecil. Jadi, silakan memeriksanya.

Periksa juga kompatibilitas dengan perangkat periferal

Periksa juga kompatibilitas dengan perangkat periferal

Ada beberapa masalah yang mungkin terjadi pada periferal komputer karena kompatibilitasnya. Misalnya, perangkat Wi-Fi dan wireless tidak merespon saat USB hub digunakan. Sayangnya, masalah tersebut terjadi karena cara Anda dalam menggunakan perangkat atau kondisi lingkungan kerja Anda.


Dengan demikian, pastikan membaca detail produk dengan saksama dan memeriksa semua perangkat sehingga Anda tidak menyesal membelinya. Ada juga beberapa masalah yang tidak dapat diprediksi oleh pabrikan USB hub. Jadi, baca review dari pengguna lain yang cara penggunaannya mirip dengan Anda. 

10 Rekomendasi USB hub terbaik

Selanjutnya, kami akan mengulas beberapa rekomendasi produk yang bisa jadi referensi pilihan Anda. Silakan baca dengan teliti dan bandingan keunggulan dari tiap-tiap produk.

10
Jenis USBUSB 2.0
Sistem power supplyBus power
Port huluTipe-A
Port hilirTipe-A x 4
Panjang kabel80 cm
Fungsi tambahanTidak disebutkan
9
Jenis USBUSB 3.0
Sistem power supplyBus power
Port huluUSB Tipe-A
Port hilirUSB Tipe-A x 4
Panjang kabel15 cm
Fungsi tambahanLED
8

ORICOW5P-U3-30 4 Port USB3.0 HUB with Micro B Power Port

Rp 110.000,00

Jenis USBUSB 3.0
Sistem power supplyBus power, PD (Power Delivery)
Port huluTipe-A
Port hilirTipe-A x 4
Panjang kabel30 cm
Fungsi tambahanLED
7

Anker4-Port USB 3.0 Ultra Slim Data Hub

A7516

Rp 320.000,00

Jenis USBUSB 3.0
Sistem power supplyBus power
Port huluTipe-A
Port hilirTipe-A x 4
Panjang kabel20 cm
Fungsi tambahanTidak disebutkan
6

Sabrent 4 Port USB 3.0 Hub With Power Switches

HB-UM43

Rp 337.000,00

Jenis USBUSB 3.0
Sistem power supplyBus power
Port huluTipe-A
Port hilirTipe-A x 4
Panjang kabelTidak disebutkan
Fungsi tambahanSakelar, LED
5

Aukey CB-H5 HUB Alumunium 4 Port USB 3.0

500272

Rp 495.000,00

Jenis USBUSB 3.0
Sistem power supplyBus power
Port huluTipe-A
Port hilirTipe-A x 4
Panjang kabel50 cm
Fungsi tambahanTidak disebutkan
4

Baseus USB Type C HUB TO USB3.0 HDMI DEX/Docking Station

Rp 599.000,00

Jenis USBUSB 3.0
Sistem power supplySelf power
Port huluTipe-A
Port hilirUSB Tipe-A (3), USB Tipe-C (1), slot microSD (2)
Panjang kabelTidak disebutkan
Fungsi tambahanTidak disebutkan
3

Aukey CB-C71 Link Power Delivery USB-C Hub

500374

Rp 2.100.000,00

Jenis USBUSB 3.1 Gen 1
Sistem power supplySelf power
Port huluUSB Tipe-C
Port hilirUSB Tipe-A (2), USB Tipe-C (1), HDMI, SD card, microSD card, ethernet
Panjang kabel27,3 cm
Fungsi tambahanTidak disebutkan
2
Jenis USBUSB 3.0
Sistem power supplySelf power
Port huluTipe-C
Port hilirUSB Tipe-A (5), USB Tipe-C 4), VGA, 4K HD, DC 12V, RJ45, Card reader, audio jack
Panjang kabelTidak disebutkan
Fungsi tambahanTidak disebutkan
1

Anker Premium USB-C Hub with Ethernet and Power Delivery

A8302

Rp 1.700.000,00

Jenis USBUSB 3.0
Sistem power supplyBus power
Port huluUSB Tipe-C
Port hilirUSB Tipe A (2), USB Tipe-C (1), ethernet (1)
Panjang kabelTidak disebutkan
Fungsi tambahanTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk USB hub terbaik

Gambar produk
1
Anker  Premium USB-C Hub with Ethernet and Power Delivery 1

Anker

2
Baseus  16 in 1 Docking Station Hub USB-C 1

Baseus

3
Aukey  CB-C71 Link Power Delivery USB-C Hub 1

Aukey

4
Baseus  USB Type C HUB TO USB3.0 HDMI DEX/Docking Station 1

Baseus

5
Aukey  CB-H5 HUB Alumunium 4 Port USB 3.0 1

Aukey

6
Sabrent  4 Port USB 3.0 Hub With Power Switches 1

Sabrent

7
Anker 4-Port USB 3.0 Ultra Slim Data Hub 1

Anker

8
ORICO W5P-U3-30 4 Port USB3.0 HUB with Micro B Power Port 1

ORICO

9
UGreen  4-in-1 USB 3.0 Data Hub 1

UGreen

10
Robot  USB HUB 4 Port 1

Robot

Nama produk

Premium USB-C Hub with Ethernet and Power Delivery

16 in 1 Docking Station Hub USB-C

CB-C71 Link Power Delivery USB-C Hub

USB Type C HUB TO USB3.0 HDMI DEX/Docking Station

CB-H5 HUB Alumunium 4 Port USB 3.0

4 Port USB 3.0 Hub With Power Switches

4-Port USB 3.0 Ultra Slim Data Hub

W5P-U3-30 4 Port USB3.0 HUB with Micro B Power Port

4-in-1 USB 3.0 Data Hub

USB HUB 4 Port

Keunggulan

Kualitas premiumnya buat performa Macbook lebih berdaya

Satu perangkat untuk banyak kegunaan

Dilengkapi port HDMI yang support resolusi hingga 4K

Dilengkapi charging dock, mengisi daya smartphone lebih mudah

Jenis kabel portabel, bisa diganti saat rusak

Desain modern dengan sakelar pengatur daya

Kabelnya dirancang supaya lebih kokoh dan tak mudah rusak

Bentuk kecil dengan performa yang tidak main-main

Jarak antar port jauh, tidak terganggu meski sering lepas pasang

USB hub empat port dengan kabel panjang dan harga terjangkau

HargaRp 1.700.000,00Rp 2.028.000,00Rp 2.100.000,00Rp 599.000,00Rp 495.000,00Rp 337.000,00Rp 320.000,00Rp 110.000,00Rp 125.000,00Rp 65.000,00
Jenis USBUSB 3.0USB 3.0USB 3.1 Gen 1USB 3.0USB 3.0USB 3.0USB 3.0 USB 3.0USB 3.0 USB 2.0
Sistem power supplyBus powerSelf powerSelf powerSelf powerBus powerBus powerBus powerBus power, PD (Power Delivery)Bus powerBus power
Port huluUSB Tipe-CTipe-CUSB Tipe-CTipe-ATipe-ATipe-ATipe-ATipe-AUSB Tipe-ATipe-A
Port hilirUSB Tipe A (2), USB Tipe-C (1), ethernet (1)USB Tipe-A (5), USB Tipe-C 4), VGA, 4K HD, DC 12V, RJ45, Card reader, audio jackUSB Tipe-A (2), USB Tipe-C (1), HDMI, SD card, microSD card, ethernetUSB Tipe-A (3), USB Tipe-C (1), slot microSD (2)Tipe-A x 4Tipe-A x 4Tipe-A x 4Tipe-A x 4USB Tipe-A x 4Tipe-A x 4
Panjang kabelTidak disebutkanTidak disebutkan27,3 cmTidak disebutkan50 cmTidak disebutkan20 cm30 cm15 cm80 cm
Fungsi tambahanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanSakelar, LEDTidak disebutkanLEDLEDTidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan komputer lainnya di sini

Saat menggunakan komputer, tentu ada beberapa perlengkapan lain yang dapat memudahkan pekerjaan Anda. Kami juga telah mengulas berbagai perlengkapan komputer lain, seperti SSD eksternal, mouse, dan lainnya. Jika Anda ingin membaca ulasannya, silakan buka tautan di bawah ini. 

Kesimpulan

USB hub menjadi satu kebutuhan yang menunjang berbagai aktivitas saat Anda menggunakan PC. Ada berbagai jenis USB hub yang tersedia di pasaran dengan harga dan keunggulan yang bervariasi.

Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu kebutuhan kegunaan Anda akan USB hub. Jika Anda menggunakan banyak piranti, pilihlah USB hub dengan banyak port, begitu juga sebaliknya. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan anggaran yang Anda siapkan. Semoga ulasan ini membantu Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    169.678 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS merupakan merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS memiliki bermacam seri yang ditujukan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, bisnis, hingga gaming. Namun, karena seri laptopnya sangat banyak, hal ini mungkin akan membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, ZenBook, hingga ROG. Simak artikel ini agar tidak salah memilih serta menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Komputer & kamera
    104.145 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik Seharga di Bawah 5 Juta (Terbaru Tahun 2020)
    Tidak semua orang membutuhkan laptop dengan specs yang tinggi. Bisa jadi Anda hanya membutuhkan laptop dengan spesifikasi standar seharga di bawah 5 juta saja. Tentunya, laptop dengan harga di bawah 5 juta ini sudah cukup untuk melakukan browsing, berbalas e-mail, mengetik, dan melakukan pekerjaan-pekerjaan ringan. Kali ini, kami akan merekomendasikan merek laptop populer di Indonesia, seperti HP, Lenovo, ASUS, dan lain-lain. Selain itu, kami juga akan menunjukkan cara memilih laptop di bawah 5 juta. Mari cek artikel ini bersama-sama dan semoga Anda dapat menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan!
    Komputer & kamera
    127.151 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Lenovo Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lenovo terkenal sebagai produsen yang menghasilkan laptop-laptop berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Laptop Lenovo memiliki berbagai macam tipe, mulai dari untuk penggunaan kantor, pemakaian pribadi, sampai laptop khusus untuk gaming. Saking banyaknya, sering kali konsumen dibuat bingung saat memilih laptop yang tepat sesuai kebutuhan.Di sini kami akan menjelaskan ciri khas dari masing-masing tipe laptop Lenovo yang dapat Anda pertimbangkan saat hendak membelinya. Kami juga akan merekomendasi sepuluh laptop Lenovo terbaik untuk referensi Anda dalam memilih. Temukanlah laptop favorit sesuai kebutuhan Anda di sini!
    Komputer & kamera
    83.265 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Akhir-akhir ini, penggunaan 2-in-1 laptop dan tablet cukup populer karena dinilai lebih praktis dan fleksibel. Jenis gadget ini memiliki portabilitas yang tinggi seperti tablet sehingga Anda dapat membawanya ke mana pun. Di sisi lain, ada juga keyboard yang memudahkan Anda untuk mengetik.Ada berbagai jenis 2-in-1 laptop dan tablet dengan berbagai keunggulan dan spesifikasinya masing-masing. Kali ini, kami akan mengulas bagaimana cara memilih produk 2-in-1 laptop dan tablet. Setelah itu, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik, seperti Acer, ASUS, HP, dan lainnya. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    108.314 Views
  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika ingin mencetak foto atau dokumen di rumah, printer sangat diperlukan. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga semakin mudah, karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan ulasan untuk memilih printer berdasarkan fungsinya, mulai dari printer dengan fungsi tunggal hingga yang multifungsi. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan HP. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    81.654 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik Harga 2 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda fotografer pemula yang sedang mencari kamera digital seharga dua jutaan rupiah? Kamera digital low-end tentunya memiliki perbedaan kualitas dibandingkan kamera digital berharga tinggi. Namun, saat ini telah banyak kamera digital low-end dengan fitur yang tak kalah canggih dibandingkan tipe high-end.Pada artikel kali ini, kami akan memberitahukan tips memilih kamera digital seharga dua jutaan rupiah berikut produk rekomendasinya. Sony, Nikon, Canon, dan merek lainnya memiliki produk kamera low-end dengan spesifikasi unggulan yang bisa dipilih. Mari disimak!
    Komputer & kamera
    5.124 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori