10 Rekomendasi Cleansing Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Cleansing Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pembersih tipe apa yang Anda gunakan untuk membersihkan wajah? Pembersih berbahan dasar minyak (cleansing oil) dikenal akan keampuhannya dalam membersihkan wajah. Lalu, tipe susu pembersih (cleansing milk) digemari oleh orang yang fokus pada kelembapan wajah. Sebenarnya masih ada satu tipe lagi, yaitu tipe gel atau sering disebut dengan cleansing gel.

Saking banyaknya produk cleansing gel yang bermunculan di pasaran, seperti dari Avene, Clinique, SK-II dan lainnya, pasti Anda jadi bingung memilihnya. Kali ini kami akan mengulas tentang manfaat dan hal-hal yang harus diperhatikan saat memakai cleansing gel, cara memilih, dan rekomendasi produk terbaik pilihan.

Daftar isi

Apa itu cleansing gel?

Apa itu cleansing gel?

Ada tiga tipe pembersih wajah, yaitu tipe minyak, tipe susu, dan tipe gel. Pembersih tipe minyak adalah yang paling mudah diratakan dan menyerap di kulit Anda sehingga daya pembersihnya tinggi. Tipe susu adalah pembersih yang sangat melembapkan karena mengandung banyak essence kecantikan yang bermanfaat untuk kelembapan kulit Anda.

Pembersih tipe gel menggabungkan manfaat dari tipe minyak dan susu. Saat diaplikasikan, kulit tidak akan terlalu terbebani walau daya pembersihnya tinggi berkat tekstur gel yang mirip dengan tipe minyak. Kelembapan kulit setelah mencuci muka tetap terjaga karena banyak produk cleansing gel yang memiliki kandungan pelembap tinggi layaknya tipe susu.

Cleansing gel sendiri terbagi menjadi tiga tipe, yaitu cleansing gel tipe cair (oil-free atau tidak mengandung minyak), cleansing gel tipe oil-in-water (campuran air dan minyak), dan cleansing gel berminyak (cleansing oil berbentuk gel). Berbeda tipe berbeda pula manfaatnya, karena itu, periksalah komposisi produk terlebih dahulu sebelum membeli.

Cara memilih cleansing gel

Setelah memahami apa itu cleansing gel dan mengetahui berbagai jenisnya, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih cleansing gel yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

Pilih tipe yang bebas minyak bagi pengguna eyelash extension

Pilih tipe yang bebas minyak bagi pengguna eyelash extension

Bagi Anda yang melakukan ekstensi bulu mata, tidak ada pilihan lain selain memilih cleansing gel tipe cair yang bebas minyak. Hal ini dikarenakan cleansing gel yang mengandung minyak dapat melekat pada akar bulu mata sehingga eyelash extension Anda akan mudah lepas. Anda tidak mau eyelash extension Anda terbuang sia-sia, kan?

Umumnya, sebagian besar cleansing oil dan cleansing milk mengandung minyak. Maka dari itu, dapat dikatakan bahwa cleansing gel tipe cair yang bebas minyak adalah barang penting untuk pengguna ekstensi bulu mata. Karena berbahan dasar air, tipe ini mudah diratakan dan tidak memberikan beban pada kulit. Bisa juga dipakai oleh Anda yang ingin meminimalisir beban pada kulit.

Namun, baru-baru ini telah muncul cleansing gel dengan sedikit kandungan minyak yang dapat digunakan oleh pengguna eyelash extension. Alangkah baiknya Anda memeriksa tulisan pada kolom deskripsi produk untuk memastikan kompabilitas cleansing gel yang Anda inginkan dengan penggunaan eyelash extension.

Pilih tipe oil untuk membersihkan makeup tebal

Pilih tipe oil untuk membersihkan makeup tebal

Apabila Anda sering memakai full makeup yang tebal, jaga kecantikan kulit Anda dengan membersihkan makeup secara sempurna dan menjaga kelembapannya dengan baik. Kami merekomendasikan cleansing gel tipe oil atau tipe oil-in-water karena tipe ini mampu mengangkat riasan hingga ke pori-pori berkat kandungan minyak di dalamnya.

Untuk membersihkan secara maksimal, hangatkan gel dengan menggosok-gosokkannya pada telapak tangan terlebih dahulu. Lalu, usapkan ke wajah dengan gerakan melingkar. Saat terkena kulit, kelembapan gel akan menguap karena suhu tubuh. Kemudian kandungan minyaknya akan keluar ke permukaan dan mengangkat riasan, sebum, hingga kotoran yang tersangkut di pori-pori.

Sementara itu, untuk Anda yang menggunakan makeup natural lebih disarankan untuk menggunakan cleansing gel tipe cair. Hal ini dikarenakan produk tipe cair tidak akan menghilangkan kelebihan sebum pada kulit. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehilangan sebum yang berguna bagi kulit wajah karena proses pembersihan yang berlebihan.

Pilih dengan mempertimbangkan ketersediaan waktu saat pemakaian

Pilih dengan mempertimbangkan ketersediaan waktu saat pemakaian

Jika ingin menghapus makeup dalam waktu singkat, pilihlah cleansing gel tipe cair yang bebas minyak. Tipe ini mudah digunakan karena tidak membutuhkan banyak waktu untuk diratakan pada kulit. Sebaliknya, jika cleansing gel tipe oil digunakan dengan buru-buru tanpa meratakannya terlebih dahulu di telapak tangan, kulit akan terbebani karena tidak cukup rata saat dioleskan ke kulit.

Bagi Anda yang suka membersihkan wajah sambil bersantai, disarankan untuk menggunakan cleansing gel tipe oil. Setelah dihangatkan dengan menggosoknya pada telapak tangan, oleskan cleansing gel dengan lembut pada kulit dengan gerakan memutar supaya semua kotoran terangkat. Proses ini dapat mengurangi penggelapan pori-pori dan memberi manfaat deep cleansing.

Lakukan pemijatan dengan produk hot cleansing gel untuk mencegah noda hitam

Lakukan pemijatan dengan produk hot cleansing gel untuk mencegah noda hitam

Anda khawatir dengan komedo terbuka (blackhead) di area hidung dan pipi serta pori-pori yang besar? Lakukan pemijatan di wajah dengan produk hot cleansing gel. Hot cleansing gel memberikan sensasi hangat pada kulit berkat kandungan gel termal di dalamnya. Produk sejenis ini juga membantu melenturkan kulit sehingga kotoran yang tersumbat pada pori-pori lebih mudah terangkat.

Jika dibiarkan, blackhead dan kotoran bisa berubah menjadi flek yang mengakibatkan kulit menjadi kusam. Selain membersihkan, perawatan dengan hot cleansing gel juga dapat memperbaiki peredaran darah pada kulit sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat ganda. Rutinlah membersihkan kotoran hingga ke pori-pori terdalam dan dapatkan kulit yang selalu lembap dan cantik.

10 Rekomendasi cleansing gel terbaik

Sekarang kami akan memberikan ulasan tentang 10 rekomendasi produk cleansing gel terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Dengan memperhatikan ulasan cara memilih di atas, pilihlah cleansing gel yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kulit Anda!

10. Corine de Farme Micellar Gel Refreshing

10. Corine de Farme Micellar Gel Refreshing

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 156.000

Membersihkan, melembapkan, dan menyegarkan wajah si kulit sensitif

Corine de Farme, merek dari Perancis yang fokus memproduksi skincare untuk kulit sensitif ini mengeluarkan produk cleansing gel dengan formula misel. Formula ini diyakini dapat membersihkan makeup pada wajah dan area mata dengan sempurna. Teksturnya tidak lengket, cepat mencair di wajah, dan memberi kesegaran tanpa efek kencang.

Cleansing gel ini mampu membersihkan, melembapkan, dan menyegarkan wajah Anda dalam sekali pemakaian. Anda bisa munggunakannya dengan atau tanpa kapas. Tampil dengan kemasan lock twist pump, lebih higienis dan praktis! Anda yang berkulit sensitif bisa memakainya dengan tenang karena produk ini tidak mengandung paraben dan pewarna.

9. Nu Skin Pure Cleansing Gel

9. Nu Skin Pure Cleansing Gel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 160.000

Kulit kombinasi dan berminyak bukan halangan untuk dapatkan kulit yang segar, bersih, dan lebih berenergi!

Nu Skin Pure Cleansing Gel memiliki manfaat untuk menghilangkan minyak berlebih pada pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan membersihkan makeup serta kotoran akibat polusi. Kulit akan terasa lebih segar, bersih, dan berenergi setelah menggunakan cleansing gel ini! Produk ini diformulasikan untuk kulit kombinasi hingga kulit berminyak.

Pepaya tropis yang digunakan sebagai kandungan utama dalam produk ini dipercaya mampu mempertahankan kondisi kulit agar tetap sehat bercahaya. Meskipun cleansing gel ini mampu membantu mengontrol minyak berlebih pada wajah, formulanya tetap bebas sabun. Alhasil, produk ini tidak akan menyebabkan kekeringan pada kulit Anda.

8. Melanox Premium Facial Cleansing Gel

8. Melanox Premium Facial Cleansing Gel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 43.000

Efektif mengangkat kotoran yang menempel pada kulit sekaligus melembapkannya

Melanox Premium Facial Cleansing Gel tampil dengan kemasan baru yang lebih fresh dengan komposisi yang sama dengan sebelumnya. Formulanya lembut dan bebas minyak sehingga sangat efektif dalam membersihkan dan mengangkat kotoran yang menempel pada kulit. Kelembapan kulit tetap terjaga, dan membantu Anda terhindar dari kulit kering.

Produk asli Indonesia ini juga berfungsi mencerahkan dan melembutkan kulit. Jika Anda memiliki jerawat yang sedang meradang atau kulit yang baru saja dibersihkan komedonya, gunakanlah air dingin untuk membilas cleansing gel ini agar radang cepat mereda dan pori-pori cepat tertutup. Lanjutkan dengan Melanox Skin Toner untuk hasil maksimal.

7. Fracora Hot Cleansing Gel

7. Fracora Hot Cleansing Gel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 460.000

Memberi sensasi hangat pada kulit dan membantu merawat pori-pori

Produk yang berasal dari Jepang ini adalah hot cleansing gel yang memberikan sensasi hangat pada kulit. Manfaat utama produk ini adalah merawat pori-pori Anda. Massage beads yang terdapat di dalamnya mengikis kotoran dengan lembut dan menghaluskan wajah. Kulit menjadi lentur dan kotoran yang tersumbat pada pori-pori pun lebih mudah terangkat.

Dengan 34 kandungan tumbuhan dan pelembap yang tinggi, wajah akan selalu terjaga kelembapannya. Selain itu, melakukan pemijatan dengan produk ini juga dapat memperbaiki kelancaran peredaran darah dan membersihkan pori-pori terdalam. Apabila Anda memiliki masalah dengan blackhead dan pori-pori yang besar, hot cleansing gel ini wajib dicoba.

6. Avene Cleanance Cleansing Gel for Face and Body

6. Avene Cleanance Cleansing Gel for Face and Body

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 420.000

Membantu mempertahankan keseimbangan produksi minyak pada kulit wajah

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit seperti jerawat, minyak berlebih, pori-pori besar, dan tekstur kulit tidak merata, Anda bisa memasukkan Avene Cleanance Cleansing Gel dalam rangkaian perawatan kulit Anda. Produk ini mampu mengurangi minyak berlebih, mengatasi kemerahan dan radang, serta menenangkan dan melembutkan kulit.

Cleansing gel dari Avene ini mampu membersihkan kulit wajah dan badan tanpa memberikan rangsangan yang terlalu kuat, juga menjaga keseimbangan minyak alami kulit wajah. Cleansing gel yang diformulasikan bagi pemilik kulit berminyak ini juga tidak mengandung sabun sehingga Anda tidak perlu khawatir menggunakannya rutin setiap pagi dan malam hari.

5. SK-II Facial Treatment Cleansing Gel

5. SK-II Facial Treatment Cleansing Gel

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 343.000

Membersihkan dan melembutkan hingga kulit tampak sebening kristal!

Brand yang terkenal karena formula Pitera pada setiap produknya ini juga memproduksi cleansing gel dengan kombinasi ekstrak marine fennel dan bahan-bahan lain yang melembutkan kulit. Gel bertekstur lembut ini mampu mengangkat makeup dengan mudah, membersihkan kulit hingga ke dalam pori-pori, dan menjadikan wajah terlihat sebening kristal.

Gel yang juga efektif melembapkan kulit ini mudah merata pada wajah sehingga mampu membersihkan wajah secara menyeluruh. Apapun jenis kulit Anda, dapatkan kulit yang segar dan tetap terjaga kesehatannya dengan manfaat Pitera yang membantu meremajakan dan menyeimbangkan pH netral kulit. Inilah awal dari kulit bening Anda!

4. Bioderma Sensibio Gel Moussant

4. Bioderma Sensibio Gel Moussant

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 218.500

Formula hipoalergenik yang tidak menimbulkan komedo, plus bebas sabun dan bahan aditif kimia

Merek dari Prancis yang memiliki lini rangkaian khusus perawatan kulit sensitif ini mengeluarkan produk Sensibio Gel Moussant. Dengan formulasi DAF, produk ini mampu memperkuat tingkat toleransi kulit sensitif. Jadi, tidak hanya sekadar merawat kulit wajah, tetapi juga memperkuatnya! Produk ini memiliki bahan yang mengembalikan lapisan lipid kulit.

Cleansing gel ini mampu melembapkan wajah hingga +77% tingkat hidrasi, Anda jadi tidak perlu khawatir kulit menjadi kering. Kulit yang iritasi juga bisa ditenangkan dengan produk dari Bioderma ini. Bebas sabun, pewangi, paraben, pewarna, hipoalergenik, dan tidak menimbulkan komedo, pemilik kulit sensitif tentu bisa menggunakannya tanpa khawatir.

3. Nuxe Face Cleansing and Make-Up Removing Gel Rêve de Miel ®

3. Nuxe Face Cleansing and Make-Up Removing Gel Rêve de Miel ®

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 196.000

Mengangkat kotoran dan makeup dengan cepat dalam sekali usap!

Bagi Anda pemilik kulit kering dan sensitif, Nuxe Face Cleansing Make Up Removing Gel Rêve de Miel bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Cleansing gel yang lembut dan bebas sabun ini diperkaya dengan madu dan ekstrak bunga matahari yang mampu menghilangkan kotoran dan makeup bahkan yang waterproof sekalipun cukup dalam sekali usap!

Dengan kandungan 93% bahan alami, cleansing gel yang tidak mengandung paraben ini mampu merawat, membersihkan, dan mengembalikan kondisi kulit menjadi lebih baik. Aroma madunya yang manis juga memberikan efek menenangkan dan membangkitkan semangat saat memakainya. Gunakan produk ini dua kali sehari untuk hasil maksimal.

2. Glossier Milky Jelly Cleanser

2. Glossier Milky Jelly Cleanser

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 395.000

Menyeimbangkan pH kulit dengan efek yang super melembapkan

Produk yang mendapatkan gelar Cosmopolitan 2015 Beauty Awards dan Allure Best of Beauty 2016 ini mengandung 5 bahan pelembap yang mampu membuat kulit lebih sehat, halus, dan tidak terasa kencang. Cleansing gel yang dapat menyeimbangkan pH pada kulit ini dapat menghapus makeup non waterproof, jadi, sebaiknya gunakanlah sebagai second cleanser.

Glossier Milky Jelly Cleanser ini memiliki teknik pembersihan yang sama dengan contact lens cleaner sehingga aman digunakan untuk area mata. Sesuai dengan namanya, teksturnya adalah gel sekaligus creamy yang unik dan super melembapkan. Bagi Anda yang memiliki kulit kering, tidak ada salahnya mencoba cleansing gel ini. Hilangkanlah stres di kulit Anda!

1. Oskia Renaissance Cleansing Gel

1. Oskia Renaissance Cleansing Gel

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 450.000

Memperbaiki kulit yang rusak karena sinar UV dan melindungi kulit dari polusi

Oskia Renaissance Cleansing Gel memiliki karakteristik mudah meresap ke dalam kulit dan segera menghilangkan kotoran ataupun makeup secara aktif. Kulit wajah lebih bersih dan segar. Produk ini dilengkapi kandungan starflower oil yang bermanfaat memberikan nutrisi pada kulit serta meminimalkan risiko inflamasi agar kulit tidak mudah meradang.

Cleansing gel ini juga diperkaya dengan berbagai vitamin yang berfungsi memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar UV dan melindungi kulit dari polusi. Produk ini efektif untuk semua jenis kulit, terutama kulit kombinasi, normal, kering, dan kusam. Anda yang memiliki masalah dengan bekas jerawat dan warna kulit tidak merata juga bisa melirik produk ini.

Kesimpulan

Kulit wanita cenderung mudah berubah tergantung pada cuaca atau keseimbangan hormon. Selain itu, aplikasi makeup sehari-hari juga bisa menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga produk skincare tidak terserap dengan sempurna. Untuk itu, membersihkan kulit wajah secara maksimal merupakan bagian yang penting dari rangkaian perawatan wajah.

Pilih tipe cleansing gel sesuai dengan kondisi, misalnya, tipe bebas minyak untuk pengguna eyelash extension atau tipe oil untuk menghapus full makeup. Pertimbangkan waktu pemakaian cleansing gel untuk hasil yang optimal. Cegah pula munculnya noda hitam dengan pemijatan menggunakan hot cleansing gel. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi!