• 10 Rekomendasi Cleansing Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Cleansing Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Cleansing Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Cleansing Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Cleansing Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Cleansing Gel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Menggunakan cleansing gel akan membuat kulit terasa segar dan halus. Teksturnya yang berupa gel juga dapat mengurangi gesekan yang menyebabkan iritasi pada kulit. Namun, banyaknya produk cleansing gel yang bermunculan mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang bagus.

Untuk memudahkan Anda, kami akan memberi informasi cara memilih cleansing gel. Setelah itu, kami juga telah menyiapkan sepuluh rekomendasi produk dari merek terkenal, seperti Melanox, SK-II, Bioderma, dan lain sebagainya. Ada komentar dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto juga dalam artikel ini. Jadi, simak ulasan kami sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Firda Nurharini
Jessica Liani S
Justephanie Lee
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto

Berkolaborasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto

Dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Airlangga ini lebih dikenal sebagai "Dokterkulit Firda". Anggota PERDOSKI dan owner Hafira Skincare Surabaya dan Bangil, Pasuruan ini sering menjadi speaker dalam organisasi profesi dan organisasi sosial.


Melalui berbagai majalah populer tanah air, dokter Firda gencar mengedukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin serta dunia estetika anti-aging. Pemilik channel YouTube bernama "Dokterkulit Firda" ini juga aktif sebagai dosen di beberapa universitas.

Apa itu cleansing gel?

Apa itu cleansing gel?

Cleansing gel adalah pembersih wajah berbentuk gel dengan daya pembersih yang tinggi. Meski efektif untuk membersihkan, teksturnya tidak akan menimbulkan iritasi di kulit. Ada tiga tipe cleansing gel, yaitu tipe cair, oil-in-water, dan oil-based. Masing-masing memiliki manfaat yang berbeda. Untuk penjelasan yang lebih lengkap, perhatikanlah poin-poin di bawah ini!

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Cleansing gel biasanya memiliki formula yang lembut sehingga mengurangi risiko terjadinya iritasi pada kulit. Pencuci wajah berjenis gel ini disarankan untuk kulit wajah berminyak, berjerawat, kombinasi, atau sensitif. Jenis ini cocok juga untuk yang aktif berolahraga karena bisa mengangkat sisa kotoran dan keringat secara efektif.

Cara memilih cleansing gel

Simaklah beberapa tips di bawah ini sebelum Anda menentukan cleansing gel yang paling tepat untuk Anda. Selamat menyimak!

Pilih tipe cleansing gel berdasarkan kebutuhan makeup Anda

Terdapat tiga tipe cleansing gel dengan karakteristik yang berbeda-beda. Pilihlah tipe yang paling sesuai dengan kondisi kulit, serta daya tahan makeup Anda.

Tipe cair, cocok untuk membersihkan makeup ringan dan pengguna eyelash extension

Tipe cair, cocok untuk membersihkan makeup ringan dan pengguna eyelash extension

Cleansing gel tipe cair biasanya bebas kandungan minyak. Tipe ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang menggunakan eyelash extension. Alasannya, kandungan minyak dapat melekat pada akar bulu mata sehingga membuat ekstensi bulu mata Anda mudah lepas. Jadi, sebaiknya Anda menghindari cleansing gel yang mengandung minyak meskipun hanya sedikit. 


Kekurangan cleansing gel tipe cair adalah sulit untuk menghilangkan makeup tebal dan waterproof. Karena itu, cleansing gel ini lebih cocok digunakan untuk membersihkan makeup ringan atau alami.


Cara paling mudah mengenali cleansing gel tipe cair adalah dengan memeriksa label kemasannya. Pastikan terdapat klaim bebas minyak atau 100% tanpa minyak. Selain itu, Anda dapat mengetahuinya melalui urutan kandungan pada label komposisi. Biasanya, urutan awal dalam daftar komposisinya adalah air dan surfaktan. 


Berikut ini adalah beberapa bahan kandungan yang umumnya ada dalam cleansing gel tipe cair:

  • Air
  • BG
  • DPG
  • PEG-number
  • OO Sorbitan
dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Cleansing gel tipe cair biasanya bebas kandungan minyak sehingga cocok untuk membersihkan makeup ringan saja. Selain itu, tipe ini sangat cocok untuk pengguna eyelash extension karena tidak membuat ekstensi bulu mata mudah lepas. Tipe cair tidak sesuai untuk makeup tebal apalagi yang waterproof.

Tipe oil-in-water, nyaman digunakan sehari-hari

Tipe oil-in-water, nyaman digunakan sehari-hari

Cleansing gel tipe oil-in-water mengandung surfaktan dan sedikit minyak. Ini adalah tipe yang sering digunakan sehari-hari. Komposisinya mengandung sedikit minyak sehingga lebih mudah digunakan untuk membersihkan makeup dibandingkan tipe cair. Karena itu, kami juga merekomendasikan cleansing gel tipe ini untuk digunakan sehari-hari


Kelebihan cleansing gel tipe oil-in-water adalah kandungan minyaknya mudah membaur dengan baik di kulit. Namun, tipe ini tidak cocok digunakan untuk membersihkan makeup tebal karena kandungan minyaknya hanya sedikit. Anda bisa memakainya untuk membersihkan makeup ringan atau alami. 


Jika ingin membeli tipe ini, pilihlah produk yang tidak mencantumkan klaim bebas minyak. Selain itu, perhatikan juga komposisinya. Pastikan bahwa terdapat kandungan minyak di bagian bawah urutan bahan kandungan.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Cleansing gel tipe oil-in-water mengandung surfaktan dan sedikit minyak sehingga lebih efektif digunakan untuk membersihkan makeup dibandingkan tipe cair. Jadi, bagi Anda yang terbiasa ber-makeup ringan untuk aktivitas sehari-hari, Anda bisa menggunakan cleansing gel tipe ini. Perlu digarisbawahi bahwa tipe ini juga tidak cocok untuk membersihkan makeup tebal karena kandungan minyaknya hanya sedikit.

Tipe oil-based, mampu membersihkan makeup tebal

Tipe oil-based, mampu membersihkan makeup tebal

Bahan utama cleansing gel tipe oil-based adalah bahan-bahan berbasis minyak. Bahan yang digunakan, seperti mineral oil dan cetyl ethylhexanoate, biasanya memiliki daya pembersih relatif tinggi. Oleh karena itu, tipe ini lebih efektif membersihkan full makeup dan waterproof makeup.


Di sisi lain, makin tinggi daya pembersihan, makin kuat pula daya pengangkatan makeup. Maka dari itu, sebaiknya Anda lebih berhati-hati menggunakannya supaya tidak merusak kulit. Jangan lupa untuk melakukan perawatan kulit setelah membersihkan makeup


Untuk menemukan cleansing gel tipe oil-based, periksalah label komposisi pada produk pilihan Anda. Pastikan adanya kandungan minyak di label komposisinya. Biasanya, tertulis kandungan minyak pada urutan pertama dan kedua label komposisi. Selain itu, periksa juga klaim yang dituliskan oleh produsen. 

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Bahan utama cleansing gel tipe oil-based adalah bahan-bahan berbasis minyak. Jenis ini akan membantu mempermudah mengangkat kotoran, debu yang membandel, serta produk make-up waterproof. 


Keunggulan tersebut dapat membantu Anda terhindar dari masalah kulit wajah seperti jerawat. Walaupun sudah bersih, Anda masih perlu membilasnya menggunakan air bersih dan sabun pembersih agar wajah terasa lebih segar.

Agar lebih praktis, pilih produk yang tidak perlu dibilas

Jika tidak ingin repot, Anda dapat memilih produk yang tak perlu dibilas dengan air setelah digunakan. Cleansing gel seperti ini juga dapat mencegah kulit menjadi kering karena terlalu sering dibersihkan. Tentu akan cocok bagi pemilik kulit kering atau sensitif. 

Beberapa produsen membuat varian seperti ini untuk tipe cair dan oil-in-water. Namun, cleansing gel tipe oil-based biasanya perlu Anda bilas setelah dipakai. 

Untuk kulit sensitif, carilah produk tanpa bahan aditif

Untuk kulit sensitif, carilah produk tanpa bahan aditif

Kulit sensitif memiliki lapisan pelindung yang tidak terlalu baik sehingga lebih mudah mengalami iritasi dibandingkan kulit normal. Untuk itu, pemilik kulit sensitif harus cermat saat memilih produk. Periksalah bahan aditif apa saja yang ada pada komposisinya meskipun terdapat klaim bebas bahan aditif. 


Kadang-kadang, ada produk yang diklaim bebas bahan aditif karena tidak mengandung salah satu dari berbagai bahan aditif, misalnya pewangi. Padahal, mungkin saja produk tersebut mengandung bahan aditif lainnya, misalnya pewarna. Hal tersebut tentu berisiko memicu iritasi pada kondisi kulit tertentu.


Contoh bahan aditif adalah pengawet seperti benzoic acid dan paraben. Keduanya digunakan untuk menjaga kualitas produk setelah dibuka. Akan tetapi, keduanya juga dapat memicu iritasi pada kulit sensitif. Kandungan berikutnya adalah mineral oil. Kandungan ini berkhasiat melindungi kulit, tetapi juga bisa membuat kulit menjadi kering. Untuk itu, perhatikan bahan kandungannya dengan jelas, ya!


Namun, tidak semua produk yang mengandung paraben dapat menyebabkan iritasi. Produsen biasanya memiliki nilai ambang batas yang ketat. Hanya produk yang mengandung paraben tinggi yang berpotensi membuat kulit menjadi iritasi.


Adanya beberapa jenis minyak atau ekstrak tumbuhan juga dapat menyebabkan iritasi. Karena itu, sebelum membeli, cobalah terlebih dahulu dengan mengoleskannya pada bagian tubuh selain wajah.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Dalam produk kosmetik, penambahan bahan aditif masih diperbolehkan asal sesuai dengan konsentrasi yang dianjurkan. Seperti pemakaian paraben dalam kosmetik, sampai saat ini masih kontroversial. Paraben membuat ketahanan produk mencapai lebih dari dua tahun.


Namun, di satu sisi paraben bersifat estrogenik atau memiliki sifat yang sama seperti estrogen. Ketika masuk ke dalam tubuh, paraben memiliki fungsi seperti hormon estrogen yang dikhawatirkan akan menjadi pemicu kanker payudara. 


Meskipun demikian, penelitian menunjukkan bahwa aktivitas estrogen dalam paraben 100.000 kali lebih lemah daripada estrogen yang diproduksi secara natural oleh tubuh. Artinya, untuk bisa menimbulkan efek estrogenik yang berhubungan dengan kanker payudara, dosis paraben dalam kosmetik harus ditambahkan beribu-ribu kali lipat.


FDA (Food and Drug Administration) Amerika Serikat memperbolehkan penggunaan paraben asalkan dalam batas yang ditentukan yaitu tidak lebih dari 0,3%. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia juga memperbolehkan penggunaan paraben pada produk kecantikan. Kadar paraben yang diperbolehkan tidak lebih dari 0,14% untuk paraben tunggal dan 0,8% untuk paraben campuran.

Pilih produk hot cleansing gel untuk membersihkan pori-pori

Pilih produk hot cleansing gel untuk membersihkan pori-pori
Apabila Anda ingin membersihkan kotoran yang ada di pori-pori sekitar hidung, kami merekomendasikan hot cleansing gel. Formulanya membuat kulit menjadi lembut sehingga Anda lebih mudah membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori. 

Blackhead dan kotoran di sekitar hidung biasanya dapat menjadi flek yang membuat kulit menjadi kusam. Tak perlu khawatir karena hot cleansing gel juga dapat mencerahkan kulit Anda.

dr. Firda Nurharini
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Firda Nurharini

Hot cleansing gel memiliki efek panas pada kulit yang hampir mirip seperti sauna atau pore-steaming. Tujuannya yaitu untuk memudahkan pengelupasan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Hot cleansing gel juga memiliki fungsi pelembap serta mengandung senyawa yang baik untuk kulit seperti hyaluronic acid, ceramides, dan glycerin.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

COSRXLow pH Good Morning Gel Cleanser

CXPLH0202

Mulai dari Rp 166.900,00

10 Rekomendasi cleansing gel terbaik

Dengan memperhatikan ulasan kami di atas, kini saatnya Anda memilih cleanseing gel terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Simaklah sepuluh rekomendasi cleansing gel terbaik pilihan kami berikut ini.

10

MelanoxMelanox Premium Facial Cleansing Gel

Mulai dari Rp 39.500,00

TipeCair
Perlu pembilasanYa
Bahan aditifMethylparaben, propylparaben
Bahan aktifPurified water, sodium laureth sulfate, glycerin, carica papaya extract, lemon (citrus medica limonum) extract sodium carboxymethyl betaglucan, green tea (camellia sinensis) extract
9
TipeOi-based
Perlu pembilasanYa
Bahan aditifTidak diketahui
Bahan aktifEkstrak placenta, proteoglycan, hyaluronic acid, jojoba oil, olive oil. rosehip oil、chamomile flower extract, ivy flower extract, calendula flower extract
8

Corine de FarmeMicellar Gel Refreshing

040647ID

Mulai dari Rp 135.000,00

TipeCair
Perlu pembilasanTidak
Bahan aditifParfum, phenoxyethanol
Bahan aktifAqua, hibiscus sabdariffa flower extract, centaurea cyanus flower extract, vegetal glycerin
7

Avalon OrganicsIntense Defense with Vitamin C Cleansing Gel

Mulai dari Rp 275.000,00

TipeOil-in-water
Perlu pembilasanYa
Bahan aditifX
Bahan aktifAloe barbadensis leaf juice, aqua, citrus aurantium bergamia (bergamot) fruit oil, citrus aurantium dulcis (orange) peel oil, citrus limon (lemon) peel oil
6

Eau Thermale Avene Cleanance Cleansing Gel for Face and Body

Mulai dari Rp 290.000,00

TipeCair
Perlu pembilasanYa
Bahan aditifFragrance
Bahan aktifMonolaurin, zinc gluconate, gentle surfaktan, Avène thermal spring water
5
TipeOil-based
Perlu pembilasanYa
Bahan aditifMethylparaben, propylparaben
Bahan aktifMineral oil, caprylic/capric triglyceride, glycerin
4
TipeCair
Perlu pembilasanYa
Bahan aditifX
Bahan aktifAqua, DAF kompleks, coco glucoside/gliseril oleate
3

Nuxe Face Cleansing and Make-Up Removing Gel Rêve de Miel

Mulai dari Rp 140.000,00

TipeOil-in-water
Perlu pembilasanYa
Bahan aditifParfum
Bahan aktifHoney, sunflower seed oil, coconut, allantoin
2

Glossier Milky Jelly Cleanser

Conditioning Face Wash

Mulai dari Rp 103.000,00

TipeCair
Perlu pembilasanYa
Bahan aditifX
Bahan aktifWater/aqua/eau, rosa damascena flower water, poloxamer, comfrey root extract, aquaxyl, pro vitamin B5
1

Oskia LondonRenaissance Cleansing Gel

Illuminating Vitamin Melting Cleanser

Mulai dari Rp 275.000,00

TipeOil-in-water
Perlu pembilasanYa
Bahan aditifX
Bahan aktifVitamin A, C, dan E, lactobacillus/cucurbita pepo ferment extract (fermented pumpkin enzymes), borago officinalis (borage) seed oil, omega 6

Tabel perbandingan produk cleansing gel terbaik

Gambar produk
1
Oskia London Renaissance Cleansing Gel 1

Oskia London

2
Glossier  Milky Jelly Cleanser 1

Glossier

3
Nuxe  Face Cleansing and Make-Up Removing Gel Rêve de Miel 1

Nuxe

4
Bioderma  Sensibio Gel Moussant 1

Bioderma

5
SK-II  Facial Treatment Cleansing Gel 1

SK-II

6
Eau Thermale Avene  Cleanance Cleansing Gel for Face and Body 1

Eau Thermale Avene

7
Avalon Organics Intense Defense with Vitamin C Cleansing Gel 1

Avalon Organics

8
Corine de Farme Micellar Gel Refreshing 1

Corine de Farme

9
Fracora Hot Cleansing Gel 1

Fracora

10
Melanox Melanox Premium Facial Cleansing Gel 1

Melanox

Nama produk

Renaissance Cleansing Gel

Milky Jelly Cleanser

Face Cleansing and Make-Up Removing Gel Rêve de Miel

Sensibio Gel Moussant

Facial Treatment Cleansing Gel

Cleanance Cleansing Gel for Face and Body

Intense Defense with Vitamin C Cleansing Gel

Micellar Gel Refreshing

Hot Cleansing Gel

Melanox Premium Facial Cleansing Gel

Keunggulan

Produk yang sempurna untuk banyak masalah kulit

Menyeimbangkan pH kulit dengan efek yang super melembapkan

Membersihkan makeup dengan sekali usap

Formula hypoallergenic yang tidak menimbulkan komedo

Merawat kulit wajah hingga tampak sebening kristal!

Mempertahankan keseimbangan produksi minyak pada kulit wajah

Menggunakan bahan-bahan organik. Bebas khawatir, deh!

Aman bagi pengguna lensa kontak

Fungsi ganda yang membuat kulit menjadi lebih bersih dan rileks

Mengandung formula alami yang mampu mempercepat proses pemulihan luka

Harga mulai dariRp 275.000,00Rp 103.000,00Rp 140.000,00Rp 189.050,00Rp 335.000,00Rp 290.000,00Rp 275.000,00Rp 135.000,00Rp 245.000,00Rp 39.500,00
TipeOil-in-waterCairOil-in-waterCairOil-basedCairOil-in-water CairOi-basedCair
Perlu pembilasanYaYaYaYaYaYaYaTidakYaYa
Bahan aditifXXParfumXMethylparaben, propylparabenFragranceXParfum, phenoxyethanolTidak diketahuiMethylparaben, propylparaben
Bahan aktifVitamin A, C, dan E, lactobacillus/cucurbita pepo ferment extract (fermented pumpkin enzymes), borago officinalis (borage) seed oil, omega 6Water/aqua/eau, rosa damascena flower water, poloxamer, comfrey root extract, aquaxyl, pro vitamin B5Honey, sunflower seed oil, coconut, allantoinAqua, DAF kompleks, coco glucoside/gliseril oleateMineral oil, caprylic/capric triglyceride, glycerinMonolaurin, zinc gluconate, gentle surfaktan, Avène thermal spring waterAloe barbadensis leaf juice, aqua, citrus aurantium bergamia (bergamot) fruit oil, citrus aurantium dulcis (orange) peel oil, citrus limon (lemon) peel oilAqua, hibiscus sabdariffa flower extract, centaurea cyanus flower extract, vegetal glycerinEkstrak placenta, proteoglycan, hyaluronic acid, jojoba oil, olive oil. rosehip oil、chamomile flower extract, ivy flower extract, calendula flower extractPurified water, sodium laureth sulfate, glycerin, carica papaya extract, lemon (citrus medica limonum) extract sodium carboxymethyl betaglucan, green tea (camellia sinensis) extract
Tautan produk

Tips menggunakan cleansing gel yang benar

Untuk meningkatkan khasiat pembersihan makeup, gunakan cleansing gel dengan cara yang benar. Pakailah sesuai dengan petunjuk produk Anda. Namun, Anda juga bisa menyimak tips dari kami berikut ini.

Untuk hasil optimal, gunakanlah saat kulit dalam kondisi kering

Untuk hasil optimal, gunakanlah saat kulit dalam kondisi kering

Pastikan Anda menggunakan cleansing gel dalam kondisi kulit yang kering. Jika kulit Anda dalam keadaan kering, gel dapat menempel secara sempurna sehingga optimal dalam membersihkan wajah. Hal ini juga berlaku saat Anda menggunakan hot cleansing gel. Kulit tidak akan terasa lembut apabila Anda menggunakan gel dalam keadaan basah. Hal tersebut benar-benar memengaruhi hasil akhir pembersihan. 


Meskipun beberapa produk diklaim dapat digunakan saat kulit dalam keadaan basah, kami tetap merekomendasikan Anda menggunakannya dalam keadaan kering. Tujuannya supaya proses pembersihan dapat dilakukan secara mendalam dan Anda mendapat hasil yang memuaskan.

Tingkatkan suhu gel saat menggunakan cleansing gel yang mengandung minyak

Tingkatkan suhu gel saat menggunakan cleansing gel yang mengandung minyak

Agar kinerja gel makin maksimal, hangatkan telapak tangan Anda dahulu saat ingin menggunakannya. Hal ini terutama berlaku saat Anda menggunakan cleansing gel tipe oil-in water


Umumnya, minyak pada produk tipe ini diselubungi dengan air saat dituangkan ke tangan Anda. Jika tangan Anda hangat, posisi air dan minyak akan bertukar, minyak akan menyelubungi air. Kondisi tersebut dapat membersihkan makeup dengan optimal. Mekanisme ini disebut dengan istilah fase inversi yang juga dapat dilakukan saat Anda menggunakan krim pembersih dan susu pembersih. 


Sebenarnya, fase ini akan terjadi secara natural saat diaplikasikan di wajah Anda. Namun, proses tersebut dapat memakan waktu yang lama sehingga ada kemungkinan kulit akan makin tegang. Untuk mendapat khasiat yang optimal sekaligus menghemat waktu, lakukanlah fase inversi di tangan terlebih dahulu.

Berikan sedikit air sebelum Anda membilasnya

Berikan sedikit air sebelum Anda membilasnya

Jangan lupa untuk memberikan sedikit air saat Anda hendak membilas cleansing gel tipe oil-in-water dan tipe oil-based. Hal ini masih berhubungan dengan fase inversi. Kegiatan menyelubungi minyak dengan air bertujuan untuk memudahkan Anda membersihkan cleansing gel saat membilas. Ratakan air ke wajah Anda, maka noda berminyak, seperti makeup dan sebum, dapat terangkat dengan sempurna!

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Firda N. Kusdwiharto

Cleansing gel dan cleansing oil kalau dilihat dari kandungannya, pasti lebih efektif cleasing oil untuk mengangkat kotoran dan makeup. Jenis cleanser ini paling ampuh untuk mengangkat makeup serta melembapkan kulit berkat kandungan minyaknya. 


Ketika memakainya, Anda harus melakukan pijatan di wajah agar sisa kotoran benar-benar diikat oleh kandungan minyak. Setelah mengaplikasikannya, Anda harus membilasnya dengan maksimal. Anda juga bahkan boleh menambahkan cleansing gel atau foam agar nggak ada lagi minyak yang tersisa di wajah.

Baca juga rekomendasi pembersih wajah lainnya di sini

Artikel ini secara khusus telah membahas tentang cleansing gel. Apabila Anda membutuhkan informasi mengenai jenis pembersih wajah lainnya, Anda dapat membaca artikel tersebut pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda telah menemukan cleansing gel yang paling pas dengan kebutuhan Anda? Saat memilih cleansing gel, pastikan Anda memperhatikan kondisi kulit dan kebutuhan Anda. Pilihlah produk yang sesuai dengan kondisi Anda, seperti penggunaan eyelash extension, lensa kontak, dan jenis riasan. 


Selain itu, pertimbangkan pula banyaknya waktu yang Anda butuhkan untuk membersihkan wajah. Selamat memilih dan jagalah kesehatan kulit Anda dengan baik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Cream Olay Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cream Olay Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Olay sudah lama menjadi merek skincare favorit wanita. Anda membutuhkan produk Olay untuk usia 50 tahun ke atas? Ada! Bagaimana dengan produk Olay untuk usia 30 tahun ke atas? Tentu ada! Anda bisa memilih produk Olay berdasarkan usia, termasuk cream wajahnya.Olay memiliki beragam krim wajah, antara lain Regenerist, Natural White, Total Effects, dan White Radiance. Nah, sekarang  kami akan membahas tentang cream Olay. Kami juga akan membantu Anda memilih cream Olay terbaik sesuai permasalahan kulit, misalnya berjerawat, berminyak, atau flek hitam. Selamat membaca dan memilih produk cream Olay terbaik!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori