1. TOP
  2. >
  3. Travelling
  4. >
  5. Perlengkapan travelling
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tas Koper Terbaik untuk Perjalanan Bisnis (Terbaru Tahun 2023)

Saat melakukan perjalanan bisnis, para pebisnis biasanya membawa barang yang cukup banyak. Daripada punggung sakit akibat beban berat dari memanggul backpack, pilih saja tas koper! Tas koper yang tidak terlalu besar akan cukup untuk membawa barang Anda jika harus menginap selama 1–3 hari.

Tips memilih tas koper yang bagus untuk perjalanan bisnis akan kami uraikan dalam artikel ini. Anda pun bisa menemukan produk-produk rekomendasi kami dari berbagai merek, misalnya TUMI, Samsonite, Traveler’s Choice, Navy Club, dan lainnya. Simaklah dan dapatkan tas koper terbaik untuk perjalanan bisnis Anda di sini!
Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih tas koper untuk perjalanan bisnis

Dari sekian banyak tas koper yang dijual di pasaran, standar apa yang Anda jadikan acuan? Apakah memilih berdasarkan fungsi, merek, berat, atau harganya? Kami akan membagikan tips memilih tas koper yang cocok untuk perjalanan bisnis.

① Pilih tas koper berdasarkan jenisnya

Terdapat dua jenis koper berdasarkan bahannya di pasaran, yaitu koper softcase dan hardcase. Lalu, jenis koper mana yang Anda butuhkan? Berikut ini kami akan membahas kelebihan dan kekurangan kedua jenis koper tersebut.

Softcase: Ringan, bisa menyimpan lebih banyak barang

Softcase: Ringan, bisa menyimpan lebih banyak barang

Koper softcase adalah koper berbahan kain tebal. Koper jenis ini umumnya dilengkapi dengan rangka yang kokoh dan kuat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir barang di dalamnya akan rusak. Biasanya, koper softcase dilengkapi dengan dua atau empat roda dan troli berbatang ganda untuk memudahkan Anda membawanya.


Berikut beberapa keunggulan koper softcase:

  • Mudah dibuka dan ditutup secara praktis meski diletakkan di tempat yang sempit
  • Memiliki banyak kantong pada bagian dalam dan luar
  • Lebih tahan benturan berkat bahannya yang fleksibel
  • Memiliki model yang lebih beragam

Berdasarkan keunggulannya, koper softcase cocok digunakan bila Anda sering mengeluarkan atau memasukkan dokumen saat bepergian. Namun, koper softcase tidak tahan air dan lebih mudah sobek sehingga tidak disarankan untuk Anda yang membawa laptop. Koper ini pun tidak direkomendasikan dibawa saat melakukan perjalanan dinas ke medan yang berat.

Hardcase: Lebih aman menjaga barang-barang di dalamnya dan mudah dibersihkan

Hardcase: Lebih aman menjaga barang-barang di dalamnya dan mudah dibersihkan

Tas koper hardcase merupakan tas yang umumnya terbuat dari bahan polycarbonate. Bahan ini merupakan bahan yang tahan cuaca dan antiair. Tak hanya itu, koper hardcase biasanya juga lebih tahan guncangan sehingga memberikan perlindungan yang lebih maksimal. Koper ini cocok digunakan untuk menyimpan barang-barang yang rentan rusak, seperti laptop atau gadget. 


Pada bagian dalam, terdapat dua ruangan yang sama besar sehingga lebih memudahkan pengguna untuk mengatur barang bawaannya. Kekurangan koper hardcase adalah lebih berat ketimbang koper softcase. Oleh sebab itu, koper hardcase biasanya dilengkapi dengan roda yang dapat berputar 360 derajat sehingga lebih mudah untuk dibawa.

② Pertimbangkan modelnya, horizontal atau vertikal?

Pertimbangkan modelnya, horizontal atau vertikal?

Koper untuk perjalanan dinas biasanya dilengkapi dengan dua tipe, yaitu koper horizontal dan koper vertikal. Lalu, apa keuntungan dan kekurangan dari kedua jenis itu? 


  • Tas koper horizontal

Tas koper horizontal biasanya lebih sering digunakan saat melakukan perjalanan bisnis. Ukurannya tidak terlalu besar sehingga lebih mudah dan nyaman untuk dibawa. Anda pun dapat menyimpan tumpukan dokumen dan gadget dengan lebih leluasa. Hal ini berkat adanya kantong, sekat penyimpanan, dan kompartemen fungsional.


Untuk perjalanan bisnis dalam waktu lama seperti ke luar negeri, beberapa orang mungkin terbiasa membawa tas kerja atau tas tambahan. Nah, tipe ini cocok untuk Anda yang ingin menggunakannya sebagai koper sekaligus tas kerja yang menyerupai model suitcase.


  • Tas koper vertikal

Sementara itu, koper tipe vertikal lebih umum ditemukan di pasaran. Model vertikal ini lebih sering digunakan saat liburan karena kapasitasnya relatif lebih besar. Tak hanya itu, model, ukuran, warna dan bahan koper pun cukup beragam. Bila Anda berencana berlibur setelah melakukan kunjungan dinas, tidak ada salahnya untuk memilih tas koper vertikal ini.

③ Pastikan tas koper nyaman dibawa dan digerakkan

Saat melakukan perjalanan bisnis, Anda akan lebih sibuk atau banyak berpindah lokasi dengan membawa koper. Akan sangat merepotkan apabila tas koper Anda sulit dibawa, bukan? Beberapa poin berikut ini perlu diperhatikan agar mendapatkan tas koper yang praktis dan fungsional.

Roda yang kuat menandakan kualitas terjamin

Roda yang kuat menandakan kualitas terjamin
Kualitas roda memengaruhi kenyamanan koper saat ditarik dan didorong. Saat pertama kali membeli, gerakan roda mungkin terasa mulus atau sama saja untuk setiap koper. Namun, tak jarang roda koper mengalami kerusakan atau copot setelah digunakan beberapa kali.

Banyak produsen tas koper yang mengeklaim kualitas dan daya tahan roda buatan mereka lebih mumpuni. Namun, jangan sampai terkecoh jika mereka menawarkan harga yang sangat rendah. Makin murah harganya, kualitas rodanya pun patut dipertanyakan.


Oleh karena itu, pastikan Anda memperhatikan kualitas rodanya saat membeli tas koper atau saat melihat review konsumen lain. Jika Anda sering melakukan perjalanan bisnis, pilihlah koper dari merek-merek yang sudah tepercaya kualitasnya ketimbang yang harganya murah.

Jumlah roda menentukan cara Anda membawanya

Jumlah roda menentukan cara Anda membawanya

Tas koper umumnya memiliki dua roda atau empat roda. Koper beroda dua tidak mudah tergelincir dan lebih tahan lama saat digunakan di permukaan yang tidak rata. Namun, koper jenis ini memiliki gerak lebih terbatas dan kurang nyaman saat melewati area sempit, misalnya pintu lift. Hal itu membuat Anda mungkin perlu mengangkatnya pada kondisi tertentu.


Di sisi lain, koper empat roda lebih mudah didorong dan ditarik karena mampu berputar 360 derajat. Jadi, koper empat roda kami rekomendasikan untuk Anda yang tidak ingin repot memutar dan mengangkat koper. Meski begitu, Anda tetap harus memegang koper dengan baik. Hal ini untuk menghindari koper tergelincir pada saat Anda berada di tempat yang bergerak, seperti di kereta. 

④ Cek ukuran dan beratnya

Seperti pembahasan di atas, Anda akan menemukan berbagai macam variasi bentuk, ukuran, dan desain koper di pasaran. Oleh sebab itu, simak ulasan kami berikut ini untuk menemukan koper yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bobotnya 2-3 kg membuat perjalanan Anda lebih nyaman

Bobotnya 2-3 kg membuat perjalanan Anda lebih nyaman

Saat melakukan perjalanan bisnis, biasanya Anda membawa banyak barang, seperti laptop, dokumen, dan perlengkapan lainnya. Padahal, bobot dari tas koper itu sendiri tidaklah ringan. Ditambah dengan barang bawaan yang berat, tentu Anda akan kelelahan saat menariknya. Karena itu, sebaiknya Anda memilih tas koper dengan bobot seringan mungkin agar nyaman untuk dibawa ke mana pun.


Makin ringan bobot kopernya, makin mudah Anda bergerak. Anda dapat menguji bobot koper dengan cara menaikkan dan menurunkannya dari rak. Akhir-akhir ini, sudah banyak merek yang menawarkan koper berbobot ringan dengan berat kurang dari 2 kg. 


Untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan saat bepergian, pilihlah tas koper dengan kapasitas sekitar 30 liter dan berat sekitar 2-3 kg. Namun, jika mencari tas koper yang kuat, dibekali teknologi canggih, dan berkapasitas besar, mungkin bobotnya akan lebih berat. Jadi, pilihlah bobot yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Ukuran koper yang disesuaikan dengan jangka waktu bepergian

Ukuran koper yang disesuaikan dengan jangka waktu bepergian

Selanjutnya, pilihlah ukuran koper sesuai barang yang Anda bawa. Ada beberapa ukuran koper yang bisa Anda dapatkan di pasaran, yaitu:


  • Koper berukuran kecil
Koper kabin yang diperbolehkan adalah koper berukuran 15–17 inci. Koper ini pas untuk perjalanan dinas dalam jangka pendek. Umumnya, koper jenis ini berukuran kurang dari 30 cm x 17 cm x 40 cm. Ukurannya yang cukup kecil ini dapat Anda bawa tanpa repot mencari trolley

  • Koper berukuran compact

Koper berukuran 18–19 inci dengan panjang koper berkisar 47 cm. Anda dapat memilih koper ini untuk menemani perjalanan dinas selama 1–4 hari.


  • Koper berukuran medium

Koper berukuran 20 inci menawarkan kapasitas cukup besar. Anda dapat menyimpan berbagai barang, seperti pakaian, alat mandi, laptop, gadget, atau dokumen pekerjaan. Biasanya, dimensi koper berukuran medium ini sebesar 56 cm x 37 cm x 22 cm. Pada beberapa maskapai, koper ukuran ini masih bisa Anda simpan di dalam kabin pesawat.

10 Rekomendasi tas koper terbaik untuk perjalanan bisnis

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tas koper terbaik untuk perjalanan bisnis yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Polo Milano

Polo Milano x Hinomoto Koper Hardcase ABS Cabin Size 20 Inch

Polo Milano Polo Milano x Hinomoto Koper Hardcase ABS Cabin Size 20 Inch 1枚目

Tahan banting dan antiair, aman untuk perjalanan panjang sekalipun

2

Luminox

Tas Koper Hardcase Fiber 24 Inch

Luminox Tas Koper Hardcase Fiber 24 Inch 1枚目

Ritsleting bergerigi ganda, tidak mudah rusak!

3

Air wheel

SE3Mini

Air wheel SE3Mini 1枚目

Koper kekinian yang tetap mempermudah perjalanan dinas Anda!

4

ACE

Passport 20 Inci Linie Koper 4 Roda

ACE Passport 20 Inci Linie Koper 4 Roda 1枚目

Kompartemen luas yang dapat menampung banyak barang bawaan!

5

Xiaomi

90 GOFUN Business Suitcase 20" Gray

Xiaomi 90 GOFUN Business Suitcase 20" Gray 1枚目

Ambil laptop dan files penting tak pakai lama!

6

Navy Club

Tas Koper Kantor 15 Inci 2 Roda

Navy Club Tas Koper Kantor 15 Inci 2 Roda 1枚目

Beli koper untuk perjalanan bisnis tak melulu butuh biaya tinggi

7

Condotti

Koper JEWELS 63124 - 20 inch

Condotti Koper JEWELS 63124 - 20 inch 1枚目

Expandable! Bisa memuat lebih banyak barang

8

Samsonite

Vestor Rolling Tote

Samsonite Vestor Rolling Tote 1枚目

Compact untuk 2 days business trip

9

Luggo

18 Inci Koper 4 Roda

Luggo  18 Inci Koper 4 Roda 1枚目

Pas untuk menemani perjalanan bisnis singkat selama satu hari

10

TUMI

Alpha 3 International Dual Access 4 Wheeled Carry-On

TUMI Alpha 3 International Dual Access 4 Wheeled Carry-On 1枚目

Komplet dengan USB port dan pelacak andal

Perincian produk
Close
No.1

Polo MilanoPolo Milano x Hinomoto Koper Hardcase ABS Cabin Size 20 Inch

Mulai dari Rp599.000,00

Tahan banting dan antiair, aman untuk perjalanan panjang sekalipun

Tas koper dari Polo Milano x Hinomoto yang satu ini dilengkapi dengan material ABS yang tak perlu Anda ragukan kualitasnya. Tak hanya itu, tas koper ini dilengkapi dengan corner protector yang membuat barang bawaan Anda lebih aman. Dengan begitu, koper ini lebih aman saat Anda gunakan untuk melakukan perjalanan bisnis dengan perjalanan yang panjang. 


Pastinya, Anda tak perlu khawatir tas akan rusak akibat benturan saat berada di perjalanan. Menariknya lagi, produk ini juga diklaim water resistant. Perjalanan di laut pun akan tetap nyaman.

No.2

LuminoxTas Koper Hardcase Fiber 24 Inch

Mulai dari Rp1.949.000,00

Ritsleting bergerigi ganda, tidak mudah rusak!

Apabila Anda mencari koper yang aman dan meningkatkan tampilan elegan Anda, pilihlah tas koper Navy Club yang satu ini. Tak hanya itu, tas koper ini dibekali dengan ritsleting bergerigi ganda. Dengan begitu, ritsleting tas ini pun tidak mudah dibobol sehingga lebih aman. Kompartemennya yang luas pun dapat Anda gunakan untuk menyimpan banyak barang.

No.3

Koper kekinian yang tetap mempermudah perjalanan dinas Anda!

Tas koper ini dilengkapi dengan motor penggerak dan pegangan teleskopik yang mudah dioperasikan. Anda dapat menaikinya sehingga perjalanan menjadi lebih mudah. Oleh sebab itu, kami merekomendasikan produk ini untuk Anda yang sering bepergian ke luar negeri. Melintasi banyak gate untuk menaiki pesawat selanjutnya menjadi lebih mudah, cepat, dan tidak capek!

No.4

ACEPassport 20 Inci Linie Koper 4 Roda

Mulai dari Rp1.599.000,00

Kompartemen luas yang dapat menampung banyak barang bawaan!

Apakah Anda terbiasa membawa lebih banyak barang sebagai persiapan tidak terduga dalam setiap perjalanan bisnis? Jika iya, sebaiknya Anda memilih produk ini. Tas koper dapat menampung barang bawaan hingga 35 liter. Namun, Anda tidak akan kesulitan saat menarik tas koper ini. 


Hal ini berkat adanya gagang tarik yang ergonomis sehingga mudah untuk digerakkan. Dilengkapi dengan roda yang dapat berputar hingga 360 derajat, perjalanan solo dinas Anda pun dapat dilewati dengan mudah. 

No.5

Xiaomi90 GOFUN Business Suitcase 20" Gray

Mulai dari Rp1.899.000,00

Ambil laptop dan files penting tak pakai lama!

Di perjalanan, pasti merepotkan jika Anda harus mengeluarkan laptop dari dalam koper. Nah, dengan koper ini, Anda tak perlu lagi membuka dan membongkar isi koper. Anda cukup membuka bagian kompartemen depannya. Ada kantong multifungsi yang dapat memuat laptop, buku, files, paspor, dan barang lainnya yang butuh diambil secara cepat. Koper ini tepat untuk perjalanan yang praktis.

No.6

Navy ClubTas Koper Kantor 15 Inci 2 Roda

Mulai dari Rp469.000,00

Beli koper untuk perjalanan bisnis tak melulu butuh biaya tinggi

Siapa bilang koper untuk pelesiran bisnis harus selalu mahal dan canggih? Dengan bujet di bawah sejuta, Anda sudah bisa mendapatkan koper ini. Kapasitasnya mumpuni untuk menemani perjalanan bisnis selama 1-2 malam. Selain itu, meski hanya berukuran 15 inci, di dalamnya sudah tersedia kantong khusus untuk laptop 14 inci dan map kantor, lho!

No.7

CondottiKoper JEWELS 63124 - 20 inch

Mulai dari Rp3.190.000,00

Expandable! Bisa memuat lebih banyak barang

Apakah Anda merasa repot dengan koper besar, tetapi harus membawa banyak barang saat perjalanan bisnis? Tak perlu khawatir! Condotti memproduksi salah satu koper hardcase terbaik yang kapasitasnya bisa dilebarkan alias berfitur expandable. Selain itu, fitur ritsleting gandanya akan membuat maling kesulitan untuk mengambil barang-barang di dalam koper Anda. 

No.8

SamsoniteVestor Rolling Tote

Mulai dari Rp4.890.000,00

Compact untuk 2 days business trip

Tas ini terdiri dari beberapa layer yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan files kantor, tablet atau gadget 10 inci, hingga laptop berukuran 16,4 inci. Semua perlengkapan mudah dimasukkan dan dikeluarkan secara efisien. Meskipun pakaian tidak bisa muat terlalu banyak, koper horizontal ini sangat tepat untuk dua hari perjalanan bisnis yang tinggi mobilitas.

No.9

Luggo 18 Inci Koper 4 Roda

Mulai dari Rp1.599.000,00

Pas untuk menemani perjalanan bisnis singkat selama satu hari

Apabila Anda mencari tas koper kecil untuk perjalanan bisnis satu hari, pilih saja tas koper berukuran 18 inci ini. Selain memiliki ukuran yang kecil, di bagian dalamnya telah dilengkapi kompartemen kecil. Dengan begitu, Anda dapat menyusun barang bawaan dengan lebih rapi dan teratur. Tentunya hal ini akan memudahkan Anda ketika membutuhkan dokumen atau barang penting lain saat berada di perjalanan. 

No.10

TUMIAlpha 3 International Dual Access 4 Wheeled Carry-On

Mulai dari Rp12.939.000,00

Komplet dengan USB port dan pelacak andal

Sebagian dari Anda mungkin mencari koper bermutu superior dari merek terbaik di kelasnya. Ini dia pilihannya! Seri Alpha 3 dari TUMI ini memiliki semua fitur untuk koper kerja. Adanya port USB membuat pengisian daya mudah dilakukan di mana saja. Daya tahannya pun dijamin awet bertahun-tahun, tak perlu bolak-balik beli koper baru.


Kemudian, ada teknologi TUMI Tracer yang dapat Anda gunakan ketika kehilangan koper Anda. Pasalnya, setiap koper telah didaftarkan dengan data pembelinya. Dengan dua puluh digit nomor uniknya, pemulihan barang-barang yang hilang, tertinggal, hingga dicuri pun bisa diakses dengan mudah.

Baca juga rekomendasi koper dan tas lainnya untuk menginap di sini

Anda sudah melihat deretan produk koper terbaik yang cocok untuk perjalanan bisnis. Bagaimana dengan rekomendasi pilihan tas lainnya? Carry-on bag atau koper untuk liburan, barangkali? Silakan Anda menyimak artikel rekomendasi tas atau koper untuk kebutuhan menginap di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, itu tadi rekomendasi produk tas koper terbaik dari kami. Kami berharap Anda dapat menemukan produk yang paling pas untuk kebutuhan Anda. Harga, ukuran, desain, dan fitur-fitur yang ditawarkan setiap merek tentu saja berbeda. 

Sesuaikanlah dengan bujet dan kebutuhan Anda agar perjalanan bisnis terasa lebih nyaman dan segalanya berjalan lancar. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan tas koper yang tepat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer