10 Rekomendasi Bluetooth Adaptor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bluetooth Adaptor Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Bluetooth yang terpasang di komputer dan laptop dapat menghubungkannya dengan perangkat lain tanpa menggunakan kabel. Hanya saja, beberapa komputer mungkin tidak memiliki Bluetooth. Bluetooth adaptor berfungsi untuk membantu Anda menyelesaikan masalah ini.

Bluetooth adaptor yang tersedia di pasaran kebanyakan memiliki bentuk dan tampilan yang hampir sama sehingga sulit dibedakan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membantu Anda dalam memilih Bluetooth adaptor yang sesuai untuk Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang telah kami pilih dengan seksama.

Daftar isi

Apa itu Bluetooth?

Apa itu Bluetooth?

Sebelum memasuki cara memilih Bluetooth adaptor, alangkah baiknya kita memahami Bluetooth itu sendiri terlebih dahulu. Bluetooth adalah salah satu standar yang digunakan untuk komunikasi antar perangkat elektronik tanpa menggunakan kabel. Bluetooth umumnya dapat menghubungkan berbagai perangkat secara nirkabel dalam radius maksimal 10 meter.

Bluetooth menggunakan gelombang radio 2,4 GHz untuk terhubung dengan Bluetooth pada perangkat lain. Pengembangan Bluetooth dimulai sejak tahun 1990-an dan menjadi semakin populer penggunaannya hingga saat ini. Di zaman serba teknologi saat ini, penggunaan Bluetooth menjadi hal yang sangat diperlukan.

Meskipun Bluetooth seringkali ditemukan sudah terpasang di komputer dan laptop Anda, beberapa produk mungkin tidak dilengkapi dengan sistem ini. Oleh karena itu, Bluetooth adaptor dibuat untuk membantu Anda mengatasi masalah seperti ini.

Cara memilih Bluetooth adaptor

Bluetooth adaptor yang dijual di pasaran memiliki bentuk dan tampilan yang hampir sama, tetapi sebenarnya masing-masing produk memiliki keunggulan dan performa yang berbeda. Di bawah ini kami akan menjelaskan cara membedakan dan memilih Bluetooth adaptor.

Pilih berdasarkan kelasnya

Pilih berdasarkan kelasnya

Bluetooth memiliki kategori kelasnya tersendiri, dimulai dari kelas 1 hingga 3. Kelas 1 memiliki sinyal yang paling kuat hingga 100 meter, kelas 2 di jarak 10 meter, dan kelas 3 di jarak 1 meter.

Saat ini kelas 1 dan kelas 2 adalah yang paling banyak ditemui, sedangkan kelas 3 sudah jarang digunakan. Jika Anda ingin melakukan komunikasi jarak jauh, kelas 1 kami sarankan untuk Anda. Kelas 2 kami sarankan apabila Anda menggunakannya untuk komputer pribadi saja.

Pilih berdasarkan versinya

Pilih berdasarkan versinya

Bluetooth berkembang seiring berjalannya waktu sehingga terdapat beberapa versi. Versi Bluetooth hingga saat ini tersedia dari versi 1.0 sampai 5.0, dimana versi 3.0 dan 4.0 adalah yang paling mudah ditemui saat ini. Versi 4.0 adalah versi yang didesain khusus untuk membantu fitur power saving sehingga perangkat Anda tidak cepat kehabisan energi.

Bluetooth dengan versi yang berbeda dapat terhubung satu sama lain. Namun, untuk versi 4.0 mungkin ada beberapa perangkat yang tidak bisa terhubung dengannya sehingga Anda harus lebih jeli dan cermat untuk hal ini.

Perhatikan profil Bluetooth

Perhatikan profil Bluetooth

Bluetooth memiliki profil yang berfungsi untuk kelancaran komunikasi data. Profil Bluetooth sendiri adalah penanda antar perangkat yang memiliki sistem Bluetooth agar komunikasi data dapat berjalan dengan baik.

Ada banyak sekali jenis profil Bluetooth. Beberapa diantaranya yang paling sering digunakan adalah A2DP (Advanced Audio Distribution Profile), BIP (Basic Imaging Profile), dan HFP (Hands-Free Profile). A2DP yang merupakan profil Bluetooth untuk transfer data berupa audio. BIP digunakan untuk transfer data berupa gambar. Sedangkan HFP adalah untuk memungkinkan penggunaan perangkat handsfree seperti headset, dan lain sebagainya.

Meskipun Anda memiliki perangkat yang dapat terhubung dengan Bluetooth, perangkat tersebut tidak akan dapat berkomunikasi selama tidak memiliki profil Bluetooth yang cocok. Anda dapat mencari tahu mengenai profil Bluetooth yang dimiliki sebuah perangkat melalui informasi pada kemasan atau pun situs resmi produk. Jadi, pastikanlah Bluetooth adaptor Anda mendukung jenis perangkat yang Anda gunakan.

Perhatikan juga standar USB

Perhatikan juga standar USB

Kebanyakan Bluetooth adaptor digunakan dengan cara dihubungkan melalui USB (Universal Serial Bus) port. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis USB port. Jenis yang paling umum adalah standard USB 2.0 dan 3.0. Semakin tinggi nomor standarnya, maka semakin cepat komunikasi antara Bluetooth adaptor dengan perangkat Anda.

USB dengan standar yang berbeda tetap dapat berkomunikasi, tetapi kecepatan transfer data yang dihasilkan tidak begitu baik. Oleh karena itu, pilihlah Bluetooth adaptor dengan USB yang sesuai dengan perangkat Anda.

Periksa kecocokannya dengan OS (Operation System) komputer Anda

Periksa kecocokannya dengan OS (Operation System) komputer Anda

Hal terakhir yang harus Anda periksa sebelum membeli Bluetooth adaptor adalah kecocokannya dengan OS yang Anda gunakan. Kebanyakan Bluetooth adaptor dapat digunakan untuk lebih dari 1 OS, tetapi beberapa OS mungkin tidak dapat mendukung Bluetooth adaptor yang Anda pilih.

Kini sudah banyak Bluetooth adaptor yang sesuai dengan sistem operasi Windows 7, Vista, 8, 8.1, dan 10. Bagi Anda pengguna sistem operasi Windows 10, sebaiknya perlu lebih selektif mengingat masih banyak produk Bluetooth adaptor yang belum support sistem operasi ini. Oleh karena itu, periksalah terlebih dahulu kecocokan produk pilihan Anda dengan OS perangkat Anda.

10 Rekomendasi Bluetooth adaptor

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga dapat menjadi inspirasi dalam memilih Bluetooth adaptor yang sesuai dengan perangkat Anda!

10. Bluetooth Adaptor 150 Mbps

10. Bluetooth Adaptor 150 Mbps

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 78.800

Mendukung Wi-Fi 802.11n dengan kecepatan yang tinggi

Bluetooth adaptor ini memiliki ukuran yang kecil sehingga tidak menutupi dan mengganggu fungsi USB port di sebelahnya ketika digunakan. Anda cukup mencolokkan adaptor ini ke komputer atau laptop Anda dan tidak perlu lagi menginstal program lain karena instalasi akan dilakukan secara otomatis.

Bluetooth adaptor ini mendukung Wi-Fi 802.11n yang artinya dapat digunakan untuk komunikasi data secara nirkabel dengan kecepatan maksimal hingga 150 Mbps. Jadi, untuk Anda yang menginginkan Bluetooth adaptor yang mampu bekerja dengan cepat, produk ini dapat menjadi pilihan Anda.

9. Amango Bluetooth Adaptor 2.0

9. Amango Bluetooth Adaptor 2.0

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 43.000

Mendukung USB 2.0 untuk Anda yang masih menggunakan Windows versi lama

Bluetooth adaptor ini termasuk produk yang sudah sulit ditemukan saat ini. Hal ini dikarenakan produk ini masih menggunakan standar USB 2.0 dan Bluetooth 2.0. Meskipun Bluetooth adaptor ini masih menggunakan versi yang lama, ada beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh.

Pertama, USB 2.0 dapat kompatibel dengan port USB 3.0 dan tidak berlaku sebaliknya. Kedua, standar versi lama memungkinkan untuk digunakan di OS versi lama seperti Windows XP dan Windows 98. Jadi, untuk Anda yang masih menggunakan OS versi lama, Bluetooth adaptor ini sangat cocok untuk Anda.

8. Binmer Bluetooth Adaptor 2.0

8. Binmer Bluetooth Adaptor 2.0

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 168.000

Desain model ikan yang menarik

Bluetooth adaptor ini juga menggunakan versi lama yaitu versi 2.1. Versi 2.1 memberikan keamanan lebih untuk data Anda dan memiliki konsumsi daya lebih rendah, bila dibandingkan dengan versi 2.0. Anda cukup mencolokkan Bluetooth adaptor ini tanpa harus menginstal software tambahan lagi.

Selain itu, desain bagian luarnya yang berbentuk ikan membuat tampilannya menjadi lebih menarik. Dengan bentuk dan warna cerah yang mencolok, produk ini jadi lebih mudah ditemukan ketika terselip di dalam tas Anda. Jadi, untuk Anda yang menyukai produk dengan model unik, produk ini patut Anda coba.

7. Ugreen USB Bluetooth 4.0 Adapter

7. Ugreen USB Bluetooth 4.0 Adapter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 84.000

DSR Speed Reduction untuk kenyamanan Anda saat mendengarkan lagu

Produk ini adalah Bluetooth adaptor yang sudah menggunakan versi 4.0 dengan chip CSR8510. Chip ini memungkinkan penggunaan energi yang lebih hemat dan transmisi gelombang yang stabil dengan jarak pemakaian hingga 20 meter.

Keunggulan dari Bluetooth adaptor ini adalah adanya DSR (Distant Speech Recognition) noise reduction untuk menghilangkan suara-suara yang mengganggu sehingga aktivitas mendengarkan lagu Anda menjadi lebih nyaman. Bluetooth adaptor ini sangat kami rekomendasikan untuk Anda yang suka mendengarkan lagu atau berkomunikasi melalui perangkat handsfree nirkabel.

6. Orico BTA-408

6. Orico BTA-408

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 228.000

Tersedia dalam variasi warna yang menarik

Bluetooth adaptor ini telah dibekali Bluetooth versi 4.0 yang membuatnya lebih hemat energi dan memiliki performa yang baik. Selain itu Anda juga tidak perlu menginstal software tambahan, cukup dengan mencolokkannya ke USB port saja.

Bluetooth adaptor ini dibuat dengan desain yang modis dan unik sehingga tidak akan terasa salah tempat saat dicolokkan ke komputer atau laptop Anda. Apalagi produk ini juga tersedia dalam berbagai warna yang menarik. Jadi untuk Anda yang menginginkan Bluetooth adaptor dengan pilihan warna yang bervariasi, produk ini patut Anda coba.

5. WIFI + Bluetooth 4.0 Adaptor

5. WIFI + Bluetooth 4.0 Adaptor

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 119.790

Dua fungsi menjadi satu dengan jarak transmisi yang tinggi

Bluetooth adaptor ini dibekali dengan Bluetooth versi 4.0, serta USB versi 2.0 dan 1.1. Selain sebagai Bluetooth adaptor, produk ini juga digunakan sebagai penerima sinyal Wi-Fi sehingga dapat membantu komputer Anda yang mungkin terkendala atau tidak bisa terhubung dengan Wi-Fi.

Area transmisi pada produk ini cukup luas, yaitu 50 meter di ruangan bersekat dan 150 meter di ruangan terbuka. Bentuknya yang persegi mungkin terkesan kurang menarik. Namun, untuk Anda yang membutuhkan Bluetooth adaptor dengan jarak area transmisi yang cukup luas, produk ini sesuai untuk Anda.

4. Pixlink MZ-301

4. Pixlink MZ-301

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 70.829

Dapat disambungkan dengan kabel jack 3.5 mm untuk menikmati musik

Bluetooth adaptor ini didesain untuk membantu Anda yang suka mendengarkan musik melalui laptop atau komputer Anda. Ada kalanya audio port jadi tertutupi saat Anda menggunakan Bluetooth adaptor, tetapi hal itu tidak jadi masalah bila Anda menggunakan produk ini. Hal itu karena Bluetooth adaptor ini dilengkapi dengan port untuk jack 3.5 mm di bagian belakangnya!

Selain memudahkan Anda untuk menyambungkan perangkat audio, Anda juga dapat menggunakan Bluetooth adaptor ini untuk mengubah speaker biasa menjadi Bluetooth speaker. Jadi, untuk Anda yang ingin menikmati musik tanpa terganggu audio port tertutup atau banyaknya kabel tambahan, produk ini dapat membantu Anda.

3. Bluetooth Adaptor for PS4

3. Bluetooth Adaptor for PS4

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 164.000

Membuat pengalaman bermain PS4 Anda menjadi lebih menyenangkan

Untuk Anda yang seorang gamer PS4 (PlayStation 4), Bluetooth adaptor ini adalah produk yang wajib Anda miliki. Bluetooth adaptor ini dapat membantu PS4 Anda terhubung dengan speaker dan headphone berbasis Bluetooth sehingga Anda tidak perlu repot-repot menggunakan kabel.

Pada Bluetooth adaptor ini juga tersedia mikrofon nirkabel yang memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pemain lain melalui suara. Bluetooth adaptor yang telah dibekali Bluetooh versi 4.0 ini juga mampu menghubungkan perangkat PS4 Anda dengan controller hingga jarak 10 meter.

2. Binmer Externe Audio Bluetooth 2.0 Adaptor

2. Binmer Externe Audio Bluetooth 2.0 Adaptor

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 173.000

Kemudahan lebih bagi para pencinta musik

Bluetooth adaptor ini menganut Bluetooth versi 2.1 dan USB 2.0 yang dapat disambungkan ke perangkat dengan OS versi lama sekalipun. Keunikan dari USB ini adalah adanya tombol pengatur musik, seperti forward, backward, volume, dan lain-lain di badan Bluetooth adaptor-nya.

Tombol pengatur musik ini juga dapat digunakan untuk membantu Anda mengatur lagu yang diputar. Bluetooth adaptor ini sangat cocok digunakan pada speaker dan komputer Anda, khususnya bagi Anda yang seorang pencinta musik sejati.

1. Bluetooth® 4.0 USB Adapter

1. Bluetooth® 4.0 USB Adapter

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 699.999

Ukuran kecil yang hemat tempat

Bluetooth adaptor dari Kensington ini mampu terhubung dengan berbagai versi Bluetooth, seperti versi 1.1, 1.2, 2.0, 2.1, dan 4.0. Selain itu, produk ini juga dapat dihubungkan dengan berbagai versi USB dari versi lama hingga yang baru. Kemampuannya untuk kompatibel dengan banyak versi lain ini akan sangat memudahkan Anda dalam penggunaannya.

Bluetooth adaptor ini didesain dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan produk lain yang serupa sehingga Anda dapat membiarkannya tetap menempel di laptop atau komputer Anda, tanpa khawatir akan mengganggu fungsi port lainnya. Untuk Anda yang sangat mengutamakan kepraktisan, produk ini kami rekomendasikan.

Kesimpulan

Saat ini kebutuhan akan perangkat nirkabel semakin meningkat. Oleh karena itu, penggunaan Bluetooth pun juga meningkat. Dengan menggunakan Bluetooth adaptor, Anda dapat terhubung dengan berbagai perangkat secara nirkabel sehingga membuat keseharian Anda menjadi lebih mudah.

Semoga dengan artikel ini Anda terbantu untuk menemukan Bluetooth adaptor yang cocok untuk perangkat Anda. Jangan lupa pula untuk selalu update informasi terbaru mengenai teknologi Bluetooth agar Anda semakin mudah dalam menentukan Bluetooth adaptor idaman Anda!