mybest
Aksesori komputer & laptop lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Rekomendasi Bluetooth Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer]
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 1
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 2
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 3
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 4
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer] 5

10 Rekomendasi Bluetooth Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer]

Dengan Bluetooth yang terpasang pada komputer dan laptop, Anda bisa terhubung secara wireless pada earphone/keyboard. Sayangnya, beberapa perangkat mungkin tidak memiliki teknologi ini. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan adapter Bluetooth. Namun, adapter atau dongle Bluetooth memiliki bentuk dan tampilan yang serupa sehingga sulit untuk memilihnya.

Terdapat berbagai merek adapter Bluetooth di pasaran, seperti ORICO, UGREEN, Vention, dan TP-Link. Kami akan menjelaskan cara memilihnya berdasarkan kelas, versi, dan standar USB-nya. Gunakan artikel yang sudah ditinjau oleh software engineer, Yosua Surojo, untuk menemukan Bluetooth adapter yang bagus bagi Anda. 
Diperbaharui 16/01/2024
Yosua Surojo
Pakar
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016. Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah perusahaan startup, Datasaur. Datasaur berfokus pada produk berupa labeling tools untuk membuat sebuah program kecerdasan buatan (AI). Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan bidang kecerdasan buatan dengan produk OCR (Optical Character Recognition). OCR dapat mempercepat pemrosesan dokumen data diri ataupun finansial.

Profil Yosua Surojo
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa itu Bluetooth?

Apa itu Bluetooth?

Sebelum memasuki cara memilih adapter Bluetooth, mari ketahui apa itu Bluetooth terlebih dahulu. Bluetooth adalah salah satu standar yang digunakan untuk komunikasi nirkabel jarak pendek yang dikembangkan sejak tahun 1990-an. Di era digital saat ini, Bluetooth telah menjadi salah satu teknologi yang sangat diperlukan.


Bluetooth menggunakan gelombang radio 2,4 GHz untuk terhubung pada berbagai perangkat seperti smartphone, earphone, PC, dan speaker. Bluetooth adapter biasanya digunakan pada perangkat-perangkat yang tidak memiliki teknologi Bluetooth bawaan (perangkat non-Bluetooth).

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih Bluetooth adapter

Meski bentuk dan tampilannya hampir sama, masing-masing adapter Bluetooth memiliki keunggulan dan performa yang berbeda. Hal yang perlu Anda ingat adalah apa tujuan Anda menggunakannya. Simak baik-baik penjelasan berikut ini untuk mengetahui adapter yang Anda butuhkan.

1

Pilih berdasarkan kelas Bluetooth-nya

Pilih berdasarkan kelas Bluetooth-nya

Bluetooth dibagi ke dalam beberapa kelas yang menunjukkan kekuatan gelombang radionya, dimulai dari kelas satu sampai tiga. Bluetooth kelas satu memiliki jangkauan sinyal yang paling kuat, yaitu hingga 100 meter. Sementara itu, Bluetooth kelas dua mampu menjangkau hingga jarak sepuluh meter. Yang terakhir, Bluetooth kelas tiga, hanya memiliki daya jangkau satu meter.


Adapun yang paling sering ditemui ialah Bluetooth kelas satu dan dua, sedangkan kelas tiga sudah jarang digunakan. Jika Anda ingin mengontrol perangkat dari jarak yang agak jauh, seperti di kantor, gunakanlah Bluetooth kelas satu. Sementara itu, untuk penggunaan di dekat komputer, Bluetooth kelas dua saja sudah cukup.

2

Pertimbangkan versi Bluetooth yang dipakai

Pertimbangkan versi Bluetooth yang dipakai
Bluetooth memiliki beberapa versi dan masih terus dikembangkan setiap harinya. Versi Bluetooth yang telah tersedia saat ini adalah versi 1.0 sampai 5.3. Adapun Bluetooth yang populer, yaitu versi 4.0 dan setelahnya. Versi 4.0 dikenal sebagai Bluetooth yang hemat daya dan bisa beroperasi dalam jangka waktu yang lama.

Bluetooth bersifat saling kompatibel. Sebagai contoh, Anda dapat menyambungkan perangkat versi 5.0 dan 4.0. Terkait hal ini, kecepatan sambungan dan hal-hal lainnya akan menyesuaikan dengan versi yang paling rendah.


Perlu dicatat bahwa mungkin ada ketidakcocokan antara versi 3.0 atau sebelumnya dengan versi 4.0 atau yang terbaru. Untuk itu, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu versi dari sebuah perangkat Bluetooth sebelum menyambungkannya dengan perangkat lain.

3

Perhatikan profil Bluetooth

Perhatikan profil Bluetooth
Bluetooth memiliki sesuatu yang disebut sebagai "profil". Anda memerlukan profil ini untuk menjalankan fungsi tertentu. Profil Bluetooth adalah sekumpulan aturan yang memungkinkan teknologi ini menyelesaikan tugas tertentu

Pada dasarnya, terdapat banyak jenis profil Bluetooth. Profil yang sering digunakan adalah A2DP (Advanced Audio Distribution Profile), BIP (Basic Imaging Profile), dan HFP (Hands-Free Profile).


A2DP berfungsi untuk mentransfer data berupa audio, sedangkan BIP digunakan untuk transfer data berupa gambar. Sementara itu, HFP adalah profil yang memungkinkan penggunaan perangkat handsfree, seperti headset dan lain sebagainya. Ada juga AVRCP (Audio/Video Remote Control Profile) yang biasanya digunakan dalam navigasi mobil untuk mengontrol audio streaming.


Untuk dapat menggunakan Bluetooth, profil dari kedua perangkat yang dihubungkan harus kompatibel. Sebagai contoh, jika Anda ingin mentransfer gambar, berarti Anda harus menghubungkan dua perangkat Bluetooth yang mendukung profil BIP. Oleh karena itu, Anda harus memastikan perangkat apa yang akan digunakan, kemudian sesuaikan dengan profil Bluetooth-nya.


Sayangnya, penjelasan tentang profil ini lumayan jarang dilampirkan pada deskripsi produk. Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk membaca penjelasan lengkapnya di halaman pembelian atau website resmi produk.

4

Ketahui standar USB-nya

Ketahui standar USB-nya
Dongle Bluetooth biasanya digunakan dengan cara dihubungkan melalui port USB. Ada banyak standar USB, mulai dari USB 1.1 sampai USB4. Namun, standar yang umum digunakan saat ini adalah USB 2.0 dan 3.0. Makin besar angka standar USB, makin baik pula kecepatan koneksinya dengan Bluetooth adapter. Serupa dengan profil Bluetooth, standar USB juga jarang dituliskan pada deskripsi produk.

Standar USB biasanya kompatibel, misalnya adapter Bluetooth dengan standar USB 3.0 bisa dimasukkan pada port USB 2.0. Namun, kecepatan koneksinya mengikuti standar yang paling rendah, dalam contoh ini ialah USB 2.0. Untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal, pilihlah adapter yang standar USB-nya sama dengan perangkat elektronik Anda.

5

Jika untuk komputer, periksa kecocokannya dengan sistem operasi pada komputer Anda

Jika untuk komputer, periksa kecocokannya dengan sistem operasi pada komputer Anda
Hal penting terakhir yang perlu Anda perhatikan ialah kecocokan Bluetooth adapter dengan sistem operasi (OS) komputer Anda. Walaupun kelas dan profilnya cocok, adapter Bluetooth tidak akan berfungsi jika tidak kompatibel dengan OS device Anda.

Kebanyakan adapter Bluetooth yang dijual di pasaran sudah kompatibel dengan Windows 7, Vista, 8, 8.1, 10, dan lain-lain. Namun, Anda tetap perlu memeriksanya dengan teliti untuk menghindari kesalahan. Selain itu, beberapa OS mungkin tidak mendukung fungsi hemat daya, seperti yang ditawarkan Bluetooth versi 4.0. Hal ini juga perlu Anda pertimbangkan.


Kompatibilitas dengan OS yang Anda gunakan juga ditentukan dari Bluetooth adapter yang digunakan. Periksa apakah produk tersebut plug and play (bisa langsung terhubung). Pasalnya, Anda mungkin perlu melakukan instalasi driver terlebih dahulu untuk beberapa produk Bluetooth dongle. Jika tidak langsung terhubung, Anda dapat mencoba mencari file instalasi driver di situs resmi produsennya.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Bluetooth Adapter Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Bluetooth Adapter terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 16 Januari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Ukuran laptop yang sesuai
Pengaturan kemiringan
Pengaturan ketinggian
Dapat dilipat
Metode pendinginan
Dimensi
Jumlah kipas
Material
Pengaturan kecepatan kipas
Pengaturan sudut
Volume suara
Port USB tambahan
Kecepatan kipas
Ukuran kipas
Kompatibilitas
Sistem operasi yang didukung
Versi USB
Kecepatan write
Bahan permukaan
Bahan alas
Bantal sandaran tangan
Port hulu
Port hilir
Power supply
Panjang kabel
Fitur/fungsi/keunggulan tambahan
Model
Jenis konektor
Memory card yang kompatibel
Kecepatan
Model joystick
Konektivitas
Resolusi
Tekanan pen tablet
Report rate
Software yang didukung
Area aktif
Bobot
Versi Bluetooth
Jangkauan konektivitas
Profil
Tipe
Kapasitas
Tipe output port
Jumlah port
Material permukaan
Material bagian dalam
Penggunaan
Permukaan dasar antiselip
Fungsi koreksi warna
Film yang kompatibel
Media penyimpanan
Ukuran MacBook
Besaran Ampere
Port USB type C
Tipe
Fungsi powerbank
Kompatibel dengan konverter steker
Bahan lapisan
Besaran pengaturan sudut
Bantalan
Pilihan warna
Jumlah port
Ketebalan
Seri
Sistem kontrol
Phase
Input
Output
Sistem proteksi
Sumber daya
Dukungan video
Dukungan audio
Panjang transmisi
Jumlah port output
Area tangkapan suara
1

TP-Link

UB500 Bluetooth 5.0 Nano USB AdapterUB400

TP-Link UB500 Bluetooth 5.0 Nano USB Adapter 1

Rp200.000

Agak Mahal

Ukuran kecil yang hemat tempat

14,8 mm × 6,8 mm × 18,9 mm

Windows 11/10/8.1/7

USB 2.0

Tidak diketahui

Bluetooth 5.0

Tidak diketahui

Hitam

2

ORICO

USB Bluetooth Adapter 4.0BTA-403

ORICO USB Bluetooth Adapter 4.0 1

Rp67.000

Agak Murah

Desain sleek dengan warna yang bervariasi

23 mm x 15 mm x 5 mm

Windows XP/Vista/7/8/10

Tidak diketahui

3 Mbps

Bluetooth 4.0

20 meter

Hitam, putih, biru, merah

3

M-Tech

Original USB Bluetooth Dongle Versi 5

M-Tech Original USB Bluetooth Dongle Versi 5 1

Rp31.500

Lebih Murah

Kompatibel dengan macOS, cocok untuk pengguna produk Apple

Tidak diketahui

Windows 10, Vista, XP, macOS

USB 2.0/3.0/4.0

Tidak diketahui

Bluetooth 5.0

10-20 meter

Hitam

4

Baseus

Wireless AdapterBA04

Baseus Wireless Adapter 1

Rp189.000

Agak Mahal

Plug and play, bisa langsung tersambung dengan perangkat Anda

23 mm x 15 mm x 6,5 mm

Windows 8.1/10/11 (tidak perlu menginstal driver), WIN7/XP (perlu menginstal driver)

USB 3.0

Tidak diketahui

Bluetooth 5.0

20 meter

Hitam

5

TP-Link

Archer T2U Nano-600 MbpsAC600

TP-Link Archer T2U Nano-600 Mbps 1

Rp189.000

Agak Mahal

Sudah dilengkapi advanced security WPA/WPA2

15 mm x 18,6 mm x 7,1 mm

Windows 10/8.1/8/7/XP, Mac OS X

USB 2.0

Tidak diketahui

Bluetooth 4.2

Tidak diketahui

Hitam

6

ORICO

5.0 Bluetooth Adapter BTA-608

ORICO  5.0 Bluetooth Adapter 1

Rp75.000

Agak Murah

Transfer data ngebut dengan kecepatan 5 Mbps

24,6 mm x 16,2 mm x 7 mm

Windows 7/8.1/10

Tidak diketahui

5 Mbps

Bluetooth 5.0

20 meter

Hitam, putih

7

Vention

USB Bluetooth Adapter Bluetooth Dongle Receiver

Vention USB Bluetooth Adapter Bluetooth Dongle Receiver 1

Rp107.499

Menengah

Fungsional, bisa tersambung ke 7 perangkat sekaligus

23,7 mm x 17,5 mm x 7,1 mm

Windows 7/8/10/11

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Bluetooth 5.0

20 meter

Hitam, putih

8

UGREEN

Bluetooth 5.3 USB AdapterCM591

UGREEN Bluetooth 5.3 USB Adapter 1

Rp82.500

Menengah

No delay berkat adanya sistem low latency

Tidak diketahui

Windows 8.1/10/11

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Bluetooth 5.3

20 meter

Hitam, putih

9

Essager

5.1 Adaptor Bluetooth

Essager 5.1 Adaptor Bluetooth 1

Rp109.000

Menengah

Dibuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama

14,83 mm x 14 mm x 5,3 mm

Windows 7/8/8.1/10/11

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Bluetooth 5.1

20 meter

Hitam

10

MCDODO

USB Bluetooth Dongle 5.1OT-1580

MCDODO USB Bluetooth Dongle 5.1 1

Rp69.500

Agak Murah

Bodi bergerigi yang mencegah adapter mudah terlepas

22 mm x 17 mm x 7,2 mm

Windows 7/8.1/10/11, Linux

USB-A

3 Mbps

Bluetooth 5.1

20 meter

Hitam

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

TP-LinkUB500 Bluetooth 5.0 Nano USB AdapterUB400

UB500 Bluetooth 5.0 Nano USB Adapter 1
Sumber: tp-link.com
UB500 Bluetooth 5.0 Nano USB Adapter 2
Sumber: tp-link.com
UB500 Bluetooth 5.0 Nano USB Adapter 3
Sumber: tp-link.com
UB500 Bluetooth 5.0 Nano USB Adapter 4
Sumber: tp-link.com
UB500 Bluetooth 5.0 Nano USB Adapter 5
Sumber: tp-link.com
Harga referensi
Rp200.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp200.000
Agak Mahal

Ukuran kecil yang hemat tempat

Adapter Bluetooth ini didesain dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan produk lain yang serupa. Dengan begitu, Anda dapat membiarkannya tetap menempel di laptop atau komputer tanpa khawatir mengganggu fungsi port lainnya.

Untuk Anda yang sangat mengutamakan kepraktisan, produk ini layak dipertimbangkan. Adapter ini memberikan portabilitas yang nyaman dengan kinerja yang andal. Produk ini juga bisa plug and play pada perangkat yang memakai sistem operasi Windows 7 ke atas.

Ukuran laptop yang sesuai
Pengaturan kemiringan
Pengaturan ketinggian
Dapat dilipat
Metode pendinginan
Dimensi14,8 mm × 6,8 mm × 18,9 mm
Jumlah kipas
Material
Pengaturan kecepatan kipas
Pengaturan sudut
Volume suara
Port USB tambahan
Kecepatan kipas
Ukuran kipas
Kompatibilitas
Sistem operasi yang didukungWindows 11/10/8.1/7
Versi USBUSB 2.0
Kecepatan write
Bahan permukaan
Bahan alas
Bantal sandaran tangan
Port hulu
Port hilir
Power supply
Panjang kabel
Fitur/fungsi/keunggulan tambahan
Model
Jenis konektor
Memory card yang kompatibel
KecepatanTidak diketahui
Model joystick
Konektivitas
Resolusi
Tekanan pen tablet
Report rate
Software yang didukung
Area aktif
Bobot
Versi BluetoothBluetooth 5.0
Jangkauan konektivitasTidak diketahui
Profil
Tipe
Kapasitas
Tipe output port
Jumlah port
Material permukaan
Material bagian dalam
Penggunaan
Permukaan dasar antiselip
Fungsi koreksi warna
Film yang kompatibel
Media penyimpanan
Ukuran MacBook
Besaran Ampere
Port USB type C
Tipe
Fungsi powerbank
Kompatibel dengan konverter steker
Bahan lapisan
Besaran pengaturan sudut
Bantalan
Pilihan warnaHitam
Jumlah port
Ketebalan
Seri
Sistem kontrol
Phase
Input
Output
Sistem proteksi
Sumber daya
Dukungan video
Dukungan audio
Panjang transmisi
Jumlah port output
Area tangkapan suara
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

ORICOUSB Bluetooth Adapter 4.0BTA-403

USB Bluetooth Adapter 4.0 1
Sumber: orico.cc
USB Bluetooth Adapter 4.0 2
Sumber: orico.cc
USB Bluetooth Adapter 4.0 3
Sumber: orico.cc
USB Bluetooth Adapter 4.0 4
Sumber: orico.cc
USB Bluetooth Adapter 4.0 5
Sumber: orico.cc
Harga referensi
Rp67.000
Agak Murah

Desain sleek dengan warna yang bervariasi

Bluetooth adapter ini memiliki desain yang sleek dengan permukaan yang licin dan mengilap. Terlebih lagi, produk ini tersedia dalam empat pilihan warna, yaitu merah, hitam, putih, dan biru. Connector-nya juga dilapisi dengan emas 24K yang diklaim memiliki konduksi lebih baik serta sinyal lebih kuat. Untuk Anda yang menginginkan adapter dengan pilihan warna yang bervariasi, produk ini patut Anda coba.


Selain itu, Anda hanya perlu melakukan satu kali pairing pada komputer pribadi dan adapter bisa digunakan sampai kapan pun. Untuk penggunaan selanjutnya, cukup masukkan adapter pada port USB dan koneksi Bluetooth pun sudah siap Anda gunakan.

Ukuran laptop yang sesuai
Pengaturan kemiringan
Pengaturan ketinggian
Dapat dilipat
Metode pendinginan
Dimensi23 mm x 15 mm x 5 mm
Jumlah kipas
Material
Pengaturan kecepatan kipas
Pengaturan sudut
Volume suara
Port USB tambahan
Kecepatan kipas
Ukuran kipas
Kompatibilitas
Sistem operasi yang didukungWindows XP/Vista/7/8/10
Versi USBTidak diketahui
Kecepatan write
Bahan permukaan
Bahan alas
Bantal sandaran tangan
Port hulu
Port hilir
Power supply
Panjang kabel
Fitur/fungsi/keunggulan tambahan
Model
Jenis konektor
Memory card yang kompatibel
Kecepatan3 Mbps
Model joystick
Konektivitas
Resolusi
Tekanan pen tablet
Report rate
Software yang didukung
Area aktif
Bobot
Versi BluetoothBluetooth 4.0
Jangkauan konektivitas20 meter
Profil
Tipe
Kapasitas
Tipe output port
Jumlah port
Material permukaan
Material bagian dalam
Penggunaan
Permukaan dasar antiselip
Fungsi koreksi warna
Film yang kompatibel
Media penyimpanan
Ukuran MacBook
Besaran Ampere
Port USB type C
Tipe
Fungsi powerbank
Kompatibel dengan konverter steker
Bahan lapisan
Besaran pengaturan sudut
Bantalan
Pilihan warnaHitam, putih, biru, merah
Jumlah port
Ketebalan
Seri
Sistem kontrol
Phase
Input
Output
Sistem proteksi
Sumber daya
Dukungan video
Dukungan audio
Panjang transmisi
Jumlah port output
Area tangkapan suara
View all
No.3

M-TechOriginal USB Bluetooth Dongle Versi 5

Harga referensi
Rp31.500
Lebih Murah

Kompatibel dengan macOS, cocok untuk pengguna produk Apple

Para pengguna perangkat keluaran Apple mungkin kesulitan menemukan Bluetooth adapter yang cocok. Karena itu, kami merekomendasikan produk buatan M-Tech ini. Adapter ini kompatibel dengan berbagai sistem operasi, mulai dari Windows XP hingga macOS.


Menariknya lagi, alat ini mendukung tampilan multibahasa yang bisa Anda sesuaikan dengan preferensi pribadi. Produk ini juga memiliki konsumsi daya yang rendah sehingga tidak akan membebani komputer dan laptop Anda.

Ukuran laptop yang sesuai
Pengaturan kemiringan
Pengaturan ketinggian
Dapat dilipat
Metode pendinginan
DimensiTidak diketahui
Jumlah kipas
Material
Pengaturan kecepatan kipas
Pengaturan sudut
Volume suara
Port USB tambahan
Kecepatan kipas
Ukuran kipas
Kompatibilitas
Sistem operasi yang didukungWindows 10, Vista, XP, macOS
Versi USBUSB 2.0/3.0/4.0
Kecepatan write
Bahan permukaan
Bahan alas
Bantal sandaran tangan
Port hulu
Port hilir
Power supply
Panjang kabel
Fitur/fungsi/keunggulan tambahan
Model
Jenis konektor
Memory card yang kompatibel
KecepatanTidak diketahui
Model joystick
Konektivitas
Resolusi
Tekanan pen tablet
Report rate
Software yang didukung
Area aktif
Bobot
Versi BluetoothBluetooth 5.0
Jangkauan konektivitas10-20 meter
Profil
Tipe
Kapasitas
Tipe output port
Jumlah port
Material permukaan
Material bagian dalam
Penggunaan
Permukaan dasar antiselip
Fungsi koreksi warna
Film yang kompatibel
Media penyimpanan
Ukuran MacBook
Besaran Ampere
Port USB type C
Tipe
Fungsi powerbank
Kompatibel dengan konverter steker
Bahan lapisan
Besaran pengaturan sudut
Bantalan
Pilihan warnaHitam
Jumlah port
Ketebalan
Seri
Sistem kontrol
Phase
Input
Output
Sistem proteksi
Sumber daya
Dukungan video
Dukungan audio
Panjang transmisi
Jumlah port output
Area tangkapan suara
View all
No.4

BaseusWireless AdapterBA04

Harga referensi
Rp189.000
Agak Mahal

Plug and play, bisa langsung tersambung dengan perangkat Anda

Bagi Anda yang kurang memahami tentang penginstalan driver, memilih produk ini adalah keputusan yang bijak. Soalnya Baseus BA04 menggunakan sistem plug and play, yakni bisa langsung tersambung ke komputer atau laptop Anda. Jadi, Anda tak perlu meng-install driver terlebih dahulu. Praktis, bukan?


Sebagai catatan, sistem plug and play ini hanya berlaku untuk perangkat yang memakai OS Windows 8 dan seterusnya. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa kompatibilitasnya dengan perangkat Anda, ya!

Ukuran laptop yang sesuai
Pengaturan kemiringan
Pengaturan ketinggian
Dapat dilipat
Metode pendinginan
Dimensi23 mm x 15 mm x 6,5 mm
Jumlah kipas
Material
Pengaturan kecepatan kipas
Pengaturan sudut
Volume suara
Port USB tambahan
Kecepatan kipas
Ukuran kipas
Kompatibilitas
Sistem operasi yang didukungWindows 8.1/10/11 (tidak perlu menginstal driver), WIN7/XP (perlu menginstal driver)
Versi USBUSB 3.0
Kecepatan write
Bahan permukaan
Bahan alas
Bantal sandaran tangan
Port hulu
Port hilir
Power supply
Panjang kabel
Fitur/fungsi/keunggulan tambahan
Model
Jenis konektor
Memory card yang kompatibel
KecepatanTidak diketahui
Model joystick
Konektivitas
Resolusi
Tekanan pen tablet
Report rate
Software yang didukung
Area aktif
Bobot
Versi BluetoothBluetooth 5.0
Jangkauan konektivitas20 meter
Profil
Tipe
Kapasitas
Tipe output port
Jumlah port
Material permukaan
Material bagian dalam
Penggunaan
Permukaan dasar antiselip
Fungsi koreksi warna
Film yang kompatibel
Media penyimpanan
Ukuran MacBook
Besaran Ampere
Port USB type C
Tipe
Fungsi powerbank
Kompatibel dengan konverter steker
Bahan lapisan
Besaran pengaturan sudut
Bantalan
Pilihan warnaHitam
Jumlah port
Ketebalan
Seri
Sistem kontrol
Phase
Input
Output
Sistem proteksi
Sumber daya
Dukungan video
Dukungan audio
Panjang transmisi
Jumlah port output
Area tangkapan suara
View all
No.5

TP-LinkArcher T2U Nano-600 MbpsAC600

Harga referensi
Rp189.000
Agak Mahal

Sudah dilengkapi advanced security WPA/WPA2

Jika Anda sering menggunakan koneksi Bluetooth atau Wi-Fi saat berada di ruang terbuka, adapter Bluetooth ini dapat Anda jadikan pilihan. Hal ini karena Archer T2U Nano-600 Mbps telah dilengkapi dengan advanced security WPA/WPA2. Jadi, data Anda pun dapat terlindungi dengan baik dari penyusup. Data lebih aman, hati pun jadi tenang!

Ukuran laptop yang sesuai
Pengaturan kemiringan
Pengaturan ketinggian
Dapat dilipat
Metode pendinginan
Dimensi15 mm x 18,6 mm x 7,1 mm
Jumlah kipas
Material
Pengaturan kecepatan kipas
Pengaturan sudut
Volume suara
Port USB tambahan
Kecepatan kipas
Ukuran kipas
Kompatibilitas
Sistem operasi yang didukungWindows 10/8.1/8/7/XP, Mac OS X
Versi USBUSB 2.0
Kecepatan write
Bahan permukaan
Bahan alas
Bantal sandaran tangan
Port hulu
Port hilir
Power supply
Panjang kabel
Fitur/fungsi/keunggulan tambahan
Model
Jenis konektor
Memory card yang kompatibel
KecepatanTidak diketahui
Model joystick
Konektivitas
Resolusi
Tekanan pen tablet
Report rate
Software yang didukung
Area aktif
Bobot
Versi BluetoothBluetooth 4.2
Jangkauan konektivitasTidak diketahui
Profil
Tipe
Kapasitas
Tipe output port
Jumlah port
Material permukaan
Material bagian dalam
Penggunaan
Permukaan dasar antiselip
Fungsi koreksi warna
Film yang kompatibel
Media penyimpanan
Ukuran MacBook
Besaran Ampere
Port USB type C
Tipe
Fungsi powerbank
Kompatibel dengan konverter steker
Bahan lapisan
Besaran pengaturan sudut
Bantalan
Pilihan warnaHitam
Jumlah port
Ketebalan
Seri
Sistem kontrol
Phase
Input
Output
Sistem proteksi
Sumber daya
Dukungan video
Dukungan audio
Panjang transmisi
Jumlah port output
Area tangkapan suara
View all
No.6

ORICO 5.0 Bluetooth Adapter BTA-608

Harga referensi
Rp75.000
Agak Murah

Transfer data ngebut dengan kecepatan 5 Mbps

ORICO BTA-608 mampu mentransfer data dengan cepat dari ponsel ke komputer Anda. Adapter ini menggunakan Bluetooth 5.0 yang memiliki transmission rate 5 megabits per detik. Jika Anda berencana mengirimkan banyak file dari ponsel dan tak ingin menunggu lama, produk ini adalah solusinya. Anda dapat memakai alat ini untuk mengirim file berupa dokumen, gambar, audio, dan lain sebagainya.

Ukuran laptop yang sesuai
Pengaturan kemiringan
Pengaturan ketinggian
Dapat dilipat
Metode pendinginan
Dimensi24,6 mm x 16,2 mm x 7 mm
Jumlah kipas
Material
Pengaturan kecepatan kipas
Pengaturan sudut
Volume suara
Port USB tambahan
Kecepatan kipas
Ukuran kipas
Kompatibilitas
Sistem operasi yang didukungWindows 7/8.1/10
Versi USBTidak diketahui
Kecepatan write
Bahan permukaan
Bahan alas
Bantal sandaran tangan
Port hulu
Port hilir
Power supply
Panjang kabel
Fitur/fungsi/keunggulan tambahan
Model
Jenis konektor
Memory card yang kompatibel
Kecepatan5 Mbps
Model joystick
Konektivitas
Resolusi
Tekanan pen tablet
Report rate
Software yang didukung
Area aktif
Bobot
Versi BluetoothBluetooth 5.0
Jangkauan konektivitas20 meter
Profil
Tipe
Kapasitas
Tipe output port
Jumlah port
Material permukaan
Material bagian dalam
Penggunaan
Permukaan dasar antiselip
Fungsi koreksi warna
Film yang kompatibel
Media penyimpanan
Ukuran MacBook
Besaran Ampere
Port USB type C
Tipe
Fungsi powerbank
Kompatibel dengan konverter steker
Bahan lapisan
Besaran pengaturan sudut
Bantalan
Pilihan warnaHitam, putih
Jumlah port
Ketebalan
Seri
Sistem kontrol
Phase
Input
Output
Sistem proteksi
Sumber daya
Dukungan video
Dukungan audio
Panjang transmisi
Jumlah port output
Area tangkapan suara
View all
No.7

VentionUSB Bluetooth Adapter Bluetooth Dongle Receiver

Harga referensi
Rp107.499
Menengah

Fungsional, bisa tersambung ke 7 perangkat sekaligus

Apakah Anda sedang mencari Bluetooth dongle yang bisa tersambung ke banyak perangkat sekaligus? Jika iya, jangan ragu untuk memilih produk dari Vention ini. Adapter ini dapat terhubung ke tujuh perangkat secara bersamaan. Misalnya, Anda dapat menghubungkan komputer dengan keyboard, mouse, headset, dan juga gaming stick dalam satu waktu. Produk ini layak dimiliki oleh Anda yang berprofesi sebagai gamer, streamer, hingga editor.

Ukuran laptop yang sesuai
Pengaturan kemiringan
Pengaturan ketinggian
Dapat dilipat
Metode pendinginan
Dimensi23,7 mm x 17,5 mm x 7,1 mm
Jumlah kipas
Material
Pengaturan kecepatan kipas
Pengaturan sudut
Volume suara
Port USB tambahan
Kecepatan kipas
Ukuran kipas
Kompatibilitas
Sistem operasi yang didukungWindows 7/8/10/11
Versi USBTidak diketahui
Kecepatan write
Bahan permukaan
Bahan alas
Bantal sandaran tangan
Port hulu
Port hilir
Power supply
Panjang kabel
Fitur/fungsi/keunggulan tambahan
Model
Jenis konektor
Memory card yang kompatibel
KecepatanTidak diketahui
Model joystick
Konektivitas
Resolusi
Tekanan pen tablet
Report rate
Software yang didukung
Area aktif
Bobot
Versi BluetoothBluetooth 5.0
Jangkauan konektivitas20 meter
Profil
Tipe
Kapasitas
Tipe output port
Jumlah port
Material permukaan
Material bagian dalam
Penggunaan
Permukaan dasar antiselip
Fungsi koreksi warna
Film yang kompatibel
Media penyimpanan
Ukuran MacBook
Besaran Ampere
Port USB type C
Tipe
Fungsi powerbank
Kompatibel dengan konverter steker
Bahan lapisan
Besaran pengaturan sudut
Bantalan
Pilihan warnaHitam, putih
Jumlah port
Ketebalan
Seri
Sistem kontrol
Phase
Input
Output
Sistem proteksi
Sumber daya
Dukungan video
Dukungan audio
Panjang transmisi
Jumlah port output
Area tangkapan suara
View all
No.8

UGREENBluetooth 5.3 USB AdapterCM591

Harga referensi
Rp82.500
Menengah

No delay berkat adanya sistem low latency

UGREEN menghadirkan adapter Bluetooth dengan chip ATS2851. Chip ini diklaim memiliki transmisi gelombang yang stabil dan sistem low latency. Adanya sistem tersebut membuat produk ini memiliki proses sinkronisasi output yang dapat diterima tanpa delay atau keterlambatan. Jika ingin Bluetooth terkoneksi lebih cepat tanpa hambatan pada perangkat Anda, produk ini patut dipilih!

Ukuran laptop yang sesuai
Pengaturan kemiringan
Pengaturan ketinggian
Dapat dilipat
Metode pendinginan
DimensiTidak diketahui
Jumlah kipas
Material
Pengaturan kecepatan kipas
Pengaturan sudut
Volume suara
Port USB tambahan
Kecepatan kipas
Ukuran kipas
Kompatibilitas
Sistem operasi yang didukungWindows 8.1/10/11
Versi USBTidak diketahui
Kecepatan write
Bahan permukaan
Bahan alas
Bantal sandaran tangan
Port hulu
Port hilir
Power supply
Panjang kabel
Fitur/fungsi/keunggulan tambahan
Model
Jenis konektor
Memory card yang kompatibel
KecepatanTidak diketahui
Model joystick
Konektivitas
Resolusi
Tekanan pen tablet
Report rate
Software yang didukung
Area aktif
Bobot
Versi BluetoothBluetooth 5.3
Jangkauan konektivitas20 meter
Profil
Tipe
Kapasitas
Tipe output port
Jumlah port
Material permukaan
Material bagian dalam
Penggunaan
Permukaan dasar antiselip
Fungsi koreksi warna
Film yang kompatibel
Media penyimpanan
Ukuran MacBook
Besaran Ampere
Port USB type C
Tipe
Fungsi powerbank
Kompatibel dengan konverter steker
Bahan lapisan
Besaran pengaturan sudut
Bantalan
Pilihan warnaHitam, putih
Jumlah port
Ketebalan
Seri
Sistem kontrol
Phase
Input
Output
Sistem proteksi
Sumber daya
Dukungan video
Dukungan audio
Panjang transmisi
Jumlah port output
Area tangkapan suara
View all
No.9

Essager5.1 Adaptor Bluetooth

Harga referensi
Rp109.000
Menengah

Dibuat dari bahan yang kokoh dan tahan lama

Jika Anda mengutamakan bahan yang kuat dan awet pada adapter Bluetooth, liriklah produk dari Essager ini. Bagian luar dongle 5.1 Adaptor Bluetooth ini dibuat zinc alloy ABS yang ringan, tetapi diklaim kokoh dan tahan lama. Jadi, jika produk ini terjatuh tidak akan mudah retak ataupun pecah. 

Ukuran laptop yang sesuai
Pengaturan kemiringan
Pengaturan ketinggian
Dapat dilipat
Metode pendinginan
Dimensi14,83 mm x 14 mm x 5,3 mm
Jumlah kipas
Material
Pengaturan kecepatan kipas
Pengaturan sudut
Volume suara
Port USB tambahan
Kecepatan kipas
Ukuran kipas
Kompatibilitas
Sistem operasi yang didukungWindows 7/8/8.1/10/11
Versi USBTidak diketahui
Kecepatan write
Bahan permukaan
Bahan alas
Bantal sandaran tangan
Port hulu
Port hilir
Power supply
Panjang kabel
Fitur/fungsi/keunggulan tambahan
Model
Jenis konektor
Memory card yang kompatibel
KecepatanTidak diketahui
Model joystick
Konektivitas
Resolusi
Tekanan pen tablet
Report rate
Software yang didukung
Area aktif
Bobot
Versi BluetoothBluetooth 5.1
Jangkauan konektivitas20 meter
Profil
Tipe
Kapasitas
Tipe output port
Jumlah port
Material permukaan
Material bagian dalam
Penggunaan
Permukaan dasar antiselip
Fungsi koreksi warna
Film yang kompatibel
Media penyimpanan
Ukuran MacBook
Besaran Ampere
Port USB type C
Tipe
Fungsi powerbank
Kompatibel dengan konverter steker
Bahan lapisan
Besaran pengaturan sudut
Bantalan
Pilihan warnaHitam
Jumlah port
Ketebalan
Seri
Sistem kontrol
Phase
Input
Output
Sistem proteksi
Sumber daya
Dukungan video
Dukungan audio
Panjang transmisi
Jumlah port output
Area tangkapan suara
View all
No.10

MCDODOUSB Bluetooth Dongle 5.1OT-1580

Harga referensi
Rp69.500
Agak Murah

Bodi bergerigi yang mencegah adapter mudah terlepas

Bluetooth adapter MCDODO yang satu ini didesain dengan bodi bergerigi yang unik. Tujuannya supaya adapter tidak mudah terlepas dari genggaman Anda. Produk yang satu ini ideal untuk Anda yang memiliki telapak tangan cenderung basah atau licin. Jadi, tidak perlu takut lagi adapter akan mudah hilang, deh!

Ukuran laptop yang sesuai
Pengaturan kemiringan
Pengaturan ketinggian
Dapat dilipat
Metode pendinginan
Dimensi22 mm x 17 mm x 7,2 mm
Jumlah kipas
Material
Pengaturan kecepatan kipas
Pengaturan sudut
Volume suara
Port USB tambahan
Kecepatan kipas
Ukuran kipas
Kompatibilitas
Sistem operasi yang didukungWindows 7/8.1/10/11, Linux
Versi USBUSB-A
Kecepatan write
Bahan permukaan
Bahan alas
Bantal sandaran tangan
Port hulu
Port hilir
Power supply
Panjang kabel
Fitur/fungsi/keunggulan tambahan
Model
Jenis konektor
Memory card yang kompatibel
Kecepatan3 Mbps
Model joystick
Konektivitas
Resolusi
Tekanan pen tablet
Report rate
Software yang didukung
Area aktif
Bobot
Versi BluetoothBluetooth 5.1
Jangkauan konektivitas20 meter
Profil
Tipe
Kapasitas
Tipe output port
Jumlah port
Material permukaan
Material bagian dalam
Penggunaan
Permukaan dasar antiselip
Fungsi koreksi warna
Film yang kompatibel
Media penyimpanan
Ukuran MacBook
Besaran Ampere
Port USB type C
Tipe
Fungsi powerbank
Kompatibel dengan konverter steker
Bahan lapisan
Besaran pengaturan sudut
Bantalan
Pilihan warnaHitam
Jumlah port
Ketebalan
Seri
Sistem kontrol
Phase
Input
Output
Sistem proteksi
Sumber daya
Dukungan video
Dukungan audio
Panjang transmisi
Jumlah port output
Area tangkapan suara
View all

5 Rekomendasi Bluetooth Adapter terbaik

No. 1: TP-LinkUB500 Bluetooth 5.0 Nano USB AdapterUB400

No. 2: ORICOUSB Bluetooth Adapter 4.0BTA-403

No. 3: M-TechOriginal USB Bluetooth Dongle Versi 5

No. 4: BaseusWireless AdapterBA04

No. 5: TP-LinkArcher T2U Nano-600 MbpsAC600

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Komputer & laptop
  3. Aksesori komputer & laptop
  4. 10 Rekomendasi Bluetooth Adapter Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Software Engineer]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.