• 10 Bluetooth Adapter Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Bluetooth Adapter Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Bluetooth Adapter Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Bluetooth Adapter Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Bluetooth Adapter Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Bluetooth Adapter Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)

Dengan Bluetooth yang terpasang pada komputer dan laptop, Anda bisa terhubung secara wireless pada earphone/keyboard. Sayangnya, beberapa perangkat mungkin tidak memiliki teknologi ini. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan adapter Bluetooth. Namun, adapter atau dongle Bluetooth memiliki bentuk dan tampilan yang serupa sehingga sulit untuk memilihnya.

Terdapat berbagai merek adapter Bluetooth di pasaran, seperti ORICO, UGREEN, Vention, dan TP-Link. Kami akan menjelaskan cara memilihnya berdasarkan kelas, versi, dan standar USB-nya. Gunakan artikel yang sudah ditinjau oleh software engineer, Yosua Surojo, untuk menemukan Bluetooth adapter yang bagus bagi Anda. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Yosua Surojo
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo

Profil pakar: Software engineer, Yosua Surojo
Yosua Surojo
Drone specialist & software engineer
Yosua Surojo

Yosua Surojo adalah lulusan Fisika, Universitas Indonesia yang pernah memimpin Tim Robot Terbang, sub-tim dari Tim Robotika Universitas Indonesia. Timnya pernah meraih juara satu pada Kontes Robot Terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Teknologi pada 2015 dan 2016.


Sekarang Yosua bekerja sebagai software engineer di sebuah startup konvergen artificial intelligence (AI). Ia juga berperan dalam proses procurement dan perakitan personal computer (PC) untuk kebutuhan konvergen AI. 

Apa itu Bluetooth?

Apa itu Bluetooth?

Sebelum memasuki cara memilih adapter Bluetooth, mari ketahui apa itu Bluetooth terlebih dahulu. Bluetooth adalah salah satu standar yang digunakan untuk komunikasi nirkabel jarak pendek yang dikembangkan sejak tahun 1990-an. Di era digital saat ini, Bluetooth telah menjadi salah satu teknologi yang sangat diperlukan.


Bluetooth menggunakan gelombang radio 2,4 GHz untuk terhubung pada berbagai perangkat seperti smartphone, earphone, PC, dan speaker. Bluetooth adapter biasanya digunakan pada perangkat-perangkat yang tidak memiliki teknologi Bluetooth bawaan (perangkat non-Bluetooth).

Tabel perbandingan produk Bluetooth adapter terbaik

Gambar produk
1
TP-Link Bluetooth 4.0 Nano USB Adapter  1

TP-Link

2
ORICO 5.0 Bluetooth Adapter 1

ORICO

3
ORICO USB Bluetooth Adapter 4.0 1

ORICO

4
Baseus Wireless Adapter 1

Baseus

5
ORICO  5.0 Bluetooth Adapter 1

ORICO

6
UGREEN Bluetooth Transmitter Receiver 1

UGREEN

7
M-Tech Original USB Bluetooth Dongle Versi 5 1

M-Tech

8
IPASON  USB Bluetooth Adapter V5.0 For Laptop and Desktop Computer 1

IPASON

9
Vention USB Bluetooth Adapter Bluetooth Dongle Receiver 1

Vention

10
UGREEN Adapter USB Bluetooth Dongle Receiver 1

UGREEN

Nama produk

Bluetooth 4.0 Nano USB Adapter

5.0 Bluetooth Adapter

USB Bluetooth Adapter 4.0

Wireless Adapter

5.0 Bluetooth Adapter

Bluetooth Transmitter Receiver

Original USB Bluetooth Dongle Versi 5

USB Bluetooth Adapter V5.0 For Laptop and Desktop Computer

USB Bluetooth Adapter Bluetooth Dongle Receiver

Adapter USB Bluetooth Dongle Receiver

Keunggulan

Ukuran kecil yang hemat tempat

Bodi bergerigi yang mencegah adapter mudah terlepas

Desain sleek dengan warna yang bervariasi

Plug and play, bisa langsung tersambung dengan perangkat Anda

Transfer data ngebut dengan kecepatan 5 Mbps

Dilengkapi fitur noise reduction untuk meredam suara yang mengganggu

Kompatibel dengan Mac OS, cocok untuk pengguna produk Apple

Lossless sound untuk hasilkan suara berkualitas tinggi

Fungsional, bisa tersambung ke 7 perangkat sekaligus

Jarak jangkauan yang luas hingga 30 meter

Harga mulai dariRp 76.000,00Rp 90.000,00Rp 63.000,00Rp 189.000,00Rp 90.000,00Rp 95.000,00Rp 31.500,00Rp 29.999,00Rp 102.899,00Rp 100.000,00
Versi BluetoothBluetooth 4.0Bluetooth 5.0Bluetooth 4.0Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 4.0Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0Bluetooth 5.0
Jangkauan koneksi10 meter20 meter20 meter20 meter20 meter20 meter20 meter30 meter20 meter30 meter
ProfilTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanA2DP, H2DP, HSP, AVRCP, HIDTidak disebutkanA2DP, GAP, HFP, CATT, AVRCP, HSP, aptX, SPP, DUN, OPPTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Standar USBTidak disebutkanTidak disebutkanUSB 2.0USB 3.0Tidak disebutkanTidak disebutkanUniversal (2.0/3.0/4.0)Tidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Sistem operasi yang didukungWindows 10/8.1/8/7/XPWindows 7/8/10Windows XP/Vista/7/8/10Windows 7/8/10/11/XPWindows 7/8/10Windows 10/8.1/8/7/XP/VistaWindows 7/8/10/Vista/XP, Mac OSTidak disebutkanWindows 7/8/10 Windows 10/8.1/8/7
Tautan produk

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih Bluetooth adapter

Meski bentuk dan tampilannya hampir sama, masing-masing adapter Bluetooth memiliki keunggulan dan performa yang berbeda. Hal yang perlu Anda ingat adalah apa tujuan Anda menggunakannya. Simak baik-baik penjelasan berikut ini untuk mengetahui adapter yang Anda butuhkan.

Pilih berdasarkan kelas Bluetooth-nya

Pilih berdasarkan kelas Bluetooth-nya

Bluetooth dibagi ke dalam beberapa kelas yang menunjukkan kekuatan gelombang radionya, dimulai dari kelas satu sampai tiga. Bluetooth kelas satu memiliki jangkauan sinyal yang paling kuat, yaitu hingga 100 meter. Sementara itu, Bluetooth kelas dua mampu menjangkau hingga jarak sepuluh meter. Yang terakhir, Bluetooth kelas tiga, hanya memiliki daya jangkau satu meter.


Adapun yang paling sering ditemui ialah Bluetooth kelas satu dan dua, sedangkan kelas tiga sudah jarang digunakan. Jika Anda ingin mengontrol perangkat dari jarak yang agak jauh, seperti di kantor, gunakanlah Bluetooth kelas satu. Sementara itu, untuk penggunaan di dekat komputer, Bluetooth kelas dua saja sudah cukup.

Pertimbangkan versi Bluetooth yang dipakai

Pertimbangkan versi Bluetooth yang dipakai
Bluetooth memiliki beberapa versi dan masih terus dikembangkan setiap harinya. Versi Bluetooth yang telah tersedia saat ini adalah versi 1.0 sampai 5.3. Adapun Bluetooth yang populer, yaitu versi 4.0 dan setelahnya. Versi 4.0 dikenal sebagai Bluetooth yang hemat daya dan bisa beroperasi dalam jangka waktu yang lama.

Bluetooth bersifat saling kompatibel. Sebagai contoh, Anda dapat menyambungkan perangkat versi 5.0 dan 4.0. Terkait hal ini, kecepatan sambungan dan hal-hal lainnya akan menyesuaikan dengan versi yang paling rendah.


Perlu dicatat bahwa mungkin ada ketidakcocokan antara versi 3.0 atau sebelumnya dengan versi 4.0 atau yang terbaru. Untuk itu, Anda sebaiknya mengetahui terlebih dahulu versi dari sebuah perangkat Bluetooth sebelum menyambungkannya dengan perangkat lain.

Perhatikan profil Bluetooth

Perhatikan profil Bluetooth
Bluetooth memiliki sesuatu yang disebut sebagai "profil". Anda memerlukan profil ini untuk menjalankan fungsi tertentu. Profil Bluetooth adalah sekumpulan aturan yang memungkinkan teknologi ini menyelesaikan tugas tertentu

Pada dasarnya, terdapat banyak jenis profil Bluetooth. Profil yang sering digunakan adalah A2DP (Advanced Audio Distribution Profile), BIP (Basic Imaging Profile), dan HFP (Hands-Free Profile).


A2DP berfungsi untuk mentransfer data berupa audio, sedangkan BIP digunakan untuk transfer data berupa gambar. Sementara itu, HFP adalah profil yang memungkinkan penggunaan perangkat handsfree, seperti headset dan lain sebagainya. Ada juga AVRCP (Audio/Video Remote Control Profile) yang biasanya digunakan dalam navigasi mobil untuk mengontrol audio streaming.


Untuk dapat menggunakan Bluetooth, profil dari kedua perangkat yang dihubungkan harus kompatibel. Sebagai contoh, jika Anda ingin mentransfer gambar, berarti Anda harus menghubungkan dua perangkat Bluetooth yang mendukung profil BIP. Oleh karena itu, Anda harus memastikan perangkat apa yang akan digunakan, kemudian sesuaikan dengan profil Bluetooth-nya.


Sayangnya, penjelasan tentang profil ini lumayan jarang dilampirkan pada deskripsi produk. Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk membaca penjelasan lengkapnya di halaman pembelian atau website resmi produk.

Ketahui standar USB-nya

Ketahui standar USB-nya
Dongle Bluetooth biasanya digunakan dengan cara dihubungkan melalui port USB. Ada banyak standar USB, mulai dari USB 1.1 sampai USB4. Namun, standar yang umum digunakan saat ini adalah USB 2.0 dan 3.0. Makin besar angka standar USB, makin baik pula kecepatan koneksinya dengan Bluetooth adapter. Serupa dengan profil Bluetooth, standar USB juga jarang dituliskan pada deskripsi produk.

Standar USB biasanya kompatibel, misalnya adapter Bluetooth dengan standar USB 3.0 bisa dimasukkan pada port USB 2.0. Namun, kecepatan koneksinya mengikuti standar yang paling rendah, dalam contoh ini ialah USB 2.0. Untuk mendapatkan kecepatan yang maksimal, pilihlah adapter yang standar USB-nya sama dengan perangkat elektronik Anda.

Jika untuk komputer, periksa kecocokannya dengan sistem operasi pada komputer Anda

Jika untuk komputer, periksa kecocokannya dengan sistem operasi pada komputer Anda
Hal penting terakhir yang perlu Anda perhatikan ialah kecocokan Bluetooth adapter dengan sistem operasi (OS) komputer Anda. Walaupun kelas dan profilnya cocok, adapter Bluetooth tidak akan berfungsi jika tidak kompatibel dengan OS device Anda.

Kebanyakan adapter Bluetooth yang dijual di pasaran sudah kompatibel dengan Windows 7, Vista, 8, 8.1, 10, dan lain-lain. Namun, Anda tetap perlu memeriksanya dengan teliti untuk menghindari kesalahan. Selain itu, beberapa OS mungkin tidak mendukung fungsi hemat daya, seperti yang ditawarkan Bluetooth versi 4.0. Hal ini juga perlu Anda pertimbangkan.


Kompatibilitas dengan OS yang Anda gunakan juga ditentukan dari Bluetooth adapter yang digunakan. Periksa apakah produk tersebut plug and play (bisa langsung terhubung). Pasalnya, Anda mungkin perlu melakukan instalasi driver terlebih dahulu untuk beberapa produk Bluetooth dongle. Jika tidak langsung terhubung, Anda dapat mencoba mencari file instalasi driver di situs resmi produsennya.

10 Rekomendasi Bluetooth adapter

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk Bluetooth adapter terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Yosua Surojo.

10

UGREENAdapter USB Bluetooth Dongle Receiver

CM390

Mulai dari Rp 100.000,00

Versi BluetoothBluetooth 5.0
Jangkauan koneksi30 meter
ProfilTidak disebutkan
Standar USBTidak disebutkan
Sistem operasi yang didukungWindows 10/8.1/8/7
9

VentionUSB Bluetooth Adapter Bluetooth Dongle Receiver

Mulai dari Rp 102.899,00

Versi BluetoothBluetooth 5.0
Jangkauan koneksi20 meter
ProfilTidak disebutkan
Standar USBTidak disebutkan
Sistem operasi yang didukungWindows 7/8/10
8

IPASON USB Bluetooth Adapter V5.0 For Laptop and Desktop Computer

Mulai dari Rp 29.999,00

Versi BluetoothBluetooth 5.0
Jangkauan koneksi30 meter
ProfilTidak disebutkan
Standar USBTidak disebutkan
Sistem operasi yang didukungTidak disebutkan
7

M-TechOriginal USB Bluetooth Dongle Versi 5

Mulai dari Rp 31.500,00

Versi BluetoothBluetooth 5.0
Jangkauan koneksi20 meter
ProfilTidak disebutkan
Standar USBUniversal (2.0/3.0/4.0)
Sistem operasi yang didukungWindows 7/8/10/Vista/XP, Mac OS
6

UGREENBluetooth Transmitter Receiver

Mulai dari Rp 95.000,00

Versi BluetoothBluetooth 4.0
Jangkauan koneksi20 meter
ProfilA2DP, GAP, HFP, CATT, AVRCP, HSP, aptX, SPP, DUN, OPP
Standar USBTidak disebutkan
Sistem operasi yang didukungWindows 10/8.1/8/7/XP/Vista
5

ORICO 5.0 Bluetooth Adapter

BTA-608

Mulai dari Rp 90.000,00

Versi BluetoothBluetooth 5.0
Jangkauan koneksi20 meter
ProfilTidak disebutkan
Standar USBTidak disebutkan
Sistem operasi yang didukungWindows 7/8/10
4
Versi BluetoothBluetooth 5.0
Jangkauan koneksi20 meter
ProfilA2DP, H2DP, HSP, AVRCP, HID
Standar USBUSB 3.0
Sistem operasi yang didukungWindows 7/8/10/11/XP
3

ORICOUSB Bluetooth Adapter 4.0

BTA-403

Mulai dari Rp 63.000,00

Versi BluetoothBluetooth 4.0
Jangkauan koneksi20 meter
ProfilTidak disebutkan
Standar USBUSB 2.0
Sistem operasi yang didukungWindows XP/Vista/7/8/10
2

ORICO5.0 Bluetooth Adapter

BTA-508

Mulai dari Rp 90.000,00

Versi BluetoothBluetooth 5.0
Jangkauan koneksi20 meter
ProfilTidak disebutkan
Standar USBTidak disebutkan
Sistem operasi yang didukungWindows 7/8/10
1

TP-LinkBluetooth 4.0 Nano USB Adapter

UB400

Mulai dari Rp 76.000,00

Versi BluetoothBluetooth 4.0
Jangkauan koneksi10 meter
ProfilTidak disebutkan
Standar USBTidak disebutkan
Sistem operasi yang didukungWindows 10/8.1/8/7/XP

Baca juga rekomendasi produk yang dilengkapi Bluetooth lainnya di sini

Selain Bluetooth dongle, banyak pula perangkat wireless yang menggunakan teknologi Bluetooth. Oleh karena itu, kami telah menyiapkan beberapa artikel produk berteknologi Bluetooth lainnya untuk Anda. Apabila Anda tertarik, silakan kunjungi tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Teknologi wireless telah mengubah hidup manusia secara signifikan. Salah satu alat bantu untuk menikmati kemudahan tersebut adalah adapter Bluetooth. Alat ini memungkinkan Anda terhubung ke berbagai perangkat secara nirkabel sehingga membuat keseharian menjadi lebih mudah.

Semoga dengan artikel ini Anda terbantu untuk menemukan Bluetooth adapter yang cocok dengan perangkat Anda. Jangan lupa pula untuk selalu update informasi terbaru mengenai teknologi Bluetooth dengan membaca artikel lainnya dari kami. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer sangat diperlukan ketika ingin mencetak dokumen atau foto di rumah. Saat ini, printer tidak hanya berfungsi untuk mencetak, tetapi dilengkapi juga dengan fitur tambahan lainnya. Pengoperasiannya juga makin mudah karena beberapa macam printer sudah dapat terhubung dengan smartphone.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih printer yang bagus, mulai dari mengulas berbagai jenis printer hingga berbagai fungsinya. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa merek printer terbaik untuk Anda, seperti Epson, Canon, dan Brother. Perhatikan juga review printer sebelum membeli agar Anda lebih memahami keunggulan setiap printer, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kabel Data iPhone Terbaik - Ditinjau oleh Software Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Apple menggunakan kabel data khusus untuk sinkronisasi data, mengisi daya, dan lain-lain. Kabel data ini dikenal dengan kabel data lightning atau kabel data iPhone. Selain merek Apple, ada banyak produsen yang menyediakan kabel data iPhone dengan rentang harga yang beragam. Beberapa di antaranya adalah Anker, Aukey, dan Energea.Kali ini kami akan menjabarkan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih kabel data iPhone. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kabel data iPhone yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh software engineer kami, Yosua Surojo. Simak ulasannya sampai selesai, ya!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Gaming Monitor Terbaik - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Saat bermain game di PC atau console, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti Xiaomi, LG, dan AOC, memiliki monitor monitor gaming terbaik.Faktor apa yang memengaruhi kualitas monitor? Kali ini kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaming monitor yang bagus dengan berbagai kelebihannya. Kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Joshua Pandu. Mari disimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sound Card Terbaik - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sound card adalah perangkat terintegrasi yang dapat mengubah sinyal listrik menjadi sinyal suara atau audio dan sebaliknya. Bila Anda suka menonton video, main games, atau menikmati musik, Anda mungkin tahu pentingnya sound card.  Sound card yang dimaksud termasuk sound card USB, sound card eksternal, sound card HP, dan sound card PC. Merek sound card seperti V8 dan Behringer mungkin terdengar familier bagi Anda. Nah, untuk mendapatkan produk yang bagus, mari simak rekomendasi sound card terbaik dalam artikel ini. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Webcam Terbaik - Ditinjau oleh Gaming Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, kebutuhan penggunaan webcam makin meningkat. Hal ini karena meningkatnya aktivitas pertemuan virtual, seperti kelas, meeting, dan konferensi online. Banyak produk webcam yang bagus dikeluarkan oleh berbagai perusahaan elektronik yang kompatibel untuk laptop maupun PC.Kami akan membahas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak membeli webcam. Ada berbagai kriteria yang perlu Anda perhatikan, mulai dari resolusi, frame per second, dan lainnya. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasikan produk yang bisa menjadi pertimbangan Anda, seperti merek Logitech, Microsoft, dan Razer. Artikel ini sudah ditinjau oleh gaming content creator kami, Faynilla.
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Headphone dengan Kualitas Suara Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Menggunakan headphone dapat membuat Anda lebih nyaman saat mendengarkan musik, menonton film, ataupun bermain games. Namun, kualitas suara yang dihasilkan tiap produk headphone tentu berbeda-beda. Begitu pula dengan koneksinya, baik yang berkabel maupun nirkabel. Selain itu, desain yang beragam juga memengaruhi kebocoran suara. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih headphone dengan kualitas suara terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk yang bagus untuk Anda. Anda akan menjumpai produk merek Sony, JBL, dan Logitech. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Selamat membaca!
    Aksesori komputer & laptop
  • 10 Earphone Terbaik di Bawah 500 Ribu - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Terbaik di Bawah 500 Ribu - Ditinjau oleh Sound Engineer (Terbaru Tahun 2022)
    Sony, Xiaomi, dan Baseus merupakan beberapa produsen yang banyak memproduksi earphone di pasaran. Dengan fitur dan hasil suara yang bagus, beberapa merek earphone ada yang dijual dengan harga fantastis. Namun, ada juga earphone yang diproduksi dengan harga yang lebih terjangkau dan tetap berkualitas.Berbeda pemakaian, berbeda juga selera kualitas suara yang dihasilkan. Anda mungkin bingung menentukan earphone yang sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu, kami akan memberikan cara memilih earphone terbaik dengan harga di bawah 500 ribu rupiah. Artikel ini sudah ditinjau oleh sound engineer kami, Dennis Novriandi. Selamat menyimak!
    Aksesori komputer & laptop
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori