• 10 Rekomendasi Bluetooth Adaptor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Adaptor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Adaptor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Adaptor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Adaptor Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Bluetooth Adaptor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bluetooth yang terpasang di komputer dan laptop dapat menghubungkannya dengan perangkat lain tanpa menggunakan kabel. Hanya saja, beberapa komputer mungkin tidak memiliki Bluetooth. Bluetooth adaptor berfungsi untuk membantu Anda menyelesaikan masalah ini.

Bluetooth adaptor yang tersedia di pasaran kebanyakan memiliki bentuk dan tampilan yang hampir sama sehingga sulit dibedakan. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membantu Anda dalam memilih Bluetooth adaptor yang sesuai untuk Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang telah kami pilih dengan seksama.
  • Pembaharuan terakhir: 08 Januari 2020
  • 6.490 Views
Daftar isi

Apa itu Bluetooth?

Apa itu Bluetooth?
Sebelum memasuki cara memilih Bluetooth adaptor, alangkah baiknya kita memahami Bluetooth itu sendiri terlebih dahulu. Bluetooth adalah salah satu standar yang digunakan untuk komunikasi antar perangkat elektronik tanpa menggunakan kabel. Bluetooth umumnya dapat menghubungkan berbagai perangkat secara nirkabel dalam radius maksimal 10 meter.
Bluetooth menggunakan gelombang radio 2,4 GHz untuk terhubung dengan Bluetooth pada perangkat lain. Pengembangan Bluetooth dimulai sejak tahun 1990-an dan menjadi semakin populer penggunaannya hingga saat ini. Di zaman serba teknologi saat ini, penggunaan Bluetooth menjadi hal yang sangat diperlukan.
Meskipun Bluetooth seringkali ditemukan sudah terpasang di komputer dan laptop Anda, beberapa produk mungkin tidak dilengkapi dengan sistem ini. Oleh karena itu, Bluetooth adaptor dibuat untuk membantu Anda mengatasi masalah seperti ini.

Cara memilih Bluetooth adaptor

Bluetooth adaptor yang dijual di pasaran memiliki bentuk dan tampilan yang hampir sama, tetapi sebenarnya masing-masing produk memiliki keunggulan dan performa yang berbeda. Di bawah ini kami akan menjelaskan cara membedakan dan memilih Bluetooth adaptor.

Pilih berdasarkan kelasnya

Pilih berdasarkan kelasnya
Bluetooth memiliki kategori kelasnya tersendiri, dimulai dari kelas 1 hingga 3. Kelas 1 memiliki sinyal yang paling kuat hingga 100 meter, kelas 2 di jarak 10 meter, dan kelas 3 di jarak 1 meter.
Saat ini kelas 1 dan kelas 2 adalah yang paling banyak ditemui, sedangkan kelas 3 sudah jarang digunakan. Jika Anda ingin melakukan komunikasi jarak jauh, kelas 1 kami sarankan untuk Anda. Kelas 2 kami sarankan apabila Anda menggunakannya untuk komputer pribadi saja.

Pilih berdasarkan versinya

Pilih berdasarkan versinya
Bluetooth berkembang seiring berjalannya waktu sehingga terdapat beberapa versi. Versi Bluetooth hingga saat ini tersedia dari versi 1.0 sampai 5.0, dimana versi 3.0 dan 4.0 adalah yang paling mudah ditemui saat ini. Versi 4.0 adalah versi yang didesain khusus untuk membantu fitur power saving sehingga perangkat Anda tidak cepat kehabisan energi.
Bluetooth dengan versi yang berbeda dapat terhubung satu sama lain. Namun, untuk versi 4.0 mungkin ada beberapa perangkat yang tidak bisa terhubung dengannya sehingga Anda harus lebih jeli dan cermat untuk hal ini.

Perhatikan profil Bluetooth

Perhatikan profil Bluetooth
Bluetooth memiliki profil yang berfungsi untuk kelancaran komunikasi data. Profil Bluetooth sendiri adalah penanda antar perangkat yang memiliki sistem Bluetooth agar komunikasi data dapat berjalan dengan baik.
Ada banyak sekali jenis profil Bluetooth. Beberapa diantaranya yang paling sering digunakan adalah A2DP (Advanced Audio Distribution Profile), BIP (Basic Imaging Profile), dan HFP (Hands-Free Profile). A2DP yang merupakan profil Bluetooth untuk transfer data berupa audio. BIP digunakan untuk transfer data berupa gambar. Sedangkan HFP adalah untuk memungkinkan penggunaan perangkat handsfree seperti headset, dan lain sebagainya.
Meskipun Anda memiliki perangkat yang dapat terhubung dengan Bluetooth, perangkat tersebut tidak akan dapat berkomunikasi selama tidak memiliki profil Bluetooth yang cocok. Anda dapat mencari tahu mengenai profil Bluetooth yang dimiliki sebuah perangkat melalui informasi pada kemasan atau pun situs resmi produk. Jadi, pastikanlah Bluetooth adaptor Anda mendukung jenis perangkat yang Anda gunakan.

Perhatikan juga standar USB

Perhatikan juga standar USB
Kebanyakan Bluetooth adaptor digunakan dengan cara dihubungkan melalui USB (Universal Serial Bus) port. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jenis USB port. Jenis yang paling umum adalah standard USB 2.0 dan 3.0. Semakin tinggi nomor standarnya, maka semakin cepat komunikasi antara Bluetooth adaptor dengan perangkat Anda.
USB dengan standar yang berbeda tetap dapat berkomunikasi, tetapi kecepatan transfer data yang dihasilkan tidak begitu baik. Oleh karena itu, pilihlah Bluetooth adaptor dengan USB yang sesuai dengan perangkat Anda.

Periksa kecocokannya dengan OS (Operation System) komputer Anda

Periksa kecocokannya dengan OS (Operation System) komputer Anda
Hal terakhir yang harus Anda periksa sebelum membeli Bluetooth adaptor adalah kecocokannya dengan OS yang Anda gunakan. Kebanyakan Bluetooth adaptor dapat digunakan untuk lebih dari 1 OS, tetapi beberapa OS mungkin tidak dapat mendukung Bluetooth adaptor yang Anda pilih.
Kini sudah banyak Bluetooth adaptor yang sesuai dengan sistem operasi Windows 7, Vista, 8, 8.1, dan 10. Bagi Anda pengguna sistem operasi Windows 10, sebaiknya perlu lebih selektif mengingat masih banyak produk Bluetooth adaptor yang belum support sistem operasi ini. Oleh karena itu, periksalah terlebih dahulu kecocokan produk pilihan Anda dengan OS perangkat Anda.

10 Rekomendasi Bluetooth adaptor

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga dapat menjadi inspirasi dalam memilih Bluetooth adaptor yang sesuai dengan perangkat Anda!
10
9

Amango Bluetooth Adaptor 2.0

Rp 22.000,00

8

Binmer Bluetooth Adaptor 2.0

Rp 151.200,00

7
6
5
4

Pixlink MZ - 301 USB Wireless Bluetooth

Rp 104.000,00

3
2

Binmer Externe Audio Bluetooth 2.0 Adaptor

Rp 155.700,00

1

Tabel perbandingan produk bluetooth adaptor terbaik

Gambar produk
1
TP-Link Bluetooth 4.0 Nano USB Adapter UB400 1

TP-Link

2
Binmer  Externe Audio Bluetooth 2.0 Adaptor 1

Binmer

3
Bluetooth Adaptor for PS4 1

4
Pixlink  MZ - 301 USB Wireless Bluetooth 1

Pixlink

5
Zapo WIFI + Bluetooth 4.0 Adaptor 1

Zapo

6
Orico Mini USB Bluetooth 4.0 Adapter (BTA-408) 1

Orico

7
Ugreen  USB Bluetooth 4.0 Adapter 1

Ugreen

8
Binmer  Bluetooth Adaptor 2.0 1

Binmer

9
Amango  Bluetooth Adaptor 2.0 1

Amango

10
Bluetooth Adaptor 150 Mbps 1

Nama produk

Bluetooth 4.0 Nano USB Adapter UB400

Externe Audio Bluetooth 2.0 Adaptor

Bluetooth Adaptor for PS4

MZ - 301 USB Wireless Bluetooth

WIFI + Bluetooth 4.0 Adaptor

Mini USB Bluetooth 4.0 Adapter (BTA-408)

USB Bluetooth 4.0 Adapter

Bluetooth Adaptor 2.0

Bluetooth Adaptor 2.0

Bluetooth Adaptor 150 Mbps

KeunggulanUkuran kecil yang hemat tempatKemudahan lebih bagi para p...Membuat pengalaman bermain ...Lebih mudah menghubungkan m...Lebih nyaman dengan produk ...Banyak pilihan warna dengan...DSR Speed Reduction untuk k...Desain imut berbentuk ikanBisa digunakan untuk OS ver...Kecepatan maksimal meski me...
HargaRp 56.616,00Rp 155.700,00Rp 117.000,00Rp 104.000,00Rp 91.308,00Rp 106.900,00Rp 115.000,00Rp 151.200,00Rp 22.000,00Rp 68.000,00
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk yang dilengkapi bluetooth lainnya di sini!

Selain bluetooth adaptor, tentunya Anda dapat mempertimbangkan produk yang dilengkapi bluetooth lainnya. Untuk itu, kami telah menyiapkan beberapa artikel produk dengan bluetooth lainnya. Apabila tertarik, cek halaman di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Saat ini kebutuhan akan perangkat nirkabel semakin meningkat. Oleh karena itu, penggunaan Bluetooth pun juga meningkat. Dengan menggunakan Bluetooth adaptor, Anda dapat terhubung dengan berbagai perangkat secara nirkabel sehingga membuat keseharian Anda menjadi lebih mudah.
Semoga dengan artikel ini Anda terbantu untuk menemukan Bluetooth adaptor yang cocok untuk perangkat Anda. Jangan lupa pula untuk selalu update informasi terbaru mengenai teknologi Bluetooth agar Anda semakin mudah dalam menentukan Bluetooth adaptor idaman Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    153.857 Views
  • 10 Rekomendasi Sisir Catok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sisir Catok Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sisir catok berfungsi untuk membentuk poni dan ujung rambut sambil mengeringkan rambut. Saat ini, beberapa produsen elektronik terkemuka, seperti Philips, Panasonic, Tescom, dan Babyliss ikut memproduksi sisir catok. Namun, beragam bentuk dan fungsi dari sisir catok tentu akan membingungkan Anda saat akan membeli.Untuk itu, pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang cara pemilihan sisir catok sekaligus memberikan rekomendasi produk terbaik yang telah dipilih berdasarkan perbandingan harga dan cara kerjanya. Jadi, pastikan Anda mendapatkan produk yang sesuai untuk mendapatkan tatanan rambut yang Anda inginkan!
    Elektronik rumah tangga
    8.167 Views
  • 10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Rice Cooker Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagai orang Indonesia yang sumber karbohidratnya adalah nasi, tentu rice cooker adalah item yang wajib dimiliki. Tidak hanya untuk memasak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk memasak bubur, mengukus, dan memasak berbagai jenis makanan lainnya.. Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan rekomendasi produk rice cooker, seperti Cosmos, Panasonic, dan Philips. Sebelum itu, kami juga akan memberitahukan cara memilih rice cooker yang tepat untuk kebutuhan Anda. Silakan jadikan artikel ini sebagai referensi Anda, ya!
    Elektronik rumah tangga
    98.868 Views
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bluetooth Audio Receiver Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Untuk Anda penggemar musik, Bluetooth audio receiver tentunya tidak asing bagi Anda. Bluetooth receiver ini Anda butuhkan saat Anda terhubung dengan smartphone, PC, audio player, dan ingin menikmati musik kesukaan Anda dengan kualitas suara tinggi. Namun, apakah Anda tahu produk mana yang cocok untuk Anda ?Maka dari itu, kali ini kami akan memperkenalkan Bluetoth receiver yang kami rekomendasikan langsung untuk Anda. Dengan pilihan yang tepat, Anda bisa menikmati saat-saat Anda mendengarkan musik di rumah, ataupun saat Anda di perjalanan.
    Elektronik rumah tangga
    17.646 Views
  • 10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Udara lembap merupakan masalah umum di hunian-hunian penduduk beriklim tropis seperti Indonesia. Jika tidak terkontrol, udara lembap menyebabkan tumbuhnya lumut, jamur, serta berkembang biaknya bakteri di ruangan.Kehadiran alat seperti dehumidifier mampu meminimalisir kelembapan, lewat kerjanya yang sanggup menyerap udara lembap dan memprosesnya menjadi air. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lebih jauh mengenai dehumidifier kepada Anda, terkait cara kerja, fungsi, dan merekemondasikan produk terbaik untuk Anda. Simaklah artikel ini sampai habis.
    Elektronik rumah tangga
    7.920 Views
  • 10 Rekomendasi Hair Iron/Alat Catok Terbaik yang Tidak Merusak Rambut  (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Hair Iron/Alat Catok Terbaik yang Tidak Merusak Rambut (Terbaru Tahun 2020)
    Hair iron, atau catok rambut, merupakan perangkat yang sangat penting saat melakukan hair styling. Dengan alat ini, Anda bisa meluruskan maupun membuat rambut menjadi keriting. Ada begitu banyak macam hair iron, mulai dari model yang dilengkapi brush, portabel, harganya terjangkau, sampai yang dapat digunakan di luar negeri.Untuk itu, kali ini kami akan mengulas mengenai produk hair iron terbaik yang tidak merusak rambut. Beberapa di antaranya adalah produk keluaran brand ternama, seperti Philips, Panasonic, dan Tescom. Silakan baca ulasan lengkapnya berikut ini!
    Elektronik rumah tangga
    13.877 Views
  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda ingin dapat menonton program televisi favorit dengan kualitas gambar terlihat lebih detail dan nyata? Jika ya, pilihlah Smart TV dengan resolusi 4K atau biasa disebut juga ultra high definition (UHD). Saat ini sudah banyak dijual Smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi.Kami akan merekomendasikan berbagai produk terbaik Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuhkan. Mari simak terus sampai habis!
    Elektronik rumah tangga
    71.162 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori