10 Rekomendasi Alat Pengering Sepatu Terbaik yang Juga Bisa Menghilangkan Bau (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Alat Pengering Sepatu Terbaik yang Juga Bisa Menghilangkan Bau (Terbaru Tahun 2018)

Bau pada sepatu bisa jadi disebabkan suhu ruangan yang lembap, ketika Anda lupa menjemur sepatu setelah kehujanan, atau saat kondisi tidak memungkinkan untuk mengeringkan sepatu di bawah sinar matahari. Untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini di pasaran tersedia berbagai alat pengering sepatu dengan harga beragam yang memiliki fitur dan keunggulan masing-masing.

Dalam artikel kali ini kami akan merekomendasikan 10 produk pengering sepatu yang dipilih berdasarkan pertimbangan fitur yang dimiliki serta cost & performance-nya. Namun, sebelumnya kami juga akan menjelaskan poin-poin dalam memilih alat pengering sepatu terbaik. Jadi, silakan disimak, ya!

Daftar isi

Cara memilih alat pengering sepatu

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan serta dipertimbangkan sebelum membeli alat pengering sepatu atau yang juga dikenal dengan istilah shoes dryer. Terlepas dari fungsinya untuk mengeringkan sepatu dengan cepat, Anda juga harus memperhatikan ukuran produk serta kenyamanan saat digunakan.

Perhatikan informasi produk dari masing-masing produsen

Sebelum membeli alat pengering sepatu, sebaiknya Anda memeriksa dan memperhatikan klasifikasi produk yang ditawarkan. Hal ini akan memudahkan Anda mengetahui cara kerja maupun kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut.

Periksa apakah cocok untuk berbagai ukuran, material, serta model sepatu

Periksa apakah cocok untuk berbagai ukuran, material, serta model sepatu

Ada beberapa produk pengering sepatu yang sangat memudahkan penggunanya. Contohnya Anda bisa mengeringkan sepatu tanpa perlu memindahkannya dari tempat Anda biasa meletakkan sepatu karena alat pengeringnya didesain dengan kabel yang panjang dan selang yang bisa Anda masukkan ke dalam sepatu. Produk seperti ini sangat cocok digunakan untuk sepatu bot yang bentuknya panjang. Namun, ada juga produk pengering sepatu yang tidak cocok digunakan untuk sepatu jenis tersebut. Oleh karena itu, periksalah lebih teliti ukuran shoes dryer yang akan Anda beli agar sesuai dengan pemakaiannya.

Sebaliknya, ada juga beberapa produk pengering sepatu yang tidak cocok dengan sepatu yang berukuran kecil. Untuk keluarga yang memiliki anak kecil, disarankan untuk memperhatikan ukuran pengering sepatu yang akan Anda beli apakah bisa digunakan untuk sepatu anak atau tidak. Di samping itu, periksa juga apakah produk tersebut aman digunakan untuk mengeringkan sepatu berbahan halus seperti kulit.

Periksa juga biaya listrik dari konsumsi dayanya

Periksa juga biaya listrik dari konsumsi dayanya

Untuk beberapa produk pengering sepatu, konsumsi daya yang digunakan biasanya tercantum pada keterangan produk sehingga Anda bisa mengetahui perkiraan biaya listrik yang dibutuhkan.

Agar lebih memudahkan mengetahui berapa biaya listrik yang harus Anda keluarkan untuk satu alat pengering sepatu, Anda bisa mencarinya di Internet dengan mengetik kata kunci “electricity cost calculation” untuk mencoba simulasi biaya listrik yang dibutuhkan untuk pemakaian alat pengering sepatu tertentu.

Mungkin simulasi electricity cost calculation belum terlalu banyak dipakai di Indonesia. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan berdasarkan informasi konsumsi daya suatu produk.

Pertimbangkan panjang kabelnya

Pertimbangkan panjang kabelnya

Di beberapa rumah, alat pengering sepatu biasanya paling banyak digunakan di dekat pintu masuk, di mana biasanya terdapat stopkontak untuk power supply-nya. Akan tetapi, ada juga kemungkinan tidak tersedia stopkontak di sekitar pintu masuk rumah. Jadi, pastikan bahwa kabel shoes dryer yang Anda pilih cukup panjang untuk menjangkau stopkontak terdekat di mana Anda akan sering menggunakannya.

Periksa ukuran dan bentuknya ketika disimpan

Periksa ukuran dan bentuknya ketika disimpan

Meskipun kebanyakan alat pengering sepatu bisa dimasukkan ke dalam rak sepatu, ada pula produk yang didesain dengan model yang tinggi sehingga tidak muat di dalam rak. Oleh karena itu, pertimbangkan juga kapasitas rak atau lemari sepatu Anda, apakah memungkinkan untuk meyimpannya dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa beratnya juga, terutama jika Anda perlu mengangkutnya saat akan digunakan.

Perhatikan juga review konsumen tentang produk tersebut

Kebanyakan dari Anda barangkali sudah puas dengan penjelasan atau deskripsi produk yang dituliskan oleh produsen. Namun, agar Anda lebih memahami dan tidak salah dalam membeli, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan ulasan dari konsumen yang sudah menggunakan produk tersebut. Berikut ini adalah beberapa yang perlu Anda perhatikan!

Waktu yang dibutuhkan untuk proses pengeringan

Waktu yang dibutuhkan untuk proses pengeringan

Beberapa produk biasanya mencantumkan berapa menit waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan berbagai jenis sepatu. Namun, ada juga yang tidak menyebutkan informasi ini. Selain itu, waktu sebenarnya yang dibutuhkan untuk mengeringkan sepatu pun bisa berbeda tergantung pada situasi dan jenis sepatunya. Agar lebih memahaminya, Anda bisa membaca ulasan para pengguna yang sudah mencoba langsung produk tersebut.

Biasanya para pengguna menuliskan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengeringkan sepatu, serta apakah daya pengeringannya kuat, dan sebagainya. Untuk produk yang daya pengeringannya tinggi, biasanya mempunyai waktu pengeringan yang singkat.

Periksa juga seberapa besar suaranya saat digunakan

Periksa juga seberapa besar suaranya saat digunakan

Karena pengering sepatu menghasilkan angin dan suhu panas, ada beberapa produk yang mengeluarkan suara yang cukup berisik saat digunakan. Kebanyakan orang bisa jadi merasa terganggu oleh suara tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk membaca ulasan dari pengguna lain mengenai besarnya suara yang dihasilkan ketika suatu produk shoes dryer dinyalakan.

Di antara review produk yang ada, mungkin Anda bisa menemukan pengguna yang mengatakan, “suaranya seperti suara pendingin ruangan”, “suaranya tidak akan mengganggu jika saya berada di ruangan sebelah”, atau “tidak masalah jika digunakan bahkan pada tengah malam karena suaranya tidak akan mengganggu”. Bagi Anda yang ingin menggunakan pengering sepatu di malam hari saat akan tidur, ini merupakan poin penting yang perlu diperhatikan agar Anda tidak terganggu dengan suara ketika shoes dryer sedang dioperasikan.

Selain berfungsi mengeringkan, periksa juga fungsi lainnya

Masalah yang kerap dihadapai berkaitan dengan sepatu di antaranya adalah bau tidak sedap, kutu air, atau kulit kaki yang mengelupas. Alat pengering sepatu biasanya hanya berfungsi untuk mengeringkan sepatu dengan cara menghilangkan kelembapannya. Oleh karena itu, sangat perlu untuk memperhatikan fungsi lainnya seperti penghilang bau, serta fungsi lainnya.

Fungsi photocatalyst dan ozone untuk menghilangkan bau

Fungsi photocatalyst dan ozone untuk menghilangkan bau

Selain fitur utama untuk mengeringkan sepatu, pilihlah produk yang juga memiliki fungsi deodorizing yang tinggi, yaitu yang memiliki efek photocatalyst dan ozone berguna untuk menghilangkan bau pada sepatu yang disebabkan oleh bakteri.

Selain itu, ada juga produk yang memiliki fungsi menghilangkan bau dengan berbagai cara lainnya. jadi, sangat disarankan untuk memperhatikan informasi dari setiap produk sebelum membeli.

Sinar UV direkomendasikan untuk mengatasi kutu air

Sinar UV direkomendasikan untuk mengatasi kutu air

Jika Anda memiliki masalah kaki gatal saat memakai sepatu, pilihlah alat pengering sepatu yang juga memiliki efek sinar ultraviolet (UV) yang dikatakan cukup efektif untuk mengatasi masalah kutu air. Tidak sedikit review para konsumen yang menyebutkan tentang efek positif dari sinar UV yang mereka rasakan. Sedangkan bagi karyawan kantoran, kami sarankan untuk memilih produk yang bisa digunakan pada sepatu kulit.

10 Rekomendasi shoes dryer terbaik

Meskipun semua alat pengering sepatu secara garis besar tampaknya hampir sama, tiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini kami merekomendasikan beberapa produk pengering sepatu berdasarkan harga dan juga spesifikasinya. Semoga bisa membantu Anda memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhan.

10. Liyoumei Electric Shoes Dryer

10. Liyoumei Electric Shoes Dryer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 72.000

Daya listrik rendah untuk menghemat tagihan

Alat pengering sepatu dari Liyoumei ini memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga cocok untuk sepatu anak selain juga bisa digunakan untuk sepatu orang dewasa. Produk ini akan sangat membantu terutama ketika Anda butuh segera mengeringkan sepatu anak sebelum dipakai ke sekolah atau sekedar berjalan-jalan.

Selain berfungsi untuk mengeringkan sepatu, alat ini juga mampu menghilangkan sekaligus meminimalkan penyebaran bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap pada sepatu. Karena ukurannya yang kecil, daya listriknya juga tergolong rendah dan bisa menjadi pertimbangan demi menghemat biaya listrik dari pemakaian alat pengering sepatu.

9. Whiz Shoes Dryer

9. Whiz Shoes Dryer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 89.490

Bisa digunakan untuk sepatu anak-anak maupun dewasa

Alat pengering sepatu ini mampu menghasilkan panas yang stabil dengan suhu 60-80 derajat ketika dioperasikan pada tegangan 220 Volt. Dengan karakteristik tersebut, alat ini mampu mengeringkan sepatu Anda dengan sempurna hanya dalam waktu 1 jam!

Bodinya sendiri bisa dipanjangkan dan dipendekkan sesuai kebutuhan sehingga Anda bisa menggunakannya untuk mengeringkan sepatu anak-anak maupun dewasa. Jika Anda berencana bepergian jauh di musim hujan, tidak ada salahnya membawa alat pengering sepatu ini karena ukurannya cukup mungil sehingga mudah disimpan dan dibawa ke mana saja.

8. OEM Shoes Dryer with Deodorizer

8. OEM Shoes Dryer with Deodorizer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 149.999

Desain elegan dan bodi yang kuat

Alat pengering sepatu yang satu ini memiliki bodi yang kuat dengan warna hitam yang elegan. Ukuran bodinya yang cukup ramping serta panjangnya yang bisa disesuaikan, menjadikan produk ini cocok untuk berbagai ukuran sepatu. Produk ini didesain agar Anda bisa menggunakannya untuk sepatu berbahan kulit, wol, dan lainnya.

Dengan tegangan sebesar 220 Volt dan adanya fungsi deodorizing yang tinggi, alat ini mampu mengeringkan serta mengilangkan bau pada sepatu Anda dengan hasil yang maksimal. Terlebih lagi, bodinya dibekali dengan material yang kuat dan tahan api sehingga Anda tidak perlu khawatir jika alat ini terjatuh atau tanpa sengaja terkena api.

7. Zolee Shoes Dryer

7. Zolee Shoes Dryer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 154.543

Panjang alat bisa disesuaikan dengan ukuran sepatu

Alat pengering sepatu yang satu ini didesain dengan warna hijau terang dan model persegi panjang dengan bodi yang kuat dan tahan lama. Panjang bodinya juga bisa disesuaikan dengan mudah berdasarkan ukuran sepatu Anda dengan panjang normal 17,2 cm dan 20 cm setelah diregangkan.

Dengan tegangan sebesar 220 Volt, pengering ini mampu mengeringkan sepatu Anda dalam waktu singkat karena mampu menghasilkan panas yang stabil. Selain itu, produk ini juga dilengkapi fitur untuk mencegah gatal dan bau pada kaki. 

6. Deodorizer Shoes Dryer

6. Deodorizer Shoes Dryer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 295.000

Shoes dryer ekonomis dengan konsumsi daya rendah

Alat pengering yang satu ini memiliki konsumsi daya yang rendah sehingga tergolong ekonomis sebagai alat rumah tangga. Produk ini juga dilengkapi fitur photocatalyst dan ozone yang berguna untuk menghilangkan bau pada sepatu, sangat cocok digunakan untuk pejalan kaki, atlet, atau bahkan nelayan.

Selain berfungsi mengeringkan dengan cara menghilangkan kelembapan di dalam sepatu, alat ini juga mampu mengurangi pertumbuhan bakteri guna mencegah risiko timbulnya masalah pada kaki Anda. Alat pengering sepatu ini cocok untuk sepatu kulit, sepatu kain, dan juga sepatu bot, sehingga digunakan oleh semua anggota keluarga.

5. WOND Ergonomic Shoe Dryer

5. WOND Ergonomic Shoe Dryer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 510.000

Mampu mengeringkan dua pasang sepatu bersamaan

Alat pengering yang satu ini didesain ergonomis dan sangat menghemat waktu karena mampu mengeringkan dua pasang sepatu dalam waktu bersamaan. Penggunaannya pun sangat mudah. Bagian tengah bodinya dilengkapi dengan tombol start untuk memanaskan alat terlebih dahulu dan dalam waktu 5 menit alat siap digunakan.

Meskipun memiliki suhu maksimal sebesar 55 derajat Celsius, alat ini sangat aman untuk anak-anak karena suhu pada permukaannya tidak akan menyebar terlalu luas. Selain fungsi mengeringkan, shoes dryer ini juga mampu menghilangkan bau dan membunuh jamur serta bakteri pada sepatu.

4. UV Shoe Sterilizer Dryer

4. UV Shoe Sterilizer Dryer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 537.002

Efektif membunuh jamur dan bakteri hingga 99,9%!

Desain alat pengering sepatu yang satu ini tergolong unik karena modelnya yang bulat dan hanya memiliki tegangan yang sangat kecil, yaitu 5 Volt. Meskipun tegangannya tergolong kecil, alat ini memiliki fungsi sterilisasi ganda berupa ultraviolet dan ozone sehingga lebih efektif dalam membunuh jamur dan bakteri pada sepatu Anda hingga 99,9 %!

Ukurannya yang kecil akan semakin memudahkan Anda membawanya ke mana saja, misalnya ketika liburan. Alat pengering sepatu yang satu ini juga tergolong tahan lama karena terbuat dari bahan berkualitas. Alat ini juga dilengkapi fitur untuk mati secara otomatis dalam waktu 15 menit jika tidak digunakan.

3. Smart Frog Portable Hang Dryer

3. Smart Frog Portable Hang Dryer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 583.000

Desain portabel untuk mengeringkan sepatu dan pakaian

Alat pengering sepatu merek Smart Frog ini tergolong portabel, yaitu bisa dilepas dan pasang sehingga mudah dibawa ke mana saja. Produk ini didesain dengan model yang bisa digantung agar menghemat tempat penyimpanannya. Selain bisa mengeringkan sepatu, alat ini juga bisa digunakan untuk mengeringkan pakaian Anda dalam waktu 1-3 jam.

Untuk mengeringkan sepatu, Anda cukup mengganti gantungan pada bagian kiri dan kanan dengan alat tambahan berupa pipa khusus yang berfungsi sebagai tempat aliran panas. Selanjutnya, Anda cukup menekan tombol “on” yang terdapat pada bagian tengah bodi, maka secara otomatis panas dengan suhu 50-60 derajat akan mengalir dan mengeringkan sepatu Anda dalam waktu singkat!

2. iLLO Portable Clothes/Shoes Dryer

2. iLLO Portable Clothes/Shoes Dryer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 810.526

Fungsi deodorizing tinggi untuk kesegaran alami

Desain alat pengering merek iLLO ini berbentuk seperti gantungan yang dilengkapi selang tambahan untuk sepatu. Produk ini dikatakan mampu mengeringkan baju maupun sepatu dalam waktu 2-3 jam. Selain itu, alat ini secara otomatis juga mampu mengatur suhu yang dihasilkan jika terlalu tinggi sehingga aman digunakan.

Di samping itu, alat pengering ini juga bisa Anda gunakan sebagai hanger biasa untuk menggantung pakaian maupun sepatu setelah dikeringkan. Dengan fungsi deodorizing yang tinggi, alat ini mampu menghilangkan bau secara maksimal dan memberikan kesegaran alami pada sepatu maupun pakaian Anda!

1. Manledio Shoe Electric Dryer

1. Manledio Shoe Electric Dryer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 909.000

Dibekali fitur timer untuk menyesuaian waktu pengeringan

Alat pengering sepatu ini didesain dengan model yang bisa dilipat untuk memudahkan penyimpanan. Ketika ingin digunakan, Anda cukup membuka dan menariknya ke atas, kemudian meletakkan sepatu pada bagian ujungnya. Selain itu, alat ini juga dibekali dengan fitur timer untuk menyesuaikan lama pengeringan yang diinginkan.

Dibekali dengan teknologi inovatif, alat ini bisa mengeringkan sepatu dengan jenis bahan apa saja, seperti sepatu kulit, karet, kanvas, kain, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, alat ini memiliki suhu yang konstan yang tidak akan merusak sepatu, serta mampu menghilangkan bau dan membunuh jamur penyebab bau.

Kesimpulan

Bagaimana menurut Anda tentang artikel alat pengering sepatu ini? Apakah Anda tertarik untuk membelinya? Namun sebelum membeli, jangan lupa untuk terlebih dahulu memahami cara memilih produk yang telah kami jelaskan sebelumnya agar tidak salah beli. Selamat berbelanja!