10 Rekomendasi Milk Jug Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Milk Jug Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Milk jug merupakan tempat penyimpanan maupun wadah untuk membuat foam dari susu. Alat ini tentunya sangat akrab untuk Anda yang menggeluti dunia barista ya. Tentunya ada banyak jenis milk jug berdasarkan bentuk, ukuran, dan materialnya yang dapat Anda temukan di pasaran.

Ada milk jug yang terbuat dari kaca ataupun stainless steel. Tingginya juga berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk Anda yang baru menggeluti dunia barista dan ingin mencari milk jug yang pas, simak artikel ini ya. Kami akan memberikan cara memilih milk jug dan memberikan rekomendasinya untuk Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih milk jug

Menemukan milk jug yang sesuai tentunya sangat menyenangkan untuk Anda. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti kegunaan, material, dan fitur tutup pada milk jug. Kami akan memberikan beberapa penjelasan untuk hal-hal tersebut.

Pilih tipe berdasarkan kegunaan

Tak hanya untuk menyajikan susu atau creamer, milk jug juga memiliki berbagai kegunaan. Seperti apa ya kegunaan lainnya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Jug untuk single serve

Jug untuk single serve

Milk jug dengan ukuran 50-100 ml merupakan ukuran yang pas untuk penyajian 1 orang. Selain volumenya, Anda perlu memperhatikan bahwa produk tersebut memiliki bagian mulut yang mengarah ke atas atau sejajar dengan bagian atas milk jug. Ini penting agar setelah menuang, susu atau creamer tidak menetes ke meja saat penyajian.

Steam milk untuk coffee latte dan latte art

Steam milk untuk coffee latte dan latte art

Untuk membuat caffe latte dan latte art, Anda membutuhkan steam milk. Gunakan milk jug dengan volume sekitar 350 ml. Ada 2 tipe bentuk, tipe Italia dengan bentuk bulat dan mulut yang lebih panjang dan tipe Seattle dengan mulut yang lebih lancip. Untuk Anda yang ingin kemudahan dalam menuang, pilihlah tipe Italia. Tipe Seattle lebih pas untuk Anda yang ingin membuat latte art dan Anda yang lebih nyaman menggunakan jempol serta jari telunjuk dalam menuang.

Ada pula produk yang tidak memiliki pegangan tangan. Sebagai penggantinya, produk tersebut dilengkapi dengan karet pada bagian badan milk jug. Tipe ini pas untuk Anda dengan tangan yang besar.

Untuk menyimpan susu

Untuk menyimpan susu

Jika Anda ingin menyimpan susu, pilihlah kapasitas 1 L atau biasa disebut caffe au lait pot. Tempat tersebut memiliki desain yang lebih menarik untuk diletakkan di meja. Untuk tempat penyimpanan, pilihlah milk pitcher dengan tutup agar susu Anda tetap terjaga. Agar susu Anda tidak rusak, tentunya Anda perlu menyimpannya di dalam lemari pendingin. Pilihlah bentuk yang dapat masuk ke dalam lemari pendingin ya.

Perhatikan materialnya

Selain fungsinya, jangan lupa untuk mengecek materialnya ya. Berikut penjelasan tentang berbagai material milk jug.

Stainless steel untuk menjaga suhu

Stainless steel untuk menjaga suhu

Stainless steel merupakan material yang tahan karat dan kuat terhadap panas. Milk jug untuk steam milk sering kali menggunakan material ini karena awet dan cukup murah. Jika ditambah dengan teflon, Anda akan lebih mudah membersihkannya karena kotoran tidak akan menempel. Selain fungsinya, stainless steel juga menghasilkan kesan yang sederhana namun stylish.

Kaca untuk berbagai kegunaan dan memantau volume susu

Kaca untuk berbagai kegunaan dan memantau volume susu

Milk jug juga dapat Anda gunakan untuk menjadi wadah gula cair. Milk jug yang terbuat dari kaca akan menghasilkan transparansi yang memudahkan Anda melihat isi di dalamnya sehingga tidak tertukar. Bahan kaca juga biasanya memiliki bentuk lengkung yang menarik.

Tentunya bahan kaca sangat rentan pecah jika jatuh maupun terbentur. Jika Anda ingin menggunakannya untuk menghangatkan susu di dalam microwave, pastikan bahwa kaca yang digunakan tahan panas dan dapat digunakan di dalam microwave.

Berbagai desain milk jug keramik

Berbagai desain milk jug keramik

Bahan keramik memiliki bobot yang lebih berat. Bahan ini memiliki berbagai jenis desain serta berbagai harga. Keramik memiliki insulasi panas yang lebih baik daripada stainless steel maupun kaca sehingga pas untuk susu yang hangat.

Milk jug dengan tutup untuk menjaga susu dari debu

Milk jug dengan tutup untuk menjaga susu dari debu

Jika Anda ingin menyimpan susu di dalam milk jug di atas meja maupun lemari pendingin, tutup menjadi hal yang sangat penting. Tutup akan menjaga susu Anda terbebas dari debu dan kotoran untuk meminimalisir rusaknya susu tersebut.

10 Rekomendasi milk jug terbaik

Nah, setelah membaca tentang cara memilih milk jug, selanjutnya kami akan merekomendasikan 10 milk jug terbaik untuk Anda. Yang mana ya kira-kira yang cocok untuk Anda?

10. IKEA 365+ Karafe dengan Penutup

10. IKEA 365+ Karafe dengan Penutup

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 124.900

Penyimpanan lebih banyak dan bebas kotoran

Bagi Anda yang gemar membuat coffe latte maupun latte art, akan lebih memudahkan jika Anda memiliki stok susu. Untuk menyimpan susu dalam jumlah yang cukup banyak kami rekomendasikan IKEA 365+ Karafe dengan Penutup. Milk jug ini memiliki kapasitas 1 L yang tentunya sangat cukup untuk Anda yang gemar membuat coffee latte.

IKEA 365+ Karafe dengan Penutup terbuat dari kaca untuk memudahkan Anda melihat stok susu. Kaca yang digunakan adalah kaca yang tahan panas dan dilengkapi dengan penutup gabus. Penutup gabus akan melindungi susu Anda dari kotoran IKEA 365+ Karafe dengan Penutup memiliki tinggi 27 cm yang cukup ramping sehingga dapat Anda simpan di pintu lemari pendingin.

9. Zen Porcelains Western Milk Pitcher

9. Zen Porcelains Western Milk Pitcher

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 27.400

Ukuran yang pas untuk single serve

Menyajikan susu atau creamer untuk minuman 1 orang tentunya tidak memerlukan milk jug dalam kapasitas yang besar. Zen Porcelains Western Milk Pitcher sangat pas untuk single serve. Zen Porcelains Western Milk Pitcher memiliki kapasitas 55 ml yang pas untuk 1 orang saja.

Zen Porcelains Western Milk Pitcher terbuat dari porselen berwarna putih yang tampak elegan dan sederhana. Milk jug tanpa gagang ini tentunya sangat menghemat tempat penyimpanan ya. Produk ini dapat Anda gunakan dalam oven, microwave, dishwasher, maupun freezer.

8. Creative Clear Transparent Glass Milk Cup Box Shape

8. Creative Clear Transparent Glass Milk Cup Box Shape

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 87.000

 Tampilan milk jug yang kreatif

Milk jug dari kaca tak hanya berbentuk lekukan saja, tapi ada juga bentuk unik lainnya seperti kotak susu. Milk jug berbentuk kotak susu dari kaca ini memiliki kapasitas 200-300 ml yang pas sekali untuk menemani sarapan si kecil. Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan susu sebagai teman makan sereal untuk si kecil.

Milk jug ini terbuat dari kaca yang dapat Anda gunakan di dalam microwave sehingga lebih praktis ketika Anda ingin menghangatkan susu. Selain untuk tempat menyimpan susu, bentuknya yang unik dapat dijadikan sebagai gelas untuk berbagai minuman seperti teh, kopi, dan jus. Ciptakan pengalaman sarapan yang menyenangkan dengan milk jug unik ini.

7. Doctor Who Dalek & TARDIS Creamer & Sugar Bowl

7. Doctor Who Dalek & TARDIS Creamer & Sugar Bowl

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.014.000

Untuk para penggemar Doctor Who

Doctor Who merupakan serial science fiction yang dibuat ulang pada tahun 2005 dengan kisah The Doctor yang menjelajahi ruang dan waktu dengan TARDIS. Anda salah satu penggemarnya? Untuk Anda para penggemar serial ini, kami rekomendasikan Doctor Who Dalek & TARDIS Creamer & Sugar Bowl.

Set Doctor Who Dalek & TARDIS Creamer & Sugar Bowl terbuat dari keramik yang menyerupai bentuk TARDIS yang merupakan tempat gula dan Dalek dalam bentuk milk jug. Selain sebagai wadah gula dan susu maupun creamer, set ini juga dapat mendekorasi meja makan Anda. Sangat menarik ya!

6. Milk Jug Full Stainless Steel with Wrapped Rubber

6. Milk Jug Full Stainless Steel 600ml - With Wrapped Rubber

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Menggenggam lebih nyaman dengan tambahan karet

Untuk Anda yang memiliki telapak tangan yang cenderung besar akan lebih nyaman untuk memegang milk jug pada bagian badannya. Tetapi, memegang bagian badan milk jug dengan susu panas akan sangat merepotkan. Kami rekomendasikan Milk Jug Full Stainless Steel with Wrapped Rubber khusus untuk Anda.

Stainless steel milk jug ini tidak memiliki gagang dan dilapisi dengan karet pada bagian badannya. Karet ini akan membantu agar tangan Anda tidak panas dan tidak slip. Milk Jug Full Stainless Steel with Wrapped Rubber memiliki volume 600 ml yang pas untuk membuat coffe au lait.

5. Polish Pottery Pitcher Spring Flowers

5. Polish Pottery Pitcher Spring Flowers

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 984.000

Permanis tampilan dengan keramik

Anda menyukai perabot dari keramik? Tentunya perabot dari keramik memiliki nilai seni tersendiri ya. Untuk mempermanis waktu minum kopi atau teh Anda sendiri maupun bersama dengan rekan-rekan, kami rekomendasikan Polish Pottery Pitcher Spring Flowers dengan volume 250 ml.

Milk jug dari keramik ini dibuat dan dilukis langsung dari Polandia. Corak bunga dan kombinasi warna biru, kuning, merah, dan hijau sangat manis dan hangat serta memberikan kesan vintage. Masuk oven atau kulkas? Tak masalah karena keramik tahan terhadap suhu tinggi maupun rendah.

4. Motta Teflon Milk Jug

4. Motta Teflon Milk Jug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 500.000

Pilihan milk jug penuh warna

Anda merasa bosan dengan pilihan milk jug dengan warna hitam maupun stainless steel biasa? Untuk Anda yang menginginkan warna-warni cerah dalam peralatan meracik kopi, milk jug dari Motta ini sangat cocok untuk Anda. Anda dapat memilih berbagai macam warna seperti hijau, merah, dan oranye.

Motta Teflon Milk Jug terbuat dari stainless steel dengan lapisan teflon berwarna pada bagian depan. Milk jug ini memiliki kapasitas 350 ml yang pas untuk membuat latte art. Produk ini dikembangkan oleh para barista yang tergabung dalam Italian Barista Asociation. Tentunya pas sekali ya untuk Anda yang sudah berkecimpung di dalam dunia barista.

3. Stainless Steel Frothing Pitcher

3. Stainless Steel Frothing Pitcher

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 721.000

Pengukuran volume yang lebih presisi

Penakaran susu untuk membuat coffe latte harus presisi agar rasa yang dihasilkan tetap konsisten dan enak. Untuk melengkapi peralatan meracik kopi yang nikmat, kami rekomendasikan Stainless Steel Frothing Pitcher. Milk jug dari stainless steel ini memiliki ukuran yang dapat Anda lihat baik dari luar maupun dalam jug.

Stainless Steel Frothing Pitcher memiliki volume sampai 1 L dengan skala 150-900 ml. Volume yang cukup banyak ini sangat pas untuk Anda yang akan menyajikan coffee latte untuk banyak tamu. Selain itu untuk menuang susu, stainless milk jug ini juga dapat Anda gunakan untuk membuat foam dari susu.

2. Milk Jug / Milk Pitcher

2. Milk Jug / Milk Pitcher

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 128.000

Pas untuk coffee shop Anda

Usaha coffee shop semakin menjamur sekarang ini. Apakah Anda salah satunya yang ingin membuka usaha coffee shop? Kami rekomendasikan milk jug dengan bentuk bulat ini. Tentunya bentuk ini berbeda dari bentuk milk jug yang biasanya digunakan. Bentuk bulat pada bagian bawah membuatnya terlihat lebih fleksibel.

Milk jug ini berbahan dasar stainless steel dan memiliki kapasitas 350 ml dengan bobot 193 g. Ukuran ini tentunya sangat pas untuk membuat latte art ya. Stainless milk jug ini memiliki desain gagang yang sangat nyaman untuk memudahkan Anda saat melukis latte art. Harganya juga ekoknomis untuk Anda yang baru membuka usaha coffe shop.

1. Latina Manta Black Teflon Milk Jug

1. Latina Manta Black Teflon Milk Jug

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 165.000

Milk jug dari teflon yang mudah dibersihkan

Latte art tentunya sangat menarik sekali untuk digeluti ya. Untuk Anda yang sedang menggeluti latte art kami rekomendasikan Latina Manta Black Teflon Milk Jug. Milk jug berbahan stainless steel yang dilapisi teflon ini tentunya sangat mudah untuk dibersihkan jika Anda menggunakannya setiap hari.

Latina Manta Black Teflon Milk Jug memiliki desain yang ergonomis dengan gagang yang pas ditangan. Selain itu, mulut milk jug yang lancip dirancang untuk keperluan latte art. Latina Manta Black Teflon Milk Jug memiliki kapasitas 350 ml yang pas Anda gunakan untuk membuat latte art.

Cara menggunakan milk jug

Untuk Anda yang masih pemula, kami akan menjelaskan tentang cara menggunakan milk jug. Penggunaan milk jug juga akan mempengaruhi pemilihan milk jug.

Gunakan air saat latihan membuat steam milk

Gunakan air saat latihan membuat steam milk

Jika Anda ingin menghasilkan busa steam milk seperti di coffee shop favorit Anda, gunakan air terlebih dahulu. Dengan menggunakan air, Anda akan lebih hemat dan lebih mudah melihat bagaimana udara masuk ke dalam cairan, waktu, dan sudut gelas.

Pertama-tama Anda harus mengarahkan steamer dari mesin espresso ke tengah milk pitcher. Selanjutnya, Anda harus berlatih menyesuaikan sudut antara steamer dan milk pitcher untuk menghasilkan rotasi yang pas dengan menggerakkannya secara vertikal.

Milk jug sebagai wadah bahan lain

Milk jug sebagai wadah bahan lain

Milk jug juga dapat digunakan sebagai wadah kondimen lainnya seperti dressing untuk salad, sirup, garam, dan gula. Pilihlah milk jug dengan ukuran kecil yang dapat Anda gunakan sebagai wadah kondimen. Wadah yang kecil dapat menambah dekorasi meja makan Anda dan dapat digunakan untuk wadah lainnya.

Kesimpulan

Milk jug memiliki berbagai variasi seperti untuk menyimpan susu biasa, steam milk, dan membuat foam untuk latte art. Materialnya pun beragam seperti stainless steel yang paling umum, keramik, dan teflon. Pastikan bahwa pilihan milk jug Anda sesuai untuk keperluan ya.

Apakah Anda sudah memiliki bayangan tentang milk jug yang mau Anda beli? Semoga Anda terbantu dengan artikel kami ya. Pastikan pilihan Anda sesuai dengan budget. Selamat berkreasi!