10 Rekomendasi Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2018)

Sepatu hiking yang nyaman dan aman merupakan salah satu perlengkapan terpenting saat Anda melakukan hiking. Anda mungkin mengenal merek-merek sepatu hiking ternama dunia mulai dari The North Face, Merrel, Karrimor sampai merek lokal yakni Eiger dan Consina.

Sepatu-sepatu hiking harus memiliki karakter tertentu yang membuatnya berkualitas tinggi dan nyaman digunakan. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan tips cara memilih sepatu hiking terbaik untuk pemula dan 10 rekomendasinya. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa itu sepatu hiking?

Apa itu sepatu hiking?

Saat Anda hiking, alas kaki seperti apa yang Anda gunakan? Tidak semua alas kaki cocok untuk digunakan hiking. Sepatu hiking adalah sepatu yang cocok untuk digunakan pada trek gunung, jalan tanah, dan jalan berbatu. Sepatu ini harus ringan, berdaya cengkeram tinggi, tidak licin, dan dapat melindungi pergelangan kaki Anda.

Cara memilih sepatu hiking untuk pemula

Dari banyak jenis sepatu hiking, mungkin Anda sebagai pemula akan bingung memilihnya. Berikut kami sajikan lima fungsi yang harus ada dalam sepatu hiking. Pilihlah sepatu hiking yang sesuai dengan kondisi dan preferensi Anda.

Memiliki fungsi tahan air

Memiliki fungsi tahan air

Saat melakukan hiking, biasanya kita akan menghadapi berbagai kondisi cuaca dan lapangan. Salah satunya adalah cuaca hujan dan kondisi tanah becek atau tergenang air. Sebaiknya kita mempersiapkan diri dengan menggunakan sepatu hiking yang tahan air. Bahan Gore-Tex adalah salah satu bahan dengan fungsi waterproof terbaik. Sepatu hiking dengan bahan ini akan memiliki ketahanan air yang baik.

Memiliki fungsi bantalan kaki yang nyaman

Memiliki fungsi bantalan kaki yang nyaman

Sepatu hiking digunakan untuk berjalan dalam waktu yang cukup lama sehingga harus nyaman digunakan. Sepatu dengan bantalan kaki yang ringan dan empuk akan membantu Anda dalam melakukan hiking. Bantalan ini tidak hanya pada bagian insole atau sol dalam saja tetapi juga di sekitar pergelangan kaki. Bantalan kaki yang empuk dan nyaman akan membuat kaki dan lutut Anda aman selama hiking.

Memiliki fungsi sol sepatu anti licin

Memiliki fungsi sol sepatu anti licin

Selain empuk di bagian dalam, sepatu hiking yang bagus harus memiliki fungsi anti licin pada sol sepatunya (outsole). Kondisi lapangan yang tidak selalu rata, berbatu, dan licin membuat jalur ke gunung sulit dilalui. Dengan sepatu berdaya cengkeram tinggi, kondisi lapangan seperti itu akan mudah dihadapi dan Anda juga akan terhindar dari risiko cedera.

Memiliki cutting setinggi pergelangan kaki

Memiliki cutting setinggi pergelangan kaki

Sepatu dengan cutting setinggi pergelangan kaki akan melindungi kaki Anda dari risiko cedera. Sepatu berpotongan tinggi akan melindungi kaki Anda saat Anda menuruni jalur hiking. Saat menuruni jalur hiking, berat badan Anda akan bertumpu pada ujung kaki sehingga jari-jari kaki menyentuh ujung sepatu dan menyebabkan risiko kuku kaki Anda patah. Dengan sepatu setinggi pergelangan kaki, hal ini dapat dihindari.

Ukuran sepatu

Dalam memilih sepatu apa pun, sangat penting untuk menyesuaikan ukuran sepatu dengan kaki Anda. Pada sepatu hiking, memilih ukuran sepatu penting untuk kenyamanan saat hiking dan untuk menghindari cedera.

Cara memilih ukuran sepatu yang tepat

Cara memilih ukuran sepatu yang tepat

Saat memilih sepatu hiking, ada baiknya Anda mencobanya secara langsung ke toko. Dengan cara ini Anda bisa memilih sepatu hiking yang benar-benar pas dengan kaki Anda. Jika Anda membelinya melalui toko online, pastikan toko tersebut melayani pengembalian barang jika sepatu tidak sesuai dengan ukuran kaki Anda.

Saat memanjat gunung atau hiking biasanya kita mengenakan kaus kaki yang tebal. Kenakan kaus kaki hiking Anda saat mencoba sepatu di toko. Saat mencobanya, pastikan ada ruang di antara jari kaki Anda dengan ujung sepatu. Hal ini akan membantu Anda mendistribusikan berat badan Anda saat hiking dengan merata.

Bila panjang sepatu dari ujung kaki ke tumit sudah pas, periksa ukuran lebar sepatu. Jika ukuran lebarnya terlalu besar, Anda bisa menyesuaikan insole-nya. Cobalah sepatu hiking dengan cara berjalan, berjongkok, serta cobalah untuk merenggangkan jari-jari kaki Anda. Pastikan masih terasa nyaman serta tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

10 Rekomendasi sepatu hiking terbaik untuk pemula

Jika Anda telah mengetahui bagaimana cara memilih sepatu hiking, maka kini saatnya memilih sepatu terbaik untuk Anda. Kami telah memilih 10 rekomendasi sepatu hiking dengan kualitas, fungsi, dan harga terbaik, Anda dapat memilihnya sesuai preferensi Anda.

10. SNTA 475

10. SNTA 475

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 329.000

Sepatu hiking produk asli Indonesia yang berkualitas

SNTA merupakan sepatu hiking buatan Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau. Sepatu SNTA 475 akan sesuai bagi para pendaki yang lebih memilih memakai produk lokal. Terbuat dari bahan kulit sintetis, bahan sepatu ini cukup tahan air meski tetap bisa basah apabila terkena hujan deras terus-menerus.

Bantalannya sudah dirancang untuk menahan guncangan dan beban berat pengguna sehingga meminimalisir risiko kelelahan dan pegal. Bagian sol sepatu terbuat dari karet TRP (Thermo Plastic Rubber) yang memiliki gigi-gigi yang dalam, mampu mencengkeram permukaan tanah dengan baik, dan anti selip. Langkah Anda akan stabil saat hiking dengan sepatu ini.

9. Spotec SAR

9. Spotec SAR

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 649.900

 Sepatu model mid cut yang melindungi pergelangan kaki saat hiking

Sepatu Spotec SAR adalah sepatu hiking dengan model berpotongan di atas mata kaki (mid cut). Sepatu ini cocok untuk Anda yang ingin melindungi pergelangan kaki saat berjalan dan memanjat gunung. Bantalan empuk di sekeliling pergelangan kaki juga akan membuat sepatu ini nyaman Anda gunakan.

Selain bantalan di sekitar pergelangan kaki, sepatu ini dilengkapi dengan bantalan yang empuk pada bagian tumit. Sepatu Spotec SAR ditujukan untuk dipakai pada kegiatan hiking dengan barang bawaan yang tidak terlalu berat. Selain terbuat dari bahan kulit asli yang tahan lama, sepatu ini juga dilengkapi dengan pelindung besi di bagian ujungnya, lho.

8. Eiger Shoes Boot Pollock

8. Eiger Shoes Boot Pollock

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 995.000

Sol Vibram untuk tumit tetap nyaman

Sepatu hiking Eiger Shoes Boot Pollock terbuat dari bahan kulit asli dan polyester yang tahan air dan tahan lama. Sepatu ini dapat digunakan di berbagai medan seperti jalan berlumpur, jalan berbatu, jalan tanah, maupun padang rumput. Kaki Anda akan tetap kering dalam sepatu hiking ini meskipun Anda berjalan dalam keadaan hujan.

Sol Vibram pada sepatu ini membuat tumit Anda tetap nyaman selama perjalanan dan membuat kaki Anda tidak mudah lelah. Bantalan yang empuk dan teknologi Heel Shield membuat kaki Anda terlindungi dengan baik dengan sepatu ini. Jika Anda mencari sepatu yang nyaman digunakan dalam berbagai kondisi, sepatu ini cocok untuk Anda.

7. Consina Shard Men

7. Consina Shard Men

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 700.000

Sepatu hiking yang sangat ringan

Consina Shard Men merupakan sepatu hiking yang ditujukan untuk pria yang tidak menyukai sepatu berat. Sepatu ini sangat nyaman dan ringan dikenakan, serta terbuat dari bahan suede dan kulit imitasi. Saat digunakan pada kondisi lingkungan basah atau lembab, kaki Anda akan tetap kering karena bahan sepatu ini anti air.

Sol sepatu ini Shard Men ini terbuat dari karet dengan bantalan di bagian dalamnya sehingga membuat kaki Anda tetap stabil saat melangkah di atas permukaan apa pun. Tidak hanya di sol bagian dalam saja, bantalan ini juga terdapat pada bagian pergelangan kaki. Ini membuat kaki Anda tidak cepat lelah saat perjalanan hiking.

6. Millet Rockrise

6. Millet Rockrise

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 1.200.000

Pelindung karet untuk jari kaki dan tumit membuat stabil dan aman

Millet Rockrise adalah sepatu hiking yang ditujukan untuk para pemanjat gunung yang ingin mencoba trek hiking yang menantang. Cengkeraman sol sepatu Vibram ini kuat dan cocok untuk digunakan pada berbagai kondisi medan. Pada bagian tumit dan jari terdapat pelindung yang terbuat dari karet dan membuat kaki Anda terlindung serta stabil saat melangkah.

Bagian insole sepatu ini dibuat sedemikian rupa sehingga mampu menahan guncangan dan terasa sangat empuk meskipun dipakai berjalan jauh. Selain itu, bagian insole dibuat mengikuti bentuk telapak kaki sehingga tidak membuat kaki Anda cepat pegal. Sepatu ini terbuat dari bahan 3D mesh sehingga cepat kering saat basah dan bahan suede yang tahan lama.

5. Columbia Men’s Redmond

5. Columbia Men's Redmond

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp. 3.619.000

Aman tanpa terpeleset berkat daya cengkeram Omni-Grip

Sepatu hiking Columbia Redmond cocok untuk digunakan hiking di daerah pantai maupun daerah dataran tinggi. Anda yang menyukai hiking di berbagai permukaan dataran pasti akan menyukainya. Terbuat dari bahan suede dan mesh dengan membran Omni-Tech, sepatu ini terlindung dari air dan kotoran yang ada di sepanjang perjalanan hiking Anda.

Daya cengkeramnya pun tinggi berkat teknologi Omni-Grip pada sol sepatu yang membuat Anda tidak mudah terpeleset atau terjatuh saat berjalan di medan dengan permukaan licin maupun berbatu. Sepatu ini sangat ringan, Anda bisa berjalan dengan kecepatan tinggi, tetapi tidak cepat lelah karena bantalan insole-nya sangat empuk.

4. Treksta Cape Lace Mid GTX

4. Treksta Cape Lace Mid GTX

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 1.550.000

Kemampuan breathability yang luar biasa untuk kaki lebih nyaman

Treksta Cape Lace Mid GTX terbuat dari bahan Gore-Tex XCR yang tahan air. Kemudian, sepatu ini memiliki breathability yang luar biasa sehingga menjaga kaki Anda tetap terasa sejuk meski sudah dipakai berjalan jauh. Oleh karena itu, sepatu ini sesuai jika Anda mencari sepatu hiking dengan tingkat kenyamanan yang tinggi.

Sepatu hiking Treksta ini juga dilengkapi dengan teknologi NestFit yang memungkinkan insole sepatu mengikuti bentuk kaki Anda. Sol sepatu HyperGrip-nya tipis dan membuat sepatu ini memiliki daya cengkeram yang tinggi, tetapi tetap fleksibel. Luar biasa, ya?

3. Jack Wolfskin Vertic Texapore Hiking Boots

3. Jack Wolfskin Vertic Texapore Hiking Boots

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 2.450.000

Dengan bahan membran texapore O2+ yang cepat kering dan tahan air

Jack Wolfskin Vertic Texapore Hiking Boots merupakan sepatu hiking berbahan membran texapore O2+, memiliki karakter yang cepat kering dan tidak tembus air. Dengan model mid cut, akan membuat kaki Anda tetap stabil saat berjalan di berbagai permukaan saat hiking. Sangat cocok untuk Anda yang suka hiking berjarak jauh.

Sol sepatu Vibram membuat sepatu ini dapat menyerap guncangan saat berjalan di jalan kerikil atau berbatu. Bantalan tambahan pada bagian tumit membuat sepatu ini sangat nyaman digunakan dan tidak cepat membuat kaki Anda lelah. Tali sepatunya sampai ke bagian atas jari kaki, ini membuat sepatu hiking ini dapat disesuaikan dengan ukuran kaki Anda.

2. Merrel MOAB 2 Vent

2. Merrel MOAB 2 Vent

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 1.790.000

Kurangi risiko cedera dengan memakai sepatu ini

Merrel MOAB 2 Vent merupakan salah satu sepatu hiking terbaik dari merek Merrel. Dengan bantalan pada bagian pergelangan kaki dan pada insole, sepatu ini sangat nyaman dikenakan. Sepatu ini juga sangat ringan dan fleksibel sehingga cocok untuk penggemar hiking pemula yang ingin menjaga keamanan kakinya.

MOAB 2 Vent dilengkapi dengan dua pita silikon yang terdapat pada bagian dalam dan luar sepatu yang berguna untuk mengurangi risiko cedera pada pergelangan kaki. Sepatu ini memiliki sol sepatu Vibram, membuatnya memiliki daya cengkeram yang sangat tinggi.

1. Adidas Terrex AX2R

1. Adidas Terrex AX2R

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp. 1.055.000

Sepatu keren untuk hiking yang tetap nyaman dan aman

Produsen sepatu olahraga Adidas dari Jerman memproduksi berbagai jenis sepatu. Salah satunya adalah sepatu hiking Adidas Terrex AX2R yang sangat ringan, nyaman, dan fleksibel saat digunakan. Dengan desain yang keren, sepatu ini memiliki sol sepatu Traxion berdaya cengkeram tinggi dan anti licin.

Adidas Terrex AX2R terbuat dari bahan mesh yang ringan yang bisa menghalangi air dan kotoran masuk ke dalam saat digunakan. Meski berpotongan rendah, sepatu ini tidak membuat kaki Anda cepat lelah berkat bantalan yang empuk pada bagian pergelangan kaki dan tumit. Sepatu ini bisa digunakan untuk Anda, pencinta hiking yang ingin tetap tampil keren saat hiking.

Kesimpulan

Nah, demikian penjelasan kami mengenai cara memilih sepatu hiking terbaik untuk pemula dan 10 rekomendasinya. Seluruh rekomendasi pilihan kami di atas sangat cocok digunakan untuk kegiatan hiking ringan. Sudahkah Anda menemukan sepatu hiking yang sesuai? Pastikan Anda tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan kaki Anda saat memilih sepatu hiking selain dari modelnya, ya. Selamat hiking!