• 10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)

Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking, Anda membutuhkan sepatu hiking. Sepatu hiking adalah sepatu yang aman digunakan ketika Anda harus melalui medan pegunungan yang terjal dan curam. Ada banyak sepatu hiking dari berbagai merek di pasaran, seperti EIGER, Arei, dan lainnya.


Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih sepatu hiking yang bagus untuk pemula. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk sepatu hiking yang bisa Anda pertimbangkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Temukan sepatu hiking yang Anda butuhkan di sini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Adlai Yulianus
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus

Profil pakar: Aktivis kegiatan alam bebas, Adlai Yulianus
Adlai Yulianus
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo).


Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Mengenal sepatu hiking dan kegunaannya!

Mengenal sepatu hiking dan kegunaannya!

Sesuai namanya, sepatu hiking digunakan untuk aktivitas hiking seperti trekking ataupun mendaki gunung. Saat hiking, kondisi jalur yang akan Anda lalui tentu bervariasi, mulai dari jalan datar, berbatu, hingga berlumpur. Meski Anda bisa melakukan hiking menggunakan sneakers, jenis trek yang dapat dilalui terbatas. Hal ini karena sneakers didesain untuk melewati medan datar dengan bantalannya yang tipis.


Sepatu hiking sendiri didesain agar Anda dapat meminimalkan tenaga meskipun melewati jalanan yang terjal. Berhubung hiking merupakan jenis pendakian yang ringan, sebaiknya Anda tidak menggunakan sepatu biasa. Untuk itu, gunakan sepatu khusus hiking agar perjalanan menjadi lebih mudah.


Perlu Anda ingat, sepatu hiking sangat berperan vital saat Anda melalui jalanan yang menurun hingga terjal. Sol, pijakan, bahkan konstruksi dari sepatu hiking memang sudah dirancang terutama untuk perlindungan telapak, pergelangan, dan bagian kaki lainnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sepatu hiking untuk pemula

Ada banyak sepatu hiking yang bisa Anda temukan di pasaran. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda sebagai pemula. Maka dari itu, berikut ini poin-poin yang bisa jadi pertimbangan saat memilih produk. 

Pilih sepatu tahan air yang terbuat dari material berkualitas tinggi

Pilih sepatu tahan air yang terbuat dari material berkualitas tinggi

Meski Anda melakukan pendakian ringan, pastikan untuk memeriksa tingkat kedap air pada sepatu yang akan dipilih. Hal ini karena trek yang Anda lalui adalah jalur pegunungan dengan kondisi jalan yang berubah-ubah tergantung cuaca. Anda mungkin melalui jalanan yang kering karena cuacanya yang cerah, atau bisa juga ada genangan karena hujan sebelumnya. 


Atas pertimbangan tersebut, kami sarankan Anda memilih sepatu yang tahan air. Tidak hanya berguna mencegah air masuk ke dalam sepatu, tetapi juga mencegah sepatu terasa pengap. Kami merekomendasikan untuk memilih sepatu yang terbuat dari material Gore-Tex karena mempunyai tingkat ketahanan air yang tinggi.


Jenis material Gore-Tex juga bersifat breathable sehingga udara dapat masuk ke dalam sepatu. Dengan demikian, kaki tetap nyaman dan sehat meski sepatu digunakan dalam waktu lama atau berjam-jam. Hindarilah memilih sepatu yang tidak cukup tahan air. Jika Anda masih tetap memilih jenis sepatu tersebut, gunakanlah gaiter sebagai pelindung kaki. 


Pemilihan sepatu yang kedap air ini pun dapat Anda terapkan saat memilih barang-barang yang digunakan untuk hiking. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut barang-barang kedap air lainnya, silakan baca melalui tautan berikut ini. 

Pastikan sol sepatu tebal dan empuk sebagai bantalan kaki

Pastikan sol sepatu tebal dan empuk sebagai bantalan kaki

Karena Anda akan berjalan untuk waktu yang lama, sebaiknya minimalkan beban pada lutut dan pinggang Anda. Kami menyarankan Anda menggunakan sepatu bersol tebal dan empuk yang berfungsi sebagai bantalan. Dengan demikian, beban pada kaki dan pinggang saat berjalan dapat berkurang.


Jika sol sepatu terlalu tipis, fungsi bantalan kaki menjadi kurang optimal. Akibatnya, kaki Anda akan terasa seperti langsung menyentuh tanah. Jadi, pilihlah sepatu dengan sol yang tebal.


Jika Anda melakukan perjalanan yang sifatnya trek mendaki, tentunya Anda harus turun kembali. Sepatu dengan sol tebal serta empuk sangat membantu dan aman di telapak kaki. Telapak kaki mendapatkan perlindungan sempurna dari sol tebal tersebut.

Pertimbangkan sol yang kuat dengan desain antiselip

Pertimbangkan sol yang kuat dengan desain antiselip

Poin selanjutnya, periksalah apakah bentuk sol sepatu memiliki fungsi antiselip yang baik atau tidak. Jika sepatu memiliki sol dengan alur yang dalam, kaki tidak mudah tergelincir saat melangkah di jalur pegunungan. Jenis sol yang dalam juga melindungi kaki Anda saat dalam keadaan darurat. 


Untuk sepatu hiking, kami merekomendasikan sepatu yang mempunyai sol antiselip. Jenis sepatu tersebut lebih nyaman daripada sepatu dengan banyak lekukan di bagian jari atau tumitnya. Sepatu dengan sol antiselip sangat direkomendasikan untuk perjalanan yang bersifat basah, misalnya trekking ke air terjun.

Perhatikan jenis collar untuk kenyamanan melangkah

Perhatikan jenis collar untuk kenyamanan melangkah

Jenis sepatu hiking juga dibedakan dari ketinggian collar-nya. Collar merupakan kerah sepatu di bagian pergelangan kaki. Terdapat tiga jenis collar pada sepatu hiking, yaitu: 


  • Low-cutCollar jenis low-cut memiliki kerah yang tidak menutupi mata kaki. Keunggulannya adalah membebaskan gerak pergelangan kaki sehingga terkesan mirip dengan sneakers. Meski demikian, low cut tidak dapat melindungi area pergelangan kaki secara maksimal. Jadi, low cut sebaiknya digunakan ketika sudah terbiasa mendaki gunung. 

  • Medium-cut: Kerah sepatunya memiliki tinggi di antara low cut dan high cut. Collar medium-cut menawarkan penyangga yang lebih ringan sehingga tidak terlalu memberatkan kaki Anda. 

  • High-cut: Collar ini didesain untuk menutupi mata kaki. Keunggulannya, high cut mampu melindungi pergelangan kaki sehingga meminimalkan terjadinya keseleo.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah jenis kain sepatu hiking pilihan. Carilah sepatu dengan jenis kain yang tidak terlalu keras di bagian pergelangan kakinya. Hal ini berfungsi untuk menghindarkan kaki dari risiko lecet.

Temukan ukuran sepatu yang memiliki ruang lebih untuk tumit dan jari kaki

Temukan ukuran sepatu yang memiliki ruang lebih untuk tumit dan jari kaki

Hal terakhir yang dapat Anda pertimbangkan saat memilih sepatu hiking adalah ukuran sepatunya. Pastikan sepatu tidak terlalu sempit. Akan lebih baik bila ukuran sepatu hiking memiliki ruang lebih untuk jari kaki dan tumit. Sebagai panduan untuk membeli sepatu hiking, simak tips berikut ini: 


  • Masukkan kaki Anda ke dalam sepatu pilihan. 
  • Ukur jarak antara tumit dan sepatu. Pastikan terdapat jarak satu jari antara tumit dan sepatu. 
  • Sesuaikan tumit dengan ukuran sepatu sehingga jari kaki Anda terasa nyaman. Ruang sepatu ini berfungsi untuk mengurangi ketegangan kaki saat mendaki ataupun turun gunung. 
  • Pastikan juga untuk memilih sepatu hiking yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran tersebut akan membebani jari-jari kaki saat turun. Jika memungkinkan, kami menyarankan Anda untuk memakai kaus kaki khusus hiking.

Sebagai catatan, sepatu yang terlalu sempit pada ujung jari kaki akan sangat mengganggu terutama saat perjalanan menurun. Kaki cenderung akan terdorong ke depan saat melakukan perjalanan menurun. Sementara itu, sepatu yang terlalu longgar juga bisa berakibat lebih fatal daripada sepatu yang sempit pada ujung kaki. Jari-jari kaki akan seperti terus-terusan terpukul saat perjalanan menurun.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

LeedooSepatu Outdoor Pria MH201

Mulai dari Rp 398.000,00

Spesialis
mybest

Karrimor Hot Rock Ladies Walking Boots

Mulai dari Rp 679.000,00

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sepatu hiking terbaik untuk pemula

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu hiking terbaik untuk pemula yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.

10
Tahan air✓ (Gore-Tex)
Jenis collarHigh-cut
Ukuran41, 41 1/3
Bahan outsole/antiselipVibram/✓
9

TimberlandMen’s Garrison Trail Low Hiker

TB0A23E7018

Mulai dari Rp 3.290.000,00

Tahan air✓ (Gore-Tex)
Jenis collarLow-cut
Ukuran41–46
Bahan outsole/antiselipRubber/✓
8
Tahan air✓ (waterproof membrane)
Jenis collarHigh-cut
Ukuran38–45
Bahan outsole/antiselipVibram/✓
7
Tahan airTidak ada keterangan
Jenis collarHigh-cut
Ukuran37–45
Bahan outsole/antiselipRubber grip balance/✓
6
Tahan air✓ (waterproof membrane)
Jenis collarMid-cut
Ukuran38–45
Bahan outsole/antiselipVibram/✓
5
Tahan air✓ (semi waterproof suede)
Jenis collarMid-cut
Ukuran36–40
Bahan outsole/antiselipRubber/✓
4
Tahan air✓ (semi waterproof)
Jenis collarMid-cut
Ukuran36–40
Bahan outsole/antiselipThermo plastic rubber/tidak ada keterangan
3
Tahan air
Jenis collarMid-cut
Ukuran39–43
Bahan outsole/antiselipTidak ada keterangan
2
Tahan airTidak ada keterangan
Jenis collarMid-cut
Ukuran39–43
Bahan outsole/antiselipRubber/✓
1
Tahan air
Jenis collarLow-cut
Ukuran39–44
Bahan outsole/antiselipRubber/✓

Tabel perbandingan produk sepatu hiking terbaik untuk pemula

Gambar produk
1
Leedoo Sepatu Hiking 1

Leedoo

2
Beckham Paramount 1

Beckham

3
Hipzo Sepatu Gunung 1

Hipzo

4
SNTA Sepatu Gunung 1

SNTA

5
Arei Smithsonia Shoes 1

Arei

6
Eiger S.Boot Pollock Shoes 1

Eiger

7
SPOTEC SAR 1

SPOTEC

8
EIGER  Python HC Boot Shoes 1

EIGER

9
Timberland Men’s Garrison Trail Low Hiker 1

Timberland

10
Mammut  Nova Tour High GTX  1

Mammut

Nama produk

Sepatu Hiking

Paramount

Sepatu Gunung

Sepatu Gunung

Smithsonia Shoes

S.Boot Pollock Shoes

SAR

Python HC Boot Shoes

Men’s Garrison Trail Low Hiker

Nova Tour High GTX

Keunggulan

Dilengkapi bahan kulit sintetis yang sempurna untuk berbagai cuaca

Bangga buatan lokal! Berkualitas dengan harga affordable

Pertahankan tampilan kasual dengan sepatu yang multifungsi

Tetap trendi saat mendaki dengan kesan feminin

Rubber toe bumber, beri perlindungan lebih pada ujung kaki saat mendaki

Dilengkapi sol Vibram, tumit tidak cepat letih

Pilihan ukurannya bervariasi, bisa dipakai pria ataupun wanita

Desain sangar untuk jelajahi hutan dan gunung beriklim tropis

Tak perlu khawatir jari kaki dan tumit cedera saat melewati medan menantang

Sepatu untuk jelajahi medan terjal dan ekstrem

Harga mulai dariRp 499.000,00Rp 82.900,00Rp 299.000,00Rp 309.000,00Rp 499.000,00Rp 1.200.000,00Rp 649.900,00Rp 1.299.000,00Rp 3.290.000,00Rp 2.500.000,00
Tahan airTidak ada keterangan✓ (semi waterproof)✓ (semi waterproof suede)✓ (waterproof membrane)Tidak ada keterangan✓ (waterproof membrane) ✓ (Gore-Tex)✓ (Gore-Tex)
Jenis collarLow-cutMid-cutMid-cutMid-cutMid-cutMid-cutHigh-cutHigh-cutLow-cutHigh-cut
Ukuran39–4439–4339–4336–4036–4038–4537–4538–4541–4641, 41 1/3
Bahan outsole/antiselipRubber/✓Rubber/✓Tidak ada keteranganThermo plastic rubber/tidak ada keteranganRubber/✓Vibram/✓Rubber grip balance/✓Vibram/✓Rubber/✓Vibram/✓
Tautan produk

Cobalah terlebih dahulu sebelum membeli

Cobalah terlebih dahulu sebelum membeli

Biasanya, kaki akan cenderung bergesekan saat memakai sepatu baru sehingga tidak nyaman saat pertama dipakai. Maka dari itu, pastikan dahulu sepatu dicoba untuk dipakai selama 2–3 hari sebelum menggunakannya untuk mendaki. Hal ini berguna untuk mengencangkan dan menyesuaikan sepatu dengan kaki Anda. Jadi, silakan untuk mencobanya dahulu.


Pemakaian sepatu sebelum digunakan pada medan yang sebenarnya sangat penting. Sepatu pastinya akan lebih menyesuaikan bentuk kaki saat digunakan. Penyesuaian bentuk tersebut biasanya ada pada bagian punggung kaki dan samping kiri kanan dari kaki.

Baca juga rekomendasi perlengkapan hiking lainnya di sini

Tidak hanya sepatu, kami juga telah mengulas perlengkapan hiking lainnya, seperti trekking pole, tenda, dan lainnya. Jika Anda membutuhkan artikel ulasannya, bacalah pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, apakah Anda menemukan sepatu yang sesuai dengan kebutuhan? Jenis sepatu yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda dan tergantung pada pengalaman. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui jenis kebutuhan akan sepatu hiking

Selanjutnya, barulah Anda menyesuaikan produk yang hendak dipilih dengan poin-poin yang telah kami jabarkan. Tak ketinggalan, pilihlah produk yang sesuai dan pas dengan budget. Semoga membantu!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, ada banyak merek tenda camping yang bagus tersedia di pasaran, seperti Eiger, Arei, Consina, dan lainnya. Tenda camping ini memiliki kapasitas yang bervariasi. Ada tenda camping untuk 2 orang, 4 orang, 6 orang. Ada juga tenda berkapasitas besar untuk camping keluarga.Harga tenda camping juga beragam, ada tenda yang memiliki harga yang mahal, ada yang murah. Hal ini tergantung dari kapasitas, material, hingga fitur yang tersedia. Untuk Anda yang mencari rekomendasi tenda camping terbaik, Anda dapat menjadikan artikel ini sebagai panduan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Eiger, Consina, dan Naturehike adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome yang bagus. Anda akan menemukan tenda pop up untuk satu orang hingga tenda dome 4 orang/8 orang. Bahkan, ada juga tenda dome double layer.Setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya. Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih tenda dome. Kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2022)
    Jam tangan pendaki gunung menjadi alat penting dalam mendukung kegiatan outdoor Anda. Ada beberapa fitur penting dari jam tangan untuk mendaki gunung, seperti GPS, altimeter, barometer, dan termometer. Produknya pun kukuh dan kedap air sehingga aman untuk kegiatan outdoor.Ada banyak merek jam tangan gunung yang bagus, seperti Suunto dan Casio. Eiger, Arei, dan Consina yang merupakan merek lokal juga tak kalah berkualitas. Jika Anda mencari jam tangan outdoor terbaik, simaklah artikel ini karena kami akan membagikan cara memilihnya. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar camping di alam terbuka, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh dilupakan. Sleeping bag dapat menjaga tubuh Anda agar tetap hangat. Tidur Anda akan lebih lelap bila menggunakan sleeping bag yang nyaman. Ada bermacam merek sleeping bag yang bagus, seperti Eiger, Consina, Naturehike, dan sebagainya.Karena itu, ketahuilah cara memilih sleeping bag untuk mendapatkan produk yang tepat. Di samping itu, kami juga memberikan rekomendasi sleeping bag terbaik dengan harga bervariasi. Ada sleeping bag ultralight, sleeping bag polar, sleeping bag untuk anak, dan masih banyak lagi.
    Camping & hiking
  • 10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda seorang pemula yang sedang mencari sepatu trekking terbaik? Saat ini, ada banyak merek lokal dan internasional, seperti Eiger dan adidas, yang memproduksi sepatu trekking yang bagus. Bahan, desain, fitur, dan harga sepatu trekking ini beragam. Salah satu yang paling populer adalah sepatu waterproof yang tahan air.Ada juga sepatu jenis low cut yang didesain agar kaki leluasa bergerak. Kali ini kami akan membahas tips cara memilih sepatu trekking dan merekomendasikan sepuluh produk terbaiknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!
    Camping & hiking
  • 10 Tenda Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tenda Terbaik untuk Naik Gunung - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2022)
    Tenda merupakan peralatan yang penting untuk naik gunung. Mengingat cuaca di gunung berubah-ubah, bawalah tenda yang kukuh sehingga Anda tetap terlindungi dari hujan, angin, ataupun badai. Maka dari itu, penting memilih tenda terbaik untuk naik gunung.Ada banyak merek tenda yang bagus untuk naik gunung, seperti Naturehike dan Eiger. Anda bisa menemukan tenda untuk solo hiking, tenda 1P, tenda 2P, hingga tenda ultralight yang ringan. Kali ini kami akan membantu Anda memilih tenda untuk naik gunung dan berbagi rekomendasi produknya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus.
    Camping & hiking
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori