• 10 Rekomendasi Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Sepatu Hiking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)

Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking (mendaki), Anda membutuhkan sepatu hiking. Dengan begitu, kaki Anda menjadi lebih aman ketika harus melalui medan khas pegunungan yang terjal dan curam. Ada banyak sepatu hiking yang bisa Anda temukan di pasaran dari berbagai merek, seperti Eiger, Consina, Arei, dan lainnya.


Kali ini, kami akan mengulas poin-poin yang perlu diperhatikan saat hendak memilih sepatu hiking untuk pemula. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang bisa jadi pertimbangan Anda. Bacalah dengan saksama setiap poinnya dan temukan sepatu hiking sesuai dengan kebutuhan Anda.

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Ghozali Qodratullah
Irene Komala
Inayati Nur
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 9.629 Views
Daftar isi

Mengenal sepatu hiking dan kegunaannya!

Mengenal sepatu hiking dan kegunaannya!

Sesuai namanya, sepatu hiking digunakan untuk aktivitas hiking seperti trekking ataupun mendaki gunung. Dengan begitu, kondisi jalur yang akan Anda lalui pun bervariasi, mulai dari jalan datar, berbatu, hingga mendaki. Anda bisa melakukan hiking dengan menggunakan sneakers, namun sayangnya jenis trek yang dilalui terbatas. Hal ini karena sneakers didesain untuk melewati medan datar dengan bantalannya yang tipis.


Sepatu hiking juga didesain agar Anda dapat meminimalisir tenaga meskipun melewati jalanan yang terjal. Karena hiking merupakan jenis pendakian yang ringan, Anda sebaiknya tidak menggunakan sepatu biasa. Anda memerlukan sepatu khusus hiking agar perjalanan menjadi lebih mudah.

Cara memilih sepatu hiking untuk pemula

Ada banyak sepatu hiking yang bisa Anda temukan. Hal ini akan membingungkan Anda sebagai pemula. Maka dari itu, berikut ini poin-poin yang bisa jadi pertimbangan saat memilih sepatu hiking untuk pemula. 

Pilih sepatu tahan air yang terbuat dari material berkualitas tinggi

Meskipun Anda melakukan pendakian ringan, pastikan untuk memeriksa tingkat kedap air pada sepatu yang akan Anda pilih. Hal ini karena trek yang Anda lalui adalah jalur pegunungan dengan kondisi jalan yang berubah-ubah tergantung cuaca. Anda mungkin melalui jalanan yang kering karena cuacanya yang cerah, atau bisa juga ada genangan karena hujan sebelumnya. Atas pertimbangan tersebut, kami menyarankan Anda memilih sepatu yang tahan air. 


Sepatu yang terbuat dari material tahan air akan lebih nyaman. Tidak hanya berguna mencegah air masuk ke dalam sepatu, tetapi juga mencegah sepatu menjadi pengap. Kami merekomendasikan Anda memilih sepatu yang terbuat dari material Gore-Tex karena mempunyai tingkat ketahanan air yang tinggi. Jenis material Gore-Tex juga bersifat breathable sehingga udara dapat masuk ke dalam sepatu. 


Hindarilah memilih sepatu yang tidak cukup tahan air. Jika Anda masih tetap memilih jenis sepatu tersebut, gunakanlah gaiter sebagai pelindung kaki. 

Pilih sepatu bersol tebal dan empuk sebagai bantalan kaki

Pilih sepatu bersol tebal dan empuk sebagai bantalan kaki

Karena Anda akan berjalan untuk waktu yang lama, sebaiknya meminimalisir beban pada lutut dan pinggang Anda. Kami menyarankan Anda menggunakan sepatu dengan sol yang tebal dan empuk yang berfungsi sebagai bantalan. Dengan demikian, beban pada kaki dan pinggang saat berjalan dapat dikurangi. Jika sol sepatu terlalu tipis, fungsi bantalan kaki menjadi kurang optimal. Akibatnya, kaki Anda akan terasa seperti langsung menyentuh tanah. Jadi, pilihlah sepatu dengan sol yang tebal.

Pilih sol yang kuat dengan desain antiselip

Pilih sol yang kuat dengan desain antiselip

Pada poin selanjutnya, periksalah apakah bentuk sol sepatu memiliki fungsi antiselip yang baik atau tidak. Jika sepatu memiliki sol dengan alur yang dalam, kaki tidak mudah tergelincir saat melangkah di jalur pegunungan. 


Jenis sol yang dalam juga melindungi kaki Anda saat dalam keadaan darurat. Untuk sepatu hiking, kami merekomendasikan sepatu yang mempunyai sol antiselip. Jenis sepatu tersebut lebih nyaman daripada sepatu dengan banyak lekukan di bagian jari atau tumitnya. 

Pilih sepatu berdasarkan jenis collar untuk kenyamanan melangkah

Pilih sepatu berdasarkan jenis collar untuk kenyamanan melangkah

Jenis sepatu hiking juga dibedakan dari collar-nya yang merujuk pada kerah sepatu di bagian pergelangan kaki. Ada tiga jenis collar pada sepatu hiking, yakni low-cut, medium-cut, dan high-cut. Collar jenis low-cut memiliki kerah yang tidak menutupi mata kaki. Di sisi lain, jenis high-cut didesain untuk menutupi mata kaki, sedangkan medium-cut berada di tengahnya.


Collar jenis low-cut memiliki keunggulan membebaskan gerak pergelangan kaki sehingga terkesan mirip dengan sneakers. Namun, jenis sepatu ini tidak dapat melindungi area pergelangan kaki secara maksimal. Maka dari itu, jenis ini sebaiknya digunakan ketika Anda sudah terbiasa mendaki gunung.


Jenis high-cut mampu melindungi pergelangan kaki Anda sehingga dapat meminimalisir terjadinya keseleo. Jika Anda cukup percaya diri dan merasa mampu untuk mendaki, cobalah menggunakan sepatu jenis medium-cut. Sepatu dengan collar medium-cut menawarkan penyangga yang lebih ringan agar tidak terlalu memberatkan kaki Anda. Saat Anda memilih, carilah sepatu dengan jenis kain yang tidak terlalu keras di bagian pergelangan kakinya.

Pilih ukuran sepatu yang memberikan ruang untuk tumit dan jari kaki

Pilih ukuran sepatu yang memberikan ruang untuk tumit dan jari kaki

Saat memilih ukuran sepatu hiking, pastikan sepatu tersebut memiliki ruang untuk jari kaki dan tumit Anda. Cobalah memasukkan kaki Anda ke dalam sepatu dan pastikan terdapat jarak satu jari antara tumit dan sepatu. Setelah itu, sesuaikan tumit dengan ukuran sepatu tersebut sehingga jari kaki Anda terasa nyaman. Ruang pada sepatu ini mengurangi ketegangan kaki baik saat Anda sedang mendaki maupun menuruni jalur gunung.


Pastikan juga untuk memilih sepatu hiking yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran tersebut akan membebani jari-jari kaki Anda saat turun. Jika memungkinkan, kami menyarankan Anda untuk memakai kaus kaki khusus hiking.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

ObozWomen’s Sawtooth II Low Waterproof

Rp 3.285.000,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi sepatu hiking terbaik untuk pemula

Setelah mengetahui poin pertimbangan untuk memilih sepatu hiking, kami merekomendasikan beberapa produk yang bisa jadi referensi. Bandingkanlah tiap-tiap sepatu mulai dari kualitas, fungsi, hingga harga dari masing-masing produk. 

10
Tahan airTidak disebutkan
Jenis collarLow-cut
Ukuran37-49
Sol antiselip✔︎
9
Tahan air✔︎
Jenis collarMid-cut
Ukuran36-40
Sol antiselip✔︎
8

Karrimor Hot Rock Low Mens Walking Shoes

183714

Rp 575.000,00

Tahan air✔︎ Weatherite Extreme
Jenis collarLow-cut
Ukuran40-49
Sol antiselip✔︎
7
Tahan air✔︎ Semi waterproof suede
Jenis collarMid-cut
Ukuran39-44
Sol antiselip✔︎
6
Tahan air✔︎ Uneebtex
Jenis collarMid-cut
Ukuran39-41
Sol antiselip✔︎
5
Tahan air✔︎ Waterproof membrane
Jenis collarMid-cut
Ukuran38-45
Sol anti selip✔︎
4
Tahan air✔︎ Gore-Tex
Jenis collarLow-cut
Ukuran40-44
Sol antiselip✔︎
3
Tahan air✔︎ Waterproof membrane
Jenis collarHigh-cut
Ukuran38-45
Sol antiselip✔︎
2
Tahan air✔︎ Gore-Tex
Jenis collarMid-cut
Ukuran41
Sol antiselip✔︎
1
Tahan air✔︎ Texapore
Jenis collarMid-cut
Ukuran39,5-47,5
Sol antiselip✔︎

Tabel perbandingan produk sepatu hiking terbaik untuk pemula

Gambar produk
1
Jack Wolfskin  Mens Vojo Hike Mid Texapore 1

Jack Wolfskin

2
Mammut  Nova Tour High GTX  1

Mammut

3
EIGER  Python Shoes 1

EIGER

4
Adidas Terrex CMTK GTX 1

Adidas

5
Eiger Pollock OL Shoes 1

Eiger

6
Consina Jomsom 1

Consina

7
Arei Cruise Shoes 1

Arei

8
Karrimor  Hot Rock Low Mens Walking Shoes 1

Karrimor

9
Consina Alpine Women 1

Consina

10
Asics  GEL-SONOMA 3 1

Asics

Nama produk

Mens Vojo Hike Mid Texapore

Nova Tour High GTX

Python Shoes

Terrex CMTK GTX

Pollock OL Shoes

Jomsom

Cruise Shoes

Hot Rock Low Mens Walking Shoes

Alpine Women

GEL-SONOMA 3

Keunggulan

Teknologi Texapore, jamin nyaman dipakai selama hiking

Sepatu wanita untuk jelajahi medan terjal dan ekstrem

Desain sangar untuk jelajahi hutan dan gunung beriklim tropis

Jenis low-cut dan ringan untuk Anda bergerak cepat

Dilengkapi sol Vibram, tumit tidak cepat letih

Sol dengan desain terbaru, beri kenyamanan pada telapak kaki

Rubber toe bumber, lindungi ujung kaki saat mendaki

Tampil gaya dengan sepatu elegan yang tangguh

Tetap trendi saat mendaki dengan kesan feminim

Gaya kasual yang multifungsi, bisa digunakan untuk hiking dan aktivitas harian

HargaRp 2.700.000,00Rp 3.300.000,00Rp 1.299.000,00Rp 1.800.000,00Rp 995.000,00Rp 895.000,00Rp 595.000,00Rp 575.000,00Rp 545.000,00Rp 1.299.000,00
Tahan air✔︎ Texapore✔︎ Gore-Tex✔︎ Waterproof membrane ✔︎ Gore-Tex✔︎ Waterproof membrane✔︎ Uneebtex ✔︎ Semi waterproof suede✔︎ Weatherite Extreme✔︎Tidak disebutkan
Jenis collarMid-cutMid-cutHigh-cutLow-cutMid-cutMid-cutMid-cutLow-cutMid-cutLow-cut
Ukuran39,5-47,54138-4540-4438-4539-4139-4440-4936-4037-49
Sol antiselip✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
Tautan produk

Jangan lupa mencobanya dahulu sebelum hiking

Biasanya, kaki akan cenderung bergesekan saat memakai sepatu baru sehingga tidak nyaman saat pertama dipakai. Maka dari itu, sebelum Anda menggunakannya untuk mendaki, pastikan dahulu sepatu dicoba untuk dipakai selama 2-3 hari. Hal ini berguna untuk mengencangkan dan menyesuaikan sepatu dengan kaki Anda. Jadi, silakan untuk mencobanya dahulu.

Baca juga rekomendasi perlengkapan hiking lainnya di sini

Tidak hanya sepatu, kami juga telah mengulas perlengkapan hiking lainnya, seperti trekking pole, tas antiair, dan lainnya. Jika Anda membutuhkan artikel ulasannya, bacalah pada tautan di bawah ini

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, apakah Anda menemukan sepatu yang sesuai dengan kebutuhan? Jenis sepatu yang orang butuhkan berbeda-beda dan tergantung pada pengalaman. Apakah Anda mulai terbiasa melakukan hiking atau baru pertama kali mencoba?

Anda perlu mengetahui jenis kebutuhan akan sepatu hiking. Selanjutnya, barulah Anda menyesuaikan dengan poin-poin yang telah kami jabarkan. Pada bagian akhirnya, pilihlah produk yang sesuai dan pas dengan kantong. Semoga ulasan kami membantu Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat! (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu barang yang wajib dimiliki para pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Coleman, Eiger, dan Consina adalah sederet merek yang menjual beragam jenis tenda dome, dari mulai tenda pop up untuk satu orang hingga tenda berkapasitas besar. Tentunya, setiap tenda memiliki perbedaan dari segi daya tahan dan tingkat waterproof-nya.Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu Anda perhatikan ketika memilih tenda. Setelahnya, kami juga akan merekomendasikan berbagai macam tenda dome berkualitas berdasarkan fungsi dan kegunaanya. Selamat membaca! 
    Camping & hiking
    54.567 Views
  • 10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Jam Tangan Terbaik untuk Mendaki Gunung (Terbaru Tahun 2020)
    Jam tangan mountaineering merupakan alat yang penting saat hendak mendaki gunung atau trekking. Jam tangan untuk mendaki gunung ini bisa sekaligus menjadi aksesori yang fashionable. Anda akan menemukan produk-produk yang keren dan dilengkapi berbagai fitur fungsional keluaran Casio, Garmin, Suunto, dan sebagainya.Namun, banyaknya jam tangan mountaineering yang beredar di pasaran bisa membuat Anda bingung saat memilih. Kami akan mengulas tentang cara memilih jam tangan untuk mendaki gunung serta merekomendasikan sepuluh produk terbaik untuk Anda. Baca sampai selesai ya, supaya Anda bisa menemukan produk yang tepat untuk Anda!
    Camping & hiking
    44.125 Views
  • 10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sepatu Trekking Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Sepatu trekking adalah barang wajib untuk melakukan kegiatan alam seperti mendaki gunung atau trekking. Beberapa produsen seperti Eiger, Karrimor, dan Keen sudah banyak memasarkan sepatu trekking untuk pria dan wanita. Bahan, desain, dan harganya pun beragam sehingga bisa membuat Anda bingung saat memilih.Kali ini, kami akan membahas sepatu trekking mulai dari cara memilih hingga sepuluh produk terbaiknya. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali membeli sepatu trekking, simak artikel ini sampai habis!
    Camping & hiking
    51.272 Views
  • 10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat melakukan kegiatan outdoor seperti camping bersama keluarga, tentu Anda menginginkan akomodasi yang nyaman dan aman. Salah satu peralatan yang wajib Anda bawa adalah tenda untuk camping. Tenda yang kuat, ruangan yang cukup, dan tidak bocor saat hujan adalah hal yang perlu dicermati saat memilihnya.Produsen peralatan outdoor seperti Coleman, Decathlon, Consina, dan Eiger sudah banyak menjual tenda camping. Masing-masing tenda memiliki perbedaan desain, keunikan, serta harga jualnya. Kali ini, kami akan membagikan tips memilih tenda camping beserta beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    27.217 Views
  • 10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teropong Binokular Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Teropong binokular merupakan perangkat untuk melihat objek jauh agar menjadi lebih jelas. Peralatan ini dapat mendukung berbagai aktivitas, seperti saat menonton konser, mengamati burung di hutan, dan lainnya. Maka dari itu, ada berbagai jenis teropong dengan bentuk, berat, dan bidang pandang yang berbeda-beda. Jika Anda kebingungan mencari teropong binokular, artikel ini tepat untuk Anda. Kami akan memperkenalkan poin-poin yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli teropong binokular. Kemudian, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang tersedia di pasaran, seperti Bushnell, Nikon, dan lainnya. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    21.132 Views
  • 10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda akan menjelajah alam selama lebih dari sehari, sleeping bag adalah salah satu perlengkapan yang tak boleh dilupakan. Baik saat Anda ke gunung maupun pantai, tidur Anda akan lebih nyaman bila menggunakan sleeping bag. Ada bermacam-macam produk sleeping bag yang dijual dengan beragam jenis dan fungsi. Mulai dari Eiger, Deuter, dan Consina turut memproduksi sleeping bag.Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung dalam memilih sleeping bag. Kali ini, kami akan memberikan tips dan rekomendasi sleeping bag untuk berbagai medan perjalanan. Tips menggunakannya juga akan kami bagikan. Selamat membaca!
    Camping & hiking
    22.386 Views
  • 10 Rekomendasi Kasur Angin Terbaik untuk Camping (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kasur Angin Terbaik untuk Camping (Terbaru Tahun 2020)
    Anda tentu senang jika dapat tidur dengan nyaman pada saat camping atau bepergian menggunakan mobil. Untuk itu, Anda memerlukan kasur angin yang praktis dan mudah dibawa. Bobotnya yang ringan membuat kasur angin menjadi pilihan yang tepat untuk dibawa saat camping.Kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih kasur angin agar Anda mudah menemukan produk yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek, di antaranya INTEX dan Bestway. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda. Simak terus informasinya dan temukan kasur angin yang Anda butuhkan di sini!
    Camping & hiking
    16.904 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori