1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Sepatu Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Sepatu Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Sepatu Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Sepatu Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Sepatu Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Sepatu Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Sepatu Gunung Terbaik - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Saat melakukan kegiatan outdoor seperti trekking atau hiking, Anda membutuhkan sepatu gunung. Sepatu jenis ini memiliki keamanan yang baik untuk digunakan ketika Anda melalui medan pegunungan yang terjal dan curam. Ada banyak sepatu gunung dari berbagai merek di pasaran, seperti EIGER, Arei, dan lainnya.


Untuk membantu Anda, kami akan memberikan tips memilih sepatu gunung yang bagus. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk sepatu gunung yang bisa Anda pertimbangkan. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Temukan sepatu gunung yang Anda butuhkan di sini!

Diperbaharui 01-10-2023
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Jansilmi Nur Al-Zia

Jansilmi Nur Al-Zia merupakan lulusan Program Studi Matematika, Universitas Islam Bandung yang akrab dipanggil Zia. Selama kuliah, wanita pencinta olahraga basket dan badminton ini pernah magang menjadi admin di toko perlengkapan bayi dan busana muslim. Setelah lulus, ia terjun ke dunia jurnalistik dan menjadi jurnalis di salah satu televisi nasional sebagai asisten produser program hiburan dan gaya hidup. Meski aktivitasnya padat, sesekali ia juga meluangkan waktunya untuk bermain gitar yang menjadi hobinya semasa SMA. Kini, wanita yang telah memiliki satu anak ini banyak menghabiskan waktu menjadi penulis konten. Ia juga memperdalam pengetahuan soal tumbuh kembang anak demi kesehatan buah hatinya.

Profil Jansilmi Nur Al-Zia
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Mengenal sepatu gunung dan kegunaannya!

Mengenal sepatu gunung dan kegunaannya!

Sesuai dengan namanya, sepatu gunung atau sepatu hiking digunakan untuk aktivitas hiking seperti trekking ataupun mendaki gunung. Saat hiking, kondisi jalur yang akan Anda lalui tentu bervariasi, mulai dari jalan datar, berbatu, hingga berlumpur. Meski Anda bisa hiking menggunakan sneakers, jenis trek yang dapat dilalui terbatas. Hal ini karena sneakers didesain untuk melewati medan datar dengan bantalannya yang tipis.


Sepatu gunung sendiri didesain agar Anda dapat meminimalkan tenaga meskipun melewati jalanan yang terjal. Karena hiking merupakan jenis pendakian yang ringan, sebaiknya Anda tidak menggunakan sepatu biasa. Untuk itu, gunakan sepatu khusus hiking agar perjalanan menjadi lebih mudah.


Perlu Anda ingat, sepatu gunung sangat berperan vital saat Anda melalui jalanan yang menurun hingga terjal. Sol, pijakan, bahkan konstruksi dari sepatu gunung memang sudah dirancang untuk perlindungan telapak, pergelangan, dan bagian kaki lainnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sepatu gunung

Ada banyak sepatu gunung yang bisa Anda temukan di pasaran. Hal ini mungkin akan membingungkan Anda sebagai pemula. Berikut ini adalah poin-poin yang bisa jadi pertimbangan saat memilih produk. 

① Pilih sepatu tahan air yang terbuat dari material berkualitas tinggi

Pilih sepatu tahan air yang terbuat dari material berkualitas tinggi

Meski Anda melakukan pendakian ringan, pastikan untuk memeriksa tingkat kedap air pada sepatu yang akan dipilih. Hal ini karena trek yang Anda lalui adalah jalur pegunungan dengan kondisi jalan yang berubah-ubah tergantung pada cuaca. Anda mungkin melalui jalanan yang kering karena cuacanya yang cerah, tetapi bisa juga ada genangan karena hujan sebelumnya. 


Atas pertimbangan tersebut, kami sarankan Anda memilih sepatu yang tahan air. Hal tersebut tidak hanya berguna mencegah air masuk ke dalam sepatu, tetapi juga mencegah sepatu terasa pengap. Kami merekomendasikan untuk memilih sepatu yang terbuat dari material Gore-Tex karena mempunyai tingkat ketahanan air yang tinggi.


Jenis material Gore-Tex juga bersifat breathable sehingga udara dapat masuk ke dalam sepatu. Dengan demikian, kaki tetap nyaman dan sehat meski sepatu digunakan dalam waktu lama atau berjam-jam. Hindarilah memilih sepatu yang tidak cukup tahan air. Jika Anda masih tetap memilih jenis sepatu tersebut, gunakanlah gaiter sebagai pelindung kaki. 


Pemilihan sepatu yang kedap air juga dapat Anda terapkan saat memilih barang-barang yang digunakan untuk hiking. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut barang-barang kedap air lainnya, silakan baca melalui tautan berikut ini. 

② Pastikan sol sepatu tebal dan empuk sebagai bantalan kaki

Pastikan sol sepatu tebal dan empuk sebagai bantalan kaki

Karena Anda akan berjalan untuk waktu yang lama, sebaiknya minimalkan beban pada lutut dan pinggang Anda. Kami menyarankan Anda menggunakan sepatu bersol tebal dan empuk yang berfungsi sebagai bantalan. Dengan demikian, beban pada kaki dan pinggang saat berjalan dapat berkurang.


Jika sol sepatu terlalu tipis, fungsi bantalan kaki menjadi kurang optimal. Akibatnya, kaki Anda akan terasa seperti langsung menyentuh tanah. Jadi, pilihlah sepatu dengan sol yang tebal.


Jika Anda melakukan perjalanan yang sifatnya trek mendaki, tentunya Anda harus turun kembali. Sepatu dengan sol tebal serta empuk sangat membantu dan aman di telapak kaki. Telapak kaki mendapatkan perlindungan sempurna dari sol tebal tersebut.

③ Pertimbangkan sol yang kuat dengan desain antiselip

Pertimbangkan sol yang kuat dengan desain antiselip

Poin selanjutnya, periksalah apakah bentuk sol sepatu memiliki fungsi antiselip yang baik atau tidak. Jika sepatu memiliki sol dengan alur yang dalam, kaki tidak mudah tergelincir saat melangkah di jalur pegunungan. Jenis sol yang dalam juga melindungi kaki Anda saat dalam keadaan darurat. 


Untuk sepatu gunung, kami merekomendasikan sepatu yang mempunyai sol antiselip. Jenis sepatu tersebut lebih nyaman daripada sepatu dengan banyak lekukan di bagian jari atau tumitnya. Sepatu dengan sol antiselip sangat direkomendasikan untuk perjalanan yang bersifat basah, misalnya trekking ke air terjun.

④ Perhatikan jenis collar untuk kenyamanan melangkah

Perhatikan jenis collar untuk kenyamanan melangkah

Jenis sepatu gunung juga dibedakan dari ketinggian collar-nya. Collar merupakan kerah sepatu di bagian pergelangan kaki. Terdapat tiga jenis collar pada sepatu gunung, yaitu: 


  • Low-cutCollar jenis low-cut memiliki kerah yang tidak menutupi mata kaki. Keunggulannya adalah membebaskan gerak pergelangan kaki sehingga terkesan mirip dengan sneakers. Meski demikian, low cut tidak dapat melindungi area pergelangan kaki secara maksimal. Jadi, low cut sebaiknya digunakan ketika sudah terbiasa mendaki gunung. 

  • Medium-cut: Kerah sepatunya memiliki tinggi di antara low cut dan high cut. Collar medium-cut atau mid-cut menawarkan penyangga yang lebih ringan sehingga tidak terlalu memberatkan kaki Anda. 

  • High-cut: Collar ini didesain untuk menutupi mata kaki. Keunggulannya, high cut mampu melindungi pergelangan kaki sehingga meminimalkan terjadinya keseleo.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah jenis kain sepatu gunung pilihan. Carilah sepatu dengan jenis kain yang tidak terlalu keras di bagian pergelangan kakinya. Hal ini berfungsi untuk menghindarkan kaki dari risiko lecet.

⑤ Temukan ukuran sepatu yang memiliki ruang lebih untuk tumit dan jari kaki

Temukan ukuran sepatu yang memiliki ruang lebih untuk tumit dan jari kaki

Hal terakhir yang dapat Anda pertimbangkan saat memilih sepatu gunung adalah ukuran sepatunya. Pastikan sepatu tidak terlalu sempit. Akan lebih baik bila ukuran sepatu gunung memiliki ruang lebih untuk jari kaki dan tumit. Sebagai panduan untuk membeli sepatu gunung, simak tips berikut ini: 


  • Masukkan kaki Anda ke dalam sepatu pilihan. 
  • Ukur jarak antara tumit dan sepatu. Pastikan terdapat jarak satu jari antara tumit dan sepatu. 
  • Sesuaikan tumit dengan ukuran sepatu sehingga jari kaki Anda terasa nyaman. Ruang sepatu ini berfungsi untuk mengurangi ketegangan kaki saat mendaki ataupun turun gunung. 
  • Pastikan juga untuk memilih sepatu gunung yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Ukuran tersebut akan membebani jari-jari kaki saat turun. Jika memungkinkan, kami menyarankan Anda memakai kaus kaki khusus hiking.

Sebagai catatan, sepatu yang terlalu sempit pada ujung jari kaki akan sangat mengganggu, terutama saat perjalanan menurun. Kaki cenderung akan terdorong ke depan saat melakukan perjalanan menurun. 


Sementara itu, sepatu yang terlalu longgar juga bisa berakibat lebih fatal daripada sepatu yang sempit pada ujung kaki. Jari-jari kaki akan seperti terus-terusan terpukul saat perjalanan menurun.

10 Rekomendasi sepatu gunung terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sepatu gunung terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Leedoo

Sepatu Hiking

Leedoo Sepatu Hiking 1枚目

Dilengkapi bahan kulit sintetis yang sempurna untuk berbagai cuaca

2

Hipzo

Sepatu Gunung

Hipzo Sepatu Gunung 1枚目

Pertahankan tampilan kasual dengan sepatu yang multifungsi

3

Lavio Footwear

Axel

Lavio Footwear Axel 1枚目

Sepatu gunung yang stylish, berkualitas, dan murah meriah

4

SNTA

Sepatu Gunung

SNTA Sepatu Gunung 1枚目

Tetap trendi saat mendaki dengan kesan feminin

5

Arei

Smithsonia Shoes

Arei Smithsonia Shoes 1枚目

Sol berteknologi multi directional traction yang maksimal menahan licin

6

Arei

Kagera Shoes

Arei Kagera Shoes 1枚目

Sepatu hiking yang juga bisa dipakai untuk trekking

7

EIGER

Piranha 1.0

EIGER Piranha 1.0 1枚目

Insole dapat menyesuaikan suhu dan antibakteri, bye bye bau kaki!

8

EIGER

X-Tyranno Women

EIGER X-Tyranno Women 1枚目

Memiliki outsole yang kokoh, jalanan terjal pul mudah dilewati

9

SPOTEC

SAR

SPOTEC SAR 1枚目

Pilihan ukurannya bervariasi, bisa dipakai pria ataupun wanita

10

Salomon

X ULTRA 4 MID GORE-TEX

Salomon X ULTRA 4 MID GORE-TEX 1枚目

Sepatu tangguh dengan fitur komplet dan kekinian

Perincian produk
Close
No.1

LeedooSepatu HikingMH202

Mulai dari Rp499.000,00

Dilengkapi bahan kulit sintetis yang sempurna untuk berbagai cuaca

Kelebihan:

  • Material sepatu tahan gesek dan tidak mudah susut
  • Dengan bahan PU leather, suhu di dalam sepatu lebih terkendali sehingga tidak akan mudah kepanasan ataupun kedinginan

Kekurangan:

  • Finishing sepatu kurang rapi sehingga terkesan kurang kokoh

Sepatu hiking Leedoo ini adalah sepatu yang dibuat dengan gaya klasik. Bahannya menggunakan PU leather yang terkenal tahan gesek dan tidak mudah aus. Menariknya, PU leather sangat nyaman digunakan dalam suhu dingin ataupun panas. 


Karena dipadukan dengan sol rubber yang antiselip, Anda tak perlu khawatir terpeleset pada medan tertentu. Bila Anda mencari sepatu hiking yang fleksibel digunakan dan gayanya klasik, saatnya mencoba sepatu yang satu ini.  

No.2

HipzoSepatu GunungM-047

Mulai dari Rp299.000,00

Pertahankan tampilan kasual dengan sepatu yang multifungsi

Kelebihan:

  • Kain atas sepatu tebal sehingga kaki lebih aman dari benturan saat mendaki
  • Sepatu bisa digunakan untuk kegiatan harian

Kekurangan:

  • Bagian bawah sepatu kurang empuk dan tipis

Sepatu gunung lokal ini memiliki upper webbing atau kain atas yang tebal dan kuat. Anda dapat melewati medan yang cukup berat dengan lebih aman. Gayanya pun kasual sehingga bisa digunakan baik untuk hiking maupun kegiatan harian. Produk ini sangat pas dimiliki oleh Anda yang praktis dan terbiasa memiliki satu sepatu untuk berbagai situasi!

No.3

Sepatu gunung yang stylish, berkualitas, dan murah meriah

Kelebihan:

  • Harga sangat terjangkau sehingga cocok untuk pemula
  • Tak hanya untuk mendaki, sepatu bisa dipakai untuk touring, pekerja proyek, dan aktivitas outdoor lainnya

Kekurangan:

  • Finishing-nya kurang rapi dan besi di ujung kaki kurang panjang

Jika Anda mencari sepatu gunung terbaik untuk pemula, produk ini patut dipertimbangkan.! Sepatu yang diklaim 100% buatan Indonesia ini dirancang dengan bentuk yang presisi dan terbuat dari material premium.


Selain itu, modelnya juga tampak modern, santai, tetapi tetap sporty. Tak hanya enak dipandang, sepatu ini menawarkan keamanan maksimal dengan harga yang terjangkau. Yuk, segera dikoleksi!

No.4

Tetap trendi saat mendaki dengan kesan feminin

Kelebihan:

  • Menggunakan outsole thermo plastic rubber sehingga cukup tangguh melindungi kaki
  • Pilihan warna bervariasi untuk disesuaikan dengan selera

Kekurangan:

  • Bagian bawah sepatu masih terasa keras dan bantalan kurang empuk

Apakah Anda seorang wanita yang ingin tetap tampil gaya saat hiking? Sepatu ini sepertinya akan cocok untuk Anda. Produk ini memiliki desain menarik sehingga membuat Anda tidak mati gaya meski baru saja melewati medan yang terjal.


Ada beberapa pilihan warna yang tersedia, seperti beige, fuschia, grey purple, blue purple, dan lainnya. Anda bisa memilih warna sepatu gunung SNTA sesuai dengan kepribadian Anda. 

No.5

Sol berteknologi multi directional traction yang maksimal menahan licin

Kelebihan:

  • Material sepatu tahan air dan mudah dibersihkan
  • Sisi depan dan belakang sepatu menggunakan bahan yang cukup keras untuk menahan benturan

Kekurangan:

  • Meski waterproof, sepatu kurang mampu menahan air dengan intensitas tinggi

Bagian atas sepatu ini terbuat dari material full grain leather berkualitas. Bahan tersebut merupakan kulit yang masih memiliki tekstur asli sehingga sangat mudah dibersihkan. Selain itu, sepatu juga memakai bahan split grain leather sehingga beratnya lebih ringan dan waterproof.


Pada bagian sol sepatu ini menggunakan teknologi multi directional traction. Hasilnya, sepatu gunung wanita ini cukup maksimal menahan slip dan cocok digunakan untuk menjajal medan yang cukup berat. Jadi, bertualang di lintasan berbatu ataupun berlumpur tak akan jadi masalah.

No.6

Sepatu hiking yang juga bisa dipakai untuk trekking

Kelebihan:

  • Bahan suede semi waterproof membuat kaki terlindung dari air intensitas ringan
  • Dilengkapi pelindung ujung kaki untuk mengurangi risiko cedera saat mendaki

Kekurangan:

  • Pengait tali sepatu kurang kokoh sehingga rentan lepas saat terlalu kencang menalikan sepatu

Kagera Shoes merupakan sepatu gunung yang dirancang bukan hanya untuk kegiatan hiking. Anda juga bisa memakainya untuk trekking atau perjalanan jauh lainnya dengan sistem sol karet yang antiselip dan berkualitas baik. Produk ini juga dibekali pelindung kaki untuk mengurangi risiko cedera dengan bantalan yang empuk. Jadi, Anda akan merasa nyaman dalam setiap petualangan Anda.

No.7

Insole dapat menyesuaikan suhu dan antibakteri, bye bye bau kaki!

Kelebihan:

  • Sudah menggunakan insole ortholite yang mampu menjaga kelembapan kaki
  • Selain untuk hiking, sepatu juga bisa digunakan untuk aktivitas harian

Kekurangan:

  • Belum ada fitur safety seperti besi di ujung kaki sehingga kurang cocok untuk hiking berat

Anda mencari sepatu gunung yang juga bisa dipakai sehari-hari? Jika iya, sepatu ini patut Anda pertimbangkan. Sepatu hiking keluaran EIGER ini memiliki bobot yang tidak berat dan didesain untuk pendakian ringan ataupun pemakaian harian.


Sepatu ini juga dilengkapi dengan insole ortholite yang dapat menyesuaikan suhu pada kaki. Jadi, kaki akan terjaga kelembapannya sehingga terbebas dari bau tak sedap.

No.8

Memiliki outsole yang kokoh, jalanan terjal pul mudah dilewati

Kelebihan:

  • Outsole kokoh dan punya cengkeraman yang baik
  • Dilengkapi insole yang empuk dan breathable sehingga kaki jadi lebih nyaman

Kekurangan:

  • Pilihan warnanya kurang bervariasi

Jika Anda mencari sepatu gunung wanita dengan warna yang soft agar tetap terkesan girly, produk ini bisa dipilih. Selain tampilannya cantik, X-Tyranno Women dirancang untuk menjaga kaki Anda tetap nyaman saat mendaki. Dengan penggunaan bahan kulit suede dan polymesh di bagian atasnya, sirkulasi udara akan terjaga karena bahannya breathable.  


Sepatu gunung ini juga didukung oleh outsole berbahan Vibram - 148C Foura Evo. Bahan tersebut memiliki komponen rubber dengan cengkeraman terbaik untuk melintasi jalanan terjal ketika mendaki gunung.

No.9

Pilihan ukurannya bervariasi, bisa dipakai pria ataupun wanita

Kelebihan:

  • Punya banyak variasi ukuran sehingga Anda bisa lebih leluasa saat memilih
  • Sol menggunakan material high quality phylon midsole dan rubber grip balance outsole sehingga cengkeramannya lebih baik

Kekurangan:

  • Jika digunakan dengan intensitas tinggi, sol sepatu masih rentan lepas
  • Bobot masih tergolong berat dan kaku

Sepatu gunung Spotec ini memiliki desain unisex yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda yang ingin memiliki sepatu hiking kembar dengan pasangan sangat cocok memilih produk ini. Sepatu ini menyediakan ukuran yang cukup bervariasi untuk dipilih oleh pria ataupun wanita. Menariknya, sepatu ini dilengkapi dengan tiga lapisan sol yang berbeda. 


Sol bagian dalam menggunakan teknologi anatomic shape moulded sehingga sangat nyaman untuk kaki. Dipadukan dengan high quality phylon midsole dan rubber grip balance outsole, sepatu ini kian kokoh. Detail jahitan yang membujur dan melintang pada bagian upper-nya membuat sepatu ini makin menarik.

No.10

SalomonX ULTRA 4 MID GORE-TEX

Mulai dari Rp2.700.000,00

Sepatu tangguh dengan fitur komplet dan kekinian

Kelebihan:

  • Memiliki ketahanan yang baik terhadap air karena sepatu menggunakan material Gore-Tex
  • Outsole dilengkapi dengan teknologi contagrip sehingga performa sepatu tetap baik saat digunakan di berbagai medan

Kekurangan:

  • Harga pasarannya tergolong tinggi

Sepatu ini menjadi salah satu favorit pendaki karena spesifikasi fitur-fiturnya sangat mumpuni. Sepatu gunung ini dapat menerjang medan tanah, berbatu, pasir, hingga sungai.


Bobotnya juga sangat ringan dan dilengkapi teknologi contagrip outsole. Jadi, performa sepatu akan tetap baik meski dipakai di medan yang basah, kering, keras, bahkan licin. So, untuk Anda yang suka melakukan pendakian ekstrem, sepatu ini bisa jadi pilihan utama Anda.

Cobalah terlebih dahulu sebelum membeli

Cobalah terlebih dahulu sebelum membeli

Biasanya kaki akan cenderung bergesekan ketika memakai sepatu baru sehingga tidak nyaman saat pertama dipakai. Oleh sebab itu, pakailah dahulu sepatu selama 2–3 hari sebelum menggunakannya untuk mendaki. Hal ini berguna untuk mengencangkan dan menyesuaikan sepatu dengan kaki Anda. Jadi, silakan untuk mencobanya dahulu.


Pemakaian sepatu sebelum digunakan pada medan yang sebenarnya sangat penting. Sepatu pastinya akan lebih menyesuaikan bentuk kaki saat digunakan. Penyesuaian bentuk tersebut biasanya ada pada bagian punggung kaki serta samping kiri dan kanan kaki.

Baca juga rekomendasi perlengkapan hiking lainnya di sini

Tidak hanya sepatu, kami juga telah mengulas perlengkapan hiking lainnya, seperti trekking pole, tenda, dan lainnya. Jika Anda membutuhkan artikel ulasannya, bacalah pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, apakah Anda dapat menemukan sepatu yang sesuai dengan kebutuhan? Jenis sepatu yang dibutuhkan setiap orang berbeda-beda dan tergantung pada pengalaman. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui jenis kebutuhan sepatu gunung Anda.

Selanjutnya, barulah Anda menyesuaikan produk yang hendak dipilih dengan poin-poin yang telah kami jabarkan. Tak ketinggalan, pilihlah produk yang sesuai dan pas dengan budget. Semoga membantu!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer