1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Aksesori handphone & tablet
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Sebagai daya cadangan, penting untuk memilih power bank yang bagus agar penggunaannya lebih awet dan tahan lama. Kapasitas power bank bervariasi, mulai dari 10.000 mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Fiturnya pun beragam, seperti fast charging dan wireless charging. Harga power bank sangat berpengaruh dari kapasitas dan fiturnya.

 

Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih power bank yang bagus dan awet. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek power bank terbaik, seperti Robot, Samsung, dan Xiaomi. Ada produk yang kompatibel dengan iPhone, lho. Simak terus artikel ini sampai habis!
Diperbaharui 09-25-2022
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Gigih Prayitno

Gigih Prayitno merupakan lulusan Program Studi Jepang, Universitas Diponegoro. Sejak kuliah, outdoor enthusiast ini suka naik gunung, city walking, dan solo traveling. Setelah lulus, ia bekerja sebagai travel reporter di salah satu kantor berita online di Indonesia selama dua tahun. Tidak hanya menyukai dunia traveling, Gigih juga seorang tech savvy. Ia senang sekali mencari update tentang peralatan elektronik, khususnya handphone, komputer, serta aksesorinya. Kini ia banyak menulis dengan niche teknologi, perlengkapan outdoor, dan perlengkapan sport di website mybest Indonesia.

Profil Gigih Prayitno
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih power bank

Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan saat memilih power bank, mulai dari kapasitas, fitur charging, hingga kemudahannya dibawa. Untuk itu, mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

① Pastikan kapasitas power bank sesuai dengan kebutuhan

Pastikan kapasitas power bank sesuai dengan kebutuhan

Produk power bank hadir dengan beragam pilihan kapasitas, mulai 5.000 mAh, 10,000, mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Sebagai daya cadangan, sesuaikan kapasitas power bank dengan kebutuhan Anda.


Jika baterai smartphone Anda 4.000 mAh dan membutuhkan satu kali charging, power bank 5.000 mAh sudah cukup. Namun, pilih kapasitas power bank yang bisa charging beberapa kali jika Anda sering bepergian atau melakukan aktivitas outdoor.


Makin besar kapasitas power bank, maka makin besar ukurannya dan makin mahal juga harganya. Maka dari itu, pertimbangkanlah baik-baik kebutuhan Anda akan baterai cadangan. Setelah itu, barulah Anda menentukan kapasitas yang sesuai.

② Cek jenis dan jumlah input/output yang ada pada power bank

Cek jenis dan jumlah input/output yang ada pada power bank
Jangan lupa juga untuk memeriksa jenis input port untuk kemudahannya mengisi daya power bank. Selain itu, periksalah jumlah output port serta nilai arus listrik dari power bank tersebut. Mari dibahas satu per satu!

  • Input port

Ada beberapa jenis input dari power bank, yakni micro-USB, USB-C, dan LightningKami merekomendasikan power bank dengan input port yang sama dengan smartphone Anda. Dengan demikian, Anda hanya membutuhkan satu jenis kabel. Dengan begitu, membawa dan menggunakan power bank jadi praktis.


  • Output port

Jika power bank memiliki output port lebih dari satu, Anda dapat mengisi daya beberapa gadget sekaligus. Pilihlah produk dengan jumlah port yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Periksa juga daya arus listrik (ampere) dari output produk power bank. Makin besar output-nya, makin cepat juga pengisian dayanya.

③ Periksa fitur charging yang memudahkan penggunaannya

Ada dua fitur penting pada power bank yang memengaruhi kecepatan dan kemudahan charging-nya. Dua fitur tersebut adalah fast charging dan wireless charging. Kami akan membahasnya pada poin berikut.

Fast charging, mengisi daya ke smartphone lebih cepat

Fast charging, mengisi daya ke smartphone lebih cepat

Jika power bank memiliki fitur fast charging atau quick charging, baterai smartphone bisa terisi lebih cepat. Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat melihat daya output atau daya hantar power bank


Produk dengan fitur fast charging memiliki daya output 2,4 ampere ke atas atau daya hantar listriknya 15 watt. Makin tinggi nilainya, maka makin cepat juga proses charging dari power bank. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya, ya!

Wireless charging, makin praktis tanpa adanya kabel

Wireless charging, makin praktis tanpa adanya kabel

Ada power bank dengan fitur QI atau wireless charging, lho! Fitur ini memungkinkan Anda mengisi daya dengan cukup meletakkan smartphone di atas power bank. Selain terlihat lebih rapi dan bebas kabel, power bank tetap dapat digunakan meski Anda lupa membawa kabel data.


Sayangnya tidak semua smartphone support dengan fitur wireless charging. Hanya smartphone kelas high-end yang punya fitur ini, seperti iPhone 11 ke atas, Samsung S-series, dan Samsung Note-series. Perlu dipertimbangkan juga jika harga power bank dengan fitur wireless charging lebih mahal.

④ Pilih power bank yang dapat di-charge dengan cepat

Pilih power bank yang dapat di-charge dengan cepat

Beberapa produk menerangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya power bank di tabel spesifikasinya. Makin besar kapasitas power bank, maka makin lama juga waktu pengisian dayanya.


Ada produk dengan waktu charging 90 menit dan ada juga produk dengan waktu charging hingga 9 jam. Kami menyarankan Anda menggunakan power bank dengan waktu charging yang cepat agar Anda tidak lama menunggu.

⑤ Ketahui fitur-fitur lain yang disediakan power bank

Mengingat power bank akan sering digunakan, sangat penting untuk memperhatikan kemudahan dalam penggunaannya. Untuk itu, periksalah fitur-fitur lain yang berguna untuk kebutuhan Anda.

Layar LCD/Lampu LED, memudahkan memantau daya yang tersedia

Layar LCD/Lampu LED, memudahkan memantau daya yang tersedia

Anda akan kesulitan melihat kapasitas power bank yang tersisa jika tidak ada penunjuk indikatornya. Jadi, fitur ini juga tak kalah penting ada di power bank. Ada dua tipe penunjuk indikator yang sering dimiliki power bank, yakni lampu LED dan layar LCD.


Penunjuk indikator dengan layar LCD memang lebih jelas dari lampu LED. Meski begitu, konsumsi daya layar LCD tentu lebih besar. Pertimbangkan hal ini juga, ya!

Power delivery (PD), untuk mengisi daya pada perangkat besar

Umumnya power bank memiliki daya output maksimal 5 watt yang cukup untuk mengisi daya smartphone. Meskipun demikian, ada juga power bank dengan fitur Power Delivery (PD) yang dapat mengalirkan daya hingga 100 watt.


Daya output yang besar ini memungkinkan power bank untuk mengecas notebook, laptop, dan perangkat lainnya. Jika Anda sering melakukan work from anywhere (WFA), produk dengan fitur ini akan banyak membantu.

Built-in cable, tidak khawatir kabel tertinggal saat bepergian

Built-in cable, tidak khawatir kabel tertinggal saat bepergian

Jika Anda tidak ingin membawa kabel charger secara terpisah dari power bank, pilihlah produk dengan kabel built-in. Barang bawaan dalam tas Anda akan menjadi lebih ringkas dan rapi.


Anda pernah membawa power bank, tetapi lupa membawa kabel charger-nya? Anda juga akan terhindar dari masalah tersebut jika memilih produk dengan kabel built-in.

Smart protection, meminimalkan hal yang tidak diinginkan

Smart protection, meminimalkan hal yang tidak diinginkan

Adanya smart protection meminimalkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sehingga penggunaan power bank jadi lebih aman. Maka dari itu, periksalah ada berapa jenis proteksi dari power bank yang Anda pilih.

 
Makin banyak proteksi yang tersedia, maka makin aman pula power bank tersebut. Beberapa proteksi yang perlu Anda periksa di antaranya adalah proteksi terhadap suhu, arus pendek, dan reset. Proteksi terhadap kelebihan daya yang keluar dan masuk pun perlu dicek.

⑥ Pertimbangkan kemudahannya saat dibawa

Pertimbangkan kemudahannya saat dibawa

Kami menyarankan power bank dengan berat sekitar 150 gram. Bobot ini mirip dengan berat smartphone yang sekitar 150–200 gram. Dengan berat yang setara, Anda dapat membawa power bank dan HP dalam waktu yang lama tanpa merasa lelah.


Namun, makin ringan bobot produk, maka akan makin kecil pula kapasitas baterainya. Begitu pula jika bobotnya makin berat, maka kapasitas baterainya pun makin besar. Pertimbangkanlah antara bobot dan kapasitas, lalu sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi power bank terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk power bank terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Mofit

Powerbank M11

Mofit Powerbank M11 1枚目

Harganya terjangkau, tidak perlu siapkan bujet besar

2

Robot

PowerBank 30000mah

Robot PowerBank 30000mah 1枚目

Kapasitasnya besar, pengisian dayanya cepat

3

Viverr

Powerbank 50.000 mAh

Viverr Powerbank 50.000 mAh 1枚目

Dapat diandalkan menjadi sumber listrik darurat

4

Basike

10000mAh Real Capacity Quick Charger

Basike 10000mAh Real Capacity Quick Charger 1枚目

Bentuknya seperti mainan, bisa jadi hiasan!

5

Xiaomi

20.000 mAh Redmi Fast Charge Power Bank

Xiaomi 20.000 mAh Redmi Fast Charge Power Bank 1枚目

Support pengisian daya dengan arus rendah untuk gadget kecil

6

Apple

MagSafe Battery Pack

Apple MagSafe Battery Pack 1枚目

Power bank yang praktis dan simpel untuk iPhone

7

Baseus

100W Fast Charging Power Bank

Baseus  100W Fast Charging Power Bank 1枚目

Daya output besar, bisa untuk charging laptop dan MacBook!

8

Samsung

Powerbank 10,000mAh Fast Charge with Wireless Charger

Samsung Powerbank 10,000mAh Fast Charge with Wireless Charger 1枚目

Minimalis, elegan, dan fast charging!

9

Anker

Powercore Play 6700 mAh

Anker  Powercore Play 6700 mAh  1枚目

Berbentuk gamepad, gaming saat charging jadi lebih nyaman

10

Uneed

Powerbank Solar

Uneed Powerbank Solar 1枚目

Ada panel surya untuk kebutuhan daya berhari-hari

Perincian produk
Close
No.1

Harganya terjangkau, tidak perlu siapkan bujet besar

Kelebihan:

  • Sudah support fitur fast charging untuk pengisian daya yang cepat
  • Harganya affordable untuk kapasitas 10.000 mAh

Kekurangan:
  • Ada review yang menyebutkan bahwa kabel bawaannya kurang awet

Untuk Anda yang memiliki budget terbatas, produk ini bisa dipertimbangkan. Dengan kapasitas 10.000 mAh, Mofit Powerbank M11 memiliki harga terjangkau. Anda tidak perlu menyiapkan bujet yang besar. Power bank Mofit ini sudah dilengkapi dua output port sehingga Anda bisa melakukan charging ke dua perangkat sekaligus. Output port-nya juga sudah support fitur fast charging, lho!

No.2

RobotPowerBank 30000mahRT31

Mulai dari Rp500.000,00

Kapasitasnya besar, pengisian dayanya cepat

Kelebihan:

  • Lebih aman dengan fitur smart protection
  • Ada fitur fast charging agar mengisi daya lebih cepat

Kekurangan:

  • Waktu full charging yang dibutuhkan cukup lama

Untuk Anda yang mencari power bank berkapasitas besar dan fast charging, kami merekomendasikan produk ini. Power bank Robot ini memiliki kapasitas 30.000 mAh. Anda bisa mengisi daya smartphone Anda berkali-kali dengan menggunakan power bank ini. Dual output-nya juga memungkinkan Anda charging dua gadget sekaligus.


Ada juga fitur fast charging untuk pengisian daya yang cepat. Anda pun tidak perlu khawatir dengan sistem keamanan power bank ini. Pasalnya produk ini sudah diberi fitur smart protection yang memberikan sembilan proteksi di berbagai lini. Fitur ini tentu akan meminimalkan kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

No.3

ViverrPowerbank 50.000 mAhR11

Mulai dari Rp245.000,00

Dapat diandalkan menjadi sumber listrik darurat

Kelebihan:

  • Kapasitasnya besar, bisa digunakan untuk mengisi daya berulang-ulang

Kekurangan:

  • Ukurannya besar, cukup merepotkan jika dibawa menggunakan satu tangan

Apakah Anda berencana membeli power bank untuk dibawa ke area yang belum memiliki sumber listrik? Produk Viverr ini dapat menjadi solusi yang tepat. Dibekali kapasitas baterai sebesar 50.000 mAh, produk ini memungkinkan untuk menjadi sumber listrik darurat. Terlebih lagi, tersedia pula empat output port untuk mengisi daya empat perangkat secara bersamaan!

No.4

Basike10000mAh Real Capacity Quick Charger

Mulai dari Rp300.000,00

Bentuknya seperti mainan, bisa jadi hiasan!

Kelebihan:

  • Desainnya beragam, bisa pilih yang Anda sukai
  • Ukurannya mini dengan kapasitas baterai besar

Kekurangan:

  • Output hanya satu, hanya bisa charging satu gadget

Apakah Anda mencari rekomendasi power bank terbaik dengan desain unik? Anda bisa menjatuhkan pilihan pada produk ini. Jika dilihat sekilas, produk ini tidak terlihat seperti power bank. Bentuk dan desainnya memang anti-mainstream. Ada yang berbentuk seperti jeruk, semangka, kiwi, dan apel. Selain sumber daya cadangan, Anda bisa menjadikan power bank Basike ini sebagai hiasan.

No.5

Xiaomi20.000 mAh Redmi Fast Charge Power BankPB200LZM

Mulai dari Rp299.000,00

Support pengisian daya dengan arus rendah untuk gadget kecil

Kelebihan:

  • Ada fitur fast charging agar mengisi daya lebih cepat
  • Dilengkapi smart protection agar penggunaan power bank lebih aman

Kekurangan:

  • Ukurannya besar, cukup merepotkan jika dibawa menggunakan satu tangan

Apakah Anda memiliki gadget dengan kebutuhan arus daya yang rendah, seperti Mi Band atau Mi Headset? Agar lebih awet, isilah daya perangkat dengan voltase yang sesuai dengan charger-nya.


Kami merekomendasikan power bank Xiaomi yang support pengisian daya dengan voltase rendah ini. Anda cukup menekan tombol 'Check Battery' dua kali untuk dapat langsung mengecas perangkat Anda dengan voltase yang sesuai.

No.6

AppleMagSafe Battery Pack

Mulai dari Rp2.199.000,00

Power bank yang praktis dan simpel untuk iPhone

Kelebihan:

  • Magnetnya kuat, power bank bisa menempel di iPhone dengan baik
  • Penggunaannya praktis karena tidak menggunakan kabel

Kekurangan:

  • Kompatibilitasnya terbatas, hanya untuk seri iPhone 12 hingga iPhone 14

Jika Anda seorang Apple enthusiast, tentu tidak ingin melewatkan power bank yang bagus untuk iPhone ini. MagSafe Battery Pack merupakan power bank yang didesain untuk produk-produk Apple. Bentuknya yang kecil, slim, dan menggunakan sistem wireless memungkinkan Anda melakukan charging tanpa kabel.


Anda cukup menempelkan power bank ini ke belakang iPhone dan dayanya langsung terisi. Sistem magnetiknya juga kuat. Anda tidak perlu khawatir produk ini akan terlepas dari iPhone Anda. Anda bahkan bisa memasukkan iPhone yang terpasang power bank ini ke saku celana karena ukurannya yang tipis, lho.

No.7

Baseus 100W Fast Charging Power Bank

Mulai dari Rp1.699.000,00

Daya output besar, bisa untuk charging laptop dan MacBook!

Kelebihan:

  • Ada layar indikator LCD yang besar

Kekurangan:

  • Harganya cukup tinggi, kurang cocok untuk Anda dengan bujet terbatas

Umumnya power bank memiliki daya output terbatas sehingga tidak bisa mengecas gadget dengan kebutuhan daya besar. Namun, tidak demikian halnya dengan power bank dari Baseus ini. Produk ini mampu mengeluarkan daya output hingga 100 watt.


Tidak hanya smartphone dan gadget kecil, Anda dapat menggunakannya untuk mengisi daya laptop, MacBook, dan gaming device. Produk ini pas untuk Anda yang senang work from anywhere.

No.8

SamsungPowerbank 10,000mAh Fast Charge with Wireless Charger

Mulai dari Rp679.000,00

Minimalis, elegan, dan fast charging!

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi fitur fast charging dan wireless charging

Kekurangan:

  • Tipe input dan output terbatas

Samsung menawarkan produk dengan desain modern dan minimalis. Power bank ini cocok untuk Anda yang mengutamakan fungsi serta tampilannya. Anda dapat menggunakannya sebagai daya cadangan saat perjalanan bisnis.


Power bank Samsung ini juga dilengkapi fitur-fitur yang canggih, lho. Ada fitur fast charging dan wireless charging. Jika gadget Anda sudah support dengan dua fitur tersebut, penggunaan power bank pun jadi makin efektif dan efisien.

No.9

Anker Powercore Play 6700 mAh A1254

Mulai dari Rp799.000,00

Berbentuk gamepad, gaming saat charging jadi lebih nyaman

Kelebihan:

  • Ada cooler agar HP tidak panas saat Anda gaming
  • Waktu charging agar dayanya full tergolong cepat

Kekurangan:

  • Kompatibilitasnya terbatas, hanya efektif di smartphone tertentu

Rasanya tentu tidak nyaman jika Anda kehabisan baterai di masa-masa genting saat sedang gaming. Gaming sambil mengecas HP juga membuat ruang gerak Anda jadi terbatas. Nah, Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan power bank yang bagus untuk gamer ini.


Anker Powercore Play berbentuk seperti gamepad sehingga Anda bisa nyaman mengisi daya sambil main game. Ada juga cooler yang menjaga HP Anda tetap dingin saat gaming.

No.10

UneedPowerbank SolarUPB701

Mulai dari Rp399.000,00

Ada panel surya untuk kebutuhan daya berhari-hari

Kelebihan:

  • Ada built-in cable, Anda tidak perlu menyiapkan kabel data lain
  • Layar LCD besar, melihat kondisi power bank makin jelas


Kekurangan:

  • Hanya tersedia output dengan kabel, tidak ada alternatif lain jika kabel rusak

Meski tak banyak tersedia, ada power bank yang memiliki panel surya sehingga bisa mengisi daya lewat cahaya matahari. Jika Anda mencari power bank tersebut, inilah produk yang cocok untuk dipilih. Produk ini merupakan power bank terbaik bagi Anda yang sering melakukan aktivitas outdoor berhari-hari, seperti naik gunung. Uneed Powerbank Solar pun sudah built-in cable sehingga penggunaannya lebih praktis.

Hal lain yang perlu diperhatikan tentang power bank

Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui saat menggunakan power bank. Penting untuk memahami aturan membawa power bank di pesawat dan cara membuang power bank ketika sudah rusak. Mari ketahui informasi selengkapnya!

Periksa aturan membawa power bank di pesawat

Periksa aturan membawa power bank di pesawat

Ada beberapa ketentuan saat membawa power bank di pesawat. Pertama, power bank tidak boleh masuk ke dalam koper. Power bank di dalam koper dapat tertangkap oleh sinar X-ray dan tidak diperbolehkan untuk dibawa. Untuk itu, simpanlah power bank di dalam tas jinjing Anda.


Selanjutnya, terdapat pembatasan kapasitas dan jumlah barang yang dapat dibawa. Standar ini berbeda-beda pada tiap penerbangan. Untuk itu, pastikan Anda memeriksanya terlebih dulu melalui website resmi maskapai.


Kebanyakan penerbangan menerapkan aturan boleh membawa maksimal dua power bank berukuran 160 Wh. Peraturan tersebut dapat Anda jadikan panduan ketika ingin membawa power bank ke pesawat.

Jika sudah tidak terpakai, buanglah power bank dengan hati-hati

Jika sudah tidak terpakai, buanglah power bank dengan hati-hati

Penggunaan power bank sebenarnya tidak merusak baterai smartphone asalkan Anda membeli produk orisinil dan tidak memainkannya saat charging. Selain itu, pahami cara membuang power bank saat baterainya sudah aus. Power bank tidak dapat dibuang seperti sampah biasa karena bisa menyulut api dan menyebabkan kebakaran.


Meski demikian, power bank dapat didaur ulang menjadi baterai sekunder kecil. Untuk itu, buanglah power bank pada tempat sampah khusus barang yang dapat didaur ulang. Anda juga dapat memberikannya pada pengumpul rongsokan elektronik rumah tangga ataupun toko handphone.

Baca juga rekomendasi aksesori HP lainnya di sini

Kami juga telah mengulas aksesori handphone, seperti kabel charger, wireless earbuds, dan dudukan HP. Perlengkapan ini tentu akan memudahkan Anda saat menggunakan handphone. Jika Anda tertarik, bacalah ulasannya pada tautan-tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan dari kami, apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat? Setiap power bank memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk itu, bandingkanlah setiap produk dan pilihlah sesuai dengan yang Anda butuhkan.

 

Kami menyarankan agar Anda untuk fokus pada satu atau dua kelebihan yang Anda rasa penting. Selanjutnya, pilihlah power bank berdasarkan kelebihan tersebut. Jadikan saran kami sebagai referensi saat Anda mencari power bank terbaik, ya!
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer