10 Rekomendasi Rak Bumbu Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Rak Bumbu Dapur Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Untuk menciptakan masakan yang enak, terutama masakan Indonesia, tentunya dibutuhkan banyak bumbu. Tanpa adanya rak, berbagai botol atau toples bumbu dapur tentunya akan membuat dapur Anda berantakan atau membuat bench Anda menjadi penuh sesak dengan barang. Rak bumbu akan sangat membantu Anda dalam menata semua bumbu dapur Anda.

Ada berbagai jenis rak bumbu yang dapat Anda temui di pasaran, seperti rak bumbu dari stainless, kayu, plastik, magnet dan berbagai model lainnya. Untuk menata dapur Anda lebih rapi dan stylish, kami akan memberikan tips cara memilih rak bumbu dapur serta rekomendasinya untuk Anda. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih rak bumbu dapur

Anda tentunya dapat memilih rak bumbu berdasarkan materialnya, seperti kayu, stainless steel, maupun plastik. Selain materialnya, kami akan memberikan info tentang hal-hal lain yang harus Anda perhatikan saat memilih rak bumbu dapur.

Pilih berdasarkan penempatan

Berdasarkan penempatannya, ada rak bumbu yang dapat diletakkan di atas meja maupun digantung. Pemilihannya harus Anda sesuaikan dengan ruang pada bench dapur Anda. Berikut penjelasannya untuk Anda.

Tipe gantung

Tipe gantung

Rak gantung tentunya tidak akan memakan area kerja di dapur Anda. Tipe ini sangat pas untuk Anda yang memiliki dapur kecil atau Anda yang takut rak bumbu Anda terciprat minyak saat memasak. Untuk rak bumbu gantung, Anda perlu memperhatikan jarak celah pada alasnya agar tempat bumbu Anda tidak jatuh dari celah-celah.

Dengan magnet

Dengan magnet

Selain tipe gantung, ada juga tipe magnet. Anda hanya perlu menempelkannya pada permukaan bersi seperti kulkas. Tipe rak dengan magnet tidak dapat menahan terlalu banyak tempat bumbu sehingga pas untuk Anda yang tidak memiliki banyak bumbu dapur.

Rak yang ditunjukkan atau disembunyikan

Rak yang ditunjukkan atau disembunyikan

Banyak rak bumbu dapur yang sylish untuk Anda yang ingin meletakkan bumbu-bumbu dapur Anda di tempat terbuka. Tentunya dengan meletakkan bumbu dapur di tempat yang terbuka akan memudahkan Anda atau orang lain untuk mengambilnya saat memasak atau menyantap makanan. Tetapi, jika Anda tidak ingin menunjukkan bumbu-bumbu dapur Anda pada orang lain, pilihlah rak bumbu dengan tutup atau tipe lemari yang dapat disimpan.

Kemudahan pengambilan

Kemudahan pengambilan

Tentunya akan sangat merepotkan ketika Anda tidak dapat menjangkau bumbu dengan mudah saat memasak. Anda harus memperhatikan kedalaman rak bumbu dapur. Apakah Anda dapat menjangkau sampai bumbu yang terletak paling dalam? Rak bumbu yang memiliki kedalaman terlalu dalam akan menyusahkan Anda saat mengambil bumbu. Untuk Anda yang tidak memiliki bumbu terlalu banyak, pilihlah rak yang hanya dapat memuat satu baris tempat bumbu.

10 Rekomendasi rak bumbu dapur terbaik

Setelah Anda membaca tentang cara memilih rak bumbu dapur, berikutnya kami akan memberikan rekomendasi rak bumbu dapur terbaik untuk Anda.

10. Ikea Bekvam

10. Ikea Bekvam

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 112.900

Lebih natural dengan rak kayu

Untuk Anda yang tinggal di apartemen mungkin ukuran dapur Anda tidak begitu besar. Anda dapat menggunakan rak gantung sebagai solusi penyimpanan bumbu-bumbu dapur Anda. Ikea Bekvam adalah rak bumbu dari kayu yang dapat digantung untuk menghemat tempat penyimpanan Anda.

Ikea Bekvam memiliki ukuran 11 x 3 x 40 cm. Ukuran yang kecil ini sangat pas untuk Anda yang hanya memiliki sedikit bumbu masak. Selain untuk tempat penyimpanan, Ikea Bekvam yang terbuat dari kayu birch dapat memberikan kesan hangat untuk dapur minimalis Anda.

9. OHOME Decor Vintage Kitchen Garden

9. OHOME Decor Vintage Kitchen Garden

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 358.700

Kesan country pada dapur Anda

Untuk Anda yang menginginkan tema dapur country, material plastik dan stainless steel tentunya kurang pas. Kami rekomendasikan OHOME Decor Vintage Kitchen Garden yang terbuat dari kayu. Desain OHOME Decor Vintage Kitchen Garden tentunya sangat melengkapi tema country di dapur Anda.

OHOME Decor Vintage Kitchen Garden memiliki ukuran 48 x 32 x 24 cm dengan 6 slot tempat bumbu yang dapat Anda gunakan. Selain untuk bumbu, Anda juga dapat meletakan pot bunga kecil dengan tanaman herbal untuk mempermanis tampilan dapur Anda. Tentunya memasak jadi lebih menyenangkan ya.

8. Rak Magnet Kulkas

8. Rak Magnet Kulkas

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 155.000

Lebih hemat tempat dengan tempelan pada kulkas

Untuk Anda dengan dapur yang kecil, Anda dapat menyimpan bumbu masak Anda dengan Rak Magnet Kulkas. Tak perlu instalasi dengan paku, Anda cukup menempelkannya saja pada kulkas dengan fitur magnet. Satu set Rak Magnet Kulkas terdiri dari tempat tissue gulung, tempat tissue kotak, gantungan kain lap, tempat bumbu, dan rak serbaguna.

Rak Magnet Kulkas ini cocok untuk Anda yang memiliki sedikit bumbu masak karena rak ini tidak dapat digunakan untuk barang yang terlalu berat. Rak serbagunanya dapat Anda gunakan juga untuk bumbu di dalam botol plastik dengan ukuran yang tidak begitu besar. Set Rak Magnet Kulkas ini tentunya memiliki harga yang cukup ekonomis untuk Anda ya.

7. Rak Bumbu Bingkai Segitiga

7. Rak Bumbu Bingkai Segitiga

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 269.100

Pemanfaatan sudut lebih optimal

Sering kali sudut ruangan menjadi tempat yang tidak dapat digunakan. Untuk Anda yang tinggal di rumah yang tidak terlalu besar, manfaatkan sudut ruangan Anda lebih maksimal dengan Rak Bumbu Bingkai Segitiga. Rak ini memiliki 3 tingkat yang dapat dibongkar pasang sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan bumbu dapur yang Anda miliki.

Rak paling bawah memiliki tinggi 33 cm sehingga lebih pas untuk botol bumbu yang tinggi dan tingkat kedua memiliki tinggi 22 cm untuk tempat bumbu yang lebih kecil. Rak Bumbu Bingkai Segitiga memiliki pengait plastik yang dapat dilepas pasang untuk menggantungkan kain lap atau alat masak seperti centong.

6. Clip And Store Organizer

6. Clip And Store Organizer

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 358.300

Bagi Anda yang memiliki banyak bumbu dapur tetapi dapur Anda tidak begitu besar, kami rekomendasikan Clip And Store Organizer untuk Anda. Dengan Clip And Store Organizer Anda akan mendapatkan 4 baris tempat dengan masing-masing 5 slot yang terbuat dari plastik. Setiap slot dapat digunakan untuk botol dengan diameter 3,3-4,2 cm

Instalasi Clip And Store Organizer hanya dengan menempelkannya pada tembok maupun samping lemari gantung tanpa perlu paku. Tentunya Clip And Store Organizer cukup kuat untuk menahan bumbu-bumbu Anda. Memasak pun akan lebih mudah tanpa perlu membuka lemari, cukup mengambilnya pada gantungan di tembok Anda.

5. Rak Lemari Bumbu

5. Rak Lemari Bumbu

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 267.000

Menyusun lebih banyak bumbu di dalam lemari

Mungkin Anda tidak ingin bumbu-bumbu dapur Anda terlihat di dapur, tapi Anda cukup kesulitan menyusunnya di dalam lemari. Solusi untuk Anda yang memiliki bumbu yang cukup banyak adalah Rak Lemari Bumbu. Rak ini terbuat dari plastik yang dapat Anda bongkar pasang untuk menyesuaikan dengan banyaknya kebutuhan Anda.

Sebelum membeli, pastikan lemari penyim panan Anda mencukupi untuk ukuran rak 41,5 x 12,5 x 26,5 cm. Dengan rak bumbu plastik tingkat 2 ini Anda dapat menyusun lebih banyak bumbu di dalam lemari. Saat Anda sudah tidak menggunakannya, Anda dapat melipat dan menyimpannya.

4. Rak Penyimpanan Bumbu Magnetik

4. Rak Penyimpanan Bumbu Magnetik

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 197.359

Kemudahan mengambil dan meletakan

Saat memasak tentunya lebih mudah untuk mengambil bumbu-bumbu yang terletak di meja. Rak Penyimpanan Bumbu Magnetik kami rekomendasikan untuk Anda. Rak ini memiliki tray magnet yang dapat diatur kemiringannya. Pengaturan kemiringan ini tentunya juga dapat menghemat tempat pada bench dapur Anda. Tinggal ambil dan letakan kembali tanpa takut jatuh pada kemiringan.

Rak Penyimpanan Bumbu Magnetik dilengkapi dengan tempat bumbu berukuran 4,5 x 6,3 cm sebanyak 6 buah. Cukup untuk memasak, bukan? Tempat bumbu ini memiliki tutup transparan untuk memudahkan Anda melihat bumbu di dalamnya untuk mengecek ketersediaan bumbu masak Anda.

3. Rak Bumbu Dapur Bentuk Pohon

3. Rak Bumbu Dapur Bentuk Pohon

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 125.910

Tampilan yang lebih kreatif

Anda menyukai desain unik untuk alat dapur Anda? Kami rekomendasikan Rak Bumbu Dapur Bentuk Pohon untuk Anda. Tetunya dapur Anda akan semakin manis dengan Rak Bumbu Dapur Bentuk Pohon ini. Terdapat 2 pilihan warna, hijau dan oranye untuk dapur yang lebih ceria.

Rak Bumbu Dapur Bentuk Pohon ini memiliki 6 cabang untuk 6 tempat bumbu dari plastik. Penuangan bumbu pun lebih mudah tanpa perlu membuka tutupnya karena tempat bumbu ini memiliki sistem pop up. Tinggal tarik bagian kecil pada tutupnya dan tuang bumbu ke dalam masakan Anda.

2. Rak Penyimpanan Bumbu Dapur 3 Tingkat

2. Rak Penyimpanan Bumbu Dapur 3 Tingkat

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 318.000

Menyimpan lebih banyak dengan rak dorong

Tentunya sulit bagi Anda yang memiliki banyak bumbu dalam bentuk botol yang cukup besar untuk menyimpannya pada rak gantung sedangkan meja dapur Anda sudah penuh. Anda dapat memilih Rak Penyimpanan Bumbu Dapur 3 Tingkat untuk dapur Anda. Jarak antar rak yang tinggi cukup untuk menyimpan banyak botol.

Rak ini memiliki ukuran  63 x 45 x 27 cm sehingga dapat Anda simpan di samping meja dapur maupun di sela-sela furnitur dapur Anda. Roda pada rak ini tentunya akan memudahkan Anda memindahkannya saat memasak. Selain untuk bumbu dapur, Anda dapat menggunakannya juga untuk meletakkan barang lain seperti sayur maupun buah serta alat dapur lainnya.

1. Rak Bumbu Dapur Multifungsi

1. Rak Bumbu Dapur Multifungsi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.497.600

Rak bumbu multifungsi

Rak multifungsi tentunya sangat berguna untuk menghemat ruang penyimpanan. Rak bumbu dari PP dengan ukuran 18 x 39,5 x 20 cm ini dapat Anda gunakan juga untuk menyimpan alat-alat makan serta pisau dapur. Tentunya dengan ukuran ini tidak akan memakan tempat banyak pada bench dapur Anda.

Rak ini dilengkapi dengan laci penyimpanan 4 bumbu kering pada bagian bawah serta 5 tempat botol pada bagian atasnya. Selain itu, rak ini juga dilengkapi dengan tempat penampungan air untuk alat makan Anda yang masih sedikit basah. Rak penyimpanan alat makan dapat Anda lepas untuk Rak ini memiliki berbagai varian warna seperti biru, putih, merah, dan hijau.

Kesimpulan

Wah, cukup banyak ya tempat bumbu dapurnya. Selain untuk penyimpanan, tempat bumbu dapur dapat menjadi dekorasi yang menarik untuk dapur Anda. Pastikan Anda memilih tempat bumbu dapur yang sesuai berdasarkan ukuran, fungsi, dan kebutuhan Anda.

Sudah menemukan tempat bumbu dapur yang sesuai? Dari rekomendasi kami, mana tempat bumbu dapur kesukaan Anda? Kami harap artikel ini dapat membantu Anda ya.