10 Rekomendasi Bantal Guling Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Bantal Guling Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2018)

Ketika berbaring, wanita yang hamil tua umumnya merasakan beban pada perut sehingga menimbulkan rasa sakit pada pinggang dan sekitarnya. Rasa sakit yang dirasakan pun kadang sampai membuat mereka tidak bisa tidur pada malam hari. Menggunakan bantal guling khusus ibu hamil adalah cara efektif untuk meningkatkan kenyamanan ibu hamil.

Bantal guling yang baik untuk ibu hamil, sebaiknya tidak hanya bisa digunakan pada masa kehamilan, tetapi juga pada saat menyusui. Untuk itu, kami akan memberikan tips cara memilih bantal guling untuk ibu hamil. Kemudian, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi bantal guling terbaik untuk ibu hamil di akhir artikel ini.

Daftar isi

Cara memilih bantal guling untuk ibu hamil

Bantal guling untuk ibu yang sedang hamil memiliki bentuk serta material atau bahan berbeda-beda. Oleh sebab itu, untuk Anda wanita yang sedang mengandung, kami memberikan informasi penting cara memilih bantal guling yang tepat. Berikut penjelasan lengkapnya!

Pilih yang dapat digunakan sebagai backrest atau cushion saat menyusui

Pilih yang dapat digunakan sebagai backrest atau cushion saat menyusui

Sayang sekali bila bantal guling berharga mahal yang Anda beli hanya dapat digunakan pada masa kehamilan Anda saja. Untuk itu, pilihlah bantal guling yang masih dapat bermanfaat setelah Anda melahirkan.

Proses menyusui langsung dimulai dalam kurun waktu 24 jam setelah melahirkan. Banyak ibu yang rela menggendong buah hati mereka selama berjam-jam saat menyusuinya. Oleh sebab itu, kadang mereka mengalami infeksi pada sendi yang disebut tenosynovitis karena beban berlebihan yang mereka tahan.

Jadi, saat memilih bantal guling untuk ibu hamil, pilihlah yang juga berfungsi untuk membantu saat ibu menyusui sehingga dapat mencegah badan ibu menjadi cepat lelah dan pegal. Dengan demikian, produk yang Anda beli menjadi lebih worth it karena dapat digunakan terus setelah kelahiran buah hati Anda. Memilih bantal guling yang sekaligus bisa dijadikan sandaran punggung atau backrest dan cushion saat menyusui adalah pilihan yang tepat.

Pilih bahan yang lembut di kulit

Pilih bahan yang lembut di kulit

Selama masa kehamilan, kondisi kulit wanita bisa menjadi sensitif sehingga masalah kulit kasar seringkali timbul. Keadaan ini seringkali menimbulkan daya listrik statis yang mungkin mengakibatkan Anda terkejut karena terjadi sensasi tersengat listrik pada kulit. Oleh sebab itu, pilihlah bantal yang lembut sehinga membuat kulit Anda pun tetap nyaman. Kami menyarankan agar Anda memilih bahan dari katun karena selain lembut juga tidak menimbulkan stimulus daya listrik statis yang mengganggu.

Setelah melalui proses melahirkan, bantal guling bisa juga digunakan menjadi sandaran punggung dan cushion bayi pada saat Anda menyusui. Oleh karena itu, pilihlah bantal yang juga nyaman untuk kulit bayi Anda.

Pilih yang mudah dibersihkan

Pilih yang mudah dibersihkan

Bantal guling adalah barang yang Anda pakai setiap harinya. Lalu, saat cuaca panas, tentunya badan Anda akan lebih banyak berkeringat. Keringat Anda dapat mengotori bantal guling. Selain itu, saat Anda memakai bantal tersebut untuk menyusui bayi Anda, ASI (Air Susu Ibu) yang tumpah juga dapat mengotori bantal.

Ditambah lagi bayi Anda akan sering bersentuhan dan tidur di atas bantal tersebut. Jadi, pilihlah bantal yang mudah dicuci. Pilih bantal dengan cover/sarung yang mudah dilepas sehingga Anda dapat lebih mudah dalam membersihkan bantal dan mencuci sarungnya.

10 Rekomendasi bantal guling terbaik untuk ibu hamil

Setelah Anda sudah mengetahui cara-cara memilih bantal guling yang benar untuk ibu hamil, sekarang saatnya Anda memilih bantal guling yang paling tepat. Berikut ini merupakan 10 rekomendasi bantal guling terbaik untuk ibu hamil yang telah kami urutkan untuk Anda.

10. U-Shaped Pregnancy Breastfeeding & Nursing Body Pillow

10. U-Shaped Pregnancy Breastfeeding & Nursing Body Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 376.000

Ibu hamil pun dapat tidur lebih nyenyak

Bantal dengan bahan katun di bagian luarnya ini tidak menimbulkan gaya listrik statis sehingga nyaman dan tepat digunakan oleh ibu hamil ataupun ibu menyusui. Pori-porinya pun breathable sehingga mengurangi hawa panas saat ibu harus menyusui bayi dalam waktu yang lama. Fitur ini tentu sangat berguna mengingat kita tinggal di negara beriklim tropis.

Dilengkapi resleting, sarung bantal ini mudah dilepas sehingga Anda dapat dengan mudah membersihkannya. Selain itu, resleting untuk membuka sarungnya ada pada posisi yang tersembunyi sehingga tidak akan melukai kulit penggunanya. Bila ibu ingin dapat tidur nyenyak, bebas lembap, dan terhindar dari hawa panas, produk ini patut untuk dipertimbangkan.

9. Mamaway Medical Grade Hypoallergenic 3 in 1 Maternity Support & Feeding Pillow

 9. Mamaway Medical Grade Hypoallergenic 3 in 1 Maternity Support & Feeding Pillow

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp  1.290.000

Teruji secara klinis resistan terhadap bakteri

Keunggulan bantal ini adalah terbuat dari bahan yang tahan terhadap bakteri. Sebagai bukti, bantal ini telah lulus uji klinis dari Uni Eropa dan memenuhi standar keamanan nasional. Selain itu, bahan katunnya juga lembut sehingga aman untuk kulit sensitif. Bagi ibu hamil, bantal ini dapat dijadikan sandaran punggung sehingga mencegah sakit punggung.

Desainnya yang berbentuk kurva, mampu menyesuaikan bentuk tubuh manusia. Anda dapat menggunakan bantal ini sebagai sandaran punggung sambil menyusui bayi Anda. Bila Anda menginginkan bantal yang dapat mencegah bayi Anda terkena kuman penyakit sekaligus membuat Anda nyaman, sepertinya Anda sudah menemukan produk yang tepat.

8. Omiland Maternity Pillow

8. Omiland Maternity Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 219.900

Desain ergonomis dari bahan kain katun yang lembut

Bantal ini terbuat dari bahan kain katun lembut yang memanjakan ibu hamil. Bahan yang tidak panas di kulit membuat ibu hamil dapat tidur nyenyak. Bentuknya yang ergonomis dengan lekukan-lekukan, membuat bantal ini sesuai dengan kontur tubuh ibu hamil. Ibu hamil pun dapat tidur nyaman dalam berbagai posisi.

Bukan itu saja, dengan menaruh bantal ini di atas ranjang, para ibu dapat menyandarkan kepala, punggung, pinggang, serta kaki tertopang saat menyusui bayi mereka. Bagi Anda yang ingin bantal dengan harga paling terjangkau tetapi tetap menawarkan kenyamanan yang lebih dari cukup, produk ini cocok untuk Anda.

7. Multifunctional Infant Breastfeeding Maternity Rabbit Motive Body Pillow

7. Multifunctional Infant Breastfeeding Maternity Body Pillow Rabbit Motive

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 977.000

Mencegah bayi tergelincir dari ranjang

Bantal ini terdiri dari beberapa bagian, antara lain untuk sandaran kepala, perut, dan pinggang yang dapat dipisahkan. Praktis juga bagi ibu hamil yang sering bepergian. Hal ini memudahkan jika Anda hanya ingin menggunakan salah satu bagiannya saja. Bentuknya yang melingkar menjadikannya dapat menyangga tubuh ibu dengan baik.

Para ibu juga dapat menaruh kedua lengan di atas bantal ini agar tidak mudah lelah saat menyusui bayi mereka. Selain bermanfaat bagi ibu, bentuk melingkar bantal ini pun dapat mencegah bayi tergelincir jatuh dari ranjang sehingga Anda dapat tidur dengan tenang di samping bayi Anda. Bila kenyamanan Anda dan keamanan bayi Anda adalah yang utama, produk ini bisa jadi pilihan.

6. G-Shaped Multifunctional Infant Breastfeeding Maternity Body Pillow

6. G-Shaped Multifunctional Infant Breastfeeding Maternity Body Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.056.000

Direkomendasikan oleh dokter spesialis kandungan

Bagian-bagian pada bantal ini dapat dipisahkan satu per satu dan dapat disatukan kembali sehingga Anda dapat memakai tiap bagiannya secara terpisah. Ukurannya medium sehingga menjadikan ibu hamil yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata dapat tidur dan memeluk bantal ini dengan pas tanpa merasa bantal kekecilan atau kebesaran.

Bentuknya yang ergonomis juga membantu para ibu menemukan posisi paling rileks agar tidak cepat pegal saat menyusui si kecil. Berkat berbagai fitur yang dimilikinya, bantal ini direkomendasikan oleh dokter spesialis kandungan. Bagi Anda yang menginginkan produk berkualitas yang terpercaya oleh dokter, produk ini patut dipertimbangkan.

5. LeCOMFY G Shape Pregnancy Pillow

5. LeCOMFY G Shape Pregnancy Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.106.000

Bentuk melingkar yang menopang seluruh tubuh dengan baik

Bantal ini berbentuk menyerupai huruf G, tetapi hampir melingkar penuh seperti huruf O sehingga seluruh tubuh ibu hamil dapat tertopang dengan baik. Bantal ini bertekstur empuk dengan permukaan yang halus sehingga nyaman disentuh dan bikin betah saat digunakan berlama-lama. Aktivitas ringan ibu hamil tentunya akan lebih menyenangkan dengan bantal guling ini.

Bagi ibu yang sedang menyusui, bantal ini mampu menyangga tubuh bayi agar lengan ibu tidak terbebani dengan bobot bayi. Warna bantal yang gelap membuat bantal tidak terlihat cepat kotor. Jadi, bagi para ibu hamil dan menyusui ingin melakukan aktivitas dengan santai dan nyaman, produk ini sangat sesuai untuk digunakan.

4. Garyman Maternity Pillow

4. Garyman Maternity Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 220.000

Fleksibel dan mudah dirawat

Bantal ini memiliki bentuk yang sederhana sehingga Anda dapat menggunakannya dengan praktis dan fleksibel untuk segala kondisi. Ibu hamil dapat menggunakannya untuk menopang tubuh pada berbagai macam aktivitas seperti saat menonton TV, membaca buku, dan tentu saja sebagai bantal guling untuk tidur.

Bagi ibu menyusui, bantal ini membantu menopang bagian punggung ibu. Ditambah lagi, bentuknya yang fleksibel memudahkan Anda untuk memakainya juga sebagai sandaran kepala. Bahan isian bantalnya terbuat dari dakron yang cepat kering, kuat, dan lentur. Bila Anda menginginkan bantal guling serbaguna yang mudah untuk dirawat, produk ini cocok untuk Anda.

3. ClevaMama® ClevaCushion™ 10 in 1 Nursing Pillow

3. ClevaMama® ClevaCushion™ 10 in 1 Nursing Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.199.000

Kenyamanan untuk ibu dan bayi

Bantal ini terdiri dari dua bagian, yaitu sandaran punggung yang berguna bagi ibu hamil dan penopang bayi yang berguna bagi ibu menyusui. Bantal ini bahkan juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan bayi. Hal itu karena bantal ini terbukti secara ilmiah dapat mencegah sindrom kepala bayi datar dengan mengurangi tekanan pada kepala bagian belakang bayi

Bukan hanya itu, bantal ini memungkinkan ibu hamil dapat duduk selonjor untuk melakukan aktivitas dengan santai dan nyaman, misalkan menonton TV. Jika Anda ingin melihat bayi Anda bertumbuh dan berkembang dengan baik dan ibu beraktivitas dengan nyaman, produk ini sangat patut masuk daftar belanja Anda.

2. Haotom The Multifunctional Crescent Moon Pillow

2. Haotom The Multifunctional Crescent Moon Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 537.000

Tingkatkan kualitas tidur ibu hamil

Produk ini diciptakan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan tidur pada ibu hamil. Adanya sandaran kepala membantu kepala ibu untuk berisitirahat saat sedang menyusui. Ditambah lagi, bentuknya dapat sesuai dengan lekukan pinggang dan menopang perut untuk mengurangi beban perut yang dirasakan ibu hamil. Manfaat optimal bisa Anda dapatkan di setiap maternity step!

Selain itu, bantal ini juga dapat menopang tubuh bagian bawah dan tulang panggul serta membuat otot kaki menjadi rileks. Fungsi ini dapat membantu ibu hamil dan menyusui memiliki posisi yang lebih nyaman saat rebahan sehingga kualitas tidur meningkat. Bagi para ibu yang menginginkan kualitas tidur yang lebih baik, produk ini cocok untuk Anda.

1. U-Shaped Nursing Support Pillow

1. U-Shaped Nursing Support Pillow

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 594.000

Kurangi pegal pada ibu hamil dan menopang kepala bayi dengan baik

Produk ini memiliki part berupa bantal kecil sebagai penopang kepala bayi saat diberi ASI. Jadi, tangan Anda pun tidak cepat lelah saat menopang tubuh mungil bayi Anda. Bentuknya yang menyerupai huruf U begitu ergonomis, besar, serta lebar membuat ibu hamil dapat menemukan posisi yang rileks. Dengan kenyamanan lebih ini, tentunya Anda jadi lebih leluasa beraktivitas.

Berkat fitur-fitur yang dimilikinya, produk ini efektif membantu Anda mengurangi rasa pegal pada pinggang dan lengan saat menyusui bayi Anda. Bahan bantal yang semuanya terbuat dari bahan kain premium ramah di kulit Anda dan bayi Anda. Jadi, bagi Anda para ibu hamil maupun menyusui yang ingin bebas dari rasa pegal yang mengganggu, produk ini sangat tepat untuk Anda.

Kesimpulan

Bagaimanakah pendapat Anda setelah membaca tips cara memilih serta rekomendasi bantal untuk ibu hamil dari kami? Selama masa kehamilan, kesehatan dan kenyamanan ibu hamil menjadi yang terutama. Pasca melahirkan, kenyamanan bayi juga harus dipikirkan. Oleh karena itu pilihlah bantal yang dapat membantu serta nyaman digunakan saat masa kehamilan dan menyusui.

Ibu dan bayi yang sehat akan membawa kebahagiaan kepada keluarga. Nah, jadikanlah artikel ini sebagai referensi Anda dan keluarga untuk dapat memilih bantal guling yang tepat digunakan pada masa kehamilan!