1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Ruang tamu & keluarga
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Bangku Taman Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Bangku Taman Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Bangku Taman Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Bangku Taman Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Bangku Taman Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Bangku Taman Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Bangku Taman Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kursi taman atau bangku taman biasanya digunakan di luar ruangan. Kursi ini sering kali disebut juga dengan garden bench atau park bench. Adanya kursi akan menambah keindahan dan kenyamanan suasana taman Anda, terutama bagi yang suka bersantai di taman.

Beragam model kursi taman hadir di pasaran. Karena itu, kami akan berbagi tips cara memilih kursi taman agar Anda tidak bingung dalam memilihnya. Kami juga akan mengulas beberapa produknya untuk Anda seperti dari IKEA dan Informa. Beberapa di antaranya bahkan tahan dari berbagai kondisi cuaca seperti panas dan hujan!
Diperbaharui 06-06-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih bangku taman

Ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan sebelum memilih kursi taman. Agar Anda tidak bingung, berikut ini adalah empat cara memilih kursi taman yang baik. Jadikanlah referensi berikut sebagai pertimbangan agar kursi tampak serasi dengan taman Anda.

① Perhatikan kapasitas dan ukuran bangku taman

Perhatikan kapasitas dan ukuran bangku taman
Anda dapat duduk dengan nyaman jika kursi taman memiliki lebar dan panjang yang tepat. Agar dapat duduk nyaman, sebaiknya kursi taman memiliki panjang dudukan 60 cm untuk satu orang atau 120 cm untuk dua orang. Anda dapat memilih kursi dengan dudukan berukuran lebih panjang untuk diduduki tiga orang. Jumlah anggota keluarga Anda juga dapat dijasikan patokan dalam memilih kursi taman.

Namun, kursi taman secara umum memiliki panjang dudukan berukuran 120 cm yang hanya dapat diduduki dua orang dewasa. Sementara itu, makin panjang dan besar sebuah kursi, maka makin mahal pula harganya. Kursi yang terlalu panjang pun akan sulit diangkut dan dipindahkan. Jadi, lebih baik membeli dua buah kursi taman daripada membeli satu kursi berukuran terlalu panjang.

② Tentukan bahannya agar awet untuk pemakaian luar ruangan

Saat berbicara tentang kursi taman, mungkin Anda akan membayangkan kursi berbahan kayu. Meski begitu, kini kursi taman berbahan bambu dan logam pun banyak diminati. Ada pula produsen yang memadukan bahan-bahan tersebut. Nah, mari kita lihat masing-masing karakteristiknya!

Logam, kukuh serta lebih tahan panas dan hujan

Logam, kukuh serta lebih tahan panas dan hujan

Logam banyak digunakan sebagai bahan furnitur outdoor karena tahan panas dan hujan, serta kukuh dalam menampung bobot yang berat. Massa jenisnya yang besar menyebabkan furnitur berbahan logam cenderung lebih berat sehingga sulit dipindahkan. Namun, kursi berbahan ini biasanya hadir dalam desain minimalis.


Selain itu, beberapa logam dikenal mudah berkarat sehingga nantinya akan mengurangi estetika. Bila Anda menaruh hati pada kursi taman berbahan logam, ketahuilah jenis logam yang digunakan. Pastikan logam tersebut dilapisi bahan antikarat atau logam lain yang tidak mudah berkarat.

Kayu, awet dan menambah kesan natural pada taman

Kayu, awet dan menambah kesan natural pada taman
Saat berbicara tentang kursi taman, mungkin Anda akan membayangkan kursi berbahan kayu. Bila memilih kursi berbahan kayu, sebaiknya pastikan kursi tersebut memiliki lapisan antiair. Kursi berbahan kayu yang awet memang berharga relatif lebih mahal dibandingkan kursi berbahan lain. Namun, kursi kayu dapat digunakan dalam jangka panjang sehingga lebih ekonomis.

Ketahanan kursi kayu juga bergantung pada perawatan dan lokasi penempatan kursi taman. Penempatan furnitur outdoor dengan material kayu sebaiknya tidak langsung menyentuh tanah. Misalnya, Anda bisa meletakkan kaki-kakinya di atas lapisan semen atau batu. 


Selain itu, perhatikan juga jenis kayu yang digunakan karena hal tersebut dapat menjadi indikasi ketahanan kursi. Beberapa jenis kayu yang dikenal outstanding sebagai bahan furnitur di antaranya jati dan akasia.

Bambu, cenderung ekonomis dan lebih ramah lingkungan

Bambu, cenderung ekonomis dan lebih ramah lingkungan

Bila bujet Anda sangat terbatas, mungkin kursi berbahan bambu dapat menjadi jawaban. Meski ekonomis, furnitur bahan bambu yang dirawat dengan baik konon dapat bertahan hingga tujuh tahun. Bambu pun tegolong fleksibel dibentuk sehingga model-model furnitur yang dihasilkan lebih inovatif dan kreatif.


Selain terjangkau, kursi bambu juga lebih ramah lingkungan. Mengapa begitu? Bambu merupakan vegetasi yang sangat mudah tumbuh, bahkan dapat mencapai 10 cm per hari. Hal tersebut berbeda dengan kayu yang butuh waktu puluhan tahun untuk siap ditebang dan diolah. Bambu pun lebih mudah terurai oleh tanah karena tidak banyak membutuhkan cat dan pelapis.


Selain yang disebutkan di atas, terdapat juga bahan lain yang kerap digunakan untuk kursi taman. Sebut saja rotan dan plastik. Meski begitu, bahan-bahan tersebut kurang dianjurkan untuk penggunaan di luar ruangan.

③ Cek ketebalan bahan supaya kursi aman diduduki

Cek ketebalan bahan supaya kursi aman diduduki
Sumber: ikea.co.id
Anda dapat duduk dengan perasaan aman jika kursi Anda berbahan tebal dan mampu menopang tubuh dengan baik. Kursi taman umumnya terdiri dari susunan atau lapisan bahan sehingga kuat untuk diduduki beberapa orang berbobot normal. Namun, bagaimana bila kursi diduduki oleh banyak orang sekaligus atau diinjak-injak oleh anak-anak? Demi keamanan, pilihlah kursi taman berbahan kayu tebal.

Kendala dalam membeli kursi taman secara online adalah kesulitan dalam menilai dan memperkirakan ukuran produknya. Untuk mengatasinya, tanyakanlah informasi mengenai daya topang kursi pada penjual atau produsennya. Selain itu, sebaiknya pilihlah kursi dengan daya topang yang melebihi berat badan seluruh anggota keluarga Anda.


Lalu, Anda juga sebaiknya melarang anak-anak untuk melompat-lompat di atas kursi karena menjadikan kursi cepat rusak. Anak-anak pun bisa terluka karena aktivitas tersebut. Hindari pula menduduki kursi dengan jumlah orang yang melebihi kapasitasnya.

④ Bila memungkinkan, pilih yang mudah dan cepat dirakit

Bila memungkinkan, pilih yang mudah dan cepat dirakit
Dalam membeli kursi taman atau barang furnitur lainnya, ada baiknya memilih produk yang mudah untuk dirakit. Kursi taman umumnya berukuran besar sehingga sulit dirakit sendirian. Karena itu, bacalah informasi dan review pengguna, lalu pilihlah kursi yang dapat dirakit dengan cepat serta mudah. Bahkan jika ada, pilihlah produk yang berisikan kursi dengan satu set alat-alat perakitnya.

Beberapa produk memerlukan lebih dari satu orang untuk merakit kursi. Apabila Anda kesulitan untuk merakit kursi seorang diri, mintalah bantuan orang lain. Agar hasil rakitan lebih optimal, janganlah memaksakan diri untuk merakit kursi seorang diri.

10 Rekomendasi bangku taman terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk bangku taman terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kursi Taman Magic

 Kursi Taman Magic 1枚目

Transformable, dapat fleksibel sesuai dengan jumlah pengguna

2

RBH Furniture

Bale Bambu Hitam Standar

RBH Furniture Bale Bambu Hitam Standar 1枚目

Selonjoran santai di taman tak perlu mahal!

3

Craftman 1981 Furniture

Kursi Tunggu Bangku Panjang Modern

Craftman 1981 Furniture Kursi Tunggu Bangku Panjang Modern 1枚目

Tanpa sandaran, dapat memandang seluruh sudut taman dengan leluasa

4

Kursi Taman Chippendale

 Kursi Taman Chippendale 1枚目

Si elegan yang tahan terhadap berbagai kondisi cuaca

5

Bale-Bale Kursi Jati Ukir Jepara

 Bale-Bale Kursi Jati Ukir Jepara 1枚目

Ukiran artistik menambah nilai seni dan keindahan taman

6

Kursi Kacang Jati Jepara

 Kursi Kacang Jati Jepara 1枚目

Atraktif dengan desain unik berlekuk-lekuk

7

Bale-Bale Lincak Minimalis

 Bale-Bale Lincak Minimalis 1枚目

Paduan kenyamanan dan desain antik yang minimalis

8

IKEA

ÄPPLARÖ Bangku Penyimpanan, Luar Ruang, Diwarnai Cokelat

IKEA ÄPPLARÖ Bangku Penyimpanan, Luar Ruang, Diwarnai Cokelat 1枚目

Multifungsi, bukan sekadar tempat duduk-duduk!

9

Informa

Matteo Bangku Bench Lipat

Informa Matteo Bangku Bench Lipat 1枚目

Ubah letak kursi taman dengan mudah, kapan pun Anda inginkan

10

DAMARIO

Bangku Taman Besi Minimalis

DAMARIO Bangku Taman Besi Minimalis 1枚目

Antikarat plus antikorosi, lebih tahan panas dan hujan

Perincian produk
Close
No.1

Transformable, dapat fleksibel sesuai dengan jumlah pengguna

Anda yang ingin menjadikan taman rumah Anda outdoor cafe, mungkin akan membutuhkan produk ini. Sesuai namanya, kursi ini terkesan magic karena dapat digunakan dalam dua gaya berbeda. 


Pertama, gaya kursi taman dengan meja yang mampu menampung kurang lebih empat orang. Kedua, gaya kursi panjang untuk duduk santai berdua dengan nyaman. Karena transformable, kursi ini cocok juga bagi Anda yang mudah bosan dengan furniture yang itu-itu saja.

No.2

RBH FurnitureBale Bambu Hitam Standar

Mulai dari Rp350.000,00

Selonjoran santai di taman tak perlu mahal!

Bila bujet Anda sangat terbatas tetapi ingin memiliki kursi taman yang nyaman untuk selonjoran, produk ini jawabannya. Karena dibuat dari bahan bambu, ongkos produksi pun bisa dihemat. Tidak heran, kursi bambu ini dapat dijual dengan harga yang terjangkau. Meski begitu, tidak perlu meragukan kenyamanan kursi ini. Ukurannya cukup panjang dan lebar agar Anda dapat duduk nyaman di atasnya.

No.3

Craftman 1981 FurnitureKursi Tunggu Bangku Panjang Modern

Mulai dari Rp375.000,00

Tanpa sandaran, dapat memandang seluruh sudut taman dengan leluasa

Kursi ini didesain tanpa sandaran punggung sehingga Anda dapat menikmati taman dari berbagai sudut pandang. Jika Anda bosan memandang taman hanya dari satu perspektif, coba pertimbangkan produk ini. Di samping itu, material kursi seluruhnya terbuat dari logam yang antiair dan awet untuk penggunaan jangka panjang. Pilihan warnanya pun netral sehingga lebih mudah menyatu dengan taman Anda.

No.4

Kursi Taman Chippendale

Mulai dari Rp1.475.000,00

Si elegan yang tahan terhadap berbagai kondisi cuaca

Bila Anda mengusung tema british garden untuk taman Anda, produk ini patut dikoleksi. Desain klasik nan sederhana dengan pilihan warna monokrom yaitu hitam dan putih, membuatnya tampak elegan. Selain itu, baik kerangka maupun bodi produk ini dibuat dari besi sehingga tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Anda pun tidak khawatir kursi taman cepat berkarat dan merusak estetika taman Anda.

No.5

Bale-Bale Kursi Jati Ukir Jepara

Mulai dari Rp2.200.000,00

Ukiran artistik menambah nilai seni dan keindahan taman

Material kursi ini terbuat dari kayu jati yang dilapisi oleh cairan melamin sehingga kursi akan terlihat mengilat. Karena produk berukuran besar, kursi ini cukup untuk diduduki oleh tiga orang dewasa berbobot normal secara bersamaan.

Warnanya yang gelap mencegah kursi ini terlihat cepat kotor, Anda pun tidak perlu sering membersihkannya. Adanya ornamen di bagian sandaran punggung dan tangan menambah nilai artistik dengan nuansa seni khas Indonesia. Apabila Anda ingin menambah nilai estetika taman, produk ini layak untuk dipertimbangkan.
No.6

Kursi Kacang Jati Jepara

Mulai dari Rp1.700.000,00

Atraktif dengan desain unik berlekuk-lekuk

Sesuai namanya, Kursi Kacang Jati Jepara memiliki desain unik yang terinspirasi dari bentuk kulit kacang tanah. Jika kursi taman umumnya berbentuk kotak, kursi ini berbentuk menyerupai setengah lingkaran dengan enam pasang kaki penyangga.

 

Keunikan desain serta kaki penyangga yang lebih banyak daripada kursi lainnya membuat produk ini eye-catching sekaligus stabil. Selain itu, pilihan warna finishing-nya pun beragam, tidak melulu berwarna cokelat. Bila Anda menginginkan kursi taman berbentuk unik, tetapi nyaman diduduki, produk ini pilihannya.

No.7

Bale-Bale Lincak Minimalis

Mulai dari Rp2.050.000,00

Paduan kenyamanan dan desain antik yang minimalis

Desain antik nan minimalis produk dari kota Jepara ini tentu akan mendongkrak nilai seni dan keindahan taman Anda. Sementara nuansa cokelat natural kursi taman ini memberi kesan cerah di taman Anda. Selain itu, kursi ini mudah diduduki oleh anak-anak karena tidak terlalu tinggi.


Posisi dudukan yang tidak terlalu tinggi juga membuat Anda dapat berselonjor dengan nyaman. Anda pun dapat menikmati taman tanpa perlu menekuk kaki sehingga rasa lelah dan pegal di kaki bisa diminimalkan. Bagi Anda yang ingin mengistirahatkan kaki secara optimal setelah beraktivitas seharian, pilih produk ini.

No.8

IKEAÄPPLARÖ Bangku Penyimpanan, Luar Ruang, Diwarnai Cokelat

Mulai dari Rp1.999.000,00

Multifungsi, bukan sekadar tempat duduk-duduk!

Produk bangku penyimpanan ÄPPLARÖ dari IKEA terbuat dari bahan kayu akasia berlapis cat pelindung semi transparan. Dengan demikian, tampilan kayu terlihat mengilat alami serta menambah daya tahannya. Bagian dudukannya didesain berventilasi sehingga cocok untuk iklim tropis seperti Indonesia.

Bila Anda cukup sering mengadakan pesta kebun di rumah, produk ini bisa menjadi pilihan. Tidak hanya dapat diduduki, produk ini dapat digunakan untuk menyimpan berbagai perkakas. Dengan membeli produk ini Anda akan mendapatkan tempat beristirahat sekaligus space penyimpanan!

No.9

InformaMatteo Bangku Bench Lipat

Mulai dari Rp1.499.000,00

Ubah letak kursi taman dengan mudah, kapan pun Anda inginkan

Kursi taman ini berfokus pada kepraktisan mobilitas penggunanya dengan desain yang berupa bangku lipat. Industrial design yang diusung dalam visualnya pun tampak minimalis sehingga mudah berbaur dengan berbagai tema taman. Ingin pindah lokasi duduk? Tinggal angkat kursi ini dan pindahkan. Bila tak mau kursi taman Anda kehujanan atau kepanasan, Anda bisa menyimpannya dengan mudah.

No.10

DAMARIOBangku Taman Besi Minimalis

Mulai dari Rp1.396.000,00

Antikarat plus antikorosi, lebih tahan panas dan hujan

Dengan dudukan dan sandaran yang tidak saling menempel, desain kursi ini terlihat minimalis nan futuristik. Meskipun berangka besi, kursi ini diklaim ringan sehingga lebih mudah dipindahkan.


Namun, kursi ini bukan hanya soal tampilan saja! Finishing-nya menggunakan high quality coating paint sehingga antikarat dan antikorosi. Karena itu, kursi ini akan lebih tahan panas dan hujan. Anda dapat menggunakannya baik indoor maupun outdoor.

Baca juga rekomendasi kursi lainnya untuk bersantai di sini!

Kami telah membahas dan merekomendasikan produk kursi taman yang dapat menjadikan waktu bersantai Anda semakin berkualitas. Anda juga dapat mempertimbangkan ragam kursi jenis lain yang dapat digunakan untuk bersantai di dalam dan luar ruangan. Silakan baca penjelasan lebih detailnya di sini!

Kesimpulan

Kami telah membahas dan merekomendasikan produk kursi taman terbaik untuk Anda. Kursi taman memiliki ragam jenis bahan yang memiliki keunggulan dan keunikan masing-masing. Setelah membaca artikel ini, tentunya Anda telah paham mengenai berbagai hal seputar kursi taman.

Jadi, apakah Anda telah menentukan kursi taman pilihan Anda? Pilihlah produk yang serasi dengan taman Anda dan nikmati suasana taman yang asri sambil bersantai di atas kursi taman.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer