10 Rekomendasi Biji kopi dan Bubuk Kopi (Terbaru Tahun 2018)

Sangat Enak! Rekomendasi 20 Kopi Terbaik (Biji Kopi & Kopi Bubuk)

Menikmati secangkir kopi di rumah sudah tidak menjadi hal yang asing lagi bagi kita. Begitu pula ketika Anda  kehabisan kopi, Anda bisa dengan mudah menemukannya di supermarket, atau jika Anda ingin menikmati kopi dengan rasa yang sedikit berbeda, Anda bisa pergi ke kafe ataupun warung kopi terdekat. Setiap kopi memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda, tergantung dari tempat maupun proses produksinya. Dari banyaknya jenis kopi yang beredar di pasaran, dapatkah Anda memilih kopi mana yang sebaiknya Anda beli?

Kali ini kami akan memperkenalkan produk kopi yang kini tengah populer di masyarakat berdasarkan aroma, rasa, dan kemasannya. Tidak hanya itu, kami juga akan menjelaskan bagaimana cara menyimpan kopi dengan baik dan benar. Bacalah artikel ini hingga selesai, lalu tentukan kopi mana yang paling pas untuk Anda. 

Daftar isi

Cara memilih biji kopi dan bubuk kopi

Berikut adalah poin yang harus Anda perhatikan ketika memilih kopi biji maupun bubuk.

Pilihlah berdasarkan frekuensi minum dan alat yang Anda miliki

Berikut kami akan membahas kelebihan dan kekurangan dari kopi berbentuk biji maupun bubuk. Bacalah dengan seksama, lalu tentukan kopi mana yang sebaiknya Anda beli!

Kopi biji : rekomendasi untuk Anda yang menyukai kopi dengan kesegaran tinggi

Kopi biji : rekomendasi untuk Anda yang menyukai kopi dengan kesegaran tinggi

Untuk Anda yang sudah memiliki alat penggiling kopi sendiri, kami sangat merekomendasikan kopi dalam bentuk biji. Kopi dalam bentuk biji sangat mudah dalam penyimpanan dan meskipun Anda membeli dalam jumlah besar sekalipun, kesegaran kopi tersebut akan tetap terjaga.

Hal yang mungkin menjadi sedikit kurang praktis ketika menggunakan kopi berbentuk biji adalah Anda harus menggiling kopi tersebut setiap kali Anda ingin meminumnya. Namun, dijamin Anda tidak akan menyesal dengan rasanya. Kopi yang dibuat dengan cara menggiling bijinya terlebih dahulu memiliki kualitas kesegaran yang tidak perlu diragukan lagi, dan sudah pasti enak. Hal inilah yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. 

Kopi bubuk : mudah dalam penyajian, cocok bagi Anda yang tidak ingin menunggu

Kopi bubuk : mudah dalam penyajian, cocok bagi Anda yang tidak ingin menunggu

Kopi bubuk yang sudah digiling memiliki keunggulan dari segi kepraktisan karena Anda cukup menyeduhnya saja ketika Anda ingin membuat kopi. Kopi dalam bentuk bubuk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang setiap hari minum kopi. Terutama bagi Anda yang tidak ingin terlalu banyak membuang waktu untuk menyiapkan kopi pada pagi hari sebelum berangkat kerja. Namun, karena daya tetes kopi bubuk lebih cepat dibandingkan dengan kopi berbentuk biji, ada kemungkinan rasanya akan berubah pada saat meminumnya.

Pilihlah berdasarkan rasa yang disukai

Hal terpenting dari sebuah kopi adalah rasanya. Untuk mengetahui rasa mana yang Anda sukai, penting bagi Anda untuk memperhatikan hal-hal berikut ini. 

Perhatikanlah area produksinya

Perhatikanlah area produksinya

Kopi pada umumnya terbagi menjadi 2 jenis, yaitu yang hanya menggunakan satu jenis biji kopi, yang disebut dengan single origin, dan yang menggunakan beberapa jenis biji kopi yang dicampur, disebut dengan kopi blend. Mengenai kopi blend ini, karena rasio pembagian setiap toko maupun pembuat kopi itu berbeda-beda, akan sulit menentukan jika hanya dilihat dari packaging maupun keterangan produknya.

Memastikan bahan baku dan memeriksa daerah asal biji kopi merupakan hal yang sangat penting. Karena ada juga produk yang bahan campuran utamanya menggunakan kopi dengan jenis/nama daerah yang sudah dikenal,  seperti Mocha blend dan Kilimanjaro blend, maka ada baiknya bila kita secara aktif membaca keterangan yang tertulis pada packaging-nya. 

Tingkat pemanggangan yang menyeimbangkan rasa pahit dan asam

Tingkat pemanggangan yang menyeimbangkan rasa pahit dan asam

Proses pemanggangan (roasting) menjadi salah satu elemen penting yang menentukan rasa kopi. Orang yang tidak terlalu memperhatikan hal ini cenderung untuk memilih kopi seadanya. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah rasa pahit dan asam pada kopi bergantung pada seberapa lama proses pemanggangan tersebut berlangsung. 

Secara umum, kopi light roast, cinnamon roast, dan medium roast merupakan kopi dengan tingkat pemanggangan rendah. Kopi jenis ini memiliki rasa asam yang kuat, seperti black coffee dan american coffee, yang enak untuk dinikmati. Sedangkan untuk high roast dan city roast, ada keseimbangan yang baik antara rasa asam dan rasa pahit, yang banyak ditemui pada produk kopi pada umumnya.

French roast yang sudah diolah secara mendalam, lalu dicampur dengan susu, akan sangat pas diminum sebagai cafe au lait. Sebagian besar olahan dari Italian roast memiliki rasa pahit yang sangat kuat, inilah yang sering kita sebut dengan espresso. Karena tingkat pemanggangan juga dapat mempengaruhi rasa kopi, pastikan Anda memeriksa tingkat pemanggangan brand tersebut terlebih dahulu!

Ketahuilah rasa kopinya dengan mengintip ulasan dan komentar mengenai kopi tersebut

Ketahuilah rasa kopinya dengan mengintip ulasan dan komentar mengenai kopi tersebut

Meskipun Anda sudah memastikan brand dan tingkat pemanggangan kopi, namun Anda tidak akan tahu jika Anda tidak mencobanya secara langsung. Jika Anda pergi ke toko, Anda bisa memilih langsung dari aromanya. Tetapi hal ini tidak dapat Anda lakukan jika Anda membeli secara online. Maka dari itu, pilihlah kopi dari brand yang sudah cukup dikenal, dan jangan lupa untuk melihat ulasannya!

Karena selera orang berbeda-beda, sudah pasti akan muncul berbagai macam ulasan, baik yang suka maupun yang tidak suka terhadap kopi tersebut. “Merek ini rasa asamnya kuat.” , “Yang ini pas dan enak diminum!” , “Sempurna sebagai cafe au lait!” , ulasan semacam inilah yang bisa Anda jadikan referensi sehingga membantu Anda dalam menentukan pilihan. Karena sesungguhnya, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa membedakan mana kopi yang enak dan tidak enak. 

Pilihlah berdasarkan cara minumnya

Selain itu, ada juga cara memilih kopi berdasarkan cara meminumnya. 

Perubahan rasa yang terjadi ketika memasukan susu dan gula

Perubahan rasa yang terjadi ketika memasukan susu dan gula

Selain kopi yang diminum dalam bentuk black coffee, ada juga kopi yang dibuat agar nikmat dicampur dengan susu maupun gula. Karena menikmati kopi dalam bentuk black coffee dan dalam bentuk cafe au lait akan sangat berbeda secara rasa maupun aroma, hal seperti ini juga perlu Anda perhatikan sebelum memilih kopi. 

Panas atau dingin? Pemilihan biji kopi tergantung pada suhu kopi yang hendak Anda minum

Panas atau dingin? Pemilihan biji kopi tergantung pada suhu kopi yang hendak Anda minum

Ketika memilih kopi, suhu kopi yang hendak Anda minum juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Panas maupun dingin, keduanya berpengaruh terhadap pemilihan kopi berdasarkan tingkat pemanggangannya. Untuk kali ini, kami hanya akan membahas kopi yang disajikan dalam keadaan panas.

10 Rekomendasi biji kopi terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan produk kopi dengan kualitas terbaik, baik kopi biji maupun kopi bubuk. Semoga bisa menjadi referensi Anda!

10. Healthy Noona Green Bean Coffee

10. Healthy Noona Green Bean Coffee

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.000

Kopi yang melangsingkan

Nah, ini dia kopi yang cocok bagi Anda yang sedang menjalani diet. Kopi ini dipercaya dapat membakar lemak dengan cepat tanpa olahraga serta dapat mengurangi nafsu makan sehingga sangat pas bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Ditambah lagi aromanya juga benar-benar nikmat dan menggoda. 

Keistimewaan lain dari kopi ini adalah kopi ini bisa langsung seduh tanpa perlu menghancurkannya terlebih dahulu. Kopi ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menikmati kopi segar dan nikmat, tanpa menggilingnya terlebih dahulu. 

9. Kefa Kopi Toraja Robusta Medium Roasted

9. Kefa Kopi Toraja Robusta Medium Roasted

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 58.000

Unik dan berkelas

Dengan tingkat pemanggangan yang medium, kopi  dari Tana Toraja ini memiliki keseimbangan rasa dan keasaman yang baik. Kopi ini memiliki cita rasa yang unik, dan aroma khas yang tidak ditemukan pada jenis kopi lainnya.

Warnanya tidak terlalu mencolok dan sedikit bening. Rasa kopinya begitu kuat dan nikmat. Kopi ini cocok bagi Anda yang kurang menyukai kopi dengan rasa pahit yang kuat. 

8. Northsider Java Malabar West Java

8. Northsider Java Malabar West Java

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 60.000

Arabika spesial

Daerah pegunungan merupakan tempat yang terbaik untuk menanam kopi. Dengan curah hujan yang sedang dan suhu yang sejuk, kopi asli dari Pegunungan Malabar ini tumbuh di tanah yang subur sehingga kopi yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang sangat baik. 

Kopi ini kaya akan rasa, dengan karakter rasa yang cenderung asam. Aromanya begitu menyegarkan, dan sangat harum saat diseduh. Anda juga dapat merasakan ada rasa yang sedikit kental saat pertama kali menyesapnya. 

7. Kopi Sidikalang Arabica Premium

7. Kopi Sidikalang Arabica Premium

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 60.000

Aroma yang kuat

Yang istimewa dari kopi ini adalah pemilihan biji kopi yang sangat selektif, yaitu hanya biji dengan kualitas terbaik yang digunakan. Kopi ini memiliki aroma yang sangat kuat bahkan sesudah diminum rasanya akan tetap ada hingga beberapa menit kemudian.

Kopi ini memiliki tingkat keasaman dan aroma yang pas, teksturnya juga lembut, begitu nikmat saat Anda menyesapnya pertama kali. Rasanya halus, pas untuk Anda yang setiap hari minum kopi. 

6. Perfect Roasted Coffe Beans Bali Kintamani Arabica Coffee

6. Perfect Roasted Coffe Beans Bali Kintamani Arabica Coffee

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 69.000

Aroma dan rasa fruity dari kopi organik

Kopi asal Bali ini diolah secara organik termasuk cara pengeringannya yang menggunakan metode alami, yaitu langsung dijemur dengan buahnya hingga berwarna hitam, kemudian digiling untuk mendapatkan bijinya. Memiliki keseimbangan rasa asam dan pahit yang seimbang. Kopi ini adalah kopi single origin, dengan proses pemanggangan level medium dark. 

Karena kopi ini ditanam di dekat tanaman buah-buahan terutama jeruk, rasa yang dihasilkan pun sedikit fruity. Sangat pas untuk Anda yang ingin menyukai aroma kopi dengan aroma dan aftertaste yang fruity.

5. Kebon Kopi Aceh Gayo

5. Kebon Kopi Aceh Gayo

Lihat produk ini di Lazada

Harga : 80.000

Harum dan gurih

Kopi Aceh merupakan salah satu kopi yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Ditanam di kawasan pegunungan vulkanik yang sejuk , kualitas kopi yang dihasilkan daerah inipun sangat baik. Dipanggang hingga level medium to full roast, kopi ini memiliki rasa khas yang tidak dimiliki kopi arabika lainnya.

Keunggulan dari Kebon Kopi Aceh Gayo ini terletak pada aroma dan kekentalannya yang begitu kuat, serta rasa yang tidak terlalu pahit dan tidak terlalu asam, dan ada sedikit rasa gurih. Kopi ini sangat cocok untuk diminum berbagai kalangan, terutama untuk Anda yang tidak suka dengan rasa pahit pada kopi.

4. Kultur Coffee Beans Arabika Papua Wamena

4. Kultur Coffee Beans Arabika Papua Wamena

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 178.000

Kealamian yang sempurna

Kopi dari Wamena ini tumbuh subur di daerah aslinya di lembah Baliem. Kopi ini memiliki aroma yang begitu khas yang tidak dimiliki kopi arabika lainnya. Anda akan langsung jatuh hati saat pertama kali menghirupnya. 

Kopi ini merupakan produk unggulan masyarakat Papua. Kopi ini dipanggang pada level medium, sehingga memiliki keseimbangan yang pas antara rasa dan keasamannya. Selain itu, kopi ini juga tidak mengandung kafein yang tinggi, dan memiliki tekstur yang sedikit kental . Cocok untuk Anda yang setiap hari minum kopi. 

3. Van Java Coffee Premium Arabica Speciality

3. Van Java Coffee Premium Arabica Speciality

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 225.000

Freshly roasted coffee beans

Proses pemanggangan mempunyai peran yang besar pada rasa sebuah kopi. Semakin lama proses pemanggangannya, maka semakin berbeda pula rasa asam maupun pahit yang dihasilkannya. Van Java Coffee ini merupakan kopi yang terjamin mutu dan kesegarannya karena di-roast dan dikemas pada hari yang sama. Terbuat dari biji kopi dengan kualitas terbaik, kopi ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki usaha kedai kopi maupun untuk dikonsumsi sendiri di rumah.

Kopi ini dipanggang pada level medium roast, sehingga memiliki keseimbangan rasa  asam yang pas. Selain itu, aroma dari kopi ini juga begitu khas, dan memiliki tekstur yang lembut. Rasa asam dan pahitnya juga terpadu dengan sangat pas. Kopi ini nikmat diminum kapan pun dan dimana pun.

2. Illy Espresso Caffe in Grani

2. Illy Espresso Caffe in Grani

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 192.000

Perpaduan sempurna!

Jika Anda adalah penggemar kopi dari Italia, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kopi ini. Illy Coffee merupakan salah satu produsen kopi di Indonesia yang sangat memperhatikan kualitas dari kopi yang dijualnya. Mereka hanya menggunakan biji kopi pilihan sehingga kopi yang dihasilkan pun memiliki rasa dan kualitas yang terbaik.

Kopi ini dikenal karena kekayaan rasa yang dimilikinya.  Dibuat dengan cara yang sangat teliti, produk dari  Illy ini merupakan pilihan yang sempurna bagi Anda para pecinta kopi dalam bentuk biji. Kopi ini dipanggang pada level medium roast, sehingga memiliki keseimbangan rasa asam yang pas, teksturnya lembut, tidak pahit dan kaya akan rasa. Kopi ini cocok untuk disajikan kapan pun dan dimana pun. Selain itu, kopi ini juga tersedia dalam beberapa varian rasa.

1. JJ Royal 100% Pure Luwak Coffee

1. JJ Royal 100% Pure Luwak Coffee

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 460.000

Lembut dan enak

Kopi luwak atau civet coffee, merupakan salah satu kopi yang paling terkenal di dunia karena proses pembuatan kopi itu sendiri yang tergolong unik karena menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak. Biji kopi yang telah melewati saluran pencernaan luwak dipercaya mampu memberikan rasa yang berbeda. Kopi luwak dengan kualitas terbaik memiliki harga yang sangat tinggi, bahkan menjadi salah satu yang termahal di dunia. 

Kopi luwak dari JJ Royal ini  ini telah melewati proses sangrai hingga level medium sehingga keaslian rasa dan aromanya begitu terasa. Memiliki tingkat keasaman yang begitu pas dan lembut, rasanya enak, aromanya juga sangat khas, membuat Anda jatuh cinta pada aromanya, sejak pertama kali Anda menghirupnya. JJ Royal memberikan kopi dengan kualitas premium. Bagi Anda para penggemar kopi luwak, Anda pasti akan menyukai kopi ini. JJ Royal merupakan salah satu merek kopi Indonesia yang patut diacungi jempol. 

10 Rekomendasi bubuk kopi terbaik

Berikut adalah 10 rekomendasi bubuk kopi terbaik bagi Anda yang lebih menyukai kopi bubuk dibanding biji kopi.

10. Excelso Brazilian Santos Coffee

10. Excelso Brazilian Santos Coffee

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 33.300

Pas untuk dicampur dengan gula dan susu

Kopi ini adalah kopi eksklusif yang berasal dari Brazil. Memiliki tingkat keasaman yang sedang, rasanya manis, dan memiliki efek rasa kopi yang tidak akan menghilang sesudah meminumnya (strong aftertaste).

Kopi ini memiliki aroma kayu manis yang nikmat, sangat pas saat dicampur dengan gula maupun susu. Pilihan yang cocok bagi Anda yang gemar minum kopi susu (cafe au lait, cappucino, caffe latte), dan yang tidak begitu suka minum kopi hitam.

9. JJ Royal Coffee Kopi Tubruk

9. JJ Royal Coffee Kopi Tubruk

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 90.000

Kopi selera Indonesia

Kopi tubruk merupakan kopi yang dibuat dengan cara mendidihkan kopi bersama dengan gula. Menyajikan kopi dengan cara seperti ini cukup populer dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Kopi tubruk paling pas dinikmati pada saat santai di sore hari, dan akan lebih sempurna lagi ketika disajikan bersamaan dengan cemilan tradisional khas Indonesia seperti pisang goreng.

Produk kopi tubruk dari JJ Royal ini 100% merupakan kopi asli Indonesia yang dibuat dari campuran kopi yang diambil dari berbagai wilayah di Indonesia. Perpaduan rasa asam, pahit dan manis yang begitu pas, membuatnya menjadi salah satu kopi tubruk yang disukai masyarakat Indonesia. Cobalah produk ini bila Anda ingin merasakan kenikmatan kopi tubruk!

8. Northsider Kerinci Volcano MT

8. Northsider Kerinci Volcano MT

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 70.000

Kenikmatan kopi yang khas dari Gunung Kerinci

Kerinci Volcano MT ini merupakan salah satu produk unggulan dari Northsider. Tumbuh dan dipanen langsung dari wilayah Pegunungan Kerinci Jambi, kemudian diproses secara alami, menghasilkan bubuk kopi yang kaya akan rasa dan aroma yang begitu khas.

Rasa asam dan pahit yang dihasilkan kopi ini  menyatu dengan baik, memberikan rasa yang begitu nikmat. Kopi ini sangat pas bagi Anda para pecinta kopi hitam. Cocok dan nikmat untuk diminum setiap hari.

7. Fry and Roast Lampung

7. Fry and Roast Lampung

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.900

Rasa spicy yang khas

Kopi arabika asli Lampung ini memiliki aroma yang begitu pas, tidak terlalu kuat dan tidak lemah. Rasanya sangat segar, dengan ada sedikit rasa spicy. Karena dibuat dari biji kopi kualitas terbaik dan ditanam di lingkungan yang pas untuk menanam kopi, rasa yang dihasilkan kopi ini begitu sempurna. 

Kami merekomendasikan kopi ini untuk Anda yang ingin mencoba sensasi rasa spicy pada kopi. Cobalah terlebih dahulu tanpa menambahkan gula maupun susu, sehingga rasa aslinya dapat terasa di lidah Anda.

6. Ranah Kopi Aceh Gayo

6. Ranah Kopi Aceh Gayo 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 69.000

Kopi gurih dan wangi dari Tanah Gayo

Kopi yang tumbuh di Dataran Tinggi Gayo Aceh ini merupakan kopi dengan kualitas premium. Memiliki rasa gurih, tidak terlalu kental, dan memiliki tingkat keasaman yang rendah. Dengan aroma herbal dan buah-buahannya, membuat Anda langsung merasa nyaman ketika mencium aromanya. Produk dari Ranah Kopi ini merupakan salah satu kopi yang memiliki cita rasa yang begitu khas. Cocok untuk Anda yang menyukai kopi beraroma herbal dan fruity.

5. Coffindo Sumatra Single Origin

5. Coffindo Sumatra Single Origin

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 270.000

Cita rasa yang unik

Jika Anda adalah pecinta kopi sejati, Anda wajib mencoba kopi satu ini. Jika di bagian biji kopi kami sudah memperkenalkan kopi dari Sidikalang Sumatra, kali ini kami akan memperkenalkan produk kopi yang paling terkenal dari Sumatra yaitu kopi Mandheling. Kopi Mandheling dari Coffindo ini memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh kopi lain manapun, yaitu kekentalan rasa kopinya.

Kopi ini juga memiliki rasa yang unik, serta aroma rempah-rempah yang semerbak. Dipanggang hingga level medium, kopi ini memiliki tingkat keasaman yang pas, aroma herbal yang khas, serta ada sedikit rasa manis dan aroma coklat. Rasakanlah cita rasa aslinya dengan meminumnya sebagai black coffee. Tentu saja, kopi ini juga pas untuk dinikmati dengan cemilan saat coffee break Anda.

4. Leite Java Robusta

4. Leite Java Robusta

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 54.000

Wangi dan mantap

Kopi yang dihasilkan dari lereng Ijen ini terkenal dengan rasa dan aromanya yang khas. Salah satu hal yang membedakannya dari jenis kopi lainnya adalah rasa pahit yang dimiliki kopi ini. Meskipun kopi ini memiliki rasa pahit yang kuat, kopi ini juga memiliki tekstur yang lembut sehingga tetap nikmat saat diminum. Aroma yang khas langsung terasa saat Anda membuka kemasannya, karena kopi ini langsung dimasukan ke dalam kemasan sesudah proses pemanggangan, sehingga kesegarannya tetap terjaga.

Selain itu, kopi ini juga memiliki kadar kafein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kopi arabika.  Kopi ini dapat membuat Anda tetap fokus dan terjaga saat bekerja. Selain rasanya enak, kopi ini juga nyaman di perut dan tidak membuat perih di lambung. Anda bisa menikmati kopi ini di pagi hari sebelum Anda memulai aktivitas sehari-hari agar Anda tetap semangat bekerja sepanjang hari.

3. Coffee Toffee Sumatra Linthong

3. Coffee Toffee Sumatra Linthong

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 85.410

Kopi bubuk premium

Satu lagi kopi yang berasal dari Sumatra yaitu kopi Linthong. Produk dari Coffee Toffee ini merupakan kopi dengan kualitas spesial. Biji kopi yang dipakai merupakan biji kopi dengan kualitas premium, memiliki rasa yang kental namun tetap lembut dan nikmat di lidah. Hal inilah yang membuat kopi ini berbeda daripada yang lain. Anda akan merasakan sensasi kopi yang berbeda saat meneguk kopi ini untuk pertama kalinya.

Kopi ini dipanggang dengan level medium roast,  dan memiliki rasa yang sedikit spicy. Produk dari Coffee Toffee ini adalah salah satu kopi yang banyak disukai oleh para pecinta kopi di dunia. Selain memiliki aroma yang wangi, kopi ini juga memiliki rasa asam yang pas, serta cita rasa yang kuat. Cocok diminum untuk Anda yang menyukai kopi dengan keseimbangan rasa yang pas.

2. Toarco Toraja Coffee Blend

2. Toarco Toraja Coffee Blend

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.000

Arabika kopi asli dari Toraja

Mungkin sebagian dari kita mengenal kopi Toraja sebagai produk lokal asli Indonesia. Namun tahukah Anda jika kopi Toraja juga sangat terkenal di luar negeri bahkan termasuk barang mewah di Jepang? Toarco Jaya, merupakan anak perusahaan Key Coffee yaitu perusahaan kopi dari Jepang yang sudah terkenal sejak dulu. Produk kopi yang dihasilkan oleh Toarco ini memiliki kualitas premium sehingga Anda sudah tidak perlu lagi meragukan rasanya.

Ciri khas dari kopi Toraja adalah aroma wangi yang dimilikinya. Aroma kopi yang khas langsung tercium saat Anda membuka kemasannya. Kopi Toraja ini merupakan jenis kopi blend. Kopi ini memiliki citarasa yang tinggi karena terbuat dari biji kopi unggulan. Kopi ini memiliki keasaman yang cukup tajam, namun juga memiliki rasa manis dan spicy yang pas, menjadikannya sebagai kopi yang kaya rasa. Sangat pas bagi Anda yang menyukai kopi dengan aroma yang kuat.

1. Banyuatis Kopi Lanang

1. Banyuatis Kopi Lanang

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 79.900

Kopi istimewa dari Bali

Jika kebanyakan masyarakat Indonesia sudah mengenal luwak, mungkin banyak orang yang masih belum mengenal kopi yang memiliki nama lain peaberry coffee ini. Kopi asli dari Bali ini sudah terkenal sejak dulu. Namun sayangnya, namanya belum setenar kopi luwak. Kopi Lanang merupakan kopi dengan varietas baru, yang bisa dihasilkan oleh pohon kopi jenis robusta maupun arabika. Keunikan kopi ini terletak pada bentuk bijinya yang berbentuk tunggal dan bulat, tidak terbelah seperti bentuk biji kopi pada umumnya. 

Kopi Lanang memiliki cita rasa yang tinggi, aromanya wangi, dan memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Rasanya enak, sangat cocok untuk dinikmati setiap hari. Kopi Lanang merupakan  salah satu oleh-oleh khas Bali yang tidak boleh Anda lewatkan. Silakan Anda coba kopi Bali yang unik ini!

Kesimpulan

Indonesia merupakan negara ketiga terbesar di dunia yang mengekspor kopi. Wilayah pegunungan yang berjajar di hampir seluruh wilayah Indonesia, menjadikannya sebagai tempat yang sangat cocok untuk menanam kopi. Begitu pula dengan rasa yang dihasilkan, tiap daerah memiliki kekhasan masing-masing. Produk kopi nasional tidak kalah dari segi mutu, rasa, dan harga, jika dibandingkan dengan produk kopi dari luar negeri. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda dapat semakin cinta dengan kopi produksi dalam negeri!