• 10 Rekomendasi Biji kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Biji kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Biji kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Biji kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Biji kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Biji kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kini, secangkir kopi enak dapat Anda nikmati di rumah dengan produk biji kopi dan bubuk kopi yang sudah luas beredar di pasaran, mulai dari toko konvensional hingga online shop. Namun, dari banyaknya jenis kopi yang ada, dapatkah Anda dengan yakin memilih kopi yang sebaiknya dibeli?

Kali ini, kami akan memperkenalkan produk kopi yang kini tengah populer, seperti Coffee Toffee, JJ Royal Coffee, serta yang lainnya, sekaligus menjelaskan cara memilih kopi. Simak terus artikel ini sampai akhir dan temukan kopi yang paling sesuai dengan selera Anda.
  • Pembaharuan terakhir: 08 Januari 2021
  • 67.797 Views
Daftar isi

Cara memilih biji kopi dan bubuk kopi

Biji kopi dan bubuk kopi berkualitas ditentukan berdasarkan area produksi, keseimbangan tingkat pemanggangan, dan faktor lainnya. Ada baiknya Anda memperhatikan poin-poin berikut ini sebelum membeli biji kopi atau bubuk kopi favorit Anda.

Pilihlah berdasarkan frekuensi minum dan alat yang Anda miliki

Berikut kami akan membahas kelebihan dan kekurangan dari kopi berwujud biji maupun bubuk. Bacalah dengan saksama dan tentukan sendiri karakteristik kopi favorit Anda!

Biji kopi, rekomendasi untuk Anda yang mementingkan rasa dan tingkat kesegaran

Biji kopi, rekomendasi untuk Anda yang mementingkan rasa dan tingkat kesegaran
Untuk Anda yang sudah memiliki alat penggiling kopi sendiri, kami sangat merekomendasikan kopi dalam wujud biji. Kopi berwujud biji mudah disimpan dan kesegarannya akan tetap terjaga sehingga Anda tak perlu khawatir bila membelinya dalam jumlah besar sekaligus.
Bagian yang agak merepotkan adalah Anda harus menggiling biji kopi setiap kali Anda ingin menikmati secangkir kopi. Meski begitu, rasa seduhan bisa dipastikan lebih enak jika dibandingkan dengan seduhan bubuk kopi. Jika Anda sangat memperhatikan masalah rasa, tidak ada salahnya memilih biji kopi. Namun, jangan lupa kalau Anda akan memerlukan alat penggiling kopi juga, ya.

Bubuk kopi, mudah dalam penyajian dan ideal bagi Anda yang tidak ingin repot

Bubuk kopi, mudah dalam penyajian dan ideal bagi Anda yang tidak ingin repot
Kopi yang sudah digiling menjadi bubuk memiliki keunggulan dari segi kepraktisan karena Anda cukup menyeduhnya saja ketika ingin menikmati secangkir kopi. Kopi berwujud bubuk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang sering minum kopi setiap hari dan bagi Anda yang tidak ingin repot dalam menyeduh kopi. Namun, kualitas bubuk kopi lebih cepat menurun dibandingkan dengan kopi berwujud biji sehingga ada kemungkinan kualitas rasa juga akan berubah seiring berjalannya waktu.
Selain itu, Anda perlu memperhatikan kuantitas bubuk kopi yang ingin Anda beli dan cara penyimpanan yang baik agar rasanya tetap terjaga. Bisa dibilang, meski mudah disajikan, bubuk kopi cukup merepotkan dalam hal penyimpanan. Bila Anda membutuhkan referensi dalam menjaga kesegaran bubuk kopi untuk konsumsi setiap hari, silakan simak cara penyimpanannya yang akan kami jelaskan secara rinci di bagian akhir dari artikel ini.

Pilihlah berdasarkan rasa yang Anda sukai

Hal terpenting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih biji kopi atau bubuk kopi adalah rasanya. Untuk mengetahui apakah rasa kopi sesuai dengan selera Anda, simak dan perhatikanlah poin-poin berikut ini sebelum membeli.

Ketahui area produksi biji kopi dan bubuk kopi

Ketahui area produksi biji kopi dan bubuk kopi
Pada umumnya, kopi dibagi menjadi dua jenis berdasarkan komposisi bahan bakunya. Pertama, produk yang hanya menggunakan satu jenis biji kopi atau disebut dengan single origin. Kemudian, ada juga kopi yang menggunakan beberapa jenis biji kopi yang lebih dikenal dengan sebutan coffee blend.
Rasa kopi single origin mudah dipahami dengan mengetahui karakteristik area produksi kopinya, yang biasanya terulis pada kemasan. Di sisi lain, rasa coffee blend tidak mudah untuk dinilai hanya dari kemasan atau deskripsi produk karena rasio campuran biji kopi tergantung pada produsennya.
Karena itu, penting untuk memastikan bahan baku dan memeriksa daerah asal biji kopi. Ada pula produk yang mencantumkan komposisi campuran kopi dengan jenis atau nama daerah yang sudah dikenal, seperti mocha blend, kilimanjaro blend, dan sebagainya. Ada baiknya bila Anda secara aktif membaca keterangan yang tertulis pada kemasan.

Perhatikan tingkat pemanggangan untuk keseimbangan antara rasa pahit dan asam

Perhatikan tingkat pemanggangan untuk keseimbangan antara rasa pahit dan asam
Proses pemanggangan atau roasting menjadi salah satu elemen penting yang menentukan rasa kopi. Anda akan cenderung memilih kopi sembarangan jika tidak terlalu memperhatikan hal ini. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah rasa pahit dan asam pada kopi bergantung pada lamanya proses pemanggangan biji kopi.
Kopi light roast, cinnamon roast, medium roast, dan sebagainya, merupakan kopi dengan proses pemanggangan singkat. Kopi dengan proses pemanggangan seperti ini memiliki tingkat keasaman yang kuat sehingga cocok dinikmati sebagai black coffee dan american coffee. Sedangkan untuk high roast dan city roast memiliki keseimbangan antara rasa asam dan rasa pahit yang baik. Kopi dengan proses pemanggangan tersebut banyak ditemukan pada produk kopi pada umumnya.
French roast adalah contoh kopi dengan proses pemanggangan yang lama. Bila dicampur dengan susu, akan sangat pas dinikmati café au lait. Ada juga italian roast dengan cita rasa pahit yang sangat kuat dan lebih dikenal dengan sebutan dengan espresso. Karena tingkat pemanggangan dapat mempengaruhi rasa kopi, pastikan Anda memeriksa tingkat pemanggangan pada merek kopi terlebih dahulu!

Ketahui rasa kopi dengan mengintip review dari konsumen

Meskipun Anda sudah memastikan merek dan tingkat pemanggangan kopi, Anda tidak akan tahu rasanya jika tidak mencobanya secara langsung. Jika Anda membeli kopi di toko konvensional, Anda bisa memilih langsung dari aromanya. Namun, hal ini tidak dapat Anda lakukan jika Anda membeli secara online. Solusinya, bacalah review dari para konsumen untuk mengetahui rasa kopi tersebut!
Karena selera orang berbeda-beda, sudah pasti akan muncul berbagai macam ulasan, baik dari konsumen yang menyukai maupun yang tidak menyukai produk tersebut. Banyak ulasan bermanfaat mengenai deskripsi rasa kopi, seperti ulasan yang menjelaskan rasa asam, kesegaran, bahkan perbandingan dengan produk lainnya.
Anda juga bisa menemukan ulasan sesuai cara favorit Anda dalam menikmati kopi, seperti kopi yang ideal dinikmati sebagai café au lait, black coffee, dan sebagainya, untuk dijadikan referensi. Cara ini mungkin sedikit merepotkan, tetapi untuk mendapatkan kopi yang kelezatannya sesuai selera Anda, memang memerlukan usaha.

Pilihlah produk kopi yang sesuai dengan cara Anda meminumnya

Selain poin-poin yang sudah disebutkan di atas, memilih biji kopi dan bubuk kopi sesuai dengan cara minum yang Anda sukai juga salah satu cara yang bisa ditempuh. Untuk informasi lebih detail, simak ulasan berikut ini.

Cek perubahan rasa kopi ketika dinikmati dengan tambahan susu atau gula

Cek perubahan rasa kopi ketika dinikmati dengan tambahan susu atau gula
Beberapa biji kopi dan bubuk kopi memang dibuat khusus agar nikmat saat dicampur dengan susu maupun gula. Ketika dinikmati sebagai black coffee atau café au lait, kopi akan sangat berbeda dari segi rasa maupun aroma. Perubahan rasa dan aroma ini juga perlu Anda perhatikan saat memilih biji kopi atau bubuk kopi.

Sesuaikan pilihan produk dengan suhu minuman yang ingin Anda nikmati

Sesuaikan pilihan produk dengan suhu minuman yang ingin Anda nikmati
Ketika memilih produk kopi, suhu minuman kopi yang ingin Anda nikmati juga menjadi faktor penentu. Rasa kopi akan berubah saat dinikmati dalam keadaan panas maupun dingin berdasarkan tingkat pemanggangan biji kopi. Di Indonesia sendiri, mayoritas kopi dinikmati dalam keadaan panas sehingga kali ini, kami hanya akan merekomendasikan biji kopi dan bubuk kopi yang nikmat disajikan dalam keadaan panas.

10 Rekomendasi biji kopi dan bubuk kopi terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan produk biji kopi dan bubuk kopi dengan kualitas terbaik. Silakan gunakan artikel ini sebagai referensi untuk menemukan biji kopi atau bubuk kopi favorit Anda!
10

Coffee ToffeeJava Mocha

Rp 89.900,00

Wujud kopiBubuk kopi
Asal biji kopiJawa
Level pemangganganMedium roast
9
Wujud kopiBiji kopi
Asal biji kopiPegunungan Malabar
Level pemangganganMedium light roast
8
Wujud kopiBubuk kopi
Asal biji kopiLintong, Sumatera Utara
Level pemangganganTidak disebutkan
7

Halo Koffi100 % Arabica Flores Yellow Caturra

Rp 22.500,00

Wujud kopiBiji kopi
Asal biji kopiDesa Beiwali, Mangarai Flores, Nusa Tenggara Timur
Level pemangganganMedium roast
6
Wujud kopiBubuk kopi
Asal biji kopiPapua
Level pemangganganMedium dark roast
5

Leite Coffee CoBali Kintamani

Rp 157.000,00

Wujud kopiBiji kopi
Asal biji kopiKintamani
Level pemangganganMedium roast
4
Wujud kopiBubuk kopi
Asal biji kopiSapan, Toraja Utara
Level pemangganganMedium roast
3
Wujud kopiBiji kopi
Asal biji kopiSidikalang, Sumatera Utara
Level pemangganganFull city roast
2
Wujud kopiBubuk kopi
Asal biji kopiBener Meriah, Takengon, Aceh Tengah
Level pemangganganMedium dark roast
1
Wujud kopiBiji kopi
Asal biji kopiIndonesia
Level pemangganganMedium roast

Tabel perbandingan produk biji kopi dan bubuk kopi terbaik

Gambar produk
1
JJ Royal Coffe  100% Pure Luwak Bean Tin 1

JJ Royal Coffe

2
Sentra Kopi Aceh Gayo 1

Sentra Kopi

3
Kopi Sidikalang Arabica Premium 1

Kopi Sidikalang

4
Otten Toraja Sapan Kopi Arabica 1

Otten

5
Leite Coffee Co Bali Kintamani 1

Leite Coffee Co

6
Morello Coffee Papua Wamena 1

Morello Coffee

7
Halo Koffi 100 % Arabica Flores Yellow Caturra 1

Halo Koffi

8
Ranah Kopi  Lintong Arabica 1

Ranah Kopi

9
Northsider Java Malabar  Process Red Honey 1

Northsider Java Malabar

10
Coffee Toffee Java Mocha 1

Coffee Toffee

Nama produk

100% Pure Luwak Bean Tin

Aceh Gayo

Arabica Premium

Toraja Sapan Kopi Arabica

Bali Kintamani

Papua Wamena

100 % Arabica Flores Yellow Caturra

Lintong Arabica

Process Red Honey

Java Mocha

Keunggulan

Kopi unik dan langka berkualitas premium, kini bisa Anda nikmati di rumah

Slow roasted process-nya jaga keaslian cita rasa untuk hasilkan kopi berkualitas tinggi

Rasa kopi lebih maksimal berkat disangrai menggunakan Probatone 12

Nikmati rasa sweet spicy berpadu dengan strong aftertaste dalam secangkir kopi

Tak menyukai rasa pahit pada kopi? Cobalah kopi bercita rasa buah jeruk segar ini!

Kopi nikmat dari timur, tanpa bahan pengawet dan nyaman di lambung

Biji kopi langka berwarna kuning dengan aroma manis karamel dan buah-buahan

Kopi khas Danau Toba dengan aroma cokelat dan kacang yang menggoda

Red honey process-nya hasilkan kopi bercita rasa manis yang kuat

Nikmatnya aksen aroma tembakau bercampur herbal aftertaste yang lembut!

HargaRp 460.000,00Rp 34.000,00Rp 69.000,00Rp 75.000,00Rp 157.000,00Rp 75.000,00Rp 22.500,00Rp 69.000,00Rp 72.000,00Rp 89.900,00
Wujud kopiBiji kopiBubuk kopiBiji kopiBubuk kopiBiji kopiBubuk kopiBiji kopiBubuk kopiBiji kopiBubuk kopi
Asal biji kopiIndonesiaBener Meriah, Takengon, Aceh TengahSidikalang, Sumatera UtaraSapan, Toraja UtaraKintamaniPapuaDesa Beiwali, Mangarai Flores, Nusa Tenggara TimurLintong, Sumatera UtaraPegunungan MalabarJawa
Level pemangganganMedium roastMedium dark roastFull city roastMedium roastMedium roastMedium dark roastMedium roastTidak disebutkanMedium light roastMedium roast
Tautan produk

Cara menyimpan biji kopi dan bubuk kopi

Agar kesegaran biji kopi dan bubuk kopi terjaga, penting untuk selalu memperhatikan cara penyimpananya. Karena itu, kami akan merangkum poin-poin yang perlu diperhatikan, untuk menjaga kesegaran biji kopi dan bubuk kopi favorit Anda. Jangan sampai terlewat, ya!

Untuk penyimpanan jangka panjang, masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di dalam freezer

Untuk penyimpanan jangka panjang, masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di dalam freezer
Kesegaran biji kopi yang disimpan di dalam ruangan gelap pada suhu kamar akan bertahan sekitar satu minggu setelah Anda membuka kemasannya. Bila Anda membutuhkan waktu lebih dari seminggu untuk menikmatinya hingga habis, masukkanlah ke dalam wadah tertutup dan simpanlah di dalam freezer. Di sisi lain, terlepas dari waktu penyajiannya, simpanlah selalu bubuk kopi ke dalam freezer karena kesegarannya lebih cepat menurun dibandingkan dengan biji kopi.
Karena biji kopi yang disimpan di dalam freezer dapat bertahan selama tiga bulan, sebaiknya perhatikan juga kuantitas pembelian berdasarkan porsi biji kopi yang Anda giling di rumah setiap harinya. Sementara itu, bubuk kopi hanya bertahan selama satu bulan meski disimpan di freezer sehingga Anda harus lebih memperhitungkan kuantitas pembelian dan berhati-hati dalam penyimpanannya.

Agar bertahan lebih lama, bagilah ke dalam porsi sekali minum

Agar bertahan lebih lama, bagilah ke dalam porsi sekali minum
Berbagai jenis wadah yang dapat ditutup rapat bisa Anda gunakan untuk menyimpan biji kopi maupun bubuk kopi ke dalam lemari es. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan freezer bag atau sejenisnya, kemudian membaginya ke dalam porsi sekali minum. Selain memudahkan Anda saat menyeduh kopi, kesegaran kopi juga akan tahan lebih lama.
Berbeda dengan frozen food, Anda tidak perlu menunggu kopi kembali ke suhu ruangan saat hendak mengolahnya menjadi minuman. Jadi, diolah langsung begitu saja setelah dikeluarkan dari freezer pun tidak masalah.

Baca juga rekomendasi coffee grinder dan coffee maker untuk kopi yang lebih nikmat!

Selain biji kopi atau bubuk kopi yang berkualitas, coffee grinder dan coffee maker juga tak kalah penting untuk menyajikan kopi yang nikmat. Silakan kunjungi laman menarik berikut ini untuk mengetahui cara memilih dan rekomendasi produk-produk coffee grinder dan coffee maker terbaik.

Kesimpulan

Demikian cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang bisa Anda jadikan referensi, sekaligus produk-poduk terbaik yang bisa Anda beli melalui online shop. Biji kopi dan bubuk kopi memiliki keistimewaan masing-masing, mulai dari segi rasa hingga kemudahan dalam penyajiannya.
Rasa kopi bergantung pada area produksi dan tingkat pemanggangan, serta racikan produsen. Selain itu, ada baiknya selalu mengecek ulasan konsumen untuk mengetahui rasa dan aroma suatu produk kopi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memilih kopi yang nikmat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teh Chamomile Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile. Dengan banyaknya pilihan di luar sana, Anda mungkin bingung memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile serta menjelaskan manfaat yang didapat dari mengonsumsinya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merek Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    64.290 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    54.164 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein (Terbaru Tahun 2020)
    Jika Anda seorang pecinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein pada tubuh dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, kami akan menjelaskan karakteristik setiap jenis teh dan cara memilihnya. Kami juga akan memberikan rekomendasi teh dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    13.957 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    1.484 Views
  • 10 Rekomendasi Drip Bag Coffee/Kopi Drip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Drip Bag Coffee/Kopi Drip Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bukankah menyenangkan jika Anda dapat menikmati rasa kopi asli dari kopi drip yang praktis saat bekerja atau beristirahat? Namun, banyaknya merek, seperti Kapal Api, Otten Coffee, dan Taman Delta Indonesia yang memiliki kenikmatan berbeda tentunya membuat Anda sulit menentukan pilihan.Kali ini, kami akan membahas cara memilih kopi drip yang berasa lezat. Produk yang kami rekomendasikan menggunakan biji kopi berkualitas. Selain itu, kami juga akan memberikan tips cara membuat kopi drip agar menyeruputnya semakin nikmat. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Teh & kopi
    7.768 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang yang suka minum teh hitam dalam berbagai situasi, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat ingin membelinya, Anda mungkin akan bingung memilih karena menemukan banyak produk teh hitam dari berbagai merek, mulai dari Walini, Dilmah, hingga Twinnings.Untuk mempermudah Anda, kami akan berbagi tips cara memilih teh hitam. Di dalamnya, Anda dapat membaca lebih detail mengenai berbagai jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Setelah itu, akan ada rekomendasi teh hitam terbaik yang kami pilihkan untuk Anda. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    8.817 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori