• 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)

Kenikmatan kopi yang Anda seduh ditentukan oleh banyak hal, salah satunya adalah biji dan juga bubuk kopi berkualitas. Ada banyak rekomendasi kopi yang enak di pasaran. Beberapa di antaranya adalah kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Banyaknya pilihan mungkin membuat Anda bingung.

Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak. Berbagai rekomendasi merek kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, hingga Otten akan turut kami ulas. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Jadi, bacalah artikelnya sampai tuntas!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih biji kopi dan bubuk kopi

Biji kopi dan bubuk kopi berkualitas biasanya ditentukan berdasarkan area produksi, keseimbangan tingkat pemanggangan, dan faktor lainnya. Simak poin-poin berikut ini sebelum membeli biji kopi atau bubuk kopi kesukaan Anda.

Sesuaikan dengan frekuensi minum dan alat yang dimiliki

Pertama-tama, kami akan membahas kelebihan dan kekurangan dari kopi berwujud biji dan bubuk. Bacalah dengan saksama dan tentukan sendiri karakteristik kopi favorit Anda!

Biji kopi: Nikmati keistimewaan rasa kopi dengan tingkat kesegaran yang tinggi

Biji kopi: Nikmati keistimewaan rasa kopi dengan tingkat kesegaran yang tinggi
Jika Anda memiliki alat penggiling kopi sendiri, kami sangat merekomendasikan kopi dalam wujud biji atau beans. Biji kopi mudah disimpan sehingga kesegarannya akan tetap terjaga. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat membelinya dalam jumlah besar sekaligus. Membeli biji kopi utuh merupakan cara terbaik untuk menikmati rasa optimal dari kopi.

Bagian yang agak merepotkan adalah Anda harus menggiling biji kopi setiap kali ingin menikmati secangkir kopi. Namun, rasa seduhannya dipastikan lebih enak. Kalau Anda sangat mengutamakan masalah rasa, pilihlah kopi yang berupa beansSupaya Anda selalu mendapatkan seduhan terbaik, usahakan menyeduh biji kopi yang tidak lebih dari sebulan sejak tanggal roasting.


Untuk menghindari stok biji kopi disimpan terlalu lama, hitung rata-rata konsumsi kopi harian. Setelah itu, beli stok untuk dua atau tiga pekan. Pastikan Anda menyimpan biji kopi dalam wadah kedap udara untuk mengurangi eksposur oksigen pada biji kopi. Pasalnya kemasan biji kopi yang sudah dibuka akan mulai kehilangan aroma dan kesegarannya.

Bubuk kopi: Mudah dalam penyajian, ideal bagi Anda yang tak ingin repot

Bubuk kopi: Mudah dalam penyajian, ideal bagi Anda yang tak ingin repot
Kopi yang sudah digiling menjadi bubuk memiliki keunggulan dari segi kemudahan karena Anda hanya perlu menyeduh, tanpa perlu menggilingnya. Kopi bubuk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang gemar meminum kopi setiap hari dan tidak ingin repot kala menyeduh.

Namun, kualitas bubuk kopi lebih cepat menurun dibandingkan dengan kopi berwujud biji. Alhasil, ada kemungkinan rasanya berubah jika disimpan terlalu lama. Jika terpaksa membeli kopi dalam bentuk bubuk (pre-ground), belilah dalam jumlah kecil (100–200 gram). Seduhlah sampai habis maksimal dua minggu sejak kemasan kopi dibuka.


Guna menjaga kenikmatan kopi, Anda perlu memperhatikan kuantitas bubuk kopi yang ingin dibeli beserta cara penyimpanannya. Bisa dibilang, meski mudah disajikan, bubuk kopi cukup merepotkan dalam hal penyimpanan. Simpan kopi dalam wadah kedap udara yang tidak transparan. Selain itu, pastikan juga Anda menyimpan kopi di area yang tidak terpapar matahari langsung.

Pilihlah rasa yang paling Anda sukai

Hal penting berikutnya yang perlu Anda perhatikan dalam memilih biji kopi atau bubuk kopi adalah rasanya. Untuk mengetahui rasa kopi apa yang sesuai dengan selera Anda, simak dan perhatikanlah poin-poin berikut ini sebelum membeli.

Area produksi: Menghasilkan rasa dan aroma yang berbeda

Area produksi: Menghasilkan rasa dan aroma yang berbeda
Berdasarkan komposisi bahan bakunya, umumnya kopi dapat dibagi menjadi dua jenis. Ada produk yang hanya menggunakan satu jenis biji kopi atau disebut dengan single origin. Lalu, ada juga produk yang menggunakan beberapa jenis biji kopi atau lebih dikenal dengan sebutan coffee blend.

Rasa kopi single origin mudah dipahami dengan mengetahui karakteristik area produksi kopi yang biasanya tertulis di kemasan. Di sisi lain, rasa coffee blend tak mudah untuk dinilai hanya dari kemasan atau deskripsi produknya. Hal ini karena rasio campuran biji kopi yang digunakan tergantung pada produsennya.


Karena itu, penting untuk memastikan bahan baku dan memeriksa jenis atau daerah asal biji kopinya. Ada pula produk yang mencantumkan komposisi campuran jenis dan asal kopinya, seperti mocha blend, Kilimanjaro blend, dan sebagainya. Ada baiknya Anda secara aktif membaca keterangan yang tertulis di kemasan.

Tingkat pemanggangan: Tentukan keseimbangan antara rasa pahit dan asam

Tingkat pemanggangan: Tentukan keseimbangan antara rasa pahit dan asam
Proses pemanggangan atau roasting menjadi salah satu elemen penting yang menentukan rasa kopi. Orang yang tidak terlalu mementingkan hal ini mungkin akan cenderung mengabaikannya. Namun, perlu diingat bahwa rasa pahit dan asam dapat berbeda-beda bergantung pada lamanya proses pemanggangan biji kopi.

Kopi light roast, cinnamon roast, medium roast, dan sebagainya, merupakan kopi dengan proses pemanggangan singkat. Kopi dengan proses pemanggangan ini memiliki tingkat keasaman yang kuat sehingga cocok dinikmati sebagai black coffee dan American coffee. Sementara itu, high roast dan city roast memiliki keseimbangan antara rasa asam dan rasa pahit yang baik.

Ketahui rasa kopi dengan membaca review dari konsumen

Ketahui rasa kopi dengan membaca review dari konsumen
Meskipun Anda sudah memastikan merek dan tingkat pemanggangan kopi, Anda tidak akan tahu rasanya jika tidak mencobanya secara langsung. Jika Anda membeli kopi di toko, Anda bisa memilih langsung dengan bantuan dari aromanya. Namun, hal ini tidak bisa dilakukan jika Anda membeli secara online. Solusinya adalah membaca review dari konsumen untuk mengetahui rasa kopi tersebut.

Berhubung selera orang berbeda-beda, pasti akan muncul banyak ulasan, baik dari konsumen yang suka atau tidak suka kopi tersebut. Namun, biasanya akan muncul pendapat-pendapat yang berisikan deskripsi rasa kopinya, seperti ulasan yang menjelaskan rasa asam, kesegaran, dan lainnya.


Anda juga bisa menemukan ulasan sesuai cara favorit menikmati kopi, seperti kopi yang ideal dinikmati dengan susu dan sebagainya. Membaca ulasan mungkin akan menghabiskan waktu, tetapi tidak ada salahnya dilakukan untuk mendapatkan kopi yang sempurna.

Temukan produk kopi sesuai dengan cara Anda meminumnya

Selain poin-poin di atas, Anda juga dapat memilih biji kopi dan bubuk kopi berdasarkan suasana serta cara Anda meminumnya. Penjelasan selengkapnya akan kami berikan di bawah ini.

Diberi susu atau gula: Perubahan rasa dan aroma mungkin terjadi

Diberi susu atau gula: Perubahan rasa dan aroma mungkin terjadi
Beberapa biji kopi dan bubuk kopi memang dibuat khusus agar nikmat saat dicampur dengan susu atau gula. Kopi yang dinikmati sebagai black coffee dengan kopi yang ditambahkan susu akan terasa berbeda dari segi rasa dan aroma. Hal yang paling umum terjadi adalah rasa kopi menjadi lebih lemah. Perubahan rasa dan aroma ini juga perlu Anda perhatikan saat memilih biji kopi atau bubuk kopi.

Panas atau dingin: Memengaruhi proses ekstraksi kopi

Panas atau dingin: Memengaruhi proses ekstraksi kopi

Ketika memilih produk kopi, suhu air yang Anda gunakan juga dapat mempengaruhi rasanya. Hal ini dikarenakan proses ekstraksi yang terjadi saat kopi diseduh air panas dan air dingin akan berbeda. Air panas cenderung mengekstrak minyak, asam, dan kafeina dengan cepat. Karena itu, rasa kopi biasanya akan berbeda saat dinikmati dalam keadaan panas atau dingin.


Jadi, selain berdasarkan tingkat pemanggangan dan jenis biji kopi, suhu air juga akan memengaruhi rasa kopi. Di Indonesia sendiri kebanyakan kopi dinikmati dalam keadaan panas.

10 Rekomendasi biji kopi dan bubuk kopi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk biji kopi dan bubuk kopi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 5 September 2022: 

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, JJ Royal Coffee menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Sentra Kopi - Kopi Arabika Aceh Gayo memiliki angka penjualan tertinggi.

Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

Gambar produk
1
Sentra Kopi Kopi Arabika Aceh Gayo 1

Sentra Kopi

2
Arutala Coffee Blend Italian 1

Arutala Coffee

3
Sakha Coffee Arabika Gayo 1

Sakha Coffee

4
Nestlé NESCAFÉ GOLD Decaffein Jar 1

Nestlé

5
AWI COFFEE™ Kopi Sidikalang Arabica Premium 1

AWI COFFEE™

6
Otten Toraja Sapan Kopi Arabica 1

Otten

7
JJ Royal Coffe 100% Pure Luwak Ground 1

JJ Royal Coffe

8
Luce Coffee Kopi Arabica Yellow Caturra Ijen Raung 1

Luce Coffee

9
Beorganik Kopi Hijau Organik 1

Beorganik

10
Joe Tarquinio Quintino's - Mandheling Lake Toba 1

Joe Tarquinio

Nama produk

Kopi Arabika Aceh Gayo

Blend Italian

Arabika Gayo

NESCAFÉ GOLD Decaffein Jar

Kopi Sidikalang Arabica Premium

Toraja Sapan Kopi Arabica

100% Pure Luwak Ground

Kopi Arabica Yellow Caturra Ijen Raung

Kopi Hijau Organik

Quintino's - Mandheling Lake Toba

Keunggulan

Pengiriman sekitar tujuh hari setelah roasting, kopi tetap fresh dan enak!

Nikmati secangkir espresso khas Italia dengan kopi ini

Cari kopi untuk V60? Coba cek yang satu ini, deh!

Perpaduan biji kopi arabika dan robusta yang bebas ampas serta kafeina!

Disangrai menggunakan Probatone12, rasa kopi lebih maksimal

Nikmati rasa sweet spicy berpadu dengan strong aftertaste yang pekat

Kopi unik dan langka berkualitas premium, kini bisa dinikmati di rumah

Low-medium bodies coffee yang ringan beraroma karamel dan buah-buahan, lezat!

Pilihan tepat untuk Anda yang sedang berdiet

Kopi khas Danau Toba dengan aroma citrusy dan cokelat nan menggoda

Harga mulai dariRp 58.000,00Rp 55.000,00Rp 54.900,00Rp 110.000,00Rp 57.000,00Rp 104.000,00Rp 475.000,00Rp 50.000,00Rp 50.000,00Rp 109.000,00
Wujud kopiBiji kopi, bubuk kopiBiji kopi, bubuk kopiBiji kopi, bubuk kopiBubuk kopiBiji kopi, bubuk kopiBiji kopi, bubuk kopiBubuk kopiBiji kopi, bubuk kopiBubuk kopiBiji kopi, bubuk kopi
Asal biji kopiBener Meriah, Takengon, Aceh TengahBeberapa tempatGayo, Aceh, SumatraTidak disebutkanSidikalang, Sumatera UtaraSapan, Toraja UtaraIndonesiaBondowoso, Jawa TimurTidak ada keteranganToba, Sumatra
Level pemangganganMedium dark roastMedium roastMedium roastTidak disebutkanFull city roast (medium to full roast)Medium roastMediumMedium roast, medium dark roastTidak di-roastingLight roast
Isi bersih200 g, 500 g, 1 kg200 g, 500 g, 1 kg100 g, 200 g, 500 g, 1 kg100 g250 g200 g, 500 g100 g240 g, 500 g, 900 g200 g250 g
Tautan produk
10

Joe TarquinioQuintino's - Mandheling Lake Toba

Mulai dari Rp 109.000,00

Wujud kopiBiji kopi, bubuk kopi
Asal biji kopiToba, Sumatra
Level pemangganganLight roast
Isi bersih250 g
9
Wujud kopiBubuk kopi
Asal biji kopiTidak ada keterangan
Level pemangganganTidak di-roasting
Isi bersih200 g
8

Luce CoffeeKopi Arabica Yellow Caturra Ijen Raung

Mulai dari Rp 50.000,00

Wujud kopiBiji kopi, bubuk kopi
Asal biji kopiBondowoso, Jawa Timur
Level pemangganganMedium roast, medium dark roast
Isi bersih240 g, 500 g, 900 g
7
Wujud kopiBubuk kopi
Asal biji kopiIndonesia
Level pemangganganMedium
Isi bersih100 g
6

OttenToraja Sapan Kopi Arabica

Mulai dari Rp 104.000,00

Wujud kopiBiji kopi, bubuk kopi
Asal biji kopiSapan, Toraja Utara
Level pemangganganMedium roast
Isi bersih200 g, 500 g
5

AWI COFFEE™Kopi Sidikalang Arabica Premium

Mulai dari Rp 57.000,00

Wujud kopiBiji kopi, bubuk kopi
Asal biji kopiSidikalang, Sumatera Utara
Level pemangganganFull city roast (medium to full roast)
Isi bersih250 g
4
Wujud kopiBubuk kopi
Asal biji kopiTidak disebutkan
Level pemangganganTidak disebutkan
Isi bersih100 g
3
Wujud kopiBiji kopi, bubuk kopi
Asal biji kopiGayo, Aceh, Sumatra
Level pemangganganMedium roast
Isi bersih100 g, 200 g, 500 g, 1 kg
2
Wujud kopiBiji kopi, bubuk kopi
Asal biji kopiBeberapa tempat
Level pemangganganMedium roast
Isi bersih200 g, 500 g, 1 kg
1

Sentra KopiKopi Arabika Aceh Gayo

Mulai dari Rp 58.000,00

Wujud kopiBiji kopi, bubuk kopi
Asal biji kopiBener Meriah, Takengon, Aceh Tengah
Level pemangganganMedium dark roast
Isi bersih200 g, 500 g, 1 kg

Cara menyimpan biji kopi dan bubuk kopi

Guna menjaga kesegaran serta kenikmatan biji kopi dan juga bubuk kopi, Anda perlu menyimpannya dengan cara yang benar. Karena itu, kami akan merangkum poin-poin yang perlu Anda perhatikan saat menyimpan biji kopi dan bubuk kopi. Jangan sampai terlewat, ya!

Untuk penyimpanan jangka panjang, masukan ke wadah dan simpan di freezer

Untuk penyimpanan jangka panjang, masukan ke wadah dan simpan di freezer
Biji kopi yang disimpan di dalam ruangan gelap pada suhu kamar akan bertahan sekitar satu minggu setelah kemasannya dibuka. Apabila Anda membutuhkan waktu lebih dari seminggu untuk menghabiskannya, masukan ke dalam wadah tertutup dan simpan di dalam freezer.

Umumnya biji kopi yang disimpan di dalam freezer dapat bertahan selama tiga bulan. Namun, sebaiknya perhatikan juga kuantitas pembelian berdasarkan porsi biji kopi yang Anda giling di rumah setiap harinya. 


Di pihak lain, bubuk kopi lebih cepat rusak dibandingkan biji kopi. Terlepas dari waktu penyajiannya, simpanlah selalu bubuk kopi ke dalam freezer. Bubuk kopi hanya bertahan selama satu bulan meski disimpan di freezer. Jadi, Anda harus lebih memperhitungkan kuantitas pembelian bubuk kopi dan berhati-hati dalam penyimpanannya.

Agar lebih tahan lama, bagi kopi ke dalam porsi kecil

Agar lebih tahan lama, bagi kopi ke dalam porsi kecil
Berbagai jenis wadah yang dapat ditutup rapat bisa digunakan untuk menyimpan biji kopi atau bubuk kopi ke dalam freezer. Namun, akan lebih hemat tempat jika Anda menggunakan freezer bag atau sejenisnya dibandingkan menggunakan botol. Selain itu, Anda juga bisa membagi kopi yang disimpan ke dalam porsi sekali minum. Tak hanya memudahkan Anda saat menyeduh kopi, kesegaran kopi juga akan tahan lama.

Baca juga rekomendasi kopi lainnya di sini

Selain biji kopi dan bubuk kopi secara umum, kami juga memiliki rekomendasi kopi berdasarkan area produksi dan jenisnya. Ada kopi kintamani, kopi mandailing, dan kopi arabika. Jika penasaran dengan informasi selengkapnya, baca tautan di bawah ini, yuk!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan biji kopi dan bubuk kopi yang sesuai dengan selera? Biji kopi dan bubuk kopi memiliki keistimewaan masing-masing, mulai dari segi rasa hingga kemudahan dalam penyajiannya.

Rasa kopi bergantung pada area produksi kopi, tingkat pemanggangan, serta racikan produsen. Selain itu, ada baiknya selalu mengecek ulasan konsumen untuk mengetahui rasa dan aroma dari produk kopi incaran Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam memilih kopi yang nikmat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2022)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merek teh celup yang bagus dan ternama, seperti Brew Me, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Agar Anda mendapatkan teh yang enak untuk dinikmati, kami telah menyiapkan beberapa tipsnya. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Yuk, langsung saja baca informasi selengkapnya di bawah ini!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Nescafe Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Nescafe Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Anda pasti sudah tak asing dengan kopi Nescafe. Merek Nescafe sudah menyuguhkan kopi sejak tahun 1938 dan punya beragam jenis produk kopi. Nescafe Classic sachet, Nescafe Gold, Nescafe 3 in 1, sampai Nescafe kaleng dan botol siap untuk menemani hari-hari Anda.Kami akan memperkenalkan beragam jenis kopi Nescafe tanpa ampas yang enak untuk diminum kapan saja. Tak hanya produk Nescafe Indonesia, Anda juga dapat menemukan beragam kopi Nescafe dari luar negeri. Ada juga tips untuk memilih kopi Nescafe yang enak. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. 
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Kapal Api Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kopi Kapal Api Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2022)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merek ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi yang senantiasa berkomitmen memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api yang enak, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Kami akan memberikan tips memilih produk kopi Kapal Api untuk Anda. Produk Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Selamat membaca!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Minuman Teh dalam Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Minuman teh dalam kemasan selalu menjadi produk top of mind saat Anda mencari pelepas dahaga. Ada banyak brand minuman teh dalam kemasan yang dijual di pasaran. Rasanya pun terbilang cukup beragam, mulai dari rasa original sampai milk tea yang creamy.Kali ini, kami akan memperkenalkan berbagai minuman teh dalam kemasan. Simaklah tips dari kami tentang cara memilih minuman teh dalam kemasan. Kami juga akan memberikan rekomendasi minuman teh dalam kemasan terbaik, seperti Tehbotol Sosro, Teh Pucuk, Fruit Tea, dan banyak lainnya. Simak pembahasan kami dan temukan minuman teh yang menarik!
    Teh & kopi
  • 10 Wedang Uwuh Terbaik - Direkomendasi oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Wedang Uwuh Terbaik - Direkomendasi oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    Orang-orang mengenal wedang uwuh sebagai minuman berwarna merah keunguan yang berasal dari Imogiri, Jogja. Minuman yang berisi rempah-rempah ini sangat pas untuk menghangatkan dan menyegarkan tubuh. Wedang uwuh tersedia di pasaran dalam berbagai harga dan kemasan, seperti kemasan instan atau siap seduh.Untuk mendapatkan wedang uwuh yang bagus dan sesuai selera Anda, kami punya tipsnya di bawah ini. Tidak lupa, rekomendasi merk terbaik, seperti Herbadrink, Sekar, dan Wening juga dapat Anda temukan dalam artikel ini. Artikel ini juga telah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati. Selamat membaca, ya!
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori