• 10 Rekomendasi Facial Brush (Sikat Pembersih Wajah) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Facial Brush (Sikat Pembersih Wajah) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Facial Brush (Sikat Pembersih Wajah) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Facial Brush (Sikat Pembersih Wajah) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Facial Brush (Sikat Pembersih Wajah) Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Facial Brush (Sikat Pembersih Wajah) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sikat pembersih wajah (sering disebut facial cleansing brush atau pore brush) adalah alat yang dapat membantu perawatan kesehatan kulit wajah. Sikat pembersih wajah tersedia dalam beragam bahan, bentuk, dan harga. Dengan penggunaan yang tepat, perawatan kulit Anda pun makin optimal.

Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih sikat pembersih wajah yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek terbaiknya, seperti MINISO, Holika Holika, dan Inone. Selamat memilih produk terbaik untuk mengatasi berbagai masalah kulit Anda!
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Apa kegunaan sikat pembersih wajah?

Apa kegunaan sikat pembersih wajah?

Sikat pembersih wajah atau facial brush adalah alat pembersih wajah yang cukup populer. Facial brush dipercaya dapat membantu membersihkan wajah secara optimal dibandingkan hanya mengusap dengan tangan. Ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari sikat pembersih wajah, antara lain adalah sebagai berikut.


  • Membersihkan pori-pori secara lebih mendalam
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Melancarkan peredaran darah di wajah
  • Merangsang pembentukan kolagen alami kulit
  • Membersihkan komedo
  • Mengatasi kusam di wajah
  • Mengecilkan pori-pori wajah

Saat ini telah hadir berbagai jenis dan bentuk sikat pembersih wajah, mulai dari yang manual sampai yang elektrik. Berbagai fitur tambahan yang canggih juga membuat sikat pembersih wajah layak untuk Anda gunakan. Beberapa fitur yang menarik adalah fitur memijat dan menyedot komedo.


Alat ini dapat menyebabkan pori-pori kulit wajah Anda terbuka. Karena itu, sebagian orang berpendapat bahwa sikat pembersih wajah kurang baik untuk muka. Namun, sebagian pendapat lainnya menyatakan tidak masalah jika penggunaannya benar. Apabila digunakan secara tepat, Anda dapat menghilangkan kotoran wajah yang sulit dihilangkan dengan tangan.

Cara memilih facial brush (sikat pembersih wajah)

Di bawah ini, kami menjelaskan cara memilih sikat pembersih wajah yang tepat untuk Anda. Silakan disimak!

Pilih berdasarkan cara pakainya

Ada dua jenis sikat pembersih wajah yang ada di pasaran, yaitu manual dan elektrik. Masing-masing jenis memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri. Berikut adalah poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan. 

Manual: Mudah dikontrol dan lebih awet

Manual: Mudah dikontrol dan lebih awet

Sikat pembersih wajah manual merupakan jenis klasik yang paling banyak dijumpai. Sikat ini memiliki kepala yang statis sehingga harus digerakkan dengan tangan. Apabila Anda ingin membersihkan wajah secara lebih teliti dan perlahan, sikat pembersih wajah manual dapat menjadi pilihan. Karena digerakkan langsung dengan tangan, Anda dapat mengatur sendiri arah gerakan dan juga kekuatan gosokan sikat.


Dibandingkan jenis elektrik, sikat pembersih wajah manual tergolong lebih mudah untuk dirawat. Sikat ini tidak memiliki komponen mesin sehingga Anda dapat leluasa mencucinya. Umumnya, sikat pembersih wajah manual juga lebih tahan banting dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Elektrik: Praktis dan cepat membersihkan wajah

Elektrik: Praktis dan cepat membersihkan wajah

Untuk Anda yang menyukai kepraktisan, sikat pembersih wajah elektrik dapat Anda pilih. Sesuai namanya, sikat jenis ini digerakkan dengan mesin. Biasanya, sikat elektrik bisa berputar secara otomatis atau menghasilkan getaran. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menggosokkannya ke wajah. Tangan jadi tidak mudah lelah memakainya.


Meskipun praktis, Anda yang memiliki kulit sensitif wajib berhati-hati saat menggunakannya. Karena digerakkan dengan mesin, sebaiknya ketahui seberapa besar kekuatan gosokannya agar tidak melukai kulit. Sikat jenis ini juga lebih rentan rusak daripada jenis manual. Jadi, usahakan jangan sampai terjatuh dan berhati-hatilah saat membersihkannya dengan air.

Sesuaikan dengan kondisi kulit

Sesuaikan dengan kondisi kulit

Tidak semua jenis kulit cocok menggunakan sikat pembersih wajah. Iritasi kulit dapat terjadi pada jenis kulit kering dan sensitif apabila tergesek oleh facial brush. Agar iritasi kulit dapat dihindari, ketahuilah terlebih dahulu jenis kulit Anda sebelum membeli.


Sikat pembersih wajah efektif membersihkan penumpukan sel kulit mati dan kotoran di pori-pori. Meski sikat pembersih wajah dapat membuat iritasi kulit di bagian pipi, sikat ini cocok untuk membersihkan komedo di hidung.

Ketahui bahan sikat pembersih wajah

Saat memilih, jangan lupa untuk memeriksa bahannya. Hal ini karena setiap bahan memiliki karakteristiknya sendiri. Selain itu, jenis bahan juga memberikan efek berbeda pada jenis kulit tertentu.

Fiber: Untuk Anda yang ingin melakukan deep cleansing

Fiber: Untuk Anda yang ingin melakukan deep cleansing

Produk berbahan fiber kerap dikenal dengan jenis sikat pembersih wajah bristle. Bagian kepala sikat wajah ini memiliki tekstur berupa bulu-bulu halus dan tipis, mirip dengan sikat gigi. Bahan fiber yang kerap dijumpai dapat berupa plastik atau nylon. Sikat pembersih wajah berbahan fiber sangat cocok untuk melakukan pembersihan pori-pori secara mendalam.


Sikat dengan bahan serat sintetis ini dapat diandalkan untuk membersihkan kotoran atau minyak yang menyumbat pori-pori. Anda yang memiliki jenis kulit berminyak kami sarankan untuk memilihnya. Akan tetapi, Anda yang memiliki kulit kering dan cenderung sensitif kurang cocok dengan bahan ini.

Silicone: Teksturnya lembut, kurangi risiko over-exfoliating

Silicone: Teksturnya lembut, kurangi risiko over-exfoliating

Silicone merupakan inovasi bahan sikat pembersih wajah yang cukup digemari. Tidak seperti jenis bristle, sikat pembersih wajah silicone memiliki kontur sikat yang lebih jarang. Akan tetapi, dari segi tekstur, sikat wajah ini lebih lembut dan empuk di kulit. Hal itu membuatnya lebih ramah untuk jenis kulit kering dan cenderung sensitif.


Bahan silicone juga dikenal higienis karena kuman dan bakteri sulit berkembang di permukaannya. Keunggulan lainnya adalah bahan silicone tidak berpori-pori sehingga mudah dikeringkan dan dibersihkan. Selain itu, bahan ini juga terkenal lebih awet dan tidak mudah berubah bentuk meski digunakan terus-menerus.

Pertimbangkan produk yang multifungsi untuk mendapatkan manfaat lebih

Seperti yang Anda ketahui, ada beragam jenis sikat pembersih wajah yang dijual di pasaran. Mungkin Anda bingung mana yang cocok untuk jenis kulit Anda. Solusinya, Anda dapat memilih produk yang multifungsi. Sikat pembersih wajah multifungsi umumnya menghadirkan beragam fitur tambahan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.


Untuk Anda yang memiliki jenis kulit kombinasi, Anda dapat memilih produk 2-in-1. Sikat pembersih wajah ini umumnya memiliki dua jenis kepala sikat, yaitu bristle dan silicone. Jadi, Anda dapat menyesuaikan jenis sikat dengan area wajah Anda.


Ingin sikat pembersih wajah dengan fungsi lebih? Pilih saja produk 4-in-1 atau 5-in-1. Sikat pembersih wajah ini dilengkapi kepala sikat tambahan yang dapat diganti sesuai fungsinya. Beberapa contoh fitur tambahannya adalah penyedot komedo dan pemijat wajah.

Pastikan sikat pembersih wajah mudah digenggam

Pastikan sikat pembersih wajah mudah digenggam

Meski terlihat sepele, Anda juga perlu memilih sikat pembersih wajah dengan gagang yang nyaman digenggam. Periksalah bahan, bentuk, dan ukurannya sebelum Anda memutuskan untuk membeli. Sikat pembersih wajah yang sulit digenggam akan membuat proses pembersihan wajah menjadi tidak optimal. Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan tenaga ekstra saat menggunakannya.


Meskipun Anda memilih bulu sikat yang lembut, Anda tidak dapat merasakan efeknya jika sikat pembersih wajahnya sulit digenggam. Dengan demikian, pilihlah sikat pembersih wajah yang nyaman digenggam dan dapat menyikat wajah Anda secara lembut.

10 Rekomendasi facial brush (sikat pembersih wajah) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sikat pembersih wajah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Purifuku5 in 1 Electric Body Face Wash Machine

Mulai dari Rp 39.900,00

Jenis Elektrik (baterai AAA)
Bahan Tidak disebutkan
Fitur tambahanTahan air, 5 jenis kepala sikat
Ukuran 13 cm x 4 cm x 5,6 cm
9

Holika HolikaMagic Tool Pore Cleansing Brush

20016582

Mulai dari Rp 118.000,00

Jenis Manual
Bahan PBT yarn (fiber)
Fitur tambahan-
Ukuran 11 cm x 1,1 cm
8
Jenis Elektrik (baterai AA)
Bahan Tidak disebutkan
Fitur tambahan4 jenis kepala sikat
Ukuran 14 cm x 4 cm
7
JenisManual
BahanSilicone, superfine soft bristle
Fitur tambahan2 jenis kontur sikat
Ukuran5 cm x 7 cm
6

Tammia2-in-1 Super Soft & Dense Facial Cleansing Brush

TSC-002

Mulai dari Rp 119.900,00

Jenis Manual
Bahan Silicone
Fitur tambahan2 jenis kontur sikat
Ukuran Tidak disebutkan
5

MINISO Face Cleansing Dual Pore Brush

Mulai dari Rp 26.900,00

Jenis Manual
Bahan HIPS, TPR, nylon, charcoal
Fitur tambahan2 jenis kontur sikat
Ukuran 15 cm x 4,5 cm x 4 cm
4

USS IndonesiaOctopus Shaped Face Cleansing Brush

Mulai dari Rp 24.500,00

Jenis Manual
Bahan Silicone, sponge
Fitur tambahanSpons di bagian dalam, 2 jenis kontur sikat
Ukuran 6 cm x 5 cm x 10 cm
3

Aeris BeautéSmart Sonic Facial Cleanser

Mulai dari Rp 575.000,00

Jenis Elektrik (baterai cas)
Bahan Silicone
Fitur tambahanSmart Timer, tahan air (IPX7), 12 level pengaturan getaran, 2 jenis kontur sikat
Ukuran Tidak disebutkan
2

Inone Facial Cleansing Silicone Face Brush and Massager Exfoliate Smooth Skin

Mulai dari Rp 79.900,00

Jenis Elektrik (baterai cas)
Bahan Silicone, plastic
Fitur tambahanTahan air (IP88), 3 jenis kontur sikat
Ukuran 9,7 cm x 6,5 cm x 3 cm
1

MINISO Silikon Pembersih Wajah Sikat Wajah Portabel untuk Pembersihan

NV0001

Mulai dari Rp 89.900,00

Jenis Elektrik (baterai AAA)
Bahan Silicone, ABS
Fitur tambahanTahan air (IPX6), 3 jenis kontur sikat
Ukuran 8,15 cm x 6,18 cm x 3,9 cm

Tabel perbandingan produk facial brush (sikat pembersih wajah) terbaik

Gambar produk
1
MINISO  Silikon Pembersih Wajah Sikat Wajah Portabel untuk Pembersihan 1

MINISO

2
Inone  Facial Cleansing Silicone Face Brush and Massager Exfoliate Smooth Skin 1

Inone

3
Aeris Beauté Smart Sonic Facial Cleanser 1

Aeris Beauté

4
USS Indonesia Octopus Shaped Face Cleansing Brush 1

USS Indonesia

5
MINISO  Face Cleansing Dual Pore Brush  1

MINISO

6
Tammia 2-in-1 Super Soft & Dense Facial Cleansing Brush 1

Tammia

7
TISH Glow It Brush 1

TISH

8
Power Perfect Pore 4 in 1 1

9
Holika Holika Magic Tool Pore Cleansing Brush 1

Holika Holika

10
Purifuku 5 in 1 Electric Body Face Wash Machine  1

Purifuku

Nama produk

Silikon Pembersih Wajah Sikat Wajah Portabel untuk Pembersihan

Facial Cleansing Silicone Face Brush and Massager Exfoliate Smooth Skin

Smart Sonic Facial Cleanser

Octopus Shaped Face Cleansing Brush

Face Cleansing Dual Pore Brush

2-in-1 Super Soft & Dense Facial Cleansing Brush

Glow It Brush

Power Perfect Pore 4 in 1

Magic Tool Pore Cleansing Brush

5 in 1 Electric Body Face Wash Machine

Keunggulan

Nyaman dan aman untuk berbagai jenis kulit

Para penggemar skincare wajib punya!

Membersihkan wajah jadi makin praktis dengan smart brush ini

Berdesain imut dan mampu menghasilkan busa melimpah

Desain gagangnya ergonomis, sangat nyaman saat digenggam

Rasakan betapa halus dan bersihnya wajah setelah memakai produk ini

Ukurannya compact, pas untuk dibawa bepergian

Langkah mudah untuk wajah bersih dan bebas komedo

Desainnya yang ramping memudahkan menjangkau seluruh area wajah

Praktis dan lengkap fungsinya, membersihkan wajah jadi lebih mudah!

Harga mulai dariRp 89.900,00Rp 79.900,00Rp 575.000,00Rp 24.500,00Rp 26.900,00Rp 119.900,00Rp 109.000,00Rp 67.000,00Rp 118.000,00Rp 39.900,00
Jenis Elektrik (baterai AAA)Elektrik (baterai cas)Elektrik (baterai cas)Manual Manual Manual ManualElektrik (baterai AA)Manual Elektrik (baterai AAA)
Bahan Silicone, ABSSilicone, plasticSilicone Silicone, sponge HIPS, TPR, nylon, charcoal SiliconeSilicone, superfine soft bristleTidak disebutkanPBT yarn (fiber)Tidak disebutkan
Fitur tambahanTahan air (IPX6), 3 jenis kontur sikatTahan air (IP88), 3 jenis kontur sikatSmart Timer, tahan air (IPX7), 12 level pengaturan getaran, 2 jenis kontur sikatSpons di bagian dalam, 2 jenis kontur sikat2 jenis kontur sikat 2 jenis kontur sikat 2 jenis kontur sikat4 jenis kepala sikat-Tahan air, 5 jenis kepala sikat
Ukuran 8,15 cm x 6,18 cm x 3,9 cm9,7 cm x 6,5 cm x 3 cmTidak disebutkan 6 cm x 5 cm x 10 cm 15 cm x 4,5 cm x 4 cm Tidak disebutkan 5 cm x 7 cm14 cm x 4 cm11 cm x 1,1 cm 13 cm x 4 cm x 5,6 cm
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar facial brush (sikat pembersih wajah)

Pertanyaan umum seputar facial brush (sikat pembersih wajah)

Kami telah merangkum pertanyaan yang sering muncul terkait sikat pembersih wajah. Untuk Anda yang masih penasaran dengan sikat pembersih wajah, jawabannya ada di bawah ini, ya. 

Apakah sikat wajah berbahaya?

Sikat pembersih wajah cukup aman asalkan tidak digunakan terlalu sering atau digosokkan ke wajah terlalu kuat. Apabila Anda memiliki kulit sensitif, pilihlah produk yang bulu sikatnya sangat halus. Segera hentikan atau kurangi pemakaiannya jika kulit menjadi sangat kering atau kemerahan setelah pemakaian.

Apakah boleh memakai alat pembersih wajah setiap hari?

Penggunaan sikat pembersih wajah terlalu sering dapat memicu iritasi, apalagi jika Anda memiliki jenis kulit sensitif. Hal ini karena facial brush termasuk peralatan deep cleansing yang membersihkan kulit secara mendalam. Karena itu, sebaiknya Anda menggunakannya satu hingga dua kali seminggu saja.

Baca juga rekomendasi produk pembersih wajah lainnya di sini

Anda dapat mengombinasikan sikat pembersih wajah yang telah Anda pilih dengan beragam produk pembersih wajah lainnya. Dengan kombinasi tersebut, wajah Anda tentunya lebih bersih secara optimal. Simak penjelasan produk pembersih wajah lainnya di artikel-artikel berikut ini!

Kesimpulan

Dengan menggunakan sikat pembersih wajah yang tepat, kulit wajah Anda akan terasa lebih ringan, bersih, dan bercahaya. Namun, hentikan penggunaan sikat pembersih wajah jika terjadi iritasi di kulit Anda.

Kami telah memberikan sepuluh rekomendasi sikat pembersih wajah yang dapat membersihkan wajah secara optimal. Apakah Anda sudah menemukan produk terfavorit? Jika belum, bacalah kembali artikel ini untuk menentukan produk yang sesuai ekspektasi. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan rangkaian skincare yang tidak boleh dilewatkan, terutama untuk Anda yang akan beraktivitas di luar ruangan. Meski ada sunscreen yang memiliki tekstur sedikit kental, kini sudah banyak water-based sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak. Bahkan, merk sunscreen-nya juga bermacam-macam, seperti Biore, Nivea, dan Wardah. Memilih sunscreen terbaik untuk kulit berminyak memang tidak begitu mudah. Untuk membantu Anda, kami akan menjelaskan cara memilih sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga membagikan rekomendasi produk sunscreen sebagai referensi untuk Anda. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori