10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Untuk Anda para pencinta fotografi, tentunya Anda sudah paham apa saja kegunaan dari flash kamera. Saat Anda mengambil gambar dengan kamera profesional di tempat yang minim pencahayaan, saat itulah Anda membutuhkan flash kamera. Sebenarnya kamera profesional yang dipasarkan juga sudah dilengkapi dengan flash, tetapi untuk situasi tertentu, cahaya dari flash internal tersebut masih kurang.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih flash kamera eksternal yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak ketinggalan kami juga akan memberikan rekomendasi flash kamera terbaik di akhir ulasan ini. Selamat membaca.

Cara memilih flash kamera

Berikut ini, kami akan menjelaskan poin penting apa saja yang harus Anda ketahui sebelum membeli produk flash kamera.

Pilih produk dengan intensitas cahaya yang cakupannya luas

Pilih produk dengan intensitas cahaya yang cangkupannya luas

Poin terpenting dalam memilih flash kamera adalah intensitas cahayanya. Jika intensitas cahaya yang dihasilkan terlalu kecil maka cahaya tersebut tidak akan sampai ke objek, akibatnya foto yang dihasilkan akan menjadi gelap. Saat akan memilih produk flash kamera, pilihlah produk dengan intensitas cahaya sebanyak mungkin.

Besarnya intensitas cahaya ini akan tertera pada guide number di setiap produk flash kamera. Pilihlah flash kamera dengan guide number 40 ke atas atau yang mampu menghasilkan minimal ISO 100, khususnya untuk memotret acara-acara besar seperti pesta pernikahan dan karnaval.

Pilihlah produk yang mudah diatur

Pilihlah produk yang mudah diatur

Flash built-in atau flash kamera pada smartphone umumnya dirancang hanya untuk mengenai objek yang ada di hadapan flash langsung. Namun, dengan cara pengambilan seperti ini Anda akan mendapatkan hasil yang kurang baik karena area di sekitar objek tidak ikut disinari dan tetap gelap.

Jika Anda ingin mencoba berbagai jenis foto dengan menggunakan flash, maka gunakanlah teknik bounce flash menggunakan tembok atau bidang lainnya untuk mendapatkan hasil pencahayaan yang lebih lembut. Semakin baik refleksi cahaya yang dihasilkan oleh flash kamera, maka semua titik yang tertangkap kamera akan mendapatkan cahaya yang baik.

Flash kamera eksternal memiliki sistem pengaturan khusus sehingga Anda bisa mengaturnya sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak hanya dapat diarahkan ke atas dan ke bawah saja, flash kamera eksternal juga dapat diatur ke segala arah dengan hasil foto yang baik.

Pilihlah produk yang memiliki fungsi kontrol cahaya otomatis

Pilihlah produk yang memiliki fungsi kontrol cahaya otomatis

Umumnya built-in flash atau flash kamera pada smartphone, akan secara otomatis menyesuaikan besarnya cahaya yang akan diberikan dengan keadaan di sekitar tempat Anda mengambil gambar. Fungsi kontrol cahaya otomatis biasanya akan Anda temukan pada flash kamera internal. Namun, sekarang juga sudah ada banyak produk flash kamera eksternal yang menawarkan fungsi kontrol cahaya otomatis ini.

Pilihlah produk flash kamera eksternal dengan cara kerja yang sama seperti built-in flash agar Anda tidak harus selalu mengubah pengaturannya tiap berganti tempat. Sebelum membeli, ada baiknya Anda mengecek fitur-fitur yang ditawarkan flash kamera tersebut.

10 Rekomendasi flash kamera terbaik

Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi produk flash kamera. Semoga rekomendasi dari kami dapat membantu Anda mendapatkan flash kamera yang Anda inginkan.

10. Viltrox JY-680A

10. Viltrox JY-680A

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 535.000

Flash kamera untuk pemula

Flash kamera dari Viltrox ini adalah jenis flash kamera eksternal universal yang dapat digunakan untuk berbagai brand kamera. Produk ini memiliki guide number 33 dengan ISO 100/meter. Tipe airbone speedlite ini memiliki rasio cahaya 0,3-5 detik. Untuk penggunaan indoor, produk ini memiliki wireless transmission range 12-15m/39.4-49.2ft, sedangkan untuk outdoor 8-10m/26.2-32.8ft.

Dengan 4 buah baterai berukuran AA, produk ini dapat menghasilkan 100-700 kali flash. Setelah empat menit pemakaian, fitur power saving pada produk ini akan berfungsi secara otomatis sehingga Anda dapat menggunakan produk ini seharian tanpa harus mengisi ulang baterainya. Berdimensi 76137117mm/3.05.44.6feet, produk ini cocok untuk Anda yang baru akan menekuni dunia fotografi.

9. Viltrox Macro Ring Flash JY-670

9. Viltrox Macro Ring Flash JY-670

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.360.000

Dilengkapi pengunci quick release untuk menjaga flash agar tidak lepas

Bagi Anda pencinta fotografi makro, produk yang satu ini mungkin dapat menjadi pilihan Anda. Ini adalah jenis ring light flash yang digunakan pada kamera DSLR. Penempatannya bukan pada hot shoe kamera, tetapi pada lensa kamera sehingga Anda dapat sangat dekat dengan objek foto.

Dengan tabung flash kembar, produk ini akan mendukung hasil foto close-up menjadi lebih berkualitas. Flash kamera ini memiliki guide number 14 dengan rasio cahaya 0,1-5 detik. Flash produk ini mampu menjangkau objek yang berjarak 20 cm sampai 5 m. Tidak ketinggalan, tombol pengunci quick release pada produk ini akan menjaga flash agar tidak lepas atau terjatuh. Pas untuk Anda yang suka melakukan fotografi di luar ruangan.

8. Andoer AD560 IV

8. Andoer AD560 IV

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 503.000

Wireless transmission yang memudahkan pengoperasian

Produk flash kamera dari brand Andoer ini dilengkapi dengan 2,4G wireless transmission dengan triggering distance hingga 100 meter. Dengan guide number 50, produk ini menawarkan ISO 100 yang pas dipasangkan dengan kamera bermodel manual.

Anda dapat menyambungkan produk ini dengan PC port untuk hasil flash yang lebih sinkron. Produk ini juga memiliki fitur super speed charging sehingga bisa menjadi pilihan untuk Anda yang sibuk dan sangat membutuhkan kamera yang cepat siap untuk menunjang pekerjaan. Produk ini membutuhkan baterai sebanyak 3 buah ukuran AAA untuk pengoperasiannya.

7. Sony HVL F20M

7. Sony HVL F20M

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.619.000

Ukurannya yang kecil mudah dibawa bepergian

Flash kamera dari Sony ini mampu menghasilkan ISO 100 dan 50 mm dengan guide number 66. Produk ini juga dilengkapi dengan wireless operation yang akan memudahkan Anda dalam mengoperasikan produk ini. Selain itu, flash kamera jenis dedicated ini juga mampu menghilangkan efek red eye. Berbeda dengan produk flash kamera kebanyakan, produk ini menggunakan 2 buah baterai ukuran AAA sebagai sumber dayanya.

Dilihat dari segi ukuran, produk ini juga lebih kecil dari produk flash kamera lainnya. Cocok untuk Anda yang hobi traveling sehingga akan mengurangi beban bawaan. Dengan distance range 1 to 5 meter at f/2.8 produk ini mampu memberikan coverage full frame 27 – 50 mm. Produk ini juga dilengkapi dengan flash ready indicator serta kemampuan recycle time approximately yang cepat yaitu 0.1-5 detik.

6. Fujifilm EF-20

6. Fujifilm EF-20

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.560.000

Cahaya terfokus untuk pemotretan close-up

Anda sering melakukan pemotretan close-up? Jika ya, flash kamera satu ini bisa menjadi pilihan tepat  untuk Anda. Dengan desain yang pendek dan tanpa tangkai, cahaya dari flash ini dapat langsung terfokus pada objek yang berjarak dekat sehingga cahaya terfokus pada satu titik. Memiliki guide number 66, produk ini menghasilkan ISO 100 at 23 mm position.

Anda juga dapat mengatur besar kecilnya eksposur sesuai kebutuhan dengan panel yang tersedia. Berat produk ini sangat ringan, yaitu hanya 100 gram sehingga tidak akan membebani Anda saat harus melakukan pemotretan di beberapa tempat dalam satu hari. Produk ini memerlukan baterai 2x AA sebagai pengisi daya atau Anda dapat menggunakan baterai rechargeable dengan ukuran yang sama.

5. Yongnuo YN-560 IV Flash Speedlite

5. Yongnuo YN-560 IV Flash Speedlite

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 848.000

Dilengkapi dynamic colors and correction filters untuk hasil lebih hidup

Produk ini menawarkan teknologi wireless transceiver integrated fantastic dengan tiga kelompok yaitu, controlling ability, realizing remote control the flash mode, and focal length. Dengan guide number 58, produk ini menghasilkan ISO 100 dalam 105 mm. Selain itu, flash kamera ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan cahaya otomatis.

Produk ini juga dilengkapi dengan 20 dynamic colors and correction filters yang akan membantu Anda mempertegas hasil akhir foto. Jika Anda memiliki beberapa macam kamera DSLR dengan brand yang berbeda-beda, Anda tidak perlu khawatir karena flash kamera ini dapat digunakan untuk berbagai brand kamera. Cocok untuk Anda yang tidak hanya mengandalkan satu kamera dalam aktivitas pemotretan.

4. Canon Speedlite S 430 EX III

4. Canon Speedlite S 430 EX III

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.190.000

Lengkap dengan wireless radio transmisi dan filter panel

Canon Speedlite S 430 EX III adalah produk flash kamera yang dilengkapi dengan 2,4 GHz wireless radio transmission. Produk ini memiliki fitur-fitur yang mudah dioperasikan untuk Anda mengatur kontras, kecerahan, fokus cahaya, dan ISO. Hasil cahaya dari flash ini juga menyeluruh pada semua objek yang tertangkap kamera sehingga tidak ada bagian yang terang dan bagian lainnya yang gelap.

Bagi Anda yang menyukai fotografi dengan hasil natural, flash kamera ini cocok untuk Anda. Untuk kemudahan Anda dalam mengambil foto, produk ini dapat diputar 150 derajat ke kanan dan 180 derajat ke kiri. Selain itu, bounce panel dan filter panel dapat Anda setting sesuai warna hasil akhir yang Anda inginkan. Walau harganya cukup mahal, Anda akan mendapatkan hasil foto yang tidak mengecewakan dengan menggunakan produk ini.

3. Fujifilm Flash EF-X500

3. Fujifilm Flash EF-X500

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.999.000

Dapat diputar keempat sisi untuk memaksimalkan pencahayaan

Flash kamera dari Fujifilm ini memiliki flash coverage sebesar 24-105 mm dengan guide number 50 dan 164. Fitur auto zoom dan wide panel-nya akan membantu Anda dalam mengambil gambar sehingga menghasilkan foto yang berkualitas. Produk ini mengandalkan teknik bounce yaitu dengan memantulkan cahaya ke arah dinding atau langit-langit ruangan sehingga menghasilkan cahaya yang lembut.

Produk ini juga dapat diputar sampai 90 derajat ke atas, 10 derajat ke bawah, 135 derajat ke kiri, dan 180 derajat ke kanan. Untuk kesesuaian warna, Anda dapat mengaturnya pada color temperature yang tersedia. Bagi Anda yang sering melakukan pemotretan di dalam ruangan, flash kamera ini dapat menjadi pilihan Anda.

2. Sony HVL-F60M

2. Sony HVL-F60M

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.299.000

Mudah dioperasikan dengan wireless TTL ratio controller

Jika Anda tidak hanya menyukai fotografi tetapi juga videografi, flash kamera yang satu ini wajib Anda miliki! Produk ini mampu menghasilkan ISO 100 dengan guide number 197. Dilengkapi wireless TTL ratio controller, produk ini mengandalkan sensor internal kamera sehingga pencahayaan yang dihasilkan dapat lebih akurat. Dengan fungsi ADI/P-TTL yang lengkap, produk ini juga menawarkan kontrol rasio dan LED cahaya.

LCD dot matrix juga akan memudahkan Anda dalam mengoperasikan produk dan men-setting flash agar lebih cepat dan lebih praktis. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi panel wide angle built-in yang akan menghasilkan foto dengan mode wide dengan cakupan lebih besar dari kamera smartphone. Mode wide ini biasanya digunakan untuk mengambil foto atau video dengan background pemandangan agar background foto terlihat lebih.

1. Jinbei HD600V Flash Kamera

1. Jinbei HD600V Flash Kamera

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.730.000

Flash kamera para fotografer profesional

Bagi Anda yang mencari flash kamera dengan cahaya yang besar untuk berbagai keperluan pemotretan, produk ini wajib Anda miliki. Flash kamera dari brand Jinbei ini mampu memberi pencahayaan yang sangat baik dengan recycle time berkisar 0,3 sampai 3,5 detik. Teknologi wireless switch pada produk ini juga memudahkan Anda dalam pengoperasian sekaligus adanya LCD display yang akan menampilkan setting kamera agar lebih jelas.

Produk ini juga dapat Anda sambungkan dengan trigger melalui kabel sehingga Anda dapat mengoperasikannya untuk memotret objek dengan bantuan remote control, jadi produk ini tetap dapat digunakan walau tidak tersambung dengan kamera. Flash kamera ini membutuhkan baterai berkapasitas 6000 mAh untuk menghasilkan 500 kali flash. Dengan desain yang unik, produk ini kami rekomedasikan untuk Anda para fotografer profesional.

Kesimpulan

Flash kamera sangat dibutuhkan untuk membuat hasil foto yang lebih indah. Walau harga yang ditawarkan terbilang mahal, tetapi memiliki flash kamera berkualitas adalah keharusan jika Anda ingin menekuni dunia fotografi secara profesional.

Semoga ulasan kami ini dapat bermanfaat serta dapat membantu Anda memilih produk flash kamera yang tepat. Pilihlah produk flash kamera yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda ya!

Related Posts: