• 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Flash Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Sebagian besar kamera yang tersedia di pasaran sudah dilengkapi flash kamera. Namun, terkadang cahaya dari flash kamera internal kurang mampu menghasilkan foto yang bagus dan terang. Saat itulah Anda membutuhkan flash kamera eksternal.

Hanya saja, aksesori tambahan ini dapat sedikit merepotkan saat dipasangkan pada kamera. Agar tidak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih flash kamera eksternal yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk populer, seperti merek flash kamera Canon, Nikon, Sony, dan lainnya. Silakan baca terus artikel berikut ini.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Putra Agung Agustinus
  • Pembaharuan terakhir: 18 Januari 2022
Daftar isi

Cara memilih flash kamera

Agar Anda tidak salah memilih produk, berikut ini akan kami jelaskan poin penting yang sebaiknya Anda perhatikan sebelum membeli flash kamera. Yuk, disimak!

Periksa kemampuan menembakkan cahaya kilat dari beragam sudut

Periksa kemampuan menembakkan cahaya kilat dari beragam sudut

Built-in flash dan smartphone flash dirancang untuk mengenai objek yang berada di depan lensa. Sayangnya, hal ini membuat hasil foto menjadi kurang bagus karena area di sekitar objek tetap gelap tidak terkena cahaya. Untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, misalnya seperti berikut ini:


  • Pakailah flash kamera eksternal. Apabila Anda menggunakan flash kamera eksternal, hasil foto pun menjadi lebih bagus dan terang.

  • Gunakan teknik bounce flash untuk mendapatkan berbagai jenis foto. Teknik bounce flash memanfaatkan pantulan cahaya dari tembok atau reflektor untuk mendapatkan gambar yang terang secara alami.

Selain menerapkan kedua teknik tersebut, pilihlah flash kamera dengan kepala yang dapat diputar. Jenis flash seperti ini mampu menembakkan cahaya kilat dari beragam sudut. Namun, ada beberapa produk yang hanya bisa digerakkan ke atas dan ke bawah. Untuk hasil yang optimal, pilihlah flash kamera dengan kepala fleksibel yang bisa diputar ke segala arah.

Pertimbangkan fungsi kontrol cahaya otomatis

Built-in flash dan flash kamera HP mampu menyelaraskan besarnya kilat sesuai intensitas cahaya tempat pemotretan secara otomatis. Fungsi kontrol cahaya otomatis ini juga dapat Anda temukan pada beberapa produk flash kamera eksternal.


Tanpa fungsi kontrol cahaya otomatis, Anda harus mengaturnya secara manual. Hal ini dapat merepotkan Anda yang pemula menggunakan flash kamera. Biasanya, flash kamera yang memiliki fungsi kontrol cahaya manual adalah produk orisinal yang resmi.


Untuk fleksibilitas, sebenarnya Anda tidak harus selalu mengubah pengaturan flash kamera. Sebagai solusi, Anda dapat memilih produk third party yang kompatibel untuk membantu mengontrol cahaya secara otomatis. Dengan fitur kontrol cahaya otomatis, pengguna pemula dapat memotret dengan lebih mudah.

Pilih berdasarkan kebutuhan Anda

Flash kamera eksternal yang digunakan oleh pemula berbeda dengan profesional. Oleh karena itu, Anda perlu memilih flash kamera berdasarkan kebutuhan Anda.


  • Flash untuk pemula fotografi

Apabila Anda baru pertama kali membeli flash, Anda disarankan memilih ukuran paling kecil dan paling ringan. Kelebihannya, model flash seperti ini menawarkan portabilitas bagi Anda. Kekurangannya, flash seperti ini relatif memiliki daya kilat lebih lemah dan recycle time flash lebih lama. Dengan demikian, model kecil dan bobot ringan tidak efektif untuk pemotretan beruntun dan fotografi pantulan.


  • Flash untuk profesional fotografer

Apabila Anda seorang profesional, Anda perlu produk yang memiliki fitur yang lebih canggih. Misalnya saja flash dengan fitur bounce flash, penembakan flash nirkabel atau wireless firing, dan flash head yang dapat berputar. Untuk keperluan ini, pilihlah flash kamera dengan spesifikasi menengah atau tinggi.

Ketahuilah spesifikasi flash kamera

Setiap produk flash kamera memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, mulai dari skala GN, bobot, dan jangkauan lampu flash. Untuk memahami masing-masing spesifikasi, mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Guide Number (GN), kemampuan flash untuk menerangi subjek

Guide number (GN) adalah skala untuk menentukan intensitas cahaya flash kamera. Makin tinggi angka GN, makin terang pula intensitas cahaya yang dihasilkan. Tingginya angka GN juga selaras dengan harga flash yang makin mahal.


Apabila Anda hendak memotret di ruangan kecil, Anda tidak perlu flash dengan GN tinggi. Namun, bila hendak memotret di ruangan besar, Anda akan memerlukan angka GN yang lebih besar.


Untuk pemotretan umum, pilihlah produk yang memiliki GN sekitar 40. Dengan besaran angka ini, Anda mampu menghasilkan gambar indoor dan outdoor secara optimal.


Guna memahami cara kerja GN, Anda juga perlu tahu tentang aperture dan ISO. Aperture adalah lebar bukaan pada lensa kamera. Bukaan lensa lebih besar memungkinkan lebih banyak cahaya sampai pada sensor kamera. Sementara itu, ISO menunjukan seberapa banyak cahaya dapat diserap oleh sensor. Makin tinggi angka ISO, makin banyak cahaya diserap oleh sensor.

Bobot flash, menawarkan fleksibilitas saat digunakan untuk memotret

Bobot flash, menawarkan fleksibilitas saat digunakan untuk memotret

Setiap produk flash kamera memiliki bobot yang berbeda-beda. Ukuran flash yang besar tentu selaras dengan bobotnya yang berat. Namun, produk flash kamera yang besar biasanya menawarkan fitur yang beragam dan angka GN yang besar. Berikut ini adalah contoh spesifikasi flash kamera.


  • Speedlite 600EX II-RT untuk profesional dengan jangkauan sekitar 60 meter pada ISO 100 dan sudut lampu kilat 200 mm.

  • Speedlite 430EX III-RT untuk mid-range dengan jangkauan sekitar 43 meter pada ISO 100 dan sudut lampu kilat 105 mm.

  • Speedlite 270EX II untuk entry-level dengan jangkauan sekitar 27 meter pada ISO 100 dan sudut lampu kilat 28 mm.

Jangkauan lampu flash, mampu meningkatkan kinerja flash saat digunakan

Jangkauan lampu flash, mampu meningkatkan kinerja flash saat digunakan

Jangkauan lampu flash (flash light range) juga menjadi salah satu poin yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih flash kamera. Flash kamera memiliki kekuatan untuk menerangi sebuah area.


Makin jauh subjek dari flash kamera, makin sedikit cahaya yang dapat mencapainya. Selain itu, cahaya yang dipantulkan dari subjek kembali ke kamera pun makin sedikit.


Mengetahui jangkauan maksimal lampu flash juga bisa diketahui melalui angka GN. Sama halnya dengan intensitas cahaya, makin besar angka GN menandakan makin jauh jangkauan lampu flash Anda. Angka GN ini biasanya ditentukan secara eksperimental oleh pabrikan dan dicantumkan dalam spesifikasi flash kamera.

Cek fitur lainnya

Selain poin-poin di atas, flash kamera eksternal juga memiliki fitur-fitur lain yang dapat menunjang kinerja flash. Periksalah fitur-fitur berikut ini ketika Anda memilih flash kamera eksternal!

AF-Assist Illuminator, untuk memotret pada kondisi minim cahaya

AF-Assist Illuminator, untuk memotret pada kondisi minim cahaya

AF-Assist Illuminator adalah seberkas cahaya yang diproyeksikan dari bodi kamera atau flash kamera. AF-Assist Illuminator dapat memancarkan lampu merahFitur AF membantu kamera untuk fokus pada kondisi gelap atau redup secara otomatis.


Fitur ini memungkinkan kamera fokus dengan mudah saat tombol shutter ditekan setengah hingga fokus terkunci. Fokus dapat tercapai selama cahaya AF-Assist Illuminator mencapai subjek walaupun cahaya gagal sampai ke pusat subjek.

Nirkabel, mempermudah penggunaan multiple flash

Fitur nirkabel atau wireless pada flash kamera memungkinkan Anda menembakan dua atau lebih Speedlite secara bersamaan. Anda dapat melakukan hal tersebut walaupun tidak ada kabel yang menghubungkannya.


Bekerja dengan multiple Speedlite memberi Anda kontrol lebih besar pada pencahayaan subjek. Misalnya, lampu utama digunakan jauh dari kamera dan unit lain digunakan untuk memberi backlighting atau menerangi background

Display pengaturan, memberi informasi kebutuhan cahaya sebelum menggunakan flash

Fitur display pengaturan pada flash kamera dapat memberi gambaran mengenai informasi cahaya sebelum Anda menggunakan flash. Anda bisa mendapatkan informasi zoom dan power sehingga Anda dapat memperkirakannya sebelum memotret. Display pengaturan menjadi fitur penting karena menampilkan kondisi mendekati tampilan gambar hasil penerapan setting yang Anda lakukan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi flash kamera terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk flash kamera terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
10

NikonClose-Up Speedlight Commander Kit

R1C1

Mulai dari Rp 16.999.000,00

GN10 (ISO 100, 24 mm)
Sudut flash headVertikal 60°, horizontal 78°
Kontrol cahaya otomatis
Wireless
Bobot120 gram
Fitur lainBounce head, autofocus assist, built-in target light, AF Illuminator
9

FujifilmShoe Mount Flash

EF-X500

Mulai dari Rp 6.999.000,00

GN50 (ISO100, 105 mm)
Sudut flash headVertikal (-10°—90°); Horizontal (kiri: 135°; kanan: 180°)
Kontrol cahaya otomatis✔︎
Wirelessx
Bobot635 gram
Fitur lainTahan air dan debu, wireless multi-flash TTL, high-speed flash sync, LED video light
8

SonyExternal Flash For Multi-Interface Shoe

F60M

Mulai dari Rp 4.500.000,00

GN60 (ISO 100, 105 mm)
Sudut flash headVertikal (-10°,0°, 30°, 45°, 60°, 75°, 90°, 120°, 150° ); Horizontal (0°, 30°, 45°, 60°, 90°)
Kontrol cahaya otomatis✔︎
Wireless
Bobot450 gram (tanpa baterai)
Fitur lainQuick shift bounce system, AF illuminator, tahan debu dan kelembapan
7
GN55 (ISO100,180mm)
Sudut flash headVertical (0-90°), horizontal (0-270°)
Kontrol cahaya otomatisx
Wirelessx
Bobot425 gram (tanpa baterai)
Fitur lainBounce, swivel, zoom head
6
GN43 ( ISO 100, 105 mm)
Sudut flash headVertikal (45°, 60°, 75°, dan 90°); Horizontal (Kiri: 60°, 75°, 90°, 120°, dan 150°; Kanan: 60°, 75°, 90°, 120°, 150°, dan 180 °)
Kontrol cahaya otomatis✔︎
Wireless
Bobot295 gram
Fitur lainBounce adapter, new color filter, high-speed sync, fast shutter speed, power controls
5
GN35 (ISO 100, 180 mm)
Sudut flash headVertikal (-7-90°), horizontal (0-180°)
Kontrol cahaya otomatisx
Wireless
Bobot340 gram (net)
Fitur lainKontrol panel LCD besar, built-in receiver, semi-otomatis flash mode
4

AndoerWireless Universal On-camera

AD560 IV

Mulai dari Rp 650.000,00

GN50 (ISO 100)
Sudut flash headVertikal (-7—90°), Horizontal (0—270°)
Kontrol cahaya otomatisx
Wireless
Bobot320 gram (tanpa baterai)
Fitur lainSuper speed charging (3 detik), M mode, setting penyimpanan otomatis, high-speed continuous shooting
3
GN58 (ISO100, 105 mm)
Sudut flash headVertikal (-7—90°); Horizontal (270°)
Kontrol cahaya otomatisx
Wireless
Bobot350 gram
Fitur lainBuilt-in bounce card, setting penyimpanan otomatis, zoom flash, dan level power
2

GodoxThinklite Camera Flash

TT600

Mulai dari Rp 719.000,00

GN60 (ISO 100, 105mm)
Sudut flash headVertikel (-7-90°), Horizontal (0-360°)
Kontrol cahaya otomatisx
Wireless
Bobot400 gram (tanpa baterai), 500 gram (dengan baterai)
Fitur lainZoom otomatis/manual, LCD high-resolution, focus assist lamp
1
GN33 (ISO100, 100mm)
Sudut flash headVertikal (0—90°); Horizontal (270°)
Kontrol cahaya otomatisx
Wirelessx
Bobot320 gram (tanpa baterai)
Fitur lainModeling flash, fungsi trigger fotoelektrik

Tabel perbandingan produk flash kamera terbaik

Gambar produk
1
Viltrox Flash Kamera 1

Viltrox

2
Godox Thinklite Camera Flash 1

Godox

3
Yongnuo Flash Speedlite 1

Yongnuo

4
Andoer Wireless Universal On-camera 1

Andoer

5
Triopo Camera Flash 1

Triopo

6
Canon Speedlite 1

Canon

7
Voeloon Flash Speedlight 1

Voeloon

8
Sony External Flash For Multi-Interface Shoe 1

Sony

9
Fujifilm Shoe Mount Flash 1

Fujifilm

10
Nikon Close-Up Speedlight Commander Kit  1

Nikon

Nama produk

Flash Kamera

Thinklite Camera Flash

Flash Speedlite

Wireless Universal On-camera

Camera Flash

Speedlite

Flash Speedlight

External Flash For Multi-Interface Shoe

Shoe Mount Flash

Close-Up Speedlight Commander Kit

Keunggulan

Hot shoe kokoh, cocok untuk pemula dengan budget terbatas

Panel LCD yang nyaman memudahkan Anda mengoperasikan flash kamera

Aktifkan flash kamera manual dari jarak hampir 100 meter!

Berkat fitur speed charging, pengisian baterai tidak perlu lama

Built-in receiver and free transmitter memberi hasil pemotretan lebih dramatis

Fitur bounce flash dapat menghasilkan gambar yang lebih natural-looking

Flash engan hot shoe mount standar, cocok untuk berbagai merek kamera

Hasilkan foto dan video lebih terang dengan produk nirkabel

Cegah gambar blur dengan fitur high-speed flash sync!

Flash untuk Anda yang suka fotografi dengan objek kecil seperti serangga

Harga mulai dariRp 375.000,00Rp 719.000,00Rp 825.500,00Rp 650.000,00Rp 575.000,00Rp 4.325.000,00Rp 830.000,00Rp 4.500.000,00Rp 6.999.000,00Rp 16.999.000,00
GN33 (ISO100, 100mm)60 (ISO 100, 105mm)58 (ISO100, 105 mm)50 (ISO 100)35 (ISO 100, 180 mm)43 ( ISO 100, 105 mm)55 (ISO100,180mm)60 (ISO 100, 105 mm)50 (ISO100, 105 mm)10 (ISO 100, 24 mm)
Sudut flash headVertikal (0—90°); Horizontal (270°)Vertikel (-7-90°), Horizontal (0-360°)Vertikal (-7—90°); Horizontal (270°)Vertikal (-7—90°), Horizontal (0—270°)Vertikal (-7-90°), horizontal (0-180°)Vertikal (45°, 60°, 75°, dan 90°); Horizontal (Kiri: 60°, 75°, 90°, 120°, dan 150°; Kanan: 60°, 75°, 90°, 120°, 150°, dan 180 °)Vertical (0-90°), horizontal (0-270°)Vertikal (-10°,0°, 30°, 45°, 60°, 75°, 90°, 120°, 150° ); Horizontal (0°, 30°, 45°, 60°, 90°)Vertikal (-10°—90°); Horizontal (kiri: 135°; kanan: 180°)Vertikal 60°, horizontal 78°
Kontrol cahaya otomatisxxxxx✔︎x✔︎✔︎
Wirelessxxx
Bobot320 gram (tanpa baterai)400 gram (tanpa baterai), 500 gram (dengan baterai)350 gram320 gram (tanpa baterai)340 gram (net)295 gram425 gram (tanpa baterai)450 gram (tanpa baterai)635 gram120 gram
Fitur lainModeling flash, fungsi trigger fotoelektrikZoom otomatis/manual, LCD high-resolution, focus assist lampBuilt-in bounce card, setting penyimpanan otomatis, zoom flash, dan level powerSuper speed charging (3 detik), M mode, setting penyimpanan otomatis, high-speed continuous shootingKontrol panel LCD besar, built-in receiver, semi-otomatis flash modeBounce adapter, new color filter, high-speed sync, fast shutter speed, power controlsBounce, swivel, zoom headQuick shift bounce system, AF illuminator, tahan debu dan kelembapanTahan air dan debu, wireless multi-flash TTL, high-speed flash sync, LED video lightBounce head, autofocus assist, built-in target light, AF Illuminator
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar flash kamera

Selain membahas cara memilih dan merekomendasikan produk terbaik, kami juga memiliki pertanyaan populer tentang flash kamera. Mari simak jawabannya selengkapnya di bawah ini.

Kenapa flash kamera tidak menyala?

Flash kamera yang tidak menyala dapat dipicu oleh beberapa faktor, misalnya saja baterai sudah habis. Ini sering terjadi terutama saat Anda banyak memotret dengan flash power paling tinggi.


Selanjutnya, pastikan flash sudah menyala dan telah terinstal dengan benar. Jika tidak, flash kamera tidak akan berfungsi. Anda juga perlu memastikan transmitter dan receiver diatur pada channel dan group sama untuk dapat berfungsi.

Baca juga rekomendasi aksesori kamera lainnya di sini

Selain flash kamera yang telah kami bahas, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membeli aksesori lainnya untuk kamera. Simak penjelasan produk-produknya lebih lanjut melalui artikel berikut ini!

Kesimpulan

Flash kamera adalah perangkat penting untuk membuat hasil foto lebih terang dan indah. Apabila Anda ingin menekuni dunia fotografi secara profesional, flash kamera berkualitas wajib dimiliki. 

Semoga ulasan kami mengenai cara memilih flash kamera bermanfaat dan membantu Anda memilih flash kamera dengan tepat. Pilihlah produk flash kamera sesuai kebutuhan dan budget Anda. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kartu MicroSD Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, banyak merek microSD yang bagus tersedia di pasaran. Ada microSD SDXC yang menawarkan kapasitas besar hingga 2 TB. Kemudian, masih ada pilihan kapasitas lain, seperti 64 GB, 128 GB, 256 GB, dan 1 TB. Untuk speed class-nya sendiri, kami merekomendasikan microSD dengan speed class 10.Banyaknya tipe dan kapasitas microSD ini mungkin membingungkan. Karena itu, kami akan mengulas cara memilih kartu memori yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek microSD terbaik, seperti Samsung, SanDisk, dan lainnya. Bacalah setiap poinnya dengan saksama sehingga Anda dapat memilih produk tanpa ragu.
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tripod Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari tripod murah terbaik? Pada artikel ini, kami memiliki ulasan tripod harga 100 ribuan hingga 1 jutaan. Selain harga, penting juga untuk memilih tripod berdasarkan perangkatnya. Misalnya, tripod untuk kamera DSLR, tripod mirrorless, atau tripod untuk HP. Sesuaikan juga ukuran tripod dengan kebutuhan Anda, baik tripod besar atau tripod mini.Jika Anda mencari rekomendasi tripod kamera dan tripod HP terbaik, kami juga memiliki tips memilihnya berikut ini. Beberapa merk tripod kamera dan HP yang bagus, seperti MeFOTO, TAKARA, dan Beike juga ada di sini. Baca ulasannya, yuk!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi SD Card Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat ini, SD card menjadi perlengkapan yang dibutuhkan karena memiliki banyak kegunaan. Biasanya, SD card digunakan pada kamera digital atau DSLR. Namun, SD card juga bisa digunakan di ponsel maupun PC untuk menyimpan data.Ada banyak jenis SD card dengan berbagai merek dan kriteria yang tersedia di pasaran. Agar tidak membingungkan, kami akan mengulas cara memilih SD card untuk Anda. Setelah itu, kami juga akan memberikan produk yang direkomendasikan, seperti Toshiba, SanDisk, dan lainnya. Bacalah dengan saksama setiap poin dan temukan SD card yang tepat untuk Anda. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Camera Stabilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Untuk merekam video agar tidak goyang, Anda harus memiliki stabilizer kamera. Saat ini, ada banyak rekomendasi gimbal kamera terbaik bisa ditemukan di pasaran. Terdapat banyak stabilizer yang bisa dipasangkan ke kamera DSLR, mirrorless, action cam, dan smartphone. Namun, tetaplah memperhatikan kompatibilitasnya.Kami rekomendasikan beberapa merk stabilizer yang bagus, seperti Zhiyun, DJI, Brica, dan lainnya. Dari sisi harga, gimbal kamera memiliki harga bervariasi, mulai harga 300-an, 1 jutaan, hingga 2 jutaan. Jika Anda masih bingung memilih stabilizer kamera yang cocok, bacalah artikel ini hingga akhir. Selamat memilih!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mic Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Umumnya, sebuah kamera sudah dilengkapi microphone built-in di dalamnya. Namun, untuk kelas profesional kualitas audio yang terekam mungkin terdengar kurang memuaskan. Sebagai solusinya, Anda dapat menggunakan microphone atau mic kamera. Di pasaran sendiri, Anda akan menjumpai harga microphone kamera yang beragam, baik untuk jenis lavalier maupun shotgun. Melalui artikel ini, kami akan memberikan tips memilih mic kamera yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan microphone kamera terbaik dari merk RØDE Microphones, Boya, Saramonic, dan lainnya. Mic kamera murah, microphone kamera DSLR, dan beragam mikrofon kamera lainnya akan anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Kamera Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang penggemar kamera, Anda tentu membutuhkan tas kamera. Merek ternama, seperti EIGER, Kalibre, dan Manfrotto menjual tas kamera dengan berbagai bentuk, contohnya tas bahu, backpack, dan selempang. Tidak hanya kapasitasnya yang berbeda, keunggulannya pun bermacam-macam.Berbagai pilihan yang ada mungkin akan membuat Anda kesulitan dalam memilih. Karena itu, kami akan mengenalkan produk tas kamera yang bagus beserta cara memilihnya di artikel ini. Untuk Anda para fotografer pemula dan juga profesional, jadikanlah artikel ini sebagai referensi, ya!
    Aksesori kamera
  • 10 Rekomendasi Blower Terbaik untuk Membersihkan Kamera (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Blower Terbaik untuk Membersihkan Kamera (Terbaru Tahun 2021)
    Agar kamera tetap dalam kondisi terbaik, Anda perlu membersihkannya dengan cermat. Jika Anda langsung mengelap lensa kamera saat ada debu yang menempel, hal ini justru berisiko membuat lensa tergores. Nah, Anda bisa menggunakan blower untuk membersihkan debu dari lensa.Saat ini terdapat berbagai jenis blower sehingga mungkin membuat Anda bingung dalam memilih produk yang tepat. Karena itu, kami akan menjelaskan beberapa poin mengenai cara memilih blower kamera. Kami juga akan memperkenalkan beberapa produk dari merek seperti JJC, Kingjoy, dan sebagainya. Selamat membaca!
    Aksesori kamera
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori