10 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Mesin absensi yakni alat untuk mencatat tanggal dan waktu kehadiran menjadi kebutuhan bagi banyak perusahaan. Terdapat tipe yang bisa dicetak langsung pada selembar kartu absensi atau bisa juga dengan mengidentifikasi sidik jari. Diperlukan ketepatan perekaman waktu yang akurat karena berhubungan dengan perhitungan gaji karyawan sehingga mesin absensi cukup krusial perannya.

Banyak orang mencari informasi yang tepat mengenai mesin absensi untuk dapat membandingkan dan membelinya dengan kegunaan yang sesuai kebutuhan kantor. Untuk itu kami memberikan beberapa penjelasan mengenai mesin absensi agar Anda memperoleh gambaran deskripsi produk sebelum memilihnya. Anda juga dapat menemukan produk yang sesuai dengan harga yang Anda inginkan. Simak artikel berikut!

Daftar isi

Cara memilih mesin absensi

Perlu kehati-hatian ketika memilih produk mesin absensi. Dengan banyak jenis dan kegunaan, Anda mungkin akan kebingungan untuk memilih mana yang tepat untuk Anda. Karena itu kami memberikan gambaran singkat agar Anda tidak salah memilih produk mesin absensi sesuai yang Anda inginkan.

Jenis mesin absensi

Terdapat empat jenis perekam waktu, “jenis perekam kartu”, “tipe USB atau SD”, “tipe kartu IC”, “biometrik”. Untuk itu mari kita bahas masing-masing kelebihan dan kekurangan dari keempat jenis kartu tersebut.

Jenis perekam waktu

Jenis perekam waktu

Jenis mesin absensi ini merupakan model terlama. Dengan memasukkan sebuah kartu waktu yang cukup tebal ke mesin, secara otomatis tanggal dan waktu dicetak. Karena mesin ini mudah sekali untuk digunakan, mesin absensi ini masih digunakan di banyak perusahaan ataupun atau tempat usaha lainnya. Mesin ini tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus karena memang didesain agar perawatannya lebih mudah.

Dengan kinerja yang sederhana, tipe ini masih sering dicari karena kemudahannya mendata absensi karyawan. Sayangnya mesin ini tidak bisa dihubungkan dengan komputer pribadi sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk menghitung gaji secara manual. Anda harus merekapitulasi waktu kehadiran satu persatu ke dalam komputer.

Formula kartu waktu USB / SD yang kompatibel

Formula kartu waktu USB / SD yang kompatibel

Terdapat mesin absensi dengan teknologi lebih maju yang dapat kompatibel dengan penyimpan USB dan SD. Anda dapat mendata kehadiran karyawan lebih efektif karena data yang terekam dapat langsung ditransfer pada program komputer pribadi. Dengan demikian, perhitungan gaji berdasarkan kehadiran lebih mudah untuk dilakukan karena tidak perlu merekapitulasi satu per satu.

Kelebihan lainnya adalah pada sistem administrasinya. Waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data absensi yang terekam dapat dipersingkat. Anda dapat lebih menghemat waktu karena tidak perlu merekapitulasi secara manual. Namun, Anda harus selalu menyiapkan kartu waktu dan menggantinya saat sudah kehabisan.

Jenis kartu IC

Jenis kartu IC

Dengan menggunakan jenis kartu IC, Anda dapat absen hanya dengan menempelkan kartu pada mesin absensi. Dengan sistem yang dapat mengirim waktu kehadiran ke sistem khusus di jaringan, tidak diperlukan lagi mengirim data waktu kehadiran secara manual ke komputer pribadi. Pengaturan yang berhubungan dengan absensi pun menjadi lebih mudah.

Dengan menggunakan kartu IC Anda akan dapat menghindari adanya praktek peniruan identitas. Anda akan terhindar dari penipuan karena kartu IC menggunakan sistem khusus yang hanya berguna untuk satu orang saja. Sehingga tidak dimungkinkan adanya cara untuk membuat replika palsu dari kartu IC.

Sistem biometrik

Sistem biometrik

Metode mengabsen dengan otentikasi biometrik dapat mengidentifikasi kehadiran karyawan dengan menggunakan sidik jari atau scaning wajah. Dengan formula otentikasi biometrik Anda lebih dimudahkan karena tidak seperti kartu waktu dan kartu IC yang dapat hilang, validasi kehadiran selalu melekat dalam diri kita yaitu dengan sidik jari maupun scaning wajah.

Meskipun mudah, penggunaan alat ini memiliki kelemahan. Ada saja orang yang tidak teridentifikasi mekipun proses validasi menggunakan sidik jari, meskipun sudah mencoba menempelkan jari berulang kali tetap tidak terdeteksi. Hal ini akan memakan waktu lebih lama. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk membeli alat ini juga tergolong mahal.

Tetapkan tanggal penutupan!

Tetapkan tanggal penutupan!

Mesin absensi biasanya mencetak catatan kehadiran dari tanggal 1 sampai dengan akhir bulan. Namun, tanggal penutupan perhitungan gaji dengan tanggal pembayaran gaji setiap perusahaan berbeda-beda. Beberapa perusahaan biasanya akan melakukan rekapitulasi kehadiran pada tanggal 15 atau 25. Anda bisa menentukan tanggal jatuh tempo pembayaran gaji sesuai dengan peraturan perusahaan.

Anda dapat memastikan dan menetapkan tanggal yang tepat sesuai dengan waktu penggajian perusahaan. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua mesin absensi dapat mengatur tanggal yang dapat disesuaikan dengan penggajian secara otomatis. Jadi Anda perlu memastikan antara fitur dari absensi yang Anda gunakan dengan fungsi yang Anda ingin dapatkan.

Pilih mesin absensi yang mudah digunakan

Pilih mesin absensi yang mudah digunakan

Salah satu sistem untuk mengelola waktu dibutuhkan dalam rutinitas kerja sehari-hari. Dalam hal ini penting sekali untuk mendapatkan sistem yang mudah untuk dapat merekam waktu kedatangan dan waktu pulang dengan tepat. Selain itu perlu mencari mesin absensi yang berkualitas dan akurat agar orang-orang yang melakukan absensi dapat mencatatkan waktu kedatangannya dengan cepat.

Pada mesin absensi otentikasi biometrik dengan sidik jari, terkadang jika saat menempelkan jari Anda dalam posisi yang tidak presisi, sistem akan menolak untuk mencatatkan kehadiran Anda karena tidak sesuai. Untuk itu Anda perlu mencari alat dengan kualitas yang memadai agar pengguna dapat menggunakannya dengan lancar.

10 Rekomendasi mesin absensi terbaik

Ada banyak sekali mesin absensi dengan keunggulan yang berbeda. Kami akan menjelaskan beberapa produk yang kami rekomendasikan dan Anda dapat membandingkan antara kegunaan dan kebutuhan Anda.

10. Time Tech KL 3300

10. Time Tech KL 3300

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.090.000

Dapat mencetak dengan 2 warna

Time Tech KL3300 merupakan jenis mesin absensi dengan menggunakan perekam kartu yang dapat mencetak dengan 2 warna, yakni hitam dan merah. Sehingga memudahkan proses identifikasi waktu kehadiran karyawan. Anda dapat mengatur untuk waktu kehadiran normal dengan warna hitam dan waktu keterlambatan ditandai dengan warna merah. Dengan itu Anda dapat mengetahui waktu keterlambatan lebih mudah.

Prosedur absensi dapat menjadi lebih mudah karena terdapat fitur auto in/out. Pengaturan waktu kedatangan dan pulang dapat disetel satu kali lalu mesin akan secara otomatis bekerja tanpa perlu mengatur ulang sepanjang hari setiap bulan selama 24 jam. Cocok bagi Anda yang mencari kemudahan administrasi kehadiran karyawan hanya dengan melihat warna merah atau hitam pada kartu perekam waktu.

9. Kozure Finger Print FP-130

9. Kozure Finger Print FP-130

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.400.000

Pengaturan absensi mencapai 24 shift dan 16 departement 

Fingerprint Scanner Kozure FP-130 dapat digunakan pada perusahaan dengan jumlah karyawan hingga 1000 orang dan dengan jumlah rekaman sebanyak 120.000. Bila perusahaan Anda melakukan sistem kerja shift dengan multi-department maka mesin absensi ini adalah solusinya. Anda dapat melakukan perekaman absensi hingga 24 shift kerja dengan 16 departemen yang berbeda.

Bagian depan dari mesin absensi ini terdapat LCD 2,4 inchi yang menampilkan zona waktu sehingga Anda dapat dengan mudah mencocokkan waktu kedatangan atau kepulangan Anda dengan waktu saat ini. Desain simpel dengan kapasitas cukup besar akan membantu pengelolaan absensi karyawan di perusahaan Anda. Cocok untuk Anda yang mencari mesin absensi simpel dengan harga terjangkau.

8. Fingerspot Revo FF-153BNC Pro

8. Fingerspot Revo FF-153BNC Pro

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.359.000

Dapat memverifikasi wajah dalam ruangan gelap

Fingerspot REVO FF-153BNC PRO merupakan mesin absensi yang memiliki kemampuan scaning untuk keamanan yang lebih lengkap karena dilengkapi dengan Self Service Query untuk dapat melihat data kehadiran karyawan tanpa harus masuk ke dalam menu mesin. Mesin ini juga dilengkapi dengan IR camera, sehingga dapat dengan mudah memverifikasi wajah meskipun berada di ruangan yang gelap dan pencahayaan yang minim.

Fingerspot Revo FF-153BNC PRO juga memiliki port ethernet, USB host, USB Client yang dapat terkoneksi antara software absensi dan pencatatan administrasi personalia yang memudahkan ketika merekapitulasi data absensi.  Cocok bagi Anda yang mencari produk absensi dengan sistem keamanan yang terjamin dengan metode scaning wajah.

7. Solution Mesin Absensi Access Door X-304

7. Solution Mesin Absensi Access Door X-304

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.229.000

Dapat menampilkan foto

Dengan paduan teknologi yang mutakhir menjadikan Solution Mesin Absensi Access Door X-304 menjadikannya salah satu produk absensi terbaik saat ini. Dengan mesin absensi ini Anda dapat menggabungkan sistem penguncian pintu dengan sidik jari. Hanya dengan menempelkan sidik jari Anda maka akses kontrol pada pintu yang terkunci dapat terbuka.

Mesin absensi ini menggunakan layar TFT LCD 3 inch full color sehingga saat sidik jari teridentifikasi akan menampilkan foto karyawan pemilik sidik jari. Anda juga dapat merasa lebih aman karena terdapat alarm function yang dapat mendeteksi bila pintu belum tertutup rapat atau ada seseorang yang mencoba membuka pintu dengan paksa. Cocok bagi Anda yang mencari alarm yang sekaligus menjaga sistem keamanan pada pintu masuk.

6. Solution Mesin Absensi P100

6. Solution Mesin Absensi P100

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.450.000

Tidak perlu terhubung ke komputer

Produk Mesin Absensi Solution P100 menggunakan standalone atau sistem tunggal dimana Anda tidak perlu menghubungkan mesin absensi ini dengan PC atau komputer. Anda hanya perlu menginstal software yang disertakan pada mesin absensi ini untuk menarik atau memindahkan rekapitulasi kehadiran dengan menggunakan flashdisk untuk dipindahkan di komputer. Dengan begitu, Anda mendapatkan data yang lengkap tanpa kendala.

Dengan menggunakan produk ini, Anda dapat mengelola pengaturan pada sistem kerja berdasarkan shift. Mesin absensi ini memungkinkan untuk membagi waktu kerja karyawan menjadi beberapa bagian shift. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memperhitungkan keterlambatan atau lembur karyawan lebih akurat. Cocok untuk Anda yang mencari mesin absensi portabel dengan fungsi yang simpel.

5. Biofinger AF 800 Mesin Absensi Wajah

5. Biofinger AF 800 Mesin Absensi Wajah

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.706.000

Absensi dengan identifikasi wajah

Tidak hanya dapat digunakan sebagai mesin absensi yang mengidentifikasi dengan sidik jari, Biofinger AF 800 juga populer sebagai mesin absensi yang berorientasi pada identifikasi wajah. Color optical system memungkinkan produk ini mencatat kehadiran hanya dengan mendekatkan wajah Anda dengan jarak sekitar 30-80 cm. Dengan itu, data rekaman waktu kehadiran Anda langsung terekam dengan cepat.

Proses kerja sangat sangat cepat. Hanya membutuhkan waktu 0,5 detik ketika memverifikasi wajah Anda. Alat ini dapat merekam dengan kapasitas hingga 400 wajah yang berbeda. Perhitungan total rekaman dapat mencapai hingga 100.000 record. Cocok untuk Anda yang menginginkan mesin absensi berkapasitas besar dengan kegunaan utama untuk absensi dengan metode scan wajah.

4. Solution C3 Mesin Absensi

4. Solution C3 Mesin Absensi

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.279.694

Dilengkapi dengan mode sidik jari, password, dan gabungan keduanya

Dengan mesin absensi solution C3, Anda dapat mengontrol pintu yang terintegrasi dengan sensor Radio Frequency Identification (RFID) sehingga Anda dapat menggunakan sistem identifikasi tanpa harus menggunakan scan barcode atau magnetic card seperti yang terdapat pada ATM. Anda juga dapat menyetel pengaturan alarm sebagai pengingat waktu keterlambatan atau waktu pulang.

Dapat menampung hingga 30.000 jumlah sidik jari. Memudahkan Anda untuk efisiensi terhadap pendataan jumlah karyawan berdasarkan absensi kehadiran. Mesin absensi ini memiliki 3 cara untuk verifikasi, dengan sidik jari, password, atau gabungan keduanya. Cocok untuk Anda yang ingin mengantisipasi saat sidik jari Anda tidak terdeteksi, Anda bisa langsung menggantinya dengan mode password.

3. Fingerspot Revo 156BNC

3. Fingerspot Revo 156BNC

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.131.000

Hasil rekapitulasi dengan multiformat

Anda akan sangat terbantu dengan penyusunan laporan catatan kehadiran yang terekam pada mesin absensi. Fingerspot Revo 156BNC dapat dengan mudah menyediakan laporan per periode baik itu harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Tidak hanya itu, bahkan terdapat pilihan format yang sangat membantu Anda mendata, seperti format txt, xls, html, xml, dan pdf.

Mesin absensi ini juga menyediakan kehadiran karyawan dalam bentuk statistik sehubungan dengan pencatatan kehadiran karyawan. Anda dapat dengan mudah mengelola bentuk indisipliner seperti keterlambatan, pulang awal, dan tidak scan presensi. Cocok untuk Anda yang mencari mesin absensi dengan kemudahan menyusun laporan kehadiran.

2. Amano EX-3500N Mesin Absensi Kartu

2. Amano EX-3500N Mesin Absensi Kartu 

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.450.000

Memiliki jam analog besar

Mesin absensi kartu Amano EX-3500N memiliki desain yang unik, yakni dengan adanya jam analog yang besar sehingga Anda dapat dengan mudah memastikan waktu kedatangan atau saat jam pulang. Bentuk cetakan print mencakup hari dan tanggal, waktu 0-23 jam dan waktu AM/PM. Cocok bagi Anda yang menginginkan mesin absensi yang mencantumkan waktu secara detail.

Produk ini menggunakan baterai built-in yang tahan hingga 3 tahun pemakaian dan bisa terkoneksi dengan bel kantor. Dengan begitu, karyawan Anda jadi mengetahui kapan waktu pulang yang sebenarnya. Sehingga kerja mereka lebih efisien tidak perlu mencemaskan jam pulang kantor.

1. Solution Finger Print Acces Door X500

1. Solution Finger Print Acces Door X500

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 8.354.028

Langsung mencetak slip gaji karyawan

Produk mesin absensi ini memiliki kinerja yang luar biasa. Dapat melakukan perhitungan keterlambatan, pulang cepat, lembur, dan jumlah jam kerja. Segala macam perhitungan waktu tercatat dengan akurat. Anda dapat membuat laporan dengan lebih terperinci karena dapat diatur dengan jangka waktu harian, bulanan, dan rekapitulasi keseluruhan absensi.

Keunggulan lainnya adalah produk mesin absensi ini dapat langsung mencetak slip gaji karyawan. Dengan ini, Anda tidak perlu repot-repot mengerjakannya dengan cara menginput data satu per satu. Efisiensi waktu yang Anda dapatkan sangat menguntungkan. Cocok bagi Anda yang ingin menggunakannya pada industri pabrik karena terdapat pengaturan multishift bagi karyawan yang ditugaskan dengan jam kerja sistem shift.

Kesimpulan

Setelah membaca penjelasan tentang beberapa mesin absensi di atas, Apakah Anda sudah dapat mengetahui cara membandingkan keunggulan antara produk satu dengan yang lainnya? Anda akan memperoleh kepuasan maksimal bila dapat mencocokkan mesin absensi yang sesuai antara fitur yang Anda inginkan dengan budget yang sudah Anda persiapkan.

Kami sudah memperkenalkan rekomendasi terbaik yang dapat Anda pilih sebagai pertimbangan sebelum membeli mesin absensi sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan fungsi yang dibutuhkan sesuai dengan tempat dan lingkungan penggunaannya. Telitilah sebelum membeli agar mendapatkan mesin absensi yang memuaskan!