• 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kamera video adalah alat yang tepat untuk mengabadikan setiap momen terbaik Anda, yang hanya bisa diambil saat ini. Bermula dari Handycam Sony yang klasik, kini telah beredar banyak kamera video dari Panasonic, Canon, JVC, maupun merek lainnya dengan beragam keunggulan seperti tahan air, berukuran kecil, hingga kamera video tipe 4K.

Kali ini, kami akan berbagi tips mengenai bagaimana cara memilih kamera video, dengan membandingkan harga maupun fungsinya, agar Anda bisa mendapatkan kamera video yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Pembaharuan terakhir: 18 Mei 2020
  • 15.156 Views
Daftar isi

Cara memilih video camera

Kami sudah merangkum trik dan cara-cara memilih digital video camera untuk Anda yang ingin mengabadikan setiap kenangan bukan hanya dalam bentuk foto, melainkan dalam video yang indah.

Harga

Money bills stacked like a fan creating a colorful background.
Ada begitu banyak produk kamera video yang dijual dengan rentang harga yang bervariasi. Mulai dari jenis kamera premium dengan harga Rp 20.000.000,00 lebih hingga kamera video yang harganya tidak sampai Rp 5.000.000,00. Tentunya Anda akan bingung untuk memilih kamera video mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, bukan?
Untuk kamera jenis premium, fungsi maupun kualitasnya bisa dikategorikan sebagai yang terbaik. Tapi bagi pemula, mungkin akan ditemukan fungsi-fungsi yang tidak perlu atau kualitas yang dirasa berlebihan. Sebaliknya, bagi orang yang serius yang ingin memproduksi sebuah film, fungsi dan kualitas dari produk murah juga mungkin tidak akan cukup. Untuk itu, sesuaikan kebutuhan dengan anggaran Anda dan gunakan referensi dibawah ini untuk mendapatkan kamera video yang sesuai.

Sesuai dengan kebutuhan

Sesuai dengan kebutuhan
Saat Anda ingin membeli kamera video, apakah Anda sudah menentukan apa yang ingin Anda rekam dan bagaimana Anda akan merekamnya?
Anda hanya perlu kamera dengan harga murah bila kebutuhan Anda hanya sebatas ingin merekam tumbuh kembang anak, mengabadikan kegiatan olahraga, menyaksikan pertunjukan anak di sekolah, maupun saat Anda berpergian bersama keluarga tercinta. Selain itu, ada kalanya kamera video juga dipakai oleh anggota keluarga yang lain. Jika penggunaannya hanya sebatas pada rekaman sederhana, tentunya kamera dengan harga murah pun sudah cukup.
Apakah Anda gemar mengabadikan momen saat berlibur dan saat menonton pertandingan olahraga? Banyak orang yang ingin mengabadikan waktu liburan dan pertandingan olahraga dengan baik. Agar lebih memuaskan, tentunya Anda ingin menggunakan kamera video yang bisa menghasilkan kualitas gambar dengan performa tinggi untuk merekam obyek bergerak tersebut.
Selain itu, ada juga action camera, yaitu jenis kamera yang dipakai untuk mengambil video selama perjalanan, yang dipasang di sepeda maupun di helm. Sambil beraksi, Anda dapat merekam langsung apa yang Anda lihat.
Sebelum memutuskan untuk membeli kamera video, pastikan untuk menetapkan tujuan dari penggunaan kamera video tersebut. Apakah kamera tersebut akan dipakai di lingkungan keluarga, atau dipakai untuk kegiatan khusus, sehingga Anda memerlukan kamera video yang memiliki fitur lengkap. Dengan memperhatikan hal tersebut, kita bisa menentukan kisaran harga maupun fungsi kamera video yang hendak kita beli.

Kemampuan membidik dalam kegelapan

Kemampuan membidik dalam kegelapan
Memilih kamera video tidak hanya sekedar menentukan harga dan tujuan penggunaanya saja. Anda juga perlu mempertimbangkan waktu dan dalam kondisi apa kamera video tersebut akan dipakai. Sebagai contoh, banyak di antara kita yang sering merasa kecewa saat melihat hasil gambar acara di malam hari, ataupun saat pesta ulang tahun ketika lampu dimatikan untuk meniup lilin, maupun kegiatan lainnya. Kamera video Anda tidak bisa memberikan hasil yang maksimal karena tidak dilengkapi dengan fungsi khusus untuk mengambil gambar di malam hari. Maka dari itu, pilihlah kamera video yang memiliki kemampuan yang baik untuk mengambil gambar di malam hari, maupun dalam kegelapan.

Kemampuan autofocus (AF)

Kemampuan autofocus (AF)
Secara khusus, fungsi autofocus digunakan untuk membidik obyek yang bergerak. Dengan adanya fungsi ini, Anda bisa mengabadikan momen spesial, misalnya penampilan anak Anda di acara sekolah, lucunya bayi yang bermain di lantai, maupun suasana balap motor, semua dengan hasil yang memuaskan. Sebelum membeli, jangan lupa untuk mengecek kecepatan penyesuaian fokusnya.

Kualitas suara

Kualitas suara
Saat membeli kamera video, orang-orang cenderung hanya mempertimbangkan gambar hasil rekamannya. Namun, ada hal lain yang tak kalah pentingnya, yaitu kualitas suara. Ada kalanya Anda ingin merekam kegiatan seperti lomba menyanyi, acara karaoke keluarga, maupun kegiatan pentas seni. Jika kamera video Anda tidak memiliki kemampuan merekam dengan kualitas suara yang baik, ada kemungkinan suara hasil rekaman Anda akan mengecewakan karena tidak sesuai dengan suara aslinya.
Sekarang sudah banyak dijual kamera video yang dilengkapi dengan fitur untuk mereduksi suara angin maupun suara si pengambil gambar. Bagi Anda yang menginginkan hasil rekaman dengan suara yang jernih, maka pilihlah kamera video dengan dengan kualitas suara yang bagus.

Anti getar

Anti getar
Fitur ini sudah umum dipakai pada kamera DLSR, dan kini juga lazim dipakai di kamera video pada umumnya. Fitur anti getar ini sangat penting, karena terkadang tanpa kita sadari, ada pergeseran besar yang timbul akibat gerak badan meskipun tangan sudah memegang erat kamera saat pengambilan gambar.
Kini, teknologi kamera video telah semakin berkembang. Masing-masing produsen saling bersaing untuk membuat kamera video dengan fitur-fitur yang berbeda. Sebagai contoh, ada produk kamera video yang mampu dipakai dalam 5 poros (vertikal , horizontal, maju, mundur, dan datar), maupun produk yang memiliki akurasi yang tinggi karena lensanya yang mampu digeser (bukan sensornya yang digeser).
Jika Anda bermaksud untuk merekam kegiatan olahraga, kemampuan anti getar akan sangat diperlukan untuk mendapatkan kualitas gambar yang baik. Maka dari itu, pilihlah kamera video yang sudah disertai dengan fitur anti getar.

Ada atau tidaknya viewfinder

Ada atau tidaknya viewfinder
Viewfinder merupakan jendela kecil pada kamera yang dipakai untuk melihat obyek yang akan diambil. Kamera video yang umum dijual dengan harga yang tidak terlalu mahal biasanya tidak dilengkapi dengan fungsi ini, sehingga membuat pengguna hanya bisa memastikan objek melalui layar monitor.
Ketika kita ingin mengambil gambar di siang hari yang terik, seringkali gambar yang akan kita bidik tidak terlihat di layar, karena tampilannya kalah dengan sinar matahari langsung. Pada saat seperti ini, yang Anda butuhkan adalah viewfinder yang memiliki kemampuan besar. Karena Anda bisa mengambil gambar sambil mengecek objeknya secara langsung, tanpa terpengaruh oleh monitor yang tidak terlihat akibat cahaya sekitar yang terlalu cerah. Fitur ini sangat penting bagi Anda yang sering mengambil gambar di luar ruangan.

Kemampuan zoom dan wide-angle

Kemampuan zoom dan wide-angle
Kemampuan zoom merupakan hal standar yang menjadi pertimbangan siapapun saat hendak membeli sebuah kamera. Saat ini, sudah banyak dijual kamera video dengan 20x-40x optical zoom, bahkan ada juga produk yang mengklaim mampu mencapai hingga 60x zoom dari fungsi digitalnya.
Untuk Anda yang senang mengambil gambar pemandangan di luar ruangan, tentunya Anda ingin memasukkan sebanyak mungkin apa yang nampak di depan mata ke dalam frame kamera. Untuk itu, Anda membutuhkan kamera video yang memiliki fitur wide-angle (kemampuan untuk menangkap obyek yang luas dalam jarak dekat) yang baik.

Fungsi tambahan

Kamera video yang akan kami perkenalkan di bawah ini umumnya telah dilengkapi dengan fitur anti debu, tahan air, double camera dan fungsi anti gores. Selain itu, layar dengan kualitas HD juga sudah menjadi hal yang umum kita jumpai, sehingga kamera video dengan kualitas layar 4K juga banyak dijual di pasaran. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa semakin baik kualitas layar, maka kapasitas memory card-nya pun akan semakin mengecil. Oleh karena itu, pilihlah fungsi kamera yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi kamera video terbaik

Selain penjelasan tentang bagaimana cara memilih kamera video, di bawah ini kami akan merekomendasikan produk kamera video yang baik dan pas untuk Anda. Pilihlah yang sesuai dengan fungsi dan fitur yang Anda inginkan.
10
9
8
7
6
5
4

CanonLegria HD Camcorder

HF R36

Rp 3.600.000,00

3
2

JVCEverio GZ-EX315

Rp 3.825.000,00

1

Tabel perbandingan produk kamera video terbaik

Gambar produk
1
Olympus Stylus Tough TG-Tracker 4K 1

Olympus

2
JVC Everio GZ-EX315 1

JVC

3
Sony HDR-PJ410 Handycam 1

Sony

4
Canon Legria HD Camcorder 1

Canon

5
Sony HDR CX405 Handycam 1

Sony

6
Canon VIXIA HF R800 1

Canon

7
Xiaomi YI 4K 1

Xiaomi

8
Panasonic 1080K Full HD Camcorder 1

Panasonic

9
Brica  B-Pro5 Alpha Edition 1

Brica

10
Andoer HDV-Z20 1

Andoer

Nama produk

Stylus Tough TG-Tracker 4K

Everio GZ-EX315

HDR-PJ410 Handycam

Legria HD Camcorder

HDR CX405 Handycam

VIXIA HF R800

YI 4K

1080K Full HD Camcorder

B-Pro5 Alpha Edition

HDV-Z20

KeunggulanPetualangan mewah nan nyaman!Merekam dalam gelap!Kestabilan gambar untuk And...Mini Canon dengan kualitas ...Teman bersosial media!Momen olahraga yang takkan ...Action camera untuk segala ...Nikmati setiap momen dalam ...Teman beraksi di dalam air!Kamera baru yang tidak melu...
HargaRp 4.299.000,00Rp 3.825.000,00Rp 885.000,00Rp 3.600.000,00Rp 2.300.000,00Rp 2.800.000,00Rp 1.500.000,00Rp 2.258.000,00Rp 399.000,00Rp 659.291,00
Tautan produk

Kesimpulan

Jadi, bagaimana pendapat Anda setelah membaca penjelasan di atas? Dengan berbekal referensi ini, jadikan momen berharga Anda semakin berarti dengan memilih kamera video yang sesuai dengan kegunaan dan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Setrika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Setrika Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Setrika digunakan untuk merapikan pakaian. Banyak perusahaan elektronik seperti Panasonic, Philips, Maspion, terus membuat produk-produk unik seperti setrika uap dan setrika yang dapat digunakan di luar negeri.Karena itu, kali ini kami akan memperkenalkan berbagai macam setrika populer dengan membandingkan harga, fitur, dan kemudahan penggunaannya dalam bentuk rekomendasi. Mari disimak!
    Elektronik rumah tangga
    25.406 Views
  • 10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Stick Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Vacuum Cleaner Stick Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Vacuum cleaner stick akan mempermudah Anda dalam membersihkan debu dan kotoran. Ada beberapa macam vacuum cleaner yang dijual di pasaran, seperti tipe paper pack, cyclone, dengan kabel, dan tanpa kabel. Anda dapat memilih dari beberapa merek terkenal, mulai dari Electrolux, SHARP, Philips, dan lainnya.Untuk membantu Anda, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih vacuum cleaner stick. Kami juga menyertakan rekomendasi produk terbaik sehingga Anda dapat membandingkan harga dan fungsinya. Tidak perlu berlama-lama lagi, silakan Anda baca hingga tuntas!
    Elektronik rumah tangga
    14.958 Views
  • 10 Rekomendasi Keyboard Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Keyboard Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2020)
    Keyboard diperlukan untuk memasukkan karakter atau huruf pada komputer ataupun laptop. Keyboard tersedia dalam berbagai tipe, seperti keyboard yang dikoneksikan melalui kabel dan keyboard nirkabel. Rata-rata pengguna akan memilih keyboard yang mudah dibawa-bawa serta memiliki fitur lainnya, seperti tahan air, tidak berisik saat digunakan, dan sebagainya.Bagi Anda yang masih bingung dalam memilih keyboard, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih keyboard. Setelah itu, kami juga akan memperkenalkan 10 keyboard terbaik yang mudah dipakai. Semua produk dapat Anda beli secara online. Semoga Anda dapat menemukan keyboard yang cocok untuk Anda!
    Elektronik rumah tangga
    8.661 Views
  • 10 Rekomendasi Digital Voice Recorder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Digital Voice Recorder Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Digital voice recorder biasa digunakan untuk merekam suara, seperti merekam rapat, seminar, belajar bahasa atau berlatih musik. Produsen ternama seperti Sony, Olympus dan Tascam mengeluarkan digital voice recorder yang digunakan untuk merekam berbagai kegiatan tersebut.Kini digital voice recorder telah berkembang untuk membantu Anda merekam suara. Kali ini kami akan mengulas cara memilih digital voice recorder dengan membandingkan beberapa fitur yang berbeda sesuai dengan kegunaan saat perekaman. Silakan pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
    Elektronik rumah tangga
    8.420 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Dewasa ini, teknologi mesin cuci berkembang semakin pesat. Di pasaran, terdapat tiga jenis mesin cuci, yaitu mesin cuci top loading, front loading, dan dua tabung. Dari sisi penggunaan, kini ada pula mesin cuci yang dapat dioperasikan melalui smartphone!Kali ini, kami akan mengulas rekomendasi produk-produk mesin cuci pilihan, seperti Samsung, Panasonic, Sharp, dan lainnya. Sebelum itu, simaklah cara memilih mesin cuci yang tepat agar Anda dapat menemukan mesin cuci idaman.
    Elektronik rumah tangga
    153.629 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2020)
    Memperbaiki pakaian sendiri akan lebih praktis dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga dapat menggunakan mesin jahit untuk membuat tas dan aksesori. Oleh karena itu, produsen mesin jahit Singer, Brother, Butterfly, dan lain-lain berlomba-lomba memproduksi berbagai mesin jahit.Setiap mesin jahit dari masing-masing produsen memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang cocok digunakan di rumah. Setelah itu, kami akan mengulas sepuluh mesin jahit rumahan terbaik untuk Anda. Simak sampai selesai, ya!
    Elektronik rumah tangga
    31.957 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Pembuat Es Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Pembuat Es Batu Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat cuaca panas, minuman dingin dengan es batu merupakan pilihan menyegarkan. Namun, terkadang kulkas hanya dapat membuat es batu berjumlah terbatas. Apabila Anda menggunakan es batu dalam jumlah banyak, saatnya Anda pertimbangkan untuk membeli mesin pembuat es batu.Kali ini, kami akan menjelaskan tips penting dalam memilih mesin pembuat es batu. Setelahnya, kami juga merekomendasikan berbagai produk terbaiknya untuk Anda dari merek Fomac, Hicon, Tomori, dan lainnya. Yuk, kita simak bersama!
    Elektronik rumah tangga
    13.912 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori