• 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kamera video berguna untuk merekam momen berharga keluarga, salah satunya masa tumbuh kembang anak. Ada beberapa merek yang memproduksi kamera video, seperti Sony, Panasonic, dan Xiaomi. Tipenya pun beragam, sebut saja camcorder dan action camera. Setiap produk juga memiliki perbedaan fitur, misalnya fitur zoom dan stabilisasi gambar.


Supaya Anda tidak bingung memilih, dalam artikel ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera video. Setelah itu, kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produk terbaik yang dapat dijadikan pilihan. Segera temukan kamera video yang sesuai untuk Anda!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Alid Abdul
Rijal Fahmi Mohamadi (Fahmi Catperku)
Ashari Yudha
  • Pembaharuan terakhir: 08 Januari 2021
  • 48.355 Views
Daftar isi

Kamera video adalah alat yang paling ideal untuk merekam video

Kamera video adalah alat yang paling ideal untuk merekam video

Merekam video dapat dilakukan melalui berbagai alat, seperti smartphone dan kamera DSLR. Namun, kamera video merupakan alat yang paling ideal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Menggunakan smartphone memang lebih mudah, gambar yang dihasilkan pun cukup bagus. Akan tetapi, kapasitas memori smartphone tidak mencukupi untuk perekaman video berdurasi panjang.


Di sisi lain, kamera DSLR sulit dipakai untuk merekam video berdurasi lebih dari 30 menit. Hal tersebut dikarenakan bobot kamera DSLR yang lebih berat daripada kamera video. Selain itu, kamera DSLR juga cenderung tidak bisa fokus saat digunakan untuk merekam.

Cara memilih kamera video

Kamera video tersedia dalam berbagai macam tipe. Kami akan membahas perbedaan tipenya di bawah ini. Pilihlah sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda!

Pilih berdasarkan tipenya

Terdapat dua tipe kamera video, yaitu camcorder dan action camera. Mari periksa fiturnya masing-masing dan tentukan produk yang tepat untuk Anda.

Camcorder untuk perekaman full-scale

Camcorder untuk perekaman full-scale

Jika Anda ingin merekam video untuk kebutuhan serius, kami rekomendasikan tipe camcorder. Tipe ini memungkinkan Anda untuk memegang kamera dengan satu tangan. Anda juga bisa menggerakkan kamera dengan cepat sesuai gerakan objek yang direkam. Camcorder mudah dipakai karena letak tombol play, stop, dan zoom-nya berdekatan dengan jari.


Karena itu, tipe ini sangat berguna untuk merekam momen pertandingan olahraga atau pertunjukan anak Anda. Terdapat beragam jenis camcorder, mulai dari yang ditujukan untuk pemula hingga profesional. Pilihlah sesuai dengan kegunaan, performa, dan anggaran yang Anda miliki.

Action camera untuk merekam video sambil bergerak

Action camera untuk merekam video sambil bergerak

Action camera mampu merekam momen dengan banyak gerakan seperti kegiatan olahraga. Banyak model action camera yang kecil dan ringan dengan bobot sekitar 80–120 gram saja. Tipe ini dapat digunakan dengan cara ditempelkan pada setang sepeda, motor, bahkan pakaian olahraga.


Selain itu, action camera juga tahan benturan sehingga dapat dipakai di berbagai medan. Beberapa action camera bahkan dilengkapi dengan pelindung agar tahan air dan cuaca ekstrem. Jadi, tipe ini juga disarankan untuk perekaman video bawah air dan olahraga air.


Untuk meminimalkan blur, terdapat action camera yang dilengkapi dengan stabilisasi gambar, contohnya produk dari GoPro. Ada juga produk yang sudah mendukung kualitas gambar 4K. Anda pun dapat menambahkan berbagai aksesori sesuai kebutuhan perekaman Anda.

Periksa kualitas gambar yang dihasilkan

Pilih kualitas gambar yang dihasilkan berdasarkan kejernihan yang Anda inginkan. Kualitas gambar merupakan hal dasar pada sebuah video. Maka, periksalah secara saksama sebelum membeli kamera video.

Kualitas Full HD jika ingin produk berharga terjangkau

Kualitas Full HD jika ingin produk berharga terjangkau

Kualitas 4K direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan hasil video yang jelas dan jernih. 4K memiliki jumlah piksel empat kali lebih besar dari Full HD sehingga menghasilkan video yang bagus. Anda bisa merekam video yang natural meski perbedaan kecerahannya signifikan. Anda juga bisa memakainya untuk mengedit video meski Anda akan membutuhkan komputer, software, monitor, dan TV yang kompatibel dengan 4K.


Kamera video berkualitas 4K memiliki harga yang lebih mahal. Jika Anda ingin menekan anggaran, kami rekomendasikan untuk memilih yang berkualitas Full HD. Full HD sudah cukup bagus untuk merekam video perjalanan, event, dan aktivitas sehari-hari. Meskipun produk Full HD telah dilengkapi fitur zoom dan stabilisasi, harganya hanya sekitar 3–5 juta. Padahal, kebanyakan kamera video berkualitas 4K harganya lebih dari 5 juta.

Frame rate 60fps jika ingin menghasilkan gambar yang halus

Frame rate 60fps jika ingin menghasilkan gambar yang halus

Jika Anda menginginkan hasil gambar yang halus, pilihlah kamera video dengan frame rate 60 fps. Frame rate adalah ukuran kecepatan frame/gambar yang ditunjukkan per detiknya. Pada frame rate 60 fps, gambar yang dihasilkan akan dua kali lebih halus dibandingkan 30 fps.


Dengan pengaturan 60 fps pada kualitas 4K, tidak akan ada momen yang terpotong meskipun gerakan objek sangat cepat. Warna pada gambar yang dihasilkan juga berkualitas tinggi. Terdapat pula frame rate 120 fps, tetapi waktu perekaman menjadi lebih pendek. Ketahui pula bahwa makin besar frame rate, harga kamera video akan makin mahal.

Periksa spesifikasi lensa berdasarkan objek yang ingin direkam

Selain tipe kamera video dan kualitas gambar, Anda juga perlu menyesuaikan spesifikasi lensa berdasarkan objek yang diinginkan.

Lensa wide-angle untuk merekam pemandangan atau mengambil gambar selfie

Lensa wide-angle untuk merekam pemandangan atau mengambil gambar selfie

Jika Anda ingin merekam pemandangan alam, pilihlah kamera video dengan lensa wide-angle. Lensa wide-angle merupakan lensa yang dapat merekam dengan sudut pandang yang lebar. Jika lensa didekatkan pada sudut pandang manusia, gambar yang dihasilkan akan lebih nyata. Dengan mendekatkan fokus, Anda dapat merekam dengan sudut pandang lebar sehingga cocok juga untuk selfie. Anda pun bisa memakainya untuk merekam keseluruhan ruangan atau kegiatan indoor.


Untuk kamera video, sebaiknya pilih lensa wide-angle 28mm. Namun, performanya mungkin kurang bagus jika dibandingkan kamera digital sehingga zoom yang dapat dilakukan juga terbatas. Jadi, pastikan Anda memeriksa performanya sebelum membeli.

Periksa juga fitur zoom-nya

Periksa juga fitur zoom-nya

Periksalah fitur zoom pada kamera video jika Anda ingin mengambil adegan secara close-up. Ada dua pilihan fitur zoom, yaitu optical dan digital. Jika Anda mementingkan kualitas gambar yang tajam, perhatikan optical zoom. Untuk merekam kegiatan aktif anak, sebaiknya pilih optical zoom sebesar 20–30 kali. Optical zoom tidak akan membuat kualitas gambar yang dihasilkan menjadi blur.


Sementara itu, tipe digital zoom memperbesar video dengan cara memotong gambar pada area tertentu. Kualitas gambarnya tentu tidak sejernih yang dihasilkan optical zoom, tetapi harganya lebih murah. Ada beberapa jenis kamera video dengan digital zoom yang dapat memperbesar gambar lebih dari 300 kali. Apabila Anda ingin merekam dari jarak yang lebih jauh, pilihlah kamera video yang memiliki fitur digital zoom.

Perhatikan fitur stabilisasi gambar

Perhatikan fitur stabilisasi gambar

Stabilisasi gambar merupakan hal penting jika Anda ingin menghasilkan video yang jelas. Stabilisasi gambar juga terbagi menjadi dua, yakni optical dan digital. Tipe optical mengoreksi gambar yang buram dengan cara menggerakkan lensa dan sensor. Sementara itu, tipe digital melakukan koreksi setelah video direkam. Namun, ada juga produk hybrid yang menggabungkan stabilisasi optical dan digital untuk meminimalkan kegagalan perekaman.


Pada produk Sony, performa fitur stabilisasi optical yang dihasilkan sangat bagus. Kamera lain biasanya memasang fitur stabilisasi di lensa. Namun, Sony mengaplikasikan fitur tersebut ke dalam bodi kamera sehingga hasil gambar tetap tajam apa pun lensa yang digunakan.


Di sisi lain, Panasonic telah merilis produk dengan fitur stabilisasi yang bisa mengoreksi saat perekaman sekaligus melakukan editing setelahnya. Anda juga dapat memperbesar dan memfokuskan objek yang membuat proses editing video menjadi lebih menyenangkan.

Jika banyak merekam objek bergerak, pastikan ada fitur autofokus

Jika banyak merekam objek bergerak, pastikan ada fitur autofokus

Perhatikan fitur autofokus (AF) ketika merekam objek bergerak, contohnya anak-anak, binatang peliharaan, dan momen olahraga. Fitur ini dapat melacak objek yang difokuskan sehingga video akan tetap stabil meskipun gerakan objek sangat cepat. Saat ini, bahkan sudah tersedia fitur autofokus yang dapat mengenali wajah. Jadi, periksalah fitur ini jika ingin merekam berbagai ekspresi anggota keluarga Anda.


Salah satu fitur autofokus yang terkenal adalah Fast Intelligent dari Sony. Selain itu, ada juga fitur Touch Priority AE/AF milik JVC yang bisa dioperasikan dengan cara menyentuh objek yang sedang bergerak di layar. 

Periksa kelengkapan fitur waterproof dan dustproof

Periksa kelengkapan fitur waterproof dan dustproof

Jika Anda memakai kamera video di tempat yang banyak terdapat debu beterbangan, periksalah fitur dustproof. Karena kamera video bukan barang murah, pastikan produk memiliki fitur yang mendukung penggunaan jangka panjang. Anda bahkan bisa saja mendapati debu di ruangan tertutup.


Fitur waterproof sangat dibutuhkan jika Anda menggunakannya di kolam atau laut. Selain itu, pemakaian di musim hujan dan percikan air di tempat semacam akuarium juga perlu diantisipasi. Jika produk tidak antiair dan antidebu, cobalah gunakan pelindung yang disebut housing. Housing biasanya sudah dilengkapi fitur dustproof maupun waterproof.

Pilihlah produk dari produsen ternama

Pilihlah produk dari produsen ternama

Jika kesulitan memilih karena terlalu banyak pilihan, tentukan dengan cara melihat karakteristik dari tiap produsen. Salah satu contoh produk yang populer adalah Handycam dari Sony. Selain fitur stabilisasi gambarnya memuaskan, kualitas suara yang dihasilkan juga mantap. Apalagi, Sony juga memiliki fitur My Voice Canceling yang dapat mengurangi suara sekitar. Lalu, ada pula mikrofon yang dapat mengumpulkan suara dari lima arah.


Sementara itu, kamera video dari Panasonic memiliki fitur Wipe Shooting. Dengan fitur ini, kamera utama dan kamera kedua dapat merekam secara bersamaan. Jadi, Anda bisa merekam dari sudut yang lebar dan diperbesar sehingga video yang dihasilkan lebih bervariasi.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Brica B-Pro 5 Alpha Edition 4K Mark II

Mulai dari Rp 1.200.000,00

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi kamera video terbaik

Selain penjelasan tentang cara memilih kamera video, di bawah ini kami akan merekomendasikan produk terbaiknya untuk Anda. Pilihlah sesuai dengan fungsi dan fitur yang Anda inginkan.

10

PanasonicFull-HD Camcorders

HC-V180

Mulai dari Rp 2.550.000,00

TipeCamcorder
Kualitas gambarFull HD
Frame rateTidak disebutkan
Lensa wide-angle28mm
Zoom50x optical zoom
Stabilisasi kamera✔️
Autofokus✔️
Waterproof dan dustproofx
9
TipeAction camera
Kualitas gambar3.5K
Frame rate3456x1728 @30fps・2304x1152 @60fps・2304x1152 @30fps
Lensa wide-angleLarge wide-angle folding lens module
Zoomx
Stabilisasi kamera✔️
AutofokusTidak disebutkan
Waterproof dan dustproofIP67
8

SonyAction Cam 4K FDR-X3000 dengan Wi-Fi & GPS

FDR-X3000R

Mulai dari Rp 6.499.000,00

TipeAction camera
Kualitas gambar4K
Frame rate120 fps
Lensa wide-angle✔️
Zoom✔️
Stabilisasi kamera✔️
AutofokusTidak disebutkan
Waterproof dan dustproofDengan underwater housing yang disertakan
7

SonyHandycam® AXP55 4K dengan Proyektor Internal

FDR-AXP55

Mulai dari Rp 16.999.000,00

TipeCamcorder
Kualitas gambar4K
Frame rate100 fps
Lensa wide-angle26,8mm
Zoom20x optical zoom / 250x digital zoom
Stabilisasi kamera✔️
AutofokusFast Intelligent AF
Waterproof dan dustproofx
6
TipeAction camera
Kualitas gambar5K30 + 4K60
Frame rate5K: 30, 24 fps・4K: 30, 30, 24 fps・2.7K: 120, 60 fps・1080p: 240, 120, 60, 30, 24 fps
Lensa wide-angle✔️
ZoomTouch zoom
Stabilisasi kamera✔️
AutofokusTidak disebutkan
Waterproof dan dustproofWaterproof to 10m
5
TipeAction camera
Kualitas gambar4K
Frame rate60p: 59.94 fps・50p: 50.00 fps・30p: 29.97 fps・25p: 25 fps
Lensa wide-angle✔️
Zoom4x optical zoom
Stabilisasi kamera✔️
AutofokusCMOS Contrast Detection
Waterproof dan dustproofWaterproof: IPX8・Dustproof: IP6X
4

SonyHandycam® Full-Frame Lensa yang Dapat Ditukar VG900®

NEX-VG900E

Mulai dari Rp 30.643.000,00

TipeCamcorder
Kualitas gambarFull HD
Frame rate25p, 50i, 50p, 24p fps
Lensa wide-anglex
ZoomTergantung jenis lensa
Stabilisasi kameraTergantung jenis lensa
AutofokusTidak disebutkan
Waterproof dan dustproofx
3

PanasonicHD Camcorder HC-W580

HC-W580

Mulai dari Rp 6.049.000,00

TipeCamcorder
Kualitas gambarFull HD
Frame rateTidak disebutkan
Lensa wide-angle28mm
Zoom50x optical zoom, 150x / 3000x digital zoom
Stabilisasi kamera✔️
Autofokus✔️
Waterproof dan dustproofx
2
TipeCamcorder
Kualitas gambarFull HD
Frame rate50 fps
Lensa wide-angleTidak disebutkan
Zoom20x optical zoom, 40x clear image zoom
Stabilisasi kamera✔️
Autofokus✔️
Waterproof dan dustproofTidak disebutkan
1

PanasonicProfessional Camera Recorder

AG-DVX200

Mulai dari Rp 47.499.000,00

TipeCamcorder
Kualitas gambar4K
Frame rate120 fps
Lensa wide-anglex
Zoom13x optical zoom
Stabilisasi kamera✔️
AutofokusIntelligent AF
Waterproof dan dustproofx

Tabel perbandingan produk kamera video terbaik

Gambar produk
1
Panasonic Professional Camera Recorder 1

Panasonic

2
Sony HXR-NX5R 1

Sony

3
Panasonic HD Camcorder HC-W580 1

Panasonic

4
Sony Handycam® Full-Frame Lensa yang Dapat Ditukar VG900® 1

Sony

5
Olympus Tough TG-5 1

Olympus

6
GoPro HERO9 Black 1

GoPro

7
Sony Handycam® AXP55 4K dengan Proyektor Internal 1

Sony

8
Sony Action Cam 4K FDR-X3000 dengan Wi-Fi & GPS 1

Sony

9
Xiaomi Mi Sphere Camera Kit 1

Xiaomi

10
Panasonic Full-HD Camcorders 1

Panasonic

Nama produk

Professional Camera Recorder

HXR-NX5R

HD Camcorder HC-W580

Handycam® Full-Frame Lensa yang Dapat Ditukar VG900®

Tough TG-5

HERO9 Black

Handycam® AXP55 4K dengan Proyektor Internal

Action Cam 4K FDR-X3000 dengan Wi-Fi & GPS

Mi Sphere Camera Kit

Full-HD Camcorders

Keunggulan

Rekam video bergaya cinematic berkat fitur V-Log L

Kamera video untuk kebutuhan video komersial

Dibekali Twin Camera yang memudahkan perekaman di berbagai sudut

Ukuran sensor lebih besar, lensanya dapat digonta-ganti

Spesialis foto dan video bawah laut!

Kamera action yang kaya fitur, dari lensa superlebar hingga Hypersmooth

Putar langsung video yang direkam melalui proyektor internal

Gambar lebih stabil, kualitas video lebih tajam

Mampu merekam video 360 derajat tanpa repot

Pembesaran optik hingga 50x, rekam gambar close-up secara menakjubkan

Harga mulai dariRp 47.499.000,00Rp 42.500.000,00Rp 6.049.000,00Rp 30.643.000,00Rp 6.499.000,00Rp 6.750.000,00Rp 16.999.000,00Rp 6.499.000,00Rp 3.400.000,00Rp 2.550.000,00
TipeCamcorderCamcorderCamcorderCamcorderAction cameraAction cameraCamcorderAction cameraAction cameraCamcorder
Kualitas gambar4KFull HD Full HD Full HD 4K5K30 + 4K604K4K 3.5K Full HD
Frame rate120 fps50 fpsTidak disebutkan25p, 50i, 50p, 24p fps60p: 59.94 fps・50p: 50.00 fps・30p: 29.97 fps・25p: 25 fps5K: 30, 24 fps・4K: 30, 30, 24 fps・2.7K: 120, 60 fps・1080p: 240, 120, 60, 30, 24 fps100 fps120 fps3456x1728 @30fps・2304x1152 @60fps・2304x1152 @30fpsTidak disebutkan
Lensa wide-anglexTidak disebutkan28mmx✔️✔️26,8mm✔️Large wide-angle folding lens module28mm
Zoom13x optical zoom20x optical zoom, 40x clear image zoom50x optical zoom, 150x / 3000x digital zoomTergantung jenis lensa4x optical zoomTouch zoom20x optical zoom / 250x digital zoom✔️x50x optical zoom
Stabilisasi kamera✔️✔️✔️Tergantung jenis lensa✔️✔️✔️✔️ ✔️✔️
AutofokusIntelligent AF✔️✔️Tidak disebutkanCMOS Contrast DetectionTidak disebutkanFast Intelligent AFTidak disebutkanTidak disebutkan✔️
Waterproof dan dustproofxTidak disebutkanxxWaterproof: IPX8・Dustproof: IP6XWaterproof to 10mxDengan underwater housing yang disertakanIP67x
Tautan produk

Baca juga rekomendasi produk kamera lainnya di sini

Selain kamera video, terdapat juga kamera DSLR, mirrorless, dan kamera action sebagai perangkat fotografi profesional. Produk-produk tersebut hadir dalam berbagai macam pilihan dan keunggulan. Klik tautan berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya!

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih kamera video dan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang tepat?


Pilihlah produk yang mudah digunakan dan mampu menghasilkan video berkualitas tinggi. Periksa juga fitur-fitur yang Anda butuhkan sebelum membeli produk. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam memilih kamera video. Selamat merekam momen-momen berharga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda ingin dapat menonton program televisi favorit dengan kualitas gambar terlihat lebih detail dan nyata? Jika ya, pilihlah Smart TV dengan resolusi 4K atau biasa disebut juga ultra high definition (UHD). Saat ini sudah banyak dijual Smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi.Kami akan merekomendasikan berbagai produk terbaik Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuhkan. Mari simak terus sampai habis!
    TV & perangkat video
    177.010 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2021)
    Kamera CCTV berguna untuk mengawasi rumah supaya Anda lebih aman. Akhir-akhir ini, banyak beredar CCTV Wi-Fi atau wireless yang terhubung melalui jaringan internet. Ini jauh lebih praktis karena Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi di ponsel. Anda akan menemui beberapa merek CCTV, seperti Panasonic, Sony, Avtech, Dahua, dan lain-lain.Di artikel ini, kami akan mengulas cara-cara memilih CCTV untuk dipasang di rumah. Selanjutnya, kami juga akan merekomendasikan beberapa CCTV yang bagus dan berkualitas. Apabila Anda ingin membeli CCTV untuk melindungi keluarga dan menjaga keamanan rumah, artikel ini wajib dibaca.
    TV & perangkat video
    84.547 Views
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Penguat sinyal TV berguna untuk menguatkan gelombang radio yang lemah. Produknya direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati gambar jernih pada layar TV. Namun, memilih produk yang bagus bukan hanya soal frekuensi siarannya, seperti UHF, VHF, atau digital terestrial. Memerhatikan spesifikasinya juga penting.Oleh karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih penguat sinyal TV terbaik untuk Anda. Produknya juga dikenal sebagai TV booster atau amplifier. Rekomendasi produk beserta ulasannya sudah kami siapkan. Ada produk dari merk Toyosaki, Tanaka, dan lainnya. Untuk TV LED, LCD, plasma, atau tabung? Semuanya ada. Yuk, dimulai!
    TV & perangkat video
    4.983 Views
  • 10 Rekomendasi TV LG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi TV LG Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setiap tahunnya, LG merilis beberapa televisi baru untuk para pelanggannya. TV LG identik dengan bodi yang ramping dan stylish, serta cocok untuk beragam kebutuhan. TV LG tersedia dalam jenis OLED TV, Nanocell TV, UHD 4K TV, serta Full HD dan HD TV.Dalam artikel ini, kami akan mengulas tips memilih TV LG terbaik untuk Anda. Kami juga telah merangkum sepuluh produk terbaik, mulai dari TV LG 32 inch, 43 inch, 55 inch, hingga 65 inch. Mari simak terus artikel ini dan temukan TV LG yang tepat untuk Anda.
    TV & perangkat video
    1.844 Views
  • 10 Rekomendasi OLED TV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi OLED TV Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    OLED TV merupakan salah satu jenis TV yang mempunyai banyak keunggulan. OLED TV diketahui lebih tipis, stylish, dan memiliki gambar yang tajam. Saat ini, ada banyak OLED TV yang bagus beredar di pasaran. Beberapa merk OLED TV yang bagus, misalnya LG, Panasonic, Sony, dan lainnya.Apakah Anda sedang mencari OLED TV untuk rumah Anda? Kami akan mengulas hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli OLED TV. Ada juga rekomendasi produk dengan berbagai ukuran dan harga untuk jadi pertimbangan Anda. Bacalah dengan saksama setiap poinnya dan temukan OLED TV yang pas untuk Anda. 
    TV & perangkat video
    11.605 Views
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda sedang mencari smart TV terbaik? Atau, Anda sedang mencari smart TV dengan harga murah? Saat ini, tersedia banyak merk smart TV yang bagus dengan harga 1 jutaan dan 3 jutaan, seperti Xiaomi dan Polytron. Ukuran smart TV juga bervariasi, mulai 32 inch dan 43 inch.Sebelum memilih smart TV, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah sistem operasi yang digunakan, seperti Android TV, WebOS, atau Tizen. Periksa juga kualitas gambar dan audio dari smart TV. Jika Anda bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum memilih.
    TV & perangkat video
    197 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori