• 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Kamera video berguna untuk merekam berbagai momen berharga. Selain itu, produknya dapat dimanfaatkan untuk shooting karya dokumenter atau film. Sony dan Panasonic adalah beberapa merek yang memproduksi kamera video terbaik. Namun, model, spesifikasi, hingga fiturnya berbeda-beda. Hal ini mungkin membuat Anda bingung saat memilih kamera video.


Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera video terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produknya untuk Anda. Tidak hanya camcorder, compact digital camera juga ada. Yuk, temukan kamera video yang bagus untuk Anda di artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 Agustus 2022
Daftar isi

Keunggulan kamera video untuk merekam dibandingkan dengan smartphone

Keunggulan kamera video untuk merekam dibandingkan dengan smartphone

Merekam video dapat dilakukan melalui berbagai alat. Namun, kamera video merupakan alat yang paling ideal untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Smartphone mungkin menawarkan kemudahan dalam merekam gambar. Akan tetapi, kapasitas memori smartphone tidak mencukupi untuk merekam video panjang.


Kamera video cenderung lebih stabil dan memiliki fitur zoom yang lebih tinggi dibandingkan dengan smartphone. Maka dari itu, video yang dihasillkan kamera video lebih baik dari smartphone.


Alternatif lain menggantikan kamera video adalah kamera digital, seperti kamera saku atau kamera mirrorless. Kamera digital memiliki ukuran yang kecil dan mudah digunakan untuk merekam di mana saja.


Kamera DSLR juga dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Namun, bobotnya yang besar membuat kamera DSLR sulit dipakai. Selain itu, kamera DSLR cenderung tidak bisa fokus saat digunakan untuk merekam.

Cara memilih kamera video

Kamera video yang beredar di pasaran sangat bervariasi dari segi model, spesifikasi, hingga fitur. Agar Anda mendapat produk yang sesuai kebutuhan, silakan simak poin cara memilihnya dari kami di bawah ini.

Pilih berdasarkan tipe kamera video

Terdapat dua tipe kamera video, yaitu camcorder dan compact digital camera. Mari periksa karakteristiknya masing-masing dan tentukan produk yang tepat untuk Anda.

Camcorder: Untuk perekaman full-scale

Camcorder: Untuk perekaman full-scale

Jika Anda ingin merekam video setara profesional, pilih saja camcorder. Kamera ini dapat Anda pegang hanya dengan satu tangan. Oleh karenanya, tipe ini sangat berguna untuk merekam momen pertandingan olahraga atau pertunjukan anak Anda.


Anda juga bisa menggerakkan kamera ini dengan cepat sesuai gerakan objek yang direkam. Selain itu, kamera ini mudah dipakai karena letak tombol play, stop, dan zoom berdekatan dengan jari.


Terdapat beragam jenis camcorder, mulai dari yang ditujukan untuk pemula hingga profesional. Pilihlah sesuai dengan kegunaan, performa, dan anggaran yang Anda miliki untuk mendapatkan camcorder terbaik.

Compact digital camera: Kecil dan mudah digunakan di mana saja

Compact digital camera: Kecil dan mudah digunakan di mana saja

Compact digital camera pas untuk Anda yang ingin merekam momen di mana saja. Produknya rata-tata kecil dan ringan. Meski begitu, tipe ini biasanya menawarkan banyak sekali fitur dalam satu kamera. Anda dapat merekam dengan mode biasa dan juga mode panorama. 


Kamera mirrorless dengan layar LCD yang flip-out pun tersedia. Produknya dapat dimanfaatkan untuk merekam vlog Anda di jalan. Selain itu, ada kamera video digital yang dilengkapi dengan pelindung agar tahan air dan cuaca ekstrem. Jadi, tipe ini disarankan jika Anda suka merekam video di outdoor.

Ketahui resolusi video yang dihasilkan

Pilihlah kualitas gambar yang dihasilkan kamera video berdasarkan kejernihan yang Anda inginkan. Kualitas gambar merupakan hal dasar pada sebuah video. Maka dari itu, periksalah hal ini secara saksama sebelum membeli kamera video.

Full HD, mencukupi untuk dokumentasi pribadi

Full HD, mencukupi untuk dokumentasi pribadi

Kamera video berkualitas Full HD memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel. Karena itu, harganya masih terjangkau. Resolusi ini sudah cukup bagus untuk merekam video perjalanan, event, dan aktivitas sehari-hari.


Meski produk Full HD telah dilengkapi fitur zoom dan stabilisasi, harganya hanya sekitar 3–5 juta. Hal ini tentunya sangat memudahkan Anda bagi pemula yang mencari kamera video shooting terbaik.

4K, menghasilkan video dengan kualitas jernih

4K, menghasilkan video dengan kualitas jernih

Resolusi 4K direkomendasikan untuk Anda yang menginginkan hasil video yang jelas dan jernih. 4K memiliki jumlah piksel empat kali lebih besar dari Full HD sehingga menghasilkan video yang bagus.


Anda bisa merekam video yang natural dengan kamera 4K meski perbedaan kecerahannya signifikan. Karena itu, harga kamera ini lebih mahal dari yang Full HD. kebanyakan produknya memiliki harga di atas 5 juta.

Periksa frame rate yang dihasilkan kamera video

Periksa frame rate yang dihasilkan kamera video

Jika Anda menginginkan hasil gambar yang halus, pilihlah kamera video dengan frame rate 60 fps. Frame rate adalah ukuran kecepatan frame/gambar per detiknya. Pada frame rate 60 fps, gambar yang dihasilkan dua kali lebih halus dari 30 fps.


Dengan spesifikasi 60 fps pada resolusi 4K, tidak akan ada momen yang terpotong meskipun gerakan objek sangat cepat. Warna pada gambar yang dihasilkan juga berkualitas tinggi.


Terdapat pula frame rate 120 fps, tetapi waktu perekaman biasanya menjadi lebih pendek. Ketahui pula bahwa makin besar frame rate, harga kamera video akan makin mahal.


Perlu diketahui, frame rate kamera bisa berbeda-beda tergantung pengaturan resolusi yang Anda gunakan. Pada tabel spesifikasi, kami akan mencantumkan nilai frame rate dari resolusi tertinggi yang dimiliki setiap produk.

Perhatikan kemampuan zoom dari kamera video

Perhatikan kemampuan zoom dari kamera video

Periksa fitur zoom pada kamera video jika Anda ingin mengambil adegan secara close-up. Ada dua pilihan fitur zoom, yaitu optical dan digital. Perhatikan nilai optical zoom kamera jika Anda mementingkan kualitas gambar yang tajam.


Untuk merekam kegiatan aktif anak, sebaiknya pilihlah optical zoom sebesar 20–30 kali. Optical zoom tidak akan membuat kualitas gambar dari kamera menjadi blur.


Sementara itu, digital zoom memperbesar video dengan cara memotong gambar pada area tertentu. Kualitas gambarnya tentu tidak sejernih optical zoom, tetapi harganya lebih murah.


Ada beberapa jenis kamera video dengan digital zoom yang dapat memperbesar gambar lebih dari 300 kali. Apabila Anda ingin merekam dari jarak yang lebih jauh, pilih kamera video yang memiliki fitur digital zoom.

Pertimbangkan fitur-fitur penunjang lainnya

Selain tipe dan kualitas gambar kamera video, Anda perlu memeriksa jenis lensa dan spesifikasi lainnya. Berikut kami akan memerinci fitur-fitur yang penting untuk Anda.

Lensa wide-angle: Merekam pemandangan sekitar sambil selfie

Lensa wide-angle: Merekam pemandangan sekitar sambil selfie

Jika Anda ingin merekam pemandangan alam, pilihlah kamera video dengan lensa wide-angle. Lensa ini dapat merekam dengan sudut pandang yang lebar.


Gambar yang dihasilkan akan lebih nyata jika lensa ini didekatkan pada sudut pandang manusia. Dengan mendekatkan fokus, Anda bisa mendapatkan sudut pandang lebar sehingga cocok juga untuk selfie.


Untuk kamera video, sebaiknya pilihlah lensa wide-angle 28 mm. Lensa ini cocok untuk merekam keseluruhan ruangan atau kegiatan indoor. Namun, jangan bandingkan performanya dengan kamera digital karena zoom yang dapat dilakukan juga terbatas.

Fitur stabilisasi: Hasil rekaman stabil tanpa gerakan berlebih

 Fitur stabilisasi: Hasil rekaman stabil tanpa gerakan berlebih

Stabilisasi gambar merupakan hal penting jika Anda ingin menghasilkan video yang jelas. Fitur ini juga terbagi menjadi dua tipe, yakni optical dan digital


Tipe optical mengoreksi gambar yang buram dengan cara menggerakkan lensa dan sensor. Sementara itu, tipe digital melakukan koreksi setelah video direkam


Namun, ada juga produk hybrid yang menggabungkan stabilisasi optical dan digital untuk meminimalkan kegagalan perekaman. Di bawah ini akan kami akan perkenalkan beberapa teknologi stabilisasi yang populer.


  • Stabilizer produk Sony 

Performa fitur optical stabilizer dari produk Sony sangat bagus. Kamera lain biasanya memasang fitur stabilisasi di lensa. Namun, Sony mengaplikasikannya ke dalam bodi kamera sehingga hasil gambar tetap tajam apa pun lensanya.


  • Stabilizer produk Panasonic 

Di sisi lain, Panasonic telah merilis produk dengan fitur stabilisasi yang bisa mengoreksi saat perekaman sekaligus editing. Anda pun bisa memperbesar dan memfokuskan objek sehingga membuat proses editing video menjadi lebih menyenangkan.

Fitur autofokus: Andalan untuk merekam objek bergerak

Fitur autofokus: Andalan untuk merekam objek bergerak

Perhatikan fitur autofokus (AF) ketika merekam objek bergerak, contohnya anak-anak, binatang peliharaan, dan momen olahraga. Fitur ini dapat melacak objek yang difokuskan sehingga video akan tetap stabil meskipun gerakan objek sangat cepat. Saat ini bahkan sudah tersedia fitur autofokus yang bisa mengenali wajah. 


Salah satu fitur autofokus yang terkenal adalah Fast Intelligent dari Sony. Ada juga fitur Touch Priority AE/AF milik JVC yang bisa dioperasikan dengan cara menyentuh objek yang sedang bergerak di layar. 

Fitur waterproof dan dustproof: Cocok untuk merekam di luar ruangan

Fitur waterproof dan dustproof: Cocok untuk merekam di luar ruangan

Jika Anda memakai kamera video di tempat yang banyak terdapat debu, periksa fitur dustproof. Kamera video bukan barang murah. Jadi, pastikanlah produknya memiliki fitur yang mendukung penggunaan jangka panjang. Anda bahkan bisa saja mendapati debu di ruangan tertutup.


Sementara itu, fitur waterproof sangat dibutuhkan jika Anda menggunakan kamera di kolam atau laut. Pemakaian di musim hujan dan percikan air di tempat semacam akuarium juga perlu diantisipasi.


Jika produknya tidak antiair dan antidebu, cobalah gunakan pelindung yang disebut housing. Housing biasanya sudah dilengkapi fitur dustproof dan waterproof.

Pertimbangkan produk dari produsen ternama

Pertimbangkan produk dari produsen ternama

Jika Anda masih kesulitan memilih, tentukan dengan cara melihat karakteristik tiap produsen. Salah satu contoh produk yang populer adalah Handycam dari Sony.


Selain fitur stabilisasi gambarnya memuaskan, Handycam Sony terbaik menghasilkan kualitas suara yang mantap. Tambahan lagi, kamera video Sony memiliki fitur My Voice Canceling yang dapat meredam noise.


Sementara itu, kamera video dari Panasonic memiliki fitur Wipe Shooting. Dengan fitur ini, kamera utama dan kamera kedua dapat merekam secara bersamaan. Jadi, Anda bisa merekam dari sudut yang lebar dan diperbesar sehingga video yang dihasilkan lebih bervariasi.

10 Rekomendasi kamera video terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kamera video terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Gambar produk
1
Fujifilm  X-A5 1

Fujifilm

2
Sony Compact Camera W830 1

Sony

3
Sony  α6000 1

Sony

4
Panasonic Full-HD Camcorders 1

Panasonic

5
Canon PowerShot G7 X Mark II 1

Canon

6
Olympus Interchangeable Lens Camera 1

Olympus

7
Sony  PJ410 Handycam® 1

Sony

8
Sony  Handheld Camcorder 1

Sony

9
Panasonic Camcorder Profesional 4K 1

Panasonic

10
Sony AX43 Handycam® 1

Sony

Nama produk

X-A5

Compact Camera W830

α6000

Full-HD Camcorders

PowerShot G7 X Mark II

Interchangeable Lens Camera

PJ410 Handycam®

Handheld Camcorder

Camcorder Profesional 4K

AX43 Handycam®

Keunggulan

Desain stylish dan estetis, kesayangan influencer travel

Ringkas dan ramping, pas di dalam kantong

Performanya tinggi, kamera andalan para YouTuber

Pembesaran optik hingga 50x, rekam gambar close-up secara menakjubkan

Kamera vlogging yang diminati vlogger mancanegara

Lensanya dapat diganti sesuai preferensi!

Putar langsung hasil rekaman lewat proyektor internal

Kamera video untuk kebutuhan video komersial

Kamera sinematik mini dengan fitur setara profesional

Video tetap stabil berkat mekanisme gimbal

Harga mulai dariRp 5.500.000,00Rp 2.119.000,00Rp 7.499.000,00Rp 3.999.000,00Rp 10.389.600,00Rp 6.945.000,00Rp 3.999.000,00Rp 29.500.000,00Rp 26.889.900,00Rp 13.129.000,00
Resolusi4KHDFull HDFull HD Full HD 4KFull HD4K4K4K
Frame rate60 fps 30 fps60 fps60 fps60 fps30 fps60 fps50 fps60 fps30 fps
ZoomTidak disebutkan 8x optical zoom, 32x digital zoom3,1x optical zoom, 4x digital zoom50x optical zoom, 150x digital zoom4,2x optical zoom, 4 x digital zoom3,1x optical zoom30x optical zoom, 350x digital zoom12x optical zoom24x optical zoom, 10x digital zoom20x optical zoom, 250x digital zoom
Lensa wide-anglexxx28 mmxx26,8 mm29 mm25 mm 26,8 mm
Fitur stabilisasi
Autofokus
Tautan produk
10
Resolusi4K
Frame rate30 fps
Zoom20x optical zoom, 250x digital zoom
Lensa wide-angle26,8 mm
Fitur stabilisasi
Autofokus
9

PanasonicCamcorder Profesional 4K

HC-X1500GC

Mulai dari Rp 26.889.900,00

Resolusi4K
Frame rate60 fps
Zoom24x optical zoom, 10x digital zoom
Lensa wide-angle25 mm
Fitur stabilisasi
Autofokus
8

Sony Handheld Camcorder

HXR-NX200

Mulai dari Rp 29.500.000,00

Resolusi4K
Frame rate50 fps
Zoom12x optical zoom
Lensa wide-angle29 mm
Fitur stabilisasi
Autofokus
7

Sony PJ410 Handycam®

HDR-PJ410

Mulai dari Rp 3.999.000,00

ResolusiFull HD
Frame rate60 fps
Zoom30x optical zoom, 350x digital zoom
Lensa wide-angle26,8 mm
Fitur stabilisasi
Autofokus
6

OlympusInterchangeable Lens Camera

OM-D E-M10 Mark III

Mulai dari Rp 6.945.000,00

Resolusi4K
Frame rate30 fps
Zoom3,1x optical zoom
Lensa wide-anglex
Fitur stabilisasi
Autofokus
5

CanonPowerShot G7 X Mark II

Mulai dari Rp 10.389.600,00

ResolusiFull HD
Frame rate60 fps
Zoom4,2x optical zoom, 4 x digital zoom
Lensa wide-anglex
Fitur stabilisasi
Autofokus
4

PanasonicFull-HD Camcorders

HC-V180

Mulai dari Rp 3.999.000,00

ResolusiFull HD
Frame rate60 fps
Zoom50x optical zoom, 150x digital zoom
Lensa wide-angle28 mm
Fitur stabilisasi
Autofokus
3
ResolusiFull HD
Frame rate60 fps
Zoom3,1x optical zoom, 4x digital zoom
Lensa wide-anglex
Fitur stabilisasi
Autofokus
2

SonyCompact Camera W830

DSC-W830

Mulai dari Rp 2.119.000,00

ResolusiHD
Frame rate30 fps
Zoom8x optical zoom, 32x digital zoom
Lensa wide-anglex
Fitur stabilisasi
Autofokus
1
Resolusi4K
Frame rate60 fps
ZoomTidak disebutkan
Lensa wide-anglex
Fitur stabilisasi
Autofokus

Baca juga rekomendasi produk kamera lainnya di sini

Selain kamera video, terdapat kamera DSLR, mirrorless, dan kamera action yang bisa Anda manfaatkan untuk videografi. Kami juga sudah menyiapkan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel-artikel berikut. Silakan dikunjungi satu per satu!

Kesimpulan

Kami telah mengulas cara memilih kamera video terbaik dan memberikan rekomendasi produknya untuk Anda. Tiap produk memiliki model, spesifikasi, dan fitur yang berbeda-beda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai kebutuhan?


Pilihlah produk yang mudah digunakan dan mampu menghasilkan video berkualitas tinggi. Periksa juga fitur-fitur yang Anda butuhkan sebelum membelinya. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam memilih kamera video terbaik. Selamat merekam momen-momen berharga!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siaran TV analog yang sudah mengudara di Indonesia akan diganti siaran TV digital. Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mengampanyekan program migrasi TV analog ke digital (MODI). Program ini ditargetkan rampung pada November 2022. Anda yang masih memiliki TV analog sebaiknya segera membeli set-top box untuk tetap bisa menonton televisi.Set-top box kini sudah dijual di toko offline dan online. Kami akan menunjukkan cara memilih set-top box yang bagus. Selain itu, kami juga memiliki rekomendasi berbagai merek set-top box terbaik, seperti EVERCOSS, AKARI, dan POLYTRON. Simaklah dari awal hingga akhir!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belum lama ini Indonesia merilis kebijakan tentang migrasi dari TV analog ke TV digital. Karena itu, banyak masyarakat yang mulai mencari antena TV digital. Namun, masyarakat acap kali bingung ketika ingin memilih antena TV digital terbaik. Apakah memilih merek Toyosaki, SANEX, PX, OASE, atau lainnya?Artikel kali ini membahas tips memilih antena TV digital, baik untuk indoor maupun outdoor. Kami juga memberikan rekomendasi antena digital yang bagus untuk TV tabung, LED, dan LCD. Dengan begitu, tayangan televisi akan lebih jelas dan jernih. Jangan sampai ketinggalan untuk menyimak penjelasannya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Smart TV akan memperkaya konten yang bisa Anda nikmati di rumah bersama keluarga. Selain menawarkan ragam tayangan hiburan, produknya memiliki teknologi yang canggih. Anda bisa menikmati konten dari YouTube dan Netflix, maupun layanan lain, seperti browser dan game.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi smart TV terbaik dari berbagai merek, seperti Samsung, Xiaomi, LG, dan lainnya. Ukurannya pun beragam, mulai dari smart TV 32 inch sampai yang 50 inch. Namun, sebelumnya akan kami jelaskan cara memilih smart TV yang bagus untuk Anda. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    TV & perangkat video
  •  10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera CCTV berguna untuk memantau supaya rumah Anda lebih aman. Maka dari itu, memilih kamera CCTV terbaik untuk rumah Anda merupakan hal yang penting. Namun, jenisnya sangat beragam, seperti kamera CCTV mini jarak jauh tanpa kabel atau yang untuk outdoor. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih kamera CCTV yang bagus.  Oleh karenanya, kami akan menjelaskan tips memilih kamera CCTV untuk rumah Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek CCTV terbaik, seperti Hikvision, Xiaomi, dan Dahua. Mari baca artikel ini agar Anda makin paham soal kamera CCTV!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak dari Anda yang menggunakan antena parabola untuk menangkap sinyal TV atau menonton acara dari channel luar negeri. Supaya berfungsi, parabola membutuhkan alat untuk mengirimkan sinyal dari dish ke televisi atau yang disebut receiver parabola. Agar bisa menonton acara favorit, Anda membutuhkan receiver yang sesuai dengan antena parabola yang dimiliki.Supaya tak salah pilih, kami akan memandu Anda memilih receiver parabola serta menjelaskan fungsi dan cara kerjanya. Kami juga menyiapkan rekomendasi merek receiver parabola yang bagus, seperti Nex Parabola, Matrix, K-Vision, Venus, dan Tanaka. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mencari smart TV terbaik dengan harga murah? Saat ini, tersedia banyak merek smart TV yang bagus dengan harga 1 jutaan dan 3 jutaan, seperti Xiaomi dan Polytron. Ukuran smart TV murah juga bervariasi, mulai 24 inch, 32 inch, hingga 50 inch.Sebelum memilih smart TV, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah sistem operasi yang digunakan, seperti Android TV, WebOS, atau Tizen. Periksa juga kualitas gambar dan audio dari smart TV. Jika Anda bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum memilih.
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Penguat Sinyal TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Penguat sinyal TV yang juga dikenal sebagai amplifier atau booster sinyal TV berguna untuk menguatkan gelombang radio yang lemah. Produknya direkomendasikan bagi Anda yang ingin menikmati gambar jernih pada TV digital ataupun analog. Namun, memilih produk yang bagus bukan hanya soal frekuensi siarannya, seperti UHF, VHF, atau digital terestrial. Memperhatikan spesifikasinya juga penting.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih penguat sinyal TV terbaik untuk Anda. Rekomendasi produk beserta ulasannya sudah kami siapkan. Ada produk dari merek Toyosaki, Tanaka, dan lainnya. Untuk TV LED, LCD, plasma, atau tabung? Semuanya ada!
    TV & perangkat video
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori