1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Tempat penyimpanan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tempat Gantungan Kunci Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tempat Gantungan Kunci Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Gantungan Kunci Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Gantungan Kunci Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Gantungan Kunci Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Gantungan Kunci Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tempat Gantungan Kunci Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kehilangan kunci atau lupa menaruh kunci pada saat-saat penting pasti terasa menjengkelkan. Untuk itu, sebaiknya Anda memiliki tempat gantungan khusus untuk meletakkan kunci. Namun, banyaknya desain dan tipe tempat gantungan kunci yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung dalam memilih.

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih tempat gantungan kunci yang bagus. Kemudian, kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik kepada Anda. Produk-produk ternama merek Krisbow, LEGO, dan sebagainya pun akan kami ulas. Simak terus artikel ini untuk menemukan tempat gantungan kunci favorit Anda!
Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih tempat gantungan kunci

Tempat gantungan kunci memiliki berbagai desain dan dilengkapi macam-macam aksesori, harganya pun bervariasi. Agar Anda tidak bingung, kami akan memberikan panduan cara memilih tempat gantungan kunci untuk Anda.

① Kenali bahannya

Tempat gantungan kunci yang tersedia di pasaran terbuat dari bahan yang beraneka ragam. Akan tetapi, kami akan membahas empat bahan yang paling sering digunakan, yaitu, kayu, besi, stainless steel, dan plastik. Berikut penjelasannya.

Stainless steel: Tidak mudah berkarat

Stainless steel: Tidak mudah berkarat
Sumber: krisbow.com

Tempat gantungan kunci yang terbuat dari stainless steel memiliki daya tahan yang baik dan kokoh. Bahan ini juga antikarat sehingga dapat digunakan untuk jangka panjang. Selain itu, tempat gantungan kunci yang terbuat dari baja terlihat lebih elegan dibanding dengan bahan lainnya. Bila Anda ingin memiliki tempat gantungan kunci yang awet dan mewah, pilihlah produk jenis ini.

Plastik: Ringan dan banyak pilihan warna

Plastik: Ringan dan banyak pilihan warna

Tempat gantungan kunci berbahan plastik memiliki karakteristik ringan dan berdesain colorful. Tidak hanya itu, tempat gantungan kunci berbahan plastik juga memiliki banyak model yang lucu. Jika Anda ingin menghadirkan nuansa ceria pada ruangan, memilih gantungan kunci berbahan plastik adalah langkah yang tepat. 

Kayu: Terlihat lebih artistik

Kayu: Terlihat lebih artistik

Tempat atau rak gantungan kunci yang terbuat dari kayu asli akan tampak lebih natural. Selain itu, tempat gantungan kunci berbahan kayu biasanya memiliki hiasan yang indah. Hal tersebut menjadikan tempat gantungan kunci bahan kayu dapat sekaligus dijadikan dekorasi rumah. 

② Cek ada tidaknya keunggulan tambahan

Cek ada tidaknya keunggulan tambahan
Banyak orang yang sering kali meletakkan kunci di meja, dapur, bahkan tempat lainnya sesaat setelah pulang ke rumah. Kemudian, pada keesokan harinya, sudah lupa di mana kunci tersebut diletakkan dan kerepotan mencarinya. 

Apakah Anda termasuk salah satunya? Kalau sudah begitu, akan lebih mudah jika Anda memiliki tempat gantungan kunci yang mudah di akses di dekat pintu masuk.


Selain itu, tidak hanya kunci yang bisa diletakkan dekat dengan pintu masuk. Mungkin ada sebagian orang yang gemar menaruh barang lainnya, seperti paket dari kurir, surat, sapu tangan, atau lip balm agar mudah di akses saat hendak pergi. 


Terdapat tempat gantungan kunci yang hanya memiliki gantungan untuk meletakkan kunci. Ada juga yang memiliki tempat penyimpanan tambahan untuk barang lainnya. Tergantung dari kebutuhan Anda, pilihlah tempat gantungan kunci yang sesuai dengan keperluan Anda sehari-hari.

③ Pertimbangkan cara pemasangannya

Terdapat berbagai model tempat gantungan kunci yang sangat cocok untuk memperindah interior ruangan. Selain pertimbangan estetika, perhatikan juga cara pemasangan tempat gantungan kunci tersebut agar dapat dipasang dengan mudah.

Tipe berdiri (stand): Efektif untuk menghemat tempat

Tipe berdiri (stand): Efektif untuk menghemat tempat
Sumber: shopee.co.id
Stand type atau tempat gantungan kunci tipe berdiri bisa menjadi pilihan jika Anda ingin menghemat tempat penyimpanan. Namun, saat memilih tipe ini, periksalah terlebih dahulu ukuran dan bobotnya.

Ketika Anda membeli melalui online shop, Anda tentu belum bisa mengetahui detail produknya dengan jelas. Untuk itu, perhatikanlah keterangan produk, seperti ukuran, berat, dan bahannya jika tersedia.


Tempat gantungan kunci stand yang bobotnya terlalu ringan rentan bergoyang ketika Anda mengambil atau menaruh kunci. Jadi, periksalah spesifikasinya dengan saksama.

Tipe tempel (magnet atau perekat): Tidak perlu melubangi tembok

Tipe tempel (magnet atau perekat): Tidak perlu melubangi tembok
Anda yang tidak mau repot melubangi dinding untuk memasang tempat gantungan kunci, pilih saja tempat gantungan kunci yang dipasang dengan cara ditempel. Ada dua macam tempat gantungan kunci jenis ini yaitu tipe magnet dan perekat.

  • Tipe magnet: Bisa dipasang di permukaan bermagnet seperti kulkas atau pintu besi. Namun, bila daya magnetnya lemah, tipe ini mudah terjatuh saat Anda menggantungkan kunci atau benda yang terlalu berat. 

  • Tipe selotip atau perekat: Mudah ditempelkan di dinding. Tempat gantungan kunci dengan perekat ini biasanya mampu menahan beban lebih berat dibanding dengan tipe magnet. 

Tipe dinding (paku atau sekrup): Terpasang kuat dan tidak mudah jatuh

Tipe dinding (paku atau sekrup): Terpasang kuat dan tidak mudah jatuh
Tipe ini adalah pilihan tepat jika Anda memerlukan tempat gantungan kunci yang bisa terpasang kuat. Tempat gantungan kunci ini memerlukan paku atau sekrup sehingga hanya dapat dipasang di dinding kayu atau tempat keras lainnya. Hal tersebut membuatnya mampu menempel sangat kuat di dinding atau tempat lainnya.

Mempertimbangkan hal tersebut, sebaiknya Anda tidak memasangnya ke partisi ruangan yang terbuat dari gipsum. Hal tersebut dikarenakan gipsum mungkin akan pecah dan tempat gantungan kunci pun terjatuh.


Anda juga perlu mengetahui berat tempat gantungan kunci yang hendak Anda beli. Apabila produknya cukup berat, akan berbahaya apabila terjatuh. Jadi, pastikan apakah produk tersebut sudah disertai sekrup atau dapat dipasang ke dinding dengan paku.

10 Rekomendasi tempat gantungan kunci terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tempat gantungan kunci terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

KINBAR

Rak Dinding Vintage Putih SWEETHOME

KINBAR Rak Dinding Vintage Putih SWEETHOME  1枚目

Tempat gantungan kunci serbaguna dan minimalis

2

Gantungan Kunci Dinding Rusa

 Gantungan Kunci Dinding Rusa 1枚目

Mampu menahan beban hingga 20 kilo!

3

GS4 Woodcraft

Tempat Gantungan Kunci Motif Bunga

GS4 Woodcraft Tempat Gantungan Kunci Motif Bunga 1枚目

Motif alami yang memberi nuansa imut nan natural

4

Cloud Shape Magnetic Wall Key Holder

 Cloud Shape Magnetic Wall Key Holder 1枚目

Praktis digunakan, desainnya pun menggemaskan!

5

Wood Key Box Cabinet

 Wood Key Box Cabinet 1枚目

Tempat gantungan kunci dengan penutup, risiko kunci mobil terjatuh dan hilang makin kecil!

6

Krisbow

Key Cabinet 48Keys

Krisbow Key Cabinet 48Keys 1枚目

Andalkan produk ini untuk menyimpan puluhan kunci sekaligus

7

Key Box Cabinet Button

 Key Box Cabinet Button 1枚目

Makin artistik berkat hiasan di cantolan

8

LEGO

Keyring Rack

LEGO Keyring Rack 1枚目

Koleksi wajib para penggemar Lego

9

Tempat Gantungan Kunci Bentuk Rumah

 Tempat Gantungan Kunci Bentuk Rumah 1枚目

Tonjolkan kesan vintage dalam ruangan

10

HOMEDEKOR Tempat Gantungan Kunci 7 Cantelan + Boks

 HOMEDEKOR Tempat Gantungan Kunci 7 Cantelan + Boks 1枚目

Ada wadahnya, praktis untuk meletakkan aneka barang

Perincian produk
Close
No.1

KINBARRak Dinding Vintage Putih SWEETHOME M530

Mulai dari Rp17.000,00

Tempat gantungan kunci serbaguna dan minimalis

Menaruh vas atau pot bunga kecil dan menggantungkan kunci dapat sekaligus Anda lakukan bila mempunyai produk ini. Gantungan kunci di tembok ini didesain dengan warna putih polos sehingga tampak begitu minimalis. 

Ditambah lagi, tulisan "Sweet Home" pada produk ini mampu membuat ruangan Anda tampak lebih cantik. Bila Anda tak memiliki banyak space di rumah, memilih tempat penggantung kunci ini adalah langkah yang cerdas. Anda dapat dengan mudah meletakkannya pada dinding atau pintu rumah Anda. 

No.2

Gantungan Kunci Dinding Rusa

Mulai dari Rp16.000,00

Mampu menahan beban hingga 20 kilo!

Model tempat gantungan kunci ini berbentuk kepala rusa lengkap dengan dua tanduk pada bagian atasnya. Hebatnya lagi, produk ini mampu menahan beban hingga dua puluh kilogram. 


Karakteristik tersebut membuat produk ini mumpuni dijadikan tempat menggantung tidak hanya kunci, tetapi juga tasbih, payung lipat, bahkan tas. Jika Anda membutuhkan gantungan kunci yang dapat digunakan menggantung benda berat sekalipun, jatuhkan pilihan Anda pada produk ini. 

No.3

GS4 WoodcraftTempat Gantungan Kunci Motif Bunga

Mulai dari Rp37.000,00

Motif alami yang memberi nuansa imut nan natural

Ingin memperindah dekorasi ruangan dengan nuansa natural sekaligus imut? Ini dia pilihannya. Tempat gantungan kunci rumah ini dilukis tangan menggunakan cat poster yang menghasilkan motif ceria berupa stroberi, bunga matahari, dan bunga tulip. 


Lapisan melamin pada produk ini juga membuat tempat gantungan kunci ini tahan air, lho. Desainnya apik, produk ini cocok juga digunakan sebagai tempat penyimpanan kunci di taman baca kanak-kanak atau TK.

No.4

Cloud Shape Magnetic Wall Key Holder

Mulai dari Rp19.900,00

Praktis digunakan, desainnya pun menggemaskan!

Bagian bawah tempat kunci di dinding ini berupa magnet kuat yang mampu menggantung kunci cukup dengan mendekatkannya saja. Berbentuk seperti awan dengan aneka pilihan warna mencolok, tempat gantungan kunci dinding ini terlihat unik. 

Praktisnya lagi, produk ini sudah dilengkapi dengan double tape. Jadi, Anda tak perlu lagi membelinya secara terpisah. Apabila Anda mencari tempat gantungan kunci yang mudah digunakan serta berdesain lucu, pilih saja produk ini.

No.5

Wood Key Box Cabinet6988

Mulai dari Rp189.000,00

Tempat gantungan kunci dengan penutup, risiko kunci mobil terjatuh dan hilang makin kecil!

Anda sering khawatir kunci mobil hilang karena digantung sembarangan? Kotak tempat gantungan kunci ini bisa jadi solusinya. Tempat gantungan kunci ini telah dilengkapi dengan penutup sehingga akan meminimalkan kunci mobil Anda terjatuh dan hilang. 


Tidak hanya itu, penggunaan bahan kayu menjadikan produk ini memiliki nuansa natural yang sangat menonjol. Uniknya lagi, ada hiasan ukiran pada bagian depannya yang menjadikan tempat kunci ini kian indah. 

No.6

KrisbowKey Cabinet 48KeysKW20-46

Mulai dari Rp484.000,00

Andalkan produk ini untuk menyimpan puluhan kunci sekaligus

Rak dinding gantungan kunci dari besi ini memiliki 48 cantelan di dalamnya. Tidak hanya difungsikan untuk menyimpan kunci, produk ini juga dapat dipakai sebagai tempat penyimpanan koleksi gantungan kunci Anda. Dengan bahan baja berlapis powder coating, produk ini pun menjadi makin awet. Segera miliki produk ini agar Anda tidak lagi bingung menyimpan kunci berjumlah banyak.
No.7

Key Box Cabinet Button

Mulai dari Rp195.000,00

Makin artistik berkat hiasan di cantolan

Tempat gantungan kunci dari kayu yang satu ini berbentuk seperti papan pigura berisi enam cantolan. Dihiasi dengan kancing berbentuk hati atau lingkaran, tempat gantungan ini tampak menawan. 

Ditambah lagi, pilihan aksen boneka, mesin jahit, atau bunga membuat tempat kunci kayu ini tampak dekoratif. Bila Anda menyukai desain lukisan yang ramai, tak ada salahnya memilih produk ini. 

No.8

LEGOKeyring Rack853580

Mulai dari Rp325.000,00

Koleksi wajib para penggemar Lego

Lego Keyring Rack merupakan pilihan tepat untuk Anda yang suka mengoleksi pernak-pernik Lego. Dengan membeli produk ini, Anda akan mendapatkan pelat serta beberapa brick Lego yang dapat dibongkar pasang. 


Cobalah memasang brick-nya, dekorasi keren sekaligus tempat gantungan kunci yang menarik pun siap menghiasi ruangan Anda. Asyiknya lagi, produk ini dapat ditempel baik dengan sekrup maupun double tape. Fleksibel!

No.9

Tempat Gantungan Kunci Bentuk Rumah

Mulai dari Rp199.000,00

Tonjolkan kesan vintage dalam ruangan

Dengan desain berbentuk rumah dan hiasan lubang hati pada bagian atasnya, produk ini tampak cute. Terlebih lagi, penggunaan warna cokelat menjadikan tempat gantunan kunci ini terlihat kian klasik.


Secara fungsi pun tidak perlu diragukan, Anda akan menemukan lima cantelan pada tempat gantungan kunci ini. Apabila Anda menyukai dekorasi bernuansa retro, tak ada salahnya memilih tempat gantungan kunci ini.

No.10

HOMEDEKOR Tempat Gantungan Kunci 7 Cantelan + Boks

Mulai dari Rp100.000,00

Ada wadahnya, praktis untuk meletakkan aneka barang

Produk ini layak dijadikan pertimbangan apabila Anda mencari tempat gantungan kunci yang sekaligus memiliki wadah untuk meletakkan barang. Surat, paket kecil, bahkan remote TV pun muat dalam kotaknya. 


Tidak hanya itu, tempat gantungan kunci ini juga dilengkapi dengan lubang tempat sekrup pada kedua sisinya. Jadi, Anda akan lebih mudah menggantungkan produk ini apabila diperlukan. 

Baca juga rekomendasi gantungan kunci di sini!

Selain tempat gantungan kunci, mungkin Anda juga memerlukan key holder (gantungan kunci) agar kunci Anda tidak berceceran. Tersedia banyak sekali desain dan model gantungan kunci yang cocok baik untuk pria maupun wanita. Penasaran bagaimana cara memilih serta apa saja rekomendasi produk pilihan kami? Silakan simak informasi selengkapnya pada artikel-artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Kali ini, kami telah merekomendasikan sepuluh pilihan tempat gantungan kunci terbaik. Bagaimana menurut pendapat Anda? Pemilihan tempat gantungan kunci yang tepat akan membuat kunci-kunci Anda lebih rapi dan teratur saat disimpan.

Demi hidup tenang tanpa rasa frustrasi karena lupa menyimpan kunci, pilihlah tempat gantungan kunci berdasarkan kebutuhan dan selera. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan tempat gantungan kunci yang tepat. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer