10 Rekomendasi Teh Melati Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Teh Melati Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Teh merupakan minuman yang sering diminum di negara Cina, yang dikenal memiliki rasa dan aroma yang menyegarkan. Di Indonesia sendiri, teh merupakan minuman yang cukup populer, salah satunya adalah teh dengan aroma bunga melati.

Kali ini, kami akan memperkenalkan produk teh melati dengan aroma dan rasa yang enak, dalam bentuk kemasan botol, teh celup, ataupun teh yang harus diseduh, khusus untuk Anda. Simak penjelasan kami lebih lanjut ya!

Daftar isi

Apa itu teh melati?

Apa itu teh melati?

Pertama-tama, jenis teh apakah teh melati itu? Sebenarnya, melati merupakan bunga dan daun, yang bukan merupakan jenis daun teh. Teh melati sering diminum di Cina, dengan daun teh seperti teh hijau dan teh oolong yang ditambah aroma bunga arabian jasmine.

Teh melati sendiri dikenal sejak 200 tahun yang lalu. Di Cina, teh hijau merupakan minuman yang sudah ada dari jaman 3 kerajaan era Wei – Wu – Shu sehingga teh melati merupakan minuman yang relatif baru di dalam sejarah Cina.

Teh melati lahir dari ide untuk tidak menyia-nyiakan daun teh yang kualitasnya sudah tua. Dengan kata lain, aroma dari melati dapat menutupi kualitas daun tehnya. Namun, aroma melati yang mewah memiliki reputasi tersendiri, tidak hanya populer di Cina, tapi juga di Inggris, Jepang, dan juga Indonesia.

Apa khasiat dari teh melati?

Melati merupakan bunga yang sering digunakan untuk aromaterapi. Dalam aromaterapi, melati memiliki efek untuk menyeimbangkan saraf otonom dan mengurangi rasa sakit. Khasiat apa yang bisa didapat saat digunakan untuk teh? Kami akan memberikan tiga poin penting berikut ini.

Untuk kecantikan kulit

Untuk kecantikan kulit

Teh melati mengandung vitamin C dan vitamin E yang diperlukan untuk kecantikan kulit. Keduanya memiliki antioksidan, yang dapat mencegah sel untuk beroksidasi, yang bisa mengakibatkan penuaan. Tambahan lainnya, vitamin C membantu pembentukan kolagen untuk kulit yang lebih kenyal.

Tentu saja, selain kelembapan, ada efek detoks yang diharapkan. Kedua kombinasi ini bisa menjaga kecantikan kulit Anda.

Untuk relaksasi

Untuk relaksasi

Kerja jantung dan saluran gastrointestinal diatur oleh saraf otonom. Sistem saraf otonom memiliki saraf simpatik dan saraf parasimpatik. Ketika saraf simpatik lebih dominan, jantung berdetak kencang dan fungsi organ pencernaan seperti saluran gastrointestinal memburuk. Di lain sisi, ketika saraf parasimpatik bekerja lebih dominan, detak jantung ditekan, dan fungsi organ pencernaan dimaksimalkan.

Biasanya, ketika saraf simpatik sedang bekerja, saraf parasimpatik lebih dominan ketika Anda sedang bersantai di kamar mandi. Hal ini mengakibatkan keseimbangan antara saraf tersebut. Namun, keseimbangan saraf ini akan terganggu jika Anda merasa stres.

Teh melati dapat mengurangi gangguan keseimbangan saraf otonom. Tidak mudah untuk membuat tubuh dan pikiran Anda rileks di saat Anda sedang stres. Dalam hal ini, teh melati dapat membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi lebih santai saat Anda meminumnya.

Untuk mempersiapkan keseimbangan hormon

Untuk mempersiapkan keseimbangan hormon

Untuk para wanita, mungkin kondisi tubuh dan pikiran menjadi tidak stabil saat sedang menstruasi atau menjelang menopause. Teh melati dapat mengatur sekresi hormon, dan bisa diharapkan untuk menyeimbangkan keseimbangan hormon.

Cara memilih teh melati

Untuk teh melati sendiri, ada berbagai cara untuk merasakan dan meminumnya. Kami akan memberikan poin-poin yang harus diperhatikan untuk memilih teh melati yang enak.

Teh melati yang pekat atau ringan ?

Teh melati yang pekat atau ringan ?

Untuk Anda yang sudah sering minum teh melati, mungkin tahu bahwa Anda bisa menikmati teh dengan keharuman bunga melati yang berlimpah, yang tidak dapat ditemukan di teh lain seperti teh hijau, teh oolong, teh hitam, dan lain-lain. Namun, untuk Anda yang tidak menyukai aroma dari teh melati, ada beberapa jenis teh melati yang aroma melatinya ditekan sehingga rasanya lebih ringan dan mudah diminum.

Teh yang diseduh atau dalam kemasan botol ?

Teh yang diseduh atau dalam kemasan botol ?

Teh melati bisa Anda nikmati dalam keadaan dingin maupun panas. Jika Anda ingin meminumnya dengan es batu, Anda bisa membuat teh melati dengan menggunakan daun teh yang panas, dan Anda bisa menikmati segelas es teh melati yang segar. Selain itu, ada juga kantong teh yang bisa langsung diseduh dan bisa disiapkan dengan mudah, serta teh dalam kemasan botol plastik yang bisa langsung Anda minum.

Jika Anda ingin minum teh melati yang panas, ada beberapa daun teh yang bisa mekar seperti bentuk bunga melati. Tentu saja hal ini akan membuat saat-saat minum teh Anda menjadi menyenangkan.

10 Rekomendasi teh melati terbaik

Setelah membaca penjelasan kami mengenai cara memilih teh melati, sekarang kami akan memperkenalkan 10 produk rekomendasi teh melati terbaik. Semoga dengan pilihan kami ini, akan memudahkan Anda untuk memilih teh melati yang cocok dengan selera Anda.

10. SariWangi Teh Melati

10. SariWangi Teh Melati

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 7.500

Dengan kemasan freshlock, rasa segar daun teh melati tetap terjaga

Teh celup yang dibuat dari daun teh berkualitas tinggi dari Jawa, yang dipadukan dengan bunga melati asli. Kemasan freshlock yang kedap udara, mampu menjaga kesegaran daun teh melati di dalamnya. Anda bisa menikmati teh ini sebagai minuman panas atau dingin, sesuai dengan selera Anda. Untuk Anda yang suka teh manis, Anda tinggal menambahkan gula untuk membuat teh manis favorit Anda.

Satu pak ini berisi 25 buah kantong teh celup, yang bisa Anda sajikan di rumah ketika Anda kedatangan tamu. Dengan meminum teh ini, suasana yang hangat pun akan tercipta di rumah dan obrolan juga akan terasa lebih menyenangkan.

9. Coca Cola Amatil Indonesia Freshtea Teh Melati

9. Coca Cola Amatil Indonesia Freshtea Teh Melati

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 4.100

Aroma melatinya yang harum dan menenangkan, akan membuat Anda lebih rileks

Teh melati dari Frestea ini memiliki aroma melati yang harum dan menenangkan. Untuk Anda yang lelah setelah seharian beraktivitas di dalam maupun di luar rumah, dengan meminum 1 botol teh melati ini, bisa membuat Anda lebih rileks dan juga tenang. Rasa manisnya yang juga pas, akan menyegarkan tenggorokan sekaligus pikiran Anda. Anda pun bisa beristirahat dengan tenang dan siap memulai aktivitas kembali di esok hari.

Dengan standar kualitas tinggi dan didukung oleh proses produksi yang higienis, setiap botol Frestea memiliki kualitas yang sama untuk kepuasan pelanggan. Untuk rasa yang lebih menyegarkan, Anda bisa menyimpannya terlebih dulu di lemari es, sebelum Anda minum. Dijamin, rasanya akan membuat tenggorokan Anda terasa segar!

8. 2 Tang Tea Classic Jasmine Tea

8. 2 Tang Tea Classic Jasmine Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 23.250

Aroma teh yang lembut dan halus dengan campuran bunga melati asli

Sudah dikenal sejak tahun 1942, teh ini hadir untuk Anda nikmati bersama dengan keluarga dan kerabat. Dikemas dalam bentuk teh celup, sangat praktis untuk Anda yang sibuk dan kurang memiliki waktu luang sehari-hari. Tentunya dengan meminum teh ini, akan membuat me time Anda semakin berharga.

Teh klasik dengan aroma melati ini dibuat dengan memadukan teh premium dan bunga melati asli. Diproses dengan quality control yang ketat, menghasilkan teh dengan rasa yang halus, lembut, dengan aroma melati yang khas. Dikemas dalam 1 kotak dengan berat 50 gram, teh melati ini bisa Anda nikmati bersama dengan orang tersayang Anda.

7. Nu Ice Tea Jasmine

7. Nu Ice Tea Jasmine

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.200

Dalam kemasan botol mungil yang bisa dibawa-bawa dengan mudah

Untuk Anda penggemar minuman teh dalam kemasan botol, pastinya familier dengan produk yang satu ini. Teh dengan aroma melati dan rasa yang manis dan nikmat. Dengan kemasan 330 ml, produk ini sangat praktis dan bisa Anda habiskan dalam satu waktu.

Minuman ini akan lebih nikmat jika Anda minum dalam keadaan dingin, agar Anda dapat merasakan kesegaran teh di setiap tetesnya. Jangan lupa untuk menikmati teh ini dengan camilan favorit Anda. Selain itu, kemasan botolnya yang mungil juga mudah Anda bawa kemana pun Anda pergi.

6. Dilmah Green Tea with Natural Jasmine Petals

6. Dilmah Green Tea with Natural Jasmine Petals

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 34.000

Kombinasi sempurna antara teh hijau dengan bunga melati

Teh dari Dilmah ini berwarna kuning kehijauan yang memberikan kesan lembut sekaligus menyegarkan. Ditambah dengan aroma bunga melati, memberikan karakter floral yang unik di ujung lidah Anda. Kombinasi bunga melati dengan teh hijau kualitas terbaik akan menciptakan suasana minum teh yang sempurna untuk Anda.

Rasa teh hijaunya juga tidak terlalu pekat sehingga tidak terasa pahit di lidah Anda. Untuk Anda yang tidak menyukai rasa teh hijau yang pekat, Anda bisa mencoba teh dari Dilmah ini. Kemasannya yang mewah juga akan memberikan kepuasan tersendiri untuk Anda.

5. Singa Mas Indonesia Fiesta Black Tea Jasmine

5. Singa Mas Indonesia Fiesta Black Tea Jasmine

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.100

Teh yang kaya akan antioksidan dan menyehatkan tubuh

Teh dari Fiesta ini terbuat dari daun teh hitam pilihan dan bunga melati yang diolah dengan teknologi Aseptic Cold-Filling, menjaga kemurnian rasa teh dan menghasilkan aroma yang nikmat dan kaya akan rasa. Teh ini juga kaya akan antioksidan, dapat membantu menangkal radikal bebas dan juga menyehatkan tubuh.

Dibuat tanpa pengawet dan pemanis buatan, teh ini aman dikonsumsi untuk Anda dan keluarga. Kemasannya yang praktis, membuat teh ini bisa Anda konsumsi dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Sebelum membeli, Anda juga bisa memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalam teh ini di dalam website resminya.

4. Mayora Teh Pucuk Harum

4. Mayora Teh Pucuk Harum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.400

Dibuat dari pucuk daun teh untuk rasa teh yang terbaik

Teh Pucuk Harum dibuat dari daun teh bagian pucuk yang sudah dipilih dengan seksama. Tentunya Anda masih ingat iklan Teh Pucuk Harum ini di televisi. Ketika ada ulat yang ingin makan daun teh bagian atas, tetapi harus kecewa karena pucuk daun tehnya sudah diambil. Pucuk daun teh dipilih untuk menciptakan rasa teh yang terbaik.

Teh ini dibuat dengan menggunakan teknologi Advanced Sterilizing Technology untuk memberikan rasa kesegaran yang optimal untuk Anda. Rasa manisnya pas dan menyegarkan tenggorokan Anda. Teh Pucuk Harum juga memproduksi teh dengan kadar gula yang lebih rendah sehingga aman untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan minuman manis.

3. Ultra Jaya Teh Kotak Jasmine Tea

3. Ultra Jaya Teh Kotak Jasmine Tea

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.700

Melalui proses UHT, membuat aroma dan kesegaran teh tetap terjaga

Teh Kotak Jasmine merupakan minuman teh yang dapat membuat Anda merasakan sensasi rasa terbaik dari teh alami. Produk ini dibuat dari ekstrak daun teh berkualitas tinggi dan diproses dengan sentuhan bunga melati. Proses pembuatan teh ini disterilisasikan melalui proses UHT, untuk memastikan aroma dan kesegaran teh tetap terjaga.

Untuk Anda yang hobi olahraga, setelah seharian beraktivitas, dan banyak mengeluarkan keringat, Anda dapat mengganti kebutuhan mineral tubuh Anda dengan minum produk ini. Teh Kotak Jasmine juga memproduksi minuman teh dengan less sugar, untuk Anda yang kurang suka dengan rasa manis dari teh kemasan. Rasa segarnya juga sama seperti saat Anda meminum teh kotak dengan kadar gula yang normal.

2. Teh 63 Jasmine Oolong Tea

2. Teh 63 Jasmine Oolong Tea

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 90.000

Teh oolong aroma melati dengan segudang manfaat untuk Anda

Untuk Anda yang sangat menjaga kesehatan, teh oolong bisa menjadi pilihan minuman teh untuk Anda konsumsi setiap harinya. Selain dapat mencegah penuaan dini, teh oolong juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah, mencegah osteoporosis, menyehatkan jantung, dan meningkatkan energi tubuh.

Teh oolong dari Teh 63 ini dilengkapi dengan aroma melati yang harum. Dengan rasa oolong yang khas dan aroma melati yang wangi, tentunya membuat saat-saat Anda menyeduh teh menjadi lebih menyenangkan. Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapat dengan meminum teh ini setiap hari, siapa yang bisa menolak minum teh ini?

1. Sinar Sosro Teh Botol Sosro Original

1. Sinar Sosro Teh Botol Sosro Original

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 3.500

Teh melati favorit semua orang dari berbagai kalangan

Siapa yang belum pernah mencoba produk Teh Botol Sosro ini? Sudah dikenal sejak lama sebagai minuman teh rasa melati yang menyegarkan tenggorokan. Anda bisa menemukan teh ini di banyak tempat, dari warung, minimarket, supermarket, tempat makan kaki lima hingga restoran. Teh ini dapat Anda nikmati saat berkumpul bersama dengan teman ataupun keluarga.

Rasa teh dengan aroma melati serta rasa manis yang khas, menjadikan teh botol sosro ini favorit banyak orang. Kemasannya juga beraneka macam, dari botol beling, kemasan kotak sampai kemasan botol PET. Selain yang rasa original, juga ada rasa less sugar dan no sugar, yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda.

Hal yang harus diperhatikan ketika minum teh melati

Di atas kami telah menjelaskan mengenai cara memilih teh melati dan produk-produk teh melati yang bisa Anda coba, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum minum teh melati.

Adanya kafein

Adanya kafein

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teh melati merupakan daun teh, seperti teh hijau yang dicampur dengan aroma melati. Tidak sebanyak kopi, tapi teh hijau juga mengandung kafein.

Karena kafein memiliki efek membuat tubuh Anda tetap terjaga, sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein sebelum Anda tidur. Selain itu, batasi juga konsumsi minuman yang mengandung kafein untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan juga anak-anak.

Dapat mengakibatkan kontraksi pada rahim

Dapat mengakibatkan kontraksi pada rahim

Teh melati mengandung bahan yang dapat membuat rahim kontraksi. Untuk wanita yang sedang hamil dan usia kehamilan 37 minggu, minum teh melati terlalu banyak dapat meningkatkan resiko kelahiran prematur. Jadi sebaiknya kurangilah konsumsi teh melati saat Anda sedang hamil.

Efek diuretik

Efek diuretik

Teh melati memiliki efek diuretik, sama halnya dengan teh hijau. Sebaiknya Anda konsumsi dengan hati-hati, agar saat bepergian dengan kereta atau bus yang tidak ada toiletnya, Anda tidak akan mengalami kesulitan. Namun, efek diuretik juga baik untuk kesehatan Anda, karena dengan adanya tindakan diuretik, berarti kotoran yang terkumpul di dalam tubuh juga akan keluar bersamaan.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel kami kali ini? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat Anda minum teh melati. Dengan banyaknya produk teh melati yang beredar, semoga Anda bisa menemukan teh melati yang cocok dengan Anda dalam bentuk botolan, teh celup, ataupun yang harus diseduh.

Tentunya Anda akan mendapatkan kepuasan tersendiri saat Anda minum teh melati yang sesuai dengan selera Anda. Dengan rajin minum teh, Anda akan merasakan manfaatnya di tubuh Anda.