1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Teh & kopi
  6. >
  7. 10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2023)

Teh melati adalah minuman yang terkenal dengan aroma yang wangi serta rasa yang segar. Teh yang berasal dari Cina ini juga memiliki penggemarnya tersendiri di Indonesia. Sebut saja merek seperti SariWangi, Teh Dandang, hingga Dilmah yang memproduksi teh melati yang enak.

Kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi teh melati terbaik yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, kami juga akan mengulas cara memilih teh melati dan memberi rekomendasi produk yang bagus. Tidak ketinggalan, tea specialist, Neysa Valeria juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Neysa Valeria adalah seorang tea specialist dan teapreneur di Indonesia. Berawal dari kecintaannya terhadap teh, ia mulai mempelajari teh secara autodidak dan menulis sebuah blog tentang teh pada 2011. Berbekal pendidikan sebagai seorang certified tea master, tea blender, dan tea taster, Neysa mendirikan perusahaan teh, Havilla Tea, pada 2014. Selain sebagai pengusaha, wanita yang sedang membuat buku tentang teh ini juga kerap mengadakan workshop dan memberikan edukasi seputar teh.

Profil Neysa Valeria
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa itu teh melati?

Apa itu teh melati?
Tanaman melati sendiri bukanlah termasuk jenis tanaman teh. Lantas, jenis teh apakah teh melati itu? Faktanya, yang disebut teh melati itu bukan berasal dari bunga atau daun melati. Teh yang kerap diminum di Cina ini umumnya menggunakan daun teh hijau atau oolong yang ditambahkan Arabian jasmine sebagai aromanya

Teh melati telah dikenal sejak 200 tahun yang lalu. Di Cina, teh hijau sendiri sudah ada dari zaman tiga negara era Wei-Wu-Shu. Meskipun demikian, teh melati merupakan minuman yang relatif baru di dalam sejarah Cina. Teh melati lahir dari ide agar daun teh yang sudah tua tidak terbuang sia-sia


Aroma melati ini sengaja ditambahkan untuk menutupi kualitas daun teh yang telah memburuk tersebut. Ternyata, aroma melati yang berkelas tersebut malah mendapatkan reputasi yang baik. Tidak hanya di Cina, teh melati juga populer di negara seperti Inggris dan Jepang yang memiliki budaya minum teh.


Di Indonesia, teh melati sangat populer. Jenis teh yang digunakan untuk meracik teh melati pun tidak hanya teh hijau, tetapi juga teh hitam dan teh putih. Selain itu, meski bernama asli mòlìhuāchá, teh melati lebih dikenal sebagai jasmine tea di seluruh penjuru dunia.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Teh melati umumnya adalah teh hijau yang diaromatisasi dengan bunga melati. Ada dua jenis bunga melati yang dapat digunakan untuk mengaromatisasi teh melati. Meskipun begitu, aroma teh melati khas Indonesia berbeda dengan aroma teh melati Cina.


Teh melati yang baik umumnya diaromatisasi secara alami menggunakan kuncup bunga melati asli. Tidak berhenti di situ, kuncup melati tersebut haruslah dihamparkan di bawah teh hijau dan dibiarkan semalaman agar teh dapat mengabsorpsi aroma bunganya. 


Keesokan harinya, bunga yang telah mekar dibuang dan diganti dengan kuncup yang baru. Proses ini dapat diulang hingga beberapa kali tergantung kebijakan kebun ingin mencapai intensitas aroma melati seperti apa.


Coba bayangkan pekerjaan yang harus dilakukan untuk menghasilkan teh melati yang baik dan alami. Sayangnya, karena masalah cost dan waktu, kini banyak perusahaan yang menggunakan pewangi kimia, baik yang alami maupun tidak. Di dunia tea specialty, teh melati yang dicampur dengan bunga melati kering sering kali dianggap sebagai pertanda kualitas teh melati yang buruk.

Apa khasiat dari teh melati?

Melati merupakan bunga yang sering digunakan untuk aromaterapi. Pada aromaterapi, melati memiliki efek untuk menyeimbangkan saraf otonom dan mengurangi rasa sakit. Jika dijadikan teh, khasiat apa saja yang bisa diberikannya? Ada tiga khasiat yang akan kami jelaskan berikut ini.

Untuk kecantikan kulit

Untuk kecantikan kulit

Teh melati mengandung vitamin C dan E yang sangat diperlukan untuk kecantikan kulit. Keduanya berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah oksidasi sel penyebab penuaan. Tambahan lainnya, vitamin C juga membantu pembentukan kolagen untuk kulit yang lebih kenyal. Selain melembapkan, teh melati juga menawarkan efek detoksifikasi. Kombinasi manfaat tersebut bisa menjaga kecantikan kulit Anda.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Sama halnya dengan teh yang mengandung antioksidan, bunga melati sendiri sudah mengandung antioksidan. Dengan demikian, perpaduan keduanya dapat memengaruhi kesehatan kulit sehingga kulit menjadi lebih lembut dan cerah. Perlu diingat bahwa khasiat-khasiat dari teh terhadap tubuh seseorang akan berbeda. Hal ini berkaitan erat dengan gaya hidup dan respon tubuh pada tiap-tiap orang.

Memberikan efek relaksasi

Memberikan efek relaksasi
Kerja jantung dan sistem pencernaan diatur oleh saraf otonom. Saraf otonom memiliki saraf simpatik dan saraf parasimpatik. Ketika saraf simpatik lebih dominan, jantung berdetak kencang dan fungsi saluran pencernaan akan memburuk. 

Sebaliknya, jika saraf parasimpatik bekerja lebih dominan, detak jantung akan melambat dan fungsi pencernaan meningkat. Biasanya, saraf simpatik lebih dominan ketika Anda sedang konsentrasi bekerja. Namun, ketika sedang bersantai, saraf parasimpatik yang mendominasi. Namun, keseimbangan kedua saraf ini akan terganggu ketika Anda merasa stres.


Teh melati dapat mengurangi gangguan keseimbangan saraf otonom. Tidak mudah untuk membuat tubuh dan pikiran Anda relaks saat Anda sedang stres. Pada saat seperti itu, meminum teh melati dapat membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi lebih santai.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Ya, memang benar. Aroma harum bunga melati sangatlah menenangkan. Kandungan minyak asiri pada bunga melati yang terekstraksi ketika bertemu air panas dapat meredakan kecemasan dan stres.

Dapat menjaga keseimbangan hormon

Dapat menjaga keseimbangan hormon
Untuk para wanita, kondisi tubuh dan pikiran biasanya menjadi tidak stabil saat sedang menstruasi atau menjelang menopause. Jika Anda mengalaminya, cobalah meminum teh melati karena teh melati dapat mengatur sekresi hormon dan menyeimbangkan hormon.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih teh melati

Ada berbagai cara menikmati teh melati agar Anda bisa mendapatkan rasa yang diinginkan. Kami akan memberikan poin-poin yang perlu diperhatikan untuk memilih teh melati yang enak.

① Pilih jenis teh yang digunakan

Pilih jenis teh yang digunakan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, awalnya teh melati terbuat dari teh hijau. Namun, kini varietas teh yang digunakan lebih bervariasi. Anda bisa memilih teh melati dari jenis teh yang digunakan. Beberapa jenis teh yang digunakan adalah teh hijau, teh oolong, teh hitam, dan lain sebagainya. Selain memengaruhi rasa, tingkat kepekatan teh yang dihasilkan pun akan berbeda


  • Teh hijau atau teh putih: Kedua teh ini bisa dipilih jika Anda menyukai teh dengan kepekatan ringan.
  • Teh hitam: Teh andalan jika Anda menginginkan teh dengan kepekatan tinggi.


Ingin tahu lebih lanjut tentang teh hitam? Simak dalam artikel di bawah ini!

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Teh melati merupakan salah satu jenis teh yang paling umum ditemui di Indonesia, terutama di Jawa Tengah dan sekitarnya. Masyarakat Jawa Tengah memiliki kebudayaan minum teh melati pekat yang diseduh dengan gula batu. Lalu, teh tersebut disajikan menggunakan peralatan minum dari tanah liat. Masyarakat setempat menyebutnya nasgitel atau panas, legi (manis), kenthel (pekat). 


Biasanya, gula batu yang dimasukkan ke dalam teh panas tidak langsung diaduk. Namun, gelas akan digoyang dengan gerakan memutar agar gula larut perlahan. Dengan begitu, ketika diminum, rasa manis akan dirasakan belakangan. Hal ini dianggap sebagai salah satu filosofi oleh mereka, yaitu hidup itu bersusah-susah dahulu, baru manisnya dirasakan kemudian.


Jika Anda baru pertama kali mencicipinya dan merasa rasa tehnya terlalu pekat, jangan khawatir! Teh sangat versatile, Anda bisa menyesuaikan rasa atau intensitasnya dari rasio teh yang digunakan. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikannya dengan durasi waktu penyeduhan. Make tea as you like it!

② Pilih bentuk teh sesuai keinginan

Pilih bentuk teh sesuai keinginan
Dalam hal penyajian, teh bisa disajikan dalam dua cara penyajian, yakni panas dan dingin. Kebanyakan, teh memang disajikan dalam keadaan panas. Namun, teh dingin juga bisa menjadi pilihan untuk dinikmati. Cara penyajian keduanya pun sangat mudah. 

  • Teh panas: Taruh sejumput teh tubruk ke dalam cangkir dan seduh dengan air panas. Teh melati panas pun siap menemani waktu sore Anda. Jika merasa terganggu dengan ampas teh, Anda bisa memilih bentuk teh celup.

  • Teh dingin: Jika Anda menginginkan sajian teh dingin, Anda bisa membuat sendiri di rumah. Cukup seduh teh dengan air panas dan tunggu beberapa saat. Setelah itu, tambahkan es batu atau simpan di kulkas untuk beberapa saat. Akan tetapi, apabila Anda tidak punya waktu untuk menyeduhnya, teh melati dalam kemasan bisa menjadi pilihan.

10 Rekomendasi teh melati terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk teh melati terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Neysa Valeria.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Sinar Sosro (Rekso Company)

Tehbotol Sosro

Sinar Sosro (Rekso Company) Tehbotol Sosro  1枚目

Tersedia dalam banyak pilihan kemasan serta kadar gula yang berbeda

2

Kartini Teh Nasional

Teh Dandang Jasmine Tea

Kartini Teh Nasional Teh Dandang Jasmine Tea 1枚目

Aroma soft, stabil hingga 6 jam

3

Mayora

Teh Pucuk Harum

Mayora Teh Pucuk Harum 1枚目

Dibuat dari pucuk daun teh untuk rasa teh terbaik

4

Dilmah

Green Tea Jasmine

Dilmah Green Tea Jasmine  1枚目

Rasakan karakter floral yang unik di lidah

5

Ultra Jaya

Teh Kotak Jasmine Tea

Ultra Jaya Teh Kotak Jasmine Tea 1枚目

Melalui proses UHT, membuat aroma dan kesegaran teh tetap terjaga

6

Unilever

SariWangi Teh Melati

Unilever SariWangi Teh Melati 1枚目

Dengan kemasan freshlock, rasa segar daun teh melati tetap terjaga

7

Teh 63 Jasmine

 Teh 63 Jasmine 1枚目

Mampu menyerap lemak jahat untuk tubuh yang lebih sehat

8

Heizl Tea

Jasmine Pearl Tea

Heizl Tea Jasmine Pearl Tea 1枚目

Digulung bak mutiara, hasilkan aroma yang kuat

9

Seduh Tea and Tisane

Rosy Moonlight Tea Blend

Seduh Tea and Tisane Rosy Moonlight Tea Blend 1枚目

Racikan teh putih, kelopak mawar, dan kelopak melati menjadikan perpaduan rasa yang unik

10

Gunung Slamat (Rekso Company)

Teh Cap Botol Jasmine Tea

Gunung Slamat (Rekso Company) Teh Cap Botol Jasmine Tea 1枚目

Siapa yang bisa menolak kepekatannya?

Perincian produk
Close
No.1

Sinar Sosro (Rekso Company)Tehbotol Sosro

Mulai dari Rp2.700,00

Tersedia dalam banyak pilihan kemasan serta kadar gula yang berbeda

Produk ini sudah dikenal sejak lama sebagai teh rasa melati yang menyegarkan tenggorokan. Anda bisa menemukan teh ini hampir di semua tempat di Indonesia. Produk ini paling pas untuk diminum setelah olahraga atau sebagai teman saat makan bakso. Sesuai slogannya, "apa pun makanannya, minumnya Teh Botol Sosro!".

Rasa teh dengan aroma melati serta rasa manis yang khas menjadikan produk ini banyak diminati. Kemasannya juga beraneka macam, mulai dari botol kaca, kemasan tetra pak, sampai kemasan botol PET. Dengan kemasan praktisnya, produk ini pas dipilih oleh Anda yang sering bepergian. Selain rasa original, ada juga pilihan rasa less sugar dan tawar yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. 
No.2

Kartini Teh NasionalTeh Dandang Jasmine Tea

Mulai dari Rp5.699,00

Aroma soft, stabil hingga 6 jam

Jika Anda mencari teh dengan warna lebih pekat, tetapi aroma tidak terlalu kuat, pilih teh melati ini. Teh ini berasal dari teh hijau dan bunga melati yang diolah melalui proses penggosongan dan pewangian. Adapun keunggulan dari teh ini terletak pada warna yang lebih pekat meskipun menggunakan teh hijau.


Selain itu, aroma melati yang dihasilkan juga cenderung soft dan stabil. Anda masih bisa merasakan aroma yang dihasilkan bahkan hingga 6 jam setelah diseduh. Rasa sepat yang dihasilkan juga lebih pas dengan aftertaste cenderung manis.

No.3

Dibuat dari pucuk daun teh untuk rasa teh terbaik

Teh Pucuk Harum dibuat dari daun teh bagian pucuk yang sudah dipilih dengan saksama. Pucuk daun teh dipilih untuk menciptakan rasa teh terbaik. Jadi, Anda tidak perlu lagi ragu dengan rasa tehnya yang segar dengan wangi melati yang harum. Teh ini dibuat menggunakan teknologi Advanced Sterilizing Technology untuk memberikan rasa kesegaran yang optimal untuk Anda. 

Rasa manisnya pas dan menyegarkan tenggorokan Anda. Produk dari Mayora ini juga diklaim aman dikonsumsi karena dibuat tanpa pengawet serta pemanis buatan. Teh ini sangat cocok untuk Anda yang mencari teh kemasan yang tidak membuat serak tenggorokan.

No.4

DilmahGreen Tea Jasmine

Mulai dari Rp42.000,00

Rasakan karakter floral yang unik di lidah

Teh dari Dilmah ini berwarna kuning kehijauan yang memberikan kesan lembut sekaligus menyegarkan. Ditambah dengan aroma bunga melati, teh ini akan terasa makin unik di ujung lidah. Kombinasi bunga melati dengan teh hijau kualitas terbaik akan menciptakan suasana minum teh yang sempurna untuk Anda.

Rasa teh hijaunya juga tidak terlalu pekat sehingga tidak terasa pahit di lidah Anda. Untuk Anda yang tidak menyukai rasa teh hijau yang pekat, Anda bisa mencoba teh dari Dilmah ini. Kemasannya yang mewah juga akan memberikan kepuasan tersendiri.
No.5

Ultra JayaTeh Kotak Jasmine Tea

Mulai dari Rp2.800,00

Melalui proses UHT, membuat aroma dan kesegaran teh tetap terjaga

Teh Kotak Jasmine Tea merupakan minuman teh yang dapat membuat Anda merasakan sensasi rasa terbaik dari teh alami. Produk ini dibuat dari ekstrak daun teh berkualitas tinggi dan diproses dengan sentuhan bunga melati. Proses pembuatan teh ini disterilisasikan melalui proses UHT untuk memastikan aroma dan kesegaran teh tetap terjaga.

Teh Kotak tersedia dalam berbagai ukuran dan varian gula. Bagi Anda yang hobi olahraga, setelah seharian beraktivitas dan banyak mengeluarkan keringat, Teh Kotak segar untuk dikonsumsi. Hal ini karena produk ini diklaim dapat menggantikan mineral yang hilang selama beraktivitas.
No.6

UnileverSariWangi Teh Melati

Mulai dari Rp8.190,00

Dengan kemasan freshlock, rasa segar daun teh melati tetap terjaga

Teh SariWangi adalah teh celup yang dibuat dari daun teh berkualitas tinggi dari Jawa yang dipadukan dengan bunga melati asli. Kemasan freshlock yang kedap udara mampu menjaga kesegaran daun teh melati di dalamnya. Dengan demikian, teh ini cocok untuk Anda yang mencari teh dengan aroma yang selalu segar dan terjaga.

Anda bisa menikmati teh ini sebagai minuman panas atau dingin sesuai dengan selera Anda. SariWangi Teh Melati berisi 25 buah kantong teh celup yang bisa Anda sajikan di rumah ketika Anda kedatangan tamu. Dengan meminum teh ini, suasana yang hangat pun akan tercipta di rumah dan obrolan juga akan terasa lebih menyenangkan.

No.7

Mampu menyerap lemak jahat untuk tubuh yang lebih sehat

Teh melati ini terbuat dari 100% daun teh alami. Anda tidak akan menemukan perasa, pewarna, atau pengawet buatan pada produk ini. Teh 63 memadukan teh oolong yang kaya manfaat dengan aroma melati yang wangi, lembut, dan menyegarkan.

Selain baik untuk kesehatan tubuh, produk ini juga mampu menyerap lemak jahat. Dengan begitu, produk ini pas diminum oleh Anda yang ingin mengurangi berat badan dan sedang diet. Minum dalam keadaan hangat setelah makan jika ingin merasakan manfaat terbaiknya.
No.8

Heizl TeaJasmine Pearl Tea

Mulai dari Rp62.234,00

Digulung bak mutiara, hasilkan aroma yang kuat

Produk dari Heizl ini terbuat dari perpaduan antara daun teh hijau dan bunga melati yang diproses secara bersamaan. Dengan demikian, aroma teh hijau dan melati yang dihasilkan pun lebih blend. Digulung secara handmade bak mutiara, aroma teh melati pun lebih kuat ketika diseduh dengan air panas.


Teh melati ini juga diklaim memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah mengurangi stres, menurunkan kolesterol, menjaga berat badan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, produk ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki keluhan kesehatan tertentu.

No.9

Seduh Tea and TisaneRosy Moonlight Tea Blend

Mulai dari Rp21.500,00

Racikan teh putih, kelopak mawar, dan kelopak melati menjadikan perpaduan rasa yang unik

Tak melulu teh hijau atau teh hitam, teh putih pun bisa dijadikan teh melati. Salah satunya produk dari Seduh Tea & Tisane ini. Dengan perpaduan teh putih, bunga mawar, dan bunga melati, teh ini akan memberikan rasa yang unik di lidah. 


Selain itu, teh ini memiliki tingkat kepekatan yang sangat ringan. Dengan demikian, produknya sangat cocok untuk Anda yang tidak suka teh yang pekat dan kental. Teh ini juga memiliki manfaat kesehatan, salah satunya meredakan nyeri haid.

No.10

Gunung Slamat (Rekso Company)Teh Cap Botol Jasmine Tea

Mulai dari Rp7.999,00

Siapa yang bisa menolak kepekatannya?

Jika Anda penikmat teh tubruk dengan rasa teh yang pekat, Anda wajib mencoba produk legendaris satu ini. Teh melati yang ada sejak 1940 ini diolah dari teh berkualitas dengan keharuman melati yang khas. Sekali mencoba, Anda akan jatuh cinta dengan kepekatannya.

Produk ini paling pas dinikmati ketika masih panas sehingga sangat tepat untuk relaksasi. Hadir dengan bungkus berwarna hijau dan biru, Anda bisa memilih di antara keduanya saat bersantai. Tenang saja, teh melati ini tidak mengandung bahan pewarna dan pengawet sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Hal yang harus diperhatikan ketika minum teh melati

Di atas, kami telah menjelaskan mengenai cara memilih teh melati dan produk-produk teh melati yang bisa Anda coba. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum minum teh melati. Baca ulasannya berikut ini.

Mengandung kafein

Mengandung kafein

Pada dasarnya, teh melati adalah perpaduan antara teh hijau atau jenis teh lain dengan aroma melati. Meskipun tidak sebanyak kopi, teh hijau juga mengandung kafein. Oleh karena efek dari kafein akan membuat tubuh Anda terjaga, sebaiknya hindarilah meminum teh melati sebelum tidur. Selain itu, batasi juga konsumsi teh melati pada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Teh melati umumnya terbuat dari teh hijau yang memiliki kadar kandungan kafein relatif tinggi. Meskipun demikian, cara kerja dan kandungan kafein pada teh lebih pelan dan lembut dibandingkan dengan kopi sehingga efeknya berbeda


Secara umum, dengan dosis yang sama, kandungan kafein pada teh adalah seperempat kopi. Bagi Anda yang sensitif terhadap kafein, Anda dapat mengonsumsi teh melati pada pagi, siang, atau sore hari. Hindari mengonsumsi teh melati di atas jam 5 sore agar tidak mengganggu waktu istirahat Anda.

Memiliki efek diuretik

Memiliki efek diuretik

Sama halnya dengan teh hijau, teh melati juga memberikan efek diuretik yang menyebabkan Anda sering buang air kecil. Sebaiknya konsumsi teh dengan hati-hati ketika Anda bepergian dengan kereta atau bus yang tidak menyediakan toilet. Efek diuretik adalah efek yang bagus untuk kesehatan karena kotoran yang terkumpul di dalam tubuh akan terbuang.

Neysa Valeria
Tea specialist & teapreneur
Neysa Valeria

Teh secara umum memang memiliki efek diuretik bagi tubuh. Kadar kafein pada teh menyebabkan pelepasan air menjadi lebih banyak. Akan tetapi, hal ini tidak akan mengganggu kecuali Anda meminum teh dalam kadar yang berlebihan dalam sehari

Baca juga rekomendasi berbagai jenis teh lainnya di sini

Jika Anda penggemar teh, Anda pasti sudah tahu bahwa ada berbagai jenis teh dengan manfaatnya masing-masing. Pada tautan berikut ini kami telah mengulas tentang berbagai jenis teh. Ada teh hijau, teh chamomile, dan masih banyak jenis lainnya yang bisa dipilih untuk menemani tea time Anda!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah lebih memahami tentang teh melati? Saat tubuh terasa lelah dan stres melanda, meminum teh melati bisa membantu mengatasinya. Teh melati berfungsi tidak hanya untuk relaksasi, tetapi juga untuk kecantikan kulit dan menjaga keseimbangan hormon.

Anda bisa memilih teh yang pekat atau ringan sesuai dengan selera Anda. Teh melati tersedia dalam bentuk seduh dan kemasan botol sehingga Anda dapat mengonsumsinya sesuai kebutuhan.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer