10 Rekomendasi Keyboard Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Keyboard Lipat (Terbaru Tahun 2018)

Pernahkah Anda kesulitan mengetik saat bekerja menggunakan smartphone atau tablet di tengah perjalanan? Bila Anda mempunyai keyboard lipat, tentu saja Anda dapat mengetik dengan mudah meski tanpa laptop sekalipun.

Saat ini ada berbagai macam keyboard lipat, mulai dari yang menggunakan kabel sampai jenis nirkabel (wireless) yang dihubungkan dengan Bluetooth. Saking banyaknya, mungkin Anda bisa bingung menentukan keyboard yang tepat. Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi keyboard lipat terbaik sebagai referensi untuk Anda.

Daftar isi

Cara memilih keyboard lipat

Keyboard lipat adalah alat untuk membantu Anda mengetik dengan nyaman pada smartphone atau tablet saat Anda berada di perjalanan. Selain itu, biasanya keyboard lipat memiliki daya tahan tinggi karena memang dimaksudkan untuk dibawa ke berbagai tempat.

Terkadang, keyboard lipat juga digunakan sebagai pengganti keyboard pada notebook atau laptop karena dapat mengurangi risiko keyboard bawaan cepat rusak. Selain itu, terdapat berbagai jenis keyboard lipat yang nyaman dipakai dan memudahkan Anda untuk mengetik.

Dari berbagai produk keyboard lipat, ada beberapa hal yang perlu diketahui saat memilihnya. Mari cek bersama-sama!

Pilih berdasarkan ukuran keyboard lipat

Pilih berdasarkan ukuran keyboard lipat

Keyboard lipat dibuat untuk mudah dibawa saat bepergian. Oleh karena itu, keyboard lipat yang berukuran compact akan sangat praktis dan mudah dimasukkan ke dalam tas. Bila keyboard lipat berukuran besar, tentunya akan memenuhi tas Anda dan berisiko mencederai bahu bila terlalu lama dibawa. Keyboard lipat yang berukuran compact, nyaman saat dipakai mengetik, serta fungsional sangat direkomendasikan untuk Anda pilih.

Pilih berdasarkan daya tahan baterai

Pilih berdasarkan daya tahan baterai

Baterai menjadi salah satu poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih keyboard lipat. Anda belum tentu bisa mengisi daya baterai Anda saat di perjalanan. Memang saat ini banyak tempat sudah menyediakan stopkontak, tetapi belum tentu Anda bisa mendapati stopkontak tersebut sedang tidak terpakai. Sebisa mungkin, pilihlah keyboard lipat dengan performa baterai yang tahan lama agar bisa awet digunakan tanpa perlu sering di-charge.

Pilih berdasarkan bahan keyboard lipat

Bahan keyboard lipat sangat memengaruhi daya tahan dan kenyamanan dalam mengetik. Bila Anda sering membawa dan menggunakannya, pilihlah keyboard dengan bahan yang awet dan tahan lama.

Bahan aluminium yang memiliki daya tahan luar biasa

Bahan aluminium yang memiliki daya tahan luar biasa

Bahan aluminium terkenal sebagai bahan yang kuat dan memiliki ketahanan luar biasa. Keyboard lipat berbahan aluminium tidak akan mudah rusak meski dijejalkan ke dalam tas yang penuh, terhimpit banyak barang, atau saat terjatuh sekalipun.

Tidak hanya kuat, bahan aluminium juga ringan sehingga nyaman saat dibawa bepergian. Oleh karena itu, jenis keyboard lipat ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang baru pertama kali ingin mencoba keyboard lipat.

Bahan silikon yang ringan, compact, dan tahan air

Bahan silikon yang ringan, compact, dan tahan air

Bahan silikon yang lembut dan empuk dapat digulung dan sangat praktis dimasukkan ke dalam tas. Selain itu, sifatnya yang tahan air juga membuat Anda tidak perlu khawatir lagi saat menggunakannya di kafe sambil menikmati minuman favorit Anda.

Hanya saja, rasa sentuhannya yang unik mungkin membuat Anda membutuhkan waktu untuk membiasakan diri terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan keyboard ini dengan lancar.

Pilih berdasarkan kompatibilitasnya dengan gadget

Kebanyakan keyboard lipat sudah memiliki berbagai fitur tambahan. Sebaiknya pilihlah keyboard yang memiliki fitur kompatibel dengan smartphone atau tablet Anda.

Multi OS yang bisa dipakai di berbagai gadget

Pilih multi OS yang bisa dipakai di berbagai gadget

Multi OS berarti kompatibel dengan berbagai OS (Operating System). Dengan demikian, Anda bisa menghubungkan keyboard tersebut tidak hanya ke laptop atau komputer saja, tetapi juga ke smartphone atau tablet Anda. Jenis ini sangat direkomendasikan untuk orang yang memiliki dua atau lebih gadget dengan OS yang berbeda.

Multi-pairing untuk memudahkan berganti gadget

Multi-pairing untuk memudahkan berganti gadget

Multi-pairing adalah fungsi yang bisa langsung menghubungkan keyboard ke beberapa gadget. Hanya dengan memencet satu tombol, Anda bisa mengalihkan keyboard dari satu gadget ke gadget lain. Contohnya pada saat menggunakan tablet dan smartphone, Anda bisa bergantian mengetik di dua gadget tersebut dengan satu keyboard saja.

Pilih berdasarkan jenis koneksi kabel/nirkabel

Pilih berdasarkan jenis koneksi kabel/nirkabel

Ada dua jenis keyboard lipat, yaitu yang dihubungkan dengan kabel dan jenis nirkabel (wireless) yang dihubungkan dengan Bluetooth. Keyboard nirkabel tentunya lebih praktis karena menggunakan sistem koneksi Bluetooth tanpa memerlukan satu kabel pun. Sistem Bluetooth ini juga sudah banyak diadopsi pada keyboard lipat.

10 Rekomendasi keyboard lipat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan 10 keyboard lipat terbaik untuk Anda. Produk-produk berikut ini bisa menjadi referensi Anda dalam mencari keyboard lipat terbaik untuk Anda.

10. Keyboard Mini Flexible USB

10. Keyboard Mini Flexible USB

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 49.900

Keyboard silikon on budget, harganya dijamin tidak memberatkan Anda!

Bagi Anda yang tertarik mencoba keyboard berbahan silikon, Anda bisa mencoba produk satu ini. Seperti namanya, keyboard ini sangat fleksibel sehingga dapat mudah dilipat atau digulung. Saat dibawa bepergian pun tidak akan membebani Anda karena keyboard mini ini memiliki bobot yang ringan.

Dengan bahan silikon yang tidak mudah rusak saat terjatuh atau terhimpit, keyboard ini tepat untuk Anda yang sering bepergian menggunakan kereta atau bus yang padat penumpang. Meski masih menggunakan kabel, keyboard ini cocok untuk Anda yang sedang on budget. Harganya tidak berat di kantong!

9. ZD038 Portable Mini Wireless Foldable Bluetooth Keyboard

9. ZD038 Portable Mini Wireless Foldable Bluetooth Keyboard

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 485.000

Bisa digunakan sebagai cover pelindung tablet Anda juga, lho!

Bila Anda mencari keyboard lipat multifungsi, keyboard ini bisa menjadi pilihan Anda. Selain dapat dilipat penuh, keyboard ini juga dapat digunakan sebagai protective case untuk melindungi tablet Anda. Anda juga bisa melipatnya menjadi sandaran untuk menaruh gadget saat digunakan.

ZD038 juga sudah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth serta kompatibel baik dengan OS Android, iOS, maupun Windows. Ditambah lagi, keyboard lipat ini diklaim dapat bekerja selama 80 jam nonstop. Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai jika berencana menggunakannya sambil bepergian.

8. Sungwoo Foldable Keyboard

8. Sungwoo Foldable Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 649.600

Fitur silent click-nya akan membuat kegiatan mengetik Anda lebih tenang

Bila Anda khawatir terhadap debu atau remah-remah makanan yang mudah menempel di bahan silikon, Anda bisa merasa lega karena Foldable Keyboard dari Sungwoo ini tidak hanya anti air, tetapi juga anti debu. Cukup lap dengan air atau alkohol, keyboard Anda akan kembali bersih dalam sekejap.

Keberadaan keyboard ini juga merupakan alternatif bagi Anda yang menginginkan keyboard full size ringan dan mudah dibawa. Berhubung produk ini memiliki fitur silent click, maka produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering kali merasa terganggu dengan suara tombol keyboard biasa.

7. EC Technology Foldable Bluetooth Keyboard

7. EC Technology Foldable Bluetooth Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 975.000

Semakin praktis dengan power on/off magnetiknya

EC Technology menawarkan keyboard lipat berbahan aluminium dan desain yang praktis. Fungsi power on/off  magnetik membuat keyboard secara otomatis menyala saat dibuka dan mati saat ditutup kembali. Fitur magnetik ini juga membuat keyboard tertutup rapat dan tidak mudah terbuka dengan sendirinya.

Dalam sekali charge, keyboard ini diklaim dapat hidup selama 60 jam untuk pemakaian terus-menerus. Selain itu, keyboard akan secara otomatis beralih ke mode power saving bila 10 menit tidak digunakan. Fitur-fitur dalam keyboard ini sangat tepat untuk Anda yang senang dengan hal-hal yang praktis.

6. 1byone Foldable Bluetooth Keyboard

6. 1byone Foldable Bluetooth Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 999.237

Keyboard compact yang kokoh dan nyaman untuk mengetik

Keyboard lipat ini adalah jawaban bila Anda tidak hanya menginginkan keyboard compact, tetapi juga kokoh dan nyaman untuk dipakai mengetik. Bentuknya sekilas terlihat sama seperti keyboard lipat berbahan aluminium lainnya. Namun, 1byone akan memberikan pengalaman mengetik yang berbeda.

Stainless steel kokoh pada bagian panel belakangnya akan membuat keyboard ini tidak memerlukan protector tambahan lagi. Lalu, tombol keyboard yang disematkan pun kokoh dan tidak menimbulkan suara berisik saat ditekan sehingga Anda tidak akan terganggu lagi dengan bunyi berisik saat mengetik.

5. Jelly Comb Foldable Keyboard with Touchpad

5. Jelly Comb Foldable Keyboard with Touchpad

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.162.000

Gantikan fungsi mouse dengan multi-finger touchpad-nya

Bila Anda tidak hanya membutuhkan keyboard lipat, tetapi juga mouse, produk ini bisa menjadi salah satu opsi yang pas untuk Anda. Touchpad pada keyboard ini dirancang agar dapat mengenali gerakan multi-finger sehingga Anda bisa menggunakan semua fungsi swipe pada Windows 10 dan mobile OS.

Selain touchpad-nya sudah memiliki sensitivitas tinggi, fungsi keyboard dan touchpad bawaan produk ini juga sudah di atas rata-rata keyboard lipat lain yang ada di pasaran. Sayangnya, meski sudah kompatibel dengan semua OS, touchpad pada keyboard ini masih belum bisa digunakan pada iOS.

4. iClever IC-BK08 Tri-folding Bluetooth Keyboard with Touchpad

4. iClever IC-BK08 Tri-folding Bluetooth Keyboard with Touchpad

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.187.999

Touchpad-nya yang mirip laptop akan semakin memudahkan Anda

Keyboard lipat dengan touchpad dari iClever tidak hanya kompatibel untuk perangkat iOS, tetapi juga Android, Windows, bahkan Linux. Keyboard lipat ini memiliki fitur multi-pairing sampai dengan tiga perangkat, sangat cocok untuk Anda yang produktif dan sering bersentuhan dengan berbagai gadget dalam waktu bersamaan.

Selain menanamkan fitur multi-finger touchpad, iClever juga menambahkan tombol kiri dan kanan di bawah touchpad-nya sehingga mirip dengan touchpad laptop. Karena itulah, keyboard ini bisa menjadi pilihan bila Anda menginginkan sensasi tracking seperti di laptop saat menggunakan tablet atau smartphone Anda.

3. iClever IC-BK05 3 Color Backlight Tri-folding Bluetooth Keyboard

3. iClever IC-BK05 3 Color Backlight Tri-folding Bluetooth Keyboard

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 1.220.000

Compact dan terdapat 3 pilihan warna backlight menarik

Jika Anda merasa keyboard lipat biasa terlalu kecil untuk mengetik, Anda bisa mencoba iClever IC-BK08. Tombol  pada keyboard ini didesain memiliki ukuran standar seperti laptop biasa sehingga cocok untuk orang-orang yang bertangan besar. Namun, keyboard ini tetap akan terasa compact saat dilipat.

iClever juga menambahkan 3 warna backlight yang bisa diubah, yakni warna merah, biru, dan hijau. Selain terkesan stylishbacklight ini memungkinkan Anda untuk tetap bekerja meski dalam kondisi gelap. Itulah yang membuat keyboard ini sangat cocok untuk Anda bosan dengan keyboard model standar tanpa backlight.

2. Microsoft Universal Foldable Keyboard

2. Microsoft Universal Foldable Keyboard

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 649.000

Ultra thin! Ketebalannya hanya 5 mm, lho!

Dengan ketebalan hanya 5 mm, keyboard lipat yang memiliki julukan ultra thin keyboard ini cocok untuk Anda yang menginginkan keyboard tipis nan tangguh. Body-nya terasa kokoh karena dilapisi material yang kuat. Meski demikian, tombolnya masih terasa pas untuk digunakan orang berjari besar sekalipun.

Fitur-fitur mumpuni lainnya seperti anti air dan dual-pairing akan semakin mempermudah Anda yang aktif menggunakan keyboard lipat untuk pekerjaan Anda sehari-hari. Apalagi, keyboard ini juga diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 3 bulan dengan pemakaian standar hanya dalam sekali charge.

1. LG Portable & Bluetooth Wireless Rolly Keyboard

1. LG Portable & Bluetooth Wireless Rolly Keyboard

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 695.000

Terdapat fitur built in docking untuk sensasi mengetik di laptop sungguhan

Bila Anda bosan dengan jenis keyboard lipat biasa, cobalah Rolly Keyboard dari LG dengan desain unik yang dapat dilipat menyerupai tongkat ini. Berbeda dengan keyboard lipat kebanyakan, LG menggunakan satu buah baterai AAA sebagai sumber energinya sehingga Anda tak perlu repot mengisi daya berulang kali.

Fitur dual-pairing yang sudah kompatibel dengan semua OS akan meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja. Selain itu, LG juga menambahkan fungsi built in docking untuk gadget sehingga Anda tidak perlu lagi membawa docking terpisah. Anda akan merasa seperti mengetik di laptop sungguhan!

Kesimpulan

Setiap keyboard lipat memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, baik dari segi ukuran, berat, bahan material, maupun ukuran tombolnya. Dari sekian banyak keyboard lipat yang ada, kali ini kami telah memberikan 10 rekomendasi keyboard lipat terbaik yang bisa Anda pilih.

Daftar keyboard lipat di atas tentunya mudah dibawa, praktis, mudah digunakan, dan akan membuat pekerjaan Anda semakin lancar. Silakan merujuk ke artikel ini untuk menemukan keyboard lipat favorit Anda!