10 Rekomendasi Lampu Baca Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Lampu Baca Terbaik yang Mudah Dipakai (Terbaru Tahun 2018)

Apakah Anda termasuk orang yang gemar membaca? Membaca memang menyenangkan dilakukan kapan saja dan di mana saja, apalagi sebelum tidur. Agar mata tidak rusak, Anda memerlukan penerangan yang cukup saat membaca. Oleh karena itu, lampu baca yang mudah digunakan merupakan kebutuhan esensial bagi Anda.

Sekarang ini di pasaran, banyak sekali beredar lampu baca dengan beragam model dan fitur. Apakah Anda kebingungan dalam memilihnya? Kali ini kami akan menyajikan rekomendasi beberapa produk lampu baca yang mudah digunakan. Namun sebelum itu, simaklah tips dalam memilih lampu baca dari kami, ya!

Daftar isi

Cara memilih lampu baca

Belakangan ini, jenis lampu LED (Light Emitting Diode) banyak dipakai sebagai pencahayaan pada lampu baca. Lampu LED menjadi pilihan karena bebas dari sinar ultraviolet sehingga aman bagi mata. Tidak hanya itu, lampu LED juga dapat dimodifikasi dengan berbagai cara sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Nah, sebelum membeli lampu baca, simaklah tips dari kami agar Anda tidak salah pilih!

Pilih yang pencahayaannya dapat diatur

Pilih yang pencahayaannya dapat diatur

Jenis lampu LED telah mendominasi sumber pencahayaan pada lampu-lampu baca zaman sekarang. Warna cahaya dari lampu LED umumya mirip dengan warna cahaya alami matahari pada siang hari. Bila digunakan pada malam hari, tentunya akan terasa terlalu terang.

Untuk itulah fungsi pengaturan cahaya pada lampu baca diperlukan. Dengan pengaturan cahaya yang tepat dan tidak terlalu terang, mata pun tidak perlu menyipit ketika membaca buku. Cahaya lampu yang terlalu terang akan membuat mata Anda menyipit, dan akan membuat mata Anda sakit, bahkan mengalami kerusakan.

Jadi, pastikan lampu baca yang hendak Anda beli memiliki fitur ini, ya!

Pilih yang fleksibel pengaturan gagangnya

Pilih yang fleksibel pengaturan gagangnya

Hal lain yang mempengaruhi kenyaman penggunaan lampu baca adalah sudut arah datangnya cahaya.

Umumnya, cahaya lampu yang berasal dari atas, sudah cukup untuk menerangi Anda ketika membaca buku. Akan tetapi, apabila Anda ingin mengubah posisi tubuh atau menginginkan juga pencahayaan untuk komputer pada saat bekerja, tentu saja lampu yang hanya dapat menerangi dari atas akan terasa kurang praktis.

Untuk itulah, usahakan memilih lampu baca yang bagian gagangnya fleksibel sehingga dapat diatur ketinggian dan sudut pencahayaannya. Lampu dengan gagang yang fleksibel juga berguna saat Anda harus memasak sambil melihat buku resep. Tulisan yang terlihat jelas, pasti akan meningkatkan performa memasak Anda.

Gagang yang fleksibel juga berguna saat Anda mengerjakan sesuatu yang membutuhkan ketelitian tinggi, seperti saat merakit mesin berukuran kecil. Pekerjaan Anda pun akan terasa lebih mudah.

Pilih yang dilengkapi dengan klip

Pilih yang dilengkapi dengan klip

Secara garis besar, lampu baca dibagi menjadi lampu baca berdiri dan lampu baca klip. Lampu baca berdiri dikenal karena kestabilannya saat diletakkan di atas meja. Akan tetapi, apabila Anda membutuhkan lampu baca yang tidak hanya bisa diletakkan di atas meja, lampu baca klip bisa menjadi pilihan.

Lampu baca klip dapat diletakkan di mana saja, asalkan terdapat tempat untuk menjepitkan bagian pangkal lampu dengan stabil. Arah cahaya pun dapat diatur dengan lebih fleksibel, karena Anda dapat menjepitkan lampu dengan cara miring atau bahkan terbalik, sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan ini, Anda dapat menikmati fungsi lampu baca dengan lebih maksimal.

Daya yang dapat diisi dengan berbagai cara

Daya yang dapat diisi dengan berbagai cara

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli lampu baca adalah cara pengisian dayanya. Ada lampu baca yang harus disambungkan menggunakan adaptor arus bolak-balik. Ada pula yang harus diisi dayanya menggunakan kabel USB sebelum dapat digunakan. Apapun cara pengisian dayanya, akan lebih praktis apabila lampu baca dapat digunakan secara nirkabel.

Lampu baca yang dapat menyimpan daya juga berguna untuk digunakan saat kegiatan outdoor atau saat terjadi mati listrik. Lampu baca yang menggunakan baterai kering sebagai sumber daya juga menjadi salah satu pilihan yang pantas dipertimbangkan.

10 Rekomendasi lampu baca terbaik yang mudah dipakai

Setelah menyimak tips mengenai cara memilih lampu baca, sekarang saatnya Anda menyimak beberapa rekomendasi produk lampu baca terbaik dari kami. Pilihlah lampu baca berdasarkan kebutuhan dan kemudahannya dalam digunakan.

10. Eigia USB LED 28

10. Eigia USB LED 28

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 27.900

LED multi panel untuk area pencahayaan lebih luas

Lampu baca berukuran kecil kadang kurang nyaman digunakan karena area pencahayaan yang sempit. Anda pun harus bolak-balik mengatur posisi buku Anda agar pas dengan area yang terkena sinar lampu. Lain cerita kalau Anda menggunakan lampu ini. LED multi panelnya menghasilkan pencahayaan yang luas dan terang untuk kenyamanan Anda.

Lampu ini dibuat dengan bahan plastik berkualitas tinggi sehingga tidak mudah rusak. Gagang leher angsa yang fleksibel memudahkan Anda dalam memfokuskan cahayanya. Cukup tancapkan lampu ini pada lubang USB laptop, komputer, atau power bank saja untuk mengaktifkannya. Bila Anda menginginkan lampu baca praktis dengan harga terjangkau, pilih saja produk ini.

9. LED Light Wedge Panel Book Reading Lamp

9. LED Light Wedge Panel Book Reading Lamp

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 99.900

Slim untuk mobilitas tanpa repot

Dengan bantuan lampu baca portable, Anda dapat membaca buku di mana pun Anda mau. Salah satunya adalah lampu baca berbentuk lembaran panel ini. Ditenagai dengan 3 buah baterai AAA, lampu baca berbentuk unik siap menemani kegiatan membaca Anda.

Bentuknya yang slim dan bobotnya yang ringan, menjadikannya sebagai lampu yang dapat Anda selipkan begitu saja di bagian tengah buku Anda. Pencahayaan lampu ini menggunaan Super Bright LED sehingga menghasilkan cahaya yang terang tanpa boros energi. Untuk Anda yang menginginkan lampu baca anti ribet yang dapat digunakan kapan saja dan di mana saja, produk ini jawabannya.

8. Kiseki CK-9601

8. Kiseki CK-9601

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 89.000

Model klasik dengan sentuhan teknologi modern

Dilihat dari tampak luarnya, lampu baca ini memiliki model klasik dengan kesan jadul. Akan tetapi, siapa sangka teknologi yang dimilikinya sudah bukan teknologi jadul lagi. Dengan gagang yang dapat ditekuk sesuai dengan kebutuhan, lampu ini bisa di-charge ketika kehabisan daya. Jadi, Anda tidak akan dibuat repot dengan kabel-kabel yang mengganggu saat menggunakannya.

Berkat fitur charge ini pula, lampu ini juga pas digunakan sebagai lampu emergency saat terjadi pemadaman listrik. Dilengkapi dengan on/off berupa tombol sentuh, Anda akan semakin mudah mengoperasikannya. Harganya yang terjangkau, tentu saja menjadi nilai plus bagi Anda pemilik budget terbatas.

7. DSC Lampu Belajar 3-in-1

7. DSC Lampu Belajar 3-in-1

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 125.000

Desain minimalis untuk kesan yang modern

Interior berdesain minimalis dengan kesan modern sedang populer di kalangan anak muda saat ini. Apabila Anda salah satu penggemar gaya ini, lampu baca ini cocok menjadi pelengkap interior Anda. Dengan material besi yang kokoh serta tidak mudah goyah, produk ini tidak hanya menawarkan tampak luar yang keren saja, tetapi pemakaian yang nyaman.

Lampu belajar 3-in-1 ini dapat digunakan sebagai lampu duduk, dijepit di meja, dan ditempel di dinding berkat kaki lampu yang bisa diganti dan sendi-sendinya yang fleksibel. Lampu ini juga rotatable sehingga Anda dapat mengarahkan cahayanya sesuka hati Anda. Dilengkapi dengan tombol on/off, Anda pun dapat mematikan lampu tanpa repot mencabut kabel dari stekernya.

6. Energizer Flexible Booklite BKFN2BU

6. Energizer Flexible Booklite BKFN2BU

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 250.000

Terang cahaya yang pas dan tidak menyakiti mata

Di Indonesia, Energizer dikenal sebagai merek baterai kering yang berkualitas. Namun, siapa sangka ternyata merek ini juga meluncurkan produk lampu bacanya. Lampu baca dari Energizer ini dibekali dengan lampu LED dengan terang cahaya yang pas untuk kegiatan membaca tanpa menyakiti mata Anda.

Gagang leher angsanya memiliki panjang medium yang fleksibel untuk ditekuk ke segala arah. Bagian ujung lampu baca seberat 0,13 kg ini dilengkapi dengan penjepit sehingga Anda bisa menempelkannya di mana saja. Bila Anda menginginkan lampu baca berkualitas dari merek terpercaya, mengapa tidak mencoba produk ini saja?

5. Lampu Meja Portable dengan Kaca Pembesar

5. Lampu Meja Portable dengan Kaca Pembesar

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 150.000

Meminimalisir kerja mata dengan kaca pembesar

Selain cocok untuk Anda yang hobi membaca buku, lampu baca yang satu ini cocok untuk Anda yang sering bekerja merakit komponen-komponen kecil. Misalnya, saat merakit mobil-mobilan atau gundam. Dilengkapi dengan kaca pembesar, lampu ini tentunya akan sangat meringankan pekerjaan mata Anda. Mata pun tidak mudah lelah dan akurasi pekerjaan Anda meningkat.

Kaca pembesarnya pun bukan yang biasa, melainkan kaca pembesar ganda yang memungkinkan Anda melihat benda atau tulisan kecil dengan sangat jelas. Tentunya lampu ini juga bermanfaat bagi yang sudah berusia lanjut. Gagangnya berupa leher angsa pendek yang fleksibel. Produk ini dilengkapi juga dengan penjepit untuk memudahkan Anda saat menggunakannya.

4. LED Light Robotic Clip Reading Book Light

4. LED Light Robotic Clip Reading Book Light

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 100.000

Ukuran minimalis dengan fungsi maksimal

Hanya dengan menekan 1 tombol saja, maka lipatan lampu baca ini akan terbuka membentuk posisi lampu yang siap digunakan. Wah, seperti lampu baca dari masa depan, ya! Lampu baca yang ditenagai 3 buah baterai kancing ini memiliki bohlam Super Bright LED untuk penerangan secara maksimal.

Ketika tidak digunakan, Anda dapat melipatnya menjadi berukuran kecil, tidak lebih dari sebesar telapak tangan orang dewasa sehingga hemat tempat penyimpanan, dan tidak makan space saat dibawa-bawa. Anda yang doyan baca buku sekaligus traveling, sebaiknya tidak melewatkan produk yang satu ini!

3. Ikea Kvart Lampu Sorot Dinding/Jepit

3. Ikea Kvart Lampu Sorot Dinding/Jepit

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 120.000

2 Style penggunaan untuk kemudahan Anda

Apakah Anda ingin lampu baca yang juga dapat digunakan sebagai pencahayaan ruangan? Kalau begitu, produk dari Ikea ini patut untuk dipertimbangkan. Lampu baca yang dilengkapi kabel sepanjang 3 meter ini memiliki penjepit yang dapat Anda pasang dan lepas dengan mudah. Anda juga dapat memasangkannya di dinding sebagai penerangan ruangan Anda.

Dibuat dari bahan plastik ABS (Akrilonitril Butadiena Stiren) dan baja, lampu ini memiliki bodi yang kokoh. Tangkainya yang lentur membuat Anda leluasa mengarahkan cahayanya ke arah yang Anda kehendaki. Sayangnya, bohlam lampu ini dijual terpisah sehingga Anda harus mengeluarkan kocek tambahan di samping yang harus Anda keluarkan untuk membeli produk ini.

2. Ikea Jansjo Lampu LED USB

2. Ikea Jansjo Lampu LED USB

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 134.000

Gagang leher angsa yang panjang dan fleksibel

Bagi Anda yang mengutamakan fleksibilitas dan kemudahan dalam penggunaan lampu baca, sepertinya Anda wajib melirik produk yang satu ini. Lampu baca dari Ikea ini dibekali dengan gagang leher angsa yang panjang dan fleksibel sehingga membuat kegiatan membaca Anda semakin nyaman dengan cahaya yang bisa diarahkan dengan bebas.

Bohlam lampu LED bercahaya putih-kuning cerah yang merupakan sumber cahaya produk ini sudah built-in. Bohlam yang hemat energi hingga 85% ini juga berumur panjang, yaitu dapat menyala hingga lebih dari 20.000 jam pemakaian. Dengan desain yang ramping dan colokan USB, lampu ini juga dapat menjadi teman baik bagi Anda yang bermobilitas tinggi.

1. Lampu Meja Foldable LED 350Lux

1. Lampu Meja Foldable LED 350Lux

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 199.500

Desain lipat yang tidak makan tempat di meja Anda

Apakah Anda menginginkan lampu baca dengan pencahayaan optimal tetapi hemat tempat untuk diletakkan di meja kerja Anda? Sepertinya Anda telah menemukan produk yang tepat. Produk dengan panel lampu memanjang ini dapat dilipat ketika tidak digunakan dan dapat ditegakkan sampai dengan 180 derajat sehingga cocok juga untuk dijadikan penerangan di kamar Anda.

Lampu baca lipat ini memiliki 3 tingkatan cahaya yang dapat Anda atur sesuai dengan kebutuhan. Dengan kaki lampu lebar, produk ini akan stabil berdiri di atas meja kerja Anda. Dengan switch on/off berupa touch panel yang sangat sensitif, produk ini memberi kemudahan dan kepraktisan dalam penggunaannya.

Kesimpulan

Bila Anda pandai dan jeli dalam memilih lampu baca, lampu baca Anda tidak hanya akan berguna untuk membaca saja. Banyak juga manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari lampu baca.

Dalam memilih lampu baca, bukan hanya manfaat yang perlu Anda pertimbangkan. Pertimbangkan juga ketahanan, model, dan cara pemakaiannya. Dengan memilih lampu baca yang sesuai dengan gaya hidup Anda, tentunya Anda akan mendapatkan nilai lebih dari produk sederhana ini!