10 Rekomendasi Suplemen Arginine Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Suplemen Arginine Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Arginine adalah salah satu jenis asam amino yang baik untuk kesehatan. Sebagai suplemen kesehatan, arginine bermanfaat untuk kecantikan maupun untuk menambah stamina tubuh. Arginine juga dikenal sebagai suplemen bagi atlet dan identik dikonsumsi oleh pria.

Kali ini, kami akan menjelaskan manfaat arginine dan memperkenalkan suplemen arginine rekomendasi untuk Anda. Silakan disimak!

Daftar isi

Apakah arginine itu?

Sebelum membahas tentang suplemen arginine, mari kita pelajari dulu apakah yang dimaksud dengan arginine. Kami akan mulai dengan manfaat dan tujuan penggunaan arginine.

Arginine adalah salah satu jenis asam amino

Arginine adalah salah satu jenis asam amino

Arginine adalah asam amino, yang merupakan satuan pembentuk protein. Sebagai gambaran, protein dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari seperti telur, daging, dan lainnya, setelah melalui proses pencernaan akan terurai menjadi asam amino. Asam amino yang terurai tersebut akan terbagi menjadi 20 jenis, dan arginine adalah salah satu dari 20 jenis asam amino tersebut.

Arginine banyak terkandung dalam makanan, tetapi kita juga dapat mengonsumsi arginine saja untuk kebutuhan tertentu. Manfaat apa saja yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi arginine, akan kami jelaskan di bawah ini.

Manfaat dan tujuan penggunaan arginine

Manfaat dan tujuan penggunaan arginine

Salah satu manfaat mengonsumsi arginine adalah meningkatkan hormon pertumbuhan yang disekresi dari kelenjar pituitari. Dari manfaat ini arginine memiliki keunggulan dari segi kesehatan dan kecantikan seperti membantu metabolisme lemak, menekan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan lainnya.

Selain itu, sekresi hormon pertumbuhan juga berhubungan dengan pertumbuhan tinggi badan anak-anak. Oleh karena itu, arginine juga menarik perhatian sebagai suplemen untuk menambah tinggi badan anak-anak usia pertumbuhan.

Disamping itu, dengan mengkonsumsi arginine akan menghasilkan oksida nitrat dalam tubuh yang membuat pembuluh darah melebar dan aliran darah menjadi baik. Dengan demikian, saat latihan otot akan memudahkan Anda mendapatkan rasa pump, serta berperan dalam meningkatkan dan memulihkan kinerja seksual pria. Selain itu, arginine juga berfungsi dalam proses pembuangan amonia yang merupakan zat penyebab rasa lelah dari tubuh sehingga bermanfaat untuk menghilangkan rasa lelah.

Dari uraian tadi dapat diketahui bahwa suplemen arginine digunakan untuk tujuan kecantikan, kesehatan, pertumbuhan, latihan fisik, pemulihan kinerja seksual pria, pemulihan dari rasa lelah, dan sebagainya.

Cara memilih suplemen arginine

Saat ini suplemen arginine dijual dalam berbagai macam bentuk seperti kapsul, bubuk, dan lainnya. Sebelum membeli sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal.

Kami akan menjelaskan poin-poin dalam membeli suplemen arginine agar dapat diminum secara berkelanjutan.

Memilih bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi

Memilih bentuk suplemen yang mudah dikonsumsi

Arginine memiliki bau yang khas dan rasa yang pahit, karena itu bentuk bubuk kurang disarankan. Sebaiknya Anda membeli arginine dalam bentuk kapsul yang mudah dikonsumsi.

Disamping itu, arginine bersifat alkali sehingga jika langsung dikonsumsi dapat memperburuk lambung dan usus. Untuk menetralkan sifat alkali, Anda dapat mengkonsumsi arginine bersama dengan asam sitrat atau jus jeruk untuk meredakan rasa tidak nyaman.

Memilih suplemen arginine kombinasi dengan asam sitrat atau citrulline

Memilih suplemen arginine kombinasi dengan asam sitrat atau citrulline

Untuk menetralisir sifat alkali dari arginine Anda dapat memilih produk yang dikombinasikan dengan asam sitrat. Kombinasi dengan asam sitrat ini membuat manfaat arginine menjadi maksimal dan dapat menekan efek samping.

Selain itu, citrulline yang merupakan salah satu asam amino akan berubah menjadi arginine di saat proses metabolisme di ginjal sehingga dengan mengkonsumsi arginine dan citrulline secara bersamaan maka akan mendapatkan efek sinergis. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda mengonsumsi suplemen arginine yang dikombinasikan dengan asam sitrat atau citrulline.

Arginine dan L-Arginine, keduanya memiliki manfaat yang sama

Arginine dan L-Arginine, keduanya memiliki manfaat yang sama

Pada kemasan suplemen arginine ada kalanya ditulis Arginine atau L-Arginine. Meskipun berbeda penulisannya, namun sebenarnya keduanya sama, tidak ada perbedaan. Anda bisa memilih yang mana saja.

Arginine merupakan senyawa kimia yang memiliki isomer optik, terbagi menjadi tipe L (levorotatory) dan tipe D (dextrorotatory). Saat memilih suplemen arginine perlu diperhatikan bahwa arginine yang digunakan dalam tubuh adalah tipe L (berawalan L) sedangkan arginine tipe D (berawalan D) tidak biasa digunakan untuk suplemen.

Penulisannya memang berbeda tetapi dalam segi kualitas tidak berbeda sehingga Anda tidak perlu khawatir.

10 Rekomendasi suplemen arginine terbaik

Berikut ini akan kami perkenalkan suplemen arginine rekomendasi untuk Anda. Ada berbagai macam produk suplemen arginine yang dijual di pasaran, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

10. Puritan’s Pride L-Arginine

10. Puritan’s Pride L-Arginine

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 200.000

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk Anda yang tidak sempat berolahraga

Bagi Anda yang memiliki kesibukan karena pekerjaan dan aktivitas lainnya yang padat, terkadang tidak memiliki waktu untuk berolahraga, padahal olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk menjaga daya tahan tubuh.

Suplemen arginine 500mg dari Puritan’s Pride ini bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga sangat rekomendasi bagi Anda yang sibuk tetapi tidak sempat berolahraga. Perlu diingat juga, disamping mengkonsumsi suplemen arginine, tetap harus menjaga asupan nutrisi dan istirahat yang cukup ya!

9. Nature’s Bounty L-Arginine

9. Nature’s Bounty L-Arginine

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 299.000

Nutrisi untuk kesehatan jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan lemak darah atau plak. Arginine diketahui sebagai stimulator untuk memproduksi oksida nitrat yang berfungsi memperlebar pembuluh darah sehingga dapat mencegah penyempitan pembuluh darah jantung.

Suplemen arginine 1000 mg dari Nature’s Bounty ini cocok dikonsumsi bagi Anda yang ingin menambah nutrisi untuk meningkatkan kesehatan jantung Anda. Selain itu, suplemen ini juga berfungsi sebagai sumber energi, memberikan efek untuk latihan fisik, yang pada akhirnya membuat tubuh menjadi bugar dan sehat!

8. Nature’s Plus L-Arginine

8. Nature’s Plus L-Arginine

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 399.000

Meningkatkan performa latihan beban

Nature’s Plus memproduksi suplemen arginine berbentuk kapsul dengan bahan baku berkualitas yang sangat efektif untuk membantu pertumbuhan otot. Suplemen arginine 500mg ini juga membantu metabolisme lemak sehingga menghasilkan otot yang kencang.

Produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang melakukan latihan berat seperti angkat besi atau binaraga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, suplemen arginine sebaiknya dikonsumsi sebelum latihan untuk meningkatkan level energi dan meningkatkan performa latihan.

7. Swanson Super Strength L- Arginine

7. Swanson Super Strength L- Arginine

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 350.000

Suplemen untuk mengatasi diabetes

Penyakit diabetes dengan kadar gula yang tinggi dalam darah biasanya menyebabkan luka menjadi sulit sembuh. Hal ini disebabkan karena kurang lancarnya aliran darah, gangguan saraf, dan terjadinya infeksi. Tetapi masalah ini dapat diatasi dengan suplemen arginine.

Suplemen arginine ini sangat direkomendasikan bagi penderita diabetes untuk membantu mempercepat penyembuhan luka diabetes dengan meningkatkan aliran darah ke tangan dan kaki. Produk dari Swanson berdosis 850 mg ini bisa dikonsumsi 1 kapsul 1-3 kali sehari sesuai dengan kebutuhan.

6. Jarrow Formulas Arginine

6. Jarrow Formulas Arginine

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 309.000

Baik untuk penderita tekanan darah tinggi

Dengan gaya hidup masa kini, tidak jarang orang yang memiliki keluhan tekanan darah tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut, kami merekomendasikan suplemen arginine dari Jarrow Formulas berdosis 1000 mg yang salah satu manfaatnya dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Suplemen ini tidak mengandung gandum, gluten, kacang kedelai, telur, ikan, dan kacang tanah sehingga sangat aman bagi vegetarian. Berbentuk tablet yang mudah diserap oleh tubuh, Anda cukup mengonsumsi 1 tablet 1-2 kali sehari untuk membantu mengontrol tekanan darah Anda!

5. Now Foods L-Arginine

5. Now Foods L-Arginine

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 396.000

Memiliki sertifikat Pharmaceutical Grade

Diproduksi oleh Now Foods yang cukup ternama di Amerika, suplemen arginine ini memiliki sertifikat Pharmaceutical Grade, yang artinya 99% murni tanpa zat adiktif atau zat yang tidak perlu yang dapat mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Dengan dosis 1000 mg, suplemen arginine ini lebih efektif membantu proses metabolisme dalam tubuh. Bagi Anda yang sangat memperhatikan bahan-bahan dasar suplemen, produk yang telah memenuhi standar keamanan, dan kemurnian secara ketat ini bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan.

4. GNC L-Arginine

4. GNC L-Arginine 500

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 581.000

Memelihara kesehatan pembuluh darah

Pembuluh darah yang sehat merupakan salah satu kunci kesehatan tubuh. Dengan aliran darah yang lancar, oksigen, dan nutrisi akan terangkut ke seluruh tubuh sehingga dapat terhindar dari gangguan penyakit seperti strok, serangan jantung, dan lainnya.

Suplemen dari GNC ini tidak mengandung gula, tepung, tanpa pengawet, dan tanpa pewarna buatan sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Anda dapat mencoba mengonsumsi suplemen arginine berbentuk kapsul dengan dosis 500 mg ini secara rutin untuk mendapatkan manfaat pembuluh darah yang sehat!

3. Natrol L-Arginine

3. Natrol L-Arginine

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 388.000

Berkhasiat meningkatkan kinerja seksual pria

Salah satu manfaat dari arginine adalah meningkatkan aliran darah ke berbagai organ di seluruh tubuh, termasuk ke wilayah organ intim pria. Itulah sebabnya arginine dikenal sebagai suplemen yang dapat meningkatkan kinerja seksual pria.

Suplemen arginine 3000mg ini efektif bagi pria yang memiliki gangguan seksual seperti masalah reproduksi maupun disfungsi ereksi. Ditambah dengan kandungan vitamin B, apabila suplemen ini dikonsumsi setiap hari dapat membantu memperbaiki kesehatan seksual.

2. Scitec Nutrition Mega Arginine

2. Scitec Nutrition Mega Arginine

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 560.000

Efektif untuk menambah massa otot

Jika Anda sedang melakukan latihan pembentukan otot, maka suplemen Mega Arginine ini dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Aliran darah yang lancar membuat lebih banyak darah dan nutrisi yang dikirim ke otot-otot sehingga menambah massa otot.

Suplemen dari Scitec Nutrition ini juga membantu mengurangi timbunan lemak dan meningkatkan tenaga selama latihan. Anda dapat meminumnya 30 menit sebelum latihan untuk hasil yang maksimal. Dapatkan tubuh ideal dengan pertumbuhan otot sesuai keinginan Anda!

1. Synergy Pro Argi 9+

1. Synergy Pro Argi 9+

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 750.000

Lengkap dengan asam sitrat dan vitamin

Meskipun bentuknya bubuk, Anda tidak perlu kuatir dengan rasa pahit yang akan ditimbulkan, sebab suplemen arginine ini diberi tambahan rasa jeruk sitrus sehingga menghasilkan rasa segar. Pro Argi 9+ juga mengandung asam sitrat yang dapat membantu manfaat arginine menjadi lebih maksimal.

Selain arginine 975 mg dan asam sitrat, suplemen ini juga dilengkapi dengan asam folat dan berbagai vitamin di dalamnya yaitu vitamin C, vitamin D, vitamin B6, dan vitamin B12. Bisa Anda bayangkan betapa lengkapnya manfaat suplemen ini untuk membantu memelihara kesehatan Anda!

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada suplemen arginine

Ketika Anda mengonsumsi arginine dalam jumlah yang lebih besar dari makanan yang biasa dimakan, hal yang dikhawatirkan adalah efek sampingnya. Disini kami akan menjelaskan tentang dosis standar dan efek samping dari suplemen arginine.

Dosis standar

Dosis standar

Dosis standar arginine sebagai suplemen adalah sekitar 2-4 gr per hari. Untuk latihan olahraga bisa kelipatannya, untuk memperbaiki kinerja seksual pria ataupun disfungsi ereksi Anda bisa mengonsumsinya sekitar 5 g per hari. Namun, pada dasarnya yang paling baik adalah mengonsumsi dalam jumlah sesuai petunjuk yang tertera di kemasan produk. Sebab tidak ada keuntungan yang akan Anda peroleh dengan mengonsumsi secara berlebihan.

Dosis arginine bagi anak-anak untuk tujuan menambah tinggi badan, masih belum ada standar jelasnya. Ada beberapa produk suplemen arginine khusus anak-anak, ada yang dosisnya 0.1 gr tetapi ada juga yang dosis tinggi hingga 5 gr. Namun, karena belum ada penelitian yang dapat dijadikan referensi, hingga saat ini masih belum jelas apakah mengonsumsi dengan dosis tersebut ada manfaatnya atau tidak.

Efek samping arginine

Efek samping arginine

Arginine merupakan asam amino sehingga tidak berbahaya. Namun, ketika dikonsumsi sebagai suplemen, jumlah di dalam tubuh menjadi tinggi sehingga dapat mengakibatkan reaksi tubuh yang berbeda dari biasanya. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dengan efek sampingnya.

Efek samping yang sering dijumpai berupa gangguan alat pencernaan seperti mulas, nyeri lambung, dan diare. Selain itu, juga dapat memperburuk asma, gangguan kardiovaskular, serta memberi beban pada organ hati. Untuk penderita herpes dapat memperburuk kondisi, begitu pula jika dicampur dengan viagra bagi pria dewasa dapat menurunkan tekanan darah secara drastis sehingga Anda perlu lebih memperhatikannya.

Arginine aman dikonsumsi, tetapi tergantung dari cara mengonsumsi dan dosisnya. Sebaiknya konsumsi arginine disesuaikan dengan kondisi tubuh. Jika Anda merasa khawatir, silakan hubungi dokter untuk berkonsultasi.

Kesimpulan

Bagaimana penjelasan kami tentang suplemen arginine tadi? Manfaat arginine sangat bagus seperti mempercepat sekresi hormon pertumbuhan maupun melebarkan pembuluh darah, tetapi ada kekurangannya yaitu sulit dikonsumsi.

Meskipun memiliki kekurangan, kini sudah banyak dijual suplemen arginine yang mudah dikonsumsi. Tersedia berbagai macam pilihan dari harga maupun kandungannya, yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Semoga Anda menemukan suplemen arginine yang tepat untuk mendapatkan kondisi tubuh yang ideal!