• 10 Rekomendasi Suplemen Arginine Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Arginine Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Arginine Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Arginine Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Arginine Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Suplemen Arginine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Suplemen arginine merupakan salah satu suplemen yang multiguna. Selain dapat meningkatkan kualitas workout, suplemen ini juga diyakini baik untuk jantung dan vitalitas pria. Ada banyak suplemen arginine yang dijual di marketplace. Apakah Anda bingung memilih merek yang mana?

Tenang saja. Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih suplemen arginine yang bagus untuk Anda. Produk rekomendasi dari berbagai merek, seperti Puritan’s Pride, Natrol, dan Swanson, juga akan kami review di sini. Simak artikel ini hingga tuntas dan pilihlah suplemen arginine idaman Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Sekilas tentang arginine

Tak kenal maka tak sayang, begitu pula dengan arginine. Sebagai pembuka, mari simak paparan mengenai arginine dan fungsinya bagi tubuh. Setelah itu, ketahui pula ragam manfaat suplemen arginine yang membuatnya amat populer.

Apa itu arginine?

Apa itu arginine?
Arginine atau l-arginine adalah salah satu jenis asam amino yang berperan untuk membentuk protein dalam tubuh. Arginine juga dapat diubah menjadi nitric oxide, molekul yang mengemban sederet fungsi vital. Nitric oxide terlibat dalam komunikasi sel hingga kontrol aliran darah di dalam tubuh.

Tubuh sebenarnya dapat menghasilkan arginine sendiri. Asam amino ini juga terkandung dalam beragam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Karena memiliki fungsi yang krusial, tak sedikit pula orang yang mengonsumsi arginine dari suplemen. Suplemen arginine hadir dalam bentuk kapsul, tablet, atau bubuk yang dijual bebas di pasaran.

Khasiat dan manfaat suplemen arginine

Ada banyak alasan orang mengonsumsi suplemen arginine. Berikut ini kami rangkum beberapa potensi manfaat suplemen arginine untuk kesehatan, vitalitas pria, hingga aktivitas fisik.

Melancarkan aliran darah sehingga baik untuk jantung

Melancarkan aliran darah sehingga baik untuk jantung

Arginine dapat diubah tubuh menjadi molekul nitric oxide. Molekul ini berperan penting dalam relaksasi otot pembuluh darah sehingga melancarkan aliran darah. Karena dapat merilekskan pembuluh darah, mengonsumsi suplemen arginine juga membantu mengurangi tekanan darah. Tekanan darah yang normal merupakan salah satu kunci dalam kesehatan jantung.

Meningkatkan performa latihan

Meningkatkan performa latihan

Arginine juga populer di kalangan bodybuilder. Pasalnya, asam amino ini diyakini dapat menaikkan performa aktivitas fisik. Nitric oxide dari arginine dapat melancarkan alirah darah, termasuk menuju otot. Karena aliran darah menjadi lancar, suplai oksigen ke otot pun menjadi maksimal.

Untuk pria, diyakini dapat mengatasi disfungsi ereksi

Untuk pria, diyakini dapat mengatasi disfungsi ereksi

Suplemen arginine banyak dikonsumsi pria untuk mengatasi disfungsi ereksi (impotensi). Pasalnya, nitric oxide yang terbentuk dari arginine diyakini dapat meningkatkan aliran darah menuju penis. Hal ini kemudian dapat mengoptimalkan ereksi penis.

Cara memilih suplemen arginine

Selanjutnya, kami akan memberikan tips dalam memilih suplemen arginine. Simak tiap-tiap pembahasan berikut agar Anda mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih berdasarkan jenis arginine dalam suplemen

Jenis arginine dalam suplemen dapat dibagi atas tiga macam, yakni bentuk bebas (free-form), l-arginine HCL, dan l-arginine alpha ketoglutarate (AAKG). Apa perbedaan tiga jenis arginine ini?

L-arginine free-form, menyerupai arginine alami dari makanan

Sesuai namanya, l-arginine free-form merupakan arginine 'bebas' atau tidak berikatan dengan senyawa lain. Wujud arginine ini menyerupai arginine alami yang terkandung dalam makanan. Karena berdiri sendiri, arginine bentuk bebas dapat langsung dimanfaatkan oleh tubuh.


Suplemen yang menggunakan arginine free-form cukup mudah ditemukan. Salah satu produk yang bagus adalah L-Arginine 500 mg dari Puritan's Pride. 

L-arginine HCL, dipercaya dapat diserap lebih baik oleh tubuh

Tak seperti l-arginine free-form, l-arginine HCL berikatan dengan molekul yang disebut asam hidroklorida (HCL). Paduan l-arginine dengan HCL dapat mengurangi rasa pahit arginine saat dikonsumsi. Tak hanya itu, l-arginine HCL juga dikatakan dapat diserap dengan lebih optimal oleh tubuh.


Cukup banyak suplemen arginine yang menggunakan HCL. Pertimbangkan Pure L-Arginine Powder dari Doctor's Best yang berbentuk bubuk.

L-arginine alpha ketoglutarate (AAKG), diyakini dapat menaikkan performa fisik

Wujud arginine lain yang bisa Anda temukan adalah l-arginine alpha ketoglutarate (AAKG). Jenis ini menggabungkan l-arginine dengan senyawa asam yang disebut alpha ketoglutarate acid. Produk yang menggunakan arginine jenis ini banyak disukai bodybuilder karena diyakini dapat meningkatkan kualitas latihan. Meski begitu, riset lanjutan diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini.


Anda mungkin sedikit kesulitan menemukan suplemen arginine yang menggunakan AAKG. Salah satu produk rekomendasi kami adalah Havasu L-Arginine Extra Strength yang mengombinasikan AAKG dengan l-arginine HCL.

Hindari produk yang memiliki dosis terlalu tinggi

Hindari produk yang memiliki dosis terlalu tinggi

Kadar arginine dalam banyak produk berkisar antara 500–1.000 miligram per saji. Meski begitu, Anda mungkin menemukan produk dengan dosis per saji yang jauh lebih tinggi.


Usahakan dosis arginine yang Anda konsumsi masih di bawah 9 gram per hari. Hal ini perlu diperhatikan agar risiko efek samping suplemen arginine dapat diminimalisasi. Supaya lebih aman, tanyakan pada dokter terkait dosis arginine harian yang sesuai dengan kondisi Anda.

Temukan kandungan lain yang bermanfaat dalam produk

Seperti banyak produk suplemen lain, suplemen arginine juga sering dipadukan dengan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja kandungan yang bisa Anda temukan dalam suplemen arginine?

Asam amino, menawarkan manfaat untuk kuku hingga otot

Asam amino, menawarkan manfaat untuk kuku hingga otot

Suplemen arginine sering mengandung berbagai jenis asam amino lain, seperti glycine dan methionine. Glycine diperlukan tubuh untuk memproduksi creatine, jenis senyawa yang penting untuk kekuatan dan massa otot. Sementara itu, methionine dapat menutrisi rambut, kuku, serta kulit.


Anda juga akan kerap menemukan campuran arginine dengan asam amino citrulline. Seperti arginine, citrulline dapat memelihara kesehatan jantung. Tak sampai di situ, citrulline ternyata juga dapat diubah tubuh menjadi arginine.

Vitamin B dan C, turut memelihara kesehatan jantung

Vitamin B dan C, turut memelihara kesehatan jantung

Selain asam amino, arginine juga sering dikawinkan dengan berbagai jenis vitamin. Vitamin yang menjadi 'kawan' arginine dalam suplemen biasanya memiliki manfaat yang serupa dengan asam amino ini. Beberapa contoh vitamin yang bisa ditemukan dalam suplemen arginine yakni vitamin C, vitamin B9 (folat), dan vitamin B6.


Vitamin C dan folat sama-sama dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Sementara vitamin B6, memiliki khasiat yang baik untuk jantung. Menurut riset dalam jurnal Nutrition, kekurangan vitamin B6 dikaitkan dengan penyakit arteri koroner.

10 Rekomendasi suplemen arginine terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen arginine terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

Life ExtensionL-Arginine Caps

Mulai dari Rp 645.000,00

Jenis arginineTidak disebutkan
BentukKapsul
Isi200 butir
Kadar arginine per saji700 mg untuk 1 kapsul
Kandungan bermanfaat lainVitamin C (dalam bentuk ascorbyl palmitate)
Anjuran pakai1 kapsul per hari saat perut kosong
9
Jenis arginineL-arginine HCL
BentukTablet
Isi100 butir
Kadar arginine per saji1.000 mg untuk 1 tablet (dalam bentuk l-arginine HCL)
Kandungan bermanfaat lainTidak ada
Anjuran pakai1 tablet maksimal 3 kali sehari, diminum saat makan
8

Doctor's BestPure L-Arginine Powder

Mulai dari Rp 399.000,00

Jenis arginineL-arginine HCL
BentukBubuk
Isi300 g
Kadar arginine per saji6.000 mg untuk 1 scoop
Kandungan bermanfaat lainTidak ada
Anjuran pakai1 scoop per hari, dicampur dengan jus atau minuman lain
7
Jenis arginineL-arginine HCL
BentukKapsul
Isi100 butir
Kadar arginine per saji800 mg (dari l-arginine HCL)
Kandungan bermanfaat lainTidak ada
Anjuran pakaiTidak disebutkan
6
Jenis arginineL-arginine free-form
BentukKapsul
Isi100 butir dan 200 butir
Kadar arginine per saji500 mg untuk 1 kapsul
Kandungan bermanfaat lainGlycine dan methionine
Anjuran pakai1 kapsul untuk 1–2 kali per hari
5
Jenis arginineTidak disebutkan
BentukKapsul
Isi90 butir
Kadar arginine per saji500 mg untuk 1 kapsul
Kandungan bermanfaat lain1–2 kapsul untuk 1–3 kali per hari
Anjuran pakaiTidak ada
4
Jenis arginineL-arginine HCL
BentukKapsul
Isi90 butir, 120 butir, dan 140 butir
Kadar arginine per saji1.075 mg untuk 1 kapsul
Kandungan bermanfaat lainTidak ada
Anjuran pakai1 kapsul per hari, diminum 30 menit sebelum latihan
3
Jenis arginineL-arginine free-form
BentukKapsul
Isi100 butir
Kadar arginine per saji500 mg untuk 1 kapsul
Kandungan bermanfaat lainTidak ada
Anjuran pakaiTidak disebutkan
2
Jenis arginineTidak disebutkan
BentukTablet
Isi90 butir
Kadar arginine per saji3.000 mg untuk 3 tablet
Kandungan bermanfaat lainVitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin B12
Anjuran pakai3 tablet per hari saat makan
1

FifthWeaponHavasu Nutrition L-Arginine Extra Strength

Mulai dari Rp 115.000,00

Jenis arginineL-arginine HCL dan l-arginine AAKG
BentukKapsul
Isi60 butir
Kadar arginine per saji400 mg (dari HCL) dan 400 mg (dari AAKG) untuk 2 kapsul
Kandungan bermanfaat lainCitrulline malate dan beet root powder
Anjuran pakaiTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk suplemen arginine terbaik

Gambar produk
1
FifthWeapon Havasu Nutrition L-Arginine Extra Strength 1

FifthWeapon

2
Natrol L-Arginine Extra Strength 1

Natrol

3
Puritan’s Pride L-Arginine 500 mg 1

Puritan’s Pride

4
Scitec Nutrition Mega Arginine 1

Scitec Nutrition

5
GNC L-Arginine 500 mg 1

GNC

6
Swanson Premium L-Arginine 1

Swanson

7
Ronnie Coleman L Arginine XS 1

Ronnie Coleman

8
Doctor's Best Pure L-Arginine Powder 1

Doctor's Best

9
21st Century  L-Arginine 1

21st Century

10
Life Extension L-Arginine Caps 1

Life Extension

Nama produk

Havasu Nutrition L-Arginine Extra Strength

L-Arginine Extra Strength

L-Arginine 500 mg

Mega Arginine

L-Arginine 500 mg

Premium L-Arginine

L Arginine XS

Pure L-Arginine Powder

L-Arginine

L-Arginine Caps

Keunggulan

Kombinasi dua jenis arginine, menjadi favorit para bodybuilder!

Perpaduan arginine dengan tiga vitamin B untuk kesehatan yang optimal

Langsung bekerja cepat dengan kapsul rapid release

Dapatkan asupan arginine dosis tinggi hingga 1.075 miligram!

Bebas dairy, gandum, dan zat pemicu alergi lain

Menawarkan methionine and glycine, banyak khasiatnya untuk tubuh sehat!

Memahami kebutuhan sports mania karena dirancang oleh veteran industri fitness

Hadir dalam bentuk bubuk dengan 6 gram arginine per sajinya!

Suplemen aman dan berkualitas dari merek pemegang sertifikat GMP

Ada vitamin C di dalamnya, kesehatan jantung pun makin terjaga!

Harga mulai dariRp 115.000,00Rp 270.000,00Rp 169.800,00Rp 450.000,00Rp 455.100,00Rp 260.000,00Rp 225.000,00Rp 399.000,00Rp 225.000,00Rp 645.000,00
Jenis arginineL-arginine HCL dan l-arginine AAKGTidak disebutkanL-arginine free-formL-arginine HCLTidak disebutkanL-arginine free-formL-arginine HCLL-arginine HCLL-arginine HCLTidak disebutkan
BentukKapsulTabletKapsulKapsulKapsulKapsulKapsulBubukTabletKapsul
Isi60 butir90 butir100 butir90 butir, 120 butir, dan 140 butir90 butir100 butir dan 200 butir100 butir300 g100 butir200 butir
Kadar arginine per saji400 mg (dari HCL) dan 400 mg (dari AAKG) untuk 2 kapsul3.000 mg untuk 3 tablet500 mg untuk 1 kapsul1.075 mg untuk 1 kapsul500 mg untuk 1 kapsul500 mg untuk 1 kapsul800 mg (dari l-arginine HCL)6.000 mg untuk 1 scoop1.000 mg untuk 1 tablet (dalam bentuk l-arginine HCL)700 mg untuk 1 kapsul
Kandungan bermanfaat lainCitrulline malate dan beet root powderVitamin B6, vitamin B9 (folat), vitamin B12Tidak adaTidak ada1–2 kapsul untuk 1–3 kali per hariGlycine dan methionineTidak adaTidak adaTidak adaVitamin C (dalam bentuk ascorbyl palmitate)
Anjuran pakaiTidak disebutkan3 tablet per hari saat makanTidak disebutkan1 kapsul per hari, diminum 30 menit sebelum latihanTidak ada1 kapsul untuk 1–2 kali per hariTidak disebutkan1 scoop per hari, dicampur dengan jus atau minuman lain1 tablet maksimal 3 kali sehari, diminum saat makan1 kapsul per hari saat perut kosong
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar suplemen arginine

Pertanyaan umum seputar suplemen arginine

Suplemen arginine menawarkan banyak potensi manfaat. Meski begitu, Anda mungkin masih memiliki pertanyaan mengenai suplemen ini. Kami telah merangkum beberapa pertanyaan umum seputar suplemen arginine sekaligus menyediakan jawabannya. Mari simak selengkapnya!

Apa saja makanan yang mengandung arginine?

Arginine terkandung dalam makanan tinggi protein. Contoh makanan yang mengandung arginine yaitu:


  • Daging merah, seperti sapi dan kambing
  • Daging ayam
  • Susu dan produk turunan susu
  • Kacang kedelai
  • Ikan
  • Kacang almond
  • Daging babi

Apa saja efek samping mengonsumsi suplemen arginine?

Risiko efek samping suplemen arginine dapat berupa perut kembung, sakit perut, mual, hingga diare. Efek samping ini berpotensi terjadi akibat suplemen arginine dosis tinggi, yakni 9 gram atau lebih per harinya.


Selain itu, menurut Mayo Clinic, penggunaan suplemen arginine juga mungkin memicu asam urat tinggi serta perburukan gejala asma. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum meminum suplemen arginine, terlepas apa pun tujuan penggunaan Anda.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Selain arginine, ada banyak suplemen yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Tim mybest sudah mengulas banyak produk suplemen terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Simak pembahasan yang menarik bagi Anda dengan mengeklik salah satu tautan berikut.

Kesimpulan

Suplemen arginine menawarkan banyak manfaat. Tak heran, suplemen ini cukup populer dan banyak dicari oleh masyarakat. Dari sepuluh rekomendasi suplemen arginine di atas, apakah Anda sudah menemukan produk yang sekiranya tepat?

Suplemen arginine tetap memiliki risiko efek samping. Untuk itu, konsumsilah suplemen ini berdasarkan anjuran konsumsi yang disarankan. Akan lebih baik jika Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi suplemen arginine. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Kini banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Kami juga telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Simak artikelnya sampai habis, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter dan residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Vitamin Curcuma Plus untuk Anak Umur 1 Tahun ke Atas (Terbaru Tahun 2022)
    Curcuma Plus merupakan satu-satunya suplemen vitamin anak yang mengandung temulawak organik dan telah dipercaya sejak 1995. Selain kandungan temulawak organik dalam Curcuma Plus juga mengandung multivitamin, mineral dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak mulai usia 1 tahun sehingga siap dukung optimalkan tumbuh kembang anak.Di artikel ini kami akan memperkenalkan delapan multivitamin anak usia 1 tahun ke atas dari Curcuma Plus. Anda tak perlu ragu membeli Curcuma Plus karena kualitasnya yang bagus dan sudah bersertifikasi BPOM serta halal dari MUI. Harga vitamin Curcuma Plus pun sangat terjangkau.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen Chondroitin Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Chondroitin adalah zat yang disintetis secara alami oleh tubuh dan berperan penting dalam menjaga bantalan sendi. Chondroitin di dalam tubuh sayangnya akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Maka dari itu, Anda perlu mengonsumsi suplemen chondroitin sulfate untuk menjaga kesehatan persendian. Para penderita osteoarthritis pun biasanya mengonsumsi suplemen chondroitin dan glucosamine. Untuk membantu Anda, kami akan memaparkan beberapa informasi seputar tips memilih suplemen chondroitin beserta manfaatnya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek suplemen chondroitin yang bagus, seperti Blackmores, Now Foods, Schiff, Welmove, dan Viostin. Silakan membaca artikel kali ini sampai selesai!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori