10 Rekomendasi Suplemen Arginine Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Suplemen Arginine Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Arginine adalah salah satu jenis asam amino yang baik untuk kesehatan. Sebagai suplemen kesehatan, arginine bermanfaat untuk kecantikan maupun untuk menambah stamina tubuh. Arginine juga dikenal sebagai suplemen bagi atlet dan identik dikonsumsi oleh pria.

Di pasaran sendiri, bisa Anda temukan berbagai merek suplemen arginine, seperti Puritan’s Pride, Now Food, dan Nature’s Plus. Setiap produk tersebut memiliki keunggulannya masing-masing, baik dari segi kandungan maupun manfaatnya. Artikel ini akan membahas lengkap mengenai arginine termasuk rekomendasi produk terbaik yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!

Daftar isi

Apa itu arginine?

Sebelum membahas tentang suplemen arginine, mari kita pelajari dulu apakah yang dimaksud dengan arginine. Kami akan mulai dengan manfaat dan tujuan penggunaan arginine.

Arginine adalah salah satu jenis asam amino

Arginine adalah salah satu jenis asam amino

Arginine adalah salah satu jenis asam amino, yang merupakan satuan pembentuk protein. Contohnya, ketika Anda mengonsumsi telur dan daging, proses pencernaan akan mengurai kandungan protein dalam makanan tersebut menjadi asam amino. Asam amino yang terurai tersebut akan terbagi menjadi 20 jenis, dan arginine adalah salah satu jenisnya.

Arginine banyak terkandung dalam makanan, tetapi kita juga dapat mengonsumsi arginine saja untuk kebutuhan tertentu. Di bagian selanjutnya, kami akan mengulas mengenai manfaat serta tujuan penggunaan arginine.

Manfaat dan tujuan penggunaan arginine

Manfaat dan tujuan penggunaan arginine

Salah satu manfaat mengonsumsi arginine adalah meningkatkan hormon pertumbuhan yang disekresi dari kelenjar pituitari. Karena itu, arginine memiliki keunggulan dalam segi kecantikan dan kesehatan. Sebagai contoh, arginine dapat meningkatkan kekebalan tubuh, menekan nafsu makan, dan mendorong metabolisme lemak.

Selain itu, sekresi hormon pertumbuhan juga berhubungan dengan pertumbuhan tinggi badan anak-anak. Oleh karena itu, arginine juga menarik perhatian sebagai suplemen untuk menambah tinggi badan anak-anak pada usia pertumbuhan.

Asupan arginine akan menghasilkan nitrogen monoksida dalam tubuh yang dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Hasilnya, otot akan terlihat lebih pump ketika Anda melatihnya di pusat kebugaran. Di samping itu, arginine juga berperan dalam memulihkan kinerja seksual pria dan dapat memperbaiki disfungsi ereksi. Arginine juga dapat membantu proses pembuangan amonia yang merupakan zat penyebab rasa lelah sehingga tubuh yang lelah dapat teratasi.

Jadi, dapat diketahui bahwa arginine digunakan untuk tujuan kecantikan, kesehatan, pertumbuhan, latihan fisik, pemulihan kinerja seksual pria, dan mengatasi kelelahan.

Cara memilih suplemen arginine

Suplemen arginine dijual dalam beberapa bentuk, misalnya kapsul dan tablet. Sebelum memutuskan untuk membeli, sebaiknya Anda menyimak cara memilihnya di sini.

Pilihlah bentuk yang mudah dikonsumsi

Pilihlah bentuk yang mudah dikonsumsi

Arginine memiliki aroma yang khas dan rasa yang pahit. Karena itu, suplemen dalam bentuk bubuk atau puyer kurang disarankan. Lebih baik Anda memilih arginine dalam bentuk kapsul yang mudah dikonsumsi.

Di samping itu, arginine bersifat alkali (basa) sehingga dapat memperburuk saluran pencernaan jika dikonsumsi langsung. Untuk menetralkan sifat basa dan meredakan rasa tidak nyaman, konsumsilah arginine bersama dengan asam sitrat atau jus buah-buahan citrus.

Pilihlah yang mengandung asam sitrat atau citrulline

Pilihlah yang mengandung asam sitrat atau citrulline

Untuk menetralkan sifat basa dari arginine, Anda dapat memilih produk yang juga mengandung asam sitrat. Hal ini bertujuan untuk menekan efek samping arginine.

Selain itu, citrulline yang juga merupakan salah satu asam amino, akan berubah menjadi arginine saat proses metabolisme di ginjal. Jadi, mengonsumsi arginine dan citrulline secara bersamaan akan memberikan efek sinergis pada tubuh. Karena itu, kami menyarankan Anda mengonsumsi suplemen arginine yang mengandung asam sitrat atau citrulline.

10 Rekomendasi suplemen arginine terbaik

Berikut ini adalah beberapa suplemen arginine yang kami rekomendasikan. Ada berbagai macam produk suplemen arginine yang dijual di pasaran, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

10. GNC L-Arginine 500

10. GNC L-Arginine 500

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 441.990

Menjaga kesehatan pembuluh darah

Pembuluh darah yang sehat akan membantu mengalirkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh sehingga organ tubuh dapat bekerja optimal. Namun, gaya hidup tidak sehat dapat mengganggu kesehatan pembuluh darah. Akibatnya, berbagai penyakit seperti strok dan serangan jantung mudah datang.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi GNC L-Arginine 500. Suplemen ini tidak mengandung gula, tepung, pengawet, maupun pewarna buatan sehingga aman dikonsumsi setiap hari. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat pembuluh darah yang sehat, cobalah untuk mengonsumsi produk ini secara rutin.

Isi 90 butir
Bentuk Kapsul
Kandungan arginine/butir 500 mg
Kandungan lain Cellulose, gelatin (from bovine), titanium dioxide (natural mineral whitener)
Aturan pakai 1 kapsul/hari

9. Scitec Nutrition® Mega Arginine

9. Scitec Nutrition® Mega Arginine

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 470.400

Efektif untuk meningkatkan massa otot

Bagi Anda yang gemar berolahraga, khususnya Anda yang ingin melakukan pembentukan otot, produk ini bisa menjadi best support Anda. Suplemen ini dapat memperlebar pembuluh darah, mempercepat asupan nutrisi ke otot, mengatasi kelelahan, dan memperkuat regenerasi otot.

Di samping itu, Scitec Nutrition® Mega Arginine juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan cedera otot ringan. Oleh sebab itu, suplemen ini sangat disarankan bagi para atlet dan bodybuilders. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsinya 30 menit sebelum latihan.

Isi 90 butir
Bentuk Kapsul
Kandungan arginine/butir 1300 mg
Kandungan lain Bovine gelatin, anti-caking agent (magnesium stearate), colors (titanium dioxide, black iron oxide, brilliant black BN)
Aturan pakai 1 kapsul, diminum 30 menit sebelum latihan fisik

8. Natrol® L-Arginine

8. Natrol® L-Arginine

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 255.000

Sehat untuk pria, memuaskan bagi wanita

Hadir berbeda, suplemen arginine ini hadir dengan diperkaya kandungan vitamin B6, B12, dan folat. Kombinasi kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja seksual pria. Jadi, produk ini sangat disarankan bagi Anda para pria yang ingin memberikan kepuasan bagi pasangannya.

Di samping itu, produk besutan Natrol ini juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan mendukung pembentukan masa otot. Baik juga dikonsumsi oleh para binaragawan yang ingin meningkatkan stamina.

Isi 90 butir
Bentuk Tablet
Kandungan arginine/butir 3000 mg
Kandungan lain Vitamin B6 (as pyridoxine hydrochloride), folate, vitamin B12 (cyanocobalamin), microcrystalline cellulose, hypromellose, stearic acid, silicon dioxide, cellulose gum, magnesium stearate, methylcellulose, dicalcium phosphate, glycerin.
Aturan pakai 3 tablet (1 kali/hari)

7. Swanson L-Arginine

7. Swanson L-Arginine

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Ekonomis dan efektif dalam mendukung sistem kardiovaskular dan sistem imun tubuh

Suplemen merupakan asupan yang harus Anda konsumsi setiap hari dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, harga adalah salah satu faktor yang menentukan. Untuk itu, Swanson mengeluarkan suplemen arginine yang sangat ekonomis. Di mana dengan kisaran Rp 200.000, Anda sudah bisa mendapatkan 200 kapsul arginine!

Meski berharga ekonomis, suplemen ini hadir dengan standar yang baik, dibuktikan dengan garansi purity dan potency yang ditawarkannya. Bagi Anda yang ingin menjaga daya tahan tubuh dan sistem kardiovaskular (peredaran darah), cobalah produk ini.

Isi 200 butir
Bentuk Kapsul
Kandungan arginine/butir 500 mg
Kandungan lain Gelatin, magnesium stearate
Aturan pakai 1 kapsul (1–2 kali/hari)

6. California Gold Nutrition® L-Arginine AjiPure 500 mg

6. California Gold Nutrition® L-Arginine AjiPure 500 mg

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 160.900

Produk non-GMO yang juga bebas gluten dan kacang kedelai

Suplemen ini merupakan produk eksklusif yang telah melalui berbagai tahap quality control. Jadi, Anda tidak perlu lagi meragukan kualitas suplemen ini. Di samping itu, produk ini hadir tanpa kandungan gluten dan kacang kedelai. Sangat aman dikonsumsi oleh Anda yang memiliki intoleransi gluten ataupun alergi kacang kedelai.

Selain itu, seluruh bahan yang terkandung juga terbebas dari GMO (Genetically Modified Organisms). Jadi, bahan-bahannya merupakan bahan alami tanpa rekayasa genetika. Proses produksinya pun menggunakan patented ferment-a-pure technology yang aman dikonsumsi oleh para vegetarian.

Isi 60 butir
Bentuk Kapsul
Kandungan arginine/butir 500 mg
Kandungan lain Veggie capsule (modified cellulose), microcrystalline cellulose, magnesium stearate (non-GMO vegetable source), silica
Aturan pakai 1 kapsul/hari

5. Natures Plus L-Arginine 500 mg Vcaps® Free Form Amino Acid

5. Natures Plus L-Arginine 500 mg Vcaps® Free Form Amino Acid

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 399.000

Minim reaksi alergi dengan bahan baku yang hypoallergenic

Sebagaimana Anda ketahui, arginine memiliki peran vital dalam metabolisme otot dan regenerasi jaringan. Khasiatnya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun, suplemen yang menyehatkan bisa saja menjadi racun bagi Anda yang memiliki alergi tertentu dengan kandungan dalam suplemen.

Sebagai solusinya, Natures Plus menghadirkan produk yang hypoallergenic. Bahan baku yang digunakan minim reaksi alergi dan aman diminum oleh Anda yang memiliki alergi tertentu. Selain itu, suplemen ini juga dibuat dari kapsul vegetarian dan tidak mengandung unsur hewani sedikit pun.

Isi 90 butir
Bentuk Kapsul
Kandungan arginine/butir 500 mg
Kandungan lain Vegetable cellulose, microcrystalline
cellulose, stearic acid, magnesium stearate, silica, purified water.
Aturan pakai 1 kapsul/hari

4. Puritan’s Pride L-Arginine 500 mg

4. Puritan's Pride L-Arginine 500 mg

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 160.000

Mudah dikonsumsi dan bekerja cepat dengan rapid release capsules

Puritan’s Pride hadir memberikan jawaban bagi Anda yang ingin merasakan khasiat arginine, tetapi sukar dalam menelan butiran suplemen. Suplemen ini hadir dengan tekstur kapsul yang mudah ditelan dan memudahkan Anda dalam mengonsumsinya.

Selain itu, suplemen ini disajikan dalam rapid release capsules sehingga bahan aktif di dalamnya akan dilepaskan dalam waktu singkat. Jadi, Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk merasakan khasiatnya!

Isi 100 butir
Bentuk Kapsul
Kandungan arginine/butir 500 mg
Kandungan lain Gelatin, vegetable cellulose, sillica, vegetable magnesium stearate
Aturan pakai 1 kapsul (6 kali/hari)

3. Nature’s Bounty L-Arginine

3. Nature's Bounty L-Arginine

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 310.000

Bantu menjaga kesehatan jantung untuk hidup yang selalu sehat

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan lemak darah atau plak. Arginine diketahui sebagai stimulator untuk memproduksi oksida nitrat yang berfungsi memperlebar pembuluh darah sehingga dapat mencegah penyempitan pembuluh darah jantung.

Suplemen arginine dari Nature’s Bounty ini cocok dikonsumsi bagi Anda yang ingin menambah nutrisi untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, suplemen ini juga berfungsi sebagai sumber energi dan memberikan efek untuk latihan fisik. Tubuh menjadi lebih bugar dan sehat!

Isi 50 butir
Bentuk Tablet
Kandungan arginine/butir 1000 mg
Kandungan lain Vegetable cellulose, natural palm leaf glaze, silica, vegetable magnesium stearate, vegetable stearic acid
Aturan pakai 1 tablet (3 kali/hari)

2. Now Foods Sports Arginine & Citrulline 500 mg/250 mg

2. Now Foods Sports Arginine & Citrulline 500 mg/250 mg

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 390.000

Kolaborasi dua asam amino yang mendukung metabolisme protein

Arginine dan citrulline adalah dua asam amino yang merupakan bagian integral dari metabolisme dan pemanfaatan protein. Keduanya juga merupakan perantara utama dalam siklus urea, di mana mereka berpartisipasi dalam detoksifikasi amonia melalui produksi urine.

Selain itu, citrulline juga memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, meningkatkan energi, dan menurunkan tekanan darah. Dengan kandungan yang dimilikinya, suplemen ini disarankan untuk Anda yang memiliki masalah buang air kecil maupun kelelahan.

Isi 120 butir
Bentuk Kapsul
Kandungan arginine/butir 500 mg
Kandungan lain L-citrulline 250 mg, gelatin (capsule) silica, cellulose, stearic acid (vegetable source), magnesium stearate (vegetable source), cellulose powder.
Aturan pakai 1 kapsul (2 kali/hari)

1. Jarrow Formulas® Arginine-Citrulline Sustain™

1. Jarrow Formulas® Arginine-Citrulline Sustain™

 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 309.000

Memberikan supply asam amino hingga 8 jam!

Suplemen ini menghadirkan sinergi dari arginine dan citrulline dalam komposisi yang seimbang, yakni 500 mg/500 mg. Sinergi keduanya membantu mendukung produksi nitrat oksida (NO), memperlancar aliran darah, dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Kandungan citrulline yang terkandung akan dikonversi menjadi arginine. Hasilnya, suplemen ini mampu menyediakan asam amino bagi tubuh selama 8 jam! Anda tak perlu lagi khawatir dengan tubuh yang kekurangan asam amino. Produk dari Jarrow Formulas ini sangat cocok bagi Anda yang sangat sibuk dan rentan mengalami defisiensi asam amino.

Isi 120 butir
Bentuk Tablet
Kandungan arginine/butir 500 mg
Kandungan lain Vitamin C (as calcium ascorbate), l-citrulline 500 mg, cellulose, silicon dioxide, magnesium stearate (vegetable source), food-grade coating
Aturan pakai  2 tablet (1–2 kali/hari)

Poin-poin penting mengenai suplemen arginine

Saat Anda mengonsumsi arginine dalam jumlah yang berlebihan, tentu akan ada efek sampingnya. Karena itu, kami akan menjelaskan tentang dosis yang disarankan dan efek samping suplemen arginine.

Dosis yang disarankan

Dosis yang disarankan

Dosis standar arginine sebagai suplemen adalah sekitar 2000–4000 mg per hari. Untuk latihan fisik, Anda dapat melipatgandakan dosisnya. Sedangkan, untuk perbaikan kinerja seksual pria dan disfungsi ereksi, Anda dapat mengonsumsi 5000 mg per hari. Namun, dosis terbaik adalah dengan mengikuti petunjuk penggunaan yang dicantumkan pada setiap produk. Konsumsi berlebih tidak akan memberikan manfaat apapun pada tubuh Anda.

Di sisi lain, belum ada standar pasti tentang dosis penggunaan arginine pada anak-anak untuk meningkatkan tinggi badan. Suplemen arginine khusus anak-anak biasanya dijual dalam berbagai dosis. Ada produk yang menawarkan dosis 100 mg dan ada juga yang berdosis tinggi hingga 5000 mg. Namun, karena belum ada penelitian yang dapat dijadikan referensi, dosis yang tepat untuk anak-anak belum diketahui secara pasti.

Mengonsumsi lebih dari 10 gram (10000 mg) arginine pada satu waktu dapat menimbulkan efek samping, misalnya sakit perut. Jadi, sebaiknya Anda menyesuaikan dosisnya dengan kondisi dan kebutuhan.

Efek samping arginine

Efek samping arginine

Arginine pada dasarnya merupakan asam amino sehingga tidak berbahaya. Namun, ketika dikonsumsi dalam bentuk suplemen, jumlah arginine di tubuh akan menjadi tinggi. Hal tersebut dapat menimbulkan reaksi tubuh yang berbeda dari biasanya. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati dengan efek sampingnya.

Efek samping yang sering dijumpai adalah gangguan pada pencernaan, contohnya heartburn, sakit perut, dan diare. Selain itu, arginine juga dapat memberi beban pada organ hati serta memperburuk penyakit kardiovaskular dan asma.

Arginine aman untuk dikonsumsi dengan cara penggunaan serta dosis yang tepat. Sebaiknya konsumsi arginine disesuaikan dengan kondisi tubuh. Jika merasa ragu, silakan konsultasikan dengan dokter Anda.

Baca juga suplemen untuk latihan fisik di sini!

Salah satu manfaat suplemen arginine adalah meningkatkan kinerja tubuh saat latihan fisik. Untuk itu, berikut ini kami rekomendasikan beberapa suplemen lain yang baik digunakan saat latihan fisik. Baca rekomendasi produknya di sini!

Kesimpulan

Arginine memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya membantu pertumbuhan pada anak, melebarkan pembuluh darah, dan memperbaiki kinerja seksual pria. Namun, Anda perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Karena arginine bersifat basa, konsumsilah bersama asam sitrat atau jus buah-buahan citrus. Lalu, arginine sebagai suplemen memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, belum ada dosis suplemen arginine yang tepat untuk anak-anak. Jadi, bacalah petunjuk penggunaan setiap produk atau konsultasikan dengan dokter.