• 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Sepeda Roda Tiga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Bermain sepeda merupakan salah satu cara untuk mengasah keterampilan motorik serta koordinasi beberapa kelompok otot anak. Sepeda roda tiga adalah alternatif yang bisa dipilih. Dari sekian banyak produk di pasaran, Anda mungkin bingung dalam memilih sepeda yang tepat untuk si kecil.

Karena itu, kami akan membagikan tips memilih sepeda roda tiga terbaik untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan produk dari merek sepeda roda tiga yang bagus, seperti Family, Exotic, dan Pacific. Anda bisa menemukan sepeda untuk bayi, anak usia 1 tahun, dan sebagainya. Berikan produk yang pas untuk anak Anda!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 Agustus 2022
Daftar isi

Sepeda roda tiga untuk anak usia berapa?

Sepeda roda tiga untuk anak usia berapa?

Sepeda roda tiga menjadi pilihan banyak orang tua untuk melatih anak-anak belajar bersepeda. Sepeda ini merupakan mainan yang sederhana dan mudah digunakan. Si kecil tidak akan takut mengendarainya karena mereka tak akan mudah terjatuh dari sepeda. Namun, di usia berapakah anak siap mengendarai sepeda?


Sebenarnya, bayi usia sekitar 8 bulan yang telah mampu duduk tegak sudah bisa diajak menjelajah menggunakan sepeda roda tiga. Anak usia 1,5–2 tahun yang sudah mampu mengayuh juga dapat menggunakannya untuk berlatih.


Ketika mencapai usia 3–4 tahun, tubuh anak mulai membesar sehingga sulit untuk mengayuh pedal yang terlalu kecil. Karena itu, pada usia tersebut anak sudah bisa berhenti mengendarai sepeda roda tiga.


Jangka waktu pemakaian sepeda roda tiga memang tergolong pendek. Jadi, jangan sampai Anda terlambat menyiapkannya. Yuk, latih si kecil untuk mulai bersepeda!

Cara memilih sepeda roda tiga

Sebelum memilih sepeda roda tiga, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah keberadaan tongkat pengendali, posisi pedal, material ban, hingga keamanannya. Kami akan menjelaskannya secara lengkap di bawah ini.

Sesuaikan jenis sepeda roda tiga dengan usia anak

Sepeda roda tiga dibagi menjadi dua jenis. Ada sepeda dengan tongkat pengendali dan ada juga sepeda yang bisa dikendarai sendiri oleh si kecil. Sesuaikan jenis ini dengan usia anak ketika mulai menggunakannya.

Sepeda dengan tongkat pengendali, untuk bayi dan anak 1 tahun ke atas

Sepeda dengan tongkat pengendali, untuk bayi dan anak 1 tahun ke atas

Sepeda dengan tongkat pengendali pas untuk bayi dan anak usia 1 tahun ke atas yang mulai mengendarai sepeda roda tiga. Anda dapat mendorong tongkat pengendali di bagian belakang agar sepeda berjalan meski anak belum bisa mengayuh sendiri.


Beberapa produk dilengkapi tongkat pengendali yang juga bisa digunakan untuk mengendalikan kemudi. Dengan demikian, Anda dapat mengontrol anak agar tidak bersepeda terlalu jauh. Namun, ada tongkat pengendali yang berat sehingga sulit untuk didorong. Jadi, pilihlah sepeda yang tongkat pengendalinya bisa dilepas dan dipasang.

Sepeda yang bisa dikendarai sendiri, pas untuk anak 2–4 tahun

Sepeda yang bisa dikendarai sendiri, pas untuk anak 2–4 tahun

Jenis ini merupakan sepeda standar yang kami rekomendasikan untuk anak yang berusia 2 tahun ke atas. Pada usia ini kaki anak sudah menginjak tanah ketika berada di atas sepeda dan dapat mengayuh pedal sendiri. Dengan mengayuh, otot kaki anak akan makin kuat dan keseimbangan mereka akan terlatih.


Namun, Anda perlu memegangi sepeda bila anak berkendara di pinggir jalan raya atau di jalanan menurun. Karena tidak dilengkapi tongkat pengendali, orang tua tak boleh lengah mengawasi anak saat mereka bersepeda sendiri.

Pastikan sepeda sesuai dengan tinggi dan berat badan anak

Pastikan sepeda sesuai dengan tinggi dan berat badan anak

Tiap merek memiliki ketentuan tinggi dan berat yang berbeda untuk produknya. Pastikan Anda memilih sepeda roda tiga yang sesuai dengan berat dan tinggi anak.


Umumnya target usia anak tertera pada produk. Akan tetapi, anak dengan usia yang sama belum tentu mempunyai berat dan tinggi yang sama pula. Karena itu, cek dahulu poin ini sebelum membeli.


Sebagai contoh, kapasitas maksimum sepeda roda tiga incaran Anda adalah 20 kg. Jika berat anak lebih dari 20 kg, lebih baik Anda tidak membelinya meskipun target usia tercukupi. Hal ini penting dilakukan demi keselamatannya.

Cari sepeda yang dapat digunakan di dalam ruangan

Cari sepeda yang dapat digunakan di dalam ruangan

Ketika cuaca buruk, tentu anak tidak bisa bermain di luar rumah sehingga membuatnya stres. Dalam kondisi seperti ini anak akan tetap merasa gembira meski bermain di dalam rumah. Maka dari itu, Anda perlu memilih sepeda yang dapat dipakai di dalam ruangan.


Produk yang dapat digunakan di dalam ruangan biasanya berbobot ringan dan berukuran kecil, kok. Tentunya anak-anak dapat bermain dengan puas selama ruangan di rumah Anda cukup luas. Silakan pertimbangkan juga poin ini.

Pilih sepeda dengan pedal yang mudah dikayuh

Pilih sepeda dengan pedal yang mudah dikayuh

Kemudahan mengayuh sepeda tergantung dari posisi pedal. Biasanya pedal yang ada di sepeda roda tiga menempel di bagian roda depan. Namun, ada juga sepeda yang pedalnya berada di tengah antara roda depan dan belakang yang disambungkan dengan rantai.


Sepeda dengan pedal yang menempel di roda depan memang menyulitkan anak untuk mengayuhnya. Namun, posisi pedal ini baik untuk melatih keseimbangan dan kekuatan kaki anak sembari bermain.


Apabila Anda ingin anak cepat mahir bersepeda, pilih produk dengan posisi pedal di tengah dan tersambung dengan rantai. Posisi pedal tersebut membuat sepeda lebih mudah dikayuh. Selain itu, anak dapat dengan mudah beralih dari sepeda roda tiga ke sepeda roda dua.

Perhatikan material ban dan jarak kedua roda belakang

Perhatikan material ban dan jarak kedua roda belakang

Bahan ban juga memengaruhi kenyamanan dari sepeda roda tiga. Ban berukuran tebal yang dibuat dari karet atau EVA menawarkan stabilitas dan kemampuan meredam guncangan yang baik. Dengan begitu, anak-anak akan makin mudah mengendarainya. Ada juga produk yang rodanya terbuat dari plastik. Meski ringan, material tersebut cenderung mudah rusak.


Makin lebar jarak antara kedua roda bagian belakang, laju sepeda akan makin stabil. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk memilih sepeda yang jarak kedua roda belakangnya berukuran lebar 40 cm atau lebih.

Ketahui perangkat keamanan sepeda

Poin penting lain yang harus Anda perhatikan adalah keamanan pada sepeda roda tiga. Apa saja perangkat keamanan yang harus ada? Yuk, simak penjelasan berikut.

Sabuk pengaman atau safety guard, untuk keamanan saat berkendara

Sabuk pengaman atau safety guard, untuk keamanan saat berkendara

Sabuk pengaman dan safety guard adalah kelengkapan yang menjaga tubuh anak agar tidak bergerak saat naik sepeda. Sabuk pengaman dapat mencegah anak terjatuh. Meskipun melintasi jalanan yang tidak rata dan banyak guncangan, tubuh anak tak akan terbentur bodi sepeda.


Jika Anda ingin sepeda yang dilengkapi safety guard, pilihlah yang bisa dibuka dan ditutup. Jadi, Anda tak akan kerepotan saat akan menaikkan dan menurunkan anak dari sepeda. Selain itu, safety guard yang materialnya empuk tidak akan membuat si kecil merasa kesakitan saat terbentur dengan tubuhnya.

Pelek dengan cover, untuk mencegah kaki terjepit jari-jari sepeda

Pelek dengan cover, untuk mencegah kaki terjepit jari-jari sepeda

Tidak sedikit kaki anak yang terluka akibat terjepit di jari-jari sepeda. Kaki anak-anak yang kecil mudah masuk di antara jari-jari sepeda yang berputar. Pelek dari logam yang umumnya ada pada sepeda biasa memang sering menyebabkan kaki terjepit. Karena itu, pilihlah pelek yang ditutup dengan cover untuk keamanan si kecil.

Stopper, untuk keamanan ekstra saat sepeda sedang berhenti

Stopper, untuk keamanan ekstra saat sepeda sedang berhenti

Untuk menghindari laju sepeda yang tidak dikehendaki, sebaiknya pilihlah produk yang dilengkapi stopper. Stopper akan mengunci roda belakang sehingga sepeda tak akan bergerak meski si kecil mengayuhnya.


Stopper atau pengunci roda dapat mencegah anak mengayuh sepeda di lintasan penyeberangan atau jalan raya. Selain itu, stopper dapat mencegah sepeda bergerak sendiri ketika diletakkan di garasi atau di dalam rumah Anda.

Agar praktis dan hemat ruangan, pertimbangkan sepeda yang bisa dilipat

Agar praktis dan hemat ruangan, pertimbangkan sepeda yang bisa dilipat

Sepeda roda tiga bisa menghabiskan space ruangan meski terlihat kecil, terutama untuk Anda yang rumahnya tidak terlalu luas. Nah, Anda dapat memilih produk yang bisa dilipat sebagai alternatif.


Anda dapat melipatnya saat tidak dipakai dan menyimpannya dalam kondisi berdiri. Dengan demikian, sepeda mudah diselipkan di antara ruang kosong di rumah Anda. Sepeda yang bisa dilipat juga mudah dipindahkan ke ruangan lain.


Jika bisa dilipat, sepeda akan mudah diangkut ke dalam mobil. Jadi, si kecil tetap bisa memakainya ketika pergi berjalan-jalan. Apabila Anda sering mengajak anak-anak ke area outdoor, sepeda roda tiga yang bisa dilipat tentu lebih memudahkan.

10 Rekomendasi sepeda roda tiga terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh sepeda roda tiga terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 26 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, SmarTrike Glow 4 in 1 Baby Trike menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Satu Keluarga Sepeda Anak Roda Tiga 2 in 1 M97 memiliki angka penjualan tertinggi.

Gambar produk
1
Satu Keluarga Sepeda Anak Roda Tiga 2 in 1 1

Satu Keluarga

2
SHP Toys TRX 575 1

SHP Toys

3
Exotic Sepeda Roda Tiga Anak 1

Exotic

4
Family F-960 Clarte 1

Family

5
Pacific Sepeda Roda Tiga 1

Pacific

6
Nakami Racing Kiwi 1

Nakami

7
IIMO Tricycle #02 1

IIMO

8
Notale Dolemi Series 7 in 1 Scooter 1

Notale

9
L'abeille Balance Bike Inui Dolphin Tricycle 1

L'abeille

10
Jefferys London Taxi Tricycle 1

Jefferys

Nama produk

Sepeda Anak Roda Tiga 2 in 1

TRX 575

Sepeda Roda Tiga Anak

F-960 Clarte

Sepeda Roda Tiga

Racing Kiwi

Tricycle #02

Dolemi Series 7 in 1 Scooter

Balance Bike Inui Dolphin Tricycle

London Taxi Tricycle

Keunggulan

Mau balance bike atau sepeda roda tiga? Semua bisa!

Yuk, berimajinasi mengejar penjahat bersama si kecil!

Kanopi bisa diatur lebarnya sesuai dengan kebutuhan

Posisi sandaran bisa diatur, ketiduran di sepeda tidak masalah

Sepeda tiga roda besi untuk mengeksplorasi dunia luar

Harga terjangkau dengan fitur mumpuni

Desainnya sangat elegan dan stylish, anak makin percaya diri

7-in-1, satu sepeda dengan tujuh mode berbeda!

Bisa dipakai di luar ataupun dalam ruangan

Tinggi sadel bisa disesuaikan dengan panjang kaki anak

Harga mulai dariRp 520.000,00Rp 280.600,00Rp 495.000,00Rp 980.000,00Rp 275.000,00Rp 565.000,00Rp 2.599.000,00Rp 1.857.000,00Rp 414.000,00Rp 1.680.000,00
Target usia1,5–5 tahun1–6 tahun9 bulan–3 tahun8 bulan–4 tahun1–3 tahunTidak ada keterangan1,5–4 tahun1,5–5 tahun1,5 tahun ke atasTidak ada keterangan
Berat/tinggi anak maksimalTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keteranganTidak ada keterangan77–100 cm20 kg25 kgTidak ada keterangan
Material banEVATidak ada keteranganEVAKaretEVAKaretTidak ada keteranganTidak ada keteranganPlastikEVA
Keamanan-Safety barSabuk pengaman, safety guardSabuk pengaman, safety bar-Safety guardSafety guardSabuk pengaman, safety bar--
Cover pelekxxx
Stopperxxxxxxxx
Bisa dilipatxxxxxxxx
Tautan produk
10
Target usiaTidak ada keterangan
Berat/tinggi anak maksimalTidak ada keterangan
Material banEVA
Keamanan-
Cover pelek
Stopperx
Bisa dilipatx
9

L'abeilleBalance Bike Inui Dolphin Tricycle

KC 117

Mulai dari Rp 414.000,00

Target usia1,5 tahun ke atas
Berat/tinggi anak maksimal25 kg
Material banPlastik
Keamanan-
Cover pelek
Stopperx
Bisa dilipatx
8
Target usia1,5–5 tahun
Berat/tinggi anak maksimal20 kg
Material banTidak ada keterangan
KeamananSabuk pengaman, safety bar
Cover pelek
Stopper
Bisa dilipat
7
Target usia1,5–4 tahun
Berat/tinggi anak maksimal77–100 cm
Material banTidak ada keterangan
KeamananSafety guard
Cover pelek
Stopper
Bisa dilipat
6
Target usiaTidak ada keterangan
Berat/tinggi anak maksimalTidak ada keterangan
Material banKaret
KeamananSafety guard
Cover pelekx
Stopperx
Bisa dilipatx
5
Target usia1–3 tahun
Berat/tinggi anak maksimalTidak ada keterangan
Material banEVA
Keamanan-
Cover pelekx
Stopperx
Bisa dilipatx
4
Target usia8 bulan–4 tahun
Berat/tinggi anak maksimalTidak ada keterangan
Material banKaret
KeamananSabuk pengaman, safety bar
Cover pelek
Stopperx
Bisa dilipatx
3
Target usia9 bulan–3 tahun
Berat/tinggi anak maksimalTidak ada keterangan
Material banEVA
KeamananSabuk pengaman, safety guard
Cover pelekx
Stopperx
Bisa dilipatx
2
Target usia1–6 tahun
Berat/tinggi anak maksimalTidak ada keterangan
Material banTidak ada keterangan
KeamananSafety bar
Cover pelek
Stopperx
Bisa dilipatx
1

Satu KeluargaSepeda Anak Roda Tiga 2 in 1

M97

Mulai dari Rp 520.000,00

Target usia1,5–5 tahun
Berat/tinggi anak maksimalTidak ada keterangan
Material banEVA
Keamanan-
Cover pelek
Stopperx
Bisa dilipatx

Baca juga rekomendasi sepeda anak lainnya di sini

Sepeda roda tiga tentu tak selamanya memenuhi kebutuhan si kecil. Anak yang sudah mahir bersepeda pasti ingin tantangan yang baru. Untuk itu, Anda bisa memilih sepeda anak ataupun balance bike. Simak rekomendasi produknya di artikel-artikel berikut!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah menemukan sepeda roda tiga terbaik untuk si kecil? Kini Anda tentu sudah memiliki bayangan mengenai sepeda roda tiga yang akan dibeli, bukan?

Pastikan Anda memperhatikan poin-poin penting yang harus ada di sepeda roda tiga. Sesuaikan pula sepeda roda tiga pilihan Anda dengan kondisi dan usia anak. Selamat mengajak si kecil beraktivitas dengan sepeda roda tiga terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Listrik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sejak masa pandemi ini, tren bersepeda kian menjamur. Tak heran jika peminat sepeda makin tinggi, tak terkecuali dengan sepeda listrik. Di Indonesia sendiri ada banyak merek sepeda listrik buatan lokal ataupun luar negeri yang dijual di pasaran.Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilih sepeda listrik yang bagus. Kami juga merekomendasikan sepuluh merek sepeda listrik terbaik, misalnya Uwinfly, Volta, dan Xiaomi, lengkap dengan harganya. Jadi, simak artikel ini sampai akhir, ya. Selamat memilih!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sepeda lipat atau seli merupakan jenis sepeda yang cukup digemari karena desainnya yang menarik dan mudah dibawa bepergian. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan banyak merk sepeda lipat yang bagus, seperti Polygon, United Bike, hingga PACIFIC BIKE. Harga sepeda lipat sendiri bervariasi tergantung jenis bahan dan keunggulannya. Ada sepeda lipat dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga puluhan juta. Nah, supaya Anda tidak kebingungan, kami akan mengulas tips memilih sepeda lipat yang bagus. Temukan rekomendasi produk sepeda lipat yang murah dan berkualitas dengan membaca artikel ini sampai tuntas.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Balance Bike Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)
    Anda mungkin pernah melihat sepeda tanpa pedal yang banyak digunakan oleh anak-anak. Sepeda yang dikenal dengan istilah balance bike atau kick bite ini memang cukup populer dan banyak diminati. Jika Anda sedang mencari informasi tentang balance bike, Anda wajib membaca artikel ini! Kami akan membahas secara lengkap mengenai manfaat balance bike dan hal apa saja yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek balance bike yang bagus, seperti London Taxi, Strider, atau Maynine. Langsung saja scroll ke bawah untuk informasi lebih lanjut! 
    Sepeda
  • 6 Sepeda Fixie Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    6 Sepeda Fixie Terbaik - Ditinjau oleh Cycling Vlogger (Terbaru Tahun 2022)
    Bersepeda adalah cara yang bagus untuk beraktivitas di luar rumah dan menikmati udara segar. Nah, jika Anda menyukai sepeda dengan gaya simpel, sepeda fixie adalah pilihan yang pas. Bentuknya yang ramping dan bobotnya yang ringan membuat sepeda ini banyak diminati oleh kalangan muda. Agar Anda mendapatkan produk yang tepat, Anda perlu menyimak beberapa tips yang akan kami berikan dalam artikel ini. Kami juga akan mengulas enam merek sepeda fixie terkeren, seperti sepeda fixie United dan Litus. Artikel ini sudah ditinjau oleh cycling vlogger kami, Nasirullah Sitam. Selamat membaca!
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Ban Dalam Sepeda Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Meski tidak terlihat langsung manfaatnya saat bersepeda, ban dalam berperan penting agar Anda bisa bersepeda dengan lancar. Anda akan menemukan ban dalam dengan beragam bahan dan ukuran di pasaran. Hal tersebut bisa saja membuat Anda bingung untuk memilih, bukan?Agar Anda mudah menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih ban dalam sepeda. Kami juga akan memberikan rekomendasi merek ban dalam sepeda terbaik, seperti Swallow, Kenda, Maxxis, dan sebagainya. Pilihlah yang paling sesuai dengan preferensi Anda.
    Sepeda
  • 10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sepatu Bersepeda Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Penggemar sepeda pasti sudah pernah mendengar istilah road bike dan mountain bike. Kedua tipe sepeda ini membutuhkan jenis sepatu yang berbeda, misalnya sepatu jenis SPD dan SPD-SL. Jenis-jenis sepatu tersebut juga perlu disesuaikan dengan pedal dan cleat yang digunakan agar performanya maksimal.Tidak perlu khawatir jika Anda masih bingung dengan cara memilih sepatu bersepeda. Kami akan memberikan tipsnya untuk Anda sekaligus merekomendasikan merek sepatu bersepeda terbaik untuk pria. Berbagai merek sepatu yang bagus, seperti Decathlon, Shimano, dan Avelio ada di sini. Jadi, jangan lewatkan artikel kami, ya!
    Sepeda
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori