10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Treatment Pori-pori (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Treatment Pori-pori (Terbaru Tahun 2018)

Meski telah melakukan regimen perawatan kulit yang panjang, terkadang pori-pori di sekitar area pipi dan hidung masih terlihat begitu jelas seperti tidak terawat. Hal itu disebabkan karena pori-pori juga membutuhkan perawatan khusus, salah satunya dengan menggunakan serum tertentu.

Saat ini di pasaran tersedia berbagai merek serum wajah untuk perawatan pori-pori sehingga Anda harus memilih secara saksama sesuai dengan kebutuhan. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serum wajah untuk treatment pori-pori dan merekomendasikan beberapa produk pilihan! Mari dapatkan kulit yang mulus dengan penggunaan serum yang tepat!

Daftar isi

Penyebab pori-pori terbuka

Pori-pori yang tampak di permukaan wajah tentu akan menimbulkan rasa malu dan tidak percaya diri. Terkadang, pori-pori yang terbuka juga menyebabkan riasan rusak. Namun, tahukah Anda mengapa pori-pori terbuka? Pertama-tama, kami akan menjelaskan penyebabnya berdasarkan tiga kategori.

Penyumbatan pori akibat keratin dan sebum

Pori-pori yang tersumbat sebum

Pori-pori hitam yang terbuka sangat mencolok terlihat di wajah. Hal ini terjadi karena oksidasi keratin atau sebum yang tersumbat di pori-pori. Oksidasi sering disebabkan oleh oksigen aktif atau sinar ultraviolet, dan kemungkinan besar karena kotoran menyumbat pori-pori.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menghilangkan penyebab yang membuat kotoran tersumbat di pori-pori seperti keringat dan sebum terlebih dahulu, membersihkan bagian dalam pori-pori, kemudian menggunakan serum yang memiliki fungsi mengencangkan pori-pori.

Sekresi sebum yang berlebihan

Sekresi sebum yang berlebihan

Sekresi sebum yang berlebihan juga merupakan penyebab pori-pori terbuka. Sama seperti pada pori-pori yang menggelap, jika terdapat banyak sekresi sebum pada pori-pori, pori-pori akan tersumbat dan nampak terbuka.

Sekresi sebum lebih sering terjadi pada kulit berminyak, tetapi kulit berminyak juga bisa disebabkan oleh kekeringan pada kulit. Hal ini juga terkait dengan gangguan keseimbangan hormon dan banyaknya konsumsi makanan berlemak. Jika penyebabnya adalah kulit kering, pastikan untuk menjaga kelembapan yang tinggi pada kulit untuk mencegah sekresi sebum berlebihan.

Kulit yang kendur karena penuaan

Kulit yang kendur karena penuaan

Penyebab pori-pori terbuka yang terakhir adalah kulit yang mengendur dan terlihat turun akibat penuaan. Meski hal ini tidak dapat dihindari karena adanya faktor gravitasi, kulit yang kendur biasanya terjadi karena hilangnya kekencangan pada kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengembalikan elastisitas kulit untuk mengatasi masalah pori-pori yang diakibatkan kulit kendur.

Cara memilih serum wajah untuk treatment pori-pori

Setelah memberikan penjelasan singkat tentang penyebab pori-pori terbuka, sekarang kami akan menjelaskan tentang cara memilih serum wajah untuk treatment pori-pori yang tepat sesuai kebutuhan. Poin paling penting tentunya adalah memilih produk yang melembapkan. Selain itu, Anda juga perlu mengidentifikasi kebutuhan kulit dan penyebab terbukanya pori-pori pada wajah Anda kemudian memilih produk yang bisa mengatasi masalah tersebut.

Poin paling penting: kelembapan

Poin paling penting: kelembapan

Yang paling terpenting dalam memilih serum perawatan wajah adalah adanya fungsi untuk melembapkan kulit. Mungkin ada beberapa orang yang meragukan hubungan kelembapan dengan perawatan pori-pori. Namun, kelembapan adalah hal yang sangat diperlukan dalam perawatan kulit. Melembapkan kulit berarti memperbaiki kondisi kulit yang kering, mengencangkan pori dan mengurangi gejala pori-pori yang terbuka.

Selain itu, kulit wanita secara alami akan mengurangi sekresi sebum sedikit demi sedikit saat berada pada usia 30-an sehingga mengakibatkan kulit menjadi mudah kering. Jika kondisi kulit semakin kering, fungsi pelindung juga akan memburuk sehingga sebum akan dikeluarkan secara berlebihan untuk mengimbanginya. Kondisi kulit yang kering ini bisa menyebabkan berbagai masalah seperti munculnya keriput atau bercak pada wajah. Oleh karena itu, mari utamakan memilih perawatan dengan pelembap yang tinggi.

Pilih yang sesuai dengan masalah pori-pori Anda

Untuk mendapatkan perawatan yang maksimal, kita perlu memahami penyebab masalah pori-pori yang dihadapi. Mari pilih serum wajah untuk perawatan pori-pori sesuai kondisi pori-pori Anda.

Kandungan vitamin C untuk pori-pori yang gelap

Kandungan vitamin C untuk pori-pori yang gelap

Jika Anda memiliki masalah pori-pori yang menggelap dan kotor, Anda harus membersihkan kotoran yang menumpuk tersebut, kemudian mengencangkan pori-pori kembali. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kelembapan yang tinggi dan tidak membiarkan kotoran pada pori-pori yang terbuka menjadi teroksidasi.

Untuk mencegah terjadinya oksidasi, kami merekomendasikan penggunaan serum yang mengandung vitamin C dan vitamin C derivatif yang memiliki sifat antioksidan. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan cleansing agar lebih efektif dalam menghilangkan kotoran pada pori-pori.

Namun, perlu diperhatikan bahwa jika Anda memberi rangsangan terlalu banyak untuk menghilangkan kotoran, hal ini bisa berpengaruh buruk terhadap kulit.

Untuk pori-pori dengan banyak sebum, pilih serum yang bebas kandungan minyak

Untuk pori-pori dengan banyak sebum, pilih serum yang bebas kandungan minyak 

Meskipun tidak ada masalah kulit yang menggelap, retensi kelembapan tetap penting karena pori-pori terbuka akibat sekresi sebum yang berlebihan. Terutama bila sekresi sebum meningkat akibat kulit kering, pilihlah serum yang mengandung banyak bahan pelembap.

Jika Anda memiliki kulit berminyak, kami juga merekomendasikan serum wajah yang kandungannya oil-free atau oil-cut yang lembut dan nyaman dipakai. Karena vitamin C memiliki fungsi untuk menekan sekresi sebum, jika vitamin C derivatif dan vitamin C digabungkan maka Anda bisa mendapatkan efek maksimal.

Hyaluronic acid atau kolagen untuk pori-pori yang kendur

Hyaluronic acid atau kolagen untuk pori-pori yang kendur

Untuk mengatasi masalah pori-pori terbuka karena kulit kendur, sangat penting untuk mendapatkan kembali elastisitas pada kulit. Kami sarankan untuk menggunakan serum wajah yang mengandung asam kolagen atau hyaluronic acid yang berguna untuk memberi elastisitas pada kulit Anda.

Kedua bahan tersebut memiliki efek retensi air yang tinggi dan melembapkan kulit sehingga ideal bagi mereka yang memiliki kulit wajah yang sangat kering seiring bertambahnya usia. Selain penggunaan serum, lifting seluruh wajah dengan pemijatan juga efektif untuk memperbaiki kekenduran.

10 Rekomendasi serum wajah untuk treatment pori-pori

Setelah memahami kebutuhan kulit Anda, sekarang kami akan merekomendasikan 10 produk serum wajah untuk treatment pori-pori. Anda bisa menggunakan daftar ini sebagai referensi dalam memilih serum yang paling tepat bagi kulit Anda!

10. Jafra Royal Jelly Vitamin Infusions Pore Minimizer Serum

10. Jafra Royal Jelly Vitamin Infusions Pore Minimizer Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 263.900

Penggunaan royal jelly untuk memperbaiki tekstur kulit

Salah satu serum yang mampu beraksi secara cepat dalam perawatan pori-pori adalah Jafra Royal Jelly Vitamin Infusions Pore Minimizer Serum. Penggunaan serum ini setiap pagi dan malam dapat mencegah terjadinya kulit kendur, menyamarkan penampakan pori-pori yang membesar, serta menjaganya agar tetap bersih.

Kandungan royal jelly dan vitamin A yang tinggi pada serum ini dapat menghaluskan tekstur kulit wajah, serta ekstrak daun moringa sebagai antioksidan. Namun selain itu, serum wajah ini juga mengandung ekstrak lentil yang berfungsi sebagai anti-aging agent. Jika Anda memiliki alergi terhadap kacang, disarankan untuk mengkonsultasikan produk ini terlebih dahulu pada dokter Anda sebelum penggunaan.

9. Dr Jart+ Pore Medic Pore Minish Serum

9. Dr Jart+ Pore Medic Pore Minish Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 580.000

Membersihkan pori yang tersumbat tanpa mengakibatkan iritasi

Dr Jart+ Pore Medic Pore Minish Serum bekerja mengencangkan kulit dengan mengendalikan produksi sebum berlebih agar tidak menyumbat pori. Serum dari Dr Jart+ mengandung ramuan herb complex yang mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat, anti iritasi dan berfungsi sebagai antioksidan.

Anda dapat menggunakan produk ini dua kali dalam sehari di pagi dan malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Penggunaan teratur serum wajah yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit ini mampu membangkitkan elastisitas pada dinding pori-pori sehingga menghasilkan kulit yang kencang, lembap, lembut, bersinar, dan tekstur yang lebih baik.

8. Etude House Wonder Pore Tightening Essence

8. Etude House Wonder Pore Tightening Essence

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 160.000

Serum wajah untuk mengatasi 10 masalah pori-pori

Jika Anda memiliki masalah pada pori-pori wajah yang kompleks, Etude House Wonder Pore Tightening Essence bisa menjadi pilihan! Serum wajah ini dipercaya mampu memperbaiki 10 masalah yang sering muncul pada pori-pori Anda, di antaranya membersihkan, mengecilkan, dan merawat pori, melembapkan dan menyeimbangkan pH kulit, mengangkat kulit mati, dan sebagainya.

Dengan kandungan mint vinegar di dalamnya, serum wajah dari Etude House ini mampu mengembalikan elastisitas kulit sehingga akan terasa lebih kencang. Produk ini juga mampu menjaga pH kulit dan menjadikannya lebih segar. Penggunaan serum wajah ini secara teratur akan membuat kulit wajah Anda lebih lembut dan kenyal.

7. Skinmiso Pore Corset Serum

7. Skinmiso Pore Corset Serum

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 325.000

Gunakan serum dengan terapi pengencangan pori untuk hasil maksimal

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit berminyak, pori-pori membesar, atau kulit yang memproduksi sebum berlebihan, produk perawatan Skinmiso Pore Corset Serum bisa menjadi alternatif Anda! Serum wajah ini mampu memberikan terapi pengencangan pori-pori secara menyeluruh dan efektif hanya dengan mengoleskan serum ini ke area wajah yang memiliki pori-pori membesar dan membiarkannya selama 20 menit.

Ekstrak tanaman alami yang digunakan dalam serum wajah ini mampu memberikan hasil yang tahan lama dengan penggunaan teratur. Serum ini juga bisa mengoptimalkan hidrasi dalam kulit wajah sehingga dapat digunakan untuk mengontrol sebum. Tekstur dan warna kulit juga akan ikut berevolusi menjadi lebih halus dan cerah seiring pemakaian serum yang teratur.

6. Skinfood Gold Caviar Collagen Plus Serum

6. Skinfood Gold Caviar Collagen Plus Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 880.950

Perawatan premium untuk kulit yang mengalami penuaan

Skinfood Gold Caviar Collagen Plus Serum merupakan serum anti-aging yang memiliki konsentrasi bahan aktif lebih tinggi yang mampu merawat, melembapkan, dan menutrisi kulit wajah. Penggunaan teratur serum ini akan membuat kulit wajah lebih kencang, lembut, lebih bercahaya, dan mengurangi garis kerutan.

Serum wajah ini mengandung 80,8% collagen plus yang bermanfaat menutrisi kulit yang mengalami penuaan! Selain itu, di dalam serum ini terdapat kandungan gold caviar yang merupakan penggabungan antara sturgeon caviar dan serpihan emas 24 karat yang dapat mengencangkan dan membuat kulit terlihat lebih muda.

5. Laneige Pore Clear Essence

5. Laneige Pore Clear Essence

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 414.000

Serum perawatan pori-pori yang mampu menjaga kebersihan kulit

Salah satu produk serum wajah yang mampu meminimalkan pori-pori yang tampak pada kulit wajah adalah Laneige Pore Clear Essence. Dengan kemampuan skin block serum yang dimilikinya, produk ini dapat melindungi kulit dari debu halus dan menjaga agar kulit tetap bersih dan lentur.

Teknologi pore minisizing yang telah dipatenkan oleh Laneige yang digunakan dalam serum wajah ini efektif mengendalikan sekresi sebum, melembapkan kulit, dan mencegah pori-pori semakin terbuka. Dengan kandungan lactobacillus dan niacinamide membuat serum ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar.

4. Innisfree Green Persimmon Pore Essence

4. Innisfree Green Persimmon Pore Essence

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 314.910

Manfaat buah kesemek hijau sebagai pengendali sebum

Kandungan antioksidan yang kuat pada buah kesemek hijau murni dari pulau Jeju dalam produk Innisfree Green Persimmon Pore Essence ini bermanfaat mengendalikan sebum, menghidrasi, dan mencegah kerusakan kolagen. Selain itu, serum ini juga mengandung ekstrak buah zaitun untuk meningkatkan kelembapan alami kulit.

Untuk meningkatkan elastisitas dinding pori, serum dari Innisfree ini menggunakan tanaman peptida yang diambil dari enam jenis tanaman liar dari Siberia yang dipercaya bermanfaat untuk perawatan pori-pori. Selain itu, penggunaan teknologi pore re-forming dalam serum ini mendukung perawatan dan mampu meningkatkan elastisitas kulit secara langsung.

3. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Essence

3. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Essence

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 330.000

Serum perawatan pori-pori dengan kemampuan city defender complex

The Face Shop memanfaatkan bahan baku unik, yaitu abu dari aktivitas gunung vulkanis di pulau Jeju, dalam produk The Face Shop Jeju Volcanic Lava Pore Essence ini. Bahan abu vulkanis ini memiliki kemampuan dalam menyerap minyak berlebih pada kulit dan merawat pori-pori secara intensif.

Selain itu, serum perawatan pori-pori ini juga memiliki kandungan tumbuhan sasa, akebia, dan ganggang yang berfungsi sebagai city defender complex untuk melindungi kulit dari debu halus. Penggunaan serum wajah ini secara teratur akan memberikan kelembapan dan mengurangi penampakan pori-pori yang terbuka pada kulit wajah Anda.

2. COSRX BHA Summer Pore Minish Serum

2. COSRX BHA Summer Pore Minish Serum

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 206.000

Serum wajah dengan kandungan BHA alami untuk melindungi kulit

Salah satu serum yang ampuh mengatasi masalah pori-pori adalah COSRX BHA Summer Pore Minish Serum dengan kandungan 80% ekstrak white willow yang memiliki BHA alami dan ekstrak gandum untuk membantu memperbaiki perlindungan kulit. Serum wajah ini mampu menyerap produksi minyak yang berlebih sehingga mengurangi penampakan oily pada wajah dan membuat kulit terasa lebih lembut.

Penggunaan teratur serum wajah dari COSRX ini bermanfaat mengecilkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati, dan menyeimbangkan tingkat kelembapan alami kulit agar kulit wajah terlihat lebih sehat dan lembut. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit sehingga Anda bisa menggunakannya tanpa perlu mengkhawatirkan risiko efek samping berlebihan pada kulit.

1. Kiehl’s Precision Lifting & Pore-Tightening Concentrate

1. Kiehl's Precision Lifting & Pore-Tightening Concentrate

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 692.000

Serum wajah yang dapat mendefinisi ulang contour wajah

Kiehl’s Precision Lifting & Pore-Tightening Concentrate merupakan salah satu serum wajah yang telah teruji klinis dapat mengencangkan dan memperkecil pori-pori, serta mengurangi garis dan kerutan pada wajah. Selain itu, dengan menggunakan serum wajah ini secara teratur dua kali sehari, Anda dapat mendefinisi ulang contour wajah Anda.

Serum wajah dari Kiehl’s ini mengandung ekstrak ragi penuh gizi sebagai bahan utamanya yang mampu mengangkat kulit secara maksimal dan mengencangkan pori-pori. Sementara kandungan minyak esensial geranium yang terkandung di dalamnya berfungsi mempertahankan potensi anti-aging dan antioksidan pada kulit.

Mencuci wajah adalah langkah penting dalam perawatan pori-pori!

Dalam merawat pori-pori kulit, penggunaan serum wajah tidak akan memberikan hasil yang efektif apabila terjadi penyumbatan pada pori. Mencuci wajah adalah langkah penting yang perlu dilakukan untuk membersihkan wajah dari kotoran dan sebum yang menempel pada permukaan kulit sebelum memulai regimen perawatan.

Kesimpulan

Pori-pori yang nampak jelas pada kulit wajah tentu akan memberikan kesan yang kurang menarik. Kondisi lingkungan yang tidak baik atau stres yang menumpuk bisa saja memperburuk keadaan pori-pori. Untuk itu, perawatan khusus bagi pori-pori kulit wajah sangat diperlukan agar kulit terlihat lebih sehat dan cantik.

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel kami kali ini? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang sedang mencari produk serum wajah untuk treatment pori-pori, ya!