• 10 Serum Wajah Terbaik untuk Treatment Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Treatment Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Treatment Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Treatment Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Treatment Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Serum Wajah Terbaik untuk Treatment Pori-Pori - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)

Salah satu masalah kulit yang sering dialami orang adalah pori-pori besar. Untuk membantu mengatasinya, Anda perlu menggunakan skincare seperti serum wajah untuk mengecilkan pori-pori. Banyak produk dari merk yang bagus, seperti Kiehl’s, Innisfree, dan Nacific yang efektif mengecilkan pori-pori wajah.

Agar Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih serum pengecil pori-pori yang terbaik untuk wajah. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari, juga akan membagikan tips memilih skincare untuk mengecilkan pori. Ayo, temukan produk untuk mengecilkan pori-pori besar di wajah!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Andina Bulan
  • Pembaharuan terakhir: 09 November 2021
  • 312.293 Views
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Andina Bulan Sari, SpKK

Dokter Andina Bulan Sari merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia yang lulus pada 2008. Pada 2009, Dokter Andina memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya pada program spesialis Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin di FKUI-RSCM.

Setelah lulus pada 2014, ibu dari dua orang anak ini aktif praktik di Klinik Sakti Medika Tebet, RS Omni Pekayon, dan Zap Premiere Sumarecon Mall Bekasi. Wanita yang tertarik pada bidang kosmetik, infeksi menular seksual, dan alergi imunologi ini bisa ditemui melalui akun Instagram-nya.

Dapatkah serum wajah mengecilkan pori-pori?

Dapatkah serum wajah mengecilkan pori-pori?

Pori-pori besar merupakan salah satu indikasi masalah kulit. Namun sayangnya, perawatan wajah saja belum cukup untuk mengatasi permasalahan ini. Terlebih, terjadinya pori-pori terbuka sering kali tidak disadari. Oleh karena itu, sulit untuk menentukan produk perawatan yang tepat.


Hal yang bisa Anda lakukan adalah berhati-hati saat mengaplikasikan skincare harian pada area pori-pori yang bermasalah. Jika perlu, silakan konsultasikan masalah ini pada dokter kulit Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan serum wajah khusus untuk treatment pori-pori.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengecilkan pori-pori:


  • Gunakanlah produk skincare dan makeup yang bersifat nonkomedogenik, yaitu yang oil-free (water based).

  • Bersihkan wajah dua kali sehari untuk mencegah dan mengatasi sumbatan pada pori-pori. Jangan lupa untuk menggunakan pembersih yang nonkomedogenik seperti gel-based cleanser. Hindari oil-based cleanser dan alcohol-based cleanser. Jangan lupa untuk mencuci muka dengan lembut dan hindari melakukan scrub secara berlebihan. Selalu gunakan air hangat dan bukan air panas.

  • Gunakanlah produk yang dapat mengatasi kulit berminyak, seperti golongan retinoid dan niacinamide. Hal ini karena pada saat kondisi kulit berminyak atau mengalami akne, pori-pori akan terlihat lebih besar.

  • Atasi jerawat karena akne akan menyumbat pori-pori sehingga pori-pori akan lebih terlihat. Cobalah menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat untuk mengatasi sumbatan pada pori-pori.

  • Gunakan bahan eksfolian karena dengan eksfoliasi pori-pori menjadi lebih tidak terlihat. Hal ini tentunya harus disesuaikan juga dengan tipe kulit dan kondisi kulit agar tidak menyebabkan iritasi.

  • Gunakan moisturizer setelah melakukan eksfoliasi untuk mencegah iritasi.

  • Selalu lindungi kulit dengan sunscreen. Sinar matahari dapat mengakibatkan kerusakan kulit dan menyebabkan degradasi kolagen sehingga pori-pori lebih terlihat.


Selain itu, atasilah kondisi sagging skin atau kulit kendur karena menyebabkan pori-pori tampak lebih besar. Hal ini dapat dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk penggunaan produk ataupun treatment yang sesuai.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum wajah untuk treatment pori-pori

Secara garis besar, ada tiga poin penting yang harus diperhatikan dalam memilih serum wajah untuk treatment pori-pori. Berikut akan kami jelaskan setiap poinnya dengan lebih terperinci. Mari disimak!

Sesuaikan bahan kandungan dengan masalah pori-pori Anda

Setiap orang tentu memiliki jenis dan permasalahan kulit yang berbeda. Karena itu, demi mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu memilih serum dengan bahan aktif yang sesuai kebutuhan kulit.

Untuk mengangkat kotoran pada pori-pori, pilih yang mengandung bahan eksfoliasi

Untuk mengangkat kotoran pada pori-pori, pilih yang mengandung bahan eksfoliasi

Salah satu penyebab pori-pori besar adalah penyumbatan kotoran akibat siklus regenerasi kulit yang tidak teratur. Untuk mengangkat sel-sel kulit mati atau keratin, Anda perlu menggunakan serum wajah yang mengandung bahan eksfoliasi. Salicylic acid dan glycolic acid merupakan beberapa contoh bahan aktif yang dapat membantu proses pengelupasan kotoran.


Perlu diketahui bahwa keratin yang telah teroksidasi dapat berubah warna menjadi agak gelap. Oleh karena itu, Anda juga bisa menggunakan serum yang diperkaya dengan vitamin C derivatif, fullerene, dan ceramide.


Namun, bila penggelapan keratin disebabkan oleh kekeringan pada kulit akibat sinar ultraviolet, gunakanlah serum yang mampu menghidrasi. Anda bisa memilih serum wajah yang mengandung arbutin, tranexamic acid, placenta extract, rucinol, hingga vitamin C.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Eksfoliasi merupakan suatu cara untuk menghilangkan sel kulit mati dari lapisan terluar kulit. Cara ini juga dapat dilakukan untuk mengecilkan pori-pori. Tentunya, Anda harus memilih cara eksfoliasi yang aman dan tidak menyebabkan iritasi. 


Seberapa sering eksfoliasi dilakukan juga tergantung pada tipe kulit dan metode yang digunakan. Makin agresif metode eksfoliasinya, frekuensinya juga lebih baik makin dikurangi. 


Metode eksfoliasi dibagi menjadi mekanik dan kimiawi. Metode eksfoliasi mekanik adalah tindakan eksfoliasi menggunakan alat, seperti brush, sponge, dan scrub. Metode eksfoliasi kimiawi adalah metode eksfoliasi dengan menggunakan bahan kimia seperti AHA dan BHA.


Tindakan eksfoliasi dapat dilakukan sendiri di rumah menggunakan produk-produk yang dijual over the counter. Jika ternyata tindakan eksfoliasi membuat kulit tidak nyaman atau Anda merasa tidak yakin, silakan berkonsultasi dengan dokter spesialis. 


Setelah berkonsultasi, Anda dapat menentukan perlu tidaknya tindakan eksfoliasi. Selain itu, ada juga beberapa tindakan eksfoliasi yang dapat dilakukan oleh dokter, misalnya dengan peeling secara kimiawi.

Untuk mengecilkan pori-pori, pilih yang kaya bahan pelembap

Untuk mengecilkan pori-pori, pilih yang kaya bahan pelembap

Pori-pori yang tampak besar juga diduga diakibatkan oleh sebum berlebih dan kekeringan pada kulit. Jika Anda memiliki wajah berminyak, kami sarankan untuk memilih serum yang mengandung vitamin C derivatif. Di sisi lain, bila Anda memiliki kulit kering, pilihlah serum wajah yang kaya akan bahan pelembap. Hyaluronic acid, squalane, dan placenta extract merupakan beberapa contohnya.

Untuk mengatasi kulit kendur, pilih yang mengandung bahan pengencang

Untuk mengatasi kulit kendur, pilih yang mengandung bahan pengencang

Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin mulai mengkhawatirkan kekencangan kulit. Jika pori-pori wajah Anda mulai menunjukkan tanda-tanda kekenduran, kami sarankan untuk mengaplikasikan serum yang memiliki efek mengencangkan. 


Beberapa bahan aktif yang berfungsi untuk mengencangkan kulit antara lain vitamin C derivatif dan retinol (vitamin A derivatif). Selain itu, Anda bisa menggunakan serum yang mengandung peptida karena ampuh untuk melembapkan sekaligus mengencangkan kulit.


Kami juga menyarankan penggunaan serum yang mengandung bahan aktif untuk mengatasi tanda-tanda penuaan. Anda bisa cek keberadaan collagen dan squalane untuk mendapatkan manfaat ini.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Kondisi kulit kendur (sagging skin) terjadi karena proses penuaan kulit yang normal. Hal ini terjadi terutama setelah menopause. Selain itu, kerusakan kulit akibat sinar UV juga bisa mempercepat hal ini. 


Kulit kendur terjadi akibat kulit kehilangan struktur penunjangnya, yaitu kolagen. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar. Untuk memperbaiki elastisitas dan kolagen, Anda dapat memilih produk yang mengandung retinoid dan menggunakan sunscreen


Selain itu, terdapat beberapa treatment yang dapat dilakukan oleh dokter spesialis untuk mengecilkan pori-pori. Beberapa di antaranya adalah laser CO2 fractional, laser QS Nd: YAG, dan skin booster.

Pastikan keamanan bahan kandungan untuk pemilik kulit sensitif

Pastikan keamanan bahan kandungan untuk pemilik kulit sensitif

Saat ini terdapat berbagai jenis serum wajah untuk treatment pori-pori. Bahan kandungannya pun bervariasi. Namun, perlu diingat bahwa ada bahan yang dapat mengiritasi kulit yakni pengawet dan pewangi. Bahkan, terkadang serum wajah menggunakan lebih dari satu jenis pengawet. 


Ada pula produk yang tampak tidak menggunakan pengawet karena kandungannya diformulasikan sebagai antiseptik. Namun, sebenarnya pengawet memiliki jenis dan nama yang beragam. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan secara saksama jenis pengawet yang terkandung pada serum yang dipilih. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan apakah produk tersebut cocok dengan kulit Anda.


Selain itu, perhatikan juga keberadaan pewangi pada produk pilihan Anda. Meski tidak banyak berpengaruh, bagi orang yang memiliki kulit sensitif, pewangi dapat merangsang terjadinya iritasi kulit. Jadi, silakan berhati-hati.


Perlu diketahui, makin sensitif jenis kulit Anda, maka penggunaan serum yang masih murni akan lebih baik. Makin sederhana komposisi suatu serum, makin mudah bagi Anda untuk mengetahui bahan kandungan yang tidak cocok untuk kulit Anda.

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih moisturizer atau pelembap, termasuk serum pada kulit sensitif. 


  • Pilihlah produk dengan kandungan bahan aktif yang paling sedikit untuk menghindari terjadinya iritasi. 
  • Sebaiknya, hindarilah kandungan pengharum atau pewangi. Hal ini karena kandungan tersebut mempunyai komponen alergenik yang meningkatkan risiko iritasi. Sebisa mungkin pilihlah produk dengan kandungan non-alkohol, seperti etanol atau propilenglikol. 
  • Moisturizer dengan sifat barrier-repairing seperti ceramide dan niacinamide dapat dipilih karena bisa mengatasi iritasi dan mengurangi sensitivitas. 
  • Anda bisa menggunakan produk dalam bentuk emulsi oil-in-water yang mengandung bahan oklusif. Tekstur ini bisa memperbaiki lapisan pelindung kulit serta menghidrasi stratum corneum.

Pilih yang mudah digunakan

Pilih yang mudah digunakan

Tak hanya bahan kandungannya yang beragam, serum wajah juga memiliki tekstur yang berbeda-beda. Keuntungan dari hal ini, Anda bisa memilih tekstur serum yang sesuai dengan selera. Berikut adalah beberapa contoh tekstur serum wajah untuk treatment pori-pori yang beredar di pasaran:


  • Cair
  • Kental
  • Milky
  • Krim
  • Gel

Meski tidak signifikan, pemilihan tekstur serum sebaiknya disesuaikan dengan jenis kulit. Bagi pemilik kulit berminyak, disarankan untuk memilih serum yang memiliki tekstur lotion atau gel agar terasa menyegarkan. Jika Anda memiliki kulit kering, penggunaan serum bertekstur milky atau krim akan memberikan sensasi lembap.


Selain itu, pemilihan serum juga bergantung pada aroma dan kemasan serum. Masing-masing jenis tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Jadi, penting untuk memilih serum berdasarkan tekstur, aroma, dan kemasan yang disukai!

dr. Andina Bulan
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Andina Bulan

Tekstur pelembap tentunya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Untuk pemilik kulit kering, Anda mungkin akan lebih nyaman dengan tekstur cream. Hal ini karena cream memiliki tekstur lebih tebal dan mengandung pelembap oklusif serta emolien lebih banyak. Namun, jika kondisi kulit tidak terlalu kering, cobalah tekstur seperti lotion dan emulsi yang lebih ringan.

10 Rekomendasi serum wajah terbaik untuk treatment pori-pori

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum wajah terbaik untuk treatment pori-pori yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andina Bulan Sari.

10

Jafra Royal Jelly Vitamin Infusions Pore Minimizer Serum with Vitamin A

Mulai dari Rp 385.000,00

Kandungan pelembapGlycerin, Cocos nucifera
Bahan aktifRoyal jelly, lentil seed extract, Moringa oleifera
Waktu penggunaanPagi dan malam・Setelah membersihkan wajah, sebelum pelembap
Pewangi
TeksturMilky
Isi30 ml
9
Kandungan pelembapNiacinamide
Bahan aktifHamamelis virginiana extract, retinyl palmiate
Waktu penggunaanPagi dan malam・Setelah toner
Pewangi
TeksturGel
Isi20 ml
8
Kandungan pelembapGlycerin, hyaluronic acid
Bahan aktifTangerine peel extract, niacinamide, vitamin B3, vitamin B5 derivatif
Waktu penggunaanPagi dan malam・Setelah membersihkan wajah
Pewangi
TeksturCair
Isi30 ml
7
Kandungan pelembapYogurt
Bahan aktifArtichoke leaf extract, soybean extract
Waktu penggunaanSetelah toner
PewangiX
TeksturMilky
Isi30 ml
6
Kandungan pelembapGlycerin, Aloe vera, betaine
Bahan aktifSodium palmitoyl proline, Nymphaea alba flower extract, Camellia japonica flower extract, Cymbopogon schoenanthus extract, lime peel extract, Mentha rotundifolia leaf extract
Waktu penggunaanPagi dan malam・Setelah toner
PewangiX
TeksturCair
Isi50 ml
5

AVO Innovation TechnologyAvoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Mulai dari Rp 149.000,00

Kandungan pelembapGlycerin
Bahan aktifSalicylic acid, zinc, tea tree leaf extract
Waktu penggunaanPagi dan malam
PewangiX
TeksturCair
Isi30 ml
4
Kandungan pelembapCentella asiatica extract, Scutellaria baicalensis root extract, licorice root extract, sodium hyaluronate
Bahan aktifTea tree leaf oil, chamomile flower extract, rosemary leaf extract
Waktu penggunaanSetelah membilas wajah
PewangiX
TeksturCair
Isi17 ml
3

FerenbellSome by Mi Super Matcha Pore Tightening Serum

Mulai dari Rp 185.000,00

Kandungan pelembapGlycerin, niacinamide
Bahan aktifCamellia sinensis leaf extract, willow bark extract, Camellia sinensis leaf extract, Centella asiatica extract, Madecassoside, tea tree leaf extract
Waktu penggunaanPagi dan malam・Setelah toner
Pewangi
TeksturCair
Isi50 ml
2

Kiehl’s Precision Lifting & Pore-Tightening Concentrate

Mulai dari Rp 830.000,00

Kandungan pelembapSqualane, soybean protein
Bahan aktifMicro-filtered yeast extract, geranium essential oil, salicylic acid
Waktu penggunaanPagi dan malam・Setelah membersihkan wajah
Pewangi
TeksturKrim
Isi50 ml
1

La Roche-PosayEffaclar Anti-Aging Pore Minimizer Face Serum

Mulai dari Rp 745.000,00

Kandungan pelembapHyaluronic acid
Bahan aktifGlycolic acid, lipo-hydroxy acid, La Roche-Posay thermal spring water
Waktu penggunaanPagi dan malam・Setelah membersihkan wajah, sebelum pelembap
PewangiX
TeksturCair
Isi30 ml

Tabel perbandingan produk serum wajah terbaik untuk treatment pori-pori

Gambar produk
1
La Roche-Posay Effaclar Anti-Aging Pore Minimizer Face Serum 1

La Roche-Posay

2
Kiehl’s  Precision Lifting & Pore-Tightening Concentrate 1

Kiehl’s

3
Ferenbell Some by Mi Super Matcha Pore Tightening Serum 1

Ferenbell

4
Breylee Pore Refining Serum 1

Breylee

5
AVO Innovation Technology Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc 1

AVO Innovation Technology

6
Nacific Fresh Herb Origin Serum  1

Nacific

7
Illuminare Pore Serum 1

Illuminare

8
Innisfree Brightening Pore Serum 1

Innisfree

9
Erto's Pore Minimizer Serum 1

Erto's

10
Jafra  Royal Jelly Vitamin Infusions Pore Minimizer Serum with Vitamin A 1

Jafra

Nama produk

Effaclar Anti-Aging Pore Minimizer Face Serum

Precision Lifting & Pore-Tightening Concentrate

Some by Mi Super Matcha Pore Tightening Serum

Pore Refining Serum

Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Fresh Herb Origin Serum

Pore Serum

Brightening Pore Serum

Pore Minimizer Serum

Royal Jelly Vitamin Infusions Pore Minimizer Serum with Vitamin A

Keunggulan

Mengeksfoliasi hingga lapisan kulit terdalam, efektif membersihkan kulit berminyak!

Lindungi pori-pori kulit dari polusi lingkungan

Tinggi kandungan air yang menyegarkan pori-pori, ampuh mencegah komedo

Serum berukuran mungil yang kaya akan pelembap

Cegah keberadaan debu, kotoran, dan bakteri penyebab jerawat di kulit

Bersihkan pori yang tersumbat tanpa mengakibatkan iritasi

Tinggi nutrisi dan vitamin E untuk menangkal radikal bebas

Paparan sinar matahari? Tak takut lagi!

Pori-pori wajah mengecil dalam satu bulan!

Cepat meresap pada kulit wajah

Harga mulai dariRp 745.000,00Rp 830.000,00Rp 185.000,00Rp 80.000,00Rp 149.000,00Rp 380.000,00Rp 145.000,00Rp 560.000,00Rp 120.000,00Rp 385.000,00
Kandungan pelembapHyaluronic acidSqualane, soybean proteinGlycerin, niacinamideCentella asiatica extract, Scutellaria baicalensis root extract, licorice root extract, sodium hyaluronateGlycerinGlycerin, Aloe vera, betaineYogurtGlycerin, hyaluronic acidNiacinamideGlycerin, Cocos nucifera
Bahan aktifGlycolic acid, lipo-hydroxy acid, La Roche-Posay thermal spring waterMicro-filtered yeast extract, geranium essential oil, salicylic acidCamellia sinensis leaf extract, willow bark extract, Camellia sinensis leaf extract, Centella asiatica extract, Madecassoside, tea tree leaf extractTea tree leaf oil, chamomile flower extract, rosemary leaf extractSalicylic acid, zinc, tea tree leaf extractSodium palmitoyl proline, Nymphaea alba flower extract, Camellia japonica flower extract, Cymbopogon schoenanthus extract, lime peel extract, Mentha rotundifolia leaf extractArtichoke leaf extract, soybean extractTangerine peel extract, niacinamide, vitamin B3, vitamin B5 derivatifHamamelis virginiana extract, retinyl palmiateRoyal jelly, lentil seed extract, Moringa oleifera
Waktu penggunaanPagi dan malam・Setelah membersihkan wajah, sebelum pelembapPagi dan malam・Setelah membersihkan wajahPagi dan malam・Setelah tonerSetelah membilas wajahPagi dan malamPagi dan malam・Setelah tonerSetelah tonerPagi dan malam・Setelah membersihkan wajahPagi dan malam・Setelah tonerPagi dan malam・Setelah membersihkan wajah, sebelum pelembap
PewangiXXXXX
TeksturCairKrimCairCairCairCairMilkyCairGelMilky
Isi30 ml50 ml50 ml17 ml30 ml50 ml30 ml30 ml20 ml30 ml
Tautan produk

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Andina Bulan Sari

Large pores atau pori-pori besar biasanya disebabkan oleh dua hal. Pertama akibat adanya sumbatan minyak, kotoran, sel kulit mati, dan debris pada pori-pori kulit. Kedua, kulit kehilangan struktur penunjangnya, yaitu kolagen. 


Hal ini terjadi karena proses kerusakan akibat sinar matahari ataupun secara normal karena proses penuaan atau aging. Large pores juga sering dikaitkan dengan faktor genetik. Perlu diketahui bahwa tipe kulit berminyak memiliki kecenderungan kulit yang lebih mudah berjerawat. 

Baca juga rekomendasi produk makeup dan perawatan wajah di sini

Dalam merawat pori-pori kulit, penggunaan serum wajah saja tidak akan memberikan hasil yang maksimal. Untuk itu, Anda perlu menunjang kinerjanya dengan menggunakan masker khusus untuk menyamarkan pori-pori. Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap tentang masker tersebut melalui artikel di bawah ini. Baca juga artikel rekomendasi lainnya!

Kesimpulan

Pori-pori besar yang terbuka tentunya sangat mengganggu penampilan, ya. Untuk itu, perawatan khusus bagi pori-pori kulit wajah sangat diperlukan. Dengan perawatan yang tepat, pastinya pori-pori besar akan mengecil sehingga makeup pun bisa diaplikasikan dengan lebih baik.

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel kami kali ini? Semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda yang mencari produk serum wajah untuk pori-pori besar, ya! Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
    986.534 Views
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    562.397 Views
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
    104.337 Views
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
    748.995 Views
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
    290.984 Views
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2021)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
    453.602 Views
  • 10 Rekomendasi Skincare Sariayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Skincare Sariayu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mencari merk skincare yang bagus dengan harga murah? Sariayu adalah jawabannya. Semua produknya memiliki kualitas yang sangat baik. Beberapa serinya, seperti Sariayu Acne Care dan Sariayu Putih Langsat juga dikenal mampu melawan berbagai masalah kulit.Kali ini kami akan membahas cara memilih skincare Sariayu terbaik yang layak Anda coba. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya yang laris di pasaran. Beberapa di antaranya adalah Face Serum Econature Nutreage, Intensive Acne Care, dan Facial Scrub Putih langsat. Jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Perawatan wajah
    1.057 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori