• 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan (Terbaru Tahun 2020)

Untuk menghasilkan saus tomat handmade yang lezat, tentu membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Jika Anda cukup sibuk, penggunaan saus tomat kemasan bisa menjadi solusi. Ada berbagai variasi isian saus tomat dan merek di pasaran, seperti Del Monte, Leggo’s, Knorr, Barilla, dan sebagainya. Hal ini tentu akan membingungkan, bukan?

Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat agar Anda bisa mendapatkan produk terbaik. Tidak lupa, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk yang dapat menjadi referensi Anda. Pilihlah saus tomat terbaik untuk menghasilkan cita rasa masakan yang lezat dengan mudah!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 3.847 Views
Daftar isi

Cara memilih saus tomat untuk berbagai masakan

Tentu akan merepotkan jika harus memotong semua bumbu untuk membuat saus tomat sendiri. Solusi terbaiknya adalah menggunakan saus tomat kemasan. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memahami poin-poin penting berikut ini.

Pilih berdasarkan jenisnya, saus tomat murni atau berbumbu

Saus tomat dibagi menjadi dua jenis, yaitu saus tomat murni dan saus tomat berbumbu. Saus tomat murni hanya menggunakan bahan-bahan dasar, seperti tomat, bawang merah, dan bawang putih. Di sisi lain, saus tomat berbumbu telah dicampur bahan lain, misalnya basil. Mari simak masing-masing kelebihan dari kedua jenis saus tomat ini.

Saus tomat murni : Cocok untuk berbagai masakan

Saus tomat murni : Cocok untuk berbagai masakan
Saus tomat murni sangat cocok digunakan sebagai bumbu berbagai olahan masakan, seperti ayam, seafood, jamur, dan terong. Anda cukup menambahkan saus tomat ke bahan makanan favorit untuk mendapatkan rasa yang semakin menggugah selera.
Selain itu, saus tomat murni juga dapat digunakan pada masakan yang direbus, seperti kol rebus. Karena mengandung bawang merah dan bawang putih, saus ini akan memperkuat rasa masakan rebusan dalam waktu singkat.

Saus tomat berbumbu : Dapat digunakan dengan cepat dan mudah

Saus tomat berbumbu : Dapat digunakan dengan cepat dan mudah
Jika ingin mengonsumsi makanan dengan cepat, penggunaan saus tomat berbumbu yang memiliki tambahan basil bisa menjadi pilihan. Saus tomat berbumbu sangat tepat digunakan pada saat-saat demikian. Anda bahkan dapat membuat makanan lezat hanya dengan menambahkan saus tomat ke dalam pasta bersama parutan keju.
Tidak hanya untuk pasta, saus ini juga cocok menjadi bumbu untuk olahan daging, ikan, maupun jenis sayuran lain. Saus tomat berbumbu dapat menghasilkan olahan yang enak dengan cepat dan mudah. Tentunya sangat cocok juga untuk orang-orang yang baru belajar memasak.

Pilih berdasarkan bentuk kemasannya

Pilih berdasarkan bentuk kemasannya
Di pasaran, saus tomat dikemas dalam berbagai bentuk mulai dari botol, kaleng, hingga pouch. Sebelum dibuka, saus tomat awet untuk disimpan dalam waktu lama. Namun, setelah dibuka, disarankan Anda tidak menyimpannya untuk waktu terlalu lama. Sebaiknya Anda juga mempertimbangkan cara penyimpanannya setelah saus tersebut dibuka.
Untuk saus tomat dalam botol, ketika akan digunakan, pastikan selalu menggunakan sendok bersih saat mengambilnya. Kemudian, tutup kembali dengan rapat dan simpan di dalam kulkas. Namun, jika sudah dibuka tutupnya, saus tomat hanya bisa bertahan selama 2-3 harian saja. Setelah itu saus akan menjadi kurang baik dan muncul jamur. Untuk menghindari hal tersebut, simpanlah saus tomat ke dalam freezer segera setelah dibuka.
Saus dengan kemasan kaleng rawan rusak jika terlalu lama dibiarkan setelah kemasan dibuka. Setelah dibuka, sebaiknya Anda memindahkan saus tersebut ke dalam wadah kedap udara atau semacamnya. Sama seperti saus kemasan botol, saus kemasan kaleng juga hanya dapat bertahan 2-3 hari setelah dibuka.
Untuk penggunaan dalam waktu singkat, Anda dapat memilih saus tomat yang dikemas dalam bentuk pouch. Jika masih belum habis dalam sekali pakai, Anda dapat menyimpannya di kulkas. Namun, kami tetap menyarankan untuk menghabiskan saus tomat segera setelah dibuka kemasannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari perubahan rasa dari saus tomat itu sendiri.
Ketiga jenis kemasan saus tomat ini memiliki kelemahan yang sama setelah dibuka. Namun, Anda bisa memilih saus dalam kemasan botol jika ingin kemudahan dalam penyimpanan serta pemakaian.

Periksa isi saus tomat dalam satu kemasannya

Periksa isi saus tomat dalam satu kemasannya
Saus tomat kemasan kerap kali menambahkan informasi di kemasannya untuk berapa porsi isi dari produk tersebut. Umumnya, saus tomat dengan berat 300 gram dapat menjadi bumbu bagi 3-4 porsi pasta. Untuk saus tomat dengan berat 250 gram, biasanya cukup untuk membuat dua porsi.
Jika Anda butuh isi lebih banyak, pilihlah saus yang diimpor langsung dari Amerika atau Italia. Umumnya produk dari dua negara tersebut memiliki kemasan kaleng yang melebihi standar kemasan saus tomat negara lain. Meski Anda bisa menyimpan sisa saus di dalam kulkas, akan lebih baik jika Anda menyesuaikan kemasan dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi saus tomat terbaik untuk berbagai masakan

Berikutnya, telah kami himpun beberapa produk terbaik yang bisa Anda pilih sebagai bumbu masakan Anda. Pilihlah saus yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Isi170 gr
KomposisiTomat
Isi400 gr
KomposisiTomat, konsentrat tomat, wortel, air, bawang merah, ekstrak minyak zaitun, basil, garam
Isi500 gr
KomposisiTomat, gula, bawang merah, bawang putih, garam, basil, food acid, ekstrak ragi, lada, paprika, oregano, fennel
Isi2 kg
KomposisiTomat, minyak bunga matahari, garam, gula, bawang, pengatur keasaman asam sitrat
Isi160 gr, 430 gr
KomposisiPasta tomat, garam
Isi500 gr
KomposisiPotongan tomat, saus tomat, bawang merah, minyak zaitun, garam, gula, bawang putih, dan sebagainya
Isi200 gr, 400 gr
KomposisiTomato pulp, zaitun hijau, zaitun hitam, extra virgin olive oil, wortel, bawang merah, bawang putih, oregano, dan sebagainya
Isi170 gr
KomposisiTomat
Isi380 ml
KomposisiTomato pulp, konsentrat tomat, bawang merah, wortel, bawang putih, thyme, chives, parsley, dan sebagainya
Isi250 gr, 500 gr
KomposisiTomat konsentrat, garam

Cara penyimpanan sisa saus tomat dalam freezer

Cara penyimpanan sisa saus tomat dalam freezer
Ketika saus tomat tidak langsung habis dipakai, tentu sangat disayangkan bila harus membuangnya. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya di dalam freezer. Anda dapat memindahkan sisa saus tomat ke dalam beberapa kantong kecil khusus untuk menyimpan makanan di freezer. Kemudian, Anda dapat mengikatnya erat-erat dengan karet sampai kedap udara. Dengan begitu, Anda tinggal mengeluarkannya dari freezer ketika hendak menggunakannya lagi.
Jika sisa saus tomat cukup banyak, Anda dapat menggunakan wadah kedap udara semisal Tupperware sebagai wadah penyimpanan. Ketika Anda ingin menggunakannya, cukup keluarkan wadah tersebut dari freezer dan diamkan agar saus mencair dengan sendirinya. Jika ingin lebih cepat, Anda bisa memakai microwave untuk mencairkannya.

Baca juga rekomendasi jenis saus lainnya di sini

Selain saus tomat, terdapat juga berbagai jenis saus lain yang layak untuk dicoba. Beberapa di antaranya adalah saus barbeque, saus tartar, saus kimchi Korea, dan lainnya. Apakah Anda tertarik mencobanya? Jangan lupa baca penjelasan kami terlebih dahulu di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Saus tomat memiliki cita rasa berbeda-beda tergantung dari produsennya. Tidak hanya untuk membuat masakan ala Italia atau ala Mexico, saus tomat juga bisa Anda gunakan untuk olahan masakan Indonesia. Cobalah membuat cumi saus tomat, sambal tomat, atau sup tomat yang lezat.
Setelah membaca penjelasan kami, kira-kira produk mana yang sepertinya cocok untuk Anda? Pilihlah produk yang sesuai dengan selera dan jenis masakan yang hendak Anda buat. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Butter Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda gemar membuat kue? Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan butter. Tidak hanya untuk bahan dasar kue, butter juga digunakan untuk olesan menyantap roti. Butter sangat mudah ditemui di pasaran, mulai dari ukuran kecil, sedang, sampai besar. Butter juga terbagi menjadi salted ataupun unsalted.Makin penasaran kan tentang butter ini? Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara memilih butter. Beberapa merek butter terkenal, seperti Anchor, Elle & Vire, Lurpak, dan Golden Churn ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk menemukan butter terbaik untuk masakan Anda!
    Makanan & minuman
    42.258 Views
  • 10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Yoghurt Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Yoghurt merupakan makanan yang memiliki dampak baik bagi kesehatan, seperti membantu program diet, meringankan sembelit, bahkan ada juga yang bisa digunakan sebagai masker. Saat ini bermacam-macam produk yoghurt dengan berbagai rasa dijual di pasaran. Anda juga perlu mengetahui efek baik yang ditimbulkan oleh bakteri asam laktat bagi tubuh Anda.Kali ini, kami akan membagi tips tentang apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda akan memilih yoghurt. Kami juga merekomendasikan merek terbaik dari Elle & Vire, Heavenly Blush, Yummy, Cimory, dan lainnya. Dalam artikel ini juga terdapat tips mengonsumsi yoghurt agar Anda mendapatkan manfaat maksimal. Mari memilih yoghurt terbaik untuk mendukung gaya hidup sehat Anda!
    Makanan & minuman
    70.989 Views
  • 10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda gemar membuat roti sendiri? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Plus, terdapat rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar, Komachi, Segitiga Biru, Golden Eagle, dan lain-lain. Yuk, kita mulai!
    Makanan & minuman
    41.704 Views
  • 10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mineral Water Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Air mineral, atau orang Indonesia lebih sering menyebutnya “aqua”, adalah minuman yang sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Air dengan kandungan mineral yang tinggi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan proses hidrasi dalam tubuh. Ternyata, ada macam-macam air mineral yang dijual di pasaran. Apa saja dan bagaimana cara membedakannya?Dalam artikel ini, kami membagi informasi tentang jenis, kandungan, serta manfaat dari air mineral. Kami juga akan memberikan rekomendasi air mineral terbaik di Indonesia seperti Aqua, Club, VIT, Nestle Pure Life, Le Minerale, Eternal Plus, hingga merek lokal Equil yang populer di kalangan menengah ke atas! Sebelum Anda membeli air mineral hari ini, yuk simak artikel ini sampai selesai!
    Makanan & minuman
    67.838 Views
  • 10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Whipped Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Para pencinta dessert pasti sudah tidak asing dengan yang namanya whipped cream. Selain sebagai dekorasi kue, whipped cream juga sering dipakai untuk menghiasi frappuccino favorit Anda. Anak-anak pun menyukainya berkat rasanya yang creamy. Namun, di antara banyaknya produk whipped cream yang dijual, manakah yang sebaiknya Anda beli?Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih whipped cream agar Anda mendapat yang sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi produk dari kami, seperti Anchor, Elle & Vire, Greenfields, dan lainnya. Simak terus artikel ini agar Anda memperoleh informasi lengkap seputar whipped cream.
    Makanan & minuman
    15.775 Views
  • 10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Minyak zaitun saat ini menjadi salah satu bahan pelengkap masakan yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Di antara banyaknya produk yang dijual, ternyata hanya produk dengan label “extra virgin olive oil” yang benar-benar berkualitas tinggi dan memiliki banyak manfaat. Bahkan ada produk minyak zaitun palsu yang juga beredar di pasaran, lho!Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih extra virgin olive oil yang asli agar Anda dapat menikmati manfaat maksimal dari zaitun berkualitas tinggi. Tidak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi produk yang dapat menjadi referensi Anda. Temukanlah produk terbaik untuk melengkapi rasa hidangan di meja makan Anda!
    Makanan & minuman
    57.916 Views
  • 10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Saus Tiram Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saus tiram adalah salah satu jenis bahan pelengkap masakan yang terbuat dari tiram yang dikondensasikan. Saus serbaguna ini bukan hanya digunakan untuk berbagai Chinese food yang bersifat tumis, tetapi juga dapat ditemukan di dalam masakan yang direbus seperti kari dan oden. Jika kita menggunakannya sedikit pada masakan, rasanya akan menyebar sempurna dan memberi sentuhan rasa yang menambah sedap masakan.Kali ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih saus tiram yang enak agar Anda dapat menemukan yang sesuai kebutuhan. Kami juga akan merekomendasikan beberapa produk saus tiram untuk membantu Anda memilih saus tiram terbaik sebagai penyedap masakan. Anda dapat menemukan produk saus tiram terbaik seperti Saori dan Lee Kum Kee di sini. Selamat membaca!
    Makanan & minuman
    18.686 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori