10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Saus Tomat Bumbu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Saus tomat merupakan bumbu kunci dari lezatnya makanan seperti pizza, pasta, hingga sup merah. Karena cara membuat saus tomat secara handmade membutuhkan usaha ekstra, cara termudahnya adalah dengan memilih saus tomat kemasan yang memiliki cita rasa lezat.

Del Monte, Knorr, San Remo, hingga saus tomat buatan celebrity chef terkenal Jamie Oliver akan kami hadirkan di sini. Namun, sebelum itu mari kita simak bagaimana cara memilih saus tomat yang tepat untuk berbagai macam olahan masakan.

Daftar isi

Cara memilih saus tomat untuk berbagai masakan

Pasta, piza dan sup merah merupakan menu populer yang menggunakan saus tomat sebagai bumbu utamanya. Namun, jika harus memotong bawang putih, bawang bombai, dan bumbu-bumbu lainnya ketika akan membuat saus tomat sendiri, hal tersebut tentu akan sedikit merepotkan Anda. Solusi terbaik untuk hal tersebut adalah dengan menggunakan saus tomat kemasan. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memahami poin-poin penting berikut ini.

Saus tomat murni atau saus tomat berbumbu?

Saut tomat berbumbu memiliki rasa yang lebih enak daripada saus tomat murni. Dalam pembuatannya, saus tomat berbumbu telah dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti bawang putih dan bawang bombai sehingga memiliki rasa yang kuat. Sedangkan untuk saus tomat murni, Anda perlu menambahkan bahan lainnya jika ingin memberikan rasa yang berbeda. Manakah yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda?

Saus tomat murni, cocok untuk meracik bumbu sendiri

Saus tomat murni, cocok untuk meracik bumbu sendiri

Saus tomat murni sangat cocok digunakan sebagai bumbu untuk membuat bumbu saus pasta dasar, olahan ayam, seafood, maupun jamur. Anda cukup mengatur komposisi saus tomat yang Anda masukkan dengan bumbu-bumbu lainnya agar menghasilkan rasa yang menggugah selera.

Beberapa masakan lainnya yang bisa menggunakan saus tomat antara lain saus untuk fuyonghai juga kuah untuk sup merah. Meskipun di dalamnya sudah menggunakan tomat asli, saus tomat murni dicampurkan untuk memperkuat rasa asam dan manis dari kedua makanan tersebut.

Saus tomat berbumbu, lebih simpel karena tidak perlu banyak bumbu tambahan

Saus tomat berbumbu, lebih simpel karena tidak perlu banyak bumbu tambahan

Karakternya yang kaya akan rasa membuat saus tomat berbumbu lebih simpel dan praktis untuk digunakan. Ketika akan memasak pasta, Anda tinggal mencampur saus tomat tersebut dengan potongan daging atau ayam, kemudian meletakkannya di atas pasta. Sebagai finishing, Anda dapat menambahkan parutan keju di atasnya.

Tidak hanya enak untuk olahan pasta saja, saus ini juga cocok menjadi bumbu untuk olahan daging, ikan maupun jenis sayuran lainnya. Saus tomat berbumbu dapat menghasilkan olahan yang enak dengan cepat dan mudah sehingga cocok untuk orang-orang yang baru belajar memasak.

Pilih saus kemasan botol, kaleng, atau pouch?

Pilih saus kemasan botol, kaleng, atau pouch?

Di pasaran, saus tomat dikemas dalam berbagai bentuk mulai dari botol, kaleng, hingga pouch. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memikirkan dahulu berapa lama kira-kira saus tomat tersebut dapat dipakai setelah kemasannya dibuka.

Untuk saus tomat dalam bentuk botol, ketika Anda ingin menggunakannya, Anda cukup mengambil beberapa sendok saja, kemudian menutupnya kembali untuk disimpan di dalam kulkas. Namun, jika Anda sudah pernah membuka tutupnya, saus tomat tersebut hanya bisa bertahan selama 2-3 harian saja. Setelah itu saus akan menjadi kurang baik dan akan muncul jamur. Untuk menghindari hal tersebut, setelah menggunakannya Anda bisa menyimpan saus tersebut ke dalam freezer.

Kedua, saus tomat kemasan kaleng. Saus dengan kemasan berikut ini rawan rusak jika terlalu lama dibiarkan setelah kemasan dibuka. Setelah dibuka, sebaiknya Anda memindahkan saus tersebut ke dalam tupperware, atau wadah semacamnya. Sama seperti saus dalam kemasan botol, jika Anda tidak bisa langsung menghabiskan saus tersebut, maka sebaiknya Anda menyimpannya ke dalam freezer. 

Untuk penggunaan dalam kurun waktu yang singkat, Anda dapat memilih saus tomat yang dikemas dalam bentuk pouch. Jika masih belum habis dalam satu kali pakai, Anda dapat menyimpannya di dalam kulkas. Namun, kami tetap merekomendasikan untuk menggunakan saus sampai habis setelah Anda membuka kemasannya.

Pilihlah saus dalam kemasan botol jika Anda ingin kemudahan dalam penyimpanan serta pemakaian dalam jangka waktu lama. Jika akan digunakan satu atau dua kali saja, pilihlah saus tomat yang dikemas dalam bentuk pouch.

Periksalah seberapa banyak isi saus dalam satu kemasannya

Periksalah seberapa banyak isi saus dalam satu kemasannya

Saus tomat berbumbu kerap kali menambahkan informasi di kemasannya untuk berapa porsi isi dari produk tersebut. Pada umumnya, saus tomat dengan berat 300 gram dapat menjadi bumbu dari 3 – 4 porsi spageti yang telah Anda masak. Sedangkan saus tomat dengan berat 250 gram, bisa untuk membuat 2 porsi untuk saus spageti.

Jika Anda butuh isi yang lebih banyak, pilihlah saus yang diimpor langsung dari Amerika atau Italia. Umumnya produk dari dua negara tersebut memiliki kemasan yang melebihi standar kemasan saus tomat yang diproduksi negara lain. Meskipun Anda masih bisa menyimpan saus di dalam kulkas jika sisa, akan lebih baik jika Anda menyesuaikan kemasan dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi saus tomat terbaik untuk berbagai masakan

Pada bagian berikut, telah kami himpun beberapa produk saus tomat terbaik untuk masak yang bisa Anda pilih sebagai bumbu masakan yang Anda buat. Pilihlah saus yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Del Monte Tomato Paste

10. Del Monte Tomato Paste

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.000

Saus serbaguna untuk beragam jenis masakan

Del Monte Tomato Paste menggunakan bahan utama berupa tomat California yang dipetik ketika sudah benar-benar matang. Tak ada tambahan lain yang digunakan untuk membuat saus berikut selain tomat-tomat pilihan terbaik.

Saus ini termasuk saus serbaguna yang dapat dipadukan dengan bahan lain untuk membuat hidangan yang Anda kreasikan makin lezat. Anda dapat menggunakan saus ini untuk membuat sup tomat yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran, atau untuk membuat campuran saus lasagna yang lezat.

9. Jamie Oliver Tomato & Basil Pasta Sauce

9. Jamie Oliver Tomato & Basil Pasta Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 67.750

Saus tomat dan basil dari chef ternama asal Inggris!

Saus yang diproduksi di bawah nama seorang selebriti chef ternama asal Inggris ini mengandung 66% tomat dari Italia yang juicy, dengan tambahan basil sebagai pemberi aroma khas untuk saus ini. Memiliki tekstur dan rasa yang cukup kuat, saus ini bisa menghidupkan rasa masakan yang Anda buat.

Selain lezat untuk dijadikan saus pasta, bagi Anda para pencinta seafood, Anda juga bisa menggunakan saus ini untuk membuat hidangan kerang ataupun udang. Dapat dipastikan sajian Anda akan wangi dan menggugah selera. Selain itu, saus ini juga aman untuk Anda yang vegetarian. Setelah dibuka, segera masukkan saus ini ke dalam kulkas dengan maksimal penyimpanan 5 hari.

8. Dolmio Extra Bolognese Pasta Sauce

8. Dolmio Extra Bolognese Pasta Sauce

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.600

Saus dengan cita rasa asam manis menawan

Tak perlu membuat dapur berantakan, cukup buka jar dari Dolmio Extra Bolognese untuk mendapatkan saus pasta dengan cita rasa asam manis yang nikmat. Anda cukup mencampurkan saus berikut di atas daging cincang yang sudah Anda masak, kemudian aduk-aduk hingga merata selama 5 menit dan saus bolognese yang nikmat sudah siap untuk dicampur dengan pasta favorit Anda.

Satu jar Dolmio Extra Bolognese Pasta Sauce cukup untuk penyajian 4 porsi pasta. Meskipun saus berikut bisa Anda pakai beberapa kali, tapi kami menyarankan Anda menggunakannya untuk satu kali penyajian untuk mendapatkan rasa terbaik.

7. Knorr Tomato Pronto

7. Knorr Tomato Pronto

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 115.800

Pilihan tepat untuk para pengusaha kuliner

Bingung mencari saus tomat yang tepat digunakan untuk usaha kuliner? Knorr Tomato Pronto dapat menjadi pilihan ideal untuk meng-cover bisnis kuliner Anda. Dikemas dalam ukuran 2 kilogram, Anda tak perlu bingung lagi mencari saus tomat dalam ukuran besar.

Tanpa adanya kandungan MSG di dalamnya, saus berikut akan menghadirkan cita rasa delizioso pada masakan buatan Anda. Pasta, chicken tomato sauce, tacos, beefs, Anda dapat menyajikan menu-menu terbaik untuk pelanggan Anda dengan menggunakan saus ini!

6. Cirio Sieved Tomatoes (Pasatta)

6. Cirio Sieved Tomatoes (Pasatta)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Passata kental peningkat cita rasa masakan!

Cirio memproduksi passata (saus pekat) Italia yang memiliki tekstur agak halus dengan cita rasa manis. Pembuatannya terbilang unik karena tomat yang digunakan dikupas dalam bentuk bulat, kemudian diolah melewati saringan penghalus sehingga saus yang dihasilkan memiliki tekstur kental dan konsistensi pekat.

Saus ini cocok digunakan sebagai bumbu marinate karena mampu meresap dengan baik ke celah-celah bahan makanan yang Anda olah. Tentu, cumi asam manis buatan Anda akan makin lahap disantap saat disajikan sebagai menu makan siang.

5. Ayam Brand Tomato Puree

5. Ayam Brand Tomato Puree

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 22.500

Saus tomat serbaguna yang kaya akan serat

Apakah Anda mencari saus yang dapat digunakan untuk membuat masakan ala Eropa, Amerika, juga Asia sekaligus? Ayam Brand Tomato Puree merupakan pilihan yang  tepat untuk Anda letakkan di dapur. Karena masih belum tercampur dengan bumbu-bumbu yang lain, Anda dapat menggunakannya untuk kreasi masakan apapun yang Anda mau.

Saus ekonomis ini kaya akan serat sehingga sangat baik untuk membantu memperlancar sistem pencernaan Anda. Selain itu, Ayam Brand Tomato Puree juga termasuk saus bebas kolestrol dan rendah lemak. Produk ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang peduli dengan kesehatan makanan untuk seluruh anggota keluarga Anda.

4. S&W Premium Tomato Paste

4. S&W Premium Tomato Paste

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 32.000

Berikan rasa tomat yang kuat pada masakan Anda!

S&W Tomato Paste dibuat dari tomat California yang matang karena terkena sinar matahari agar mendapatkan hasil saus dengan kualitas terbaik. Konsistensi dari saus tomat yang satu ini sangat pekat, sehingga dapat memberikan rasa yang kuat pada hidangan Anda.

Untuk Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan membuat homemade pizza bersama keluarga atau sahabat, saus berikut bisa menjadi pilihan tepat untuk membuat saus topping pizza. Anda juga bisa menambahkan potongan keju mozzarella dan daun basil untuk membuat pizza margherita ala Anda sendiri.

3. San Remo Pasta Sauce Tomato & Basil

3. San Remo Pasta Sauce Tomato & Basil

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 42.000

Saus tomat bercita rasa Italia dengan tambahan basil

Menggunakan bahan-bahan pilihan sebagai komposisinya, San Remo Pasta Sauce Tomato & Basil merupakan saus tomat dengan campuran basil yang diolah dengan resep ala rumahan. Saus berikut akan memperkuat cita rasa homemade pada masakan yang Anda buat.

Selain tomat dan basil, saus berikut mengandung bawang merah, air, minyak zaitun, garam, minyak nabati, gula, bawang putih serta perasa. Jadi, Anda tinggal menuangkan saus ini bersama bahan-bahan lain yang akan Anda olah. Rasakan kemudahan dan menyenangkannya memasak saus pasta menggunakan produk bercita rasa Italiano ini!

2. De Cecco Sugo Alla Siciliana

2. De Cecco Sugo Alla Siciliana

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 55.000

Saus tomat sehat dengan cita rasa Sisilia

Saus satu ini dibuat oleh perusahaan makanan De Cecco bersama chef ternama dunia, Heinz Beck. Di dalamnya terdapat bahan seperti zaitun hijau, zaitun hitam, dan minyak zaitun yang kaya akan manfaat bagi tubuh. Hal baik lainnya adalah produk ini tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna makanan sama sekali. De Cecco benar-benar ingin menjaga rasa asli dari bahan-bahan yang digunakan pada saus ini.

Produk berikut menghadirkan cita rasa khas Sisilia yang berbeda jika dibandingkan dengan saus bolognese maupun napolian. Pulau yang terletak di bagian selatan negara Italia tersebut memang menjadi tempat bercampurnya kuliner dari beberapa bangsa yakni Mediterania, Yunani, Romawi hingga Arab. Maka dari itu, rasa saus khas Sisilia lebih kuat dan lebih kaya karena bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatannya lebih beragam.

1. Leggo’s Tomato Paste

1. Leggo's Tomato Paste

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 50.000

Saus sehat dengan rasa tomat yang kuat

Dalam pembuatannya, Leggo’s memberikan treatment triple concentrated yang menjadikan saus berikut memiliki rasa tomat yang kuat. Karena rasanya yang begitu kuat, ia cocok digunakan untuk mengolah makanan berupa daging. Selain itu, saus berikut juga kaya akan lycopene, senyawa antioksidan yang mampu menangkal kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit jantung, kanker, dan penyakit-penyakit lainnya.

Leggo’s Tomato Paste merupakan produk 99% bebas lemak, tidak mengandung pewarna buatan, perasa buatan, apalagi pengawet. Sebuah pilihan yang baik untuk Anda yang menginginkan saus tomat dengan cita rasa yang kuat dan juga sehat.

Cara penyimpanan saus tomat dalam freezer

Cara penyimpanan saus tomat dalam freezer

Ketika Anda tidak dapat menghabiskan langsung saus tomat yang Anda pakai, akan menjadi sayang jika Anda membuangnya. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya di dalam freezer. Anda dapat memindahkan sisa saus tomat tersebut ke dalam kantong khusus untuk menyimpan makanan di freezer, atau Anda juga bisa membaginya ke dalam wadah-wadah kecil. Jika wadah tersebut tidak memiliki tutup yang rapat, Anda dapat menggunakan bantuan plastik, kemudian mengikatnya erat-erat menggunakan karet sampai kedap udara. Anda tinggal mengeluarkannya dari freezer ketika hendak menggunakannya lagi.

Yang paling mudah adalah Anda menggunakan tupperware sebagai wadah penyimpanan, terlebih jika saus yang tersisa masih banyak. Ketika Anda ingin menggunakannya sisa saus yang ada, cukup keluarkan tupperware dari freezer kemudian diamkan agar saus mencair dengan sendirinya. Anda juga dapat menggunakan microwave untuk mencairkannya.

Kesimpulan

Saus tomat memiliki cita rasa yang berbeda-beda tergantung dari pembuatnya. Tidak hanya untuk membuat masakan ala Italia ataupun ala Mexico, saus tomat juga bisa Anda gunakan untuk olahan masakan Indonesia yang lezat seperti cumi saus tomat, sambal tomat, atau sup tomat.

Setelah membaca penjelasan di atas, kira-kira produk mana yang sepertinya cocok untuk Anda? Pilihlah produk yang sesuai dengan selera dan jenis masakan yang hendak Anda buat, ya. Selamat mencoba!