• 10 Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)

Untuk menghasilkan saus tomat handmade yang lezat, tentu dibutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Jika Anda cukup sibuk, penggunaan saus tomat kemasan bisa menjadi solusi. Ada berbagai merek dan varian saus tomat di pasaran, seperti Del Monte, Leggo’s, Ayam Brand, Barilla, dan ABC. Dari banyaknya produk saus tomat, mana yang bagus untuk dipilih?

Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat agar Anda bisa mendapatkan produk yang enak. Kami juga akan membagikan sepuluh rekomendasi merek saus tomat terbaik untuk Anda. Temukan juga tips memilih dari cooking influencer, Inov Pelawi!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Inov Pelawi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Cooking influencer, Inov Pelawi

Profil pakar: Cooking influencer, Inov Pelawi

Inov adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Wanita berumur 36 tahun ini sudah menyukai kegiatan memasak dan baking sejak usia 14 tahun.


Kegemarannya terhadap dunia masak dan baking ini membuatnya sering berbagi resep dan foto makanan di akun Instagram-nya. Selain untuk dokumentasi pribadi, ia berharap bahwa kontennya juga bisa bermanfaat bagi orang lain, terutama bagi para ibu.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih saus tomat untuk berbagai masakan

Tentu akan merepotkan jika harus memotong bahan bumbu untuk membuat saus tomat sendiri. Solusi praktisnya adalah menggunakan saus tomat kemasan. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memahami poin-poin penting berikut ini.

Pilih berdasarkan jenisnya

Saus tomat dibagi menjadi dua jenis, yaitu saus tomat murni dan saus tomat berbumbu. Saus tomat murni hanya menggunakan bahan-bahan dasar, seperti tomat, bawang merah, dan bawang putih. Di sisi lain, saus tomat berbumbu telah dicampur bahan lain, misalnya basil. Mari simak tiap-tiap kelebihan dari kedua jenis saus tomat ini.

Saus tomat murni: Cocok untuk berbagai masakan

Saus tomat murni sangat cocok digunakan sebagai bumbu berbagai olahan masakan, seperti ayam, seafood, jamur, dan terong. Anda hanya perlu menambahkan saus tomat dalam bahan masakan favorit untuk mendapatkan rasa yang makin menggugah selera.

Selain itu, saus tomat murni juga dapat digunakan pada masakan yang direbus, seperti kol rebus. Karena mengandung bawang merah dan bawang putih, saus ini akan memperkuat rasa masakan rebusan dalam waktu singkat.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Aroma dan warna dari saus tomat murni sangat mirip dengan warna asli tomat. Hal ini menjadi salah satu kelebihannya sehingga saus tomat ini cocok untuk berbagai masakan. Untuk Anda yang ingin berkreasi membuat masakan dari berbagai negara, menambahkan saus tomat ini pada masakan bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Saus tomat berbumbu: Dapat digunakan dengan cepat dan mudah

Jika ingin mengonsumsi makanan dengan cepat, penggunaan saus tomat berbumbu dengan tambahan herbs bisa menjadi pilihan. Jenis saus tomat ini cocok untuk masakan italia, seperti spageti, lasagna, dan hidangan pasta lainnya. Anda hanya perlu menambahkan saus tomat ke dalam pasta bersama parutan keju untuk membuat hidangan yang lezat.

Tidak hanya untuk pasta, saus ini juga cocok menjadi bumbu untuk olahan daging, ikan, maupun jenis sayuran lain. Saus tomat berbumbu dapat menghasilkan olahan yang enak dengan cepat dan mudah. Tentunya, pasta tomat berbumbu ini sangat cocok untuk orang-orang yang baru belajar memasak.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Saus tomat berbumbu memiliki rasa yang lebih kaya. Dengan produk ini, Anda dapat menghasilkan masakan yang enak secara cepat dan mudah. Saat menggunakan tipe ini, Anda sebaiknya jangan menambahkan garam saat masih di tahap awal memasak. Anda bisa menambahkan garam pada akhir proses memasak karena saus tomat berbumbu umumnya sudah cukup kaya akan rasa.

Pertimbangkan bentuk kemasannya

Di pasaran, saus tomat dikemas dalam berbagai bentuk mulai dari jar, kaleng, hingga pouch. Sebelum dibuka, saus tomat awet untuk disimpan dalam waktu lama. Namun, setelah dibuka, Anda disarankan untuk tidak menyimpannya dalam waktu terlalu lama. Sebaiknya, pertimbangkan juga cara penyimpanan saus setelah dibuka.


  • Saus tomat dalam jar: Ketika hendak mengambil saus, gunakanlah sendok bersih. Kemudian, tutup kembali saus Anda dengan rapat dan simpan di dalam kulkas. Namun, jika sudah dibuka tutupnya, saus tomat hanya bisa bertahan selama 2–3 hari saja. Setelah itu, saus akan menjadi kurang baik dan muncul jamur. Untuk menghindarinya, simpan saus tomat ke dalam freezer segera setelah dibuka.

  • Saus tomat kaleng: Saus tomat kaleng rawan rusak jika terlalu lama dibiarkan setelah kemasannya dibuka. Setelah dibuka, sebaiknya Anda memindahkan saus tersebut ke dalam wadah kedap udara atau semacamnya. Saus kemasan kaleng hanya dapat bertahan 2–3 hari setelah dibuka.

  • Saus tomat pouch: Tipe kemasan ini cocok untuk penggunaan dalam waktu singkat. Jika masih belum habis dalam sekali pakai, Anda dapat menutup kemasannya dan menyimpannya di kulkas. Namun, kami tetap menyarankan untuk menghabiskan saus tomat segera setelah dibuka kemasannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari perubahan rasa dari saus tomat itu sendiri.

Ketiga jenis kemasan saus tomat ini memiliki kelemahan yang sama setelah dibuka. Namun, Anda bisa mempertimbangkan saus dalam kemasan jar jika menginginkan kemudahan dalam penyimpanan serta pemakaian.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Pemilihan kemasan memengaruhi daya tahan saus tomat. Karena itu, pemilihan kemasan harus sesuai dengan kebutuhan. Kebanyakan saus tomat sudah dibuat agar bisa bertahan pada suhu ruangan. Karena itu, Anda sebenarnya juga boleh menyimpannya di luar kulkas. 


Namun, jangan lupa untuk memperhatikan seberapa sering Anda memakainya. Jika Anda sering menggunakannya, saus tomat bisa ditaruh di meja dapur saja. Namun, bila jarang digunakan dan kemasan sudah dibuka, simpanlah di kulkas agar kualitas saus bertahan lebih lama.

Periksa isi saus tomat dalam satu kemasannya

Saus tomat kemasan kerap kali menambahkan informasi mengenai takaran per sajian pada kemasannya. Umumnya, saus tomat dengan berat 300 gram dapat menjadi bumbu bagi 3–4 porsi pasta. Untuk saus tomat dengan berat 250 gram, biasanya cukup untuk membuat 2 porsi pasta.


Jika Anda memiliki usaha katering, restoran, atau rumah makan, pertimbangkan membeli saus tomat dalam kemasan besar. Dari segi harga, produk kemasan besar akan lebih ekonomis! Saus tomat dalam kemasan besar kini sudah cukup banyak di pasaran. Beberapa merek yang bisa Anda pilih, yaitu Del Monte dan ABC. Kedua merek tersebut menawarkan saus tomat dengan kemasan besar hingga 5,7 kg, lho.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Setelah kemasannya dibuka, saus tomat lebih baik tidak disimpan terlalu lama. Hal ini penting untuk menghindari perubahan pada rasanya. Pastikan Anda memeriksa isi saus tomat dalam satu kemasan untuk mengurangi kemungkinan sisa saus tomat yang mungkin akan terbuang.

10 Rekomendasi saus tomat terbaik untuk berbagai masakan

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh saus tomat terbaik untuk berbagai masakan yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari pakar artikel ini, Inov Pelawi.

10
JenisBerbumbu
Isi400 g
KomposisiTomat, konsentrat tomat, wortel, air, bawang merah, ekstrak minyak zaitun, basil, garam
KemasanJar
9

DolmioExtra Bolognese Tomato Pasta Sauce

Mulai dari Rp 50.000,00

JenisBerbumbu
Isi500 g
KomposisiTomat, gula, bawang merah, bawang putih, garam, basil, food acid, ekstrak ragi, lada, paprika, oregano, fennel
KemasanJar
8

De Cecco Sugo Alla Siciliana

Mulai dari Rp 29.500,00

JenisBerbumbu
Isi400 g
KomposisiTomato pulp, zaitun hijau, zaitun hitam, extra virgin olive oil, wortel, bawang merah, bawang putih, oregano, dan sebagainya
KemasanJar
7
JenisMurni
Isi250 g
KomposisiTomat konsentrat, garam
KemasanJar
6
JenisMurni
Isi2.000 g
KomposisiTomat, minyak bunga matahari, garam, gula, bawang, pengatur keasaman asam sitrat
KemasanKaleng
5
JenisMurni
Isi160 g
KomposisiPasta tomat, garam
KemasanKaleng
4
JenisBerbumbu
Isi400 g
KomposisiTomato pulp, konsentrat tomat, bawang merah, wortel, bawang putih, thyme, chives, parsley, dan sebagainya
KemasanJar
3

San RemoPasta Sauce Tomato and Basil

Mulai dari Rp 41.500,00

JenisBerbumbu
Isi500 g
KomposisiPotongan tomat, saus tomat, bawang merah, minyak zaitun, garam, gula, bawang putih, dan sebagainya
KemasanJar
2
JenisMurni
Isi170 g
KomposisiTomat, tomato juice, garam, citric acid, dan calcium chloride
KemasanKaleng
1
JenisMurni
Isi1.000 g
KomposisiPasta tomat, gula, garam, rempah-rempah, ekstrak ragi, dan sebagainya
KemasanPouch

Tabel perbandingan produk saus tomat terbaik untuk berbagai masakan

Gambar produk
1
Heinz ABC Tomato Ketchup 1

Heinz ABC

2
Del Monte Tomato Paste 1

Del Monte

3
San Remo Pasta Sauce Tomato and Basil 1

San Remo

4
Barilla Napoletana 1

Barilla

5
Ayam Sarl Ayam Brand Tomato Puree 1

Ayam Sarl

6
Unilever Knorr Tomato Pronto Sauce 1

Unilever

7
Leggo’s Tomato Paste 1

Leggo’s

8
De Cecco  Sugo Alla Siciliana 1

De Cecco

9
Dolmio Extra Bolognese Tomato Pasta Sauce 1

Dolmio

10
Jamie Oliver Tomato & Basil Pasta Sauce 1

Jamie Oliver

Nama produk

Tomato Ketchup

Tomato Paste

Pasta Sauce Tomato and Basil

Napoletana

Ayam Brand Tomato Puree

Knorr Tomato Pronto Sauce

Tomato Paste

Sugo Alla Siciliana

Extra Bolognese Tomato Pasta Sauce

Tomato & Basil Pasta Sauce

Keunggulan

Harganya ekonomis, isinya pun banyak

Penggunaan tomat matang untuk menghasilkan rasa saus terlezat

Hadirkan cita rasa saus rumahan dengan saus ini

Kaya herbs ala Mediterranean untuk cita rasa lebih unik

Minim bahan-bahan tambahan! Rasa tomat paling asli

Ukurannya jumbo, cocok untuk pemilik resto!

Nikmati rasa tomat terkuat dengan triple concentrate

Saus tomat sehat dengan rasa khas Italia yang cocok untuk pizza

Siapkan bolognese lezat hanya dalam lima menit

Rasa klasik yang kuat dari perpaduan tomat Italia dan keharuman basil

Harga mulai dariRp 17.800,00Rp 15.999,00Rp 41.500,00Rp 42.900,00Rp 13.300,00Rp 113.100,00Rp 28.000,00Rp 29.500,00Rp 50.000,00Rp 69.500,00
JenisMurniMurniBerbumbuBerbumbuMurniMurniMurniBerbumbuBerbumbuBerbumbu
Isi1.000 g170 g500 g400 g160 g2.000 g250 g400 g500 g400 g
KomposisiPasta tomat, gula, garam, rempah-rempah, ekstrak ragi, dan sebagainyaTomat, tomato juice, garam, citric acid, dan calcium chloridePotongan tomat, saus tomat, bawang merah, minyak zaitun, garam, gula, bawang putih, dan sebagainyaTomato pulp, konsentrat tomat, bawang merah, wortel, bawang putih, thyme, chives, parsley, dan sebagainyaPasta tomat, garamTomat, minyak bunga matahari, garam, gula, bawang, pengatur keasaman asam sitratTomat konsentrat, garamTomato pulp, zaitun hijau, zaitun hitam, extra virgin olive oil, wortel, bawang merah, bawang putih, oregano, dan sebagainyaTomat, gula, bawang merah, bawang putih, garam, basil, food acid, ekstrak ragi, lada, paprika, oregano, fennelTomat, konsentrat tomat, wortel, air, bawang merah, ekstrak minyak zaitun, basil, garam
KemasanPouchKaleng JarJarKalengKalengJarJarJarJar
Tautan produk

Cara penyimpanan sisa saus tomat dalam freezer

Cara penyimpanan sisa saus tomat dalam freezer
Ketika saus tomat tidak langsung habis dipakai, tentu sangat disayangkan apabila harus dibuang. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya di dalam freezer. 


  • Pertama, pindahkan sisa saus tomat ke dalam beberapa kantong kecil khusus untuk menyimpan makanan ke dalam freezer.
  • Kemudian, ikatlah erat-erat dengan karet sampai kedap udara. Jadi, ketika hendak menggunakannya lagi, Anda tinggal mengeluarkannya dari freezer.

Jika sisa saus tomat cukup banyak, Anda dapat menggunakan wadah kedap udara, semisal kontainer makanan sebagai wadah penyimpanan. Ketika Anda ingin menggunakannya, cukup keluarkan wadah tersebut dari freezer dan diamkan agar saus mencair dengan sendirinya. Apabila ingin lebih cepat, Anda bisa memakai microwave untuk mencairkannya.

Inov Pelawi
Cooking influencer
Inov Pelawi

Rasa saus tomat dapat berubah jika hanya disimpan begitu saja tanpa dimasukkan ke kulkas setelah kemasannya dibuka. Hal ini akan makin terasa bila Anda tidak menggunakannya dalam jangka waktu yang cukup lama. Karena itu, jika Anda tidak menggunakan saus tomat terlalu sering, simpanlah produk di dalam kulkas atau freezer.

Tips dari cooking influencer kami, Inov Pelawi

Tips dari cooking influencer kami, Inov Pelawi

Tidak bisa dimungkiri bahwa selain sebagai tambahan bumbu masakan, saus tomat juga sering dipakai sebagai teman cocolan gorengan. Berbagai makanan, seperti kentang goreng, ayam goreng tepung, nugget, bahkan pizza, akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan saus tomat. 


Saus tomat merupakan produk yang bisa dinikmati semua usia, khususnya anak-anak. Karena itu, tidak heran jika produk ini sering ditemui di rumah orang yang memiliki anak-anak. Di pasaran tersedia banyak sekali merek saus tomat yang beragam. Jadi, alangkah baiknya jika sebelum memutuskan membeli produk, Anda juga memperhatikan bahan serta kandungan yang digunakan.

Baca juga rekomendasi saus lainnya di sini

Selain saus tomat, terdapat juga berbagai jenis saus lain yang layak untuk dicoba. Beberapa di antaranya adalah saus barbeque, saus tartar, saus kimchi Korea, dan lainnya. Apakah Anda tertarik mencobanya? Jangan lupa baca penjelasan kami terlebih dahulu di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Saus tomat memiliki cita rasa berbeda-beda tergantung dari produsennya. Bukan hanya untuk membuat masakan ala Italia atau ala Mexico, saus tomat juga bisa digunakan untuk olahan masakan Indonesia. Cobalah membuat cumi saus tomat, sambal tomat, atau sup tomat yang lezat.

Setelah membaca penjelasan kami, kira-kira produk mana yang sepertinya cocok untuk Anda? Pilihlah produk yang sesuai dengan selera dan jenis masakan yang hendak Anda buat, ya. Selamat mencoba!

Artikel terkait

  • 10 Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cuka Apel (Apple Vinegar) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Cuka apel (apple vinegar) adalah sari buah apel yang sudah difermentasi. Cuka apel bisa dipakai untuk masakan, diminum, atau perawatan wajah. Manfaat cuka apel juga ada banyak, seperti menurunkan tekanan darah, untuk diet, dan sebagainya. Nah, di artikel ini kami akan membantu Anda mendapatkan cuka apel terbaik.Namun, kami akan menjelaskan cara memilih cuka apel terbaik dan sesuai kebutuhan terlebih dahulu. Setelah itu, kami akan merekomendasikan beberapa merek cuka apel yang bagus, seperti Bragg, Heinz, serta S&W. Anda juga dapat mengetahui aturan tentang cuka apel halal. Bacalah artikelnya sampai selesai!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Steak Sauce Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Steak Sauce Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk membuat steak yang lezat di rumah, tentunya Anda akan membutuhkan steak sauce atau saus steak yang enak. Dengan kombinasi daging yang enak, Anda akan bisa merasakan sensasi makan steak seperti di restoran. Saat ini banyak varian saus steak, seperti merk Knorr, Del Monte, atau Jay’s Kitchen yang bisa Anda temukan di pasaran.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih serta merekomendasikan saus steak enak yang bisa Anda gunakan di rumah. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari. Yuk, simak penjelasan kami berikut ini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Mayonnaise Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Mayonnaise Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mayonnaise atau mayones adalah makanan serbaguna yang sering dipakai sebagai saus penyedap rasa, salad dressing, dan bahan memasak. Mayones terbuat dari bahan utama berupa telur, minyak, dan cuka. Saus mayones sangat populer digunakan oleh para chef dan disukai segala usia.Berbagai produsen telah menjual mayones berkualitas yang enak dan bergizi, contohnya Kewpie. Merek mayones yang bagus dan populer asal Indonesia, seperti MamaSuka, Omayo, dan Maestro, juga bisa dipilih. Ada pula mayones rendah kalori dari Tropicana Slim yang cocok untuk berbagai resep diet sehat. Pastikan untuk menyimak tips dari kami!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Kentang Terbaik  - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Kentang Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Penggunaan tepung kentang dapat memberikan tekstur crunchy pada makanan yang digoreng. Selain itu, tepung kentang banyak dipakai untuk aneka masakan Jepang, China, dan Western food. Namun, karena tepung kentang pada umumnya sama-sama berwarna putih, banyak orang yang mengalami kesulitan untuk memilihnya.Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih tepung kentang yang bagus. Anda juga akan mendapat rekomendasi tepung kentang terbaik, seperti merek tepung kentang Knorr, Lentera Naga, Mr. Food, dan lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Yuk, disimak sampai selesai!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Saus Lada Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Saus Lada Hitam Terbaik - Ditinjau oleh Home Cook Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang yang menyukai makanan dengan sensasi pedas khas lada hitam. Anda bisa memberikan sentuhan cita rasa tersebut dengan menggunakan saus lada hitam. Di pasaran tersedia beragam saus lada hitam yang berbeda volume, kandungan, dan sebagainya.Anda bisa membaca tips cara memilih dan rekomendasi saus lada hitam terbaik dalam artikel ini. Saus lada hitam enak merek Pronas, Saori, dan sebagainya ada dalam daftar kami. Anda akan menemukan saus bumbu lada hitam yang enak dalam berbagai kemasan, termasuk produk instan. Artikel ini sudah ditinjau oleh home cook influencer kami, Mariska Tracy.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Produk Finna Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Finna Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang gemar memasak barangkali sudah tidak asing dengan merek Finna. Finna adalah produsen yang memiliki banyak produk pangan dan bumbu masak. Salah satu varian produknya yang paling populer adalah Finna kerupuk udang. Produk Finna Food yang lainnya adalah sambal, bumbu masak, saus, dan snack siap makan.Di artikel ini kami akan memberikan beberapa tips memilih produk Finna yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami telah menyiapkan beberapa rekomendasi produk Finna terbaik untuk Anda. Jadi, apabila Anda memiliki rencana membeli produk Finna yang enak, silakan simak artikel ini, ya.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Basmati yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Basmati yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Penikmat masakan India pastinya sudah tidak asing dengan beras basmati yang sering disajikan dalam nasi beriani. Ciri khas beras dari India ini adalah aromanya yang wangi, rasa sedikit pedas, dan ukurannya yang lebih panjang. Beras yang disebut juga beras Arab ini memiliki berbagai macam khasiat, seperti mengontrol gula darah.Penasaran ingin coba memasak beras basmati? Di artikel ini kami akan membantu Anda dalam memilih beras basmati yang bagus dengan harga bersahabat. Anda juga akan kami ajak untuk melihat beberapa rekomendasi merek beras basmati terbaik, seperti Jazbaa, Daawat, dan Abu Kass.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kunyit Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kunyit Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)
    Kunyit bubuk atau kunir bubuk dapat menjadi alternatif bila Anda tak ingin repot mengolah kunyit segar. Seperti kunyit segar, kunyit bubuk bisa digunakan untuk memasak ataupun diolah sebagai jamu. Ada pula produk kunyit bubuk khusus untuk masker wajah.Terdapat berbagai merek kunyit bubuk di pasaran, seperti Desaku, Singabera, Koepoe-Koepoe, dan Herbilogy. Pada artikel ini kami akan memaparkan tips memilih kunyit bubuk beserta rekomendasi kunyit bubuk yang bagus. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Saus Mentai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Saus Mentai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, istilah saus mentai mungkin terdengar cukup asing. Namun, tidak demikian untuk penggemar kuliner Jepang. Saus yang berasal dari Jepang ini sering dioleskan pada sushi, dimsum, hingga omurice. Rasanya lezat karena terbuat dari campuran mayones, mentaiko, lemon, dan tobiko.Kini Anda bisa menemukan saus mentai instan dari berbagai merek, seperti Saboten Food, Miwa, hingga Kewpie. Namun, tak semua saus mentai rasanya sama. Ada yang pedas, ada yang tidak. Bahkan, ada yang tanpa tobiko. Karena itu, kali ini kami akan memberi tips memilih saus mentai yang bagus. Yuk, disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Saus Keju yang Enak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Saus Keju yang Enak (Terbaru Tahun 2022)
    Keju adalah makanan yang terbuat dari susu mamalia yang digumpalkan melalui proses peragian. Banyaknya penggemar keju memunculkan beragam pilihan produk turunan keju. Salah satu produk turunan keju yang paling populer adalah saus keju yang biasa digunakan sebagai imbuhan makanan tertentu.Pada artikel ini, kami akan mengulas cara memilih saus keju atau cheese sauce yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi merek saus keju yang enak, seperti Knorr, Kewpie, Euro Gourmet, dan lainnya. Supaya Anda tidak salah pilih, ikuti terus artikel ini hingga usai, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Gatotkaca, Jawara, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Melezatkan berbagai masakan dapat lebih sehat dengan kaldu non MSG. Di pasaran terdapat berbagai produk penyedap yang sehat. Ada kaldu jamur non MSG, bahkan kaldu non MSG untuk bayi dan memasak MPASI. Manakah kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian?Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Keunggulan berbagai rasa kaldu non MSG, seperti ayam, sapi, dan lainnya pun turut diulas. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Royco, hingga Maseko juga ada dalam rekomendasi.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepung ini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya saja, Segitiga Biru, Kompas, dan Falcon. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kaldu Jamur Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bentuk perilaku hidup sehat yang terjadi pada masyarakat saat ini berupa meningkatnya konsumsi bahan penyedap non MSG. Salah satu bahan penyedap alami tanpa kandungan MSG adalah kaldu jamur. Jadi, tak heran jika kaldu jamur non MSG banyak dipakai untuk melezatkan berbagai masakan ataupun MPASI bayi.Sejumlah merek kaldu jamur yang bagus, seperti Totole, Lemonilo, dan Royco, menawarkan produk-produknya yang menarik. Nah, di artikel ini kami akan memberi tips memilih kaldu jamur beserta rekomendasi kaldu jamur terbaik. Selamat menyimak dan dapatkan manfaat dari kaldu jamur!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Penyedap Rasa Terbaik - Ditinjau oleh Cook (Terbaru Tahun 2022)
    Menambahkan penyedap rasa merupakan cara efisien untuk membuat masakan Anda lebih sedap. Penyedap rasa memberikan rasa yang lebih konsisten pada makanan sehingga sering digunakan untuk usaha kuliner. Kali ini kami akan membahas cara memilih penyedap rasa yang enak sekaligus aman dikonsumsi.Anda bisa memilih penyedap rasa dengan MSG yang harganya terjangkau dari merek terkenal Sasa, Masako, dan Royco. Ada juga penyedap rasa non MSG untuk MPASI dan diet, contohnya Pura, Jay's Kitchen, Lemonilo, serta Pawon Ibun. Simak juga tips dan komentar dari Cook Debbie Ariesthea, ya. Simak terus artikelnya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makaroni Pasta Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makaroni merupakan jenis pasta yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Berbagai makanan, seperti sup, salad, bahkan camilan menggunakan jenis pasta ini. Namun, banyaknya produk yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda kebingungan memilih produk yang pas untuk disajikan.Untuk itu, kami akan memberikan tips memilih makaroni terbaik agar Anda mudah menemukan makaroni yang tepat. Temukan juga berbagai merek ternama, seperti La Fonte, San Remo, Kraft, dan lain-lain dalam rekomendasi kami. Yuk, langsung simak informasinya!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori