10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik untuk Berbagai Masakan (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Saus Tomat Bumbu Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Untuk menghasilkan saus tomat handmade yang lezat, tentu membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Jika Anda cukup sibuk, penggunaan saus tomat kemasan bisa menjadi solusi. Ada berbagai variasi isian saus tomat dan merek di pasaran, seperti Del Monte, Leggo’s, Knorr, Barilla, dan sebagainya. Hal ini tentu akan membingungkan, bukan?

Jadi, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat agar Anda bisa mendapatkan produk terbaik. Tidak lupa, kami juga akan merekomendasikan beberapa produk yang dapat menjadi referensi Anda. Pilihlah saus tomat terbaik untuk menghasilkan cita rasa masakan yang lezat dengan mudah!

Daftar isi

Cara memilih saus tomat untuk berbagai masakan

Tentu akan merepotkan jika harus memotong semua bumbu untuk membuat saus tomat sendiri. Solusi terbaiknya adalah menggunakan saus tomat kemasan. Sebelum membeli, ada baiknya Anda memahami poin-poin penting berikut ini.

Pilih berdasarkan jenisnya, saus tomat murni atau berbumbu

Saus tomat dibagi menjadi dua jenis, yaitu saus tomat murni dan saus tomat berbumbu. Saus tomat murni hanya menggunakan bahan-bahan dasar, seperti tomat, bawang merah, dan bawang putih. Di sisi lain, saus tomat berbumbu telah dicampur bahan lain, misalnya basil. Mari simak masing-masing kelebihan dari kedua jenis saus tomat ini.

Saus tomat murni : Cocok untuk berbagai masakan

Saus tomat murni : Cocok untuk berbagai masakan

Saus tomat murni sangat cocok digunakan sebagai bumbu berbagai olahan masakan, seperti ayam, seafood, jamur, dan terong. Anda cukup menambahkan saus tomat ke bahan makanan favorit untuk mendapatkan rasa yang semakin menggugah selera.

Selain itu, saus tomat murni juga dapat digunakan pada masakan yang direbus, seperti kol rebus. Karena mengandung bawang merah dan bawang putih, saus ini akan memperkuat rasa masakan rebusan dalam waktu singkat.

Saus tomat berbumbu : Dapat digunakan dengan cepat dan mudah

Saus tomat berbumbu : Dapat digunakan dengan cepat dan mudah

Jika ingin mengonsumsi makanan dengan cepat, penggunaan saus tomat berbumbu yang memiliki tambahan basil bisa menjadi pilihan. Saus tomat berbumbu sangat tepat digunakan pada saat-saat demikian. Anda bahkan dapat membuat makanan lezat hanya dengan menambahkan saus tomat ke dalam pasta bersama parutan keju.

Tidak hanya untuk pasta, saus ini juga cocok menjadi bumbu untuk olahan daging, ikan, maupun jenis sayuran lain. Saus tomat berbumbu dapat menghasilkan olahan yang enak dengan cepat dan mudah. Tentunya sangat cocok juga untuk orang-orang yang baru belajar memasak.

Pilih berdasarkan bentuk kemasannya

Pilih berdasarkan bentuk kemasannya

Di pasaran, saus tomat dikemas dalam berbagai bentuk mulai dari botol, kaleng, hingga pouch. Sebelum dibuka, saus tomat awet untuk disimpan dalam waktu lama. Namun, setelah dibuka, disarankan Anda tidak menyimpannya untuk waktu terlalu lama. Sebaiknya Anda juga mempertimbangkan cara penyimpanannya setelah saus tersebut dibuka.

Untuk saus tomat dalam botol, ketika akan digunakan, pastikan selalu menggunakan sendok bersih saat mengambilnya. Kemudian, tutup kembali dengan rapat dan simpan di dalam kulkas. Namun, jika sudah dibuka tutupnya, saus tomat hanya bisa bertahan selama 2-3 harian saja. Setelah itu saus akan menjadi kurang baik dan muncul jamur. Untuk menghindari hal tersebut, simpanlah saus tomat ke dalam freezer segera setelah dibuka.

Saus dengan kemasan kaleng rawan rusak jika terlalu lama dibiarkan setelah kemasan dibuka. Setelah dibuka, sebaiknya Anda memindahkan saus tersebut ke dalam wadah kedap udara atau semacamnya. Sama seperti saus kemasan botol, saus kemasan kaleng juga hanya dapat bertahan 2-3 hari setelah dibuka.

Untuk penggunaan dalam waktu singkat, Anda dapat memilih saus tomat yang dikemas dalam bentuk pouch. Jika masih belum habis dalam sekali pakai, Anda dapat menyimpannya di kulkas. Namun, kami tetap menyarankan untuk menghabiskan saus tomat segera setelah dibuka kemasannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari perubahan rasa dari saus tomat itu sendiri.

Ketiga jenis kemasan saus tomat ini memiliki kelemahan yang sama setelah dibuka. Namun, Anda bisa memilih saus dalam kemasan botol jika ingin kemudahan dalam penyimpanan serta pemakaian.

Periksa isi saus tomat dalam satu kemasannya

Periksa isi saus tomat dalam satu kemasannya

Saus tomat kemasan kerap kali menambahkan informasi di kemasannya untuk berapa porsi isi dari produk tersebut. Umumnya, saus tomat dengan berat 300 gram dapat menjadi bumbu bagi 3-4 porsi pasta. Untuk saus tomat dengan berat 250 gram, biasanya cukup untuk membuat dua porsi.

Jika Anda butuh isi lebih banyak, pilihlah saus yang diimpor langsung dari Amerika atau Italia. Umumnya produk dari dua negara tersebut memiliki kemasan kaleng yang melebihi standar kemasan saus tomat negara lain. Meski Anda bisa menyimpan sisa saus di dalam kulkas, akan lebih baik jika Anda menyesuaikan kemasan dengan kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi saus tomat terbaik untuk berbagai masakan

Berikutnya, telah kami himpun beberapa produk terbaik yang bisa Anda pilih sebagai bumbu masakan Anda. Pilihlah saus yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Del Monte Tomato Paste

10. Del Monte Tomato Paste

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 16.000

Penggunaan tomat matang untuk menghasilkan rasa saus terlezat

Saus tomat ini menggunakan bahan utama tomat California yang dipetik ketika sudah benar-benar matang. Anda tentu dapat membayangkan nikmatnya rasa saus tomat ini, bukan? Dengan menggunakan saus tomat ini, masakan sederhana pun akan jadi terasa lezat.

Nah, apakah Anda memiliki anak kecil yang susah mengonsumsi sayur atau buah? Jika iya, produk ini wajib hadir di dapur Anda! Anda hanya perlu menambahkan saus tomat ini secukupnya ke dalam masakan sayur Anda. Rasa masakan Anda tentu akan kian diminati oleh anak-anak.

Isi 170 gr
Komposisi Tomat

9. Jamie Oliver Tomato & Basil Pasta Sauce

9. Jamie Oliver Tomato & Basil Pasta Sauce

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 75.000

Rasa klasik yang kuat dari perpaduan tomat Italia dan keharuman basil

Jika Anda penggemar seafood, saus tomat yang satu ini harus Anda miliki! Produk ini menggunakan bahan utama tomat Italia yang juicy dan potongan basil yang harum. Tidak heran, saus tomat ini memiliki rasa klasik yang kuat. Produk ini juga aman dikonsumsi oleh vegetarian karena tidak mengandung unsur hewani.

Isi 400 gr
Komposisi Tomat, konsentrat tomat, wortel, air, bawang merah, ekstrak minyak zaitun, basil, garam

8. DOLMIO Extra Bolognese Pasta Sauce

8. DOLMIO Extra Bolognese Pasta Sauce

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 48.000

Siapkan bolognese lezat hanya dalam lima menit

Dengan menggunakan saus tomat dari Dolmio ini, Anda akan merasakan kemudahan dalam membuat bolognese. Jadi, Anda tak perlu takut gagal atau rasanya kurang mantap. Proses memasaknya pun hanya memerlukan waktu lima menit saja. Sangat tepat untuk Anda ingin menyiapkan makanan dengan cepat dan praktis!

Isi 500 gr
Komposisi Tomat, gula, bawang merah, bawang putih, garam, basil, food acid, ekstrak ragi, lada, paprika, oregano, fennel

7. Unilever Food Solutions Knorr Tomato Pronto Sauce

7. Unilever Food Solutions Knorr Tomato Pronto Sauce

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 98.200

Ukuran paling besar, tidak perlu repot lagi membeli dalam jumlah banyak

Dikemas dalam ukuran dua kilogram, saus tomat ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha kuliner. Dengan begitu, Anda tidak perlu kerepotan lagi melakukan pembelian berulang kali. Tambahkan sebanyak yang Anda inginkan dan hadirkan cita rasa khas Italia pada berbagai masakan Anda!

Isi 2 kg
Komposisi Tomat, minyak bunga matahari, garam, gula, bawang, pengatur keasaman asam sitrat

6. Ayam Brand Tomato Puree

6. Ayam Brand Tomato Puree

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 21.000

Minim tambahan bahan-bahan pelengkap! Rasa tomat paling asli

Untuk Anda yang senang berkreasi dengan masakan, saus tomat ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk ini hanya mengandung tomat dan garam sehingga memiliki rasa tomat yang asli sekaligus tetap nikmat. Dengan begitu, Anda dapat menambahkan campuran apa pun sesuai selera.

Isi 160 gr, 430 gr
Komposisi Pasta tomat, garam

5. San Remo Pasta Sauce Tomato and Basil

5. San Remo Pasta Sauce Tomato and Basil

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 41.500

Hadirkan cita rasa saus rumahan dengan saus ini

Saus tomat yang satu ini menggunakan bahan-bahan terbaik dan diolah dengan resep rumahan. Pastinya produk ini akan sangat pas untuk mendukung kegiatan memasak homemade Anda. Tentu saja saus ini akan memperkuat cita rasa homemade pada masakan yang Anda buat.

Isi 500 gr
Komposisi Potongan tomat, saus tomat, bawang merah, minyak zaitun, garam, gula, bawang putih, dan sebagainya

4. De Cecco Sugo Alla Siciliana

4. De Cecco Sugo Alla Siciliana

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 54.000

Saus tomat sehat dengan rasa khas Italia yang kuat

Untuk Anda yang gemar memasak hidangan Italia, sebaiknya mempertimbangkan saus tomat ini. Produk ini mengombinasikan rasa autentik extra virgin olive oil dan tomat Italia sehingga sangat kaya akan rasa. Di dalamnya juga terdapat bahan lain seperti zaitun hijau dan zaitun hitam yang kaya akan manfaat bagi tubuh.

Isi 200 gr, 400 gr
Komposisi Tomato pulp, zaitun hijau, zaitun hitam, extra virgin olive oil, wortel, bawang merah, bawang putih, oregano, dan sebagainya

3. S&WFine Foods Tomato Paste

3. S&WFine Foods Tomato Paste

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 32.000

Tekstur paling pekat dan kaya rasa

Saus tomat yang satu ini memiliki tekstur yang sangat pekat dan kaya rasa. Tidak heran, produk ini paling pas digunakan untuk membuat pizza. Produk ini dibuat dari tomat California yang matang karena sinar matahari sehingga saus tomatnya memiliki kualitas premium.

Isi 170 gr
Komposisi Tomat

2. Barilla Napoletana

2. Barilla Napoletana

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 40.000

Kaya herbs ala Mediterranean, menghadirkan saus tomat yang unik dan kaya

Berdiri sejak lebih dari 130 tahun lalu, Barilla memiliki banyak varian produk unggulan, salah satunya Barilla Napoletana ini. Produk ini memadukan pasta tomat dengan berbagai herbs pilihan ala Mediterranean. Hal ini membuat saus tomat ini cocok tidak hanya untuk pasta, tetapi juga membuat masakan ala Timur Tengah. Yuk, coba berbagai resep menarik dengan saus ini!

Isi 380 ml
Komposisi Tomato pulp, konsentrat tomat, bawang merah, wortel, bawang putih, thyme, chives, parsley, dan sebagainya

1. Leggo’s Tomato Paste

1. Leggo's Tomato Paste

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 50.000

Nikmati rasa tomat terkuat dengan triple concentrate

Saus tomat ini dibuat dengan metode triple concentrate sehingga menghasilkan produk dengan rasa tomat yang kuat. Tidak heran, saus ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang menyukai rasa tomat pekat pada berbagai masakan. Yuk, nikmati rasa tomat yang kuat dan lezat menggunakan saus ini!

Isi 250 gr, 500 gr
Komposisi Tomat konsentrat, garam

Cara penyimpanan sisa saus tomat dalam freezer

Cara penyimpanan sisa saus tomat dalam freezer

Ketika saus tomat tidak langsung habis dipakai, tentu sangat disayangkan bila harus membuangnya. Akan lebih baik jika Anda menyimpannya di dalam freezer. Anda dapat memindahkan sisa saus tomat ke dalam beberapa kantong kecil khusus untuk menyimpan makanan di freezer. Kemudian, Anda dapat mengikatnya erat-erat dengan karet sampai kedap udara. Dengan begitu, Anda tinggal mengeluarkannya dari freezer ketika hendak menggunakannya lagi.

Jika sisa saus tomat cukup banyak, Anda dapat menggunakan wadah kedap udara semisal Tupperware sebagai wadah penyimpanan. Ketika Anda ingin menggunakannya, cukup keluarkan wadah tersebut dari freezer dan diamkan agar saus mencair dengan sendirinya. Jika ingin lebih cepat, Anda bisa memakai microwave untuk mencairkannya.

Baca juga rekomendasi jenis saus lainnya di sini

Selain saus tomat, terdapat juga berbagai jenis saus lain yang layak untuk dicoba. Beberapa di antaranya adalah saus barbeque, saus tartar, saus kimchi Korea, dan lainnya. Apakah Anda tertarik mencobanya? Jangan lupa baca penjelasan kami terlebih dahulu di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Saus tomat memiliki cita rasa berbeda-beda tergantung dari produsennya. Tidak hanya untuk membuat masakan ala Italia atau ala Mexico, saus tomat juga bisa Anda gunakan untuk olahan masakan Indonesia. Cobalah membuat cumi saus tomat, sambal tomat, atau sup tomat yang lezat.

Setelah membaca penjelasan kami, kira-kira produk mana yang sepertinya cocok untuk Anda? Pilihlah produk yang sesuai dengan selera dan jenis masakan yang hendak Anda buat. Selamat mencoba!