10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui yang tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayi. Biasanya, ketika bayi sudah tidur, Anda mulai memompa ASI. Selain bertujuan untuk menambah stok ASI yang dibutuhkan bayi, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.

Sekarang ini tersedia pompa ASI dengan berbagai pilihan, ada yang manual dan elektrik. Merek yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari Mooimom, Spectra, Pigeon, Medela, Philips Avent, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih pompa ASI dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih pompa ASI

Dalam memilih pompa ASI, Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal, antara lain frekuensi pemompaan, kuantitas ASI yang dihasilkan, dan jenis kulit Anda. Pilihlah pompa ASI yang paling sesuai kebutuhan Anda dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Pilih pompa ASI berdasarkan frekuensi penggunaan dan kuantitas ASI

Pompa ASI secara umum dibagi dalam dua tipe yaitu manual dan elektrik. Anda perlu memilih tipe pompa ASI yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan frekuensi Anda memompa dan jumlah ASI yang dihasilkan.

Pompa ASI manual, untuk kuantitas ASI yang tidak banyak dan pemakaian hanya sesekali

Pompa ASI manual, untuk kuantitas ASI yang tidak banyak dan pemakaian hanya sesekali

Apabila kuantitas ASI tidak terlalu banyak dan frekuensi untuk Anda memerah ASI hanya sesekali, tipe pompa ASI manual cocok untuk Anda. Dengan menggunakan tipe ini, Anda bisa mengontrol kekuatan daya isap pompa pada payudara dengan cara mengatur tekanan di tuas pompa. Bukan hanya itu, Anda juga dapat mengatur kecepatan pemompaan.

Pompa ASI manual juga nyaman digunakan ketika Anda sedang ingin memompa ASI di sebelah bayi yang sedang tidur. Bayi Anda tidak akan merasa terganggu karena pompa ASI manual tidak mengeluarkan bunyi mesin yang bising. Plus, pompa ASI manual lebih ringan dan mudah dibawa ke mana pun Anda pergi. Hanya saja, harganya mungkin tidak cukup murah. Apabila Anda bermaksud menggunakannya lebih dari satu kali dalam seminggu, kami sarankan Anda membeli pompa ASI elektrik.

Jenis pompa ASI manual yang sedang populer pada saat ini adalah yang memiliki handle atau tuas. Cara memompanya adalah dengan menekan tuas tersebut. Akan tetapi, pompa ASI manual jenis piston yang bentuknya menyerupai alat penyuntik juga cukup digemari karena tidak memiliki banyak bagian-bagian kecil. Dengan demikian, membersihkannya pun akan lebih mudah.

Namun, jika memutuskan untuk memilih pompa jenis piston, Anda harus memompa ASI dengan menggunakan dua tangan. Di samping itu, cara kerja pompa jenis ini mungkin dapat menyebabkan puting payudara Anda jadi membesar. Oleh karenanya, berhati-hatilah jika memang Anda memiliki puting yang cukup besar dan payudara yang tidak terlalu kencang.

Pompa ASI elektrik, cocok untuk Anda yang produksi ASI-nya melimpah

Pompa ASI elektrik, cocok untuk Anda yang produksi ASI-nya melimpah

Pompa ASI elektrik memiliki keunggulan mudah digunakan. Tidak seperti pompa ASI manual yang mengandalkan tangan Anda untuk memompa, pompa elektrik tidak akan membuat tangan Anda pegal. Oleh karena itu, kami menyarankan pompa ASI elektrik bagi ibu yang memiliki produksi ASI melimpah. Anda hanya perlu menekan tombolnya untuk menyalakan mesin dan memulai memompa ASI.

Untuk menghemat waktu yang digunakan dalam memompa ASI, Anda juga dapat menggunakan pompa elektrik yang memiliki dua corong sehingga dapat memompa kedua payudara secara bersamaan. Hal tersebut tentu sangat menghemat penggunaan waktu untuk memompa ASI. Hanya saja, pompa ASI elektrik memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan pompa manual.

Harga yang cukup mahal tersebut menjadi pertimbangan khusus bagi beberapa orang. Apabila Anda memiliki kuantitas ASI dalam jumlah banyak, tetapi merasa keberatan dengan harga pompa ASI elektrik, kami menyarankan Anda untuk menyewa.

Selain menyewa, Anda juga dapat membeli pompa ASI bekas jika ingin mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Namun, ingatlah untuk memeriksa kualitas pompa ASI bekas tersebut dengan cermat dan hati-hati. Terkadang, pompa ASI yang dijual bekas telah mengalami kerusakan di beberapa bagian atau ada bagian yang tidak lengkap. Pilihlah barang yang kualitasnya masih bagus.

Pilih botol penampung ASI yang berukuran besar

Pilih botol penampung ASI yang berukuran besar

Pada umumnya, ketika membeli pompa ASI, Anda juga mendapat botol penampung ASI. Ukuran botol tersebut berbeda-beda tergantung dari masing-masing produsen. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda turut memeriksa ukurannya sebelum membeli. Pada umumnya, botol penampung ASI tersebut berukuran sama dengan botol susu bayi yaitu 120 ml sampai 160 ml. Pada beberapa produk, botol penampung ASI-nya memiliki kapasitas kurang dari 100 ml.

Bagi Anda yang jumlah ASI-nya tidak terlalu banyak, ukuran botol penampung ASI tidak akan terlalu menjadi masalah. Namun, jika Anda memiliki jumlah ASI sangat banyak, sebaiknya mempertimbangkan ukuran botol penampung pompa ASI sebelum membelinya. Pastikan ukuran botolnya cukup untuk menampung ASI setiap kali Anda memompanya.

Pastikan bahwa produk pilihan Anda memiliki corong yang terbuat dari material yang lembut

Pastikan bahwa produk pilihan Anda memiliki corong yang terbuat dari material yang lembut

Pada saat memilih pompa ASI, perhatikan bagian pompa yang langsung bersentuhan dengan kulit. Untuk bagian ini, pilihlah yang terbuat dari material yang lembut seperti silikon. Beberapa ibu muda terkadang memiliki kulit yang sensitif, khususnya di bagian puting yang terkadang menjadi lecet karena sering menyusui dan dipompa.

Bagian corong ini pada beberapa produk pompa ASI terbuat dari material plastik yang kurang nyaman ketika digunakan. Oleh karena itu, memilih material yang baik untuk bagian ini sangat diperlukan demi kenyamanan Anda saat memompa ASI.

Demi kesehatan, pilihlah produk yang mudah dibersihkan

Pompa ASI harus selalu dalam keadaan bersih dan higienis ketika akan digunakan. Jadi, pilihlah pompa ASI yang mudah untuk dibersihkan dan disterilkan.

Akan lebih praktis jika pompa ASI hanya terbagi menjadi beberapa bagian dan mudah dibersihkan

Akan lebih praktis jika pompa ASI hanya terbagi menjadi beberapa bagian dan mudah dibersihkan

Untuk penggunaan setiap hari, tentunya Anda menginginkan pompa ASI yang mudah digunakan dan dibersihkan. Pompa ASI pada umumnya terdiri dari beberapa bagian yang terpisah-pisah. Semakin banyak bagian-bagian dari pompa ASI, akan semakin lama waktu yang diperlukan untuk membersihkannya. Di samping itu, jika pompa ASI memiliki bagian yang sangat kecil, ada risiko bagian tersebut akan hilang.

Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk memilih pompa ASI yang tidak memiliki terlalu banyak bagian-bagian terpisah, serta tidak memiliki bagian yang terlalu kecil. Untuk mengatasi risiko rusak atau hilangnya suatu bagian, sebaiknya Anda memilih pompa ASI yang produsennya turut menjual spare part dari jenis yang sama.

Pilih produk yang mudah dibersihkan dan didisinfeksi

Pilih produk yang mudah dibersihkan dan didisinfeksi

Pompa ASI harus selalu dicuci dan dibersihkan segera setelah pemakaian. Oleh karenanya, Anda perlu cermat memilih produk yang seluruh bagiannya mudah untuk dibersihkan dan didesinfeksi. Beberapa pompa ASI juga bisa dicuci dengan menggunakan dishwasher. Tentunya penggunaan dishwasher akan mempermudah Anda.

Selain itu, masing-masing produk memiliki cara untuk mendesinfeksi yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan microwave, ada yang harus direbus, dan ada juga yang harus menggunakan sabun disinfektan khusus, serta cara lainnya. Untuk itu, perhatikanlah metode dan cara membersihkan masing-masing produk pompa ASI sebelum Anda membelinya.

Tips lain dari kami, cara paling mudah dan praktis dalam mendisinfeksi pompa ASI adalah dengan menggunakan microwave. Di samping itu, kami juga menyarankan Anda untuk memilih pompa ASI yang metode desinfeksi dan pembersihannya sama dengan botol susu yang Anda pakai.

Gunakan produk yang mampu menstimulasi ASI untuk keluar

Gunakan produk yang mampu untuk menstimulasi ASI untuk keluar

ASI tidak otomatis keluar hanya dengan memompanya secara kencang. Pada saat bayi menyusu, umumnya akan diawali dengan isapan lembut yang menstimulasi ASI keluar. Setelah itu, jika ASI telah keluar dengan lancar, baru kemudian bayi mengisapnya dengan kuat.

Demikian juga dengan pompa ASI, memompa dengan kencang di awal terkadang tidak akan dapat menstimulasi ASI untuk keluar, tetapi malah membuat Anda tidak nyaman dan mungkin menimbulkan rasa nyeri di payudara. Untuk itu, pilihlah produk yang mampu menstimulasi ASI untuk keluar dengan menggunakan metode yang sama seperti bayi menyusu.

Apabila Anda memompa ASI dengan frekuensi yang cukup sering, sebaiknya gunakan produk yang kekuatan dan kecepatan isapnya dapat diatur. Dengan begitu, rasanya akan lebih nyaman dan mudah.

10 Rekomendasi pompa ASI terbaik

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda masih bingung memilih pompa ASI? Berikut ini kami rekomendasikan sepuluh pompa ASI yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

10. Mooimom New Silicone Breast Pump

10. Mooimom New Silicone Breast Pump

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 115. 000

Setelah menempel di kulit, tidak perlu lagi dipegangi. Sangat praktis!

Pompa ASI Mooimom ini tidak memiliki bagian-bagian yang terpisah sehingga sangat praktis. Corong pompa dijadikan menyatu dengan botol penampung. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, cukup meremas bagian bawah yang berbentuk seperti botol dan tempelkan ke payudara Anda. Jika sudah menempel di kulit, cukup Anda biarkan saja maka ASI akan mengalir keluar dengan sendirinya.

Meskipun demikian, ingatlah bahwa ketika botol penampung sudah semakin berat, ada kemungkinan pompa akan terlepas. Jika botol sudah hampir penuh, Anda sebaiknya memegang pompa ini dengan baik agar ASI yang sudah terperah tidak tumpah. Keunggulan lain produk ini terletak pada material yang terbuat dari silikon yang aman dan bebas BPA. New Silicone Breast Pump dari Mooimom cocok untuk Anda yang mencari pompa ASI yang praktis.

9. Unimom Mezzo Manual Breast Pump – LG.88005

9. Unimom Mezzo Manual Breast Pump - LG.88005

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 245.000

Memberi Anda sensasi pijatan di sekitar areola

Ibu muda yang baru pertama kali memiliki buah hati terkadang cemas jika ingin mencoba menggunakan pompa ASI. Mungkin muncul kekhawatiran bahwa payudara terasa sakit dan tidak nyaman saat memompa ASI. Kini, hadir pompa manual yang dilengkapi dengan lapisan silikon lembut yang mampu memberi Anda sensasi pijatan di sekitar areola. Dengan demikian, aktivitas memompa ASI akan terasa nyaman.

Lapisan silikon pada corongnya membuat Anda merasa nyaman dan tidak terasa sakit. Selain itu, jenis pompanya yang manual membuat Anda bisa mengontrol kecepatan dan kekuatan pemompaan ASI. Saat membeli produk ini, Anda juga akan mendapat tambahan satu buah spare part valve pada paketannya. Artinya, jika suatu saat valve yang melekat di pompa mengalami kerusakan, Anda dapat langsung menggantinya.

8. Pigeon Breast Pump Manual

8. Pigeon Breast Pump Manual

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 368.000

Pompa dengan sistem aliran ASI dan udara terpisah

Pompa dari Pigeon ini memiliki satu tuas untuk memompa secara manual dengan tangan Anda. Untuk mencegah tangan Anda dari rasa pegal ketika memompa, produk ini didesain secara ergonomis untuk memberikan kenyamanan pada Anda. Disamping itu, pompa ASI ini memiliki bagian-bagian pompa yang tidak terlalu banyak jumlahnya sehingga memudahkan Anda dalam memasang dan membersihkannya.

Untuk kemurnian hasil perahan ASI Anda, pompa manual ini dilengkapi dengan sistem aliran yang terpisah antara aliran untuk cairan ASI dan aliran untuk udara. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu cemas ASI perahan Anda bercampur dengan udara saat pemompaan. Pompa ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mencari pompa manual yang mudah dipasang,

7. Philips Avent Comfort Manual

7. Philips Avent Comfort Manual

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia 

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 569.000

Memompa ASI dengan nyaman tanpa harus membungkuk

Biasanya, ketika memompa ASI dengan menggunakan pompa manual, tubuh Anda harus agak membungkuk agar pas dengan bentuk dan posisi corong. Hal tersebut lama-kelamaan dapat membuat tubuh terasa pegal. Berbeda dengan produk yang satu ini. Philips Avent Comfort Manual memiliki desain yang ergonomis sehingga Anda dapat memompa ASI dengan posisi tubuh yang tegak. Bye-bye, punggung pegal.

Kenyamanan Anda semakin bertambah karena bagian corong yang bersentuhan dengan kulit telah dilapisi dengan silikon yang lembut. Dengan demikian, payudara Anda pun terbebas dari rasa sakit. Selain itu, corong dari pompa ASI ini berukuran lebih pendek sehingga pompa terlihat lebih ringkas dan simpel.

6. Pigeon Breast Pump Electric Pro

6. Pigeon Breast Pump Electric Pro

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.600.000

Menggunakan teknologi silent motor, tidak ada lagi suara bising

Untuk produk yang satu ini, kami rekomendasikan bagi Anda yang biasanya harus memompa ASI di sebelah bayi yang sedang tertidur. Produk ini dilengkapi dengan teknologi silent motor sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa bayi akan terbangun karena suara bising dari mesin pompa. Istirahat bayi tetap berkualitas, stok ASI pun terus bertambah.

Selain itu, bagian corong pompa mengusung teknologi Comfort ProperFit™ Flange yang membuat pompa dapat mengisap dengan efisien, tetapi tetap terasa nyaman. Cara mensterilkan pompa ASI ini pun mudah saja. Anda dapat menggunakan microwave atau juga merebusnya. Praktis dan aman bagi bayi!

5. Medela Pompa ASI Manual Harmony

5. Medela Pompa ASI Manual Harmony

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 350.000

Pompa manual yang memungkinkan Anda untuk mengatur fase pemompaan

Meskipun bukan pompa elektrik, Medela Harmony dirancang agar Anda dapat mengatur fase pemompaan. Biasanya, proses memompa ASI diawali dengan menstimulasi. Untuk menstimulasi ASI, tekan tuas pompa bagian dengan yang pendek. Selanjutnya, Anda dapat memompa dengan cara menekan tuas bagian belakang yang panjang. Dengan metode pompa yang tepat, tentu jumlah ASI Anda dapat meningkat.

Di kalangan ibu menyusui, produk Medela cukup dikenal sebagai pompa ASI berkualitas. Spare part pompa ASI Medela pun telah banyak dijual sehingga Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ada bagian pompa yang rusak. Anda dapat membeli quick clean microwave bag yang akan mempermudah proses sterilisasi. Botol penampung ASI pun dapat Anda ganti dengan kapasitas yang lebih besar jika dibutuhkan.

4. Spectra 9 Plus Portable Double Electric Breast Pump

4. Spectra 9 Plus Portable Double Electric Breast Pump

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.720.000

Untuk Anda yang sering bepergian, pompa ASI berukuran mini ini merupakan pilihan tepat

Pompa elektrik ini berukuran hampir sama dengan ponsel Anda. Ukurannya kecil dan mudah digenggam. Bobotnya yang kurang lebih 230 gram membuatnya sangat ringan dibandingkan dengan pompa elektrik lain. Akibatnya, produk ini mudah dibawa. Spectra Nine Plus adalah salah satu pompa elektrik dua tabung yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang mencari pompa portabel dengan banyak fungsi.

Keistimewaan lainnya adalah adanya lima pilihan mode pijatan untuk memberikan efek LDR (Let-Down Reflex) ASI agar ASI keluar dengan lancar dalam jumlah banyak. Hal tersebut akan mempercepat proses pemompaan ASI dan payudara ibu terasa lebih cepat kosong. Produk ini juga dilengkapi dengan sepuluh pilihan kecepatan mode pemompaan yang bisa Anda sesuaikan.

3. Medela Pompa ASI Elektrik Swing

3. Medela Pompa ASI Elektrik Swing

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 1.800.000

Perpindahan antar fase berjalan otomatis, Anda tidak perlu lagi menekan tombol apa pun

Apabila Anda mencari pompa ASI elektrik yang dapat memberikan sensasi isapan seperti bayi sungguhan, produk ini dapat menjadi pilihan tepat. Pada awal proses memompa, produk ini akan memijat secara lembut sehingga dapat menstimulasi ASI Anda untuk menetes keluar. Setelah dua menit, isapan diperkuat dengan tujuan memompa ASI agar keluar dengan deras.

Pompa ASI ini akan berpindah fase secara otomatis tanpa perlu Anda tekan tombol-tombolnya. Jadi, Anda dapat memompa ASI dengan santai. Apabila menghendaki isapan yang lebih kuat, Anda dapat mengubahnya dan menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika dilakukan secara sering, produksi ASI Anda dapat meningkat.

2. Real Bubee Intelligent Microcomputer Double Electric Breast Pump

2. Real Bubee Intelligent Microcomputer Double Electric Breast Pump

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 190.000

Delapan belas model ritme pemompaan! Tidak berisik dan getaran rendah

Pompa ASI keluaran Real Bubee menawarkan delapan belas model ritme pemompaan. Anda cukup menekan tombolnya untuk mempercepat atau mengurangi ritme pemompaan sesuai dengan kenyamanan. Anda juga bisa memilih di antara mode stimulasi atau mode isapan bayi. Pompa elektrik dua tabung ini bisa digunakan untuk memompa dua payudara sekaligus atau hanya satu payudara saja.

Karena menggunakan motor pompa yang tidak berisik dan memiliki getaran rendah, Anda jadi lebih nyaman untuk memompa satu payudara sambil menyusui di payudara lain. Bayi Anda tidak akan merasa terganggu oleh suara mesin. Selain itu, produk ini menggunakan sumber tenaga berupa kabel micro USB yang dapat disambungkan dengan power bank, adaptor charger smartphone, dan sebagainya.

1. Medela Pompa ASI Elektrik Ganda Freestyle

1. Medela Pompa ASI Elektrik Ganda Freestyle

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.449.000

Metode pompa yang telah teruji, memiliki dua corong, dan baterai dapat diisi ulang. Paket lengkap!

Medela Freestyle Breast Pump memiliki berbagai fitur unggulan. Metode yang digunakan produk ini memberi Anda jumlah ASI yang lebih banyak dengan waktu pemompaan yang singkat. Terlebih lagi, pompa ASI ini merupakan tipe dua corong sehingga Anda dapat memompa kedua payudara secara bersamaan. Apabila Anda tidak memiliki cukup banyak waktu untuk memompa, kami menyarankan produk ini.

Pada saat membeli pompa ASI ini, Anda juga akan mendapatkan tas trendi yang dapat digunakan untuk menyimpan pompa ASI. Jadi, berbagai perlengkapan memompa Anda dapat tersimpan rapi dan bersih. Bukan itu saja, produk ini juga dilengkapi dengan baterai isi ulang yang cukup tahan lama. Medela Pompa ASI Elektrik Ganda Freestyle sangat praktis dan bermanfaat bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Hal yang perlu Anda perhatikan

Pompa ASI merupakan salah satu produk yang akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan suplai ASI bagi bayi Anda. Namun, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini, kami akan informasikan beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan terkait dengan penggunaan pompa ASI.

Keuntungan penggunaan pompa ASI

Keuntungan penggunaan pompa ASI

Salah satu keuntungan penggunaan pompa ASI adalah Anda bisa memberikan suplai ASI kepada bayi Anda kapan pun, bahkan saat sedang berada jauh dari bayi. Misalnya, jika Anda bekerja di kantor dan harus menitipkan bayi Anda pada anggota keluarga atau tempat perawatan bayi.

Selain itu, untuk bayi yang memiliki alergi makanan atau minuman tertentu, pemberian ASI tidak akan memicu munculnya alergi. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa melibatkan pasangan Anda dalam merawat bayi, antara lain dengan memberikan ASI melalui botol kepada bayi.

Fungsi lain dari pompa ASI adalah untuk menstimulasi peningkatan jumlah ASI yang diproduksi oleh ibu. Bukan itu saja, kegiatan memompa atau memerah ASI yang dilakukan secara konsisten juga dapat mengurangi sumbatan dan rasa nyeri yang muncul jika ASI tidak dikeluarkan. Akan tetapi, beberapa orang malah memiliki jumlah ASI yang terlalu banyak sehingga bingung mengenai cara penyimpanannnya. Untuk kasus demikian, ada baiknya jika Anda menyesuaikan frekuensi memompa dengan keadaan dan kebutuhan.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, sudahkah Anda memutuskan pompa ASI yang mana yang akan dipilih? Pertimbangkan baik-baik kebutuhan Anda yang berkaitan dengan pompa ASI. Pastinya, penggunaan pompa ASI yang tepat akan dapat melancarkan pemberian ASI eksklusif bagi bayi. Kesehatan Anda dan bayi pun sama-sama lebih terjaga. Selamat memilih dan semoga ulasan ini membantu Anda menemukan pompa ASI yang dibutuhkan.