1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan menyusui
  6. >
  7. 10 Pompa ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Pompa ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Pompa ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Pompa ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Pompa ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Pompa ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Pompa ASI Terbaik - Ditinjau oleh Dokter OBGYN (Terbaru Tahun 2023)

Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung, misalnya saat ibu berpisah dengan bayi karena harus bekerja. Memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.

Sekarang kami akan memberikan tips memilih pompa ASI yang bagus. Tidak lupa, ada juga rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik dan pompa ASI manual terbaik. Anda bisa menemukan produk dari berbagai merek, seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips Avent. Yuk, disimak! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi kami, dr. Andri Welly, SpOG.
Diperbaharui 10-03-2022
Pakar
Dokter spesialis obstetri dan ginekologi
dr. Andri Welly

dr. Andri Welly, SpOG adalah dokter spesialis obstetri dan ginekologi lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Beliau berpengalaman selama 8 tahun menangani permasalahan organ reproduksi wanita, penanganan kehamilan, serta persalinan. dr. Andri juga menempuh pendidikan tambahan di luar negeri sebagai fellowship. Beberapa di antaranya yaitu di Clinica Universidad de Navarra, Spanyol dan Clinical Research Institute of Fetal Medicine (CRIFM) Pooh Maternity Clinic, Jepang. dr. Andri berpraktik di RSIA Tambak Menteng Jakarta dan RSUD Kebayoran Lama. Anda bisa menyapanya di Instagram untuk mengetahui lebih banyak tentang kesehatan reproduksi, kehamilan, dan persalinan.

Profil dr. Andri Welly
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pompa ASI

Dalam memilih pompa ASI, Anda perlu mempertimbangkan frekuensi pemompaan, kuantitas ASI yang dihasilkan, jenis kulit Anda, dan sebagainya. Pilihlah pompa ASI yang paling sesuai kebutuhan Anda dengan mempertimbangkan hal-hal tersebut.

① Pilih berdasarkan frekuensi penggunaan dan kuantitas ASI

Pompa ASI atau breast pump secara umum dibagi dalam dua jenis, yaitu manual dan elektrik. Dari dua jenis ini mungkin banyak ibu yang bertanya-tanya, pompa ASI mana yang bagus? Saran kami, sesuaikan pilihan Anda dengan mempertimbangkan banyaknya frekuensi pemompaan dan jumlah ASI yang dihasilkan.

Pompa ASI manual, untuk kuantitas ASI yang sedikit dan frekuensi pemakaian jarang

Pompa ASI manual, untuk kuantitas ASI yang sedikit dan frekuensi pemakaian jarang

Apabila kuantitas ASI tidak terlalu banyak dan frekuensi memerah ASI hanya sesekali, pompa ASI manual cocok untuk Anda. Berikut ini beberapa keunggulan bila Anda memilih pompa ASI manual.


  • Saat ini ada pompa ASI manual yang memiliki tuas pompa dengan tekanan yang bisa diatur. Jadi, Anda bisa mengontrol kekuatan daya isap dan kecepatan pompa.
  • Pompa ini tidak mengeluarkan suara berisik seperti jenis elektrik. Dengan begitu, tidur si kecil tidak akan terganggu saat Anda memompa ASI di sebelahnya.
  • Berat pompa ASI manual relatif lebih ringan dibandingkan jenis elektrik sehingga mudah untuk dibawa bepergian.

Namun, jenis manual ini akan lebih melelahkan jika digunakan terlalu sering. Apabila frekuensi memompa ASI lebih dari satu kali dalam seminggu, sebaiknya Anda menggunakan pompa ASI jenis elektrik.

Pompa ASI elektrik, untuk menghemat waktu dan frekuensi pumping lebih sering

Pompa ASI elektrik, untuk menghemat waktu dan frekuensi pumping lebih sering
Jika frekuensi pumping lebih sering, pompa ASI ini akan lebih nyaman digunakan daripada pompa ASI manual. Berikut ini beberapa keunggulan menggunakan pompa ASI elektrik.

  • Keunggulan pertama dari pompa ASI elektrik adalah mudah digunakan. Biasanya, tangan akan mudah pegal jika terlalu sering menggunakan pompa ASI jenis manual. Untuk menghindari itu, pilihlah pompa ASI jenis elektrik.
  • Selain mudah dioperasikan, penggunaan pompa ASI ini juga menghemat waktu. Apalagi jika Anda memiliki pompa elektrik dengan dua corong, Anda dapat memompa kedua payudara secara bersamaan.

Namun, pompa ASI elektrik memiliki harga yang lebih mahal daripada pompa ASI manual. Di samping itu, ukuran corongnya juga perlu dipertimbangkan. Corong pompa ASI sebaiknya disesuaikan dengan ukuran payudara Anda. Padahal, sering kali payudara kanan dan kiri berbeda ukurannya. Jadi, perhatikan juga ukuran corong dari produk pilihan Anda, ya.

② Pertimbangkan botol penampung ASI yang berukuran besar

Pertimbangkan botol penampung ASI yang berukuran besar

Saat membeli, jangan lupa perhatikan kapasitas botol penampungan ASI. Ukuran botol tersebut berbeda-beda tergantung tiap produsen. Botol penampung ASI biasanya berukuran sama dengan botol susu bayi, yaitu 120 ml sampai 160 ml. Namun, ada beberapa produk yang memiliki kapasitas kurang dari 100 ml.


Ukuran botol penampung ASI tidak akan menjadi masalah bagi Anda yang jumlah ASI-nya tidak terlalu banyak. Namun, jika Anda memiliki ASI yang berlimpah, pilihlah botol penampung ASI yang berkapasitas cukup untuk ASI Anda. Selain botol, saat ini juga banyak dijual kantong penyimpanan ASI. Anda bisa menjadikannya sebagai opsi untuk menyimpan ASI Anda.

③ Cari produk dengan corong berbahan lembut

Bahan corong yang kontak langsung dengan kulit sering kali terabaikan saat membeli pompa ASI. Pilihlah yang berbahan lembut seperti silikon jika Anda memiliki kulit sensitif di bagian areola dan puting. Bagian kulit tersebut kerap terluka karena sering menyusui dan dipompa. Jadi, Anda perlu mengecek bahan spare part, terutama bagian corong karena ada beberapa produsen yang menggunakan bahan plastik.

④ Utamakan produk yang mudah dibersihkan

Utamakan produk yang mudah dibersihkan

Pompa ASI harus selalu dalam keadaan bersih dan higienis ketika akan digunakan. Jadi, pilihlah pompa ASI yang mudah dibersihkan dan disterilkan. Sebisa mungkin, pilih produk dengan spare part sedikit. Makin banyak spare part yang dimiliki, maka makin lama pula waktu untuk membersihkannya.


Selain itu, pompa ASI harus selalu dicuci dan dibersihkan segera setelah pemakaian. Setiap produk memiliki cara sterilisasi yang berbeda-beda, bisa menggunakan microwave, direbus, dan sebagainya. Akan lebih baik jika Anda memilih produk yang metode sterilisasi dan pembersihannya sama dengan botol susu si kecil.

⑤ Kenali karakteristik dari tiap merek

Setiap produsen pompa ASI tentu memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Kami akan membahas karakteristik beberapa merek yang populer berikut ini.

Pigeon, dilengkapi teknologi dua fase untuk memaksimalkan ASI yang keluar

Pigeon, dilengkapi teknologi dua fase untuk memaksimalkan ASI yang keluar
Sumber: pigeon.co.id

Pigeon mengeluarkan dua jenis pompa ASI, yakni elektrik dan manual. Pompa ASI manual dari Pigeon memiliki desain ergonomis yang memberikan kenyamanan pada tangan Anda ketika memerah. Pompa ASI manual Pigeon juga dilengkapi dengan bantalan kedap udara sehingga Anda akan makin nyaman. Selain itu, bobot ringan serta daya isap yang baik menjadi kelebihan pompa ASI ini.


Sementara itu, pompa ASI elektrik dari Pigeon didesain ringkas dan ringan. Kedua jenis pompa ASI Pigeon tersebut dilengkapi dengan teknologi dua fase, yaitu mode stimulasi dan mode pemerahan. Mode stimulasi untuk merangsang aliran ASI, kemudian mode pemerahan untuk memaksimalkan ASI yang keluar. Anda bisa memilih jenis yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

Spectra, menggunakan Natural Nursing Technology yang menyerupai isapan bayi


Pompa ASI dari Spectra, khususnya yang berjenis elektrik, menggunakan teknologi khusus bernama Natural Nursing Technology. Teknologi ini menciptakan pengalaman pumping yang semirip mungkin dengan isapan bayi.


Spectra memiliki pompa ASI dengan beragam seri, seperti S1 Plus, S2 Plus, S3 Pro. Ketiganya didesain menarik dengan handel di bagian atas. Selain itu, ada juga seri Dual Compact dan SG Synergy Gold. Berbeda dengan seri lainnya, kedua seri ini menggunakan dua buah motor. Setiap motornya dapat menyesuaikan dengan kondisi masing-masing payudara.


Jika menginginkan produk dengan portabilitas serta kinerja baik, pilihlah seri 9 Plus yang didesain ramping dan mudah dibawa-bawa. Memompa ASI di tempat umum juga makin nyaman berkat fitur Ultra-Quiet Motor yang membuat mesin bekerja tanpa suara berisik.

Medela, memiliki PersonalFit untuk mencegah trauma luka puting

Medela, memiliki PersonalFit untuk mencegah trauma luka puting
Sumber: medela.co.id

Jika Anda pernah mengalami luka pada puting saat menyusui si kecil, kami merekomendasikan pompa ASI dari Medela. Produk dari Medela memiliki PersonalFit atau pelindung payudara. PersonalFit ini didesain khusus untuk ibu yang memiliki trauma menyusui akibat luka pada puting dan areola.


Kelebihan lain pompa ASI Medela adalah daya tahannya yang kuat. Pompa ASI Medela sangat awet digunakan serta mudah dilepas pasang. Spare part dari Medela mudah dibersihkan, ketika rusak pun spare part mudah ditemukan.

Philips Avent, berbantalan pijat lembut dengan kelopak pijat yang ikonis

Semua produk pompa ASI Philips Avent memiliki bantalan pijat yang lembut selembut beludru. Bantalan tersebut akan terasa nyaman dan hangat melekat pada payudara. Dengan begitu, aliran ASI akan mudah terangsang sehingga proses pumping menjadi lebih cepat.


Hal lain yang menjadi kelebihan pompa ASI Philips Avent adalah kelopak pijatnya yang sangat ikonis. Kelopak pijat tersebut didesain menyerupai isapan bayi. Selain itu, desain pompa yang unik membuat Anda tidak perlu pumping dengan posisi membungkuk ke depan. Philips Avent juga memiliki pompa ASI jenis manual dan elektrik, lho. Pilih saja yang paling Anda butuhkan!

10 Rekomendasi pompa ASI terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pompa ASI terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Andri Welly, SpOG.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Mom Uung

Breast Pump

Mom Uung Breast Pump 1枚目

Pompa ASI elektrik yang antinoise, tidak ada lagi suara bising!

2

Mama's Choice

Manual Breast Pump

Mama's Choice Manual Breast Pump 1枚目

Hadir dengan desain inovatif dan pilihan warna yang menarik

3

Honey Boo

Pompa ASI Manual

Honey Boo Pompa ASI Manual 1枚目

Fitur cukup lengkap dengan harga bersahabat

4

Mooimom

Hands-Free Electric Breast Pump

Mooimom Hands-Free Electric Breast Pump 1枚目

Memerah ASI lebih praktis tanpa perlu memegang pompa

5

Spectra

9 Plus Premier Portable Rechargeable

Spectra  9 Plus Premier Portable Rechargeable 1枚目

Berukuran mini, pas untuk Anda yang bermobilitas tinggi

6

Pigeon

Manual Breast Pump

Pigeon  Manual Breast Pump 1枚目

Dengan teknologi dua fase supaya ASI keluar secara maksimal

7

Mutter

Silicone Breast Pump

Mutter Silicone Breast Pump 1枚目

Penutupnya antitumpah plus dilengkapi stopper

8

Gabag

Kolibri I Max Breastpump

Gabag Kolibri I Max Breastpump 1枚目

Tidak ada drama skip pumping meskipun punya banyak kesibukan

9

Medela

Swing Single Electric Breast Pump

Medela  Swing Single Electric Breast Pump 1枚目

Dibekali motor unit yang bisa dijepit di kantong atau digantung di leher

10

Philips

Philips Avent Manual Breast Pump

Philips Philips Avent Manual Breast Pump 1枚目

ASI tetap keluar dengan lancar walau dalam posisi tubuh tegap

Perincian produk
Close
No.1

Pompa ASI elektrik yang antinoise, tidak ada lagi suara bising!

Kelebihan:

  • Mesin tidak berisik saat digunakan karena didesain antinoise
  • Bobotnya cukup ringan, hanya 0,275 kg
  • Botol bisa digunakan sampai 2 tahun

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, daya hisapnya kurang kuat

Produk ini merupakan rekomendasi pumping elektrik untuk Anda yang sering memompa di samping anak yang sedang tidur. Breast Pump dari Mom Uung didesain antinoise sehingga tidak akan mengeluarkan suara bising. Jadi, si kecil bisa mendapat kualitas tidur yang baik dan Anda tetap bisa memberikan stok ASI berlimpah.


Selain itu, produk ini dapat digunakan dalam dua mode sekaligus, yaitu mode massage dan hisap. Dengan demikian, Anda dapat menghasilkan ASI secara optimal. Mesin pompa ASI ini juga terbilang ringan karena memiliki berat 0,275 kg saja.

No.2

Mama's ChoiceManual Breast Pump

Mulai dari Rp199.000,00

Hadir dengan desain inovatif dan pilihan warna yang menarik

Kelebihan:

  • Desain inovatif dengan dua pilihan warna kekinian
  • Mudah digunakan dengan satu tangan

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, bantalan silikonnya cukup kendur sehingga rentan terlepas

Apakah Anda bosan dengan warna pompa ASI yang monoton? Tenang saja, kini ada Manual Breast Pump dari Mama's Choice. Pompa ASI ini hadir dalam dua pilihan warna menarik, yaitu lilac dan cream. Selain menghadirkan warna yang cantik, pompa ASI ini juga dilengkapi dengan lapisan silikon tambahan di corongnya. Dengan begitu, Anda bisa memerah ASI dengan lembut tanpa timbul rasa nyeri.

No.3

Honey BooPompa ASI Manual

Mulai dari Rp120.000,00

Fitur cukup lengkap dengan harga bersahabat

Kelebihan:

  • Harganya cukup terjangkau dengan fitur yang cukup lengkap
  • Desain simpel dan ringan sehingga lebih nyaman digenggam

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, tutup produk kurang rapat sehingga ASI mudah tumpah

Jika Anda menginginkan pompa ASI berkualitas dengan budget minimal, produk ini bisa menjadi pilihan. Meskipun harganya bersahabat, pompa ASI manual ini sudah dibekali keunggulan yang mumpuni.


Dalam satu kemasan, Anda akan mendapatkan kelengkapan yang cukup komplet. Selain itu, ada tambahan bantalan silikon pada corong produk ini. Dengan begitu, payudara tidak akan terasa sakit ketika menggunakannya.

No.4

MooimomHands-Free Electric Breast Pump

Mulai dari Rp1.390.000,00

Memerah ASI lebih praktis tanpa perlu memegang pompa

Kelebihan:

  • Lebih praktis digunakan karena hands-free
  • Terdapat 25 mode pilihan yang dapat disesuaikan dengan tingkat sensitivitas payudara
  • Dilengkapi dengan mode menyusui dan mode pijat

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, daya hisapnya kurang kuat

Hands-Free Electric Breast Pump dari Mooimom ini hadir dalam desain yang simpel dan praktis digunakan. Pompa ASI ini tidak dilengkapi dengan kabel sehingga Anda lebih leluasa saat menggunakannya. Anda hanya perlu meletakkan payudara Anda pada pompa ASI tersebut tanpa perlu menyangganya.


Terlebih, pompa ASI ini memiliki 25 mode pilihan yang dapat disesuaikan dengan tingkat sensitivitas payudara. Pompa ASI ini juga tidak meninggalkan iritasi pada areola dan puting sehingga cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif.

No.5

Spectra 9 Plus Premier Portable Rechargeable

Mulai dari Rp2.360.000,00

Berukuran mini, pas untuk Anda yang bermobilitas tinggi

Kelebihan:
  • Ukurannya compact dan ringkas dibawa bepergian
  • Menggunakan rechargeable battery sehingga Anda tidak perlu mencari stopkontak

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, baterainya cenderung boros

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi, produk ini adalah pompa ASI elektrik rekomendasi kami untuk Anda. Spectra 9 Plus memiliki motor unit yang ukurannya sebesar ponsel. Jadi, mudah digenggam dan dibawa ke mana-mana. Produk ini dilengkapi rechargeable battery sehingga Anda tidak perlu mencari stopkontak saat ingin menggunakannya.


Keistimewaan lainnya adalah adanya lima pilihan mode pijatan untuk memberikan efek let-down reflex (LDR). Dengan begitu, ASI akan keluar dengan lancar dalam jumlah banyak. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan sepuluh pilihan kecepatan mode pemompaan.
No.6

Pigeon Manual Breast Pump

Mulai dari Rp411.500,00

Dengan teknologi dua fase supaya ASI keluar secara maksimal

Kelebihan:

  • Pompa ASI manual yang dilengkapi dengan mode stimulus dan mode memerah
  • Terdapat tuas untuk mengatur mode stimulus dan mode memerah

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, daya hisapnya kurang kuat

Manual Breast Pump buatan Pigeon dilengkapi dengan teknologi dua fase, yaitu mode stimulus dan mode memerah. Mode stimulus digunakan untuk merangsang payudara dan mode memerah digunakan untuk memaksimalkan ASI yang keluar. Karena itu, produk ini cocok dipilih oleh Anda yang merasa produksi ASI-nya kurang.


Pompa ASI ini juga memiliki tuas untuk mengatur kedua mode tersebut dengan mudah. Terdapat pula valve yang akan mencegah ASI yang sudah masuk ke botol kembali keluar saat pemompaan. Jadi, ASI yang akan Anda dapatkan adalah ASI murni yang belum terkontaminasi.

No.7

MutterSilicone Breast Pump

Mulai dari Rp160.000,00

Penutupnya antitumpah plus dilengkapi stopper

Kelebihan:

  • Dilengkapi dengan stopper dan tutup silikon yang kedap udara sehingga ASI tidak mudah tumpah

Kekurangan:

  • Tidak terdapat silicone succer di bagian bawah pompa sehingga membuatnya lebih mudah jatuh saat tersenggol

ASI yang keluar saat dipompa sangat berharga. Karena itu, Anda tentu tidak ingin ASI tersebut tumpah, bukan? Untuk Anda yang khawatir ASI tumpah ketika memerah susu, produk ini jangan sampai terlewatkan. Bagian penutup produk ini dibuat dari bahan silikon antitumpah.


Tidak hanya itu, ASI yang tertampung dalam botol juga makin aman berkat adanya stopper di bagian tengah. Cara penggunaan pompa ASI ini pun mudah. Anda cukup melipat terbalik bagian corongnya, lalu tempelkan ke puting payudara Anda. Setelah itu, lipat corong kembali ke posisi semula dan kekedapannya akan membuat isapan.

No.8

GabagKolibri I Max Breastpump

Mulai dari Rp879.000,00

Tidak ada drama skip pumping meskipun punya banyak kesibukan

Kelebihan:

  • Desain modern dan mudah digunakan
  • Setiap 20 menit produk akan mati secara otomatis sehingga Anda tidak perlu khawatir jika lupa mematikannya

Kekurangan:

  • Menurut beberapa pengguna, baterainya cenderung boros

Apabila Anda kerap melewatkan waktu pumping karena memiliki banyak kesibukan, sepertinya pompa ASI ini pas untuk dipilih. Produk ini bisa digunakan tanpa mengganggu aktivitas Anda. Anda bisa menyelipkannya ke dalam bra tanpa repot memegang alat pompa.


Selain itu, pompa ASI ini memiliki fitur mati secara otomatis jika sudah digunakan selama 20 menit. Hal ini tentu sangat membantu Anda ketika lupa mematikannya. Bagi pejuang ASI, tidak ada salahnya mencoba produk ini dan ucapkan selamat tinggal dengan drama skip pumping!

No.9

Medela Swing Single Electric Breast Pump

Mulai dari Rp2.690.000,00

Dibekali motor unit yang bisa dijepit di kantong atau digantung di leher

Kelebihan:
  • Pengaturannya secara otomatis akan berpindah dari tahap stimulasi ke tahap memerah setelah dua menit
  • Produk dapat dipakai dengan cara dijepitkan di ikat pinggang atau dikalungkan di leher

Kekurangan:
  • Menurut beberapa pengguna, mesinnya cukup berisik sehingga dapat mengganggu si kecil saat tidur

Anda memiliki trauma untuk menyusui dan memompa ASI karena luka pada areola dan puting? Jangan khawatir! Produk ini memiliki PersonalFit lembut yang didesain khusus untuk Anda yang memiliki trauma dengan hal itu.


Produk ini juga memiliki motor unit yang ukurannya paling kecil di antara produk pompa ASI Medela lainnya. Dilengkapi dengan klip, Anda bisa menjepitkan motor unit-nya di kantong celana atau ikat pinggang Anda. Selain itu, Anda juga bisa menggantungnya dengan tali di leher atau pundak untuk posisi yang lebih nyaman.

No.10

PhilipsPhilips Avent Manual Breast PumpSCF430/01

Mulai dari Rp699.000,00

ASI tetap keluar dengan lancar walau dalam posisi tubuh tegap

Kelebihan:

  • ASI tetap dapat mengalir ke dalam botol meskipun Anda memompa dalam posisi duduk tegak
  • Membantu mengeluarkan ASI dengan cepat berkat silicone flange yang terinspirasi dari isapan bayi


Kekurangan:

  • Harganya relatif mahal jika dibandingkan dengan pompa ASI manual lain

Agar ASI keluar, banyak ibu yang membungkuk saat sedang memompa ASI. Alhasil, tubuh akan cepat pegal jika dilakukan terlalu lama. Philips Avent mendesain pompa ASI ini dengan mempertimbangkan hal tersebut. Dengan produk ini, Anda bisa duduk nyaman dan santai sehingga ASI dapat mengalir lebih mudah.


Pompa ASI ini juga dilengkapi dengan silicone flange yang didesain seperti isapan bayi. Dengan begitu, produk ini dapat membantu Anda mengeluarkan ASI lebih cepat dan mudah. Philips Avent Manual Breast Pump kami rekomendasikan untuk Anda yang mengutamakan kenyamanan.

Poin penting saat menggunakan pompa ASI

Pompa ASI merupakan salah satu item penting bagi ibu menyusui. Pompa ASI bisa membantu mengurangi beban Anda selama merawat si kecil. Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan hal-hal penting di bawah ini saat memerah ASI.

Wadah ASI cocok untuk Anda yang suka memerah ASI dengan tangan

Wadah ASI cocok untuk Anda yang suka memerah ASI dengan tangan

Sekarang ini sudah tersedia wadah lebar yang cocok untuk menampung ASI saat Anda memerah ASI dengan tangan. Anda dapat memerah ASI dengan tangan menggunakan wadah khusus tersebut tanpa membuat ASI-nya berceceran.


Anda hanya perlu merekatkan puting Anda di bagian atas wadah yang memiliki corong membentuk payudara. Bentuk corong tersebut disesuaikan dengan kondisi saat memerah ASI dengan tangan. Jadi, tangan Anda tidak akan mengalami kesulitan saat memerahnya.


Terkadang, ASI yang dipompa dengan pompa ASI manual ataupun elektrik tidak sepenuhnya keluar. Anda dapat memaksimalkan pengeluaran ASI dengan cara memerahnya sendiri dengan tangan. Jadi, cobalah produk yang dapat mendukung Anda saat memerah ASI dengan tangan.

Manfaat penggunaan pompa ASI

Manfaat penggunaan pompa ASI

Salah satu keuntungan menggunakan pompa ASI adalah Anda tetap bisa memberikan ASI walau tidak bersama si kecil. Salah satu contohnya adalah saat Anda bekerja di kantor dan harus menitipkan bayi pada ibu atau daycare. Pompa ASI juga akan membantu jika anak Anda prematur sehingga harus dirawat di rumah sakit.


Serunya lagi, Anda juga bisa melibatkan suami Anda untuk memberikan ASI pada si kecil. Dengan pompa ASI, stres mengasuh anak pun akan berkurang. Anda yang memiliki anak dengan alergi susu atau ingin memberikan ASI eksklusif dan berkualitas tentu membutuhkannya.


Fungsi lain dari pompa ASI adalah untuk menstimulasi peningkatan jumlah ASI yang diproduksi oleh ibu. Bukan itu saja, kegiatan memerah ASI juga dapat mengurangi sumbatan dan rasa nyeri yang muncul jika ASI tidak dikeluarkan.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan menyusui lainnya di sini

Tidak hanya pompa ASI, Anda juga perlu mempersiapkan perlengkapan menyusui lainnya, misalnya kantong ASI, bra, dan apron menyusui. Penasaran seperti apa tips-tips memilih serta rekomendasi produk-produk terbaiknya? Baca saja artikel-artikel di bawah ini.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda sudah menemukan pompa ASI yang Anda cari? Dengan memakai pompa ASI, stres saat menyusui dapat berkurang. Pastikan pompa ASI Anda sudah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.


Kegiatan menyusui akan makin menyenangkan dengan pompa ASI yang tepat. Tidak bakal ada lagi keresahan akibat tidak bisa memberikan ASI eksklusif untuk si kecil. Silakan gunakan artikel ini untuk mencari pompa ASI yang Anda inginkan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer