• 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui yang tidak dapat memberikan ASI secara langsung kepada bayi. Biasanya, ketika bayi sudah tidur, Anda mulai memompa ASI. Selain bertujuan untuk menambah stok ASI yang dibutuhkan bayi, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.

Sekarang ini tersedia pompa ASI dengan berbagai pilihan, ada yang manual dan elektrik. Merek yang dijual pun bermacam-macam, mulai dari Mooimom, Spectra, Pigeon, Medela, Philips Avent, dan sebagainya. Untuk memudahkan Anda, kami akan mengulas cara memilih pompa ASI dan memberikan rekomendasi produk terbaik. Selamat membaca!

Ahli yang ada di artikel ini

Ardiba R Sefrienda
  • Pembaharuan terakhir: 10 Desember 2019
  • 21.403 Views
Daftar isi

Cara memilih pompa ASI

Dalam memilih pompa ASI, Anda perlu mempertimbangkan berbagai hal, antara lain frekuensi pemompaan, kuantitas ASI yang dihasilkan, dan jenis kulit Anda. Pilihlah pompa ASI yang paling sesuai kebutuhan Anda dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Pilih pompa ASI berdasarkan frekuensi penggunaan dan kuantitas ASI

Pompa ASI secara umum dibagi dalam dua tipe yaitu manual dan elektrik. Anda perlu memilih tipe pompa ASI yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan frekuensi Anda memompa dan jumlah ASI yang dihasilkan.

Pompa ASI manual, untuk kuantitas ASI yang tidak banyak dan pemakaian hanya sesekali

Pompa ASI manual, untuk kuantitas ASI yang tidak banyak dan pemakaian hanya sesekali
Apabila kuantitas ASI tidak terlalu banyak dan frekuensi untuk Anda memerah ASI hanya sesekali, tipe pompa ASI manual cocok untuk Anda. Dengan menggunakan tipe ini, Anda bisa mengontrol kekuatan daya isap pompa pada payudara dengan cara mengatur tekanan di tuas pompa. Bukan hanya itu, Anda juga dapat mengatur kecepatan pemompaan.
Pompa ASI manual juga nyaman digunakan ketika Anda sedang ingin memompa ASI di sebelah bayi yang sedang tidur. Bayi Anda tidak akan merasa terganggu karena pompa ASI manual tidak mengeluarkan bunyi mesin yang bising. Plus, pompa ASI manual lebih ringan dan mudah dibawa ke mana pun Anda pergi. Hanya saja, harganya mungkin tidak cukup murah. Apabila Anda bermaksud menggunakannya lebih dari satu kali dalam seminggu, kami sarankan Anda membeli pompa ASI elektrik.
Jenis pompa ASI manual yang sedang populer pada saat ini adalah yang memiliki handle atau tuas. Cara memompanya adalah dengan menekan tuas tersebut. Akan tetapi, pompa ASI manual jenis piston yang bentuknya menyerupai alat penyuntik juga cukup digemari karena tidak memiliki banyak bagian-bagian kecil. Dengan demikian, membersihkannya pun akan lebih mudah.
Namun, jika memutuskan untuk memilih pompa jenis piston, Anda harus memompa ASI dengan menggunakan dua tangan. Di samping itu, cara kerja pompa jenis ini mungkin dapat menyebabkan puting payudara Anda jadi membesar. Oleh karenanya, berhati-hatilah jika memang Anda memiliki puting yang cukup besar dan payudara yang tidak terlalu kencang.

Pompa ASI elektrik, cocok untuk Anda yang produksi ASI-nya melimpah

Pompa ASI elektrik, cocok untuk Anda yang produksi ASI-nya melimpah
Pompa ASI elektrik memiliki keunggulan mudah digunakan. Tidak seperti pompa ASI manual yang mengandalkan tangan Anda untuk memompa, pompa elektrik tidak akan membuat tangan Anda pegal. Oleh karena itu, kami menyarankan pompa ASI elektrik bagi ibu yang memiliki produksi ASI melimpah. Anda hanya perlu menekan tombolnya untuk menyalakan mesin dan memulai memompa ASI.
Untuk menghemat waktu yang digunakan dalam memompa ASI, Anda juga dapat menggunakan pompa elektrik yang memiliki dua corong sehingga dapat memompa kedua payudara secara bersamaan. Hal tersebut tentu sangat menghemat penggunaan waktu untuk memompa ASI. Hanya saja, pompa ASI elektrik memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan pompa manual.
Harga yang cukup mahal tersebut menjadi pertimbangan khusus bagi beberapa orang. Apabila Anda memiliki kuantitas ASI dalam jumlah banyak, tetapi merasa keberatan dengan harga pompa ASI elektrik, kami menyarankan Anda untuk menyewa.
Selain menyewa, Anda juga dapat membeli pompa ASI bekas jika ingin mengurangi biaya yang harus dikeluarkan. Namun, ingatlah untuk memeriksa kualitas pompa ASI bekas tersebut dengan cermat dan hati-hati. Terkadang, pompa ASI yang dijual bekas telah mengalami kerusakan di beberapa bagian atau ada bagian yang tidak lengkap. Pilihlah barang yang kualitasnya masih bagus.

Pilih botol penampung ASI yang berukuran besar

Pilih botol penampung ASI yang berukuran besar
Pada umumnya, ketika membeli pompa ASI, Anda juga mendapat botol penampung ASI. Ukuran botol tersebut berbeda-beda tergantung dari masing-masing produsen. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda turut memeriksa ukurannya sebelum membeli. Pada umumnya, botol penampung ASI tersebut berukuran sama dengan botol susu bayi yaitu 120 ml sampai 160 ml. Pada beberapa produk, botol penampung ASI-nya memiliki kapasitas kurang dari 100 ml.
Bagi Anda yang jumlah ASI-nya tidak terlalu banyak, ukuran botol penampung ASI tidak akan terlalu menjadi masalah. Namun, jika Anda memiliki jumlah ASI sangat banyak, sebaiknya mempertimbangkan ukuran botol penampung pompa ASI sebelum membelinya. Pastikan ukuran botolnya cukup untuk menampung ASI setiap kali Anda memompanya.

Pastikan bahwa produk pilihan Anda memiliki corong yang terbuat dari material yang lembut

Pastikan bahwa produk pilihan Anda memiliki corong yang terbuat dari material yang lembut
Pada saat memilih pompa ASI, perhatikan bagian pompa yang langsung bersentuhan dengan kulit. Untuk bagian ini, pilihlah yang terbuat dari material yang lembut seperti silikon. Beberapa ibu muda terkadang memiliki kulit yang sensitif, khususnya di bagian puting yang terkadang menjadi lecet karena sering menyusui dan dipompa.
Bagian corong ini pada beberapa produk pompa ASI terbuat dari material plastik yang kurang nyaman ketika digunakan. Oleh karena itu, memilih material yang baik untuk bagian ini sangat diperlukan demi kenyamanan Anda saat memompa ASI.

Demi kesehatan, pilihlah produk yang mudah dibersihkan

Pompa ASI harus selalu dalam keadaan bersih dan higienis ketika akan digunakan. Jadi, pilihlah pompa ASI yang mudah untuk dibersihkan dan disterilkan.

Akan lebih praktis jika pompa ASI hanya terbagi menjadi beberapa bagian dan mudah dibersihkan

Akan lebih praktis jika pompa ASI hanya terbagi menjadi beberapa bagian dan mudah dibersihkan
Untuk penggunaan setiap hari, tentunya Anda menginginkan pompa ASI yang mudah digunakan dan dibersihkan. Pompa ASI pada umumnya terdiri dari beberapa bagian yang terpisah-pisah. Semakin banyak bagian-bagian dari pompa ASI, akan semakin lama waktu yang diperlukan untuk membersihkannya. Di samping itu, jika pompa ASI memiliki bagian yang sangat kecil, ada risiko bagian tersebut akan hilang.
Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk memilih pompa ASI yang tidak memiliki terlalu banyak bagian-bagian terpisah, serta tidak memiliki bagian yang terlalu kecil. Untuk mengatasi risiko rusak atau hilangnya suatu bagian, sebaiknya Anda memilih pompa ASI yang produsennya turut menjual spare part dari jenis yang sama.

Pilih produk yang mudah dibersihkan dan didisinfeksi

Pilih produk yang mudah dibersihkan dan didisinfeksi
Pompa ASI harus selalu dicuci dan dibersihkan segera setelah pemakaian. Oleh karenanya, Anda perlu cermat memilih produk yang seluruh bagiannya mudah untuk dibersihkan dan didesinfeksi. Beberapa pompa ASI juga bisa dicuci dengan menggunakan dishwasher. Tentunya penggunaan dishwasher akan mempermudah Anda.
Selain itu, masing-masing produk memiliki cara untuk mendesinfeksi yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan microwave, ada yang harus direbus, dan ada juga yang harus menggunakan sabun disinfektan khusus, serta cara lainnya. Untuk itu, perhatikanlah metode dan cara membersihkan masing-masing produk pompa ASI sebelum Anda membelinya.
Tips lain dari kami, cara paling mudah dan praktis dalam mendisinfeksi pompa ASI adalah dengan menggunakan microwave. Di samping itu, kami juga menyarankan Anda untuk memilih pompa ASI yang metode desinfeksi dan pembersihannya sama dengan botol susu yang Anda pakai.

Gunakan produk yang mampu menstimulasi ASI untuk keluar

Gunakan produk yang mampu menstimulasi ASI untuk keluar
ASI tidak otomatis keluar hanya dengan memompanya secara kencang. Pada saat bayi menyusu, umumnya akan diawali dengan isapan lembut yang menstimulasi ASI keluar. Setelah itu, jika ASI telah keluar dengan lancar, baru kemudian bayi mengisapnya dengan kuat.
Demikian juga dengan pompa ASI, memompa dengan kencang di awal terkadang tidak akan dapat menstimulasi ASI untuk keluar, tetapi malah membuat Anda tidak nyaman dan mungkin menimbulkan rasa nyeri di payudara. Untuk itu, pilihlah produk yang mampu menstimulasi ASI untuk keluar dengan menggunakan metode yang sama seperti bayi menyusu.
Apabila Anda memompa ASI dengan frekuensi yang cukup sering, sebaiknya gunakan produk yang kekuatan dan kecepatan isapnya dapat diatur. Dengan begitu, rasanya akan lebih nyaman dan mudah.
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi pompa ASI terbaik

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda masih bingung memilih pompa ASI? Berikut ini kami rekomendasikan sepuluh pompa ASI yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.
10
9
8
7
6
5
4
3
2

Real Bubee Intelligent Microcomputer Double Electric Breast Pump

Rp 210.000,00

1

Medela Pompa ASI Elektrik Ganda Freestyle

Rp 5.560.500,00

Tabel perbandingan produk pompa asi terbaik

Gambar produk
1
Medela  Pompa ASI Elektrik Ganda Freestyle 1

Medela

2
Real Bubee  Intelligent Microcomputer Double Electric Breast Pump 1

Real Bubee

3
Medela  Pompa ASI Elektrik Swing 1

Medela

4
SpeCtra  9 Plus Electric Breast Pump 1

SpeCtra

5
Medela Pompa ASI Manual Harmony 1

Medela

6
Pigeon  Breast Pump Electric Pro 1

Pigeon

7
Philips  Avent Comfort Manual 1

Philips

8
Pigeon  Breast Pump Manual 1

Pigeon

9
Unimom Mezzo Manual Breast Pump – LG.88005 1

Unimom Mezzo

10
Mooimom New Silicone Breast Pump 1

Mooimom

Nama produk

Pompa ASI Elektrik Ganda Freestyle

Intelligent Microcomputer Double Electric Breast Pump

Pompa ASI Elektrik Swing

9 Plus Electric Breast Pump

Pompa ASI Manual Harmony

Breast Pump Electric Pro

Avent Comfort Manual

Breast Pump Manual

Manual Breast Pump – LG.88005

New Silicone Breast Pump

KeunggulanMetode pompa yang telah ter...Delapan belas model ritme p...Perpindahan antar fase berj...Untuk Anda yang sering bepe...Pompa manual yang memungkin...Menggunakan teknologi silen...Memompa ASI dengan nyaman t...Pompa dengan sistem aliran ...Memberi Anda sensasi pijata...Setelah menempel di kulit, ...
HargaRp 5.560.500,00Rp 210.000,00Rp 1.499.900,00Rp 1.770.000,00Rp 390.000,00Rp 1.600.000,00Rp 620.000,00Rp 355.000,00Rp 285.000,00Rp 125.500,00
Tautan produk

Hal yang perlu Anda perhatikan

Pompa ASI merupakan salah satu produk yang akan sangat membantu Anda dalam menyiapkan suplai ASI bagi bayi Anda. Namun, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini, kami akan informasikan beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan terkait dengan penggunaan pompa ASI.

Keuntungan penggunaan pompa ASI

Keuntungan penggunaan pompa ASI
Salah satu keuntungan penggunaan pompa ASI adalah Anda bisa memberikan suplai ASI kepada bayi Anda kapan pun, bahkan saat sedang berada jauh dari bayi. Misalnya, jika Anda bekerja di kantor dan harus menitipkan bayi Anda pada anggota keluarga atau tempat perawatan bayi.
Selain itu, untuk bayi yang memiliki alergi makanan atau minuman tertentu, pemberian ASI tidak akan memicu munculnya alergi. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa melibatkan pasangan Anda dalam merawat bayi, antara lain dengan memberikan ASI melalui botol kepada bayi.
Fungsi lain dari pompa ASI adalah untuk menstimulasi peningkatan jumlah ASI yang diproduksi oleh ibu. Bukan itu saja, kegiatan memompa atau memerah ASI yang dilakukan secara konsisten juga dapat mengurangi sumbatan dan rasa nyeri yang muncul jika ASI tidak dikeluarkan. Akan tetapi, beberapa orang malah memiliki jumlah ASI yang terlalu banyak sehingga bingung mengenai cara penyimpanannnya. Untuk kasus demikian, ada baiknya jika Anda menyesuaikan frekuensi memompa dengan keadaan dan kebutuhan.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, sudahkah Anda memutuskan pompa ASI yang mana yang akan dipilih? Pertimbangkan baik-baik kebutuhan Anda yang berkaitan dengan pompa ASI. Pastinya, penggunaan pompa ASI yang tepat akan dapat melancarkan pemberian ASI eksklusif bagi bayi. Kesehatan Anda dan bayi pun sama-sama lebih terjaga. Selamat memilih dan semoga ulasan ini membantu Anda menemukan pompa ASI yang dibutuhkan.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Susu Formula Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Susu formula mengandung berbagai nutrisi esensial untuk bayi sehingga menjadikannya ideal sebagai pendamping atau pengganti ASI saat diperlukan. Ada banyak merek susu formula untuk bayi seperti Enfamil, Similac, dan Lactogen, tetapi bagaimana cara memilih susu formula yang paling sesuai untuk bayi Anda?Pada artikel kali ini kami akan membahas cara memilih susu formula terbaik untuk bayi, selain itu kami juga akan memberikan rekomendasi susu formula terbaik yang telah kami pilih dengan seksama. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi Anda!
    Ibu & anak
    69.024 Views
  • 10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Test Pack Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika wanita mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual dan terlambat haid, memastikan kehamilan menggunakan test pack adalah salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Berbagai jenis dan merek produk test pack banyak dijual di pasaran, misalnya Akurat, Sensitif, dan ClearBlue. Akan tetapi, bagaimana cara memilihnya?Di artikel ini, kami akan membahas tentang cara memilih test pack yang mudah dipahami bahkan oleh Anda yang baru pertama kali memakainya. Kami juga akan membantu Anda dengan memberi sepuluh rekomendasi test pack terbaik. Jangan sampai ketinggalan juga ulasan mengenai cara pemakaian yang tepat pada akhir artikel!
    Ibu & anak
    31.728 Views
  • 10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Popok Terbaik untuk Bayi Baru Lahir (Terbaru Tahun 2020)
    Setiap ibu yang baru melahirkan pasti ingin mencari popok terbaik untuk bayinya. Karena kulit bayi yang masih sangat rentan, pemilihan popok bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Banyaknya populer, seperti MamyPoko, Sweety, dan Pampers, tidak sedikit ibu yang kebingungan memilih popok terbaik untuk si kecil.Untuk itu, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih popok bayi sekaligus memperkenalkan produk popok bayi terbaik untuk buah hati Anda. Tidak hanya memilih popok dengan harga murah saja, keamanan dan kenyamanan untuk si kecil juga perlu diperhatikan. Yuk, simak penjelasannya!
    Ibu & anak
    27.497 Views
  • 10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Botol Susu Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2020)
    Botol susu bayi adalah salah satu perlengkapan yang penting untuk dipersiapkan sebelum kelahiran. Agar bisa memberikan susu dengan nyaman kepada bayi Anda, tentunya penting untuk memilih produk yang tepat di antara sekian banyak botol susu yang dijual.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih botol susu bayi dengan pertimbangan material, bentuk, dan usia bayi. Setelahnya, Anda juga dapat menyimak rekomendasi produk-produk terbaik yang bisa dijadikan referensi, seperti Medela Calma, Comotomo, Tommee Tippee, dan Pigeon Wide Neck. Selamat membaca!
    Ibu & anak
    22.061 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Bayi / Baby Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kulit bayi yang halus dan lembut sangat sensitif dan rentan terhadap permasalahan kulit, seperti eczema, iritasi, kemerahan atau ruam, dan lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berbagai pelembap khusus untuk bayi, seperti baby oil atau baby lotion memang banyak tersedia di pasaran. Akan tetapi, krim bayi disebut-sebut lebih mudah dan lebih aman untuk digunakan.Banyaknya produk krim bayi, seperti keluaran Cussons, Johnson’s, Zwitsal, hingga Bud’s Organic mungkin membuat Anda bingung dalam memilih. Jadi, kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin untuk memilih krim bayi secara tepat. Mari baca secara saksama agar Anda bisa mendapatkan produk yang terbaik!
    Ibu & anak
    20.618 Views
  • 10 Rekomendasi Celana Legging Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Celana Legging Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pakaian hamil sangat dibutuhkan bagi wanita yang sedang menunggu sang buah hati lahir dan hari sebagai wanita hamil dimulai. Leggings adalah item yang populer di kalangan ibu hamil. Kami merekomendasikan leggings hamil yang bisa digunakan dalam kondisi apa pun, baik dalam cuaca panas maupun dingin. Kelenturan, keawetan, dan jenis bahan adalah faktor terpenting yang dibutuhkan untuk pakaian wanita hamil. Untuk membantu Anda memilih leggings hamil yang tepat, kami akan membahas tips memilihnya di bawah ini. Selain itu, kami juga akan mengenalkan rekomendasi produk leggings hamil dari merek seperti Mooimom atau Uniqlo. Silakan disimak! 
    Ibu & anak
    113 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori