• 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Pompa ASI merupakan alat perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu tetapi sudah tertidur. Selain itu, memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.

Pompa ASI tersedia dalam dua jenis, manual dan elektrik. Kali ini, kami akan menjelaskan poin-poin penting dalam memilih pompa ASI. Tidak ketinggalan rekomendasi produk seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips juga akan kami berikan. Jadi, baca sampai habis, ya!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Ardiba R. Sefrienda
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 144.769 Views
Daftar isi

Cara memilih pompa ASI

Dalam memilih pompa ASI, Anda perlu mempertimbangkan frekuensi pemompaan, kuantitas ASI yang dihasilkan, jenis kulit Anda, dan sebagainya. Pilihlah pompa ASI yang paling sesuai kebutuhan Anda dengan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Pilih pompa ASI berdasarkan frekuensi penggunaan dan kuantitas ASI

Pompa ASI secara umum dibagi dalam dua jenis yaitu manual dan elektrik. Sesuaikan pilihan Anda dengan mempertimbangkan banyaknya frekuensi Anda memompa dan jumlah ASI yang dihasilkan.

Pompa ASI manual untuk kuantitas ASI yang sedikit dan frekuensi pemakaian yang sesekali

Apabila kuantitas ASI tidak terlalu banyak dan frekuensi memerah ASI hanya sesekali, tipe pompa ASI manual cocok untuk Anda. Tipe ini memiliki tuas pompa dengan tekanan yang bisa diatur. Alhasil, Anda bisa mengontrol kekuatan daya isap dan kecepatan pompa.


Selain itu, pompa ini juga tidak mengeluarkan suara berisik seperti jenis elektrik. Jadi, tidur si kecil tidak akan terganggu saat Anda memompa ASI di sebelahnya. Berat pompa ASI manual juga relatif lebih ringan dibandingkan tipe elektrik sehingga mudah untuk dibawa bepergian.


Namun, jenis manual ini akan lebih melelahkan jika digunakan terlalu sering. Apabila frekuensi memompa ASI lebih dari satu kali dalam seminggu, sebaiknya Anda menggunakan pompa ASI tipe elektrik. 

Pompa ASI manual yang menggunakan tuas saat ini memang sedang populer. Akan tetapi, pompa ASI manual tipe piston yang berbentuk seperti alat suntik juga cukup digemari. Jenis tersebut mudah dibersihkan karena tidak memiliki banyak spare part.


Sayangnya, Anda memerlukan kedua tangan Anda jika ingin menggunakan tipe piston. Ditambah lagi, cara kerja pompa tipe ini juga akan menyebabkan puting payudara Anda menjadi lebih besar. Oleh karena itu, Anda yang memiliki puting cukup besar sebaiknya berhati-hati. 

Pompa ASI elektrik untuk menghemat waktu dan frekuensi pumping lebih sering

Keunggulan pompa ASI elektrik ini adalah mudah digunakan. Biasanya tangan Anda akan mudah pegal jika terlalu sering menggunakan pompa ASI tipe manual. Untuk menghindari itu, pilihlah pompa ASI tipe elektrik.


Selain mudah dioperasikan, menggunakan pompa ASI tipe ini juga dapat menghemat waktu Anda. Apalagi menggunakan pompa elektrik yang memiliki dua corong. Anda dapat memompa kedua payudara secara bersamaan. Hanya saja, pompa ASI elektrik memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan pompa ASI manual. 

Anda yang ingin menggunakan tipe elektrik tetapi tidak mampu membelinya, Anda bisa memanfaatkan penyewaan pompa ASI, lho. Sebelum Anda menyewa atau membeli pompa ASI bekas, periksalah kualitas pompa ASI tersebut dengan cermat dan hati-hati. 

Terkadang, pompa ASI bekas telah mengalami kerusakan di beberapa bagian atau ada bagian yang tidak lengkap. Jadi, pilihlah barang yang kualitasnya masih bagus.

Pilih botol penampung ASI yang berukuran besar

Pilih botol penampung ASI yang berukuran besar

Saat membeli, jangan lupa perhatikan kapasitas botol penampungan ASI. Ukuran botol tersebut berbeda-beda tergantung dari masing-masing produsen. Pada umumnya, botol penampung ASI tersebut berukuran sama dengan botol susu bayi yaitu 120 ml sampai 160 ml. Namun, ada beberapa produk yang memiliki kapasitas kurang dari 100 ml.


Ukuran botol penampung ASI tidak akan menjadi masalah bagi Anda yang jumlah ASI-nya tidak terlalu banyak. Namun, jika Anda memiliki ASI yang berlimpah, pilihlah botol penampung ASI yang berkapasitas cukup untuk ASI Anda. 

Pilih produk dengan corong berbahan lembut

Bahan corong yang kontak langsung dengan kulit sering kali terabaikan saat membeli pompa ASI. Pilihlah yang berbahan lembut seperti silikon jika Anda memiliki kulit sensitif di bagian areola dan puting. 

Bagian kulit tersebut sering kali terluka karena sering menyusui dan dipompa. Jadi, Anda perlu mengecek bahan spare part terutama bagian corong karena ada beberapa produsen menggunakan bahan plastik.

Pilih produk yang mudah dibersihkan

Pompa ASI harus selalu dalam keadaan bersih dan higienis ketika akan digunakan. Jadi, pilihlah pompa ASI yang mudah untuk dibersihkan dan disterilkan.

Pilihlah produk dengan spare part sedikit agar mudah dibersihkan

Pilihlah produk dengan spare part sedikit agar mudah dibersihkan
Kenyamanan dalam menggunakan pompa ASI merupakan poin yang sangat penting. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih produk yang mudah dibersihkan. Pompa ASI umumnya memiliki spare part yang dapat dibongkar. 

Makin banyak spare part yang dimiliki, maka makin lama pula waktu membersihkannya. Selain itu, jika pompa ASI memiliki spare part yang berukuran sangat kecil, ada risiko bagian tersebut akan hilang.


Jadi, sebisa mungkin pilih produk dengan spare part sedikit. Hindari pula produk yang memiliki spare part yang berukuran terlalu kecil karena berisiko rusak dan hilang. Anda juga bisa mengatasi risiko ini dengan memilih produk dengan spare part cadangan yang dijual secara terpisah.

Pilihlah produk yang mudah dibersihkan dan disterilkan

Pilihlah produk yang mudah dibersihkan dan disterilkan
Pompa ASI harus selalu dicuci dan dibersihkan segera setelah pemakaian. Karena itu, Anda perlu cermat memilih produk yang seluruh bagiannya mudah dibersihkan dan disterilkan. Beberapa pompa ASI juga bisa dicuci dengan menggunakan dishwasher, lho.

Selain itu, setiap produk memiliki cara sterilisasi yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan microwave, direbus, dan ada juga yang harus menggunakan sabun sterilisasi khusus. Akan lebih baik jika Anda memilih produk yang metode sterilisasi dan pembersihannya sama dengan botol susu si kecil. 

Gunakan produk yang dapat menstimulasi keluarnya ASI

Setelah melahirkan, biasanya ASI tidak akan langsung keluar. Awalnya bayi akan menyusu dengan isapan lembut yang dapat menstimulasi keluarnya ASI. Setelah itu, jika ASI telah keluar dengan lancar, baru kemudian bayi akan mengisapnya dengan lebih kuat.


Demikian juga saat awal pemakaian pompa ASI. Terkadang pompa ASI sulit keluar jika menggunakan daya isap yang kuat sejak awal. Oleh karena itu, pilihlah produk yang memiliki mode daya isap sama seperti bayi untuk menstimulasi keluarnya ASI. 

Apabila Anda memompa ASI dengan frekuensi yang cukup sering, sebaiknya gunakan Pompa ASI tipe elektrik. Tipe tersebut biasanya memiliki kekuatan dan kecepatan daya isap yang dapat diatur. Jadi, ASI akan mudah keluar dan Anda pun akan lebih nyaman saat memompanya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi pompa ASI terbaik

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai? Berikut kami rekomendasikan sepuluh pompa ASI yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

10
Kapasitas penampung ASI120 ml
Bahan corongSilikon
Metode pembersihanTidak dijelaskan
Metode sterilisasiDipanaskan, direbus, atau dimasukkan ke dalam mesin sterilisasi maupun microwave
Isi dalam satu kemasanPompa ASI manual dan penutup
9
Kapasitas penampung ASITidak dijelaskan
Bahan corongSilikon
Metode pembersihanTidak dijelaskan
Metode sterilisasiTidak dijelaskan
Isi dalam satu kemasanPelindung payudara, diafragma silikon, tuas, katup, corong, handle botol, penutup puting susu, dll
8
Kapasitas penampung ASITidak dijelaskan
Bahan corongPolypropylene
Metode pembersihanTidak dijelaskan
Metode sterilisasiTidak dijelaskan
Isi dalam satu kemasanBotol, katup, nipple peristaltic, penutup botol, dan breast pad
7

Philips AventPompa ASI manual dengan botol

SCF330/20

Rp 601.800,00

Kapasitas penampung ASI125 ml
Bahan corongPolipropilena + bantal tambahan silikon
Metode pembersihanTidak dijelaskan
Metode sterilisasiTidak dijelaskan
Isi dalam satu kemasanBantalan pijat, botol natural, dot ekstra lembut untuk bayi baru lahir, tutup, cakram penyegel, dll
6
Kapasitas penampung ASI160 ml
Bahan corongDilengkapi bantalan corong silikon
Metode pembersihanTidak dijelaskan
Metode sterilisasiMicrowave atau direbus
Isi dalam satu kemasanDudukan botol, peristaltic nipple, botol, adaptor universal, diafragma, valve, lid dan disc botol, corong, dll
5
Kapasitas penampung ASI150 ml
Bahan corongPlastik
Metode pembersihanTidak dijelaskan
Metode sterilisasiTidak dijelaskan
Isi dalam satu kemasanCorong, connector, bottle, valve handle, dll
4
Kapasitas penampung ASI160 ml
Bahan corongPlastik dan tambahan bantalan silikon
Metode pembersihanTidak dijelaskan
Metode sterilisasiTidak dijelaskan
Isi dalam satu kemasanMotor unit, adaptor, botol wide neck, dudukan botol, corong lengkap dengan bantalan silikon, dll
3

Medela Swing Single Electric Breast Pump

Rp 2.690.000,00

Kapasitas penampung ASI150 ml
Bahan corongPlastik
Metode pembersihanTidak dijelaskan
Metode sterilisasiMicrowave/sterilizer
Isi dalam satu kemasanMotor unit, adaptor, selang, corong ukuran M, gantungan motor, tas motor, botol penampung ASI, dll
2
Kapasitas penampung ASI150 ml
Bahan corongPolypropylene
Metode pembersihanTidak dijelaskan
Metode sterilisasiTidak dijelaskan
Isi dalam satu kemasanPompa ASI, botol susu, three channels, tangki silikon, three channels covers, dll
1

Medela Freestyle Double Electric Breast Pump

Rp 7.490.000,00

Kapasitas penampung ASI150 ml
Bahan corongPCV tanpa bahan silikon tambahan
Metode pembersihanTidak dijelaskan
Metode sterilisasiDirebus
Isi dalam satu kemasanCorong (ukuran M, 24 mm), konektor, botol, cooler bag, shaped cooling element, shoulder bag, motor unit, dll

Tabel perbandingan produk pompa ASI terbaik

Gambar produk
1
Medela  Freestyle Double Electric Breast Pump 1

Medela

2
Real Bubee  Double Breast Pump 1

Real Bubee

3
Medela  Swing Single Electric Breast Pump 1

Medela

4
Spectra  9 Plus Electric Breast Pump 1

Spectra

5
Medela Harmony Single Manual Breast Pump 1

Medela

6
Pigeon  Breast Pump Electric Pro 1

Pigeon

7
Philips Avent Pompa ASI manual dengan botol 1

Philips Avent

8
Pigeon  Manual Breast Pump 1

Pigeon

9
Unimom Mezzo Manual Breastpump 1

Unimom Mezzo

10
Mooimom New Silicone Breast Pump 1

Mooimom

Nama produk

Freestyle Double Electric Breast Pump

Double Breast Pump

Swing Single Electric Breast Pump

9 Plus Electric Breast Pump

Harmony Single Manual Breast Pump

Breast Pump Electric Pro

Pompa ASI manual dengan botol

Manual Breast Pump

Manual Breastpump

New Silicone Breast Pump

Keunggulan

Fitur unggulan dengan tas trendi!

Kemudahan dalam penggunaan dengan kabel micro USB

Dibekali motor unit yang bisa dijepitkan di kantong dan digantung di leher

Berukuran mini sehingga tepat untuk Anda yang mobilitasnya tinggi

Ringkas! Mudah dibawa bepergian

Menggunakan teknologi silent motor, tidak ada lagi suara bising

ASI tetap keluar dengan lancar walau dalam posisi tubuh tegap

Teknologi dua fase untuk ASI keluar secara maksimal

Tipe manual dengan sensasi pijatan untuk stimulus keluarnya ASI

Desain corong unik yang bisa digunakan tanpa perlu selalu dipegang

HargaRp 7.490.000,00Rp 210.000,00Rp 2.690.000,00Rp 1.600.000,00Rp 590.000,00Rp 2.365.500,00Rp 601.800,00Rp 395.000,00Rp 360.000,00Rp 149.000,00
Kapasitas penampung ASI150 ml150 ml150 ml 160 ml 150 ml160 ml125 mlTidak dijelaskanTidak dijelaskan120 ml
Bahan corongPCV tanpa bahan silikon tambahanPolypropylenePlastikPlastik dan tambahan bantalan silikonPlastikDilengkapi bantalan corong silikonPolipropilena + bantal tambahan silikonPolypropylene SilikonSilikon
Metode pembersihanTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskan
Metode sterilisasiDirebus Tidak dijelaskanMicrowave/sterilizerTidak dijelaskanTidak dijelaskanMicrowave atau direbusTidak dijelaskanTidak dijelaskanTidak dijelaskanDipanaskan, direbus, atau dimasukkan ke dalam mesin sterilisasi maupun microwave
Isi dalam satu kemasanCorong (ukuran M, 24 mm), konektor, botol, cooler bag, shaped cooling element, shoulder bag, motor unit, dllPompa ASI, botol susu, three channels, tangki silikon, three channels covers, dllMotor unit, adaptor, selang, corong ukuran M, gantungan motor, tas motor, botol penampung ASI, dllMotor unit, adaptor, botol wide neck, dudukan botol, corong lengkap dengan bantalan silikon, dllCorong, connector, bottle, valve handle, dllDudukan botol, peristaltic nipple, botol, adaptor universal, diafragma, valve, lid dan disc botol, corong, dllBantalan pijat, botol natural, dot ekstra lembut untuk bayi baru lahir, tutup, cakram penyegel, dllBotol, katup, nipple peristaltic, penutup botol, dan breast padPelindung payudara, diafragma silikon, tuas, katup, corong, handle botol, penutup puting susu, dllPompa ASI manual dan penutup
Tautan produk

Pilih wadah ASI jika Anda lebih suka memerah ASI dengan tangan

Sekarang ini, sudah tersedia wadah lebar yang cocok untuk menampung ASI saat Anda memerah ASI dengan tangan. Anda dapat memerah ASI dengan tangan menggunakan wadah khusus tersebut tanpa membuat ASI-nya berceceran. 


Anda hanya perlu merekatkan puting Anda pada bagian atas wadah yang memiliki corong membentuk payudara. Bentuk corong tersebut disesuaikan dengan kondisi saat memerah ASI dengan tangan. Jadi, tangan Anda tidak akan mengalami kesulitan saat memerahnya. 


Terkadang ASI yang dipompa dengan pompa ASI manual ataupun elektrik tidak sepenuhnya keluar. Anda dapat memaksimalkan pemompaan ASI dengan cara memerahnya sendiri dengan tangan. Jadi, cobalah produk yang dapat mendukung Anda saat memerah ASI dengan tangan.  

Poin penting saat menggunakan pompa ASI

Pompa ASI merupakan salah satu item penting bagi ibu menyusui. Pompa ASI bisa membantu mengurangi beban Anda selama merawat si kecil. Meskipun begitu, Anda perlu memperhatikan hal-hal penting di bawah ini saat menggunakan pompa ASI. 

Plus minus penggunaan pompa ASI

Plus minus penggunaan pompa ASI

Salah satu keuntungan menggunakan pompa ASI yaitu Anda tetap bisa memberikan ASI walau tidak bersama si kecil. Misalnya, saat Anda bekerja di kantor dan harus menitipkan bayi Anda pada ibu atau daycare. Pompa ASI juga akan membantu jika anak Anda prematur sehingga harus dirawat di rumah sakit. 


Serunya lagi, Anda juga bisa melibatkan suami Anda untuk memberikan ASI pada si kecil. Dengan pompa ASI, stres mengasuh anak pun akan berkurang. Terutama bagi Anda yang memiliki anak dengan alergi susu atau ingin memberikan ASI eksklusif dan berkualitas.

Fungsi lain dari pompa ASI adalah untuk menstimulasi peningkatan jumlah ASI yang diproduksi oleh ibu. Bukan itu saja, kegiatan memerah ASI juga dapat mengurangi sumbatan dan rasa nyeri yang muncul jika ASI tidak dikeluarkan. 


Kemudian, ada juga orang yang memiliki jumlah ASI yang terlalu banyak sampai-sampai bingung mengenai cara penyimpanannya. Untuk kasus demikian, sebaiknya Anda menyesuaikan frekuensi memompa dengan keadaan dan kebutuhan.

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan menyusui lainnya di sini

Tidak hanya pompa ASI, Anda juga perlu mempersiapkan perlengkapan menyusui lainnya. Apabila Anda mengalami cedera pada bagian puting saat menyusui, siapkanlah pelindung puting. Sementara itu, siapkanlah breast pad jika produksi ASI Anda berlebih. Baca artikel mengenai produk tersebut di bawah ini. 

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda sudah menemukan pompa ASI yang Anda cari? Dengan memakai pompa ASI, stres saat menyusui pun akan berkurang. Pastikan pompa ASI Anda sudah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda. 


Kegiatan menyusui akan makin menyenangkan dengan pompa ASI yang tepat. Tidak ada lagi keresahan karena tidak bisa memberikan ASI eksklusif untuk si kecil. Silakan gunakan artikel ini untuk mencari pompa ASI yang Anda inginkan, ya! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sistem kekebalan bayi belum sepenuhnya berkembang. Bayi sangat rentan terhadap infeksi dan penyakit dibandingkan anak yang lebih besar ataupun orang dewasa. Maka dari itu, Anda perlu mensterilkan semua peralatan hingga bayi Anda berusia 12 bulan.Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai merek bottle sterilizer terbaik, seperti Baby Safe, Upang, hingga Philips Avent. Kami juga akan membahas tips memilih bottle sterilizer yang tepat untuk memudahkan Anda mensterilkan barang-barang milik si buah hati. Jadi, jangan sampai lewatkan artikel ini! 
    Perlengkapan menyusui
    17.227 Views
  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat moms berada di tempat umum, ada kalanya bayi tiba-tiba ingin menyusu. Dengan kondisi nursery room di Indonesia yang belum mudah ditemukan pasti membuat moms enggan memberikan ASI. Kini, moms tidak perlu repot lagi karena sudah banyak dijual beragam apron menyusui atau nursing cover yang nyaman.Jika Anda masih bingung apron menyusui seperti apa yang terbaik untuk kebutuhan, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan membagikan tips memilih apron menyusui beserta produk-produk rekomendasi terbaik seperti dari merek Mooimom dan Baa Baa Sheepz. Yuk, disimak penjelasan lengkapnya!
    Perlengkapan menyusui
    8.676 Views
  • 10 Rekomendasi Nursing Pillow (Bantal Menyusui) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Nursing Pillow (Bantal Menyusui) Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda sedang mempersiapkan kelahiran sang buah hati? Mungkin Anda sudah pernah mendengar mengenai nursing pillow atau bantal menyusui. Sebenarnya, bantal ini tidak hanya dipakai saat menyusui saja, lho! Ada banyak brand seperti Garyman, Clevamama, dan Ergobaby yang menawarkan bantal menyusui multifungsi. Terdapat juga berbagai varian bahan, bentuk, dan jenis bantal yang dapat Anda pilih.Berbagai pilihan ini terkadang membuat Anda semakin bingung untuk membeli produk yang sesuai. Artikel ini akan membantu Anda untuk memilih bantal menyusui yang sesuai keperluan Anda. Mari simak sampai habis!
    Perlengkapan menyusui
    10.416 Views
  • 10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi Anda yang memiliki bayi, salah satu perlengkapan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah bottle warmer. Alat ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan susu dan makanan hangat untuk anak. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya dalam jangka waktu cukup panjang.Ada beberapa merek bottle warmer yang bisa Anda temukan di pasaran, seperti Philips Avent, Baby Safe, dan Pigeon. Anda tidak perlu bingung memilih! Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan produk yang tepat. Jadi, bacalah sampai selesai.
    Perlengkapan menyusui
    2.511 Views
  • 10 Rekomendasi Baju Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Baju Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Banyak ibu baru mungkin menganggap baju menyusui tidak terlalu penting. Padahal, mengenakan baju menyusui yang tepat akan membantu Anda lebih mudah dalam memberikan ASI. Di berbagai marketplace seperti Shopee dan Lazada, Anda bisa menemukan dengan mudah baju menyusui yang keren dengan berbagai model.Dengan begitu banyaknya pilihan, kami akan membantu Anda menemukan baju menyusui terbaik dengan menjelaskan cara memilihnya. Berbagai brand seperti Mooimom dan Mamibelle akan Anda temukan di artikel ini. Tenang saja, baju menyusui untuk muslimah pun tersedia, kok. Simak terus artikel ini, ya!
    Perlengkapan menyusui
    89 Views
  • 10 Rekomendasi Celana Dalam Ibu Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Celana Dalam Ibu Hamil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ketika hamil, tubuh wanita mengalami perubahan dengan cepat. Untuk itu, Anda perlu mencari celana dalam yang nyaman digunakan selama masa kehamilan. Selain celana dalam hamil model high waist yang menutupi perut Anda, ada juga tipe low-waist yang tidak kalah nyamannya.Pada kesempatan ini, kami akan membagikan rekomendasi sepuluh produk celana dalam yang dapat Anda gunakan selama masa kehamilan. Merek Mamaway, Mooimon, Mamabel, dan lainnya bisa Anda temukan di sini. Sebelumnya, silakan menyimak tips cara memilih celana dalam hamil di bawah ini.
    Pakaian ibu hamil
    17.186 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori