10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Scanner dokumen merupakan alat yang dapat memudahkan kita dalam mendigitalkan dokumen-dokumen seperti buku bacaan sehari-hari maupun dokumen kerja. Ada banyak variasi dan tipe yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda, mulai dari yang cocok diletakan di atas meja, mudah dibawa, dapat memproses dokumen dengan kecepatan tinggi, serta berbagai variasi lainnya.

Lalu, apa yang sebenarnya harus diperhatikan saat memilih scanner? Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih scanner dokumen yang tepat dengan membandingkan dari segi harga, kemampuan, review dari pengguna, dan sebagainya. Tidak lupa, kami juga akan memperkenalkan rekomendasi scanner dokumen terbaik untuk Anda. Simak terus artikel ini, ya!

Daftar isi

Cara memilih scanner dokumen

Ada banyak sekali variasi scanner dokumen yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pemakaian. Pertama-tama, kami akan menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih scanner dokumen.

Periksa kualitas pemindaian

Periksa kualitas pemindaian

Dilihat dari fungsi dasarnya, kemampuan scanner dalam mendigitalkan dokumen dengan kualitas yang tinggi tentu saja menjadi salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan. Anda dapat membandingkan kualitas pemindaiannya dengan cara memeriksa dibagian resolusinya. Resolusi mengacu pada kepadatan piksel yang terdapat pada sebuah gambar. Singkatnya, semakin tinggi angka pada resolusinya, maka akan semakin padat pikselnya. Hal itu berarti semakin tinggi pula keakuratannya.

Satuan yang digunakan pada resolusi adalah ppi (pixel per inch) dan dpi (dot per inch). Pada umumnya, sangat banyak scanner yang dapat menghasilkan kualitas pemindaian dengan resolusi 600 dpi. Akan tetapi, Anda juga harus teliti karena ada kalanya scanner tidak dapat mengukur kualitas dokumen dikarenakan resolusinya yang terlalu tinggi. Jadi, alangkah baiknya Anda memeriksa resolusi yang dapat dipindai terlebih dahulu.

Pilih berdasarkan kecepatan pemindaiannya

Pilih berdasarkan kecepatan pemindaiannya

Untuk dapat dengan mudah mengubah dokumen menjadi bentuk data digital dan mengoptimalkan efesiensi bekerja, kecepatan scanner dalam membaca dokumen sangatlah penting. Meskipun kualitas pemindaiannya sangat bagus, akan menjadi percuma apabila scanner tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk memindai data per dokumen. Akibatnya, scanner menjadi jarang digunakan karena membuang waktu Anda.

Kecepatan scanner dalam memindai dokumen memiliki beberapa variasi, tergantung pada resolusinya. Semakin tinggi resolusinya, maka akan semakin lama juga waktu yang diperlukan. Jadi, baik atau tidaknya sebuah scanner, semua tergantung kualitas yang Anda inginkan.

Periksa ukuran atau berat alat

Periksa ukuran atau berat alat

Selain scanner yang biasa Anda temui, ternyata ada juga scanner portabel yang dapat Anda bawa kemana-mana. Ukuran dan berat mungkin bukan merupakan suatu hal penting bagi Anda yang hanya menggunakan scanner di kantor atau hanya sebatas menggunakannya di rumah saja, tetapi ukuran dan berat scanner cukup menjadi poin penting untuk diperhatikan bagi Anda yang ingin mencari scanner yang mudah dibawa-bawa.

Sesuaikan kegunaan dengan kebutuhan Anda

Sesuaikan kegunaan dengan kebutuhan Anda

Kenyamanan dalam mengirim data menggunakan scanner tergantung dari kemudahan pengguna menyambungkan scanner tersebut dengan perangkat lain. Ada yang disambungkan menggunakan aplikasi ataupun Wi-Fi. Namun, Anda juga tetap harus teliti saat menyambungkannya menggunakan Wi-Fi, karena mungkin saja ada masalah yang dapat menghambat proses penyambungan.

Selain itu, menjadi hal yang sangat penting untuk memperhatikan seberapa besar ukuran kertas yang dapat dipindai dan juga bagaimana Anda dapat menyimpan data ke berbagai media penyimpanan, seperti SD card.

10 Rekomendasi scanner dokumen terbaik

Setelah kami menjelaskan cara memilih scanner dokumen, tiba saatnya untuk memperkenalkan 10 rekomendasi scanner dokumen terbaik yang telah kami rangkum untuk Anda. Silakan tentukan produk favorit Anda!

10. Canon imageFORMULA P-208II

10. Canon imageFORMULA P-208II

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.600.000

Scanner berukuran mini yang praktis dibawa bepergian

Mengusung desain mini yang ringkas, scanner dari Canon ini memiliki ukuran 31,25 x 5,55 x 4 cm dengan berat hanya 600 gr. Produk ini sangat cocok bagi Anda yang gemar bepergian sambil tetap mementingkan pekerjaan.

Fitur ADF (Automatic Document Feeder) yang dimilikinya juga memungkinkan Anda untuk mengatur 10 dokumen yang dapat dipindai sekaligus. Hal ini tentunya akan membuat waktu bekerja Anda menjadi lebih efisien, bukan?

9. Brother Portable Document Scanner + Wireless ADS-1600W

9. Brother Portable Document Scanner + Wireless ADS-1600W

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 5.230.000

Kemudahan lebih dengan fitur 2 sided scan (duplex)

Bila Anda memiliki banyak dokumen 2 sisi yang perlu Anda pindai untuk disimpan dalam bentuk digital, tentunya Anda memerlukan scanner dengan fitur yang memadai. Produk ini layak Anda jadikan sebagai pilihan tepat.

Dengan fitur 2 sided scan-nya, Anda dapat dengan mudah mendigitalkan berbagai dokumen baik 2 sisi maupun 1 sisi. Kecepatan pemindaian yang dimiliki produk ini juga cukup cepat, yakni hingga 18 lembar per menit. Koneksinya menggunakan port USB dan wireless 802.11b/g/n (Wi-Fi), Anda dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. Epson Scanner WorkForce DS-310

8. Epson Scanner WorkForce DS-310

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 3.700.000

Scanner berkecepatan tinggi hingga 25 lembar per menit!

Produk berikut memiliki kecepatan 25 ppm/50 ipm pada resolusi hingga 300 dpi. Dengan kecepatannya ini, Anda akan mampu mendigitalkan hingga 25 lembar dokumen per menit, lho! Bagi Anda yang mengutamakan kecepatan dalam bekerja, produk ini patut Anda pertimbangkan.

Didukung dengan fitur 2 sided scan yang dapat memindai dokumen 2 sisi, ADF dengan ukuran dokumen A4, serta berat yang hanya 1,1 kg, tentunya membuat produk ini semakin menarik untuk Anda jadikan pilihan tepat.

7. iScan Wand Scanner Portable

7. iScan Wand Scanner Portable

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 695.000

Tipe handy dengan harga terjangkau

Bagi Anda yang memilki budget minim tetapi menginginkan produk dengan kualitas yang baik, produk berikut cocok menjadi pilihan Anda. Dengan hanya merogoh kocek sekitar 600 ribuan saja, Anda sudah bisa membawa pulang produk ini.

Mengusung tipe handy yang membuat Anda dapat memindai apapun dengan ukuran berapapun hanya dengan mengandalkan kelihaian tangan Anda. Dilengkapi juga dengan slot untuk micro SD up to 32 GB dan port untuk USB sehingga Anda dapat langsung menyimpan hasil scan Anda dengan mudah.

6. Epson Color Duplex Document Scanner DS-530

6. Epson Color Duplex Document Scanner DS-530

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 8.250.000

Scanner dengan beragam teknologi mutakhir

Jika Anda mencari produk dengan fitur-fitur berteknologi mutakhir, produk berikut cocok untuk Anda. Salah satu fiturnya, yakni active separation roller system, dapat mencegah dokumen masuk secara bertumpuk sehingga setiap dokumen dapat masuk dengan benar.

Selain itu, fitur double feed detection skip-nya dapat memindai dokumen seperti amplop bahkan dokumen dengan label agar mudah dipindai tanpa kesalahan deteksi. Dilengkapi juga dengan fitur slow mode yang mampu mencegah dokumen yang tipis menjadi rusak atau robek.

5. Kodak Alaris Scanner Support i2800

5. Kodak Alaris Scanner Support i2800

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.199.000

Scanner dokumen untuk tingkatkan produktivitas Anda

Scanner berwarna hitam ini memiliki kecepatan yang fantastis. Produk ini mampu memindai hingga 70  ppm (page per minute), lho! Hal ini tentunya dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas Anda dalam bekerja, bukan?

Produk ini juga memiliki optical resolution sebesar 600 dpi dan output resolution sebasar 1200 dpi. Dengan resolusinya yang mumpuni, produk ini akan cocok untuk Anda yang menginginkan hasil pindai gambar yang tajam maksimal.

4. Panasonic Document Scanner KV-S1046C

4. Panasonic Document Scanner KV-S1046C

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 12.500.000

Kemudahan memindai berbagai jenis dan ukuran dokumen

Apakah Anda hendak memindai dokumen yang tebal, tipis, panjang, ataupun pendek? Jika ya, tentu Anda harus mencari produk yang memiliki kelebihan dapat memindai berbagai jenis dan ukuran dokumen. Salah satunya seperti produk berikut!

Scanner asal brand Panasonic dengan seri KV-S1046C ini dirancang sedemikian rupa sehingga mampu memindai berbagai bentuk dan jenis dokumen. Untuk dokumen simplex, produk ini mampu memindai hingga 45 ppm, sedangkan untuk dokumen duplex, produk ini mampu memindai hingga 90 lpm.

3. Ion Air Copy Wireless Scanner

3. Ion Air Copy Wireless Scanner

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.900.000

Kompatibel dengan berbagai jenis perangkat

Bagi Anda yang menggunakan banyak perangkat sekaligus, mungkin akan merasa sedikit kebingungan harus menggunakan perangkat yang mana ketika hendak menyambungkannnya dengan scanner. Dengan produk ini, Anda tidak perlu lagi memusingkan hal itu.

Produk ini kompatibel dengan perangkat Android, iOS, Windows Phone, Windows 8, Mac OS X, dan lainnya. Kini, apapun perangkat yang Anda gunakan, Anda tetap bisa memindai berbagai dokumen penting yang Anda inginkan menggunakan scanner ini.

2. Brother Mobile Color Document Scanner DS-620

2. Brother Mobile Color Document Scanner DS-620

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.850.000

Bobot super ringan dengan bodi yang imut

Produk scanner dokumen berikut memiliki dimensi 28,9 x 5,3 x 3,5 cm serta berbobot kurang dari ½ kg, lho! Bobotnya yang ringan dan bodinya yang cukup imut sehingga hemat tempat penyimpanan seakan menjadi keunggulan dari produk ini.

Produk ini memberi kemudahan bagi Anda yang tidak ingin repot-repot membawa scanner berukuran besar dan berat saat bepergian. Produk ini juga memiliki optical resolution up to 600 x 600 dpi yang mampu memindai dokumen dengan kualitas yang bagus.

1. Panasonic Scanner KV-S1015C

1. Panasonic Scanner KV-S1015C

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 6.000.000

Fitur ADF cepat dan praktis yang mencapai 50 lembar sekaligus!

Saat ini, scanner dengan kualitas tinggi banyak dibutuhkan untuk menunjang keperluan kantor. Produk berikut dapat Anda jadikan sebagai pilihan scanner untuk keperluan mendigitalkan dokumen di kantor ataupun sekadar untuk keperluan di rumah.

Produk ini mengusung optical resolution 300/600 dpi dan berkecepatan 20 ppm. Kapasitas fitur ADF-nya mencapai 50 lembar sekaligus, lho! Semakin banyak dokumen yang dapat dipindai sekaligus, semakin efisien pula waktu bekerja Anda.

Kesimpulan

Nah, kami telah memperkenalkan 10 rekomendasi scanner dokumen terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang Anda cari?

Karena ada begitu banyak produk dengan variasi merek, jenis, dan harga, kami harap Anda dapat dengan bijak memilih scanner yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk yang terbaik. Selamat berbelanja!