• 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Anda mungkin tidak asing lagi dengan scanner dokumen. Alat ini dibutuhkan untuk menduplikasi dokumen-dokumen Anda untuk disimpan dalam bentuk PDF atau digital file format lainnya. Ada berbagai merek scanner dokumen yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, mulai dari Plustek, Canon, hingga Epson.


Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan produk scanner dokumen terbaik. Tidak hanya untuk penggunaan pribadi, tetapi ada juga yang bisa dimanfaatkan untuk berbisnis. Simak artikel ini untuk menemukan produk scanner dokumen terbaik yang cocok bagi Anda.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Puty Puar
  • Pembaharuan terakhir: 26 Februari 2021
Daftar isi

Cara memilih scanner dokumen

Ada berbagai jenis scanner dokumen. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih scanner dokumen agar sesuai dengan tujuan pemakaian.

Perhatikan resolusi pemindaiannya

Memeriksa kualitas pemindaian merupakan hal penting saat memilih scanner dokumen. Ini dilakukan agar dokumen yang dipindai tetap memiliki kualitas yang baik. Kali ini, kami akan memperkenalkan kualitas resolusi yang sesuai kebutuhan Anda.

Resolusi 200 dpi untuk dokumen yang ingin dicetak dan 400 dpi untuk pemrosesan OCR

Resolusi 200 dpi untuk dokumen yang ingin dicetak dan 400 dpi untuk pemrosesan OCR

Anda dapat memeriksa kualitas pemindaian berdasarkan resolusi. Satuan yang biasanya digunakan sebagai kualitas resolusi adalah dpi (dot per inch). Jenis-jenisnya kemudian terbagi menjadi hitam-putih, berwarna, dan grayscale


Jika Anda ingin mencetak hasil pemindaian dengan printer, sebaiknya gunakan scanner dengan resolusi 200 dpi. Namun, untuk pemrosesan OCR (Optical Character Recognition), pilih resolusi 400 dpi. Karena jenis resolusi berbeda-beda bergantung pada produknya, kami menyarankan untuk memilih scanner yang melebihi spesifikasi di atas. 

Resolusi untuk dokumen yang ingin dikirim melalui e-mail

Resolusi untuk dokumen yang ingin dikirim melalui e-mail

Memindai dengan resolusi tinggi akan meningkatkan kualitas, tetapi akan membuat file lebih berat. Untuk dokumen yang akan dilampirkan di e-mail, Anda perlu mengurangi resolusinya. Begitu juga dengan dokumen yang akan diunggah ke sebuah situs.


Jika Anda nantinya berencana untuk mencetak dokumen tersebut, pilih dengan resolusi yang lebih tinggi. Namun, apabila tidak, Anda bisa menggunakan scanner dengan resolusi lebih rendah. Mungkin setengah dari angka resolusi saat ingin mencetak dengan printer.  


Ada dua jenis pengaturan resolusi: yang dapat diatur sendiri dan memiliki ukuran tetap. Makin bisa diatur, makin beragam penggunaannya, Oleh sebab itu, pastikan mengecek batas resolusi tertinggi dan terendah dari setiap scanner

Perhatikan jenis kertas yang kompatibel

Perhatikan jenis kertas yang kompatibel

Scanner digital rata-rata dapat memindai kertas berukuran A4. Untuk ukuran yang lebih besar dari A4, Anda dapat menggunakan scanner dengan tipe carrier sheet ataupun overhead. Ada banyak produk scanner dengan kedua tipe tersebut. Akhir-akhir ini, tersedia juga scanner yang bisa memindai setruk, kartu nama, dan kertas yang dilapisi plastik. Jadi, silakan cari yang cocok dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan kecepatan pemindaiannya

Pilih berdasarkan kecepatan pemindaiannya

Kecepatan membaca juga perlu menjadi pertimbangan saat memilih scanner dokumen. Terlebih lagi jika Anda sering memindai dokumen dalam jumlah besar. Pada dasarnya, makin tinggi resolusi, makin lama waktu yang dibutuhkan untuk memindai dokumen. Hasilnya pun bervariasi tergantung pada ukuran kertas dan jenis dokumen (berwarna atau tidak).


Untuk mengukur kecepatan pemindaian, Anda perlu menyeragamkan standarnya. Kebanyakan produsen menyebutkan kecepatan pemindaian dengan standar ukuran A4 berwarna dalam resolusi 200 dpi. Oleh sebab itu, penting untuk mempertimbangkan scanner yang dengan kecepatan pemindaian yang dibutuhkan.

Jika ingin memindai dalam jumlah banyak, pilih tipe sheet feed scanner

Sheet feed scanner memiliki penggulung yang secara otomatis memproses dan membaca dokumen yang ingin dipindai. Scanner ini memiliki dua tipe yaitu manual feeder dan automatic document feeder (ADF). Tipe ADF dapat memindai dokumen dalam jumlah banyak. Sekarang, kami akan memperkenalkan kelebihan dan kekurangan dari tiap-tiap tipe. 

Manual feeder, praktis dan dapat digunakan di mana saja

Manual feeder, praktis dan dapat digunakan di mana saja

Scanner tipe pengumpan manual (manual feeder) sangat praktis karena dapat ditempatkan di ruang sempit. Scanner ini dapat dicas dan mendukung penggunaan USB. Dengan begitu, Anda pun dapat menggunakannya di mana saja. 


Tipe ini umumnya tidak mendukung pemindaian dua sisi. Namun, ada tipe yang dilengkapi fitur membalik halaman untuk memindai sisi belakang dokumen. Jika ingin lebih efisien, perhatikan ada tidaknya fitur tersebut. 


Scanner tipe ini sangat nyaman digunakan untuk berbagai jenis dokumen, mulai dari buku, majalah, kartu pos, hingga kartu nama. Pastikan Anda memeriksa dokumen yang kompatibel dengan setiap scanner. Pasalnya, ada juga scanner yang tidak mendukung pemindaian kertas timbul atau kartu yang dilapisi plastik. 

ADF, scanning dokumen dalam jumlah banyak lebih cepat

ADF, scanning dokumen dalam jumlah banyak lebih cepat

Scanner ADF akan memindai dokumen secara otomatis sesuai dengan pengaturan yang Anda buat. Sayangnya, untuk memindai buku dengan tipe ini, Anda perlu melepaskan jilidannya. Namun, proses lainnya akan dilakukan secara otomatis sehingga Anda bisa memindai dokumen dengan efisien.


Ada pula scanner ADF yang mendukung pemindaian dua sisi. Karena tidak perlu mengatur kertas satu per satu, Anda bisa menghemat waktu. Jadi, jangan lupa mengecek ada tidaknya fitur ini.

Pertimbangkan tipe handy atau overhead apabila tidak ingin melepaskan jilidan buku

Apabila tidak ingin melepaskan jilidan buku saat memindainya, Anda bisa menggunakan overhead ataupun handy scanner. Kami akan memperkenalkan keunggulannya masing-masing. Pilih yang terbaik menurut Anda.

Overhead scanner, dapat memindai dokumen tanpa menyentuhnya

Overhead scanner merupakan pemindai nonkontak yang dapat memindai dokumen dari jarak jauh. Tipe ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin memindai buku tanpa melepaskan jilidannya. Menariknya lagi, tipe ini biasanya juga kompatibel dengan dokumen A3. 


Resolusi pada scanner ini tidak hanya ditunjukkan dalam dpi, tetapi juga dalam piksel seperti kamera. Makin besar angkanya, makin tinggi kualitas hasil pemindaian. Beberapa model overhead scanner juga dapat dihubungkan ke komputer atau proyektor untuk memproyeksikan dokumen ke layar, lho.

Handy scanner, portabilitasnya sangat tinggi

Handy scanner, portabilitasnya sangat tinggi

Ukuran yang kecil dan ringan menjadi kelebihan handy scanner. Akan lebih baik jika Anda memilih scanner yang nirkabel. Dengan begitu, Anda pun tidak perlu terganggu kabel saat ingin memindai dokumen.


Meski praktis, scanner jenis ini biasanya hanya mampu memindai per lembar. Oleh sebab itu, handy scanner tidak cocok untuk memindai banyak dokumen. Perlu waktu dan tenaga yang lebih banyak apabila menggunakannya. Pilih tipe scanner lain jika Anda sering perlu memindai dokumen dalam jumlah besar.

Jika sering dibawa-bawa, pilih yang cordless atau yang bisa menyimpan data scan

Jika sering dibawa-bawa, pilih yang cordless atau yang bisa menyimpan data scan
Apabila Anda membutuhkan scanner yang portabel, Anda bisa memilih tipe mobile atau handy. Kedua tipe ini umumnya bertenaga baterai sehingga bisa digunakan di mana saja. Ada pula yang dilengkapi USB bus power sehingga bisa bekerja hanya dengan dihubungkan ke powerbank.

Selain itu, pastikan scanner Anda punya microSD slot atau dilengkapi fitur storage. Dengan demikian, Anda bisa memindai dan menyimpan data dokumen tanpa perlu menghubungkannya ke komputer atau smartphone terlebih dahulu.

Periksa fungsi tambahannya

Setelah Anda memutuskan scanner dokumen mana yang ingin dipilih, perhatikan juga fitur tambahannya. Berikut ini adalah fitur-fitur yang akan membuat scanner makin mudah digunakan.

Fungsi koreksi otomatis, memperbaiki posisi dokumen yang kurang lurus

Fungsi koreksi otomatis, memperbaiki posisi dokumen yang kurang lurus

Sesuai namanya, fungsi ini akan mengoreksi posisi dokumen yang tidak sejajar secara otomatis. Fungsi koreksi otomatis bervariasi pada setiap produk. Namun, yang pasti, fitur ini akan membetulkan posisi kertas yang miring saat ingin dipindai.


Selain itu, fitur ini juga mendeteksi ukuran kertas secara otomatis dan melewatkan halaman kosong. Untuk scanner overhead yang memindai buku dalam keadaan terbuka, fungsi koreksi otomatis akan mengecek apakah ada halaman yang tertekuk.

Format dokumen dan kinerja perangkat lunak, mempermudah pemrosesan data hasil pemindaian

Format dokumen dan kinerja perangkat lunak, mempermudah pemrosesan data hasil pemindaian

Format hasil pemindaian berbeda-beda tergantung produknya. Namun, format yang umum digunakan adalah PDF, JPEG, dan Word. Oleh sebab itu, sebaiknya pilih scanner yang mendukung format dokumen tersebut.


Sebagai tambahan, scanner biasanya dilengkapi fungsi OCR yang dapat mengenali data yang dipindai. Namun, Anda perlu menginstal software khusus scanner tersebut. Nah, kualitas software ini berbeda-beda tergantung produsen scanner yang Anda pilih.


Selain itu, kinerjanya juga bisa berbeda tergantung OS komputer atau smartphone Anda. Karena itu, apabila Anda memiliki beberapa pilihan produk scanner, bandingkan format data yang didukung serta kinerja software-nya.

Wi-Fi dan Bluetooth, lebih mudah disambungkan dengan smartphone atau tablet

Wi-Fi dan Bluetooth, lebih mudah disambungkan dengan smartphone atau tablet

Scanner dokumen yang dilengkapi Wi-Fi dan Bluetooth sangat nyaman digunakan karena dapat mengirim data tanpa menyambungkan kabel. Selain itu, karena tidak perlu terhubung dengan komputer, scanner bisa diletakkan di mana saja. Anda pun tidak perlu kabel atau adaptor untuk menyambungkan scanner dengan smartphone atau tablet.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi scanner dokumen terbaik

Sebelumnya, kami telah menjelaskan cara memilih produk scanner dokumen. Kini, saatnya memperkenalkan sepuluh rekomendasi scanner dokumen terbaik yang telah kami rangkum. Silakan pilih yang cocok dengan Anda.
10
Resolusi25–19.200 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMaksimal A4 atau Letter
Kecepatan pemindaianSekitar 8 detik (standar A4 berwarna 300 dpi)
TipeManual feed scanner
Sumber dayaUSB bus power
Fitur tambahanFungsi koreksi otomatis
9
Resolusi50–600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMaksimal Legal
Kecepatan pemindaianSatu sisi: 30 ppm・Dua sisi: 60 ipm (standar A4/Letter berwarna 200 dpi/300 dpi)
TipeADF scanner
Sumber dayaAC adaptor
Fitur tambahanWi-Fi, fungsi pemisahan otomatis, length control
8

BrotherADS-1600W Portable Document Scanner + Wireless

Mulai dari Rp 4.750.000,00

Resolusi1200 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelDokumen dengan panjang 70–863 mm dan lebar 51–215,9 mm
Kecepatan pemindaian18 ppm
TipeADF scanner
Sumber dayaAC adaptor
Fitur tambahanWi-Fi, multi-feed detection
7
Resolusi150–600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMaksimal Legal
Kecepatan pemindaian8 ppm
TipeHandy scanner
Sumber daya USB (500 mA)
Fitur tambahanKompatibel dengan Mac dan Windows
6

PlustekSmartOffice PS396 Plus

Mulai dari Rp 10.200.000,00

Resolusi600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelA4, Letter
Kecepatan pemindaian30 ppm
TipeADF scanner
Sumber daya24 Vdc
Fitur tambahanFungsi koreksi otomatis, auto rotate, konversi dokumen PDF ke format Microsoft Office, blank page removal
5

FUJITSUImage Scanner ScanSnap SV600

Mulai dari Rp 11.770.000,00

Resolusi285–218 dpi (pemindaian horizontal), 283-152 dpi (pemindaian vertikal)
Ukuran dokumen yang kompatibelMaksimal 432 mm x 300 mm
Kecepatan pemindaian3 detik
TipeOverhead scanner
Sumber dayaAC adaptor
Fitur tambahanFungsi koreksi otomatis, deteksi ukuran kertas otomatis, rotasi gambar otomatis
4
Resolusi600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelDokumen dengan panjang 70–863 mm, lebar 51–215,9 mm
Kecepatan pemindaian25 ppm
TipeADF scanner
Sumber dayaAC adaptor
Fitur tambahanPortabel dengan USB 3.0 Bus power
3
Resolusi600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMinimal 50,8 mm x 50,8 mm, maksimal 216 mm x 910 mm
Kecepatan pemindaian9 ppm
TipeHandy scanner
Sumber dayaUSB power
Fitur tambahanKonversi PDF, edit foto
2
Resolusi600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMinimal 50,8 mm x 50,8 mm, maksimal 215,9 mm x 3.048 mm
Kecepatan pemindaian26 ppm
TipeADF scanner
Sumber dayaAC adaptor
Fitur tambahanManajemen file, pengenal ukuran otomatis
1
Resolusi600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMinimal 52 mm x 52 mm, maksimal 216 mm x 3000 mm
Kecepatan pemindaian40 ppm
Tipe-
Sumber dayaAC adaptor
Fitur tambahanFungsi deteksi warna otomatis, Autocrop

Tabel perbandingan produk scanner dokumen terbaik

Gambar produk
1
Kodak Alaris S2040 Scanner 1

Kodak Alaris

2
Epson WorkForce DS-410 1

Epson

3
Plustek MobileOffice S410 1

Plustek

4
Brother ADS-1200 Scanner 1

Brother

5
FUJITSU Image Scanner ScanSnap SV600 1

FUJITSU

6
Plustek SmartOffice PS396 Plus 1

Plustek

7
Canon imageFORMULA P-208II 1

Canon

8
Brother ADS-1600W Portable Document Scanner + Wireless 1

Brother

9
Panasonic KV-S1037X 1

Panasonic

10
Canon CanoScan LiDE 400 1

Canon

Nama produk

S2040 Scanner

WorkForce DS-410

MobileOffice S410

ADS-1200 Scanner

Image Scanner ScanSnap SV600

SmartOffice PS396 Plus

imageFORMULA P-208II

ADS-1600W Portable Document Scanner + Wireless

KV-S1037X

CanoScan LiDE 400

Keunggulan

Teknologi OCR dengan kualitas tinggi

Tangguh untuk memindai dokumen dalam jumlah banyak

Tingkatkan kualitas gambar secara otomatis, cocok bagi yang ingin memindai foto

Scanner yang meningkatkan efisiensi pekerjaan, langsung menyimpan data ke Cloud

Memindai buku dan majalah dengan mudah

Mampu memindai berbagai jenis dokumen, pas untuk usaha percetakan

Mudah dibawa ke mana pun, membantu menyelesaikan pekerjaan ketika sedang dinas

Tidak memiliki banyak waktu? Gunakan scanner dengan fitur pemindaian dua sisi!

Bisa dipakai banyak perangkat, cocok untuk ruangan kantor dengan lima sampai sepuluh anggota

Bisa scanning dalam posisi vertikal, tidak makan tempat!

Harga mulai dariRp 14.500.000,00Rp 4.925.000,00Rp 2.200.000,00Rp 4.990.000,00Rp 11.770.000,00Rp 10.200.000,00Rp 2.913.625,00Rp 4.750.000,00Rp 9.948.000,00Rp 1.499.000,00
Resolusi600 dpi600 dpi600 dpi600 dpi285–218 dpi (pemindaian horizontal), 283-152 dpi (pemindaian vertikal)600 dpi150–600 dpi1200 dpi50–600 dpi25–19.200 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMinimal 52 mm x 52 mm, maksimal 216 mm x 3000 mmMinimal 50,8 mm x 50,8 mm, maksimal 215,9 mm x 3.048 mmMinimal 50,8 mm x 50,8 mm, maksimal 216 mm x 910 mm Dokumen dengan panjang 70–863 mm, lebar 51–215,9 mmMaksimal 432 mm x 300 mmA4, LetterMaksimal LegalDokumen dengan panjang 70–863 mm dan lebar 51–215,9 mmMaksimal LegalMaksimal A4 atau Letter
Kecepatan pemindaian40 ppm26 ppm9 ppm25 ppm3 detik30 ppm8 ppm18 ppmSatu sisi: 30 ppm・Dua sisi: 60 ipm (standar A4/Letter berwarna 200 dpi/300 dpi)Sekitar 8 detik (standar A4 berwarna 300 dpi)
Tipe-ADF scannerHandy scannerADF scannerOverhead scannerADF scannerHandy scannerADF scannerADF scannerManual feed scanner
Sumber dayaAC adaptorAC adaptorUSB powerAC adaptorAC adaptor24 Vdc USB (500 mA)AC adaptorAC adaptorUSB bus power
Fitur tambahanFungsi deteksi warna otomatis, AutocropManajemen file, pengenal ukuran otomatisKonversi PDF, edit fotoPortabel dengan USB 3.0 Bus powerFungsi koreksi otomatis, deteksi ukuran kertas otomatis, rotasi gambar otomatisFungsi koreksi otomatis, auto rotate, konversi dokumen PDF ke format Microsoft Office, blank page removalKompatibel dengan Mac dan WindowsWi-Fi, multi-feed detectionWi-Fi, fungsi pemisahan otomatis, length controlFungsi koreksi otomatis
Tautan produk

Baca juga rekomendasi scanner lainnya di sini

Selain untuk memindai dokumen, tersedia juga scanner untuk jenis file lainnya. Anda bisa menemukan beberapa jenis scanner lain pada artikel-artikel berikut ini. Simak rekomendasinya. 

Kesimpulan

Kami telah menjelaskan cara memilih scanner dokumen di artikel ini. Selain itu, kami juga telah memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk scanner dokumen terbaik untuk Anda. Apakah Anda sudah menemukan produk yang sesuai?

Dengan banyaknya variasi produk, kami berharap Anda dapat menemukan produk scanner dokumen yang cocok bagi Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk yang terbaik dan sesuai kebutuhan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kebutuhan mencetak, baik dokumen maupun gambar, membutuhkan printer. Salah satu merek printer terbaik yang ada di pasaran adalah Epson. Seiko Epson, atau dikenal dengan Epson, merupakan perusahaan elektronik asal Jepang yang memproduksi printer dan device lainnya yang berhubungan dengan foto.Printer yang diproduksi oleh Epson terdiri dari beberapa jenis. Untuk membantu Anda dalam memilih printer Epson yang sesuai kebutuhan, kami akan memberikan tips mudahnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan sepuluh printer Epson terbaru, seperti WorkForce, SureColor, EcoTank, dan printer A3. Segera simak uraian kami dengan saksama, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Printer Label Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Printer Label Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Printer label saat ini sudah tidak asing bagi sebagian banyak orang. Alat ini biasa digunakan untuk mencetak berbagai label sticker, barcode, resi pengiriman, harga barang, dan sebagainya. Ada yang menggunakan koneksi kabel USB dan ada pula yang menggunakan Bluetooth. Bahkan, di antaranya berukuran mini sehingga lebih portable.Bila Anda berencana membeli printer label, simak artikel ini dengan baik. Kami akan berikan tips dan rekomendasi printer label dari berbagai merk yang bagus! Printer label dari Epson, Brother, atau BLUEPRINT mungkin bisa jadi favorit Anda. Jadi, simak artikelnya sampai habis, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dewasa ini kebutuhan mesin cutting sticker makin meningkat untuk usaha sablon baju, mencetak logo produk, dan lain sebagainya. Tak hanya untuk bisnis, kini banyak juga yang mencari mesin cutting sticker untuk hobi. Sebagai contoh, membuat stiker untuk mobil, motor, ataupun laptop.Oleh karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih mesin cutting sticker yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin cutting sticker dari berbagai merk, seperti Jinka, Rhinotec, dan GRAPHTEC. Mesin cutting sticker yang harganya murah, berfitur auto contour, bahkan cocok untuk mencetak stiker A4 akan Anda temukan.
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Absensi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin absensi merupakan alat yang penting untuk mencatat tanggal dan waktu kehadiran. Ada berbagai tipe mesin, misalnya yang bisa dicetak langsung pada kartu atau yang dapat mengidentifikasi sidik jari. Selain itu, Anda juga akan menemukan produk dengan variasi dan merek yang beragam, seperti Amano dan Solution. Hal ini bisa membuat Anda kebingungan untuk memilih produk yang tepat.Untuk itu, kami akan memberikan penjelasan agar Anda memahami poin-poin penting dalam memilih mesin absensi. Kami juga menyiapkan sepuluh rekomendasi produk yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lewatkan informasinya, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Laminating Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara untuk melindungi dokumen penting dari kotoran dan kerusakan adalan melaminasinya menggunakan mesin laminating. Meski sepintas terlihat sama, ternyata terdapat bermacam-macam mesin laminating. Di antaranya adalah mesin laminating A3, mesin laminating roll, mesin laminating untuk ukuran kertas A4, dan banyak lainnya. Spesifikasi dan kualitas yang berbeda mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang tepat. Oleh karena itu, kami akan mengulas cara memilih mesin laminating terbaik beserta sepuluh rekomendasi produknya. Anda dapat menemukan berbagai merek terkenal, seperti Dynamic, Joyko, GBC, dan lainnya. Simaklah sampai akhir!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Laser Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Laser Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Memilih laser printer bukanlah perkara mudah karena banyaknya model yang ditawarkan. Seperti diketahui, laser printer sangat cocok untuk mencetak dokumen dalam jumlah banyak sehingga sering digunakan untuk keperluan kantor. Karena harganya tidak murah, sangat disayangkan jika Anda tidak mendapatkan kualitas yang terbaik.Di artikel ini kami akan membahas cara memilih laser printer untuk memudahkan Anda saat membelinya. Selain itu, kami juga menyiapkan sepuluh rekomendasi produk dari merek terbaik, seperti Canon, Brother, dan HP. Jadikan artikel ini referensi saat Anda ingin mencari laser printer, ya!
    Elektronik kantor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori