• 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Scanner Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Scanner dokumen digunakan untuk memindai dokumen dan menyimpannya dalam bentuk PDF atau digital file format lainnya. Di pasaran, terdapat berbagai merek alat scanner dokumen yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, seperti Plustek, Canon, hingga Epson. Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan mesin scanner dokumen, mungkin akan kesulitan untuk mencari scanner dokumen terbaik. 


Pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih produk scanner dokumen yang bagus. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk mesin scanner otomatis dan cepat untuk Anda. Untuk itu, simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 28 Juni 2022
Daftar isi

Cara memilih scanner dokumen

Banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan saat ingin membeli mesin scanner dokumen. Salah satunya adalah mengenai jenis alat scanner dokumen dan ukuran kertas yang kompatibel. Untuk itu, silakan simak tips memilih mesin scanner dokumen berikut ini. 

Pilih sesuai jenis dan kebutuhannya

Mengingat cukup banyak jenis alat scanner dokumen yang dijual di pasaran, tentunya akan membuat Anda kesulitan mengetahui perbedaannya. Supaya Anda tidak salah dalam memilih, kami akan menjelaskan beberapa jenis scanner dokumen yang biasa digunakan. 

ADF scanner, pindai dokumen dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat

ADF scanner atau automatic document feeder merupakan alat yang dapat memindai dokumen secara otomatis sesuai dengan pengaturan yang dibuat. Alat scan dokumen ini juga memiliki kecepatan pemindaian yang cukup tinggi. 


Cara kerja mesin scanner ini adalah dengan memasukkan dokumen terlebih dahulu ke dalam paper tray. Selanjutnya, mesin akan menarik dokumen dan melakukan pemindaian secara otomatis. Jadi, Anda bisa menghemat banyak waktu karena tidak perlu memasukkan dokumen satu persatu. Sayangnya, untuk memindai buku, Anda perlu melepaskan jilidannya.

Flatbed scanner, tidak menghabiskan banyak tempat

Flatbed scanner merupakan jenis alat scan dokumen yang memiliki bentuk datar dan rata. Jadi, Anda bisa menempatkan alat ini dengan mudah tanpa menghabiskan banyak tempat. Cara kerja mesin scanner ini adalah dengan meletakkan selembar dokumen di atas kaca scanner. Setelah itu, lampu pada mesin scanner akan menyala dan melalukan proses pemindaian. 


Hasil dari mesin flatbed scanner terbilang cukup bagus untuk kebutuhan scan gambar dan teks. Sayangnya, setiap kali Anda melakukan pemindaian, Anda harus membuka dan menutup mesin scanner. Kondisi ini tentunya membutuhkan banyak waktu, terlebih jika dokumen yang akan dipindai cukup banyak. 

Handy scanner, tanpa kabel dan mudah dibawa

Handy scanner merupakan jenis alat scan dokumen dengan ukuran yang kecil dan ringan. Scanner ini biasanya juga tidak memiliki kabel sehingga lebih praktis saat digunakan. Sesuai namanya, penggunaan mesin scanner ini adalah dengan menggerakkan handy scanner pada dokumen yang akan dipindai


Karena dilakukan secara manual, kelemahan alat scanner ini tentu saja terletak pada kualitas gambarnya. Saat tangan Anda melakukan gerakan yang tidak stabil atau terlalu cepat, bisa saja hasil scan menjadi tidak terbaca ataupun miring. 

Sheet feed scanner, kecil dan praktis digunakan

Sheet feed scanner merupakan jenis alat scan dokumen yang bentuk dan ukurannya mirip dengan handy scanner. Bedanya, supaya bisa digunakan mesin scanner dokumen ini membutuhkan daya listrik langsung. Pengoperasian mesin scanner dokumen ini juga tidak digerakkan secara manual seperti handy scanner


Cara kerja mesin scanner ini mirip dengan ADF scanner. Anda perlu memasukkan kertas, kemudian proses pemindaian akan berjalan. Sayangnya, Anda hanya bisa memasukkan kertas satu persatu. Selain itu, mengingat ukurannya yang kecil, terdapat keterbatasan ukuran kertas yang dapat dipindai. 

Overhead scanner, bisa memindai dokumen berukuran A3

Overhead scanner merupakan jenis mesin scan dokumen yang memiliki ukuran lebih besar dibanding tipe lainnya. Umumnya, scanner ini digunakan oleh instansi yang bergerak dalam bidang pengarsipan seperti perpustakaan. Kelebihannya, overhead scanner dapat memindai dokumen yang tidak rata seperti buku dalam keadaan terjilid


Cara kerja overhead scanner juga tak bersentuhan langsung dengan dokumen yang akan dipindai. Jadi, Anda tak perlu khawatir buku menjadi rusak karena tekanan. Berkat kepala scanner yang dapat diatur ketinggiannya, scanner dokumen ini memungkinkan Anda dapat memindai dokumen berukuran A3. Sayangnya, harga scanner dokumen ini cukup mahal. 

Cek resolusi pemindaiannya

Cek resolusi pemindaiannya

Memeriksa kualitas hasil pemindaian merupakan hal penting saat memilih scanner dokumen. Satuan yang biasanya digunakan untuk menyatakan resolusi mesin scanner dokumen adalah dpi (dot per inch). Sementara hasil pemindaiannya terbagi menjadi hitam-putih, berwarna, dan grayscale


Makin besar resolusi pemindaiannya, makin besar pula ukuran file-nya. Jika Anda ingin mengirim email hasil pemindaian, Anda dapat menggunakan resolusi 200–600 dpi. Ukuran resolusi ini juga bisa Anda cetak melalui mesin printer dengan kualitas teks yang masih terbaca cukup jelas. 


Nah, jika Anda ingin memindai dokumen dengan kompleksitas tinggi seperti gambar kerja arsitek, gunakan resolusi minimal 900 dpi. Resolusi ini memiliki kualitas yang bagus untuk menampilkan teks dan garis berukuran kecil. 

Cek ukuran kertas yang kompatibel

Cek ukuran kertas yang kompatibel

Umumnya, mesin scanner dokumen yang beredar di pasaran mampu memindai kertas berukuran A4 dan F4. Kertas ini setara dengan ukuran 21,5 cm x 33 cm. Nah, tentu saja scanner dokumen tersebut mampu memindai ukuran dokumen yang lebih kecil, seperti setruk belanja atau kartu nama. 


Jika Anda membutuhkan scanner dokumen yang kompatibel dengan ukuran kertas A3, pertimbangkan untuk memilih overhead scanner. Jika Anda menggunakan sheetfed scanner, lebar ukuran kertas yang dapat dipindai tentu ada batasannya, yaitu maksimal 22 cm. Namun, untuk ukuran panjangnya, terdapat sheetfed scanner yang mampu memindai kertas dengan panjang hingga 300 cm. 

Perhatikan kecepatan pemindaian

Perhatikan kecepatan pemindaian

Makin tinggi resolusi yang diinginkan, makin lama waktu yang dibutuhkan untuk memindai dokumen. Kecepatan pemindaian juga dipengaruhi oleh ukuran kertas dan kompleksitas dokumennya


Satuan kecepatan scanner dokumen pun memiliki penyebutan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan satuan detik, ada pula yang menggunakan satuan ppm atauparts per million. Jika Anda sering memindai dokumen dalam jumlah banyak, pertimbangkan untuk memilih scanner dokumen yang cepat. 

Ketahui fitur yang ditawarkan

Saat ingin membeli scanner dokumen, jangan lupa untuk mengecek fitur yang ditawarkan. Memang, tidak semua fitur Anda butuhkan. Nah, berikut ini adalah fitur-fitur yang akan membuat alat scanner dokumen makin mudah digunakan.

Wi-Fi dan Bluetooth, lebih mudah disambungkan dengan smartphone

Wi-Fi dan Bluetooth, lebih mudah disambungkan dengan smartphone

Scanner dokumen yang dilengkapi Wi-Fi dan Bluetooth tentunya sangat nyaman digunakan karena dapat mengirim data tanpa menyambungkan kabel. Selain itu, karena tidak perlu terhubung melalui kabel, mesin scanner bisa diletakkan di mana saja. Fitur Wi-Fi dan Bluetooth juga memungkinkan Anda menyimpan file hasil pindaian langsung di smartphone

Fitur koreksi otomatis, memperbaiki posisi dokumen yang kurang presisi

Fitur koreksi otomatis, memperbaiki posisi dokumen yang kurang presisi

Sesuai namanya, fitur ini akan mengoreksi posisi dokumen yang tidak sejajar secara otomatis. Selain itu, fitur ini juga dapat mendeteksi ukuran kertas, melakukan auto-rotate, dan melewatkan halaman kosong. Untuk jenis overhead scanner, fitur koreksi otomatis dapat digunakan untuk mengecek apakah terdapat kertas yang tertekuk. Jadi, fitur ini akan membuat hasil pindaian makin bagus dan memiliki kualitas ukuran yang mirip dengan aslinya. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi scanner dokumen terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk scanner dokumen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
JenisADF scanner
Resolusi600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelFlatbed: Minimal: 8 cm x 5,2 cm・Maksimal: 21,6 cm x 152,4 cm
Kecepatan pemindaian8–20 ppm
Sumber dayaUSB 2.0 dan USB 3.0
FiturAlaris Perfect Page Scanning, iThresholding, Automatic Image Straightening (Deskew), Auto Cropping, Image Rotation, dan sebagainya
9
JenisFlatbed scanner dan ADF scanner
Resolusi600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelFlatbed: Minimal: 1,27 cm x 1,27 cm・Maksimal: 21,6 cm x 29,7 cm・ADF: Minimal: 1,32 cm x 1,32 cm・Maksimal: 21,6 cm x 35,6 cm
Kecepatan pemindaian9–10 ppm
Sumber dayaUSB 2.0
FiturAuto Threshold, Auto Rotate, Auto Crop & Deskew, Color Dropout, Blank Page Removal
8
JenisOverhead scanner
ResolusiUp to 1.200 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMinimal: 2,5 cm x 2,5 cm・Maksimal: 43,2 cm x 30 cm
Kecepatan pemindaian3 detik
Sumber dayaUSB 2.0/USB 1.1 (Connector Type: Type B)
FiturMulti Document Detection, VI Technology, Auto Book Correction, Point Retouch, Page Turning Detection, Time Mode, Scansnap Home
7
JenisFlatbed scanner
ResolusiUp to 2.400 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelUp to A4/letter (21,6 cm x 29,7 cm)
Kecepatan pemindaian5–10 detik
Sumber dayaUSB C
Fitur5 Tombol EZ, Advanced Z-lid, pemindaian tegak lurus
6

EpsonDS-410 Document Scanner

B11B249201

Mulai dari Rp 5.390.000,00

JenisADF scanner dan sheetfed scanner
Resolusi600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMinimal: 5,08 cm x 5,08 cm・Maksimal: 21,5 cm x 304,8 cm
Kecepatan pemindaianUp to 26 ppm
Sumber dayaUSB 2.0
FiturAutomatic Size Recognition, Text Enhancement, Document Skew Correction, Colour Enhancement & Colour Dropout
5

BrotherCompact Mobile Document Scanner

DS-640

Mulai dari Rp 1.845.000,00

JenisSheetfed scanner
Resolusi300 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelKartu, F4, dokumen lain sepanjang 180 cm
Kecepatan pemindaianUp to 15 ppm
Sumber dayaUSB
FiturOCR (optical character recognition)
4
JenisFlatbed scanner
Resolusi1.200 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelKartu nama, A5, kuarto, letter, dan A4
Kecepatan pemindaian15 detik
Sumber dayaUSB 1.1
FiturCopy, OCR, email, Custom, dan PDF
3

PlustekMobileOffice

S410 Plus

Mulai dari Rp 1.890.000,00

JenisHandy scanner
Resolusi600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMinimal: 7,4 cm x 5,2 cm・Maksimal: 21,6 cm x 91 cm・Pindai dokumen ukuran A8 secara horizontal
Kecepatan pemindaian9 detik (standar A4 berwarna 300 dpi)
Sumber dayaUSB Power
FiturRemove Blank Page, Merge Pages, Image Compression, Split Images, Remove Punch Hole, Image Edge Fill, Auto Rotate, dan sebagainya
2

iScanHandy Scanner Resolusi 900Dpi

Mulai dari Rp 590.000,00

JenisHandy scanner
ResolusiMaksimal 900 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMaksimal A4
Kecepatan pemindaianTidak disebutkan
Sumber dayaBaterai AA
FiturSlot penyimpanan eksternal micro SD (up to 32 GB)
1
JenisADF scanner dan sheetfed scanner
Resolusi600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMinimal: 5,08 cm x 5,08 cm・Maksimal: 22 cm x 35,6 cm
Kecepatan pemindaianGrayscale mode: 25 ppm・B & W mode: 25 ppm・Color mode: 5 ppm
Sumber dayaUSB 2.0
FiturAuto Threshold, Auto Rotate, Auto Crop & Deskew, Auto Mode, Color Dropout, Blank Page Removal

Tabel perbandingan produk scanner dokumen terbaik

Gambar produk
1
Plustek SmartOffice 1

Plustek

2
iScan Handy Scanner Resolusi 900Dpi 1

iScan

3
Plustek MobileOffice  1

Plustek

4
Plustek OpticSlim  1

Plustek

5
Brother Compact Mobile Document Scanner  1

Brother

6
Epson DS-410 Document Scanner 1

Epson

7
Canon  LiDE 1

Canon

8
FUJITSU Image Scanner ScanSnap 1

FUJITSU

9
Plustek SmartOffice 1

Plustek

10
Kodak Alaris ScanMate 1

Kodak Alaris

Nama produk

SmartOffice

Handy Scanner Resolusi 900Dpi

MobileOffice

OpticSlim

Compact Mobile Document Scanner

DS-410 Document Scanner

LiDE

Image Scanner ScanSnap

SmartOffice

ScanMate

Keunggulan

Kompatibel dan aman untuk dokumen bertekstur kaku

Hasil pemindaian aman dalam penyimpanan eksternal

Memindai dokumen berukuran kecil jadi kian praktis

Dilengkapi Specialized Lid untuk scan dokumen tebal

Ringan dan praktis untuk dibawa bepergian

Kinerja tangguh dengan kapasitas ribuan dokumen

Makin stylish dengan tampilan pemindaian tegak lurus

Memindai dengan smooth tanpa merusak dokumen

Hemat waktu untuk pemindaian 50 lembar sekaligus

Tuntaskan beberapa pekerjaan dengan satu sentuhan

Harga mulai dariRp 3.990.000,00Rp 590.000,00Rp 1.890.000,00Rp 1.590.000,00Rp 1.845.000,00Rp 5.390.000,00Rp 1.630.000,00Rp 11.599.000,00Rp 5.990.000,00Rp 2.725.000,00
JenisADF scanner dan sheetfed scannerHandy scannerHandy scannerFlatbed scannerSheetfed scannerADF scanner dan sheetfed scannerFlatbed scannerOverhead scannerFlatbed scanner dan ADF scannerADF scanner
Resolusi600 dpiMaksimal 900 dpi600 dpi1.200 dpi300 dpi600 dpiUp to 2.400 dpiUp to 1.200 dpi600 dpi600 dpi
Ukuran dokumen yang kompatibelMinimal: 5,08 cm x 5,08 cm・Maksimal: 22 cm x 35,6 cmMaksimal A4Minimal: 7,4 cm x 5,2 cm・Maksimal: 21,6 cm x 91 cm・Pindai dokumen ukuran A8 secara horizontalKartu nama, A5, kuarto, letter, dan A4Kartu, F4, dokumen lain sepanjang 180 cmMinimal: 5,08 cm x 5,08 cm・Maksimal: 21,5 cm x 304,8 cmUp to A4/letter (21,6 cm x 29,7 cm)Minimal: 2,5 cm x 2,5 cm・Maksimal: 43,2 cm x 30 cmFlatbed: Minimal: 1,27 cm x 1,27 cm・Maksimal: 21,6 cm x 29,7 cm・ADF: Minimal: 1,32 cm x 1,32 cm・Maksimal: 21,6 cm x 35,6 cmFlatbed: Minimal: 8 cm x 5,2 cm・Maksimal: 21,6 cm x 152,4 cm
Kecepatan pemindaianGrayscale mode: 25 ppm・B & W mode: 25 ppm・Color mode: 5 ppmTidak disebutkan9 detik (standar A4 berwarna 300 dpi)15 detikUp to 15 ppmUp to 26 ppm5–10 detik3 detik9–10 ppm8–20 ppm
Sumber dayaUSB 2.0Baterai AAUSB PowerUSB 1.1USBUSB 2.0USB CUSB 2.0/USB 1.1 (Connector Type: Type B)USB 2.0USB 2.0 dan USB 3.0
FiturAuto Threshold, Auto Rotate, Auto Crop & Deskew, Auto Mode, Color Dropout, Blank Page Removal Slot penyimpanan eksternal micro SD (up to 32 GB)Remove Blank Page, Merge Pages, Image Compression, Split Images, Remove Punch Hole, Image Edge Fill, Auto Rotate, dan sebagainyaCopy, OCR, email, Custom, dan PDFOCR (optical character recognition)Automatic Size Recognition, Text Enhancement, Document Skew Correction, Colour Enhancement & Colour Dropout 5 Tombol EZ, Advanced Z-lid, pemindaian tegak lurusMulti Document Detection, VI Technology, Auto Book Correction, Point Retouch, Page Turning Detection, Time Mode, Scansnap HomeAuto Threshold, Auto Rotate, Auto Crop & Deskew, Color Dropout, Blank Page RemovalAlaris Perfect Page Scanning, iThresholding, Automatic Image Straightening (Deskew), Auto Cropping, Image Rotation, dan sebagainya
Tautan produk

Baca juga rekomendasi scanner lainnya di sini

Selain untuk memindai dokumen, tersedia juga scanner untuk jenis file lainnya. Anda bisa menemukan beberapa jenis scanner lain melalui artikel di bawah ini. 

Kesimpulan

Kami telah memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk scanner dokumen berukuran A4 hingga A3 terbaik untuk Anda. Bahkan, ada pula rekomendasi scanner dokumen murah terbaik untuk Anda yang memiliki budget terbatas. 

Sebelum membeli scanner dokumen, pastikan juga untuk memeriksa fitur yang ditawarkan. Dengan banyaknya variasi produk, kami berharap Anda dapat menemukan produk scanner dokumen yang sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel kami bermanfaat untuk Anda, ya! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Epson Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kebutuhan mencetak, baik dokumen maupun gambar, membutuhkan printer. Salah satu merek printer yang bagus adalah Epson. Epson merupakan perusahaan elektronik asal Jepang yang memproduksi printer dan device lainnya yang berhubungan dengan foto. Printer yang diproduksi oleh Epson terdiri dari beberapa jenis. Nah, untuk membantu Anda dalam memilih printer Epson yang sesuai kebutuhan, kami akan memberikan tips mudahnya. Tidak ketinggalan, kami juga akan merekomendasikan sepuluh printer Epson terbaru, seperti WorkForce, SureColor, dan EcoTank. Segera simak uraian kami dengan saksama, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Printer Thermal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Printer thermal saat ini sudah tidak asing bagi sebagian orang. Alat ini biasa digunakan untuk mencetak berbagai label sticker, barcode, resi pengiriman, dan sebagainya. Ada yang menggunakan koneksi kabel USB dan ada pula yang menggunakan Bluetooth. Bahkan, di antaranya berukuran mini sehingga lebih portable.Apabila Anda berencana membeli printer thermal, simak artikel ini dengan baik. Kami akan memberikan tips dan rekomendasi printer thermal dari berbagai merek yang bagus! Printer thermal dari Epson, Brother, atau BLUEPRINT mungkin bisa jadi favorit Anda. Semua produk tersedia di marketplace atau online shop, lho!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Inkjet Printer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Inkjet printer adalah mesin cetak yang mampu mencetak foto dan dokumen berkualitas tinggi. Foto dan dokumen yang dicetak dengan printer ini lebih tahan lama dan kaya warna. Terdapat berbagai merk inkjet printer yang sudah terkenal dan banyak digunakan, seperti Canon, Epson, HP, dan Brother.Masing-masing produsen memiliki berbagai jenis inkjet printer dengan berbagai jenis kertas dan tinta yang sesuai untuk digunakan. Kali ini kami akan memaparkan tentang cara memilih inkjet printer yang bagus untuk Anda. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi alat tersebut. Selamat membaca!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin fotocopy termasuk salah satu kebutuhan penting di kantor. Untuk efisiensi tempat dan biaya, Anda bisa memilih mesin fotocopy mini. Selain ukurannya yang minimalis, harganya juga lebih terjangkau. Anda juga dapat menggunakan mesin fotocopy mini untuk usaha fotocopy di rumah. Di artikel ini, kami akan membagikan cara memilih mesin fotocopy mini yang bagus. Kami juga merekomendasikan mesin fotocopy mini untuk menunjang pekerjaan Anda. Merek-merek poopuler, seperti Epson, Canon, Brother, dan Kyocera, dapat Anda temukan dalam daftar rekomendasi tersebut. Selamat membaca dan memilih.
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Fotocopy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin fotocopy merupakan perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk menggandakan dokumen dalam jumlah banyak dengan cepat. Selain untuk kegiatan bisnis, mesin fotocopy juga dapat digunakan untuk menunjang aktivitas administrasi perkantoran. Nah, tentu Anda penasaran dengan harga mesin fotocopy terbaru, seperti merek Canon, Xerox, Kyocera, dan Brother, bukan? Melalui artikel ini, kami akan mengulas tips memilih dan membeli mesin fotocopy yang bagus secara online. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin fotocopy terbaik dari merek ternama. Jika Anda penasaran, simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Cutting Sticker Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kebutuhan akan mesin cutting sticker terus meningkat untuk usaha sablon baju, mencetak logo produk, dan lain sebagainya. Tak hanya untuk bisnis, banyak juga yang mencari alat cutting sticker untuk hobi. Sebagai contoh, membuat stiker untuk mobil, motor, ataupun laptop.Oleh karena itu, kali ini kami akan mengulas cara memilih mesin cutting sticker yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk mesin cutting sticker dari berbagai merek, seperti Jinka, Rhinotec, dan GRAPHTEC. Mesin cutting sticker yang harganya murah, berfitur auto contour, bahkan cocok untuk mencetak stiker A4 akan Anda temukan. Selamat membaca!
    Elektronik kantor
  • 10 Rekomendasi Mesin Jilid Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Jilid Buku Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mesin jilid buku adalah alat yang berfungsi menjilid lembaran-lembaran kertas menjadi sebuah buku. Mesin jilid buku sangat berguna dalam membuat booklet dan bahan untuk suatu acara. Perusahaan percetakan biasanya menggunakan mesin jilid buku otomatis. Namun, kini banyak mesin jilid buku manual dan semiotomatis yang tersedia di marketplace. Agar tak salah pilih, kami akan menjelaskan cara memilih mesin jilid buku yang bagus. Merek mesin jilid terbaik, seperti Promaxi dan Gemet ada dalam rekomendasi kami. Ada juga ulasan mesin jilid teknik spiral dan lem panas. Yuk, simak artikel ini sampai habis!
    Elektronik kantor
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori