1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Peralatan makan & minum
  6. >
  7. 10 Stainless Tumbler Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Stainless Tumbler Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Stainless Tumbler Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Stainless Tumbler Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Stainless Tumbler Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Stainless Tumbler Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Stainless Tumbler Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2023)

Tumbler rasanya sudah menjadi bagian dari kehidupan zaman sekarang, ya. Ada banyak kedai kopi yang menjual tumbler premium yang menarik. Salah satu bahan tumbler yang banyak dicari adalah stainless. Stainless tumbler dengan insulasi yang baik dapat menahan suhu minuman panas ataupun dingin lebih lama.


Ada banyak stainless tumbler merek lainnya yang bagus selain tumbler dari kafe Starbucks, seperti Thermos, LocknLock, dan Shuma. Sebelum Anda membeli stainless tumbler, simak dahulu informasi seputar memilih stainless tumbler terbaik beserta tips lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Selamat membaca!

Diperbaharui 07-26-2022
Pakar
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop. Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Profil Lalu Ahmad Alpian
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa itu tumbler? Apa bedanya dengan botol air biasa?

Apa itu tumbler? Apa bedanya dengan botol air biasa?

Apakah Anda masih bingung soal perbedaan botol air dan tumbler? Kedua barang ini sebetulnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk membawa minuman. Meski begitu, keduanya memiliki desain dan fungsi tambahan yang berbeda.


Istilah tumbler awalnya mengacu pada gelas berbahan kaca, sedangkan botol air biasa berbentuk botol dengan mulut yang lebih kecil. Namun, saat ini ada tumbler yang terbuat dari stainless steel dan double wall. Stainless tumbler ini dapat menahan suhu minuman panas ataupun dingin dengan lebih lama.


Konstruksi tumbler double wall insulated memiliki kemampuan paling baik dalam menjaga suhu minuman tetap ideal. Tumbler ini menjaga suhu minuman dengan cara menaruh lapisan udara di antara minuman Anda dan suhu di luar.

Cara memilih stainless tumbler

Stainless tumbler adalah wadah yang mampu menjaga suhu minuman panas tetap panas dan minuman dingin tetap dingin. Dengan demikian, minuman favorit Anda akan tetap nikmat dalam jangka waktu yang cukup lama. Berikut kami berikan tips memilih stainless tumbler.

① Periksa performa produk dalam mempertahankan suhu minuman

Periksa performa produk dalam mempertahankan suhu minuman

Banyak produsen yang sudah mencantumkan lama kemampuan tumblernya untuk menahan suhu minuman panas ataupun dingin. Perlu diketahui bahwa tumbler berbahan stainless menahan suhu minuman dingin lebih lama dibandingkan minuman panas. 24Bottles bahkan mengeklaim bahwa produknya bisa menjaga suhu minuman dingin sampai 24 jam untuk seri Travel Tumbler.


Periksalah seberapa lama tumbler dapat menjaga minuman Anda tetap hangat atau dingin. Anda bisa mengetahui informasi ini dari penjelasan struktur insulasi panas dan grafik kinerja retensi suhu di situs produsen. Di sisi lain, jangan lupa untuk membaca ulasan dari pengguna lainnya tentang performa tumbler tersebut.


Untuk menjaga suhu minuman, tumbler biasanya memiliki tutup yang dilengkapi dengan karet silikon. Karet silikon membuat tutup lebih kencang agar suhu minuman tetap terjaga.

② Cek lebarnya mulut tumbler

Cek lebarnya mulut tumbler

Anda bisa memastikan desain mulut stainless tumbler sesuai dengan kebutuhan. Kami akan menjelaskan dua jenis desain mulut stainless tumbler tersebut.


  • Stainless tumbler dengan mulut yang besar seperti mug akan lebih mudah dibersihkan sampai bagian dasar. Meski begitu, Anda perlu lebih berhati-hati saat minum dari tumbler yang mulutnya besar. Minuman Anda kemungkinan besar bisa tumpah saat Anda minum karena mulutnya yang terlalu lebar.

  • Stainless tumbler dengan tambahan mulut yang lebih kecil akan lebih mudah untuk digunakan. Mulut yang lebih kecil memungkinkan Anda untuk minum tanpa tumpah. Namun, Anda perlu lebih telaten saat membersihkan tumbler ini sampai ke bagian mulutnya.

③ Pilih berdasarkan penggunaan stainless tumbler

Tumbler tidak hanya cocok digunakan untuk bepergian, tetapi juga untuk dipakai di rumah. Nah, silakan tentukan tumbler yang sesuai dengan tujuan penggunaan, ya.

Untuk penggunaan di rumah: Tersedia beragam pilihan model

Stainless tumbler dapat Anda gunakan di rumah ataupun ruang kerja Anda. Anda bisa memilih stainless tumbler tanpa tutup untuk digunakan di tempat. Stainless tumbler tanpa tutup sayangnya kurang dapat menjaga suhu minuman dalam jangka waktu lama.


Sebagai solusinya, stainless tumbler dengan model cup bisa Anda pertimbangkan. Model cup menyerupai gelas dapat Anda gunakan untuk menikmati kopi ataupun teh. Pastikan juga adanya karet silikon di bawah tumbler untuk mencegah tumbler tergelincir dari meja kerja Anda.

Untuk bepergian: Tumbler yang ringan dengan desain compact

Stainless tumbler dapat Anda bawa saat bepergian. Anda bisa memilih tumbler dengan kapasitas yang lebih kecil agar bawaan Anda tidak terlalu berat, seperti 200–300 ml. Pilih juga tumbler dengan bentuk yang compact agar mudah disimpan di dalam tas.


Ada juga tumbler dengan desain cantelan sehingga mudah dibawa. Cantelan tersebut dapat Anda pasangkan dengan carabiner untuk disangkutkan di tas. Tumbler yang sudah dilengkapi sedotan pun tersedia.

Untuk berolahraga: Tumbler yang mudah dibuka jadi opsi terbaik

Pastikan Anda memilih stainless tumbler dengan desain yang mudah dibuka untuk dibawa saat berolahraga. One push tumbler bisa menjadi pilihan sport tumbler terbaik. Anda dapat langsung minum hanya dengan sekali menekan tombolnya tanpa perlu memutar tutup tumbler.


Jika Anda akan membawa stainless tumbler untuk pergi bersepeda, pilih ukurannya pas di tempat bottle cage. Cocokkanlah diameter bottle cage dengan diameter stainless tumbler pilihan Anda.

10 Rekomendasi stainless tumbler terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk stainless tumbler terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Ecentio

Tumbler LED

Ecentio Tumbler LED  1枚目

Tumbler unik dengan LED pendeteksi suhu minuman

2

LocknLock

One Touch Clip Tumbler 550 ml

LocknLock One Touch Clip Tumbler 550 ml 1枚目

Stainless tumbler model cup dengan desain stylish kekinian

3

Thermos

Ultra Light One Push Tumbler

Thermos Ultra Light One Push Tumbler 1枚目

One push button stainless tumbler, minum jadi lebih praktis saat olahraga

4

Starbucks

Tumbler 16oz Stainless Steel Etched Siren Black Core

Starbucks Tumbler 16oz Stainless Steel Etched Siren Black Core  1枚目

Stainless tumbler premium dari Starbucks yang simple dan elegan

5

SHUMA

Vacuum Mini Tumbler

SHUMA  Vacuum Mini Tumbler 1枚目

Tumbler mungil yang siap sedia menemani ke mana pun Anda pergi

6

Zojirushi

Vacuum Mug Tumbler

Zojirushi Vacuum Mug Tumbler 1枚目

Tutupnya memiliki tempat penyimpanan untuk teh dan kopi

7

mosh!

Straw Latte Tumbler

mosh! Straw Latte Tumbler 1枚目

Model stainless tumbler yang unik dan lengkap dengan silicone straw

8

Orinoco

Magic Bear Trendy Design One Push Tumbler

Orinoco  Magic Bear Trendy Design One Push Tumbler  1枚目

Detail beruang dan pilihan warnanya bikin gemas!

9

Kopi Kenangan

Hook Tumbler

Kopi Kenangan Hook Tumbler 1枚目

Lubang hook di bagian tutup membuat tumbler dapat digantung

10

Klean Kanteen

Insulated Tumbler 8oz

Klean Kanteen Insulated Tumbler 8oz 1枚目

Teknologi powder coat finish Klean Coat membuatnya empat kali lebih kokoh

Perincian produk
Close
No.1

Tumbler unik dengan LED pendeteksi suhu minuman

Kelebihan:

  • Memiliki bagian LED untuk mendeteksi suhu minuman
  • Bagian bawah tumbler dilengkapi dengan silikon agar tidak selip
  • Terdapat ring silicone di bagian tutupnya sehingga tidak mudah bocor

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mendapatkan produk yang LED-nya tidak berfungsi

Stainless tumbler dari Ecentio memang terbilang unik. Bagian tutupnya dilengkapi dengan sensor yang dapat mendeteksi suhu minuman. Anda bisa melihat informasi tersebut dari LED di tutupnya. Jadi, Anda dapat mengetahui suhu minuman Anda dengan fitur tersebut. Selain itu, tumbler unik ini hadir dengan pilihan warna pastel yang cute.

No.2

LocknLockOne Touch Clip Tumbler 550 mlLHC3249

Mulai dari Rp299.000,00

Stainless tumbler model cup dengan desain stylish kekinian

Kelebihan:

  • Modelnya simpel dan menyerupai cup kopi
  • Tutup cup-nya dilengkapi dengan silikon dan pengunci agar tidak tumpah

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mendapatkan produk yang penyok

LocknLock menawarkan beberapa pilihan stainless tumbler yang stylish, salah satunya One Touch Clip Tumbler. Stainless tumbler ini kami rekomendasikan untuk Anda yang mencari tumbler model cup yang simpel. Model cup-nya menyerupai cup kopi di cafe dengan tutup karet silikon serta pengunci. Pilihan warna yang ditawarkan juga kekinian.

No.3

ThermosUltra Light One Push Tumbler

Mulai dari Rp435.600,00

One push button stainless tumbler, minum jadi lebih praktis saat olahraga

Kelebihan:

  • Bobot stainless tumbler yang tergolong ringan
  • Cukup sekali tekan, Anda bisa minum dengan satu tangan
  • Terdapat pengunci ganda untuk mencegah kebocoran

Kekurangan:

  • Anda harus memastikan tumbler tertutup rapat

Apabila Anda mencari stainless tumbler untuk berolahraga, pertimbangkanlah tumbler dari Thermos ini. Model one push button membuat Anda bisa minum secara praktis hanya dengan satu tangan. Alhasil, Anda tak perlu membuka tutupnya. Selain itu, stainless tumbler ini memiliki bobot yang tergolong ringan dibandingkan tumbler dengan kapasitas sekelasnya.

No.4

StarbucksTumbler 16oz Stainless Steel Etched Siren Black Core S11067453

Mulai dari Rp485.000,00

Stainless tumbler premium dari Starbucks yang simple dan elegan

Kelebihan:

  • Bagian alas tumbler didesain agar tumbler tidak mudah tergelincir dari meja

Kekurangan:

  • Tidak ada informasi tentang kemampuan tumbler menahan suhu panas dan dingin

Bagi Anda yang sering membeli kopi di Starbucks, rasanya kurang lengkap jika belum memiliki koleksi tumblernya, ya. Hal ini karena Anda bisa mendapatkan minuman setengah harga pada hari tertentu dengan menggunakan tumbler Starbucks.


Jika Anda mencari stainless tumbler Starbucks, kami merekomendasikan tumbler yang satu ini. Bagian luarnya dilapisi bahan karet dan bagian bawahnya juga antiselip. Desainnya pun simpel dan elegan dengan warna hitam. Anda bisa menggunakan stainless tumbler ini untuk minuman berukuran grande.

No.5

SHUMA Vacuum Mini TumblerSHGC0200

Mulai dari Rp135.300,00

Tumbler mungil yang siap sedia menemani ke mana pun Anda pergi

Kelebihan:
  • Ukurannya mini dan pas untuk dimasukkan ke dalam tas
  • Bagian luar dan dalam terbuat dari stainless steel 304

Kekurangan:

  • Kapasitasnya tergolong sedikit sehingga tidak dapat menampung banyak minuman

Anda mungkin membutuhkan stainless tumbler berbentuk botol dalam ukuran mini untuk pergi bekerja ataupun traveling. Untuk itu, kami merekomendasikan stainless tumbler yang bagus dari Shuma. Tumbler dengan kapasitas 200 ml ini tentunya muat disimpan di dalam tas kerja Anda. Bagian depan dan dalamnya menggunakan bahan stainless steel 304 sehingga lebih awet.

No.6

ZojirushiVacuum Mug TumblerSM-AGE35

Mulai dari Rp460.000,00

Tutupnya memiliki tempat penyimpanan untuk teh dan kopi

Kelebihan:

  • Bagian tutupnya memiliki tempat penyimpanan daun teh
  • Tumbler benar-benar dapat menahan suhu minuman panas dan dingin

Kekurangan:

  • Tidak memiliki mulut botol yang kecil

Saat cuaca sedang dingin, teh hangat pasti sanggup menghangatkan tubuh Anda. Nah, kami merekomendasikan stainless tumbler Zojirushi ini bagi Anda yang suka menikmati teh saat bepergian. Bagian tutupnya dapat dibuka untuk menyimpan daun teh ataupun kopi. Jadi, Anda bisa menyeduhnya dengan air panas dalam perjalanan.

No.7

mosh!Straw Latte Tumbler

Mulai dari Rp379.000,00

Model stainless tumbler yang unik dan lengkap dengan silicone straw

Kelebihan:

  • Bagian tutupnya spill-proof jadi aman dibawa di dalam tas
  • Stainless tumbler dilengkapi sedotan silikon

Kekurangan:

  • Beberapa konsumen mengeluhkan bahwa tumbler kurang dapat menahan suhu minuman

Straw Latte Tumbler dari mosh! merupakan stainless tumbler yang unik. Stainless tumbler ini dilengkapi silicone straw yang dapat Anda lingkarkan di tutup tumbler. Produk ini pas untuk Anda yang membutuhkan stainless tumbler yang praktis dan serbaguna.


Berikutnya, tumbler ini memiliki bagian mulut yang spill-proof. Jadi, Anda bisa membawanya dengan aman di dalam tas tanpa takut tumpah. Tambahan lagi, seluruh bagian stainless tumbler dari mosh! ini mudah untuk dibersihkan.

No.8

Orinoco Magic Bear Trendy Design One Push Tumbler MCC-509

Mulai dari Rp140.000,00

Detail beruang dan pilihan warnanya bikin gemas!

Kelebihan:

  • Detail beruang dan warna yang menggemaskan

Kekurangan:

  • Kapasitasnya tidak terlalu besar

Jika Anda mencari stainless tumbler yang menggemaskan, pertimbangkan produk yang satu ini, ya. Ornamen beruang di badan tumbler adalah detail yang membuat stainless tumbler Orinoco makin menggemaskan. Anda bisa membeli tumbler ini untuk digunakan oleh anak ataupun untuk diri sendiri. Jika Anda memberikan tumbler ini pada si kecil, pasti mereka akan senang.

No.9

Kopi KenanganHook Tumbler

Mulai dari Rp249.000,00

Lubang hook di bagian tutup membuat tumbler dapat digantung

Kelebihan:

  • Bagian tutupnya terdapat lubang untuk hook

Kekurangan:

  • Anda perlu memastikan tutupnya rapat agar tidak terlepas saat digantungkan

Anda bisa juga memilih tumbler dari gerai kopi lokal yang satu ini. Kopi Kenangan menawarkan beragam stainless tumbler yang stylish, seperti produk ini. Bagian tutupnya dilengkapi dengan lubang untuk cantelan. Dengan begitu, tumbler ini dapat Anda bawa saat traveling. Selain itu, detail daun dan biji kopi yang timbul di bagian badan tumbler membuat produk ini makin keren.

No.10

Klean KanteenInsulated Tumbler 8oz

Mulai dari Rp369.900,00

Teknologi powder coat finish Klean Coat membuatnya empat kali lebih kokoh

Kelebihan:

  • Permukaannya dilapisi Klean Coat sehingga tumbler kopi empat kali lebih awet

Kekurangan:

  • Kapasitasnya tidak terlalu besar

Bekerja sambil ditemani segelas kopi atau teh bisa membuat Anda lebih bersemangat. Jika Anda sedang mencari tumbler yang pas untuk diletakkan di meja kerja, kami merekomendasikan produk dari Klean Kanteen ini.


Stainless tumbler ini memiliki ukuran mini sehingga pas untuk menemani pekerjaan Anda. Tambahan lagi, tumbler kopi ini dilengkapi dengan Klean Coat yang merupakan powder coat finish. Lapisan ini membuat stainless tumbler empat kali lebih awet dan permukaannya tidak mudah penyok.

Pertanyaan umum seputar stainless tumbler

Pertanyaan umum seputar stainless tumbler

Selain tips memilih stainless tumbler, kami sudah merangkum berbagai pertanyaan umum seputar stainless tumbler. Informasi ini sangat penting untuk Anda ketahui agar Anda bisa menyimpan minuman dengan baik.

Bagaimana cara supaya suhu minuman dalam tumbler stainless tahan lama?

Tuangkan terlebih dahulu air yang suhunya sama dengan suhu minuman Anda, tunggu beberapa saat, lalu buang airnya. Sebagai contoh, coba tuangkan air panas terlebih dahulu sebelum memasukkan minuman panas. Dengan begitu, suhu dalam tumbler akan menjadi lebih panas atau lebih dingin sehingga suhu minuman tahan lama.

Bagaimana cara mencuci tumbler stainless yang benar?

Bukalah seluruh bagian tumbler dan cuci dengan sabun cuci piring serta spons. Jika ada bau ataupun noda yang tertinggal, Anda bisa memasukkan baking soda dan air ke dalam tumbler. Tunggulah semalaman dan bilas kembali tumbler Anda.

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Tumbler berbahan stainless bisa jadi bahan tumbler yang paling ideal. Selain punya heat retention yang lebih baik dari plastik, sifat anti-corrosive membuat stainless tumbler lebih awet dan kuat.

Baca juga rekomendasi produk botol minum lainnya di sini

Kami berharap Anda telah menemukan produk terbaik sesuai kebutuhan Anda. Selain produk stainless tumbler, kami juga mempunyai rekomendasi produk botol minum yang dapat disimak. Artikel-artikel tersebut dapat Anda baca melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Menggunakan tumbler memang baik untuk lingkungan karena Anda bisa mengurangi sampah plastik. Anda pun bisa memilih stainless tumbler untuk menjaga suhu minuman kesukaan Anda dalam jangka waktu beberapa jam. Pastikan Anda memilih stainless tumbler dengan kapasitas yang dibutuhkan.


Ada banyak produk stainless tumbler yang bagus serta premium. Jangan lupa juga untuk mencari tahu detail desain tumbler tersebut, ya. Ingat juga untuk membawa tumbler saat bepergian. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer