10 Rekomendasi Power Bank Terbaik yang Lucu dan Unik untuk Wanita (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Power Bank Terbaik, Lucu dan Unik! (Terbaru Tahun 2018)

Power bank bisa dibilang sudah menjadi barang yang selalu dibawa ke mana-mana untuk memudahkan Anda mengisi daya smartphone atau tablet kapan saja. Saat ini sudah banyak produsen yang memproduksi produk ini seperti Remax, Samsung, dan sebagainya, dengan kapasitas, ukuran, dan desain yang beragam. Namun, apa saja yang perlu diperhatikan jika Anda akan membeli power bank?

Terutama bagi kaum wanita, bentuk yang menarik dari suatu produk sering kali menjadi bahan pertimbangan. Untuk itu, kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi power bank yang bentuknya lucu dan unik, serta membahas poin-poin cara memilih power bank yang tepat agar Anda tidak salah pilih!

Cara memilih power bank

Kami akan menjelasakan satu per satu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memilih power bank. Berikut pembahasannya, silahkan disesuaikan dengan selera juga kebutuhan Anda.

Pilih kapasitas baterai sesuai terminalnya

Istilah yang biasa dipakai pada baterai adalah mAh (milliampere hour) yang menunjukkan seberapa banyak arus listrik yang dikeluarkan selama satu jam. Hal tersebut akan menentukan berapa kali Anda dapat mengisi daya dari power bank ke gadget Anda. Selain itu, perlu diperhatikan bahwa biasanya arus listrik yang benar-benar dialirkan hanya sekitar 70% dari yang tertera pada keterangan produk. Oleh karena itu, pertimbangkanlah hal ini dengan cermat saat Anda memilih power bank.

Daya 3000 mAh untuk smartphone ukuran kecil

Daya 3000 mAh untuk smartphone ukuran kecil

Power bank dengan kapasitas 3000 mAh direkomendasikan untuk smartphone yang berukuran kecil, seperti iPhoneSE dan Xperia X. Smartphone yang termasuk kategori kecil ini mempunyai kapasitas 1700-2500 mAh sehingga power bank dengan kapasitas 3000 mAh dapat digunakan untuk satu kali pengisian daya smartphone.

Semakin kecil kapasitas daya suatu power bank, semakin kecil pula ukurannya. Power bank jenis ini cocok untuk Anda yang tidak terlalu sering mengalami risiko kehabisan baterai saat berada di luar ruangan atau ketika memiliki akses power supply untuk smartphone Anda.

Daya 6000 mAh untuk smartphone ukuran besar

Daya 6000 mAh untuk smartphone ukuran besar

Power bank dengan daya 6000 mAh cocok digunakan untuk smartphone atau tablet berukuran 5 inci atau lebih, seperti Galaxy S8 di Android, iPhone 7 Plus, dan lainnya. Biasanya daya pada smartphone seukuran ini adalah sekitar 3000-3500 mAh sehingga power bank berkapasitas 6000 mAh bisa digunakan untuk mengisi daya lebih dari satu kali. Mungkin sedikit sulit jika Anda ingin menggunakan power bank tipe ini untuk mengisi penuh daya pada tablet, tapi setidaknya bisa untuk mengisi setengah dayanya. Walaupun power bank ini biasanya agak berat, sekitar 150 gram, Anda bisa merasa lebih tenang dan tidak perlu khawatir kehabisan baterai dengan power bank berkapasitas menengah ini.

Daya 10000 mAh atau lebih untuk notebook atau PC

Daya 10000 mAh atau lebih untuk notebook atau PC

Jika Anda memerlukan power bank untuk digunakan pada laptop atau personal computer, pilihlah yang memiliki kapasitas minimal 10000 mAh. Pada umumnya, kapasitas baterai untuk laptop atau tablet adalah sekitar 7000 mAh sehingga power bank dengan kapasitas 10000 mAh bisa dipakai untuk mengisi daya sekitar satu kali.

Namun, semakin besar kapasitas dayanya, ukuran power bank pun semakin besar dan bobotnya bisa mencapai 250 gram atau lebih. Power bank dengan kapasitas tersebut akan terasa lebih berat sehingga lebih disarankan untuk digunakan pada perjalanan yang cukup lama atau jauh dibandingkan untuk pemakaian sehari-hari.

Untuk tablet, pilih terminal dengan output 2 A atau lebih

Untuk tablet, pilih terminal dengan output 2 A atau lebih

Satuan ampere (A) digunakan untuk menyatakan input dan output pada sebuah power bank. Sebagai contoh, keterangan dari 5V/1A  dengan 5V/2.1A yang tertera pada suatu produk menunjukkan jumlah arus keluaran dari power bank tersebut. Pastikan untuk mengecek keterangannya sebelum Anda membeli suatu produk.

Jika Anda menggunakan power bank untuk mengisi daya smartphone, power bank dengan output 1 A sudah cukup. Sedangkan untuk mengisi daya tablet atau laptop, pastikan power bank yang Anda pilih mampu mengeluarkan output minimal 2 A.

Cek apakah ada keterangan fitur “quick charge”

Cek apakah ada keterangan fitur “quick charge”

Jika Anda menginginkan pengisian daya dengan cepat, pastikan bahwa keterangan quick charge tertera pada power bank yang Anda pilih. Fitur ini berarti power bank tersebut memiliki kemampuan untuk mengisi daya dengan cepat dibanding dengan produk lain pada umumnya.

Namun, perlu diperhatikan bahwa standar produk biasanya berubah secara berkala. Pastikan Anda memeriksa seberapa jauh terminal yang saat ini digunakan kompatibel dengan power bank yang akan Anda beli. Misalnya, saat ini sudah tersedia produk yang memiliki keterangan fitur ‘Quick Charge’ dengan kecepatan 4+ yang lebih cepat dari biasanya. Namun, fitur ini belum tentu sudah bisa digunakan di dalam negeri. Jadi, pastikan untuk mengecek berbagai standar terkait power bank yang akan Anda pilih.

Sesuaikan jumlah port USB dengan gadget yang digunakan

Sesuaikan jumlah port USB dengan gadget yang digunakan

Pada umumnya power bank memiliki dua terminal pengisian (port USB) atau lebih. Jika power bank yang Anda pilih memiliki dua port atau lebih, Anda dapat mengisi daya tablet atau laptop secara bersamaan dengan pengisian daya ponsel. Hal ini dapat menghemat waktu atau Anda juga bisa menggunakannya secara sharing dengan rekan Anda.

Pilih berdasarkan ukuran yang mudah dibawa

Pilih berdasarkan ukuran yang mudah dibawa

Bagi wanita, ukuran dan berat power bank juga merupakan poin yang cukup penting untuk diperhatikan sebelum membeli produk tersebut. Beratnya sendiri juga beragam tergantung dari kapasitas power bank itu sendiri. Sebagai patokan, pilihlah power bank yang ukurannya kira-kira sebesar telapak tangan Anda agar mudah dibawa ke mana-mana atau dimasukkan ke dalam tas saat bepergian.

Pastikan kabelnya kompatibel

Pastikan kabelnya kompatibel

Perlu diperhatikan bahwa kabel charger pada smartphone iOS dan Android memiliki bentuk port yang berbeda. Power bank yang beredar di pasaran saat ini sebagian besar sudah menyediakan kedua jenis port untuk mengisi daya pada smartphone berbasis iOS maupun Android. Namun, ada baiknya untuk tetap memeriksa apakah jenis kabel pada power bank yang akan dibeli cocok dengan gadget yang Anda gunakan.

Pada umumnya, kabel micro USB kompatibel dengan Android. Namun, Anda memerlukan kabel lightning untuk gadget berbasis iOS. Jika Anda memiliki perangkat lain seperti iPod, pastikan juga apakah kabel yang dimiliki oleh power bank tersebut bisa digunakan.

Periksa fitur praktis lainnya

Selain bisa mengisi daya smartphone dan tablet, pastikan power bank yang Anda pilih memiliki fungsi-fungsi praktis lainnya. Mari kita lihat beberapa di antara fitur tersebut dan pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda!

Tetap dapat digunakan saat sedang diisi dayanya

Tetap dapat digunakan saat sedang diisi dayanya

Biasanya power bank tidak dapat digunakan ketika sedang diisi dayanya. Namun, baru-baru ini sudah ada produk yang memiliki fungsi “chase charging” atau “pass through charging, di mana power bank tersebut juga bisa mengisi daya smartphone secara bersamaan saat daya power bank itu sendiri sedang diisi. Dengan produk ini Anda bisa menghemat waktu saat mengisi dua device sekaligus.

Hal ini sangat penting jika Anda menggunakan power bank dengan kapasitas yang besar dan membutuhkan waktu cukup lama dalam pengisian dayanya sampai penuh. Fitur semacam ini akan menjadikan proses pengisian daya lebih praktis dan efektif. Akan tetapi, sayangnya power bank tipe ini masih sangat jarang tersedia di pasaran, terutama di Indonesia.

Safety function untuk mencegah overcharge dan overheat

Safety function untuk mencegah overcharge dan radiasi panas

Produk dengan fungsi ini akan memberikan rasa aman bagi Anda saat mengisi daya smartphone, kemudian lupa mencabutnya ketika baterai sudah penuh. Dengan fungsi ini, power bank akan berhenti mengisi daya secara otomatis saat daya gadget Anda sudah terisi penuh atau ketika terjadi overheat.

Power bank yang tidak memiliki fungsi semacam ini berisiko mengakibatkan kerusakan pada smartphone atau tablet Anda. Jika dibiarkan mengisi daya terlalu lama, ada risiko terjadi berbagai masalah mulai dari panas yang ditimbulkan oleh device tersebut sampai adanya kemungkinan gadget akan terbakar. Jadi, pastikan Anda memeriksa fungsi ini sebelum membeli power bank yang Anda inginkan.

10 Rekomendasi power bank terbaik yang lucu dan unik untuk wanita

Setelah mengetahui cara memilih power bank dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum Anda membelinya, berikut ini kami perkenalkan produk-produk yang direkomendasikan dengan pertimbangan bentuknya yang lucu dan unik tanpa mengesampingkan fungsi utamanya untuk mengisi daya smartphone atau tablet Anda!

10. Universal Power bank

10. Universal Power bank

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 295.000

Dapatkan tiga fungsi berbeda dalam satu produk!

Power bank unik pertama yang direkomendasikan adalah power bank dengan bentuk menyerupai senter. Produk ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengisi daya pada gadget Anda, tapi juga bisa digunakan untuk senter sekaligus speaker. Anda bisa mendapatkan tiga fungsi sekaligus dalam satu produk!

Power bank ini mempunyai daya 4000 mAh dan bisa digunakan untuk satu kali pengisian daya pada handphone. Produk ini didesain anti-air sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan risiko power bank rusak jika tersiram air dan cocok juga untuk Anda yang misalnya sering beraktivitas di tempat yang berisiko terkena cipratan air.

9. Power Bank Pokemon Pokeball

9. Power Pokemon Pokeball

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 170.000

Bentuk Pokeball yang lucu dan dilengkapi lampu LED

Anda pasti tahu karakter Pokemon, bukan? Nah, power bank dengan bentuk Pokeball yang satu ini bisa menambah koleksi power bank bagi Anda yang menggemari Pokemon! Dengan kapasitas sebesar 6000 mAh, power bank ini bisa mengisi daya pada gadget sebanyak 1-2 kali sehingga Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai ketika sedang traveling atau berada di luar rumah.

Bentuknya yang unik dilengkapi dengan lampu indikator yang berisi keterangan daya yang tersisa pada power bank. Dengan output 5 V/1A, power bank ini terbilang cukup cepat dalam mengisi daya gadget Anda. Jadi, tidak perlu lama menunggu agar ponsel terisi penuh kembali!

8. Remax Proda Crave Series

8. Remax Proda Crave Series

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 178.500

Ingin kapasitas daya besar dan bentuk yang stylish? Remax Proda jawabannya!

Anda menginginkan power bank dengan bentuk stylish? Power bank merek Remax Proda ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Produk ini memiliki desain yang ramping, fashionable, dan stylish dengan kapasitas besar 12000 mAh. Anda bisa mengisi daya smartphone sebanyak 3-4 kali, lho!

Power bank ini dilengkapi dengan baterai polimer yang awet dan tahan lama, serta bahan dasar material solid ABS untuk bodinya yang mampu menahan panas dengan baik. Produk ini memiliki dua port USB dan dilengkapi fitur fast charging, cocok untuk Anda yang memiliki lebih dari satu gadget dan memerlukan pengisian daya yang cepat!

7. Universal Emoji Power Bank

7. Universal Emoji Power Bank

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 59.000

Dengan bodi luar terbuat dari bahan silikon, power bank ini anti pecah, lho!

Satu lagi power bank lucu yang bisa menjadi pilihan adalah produk dengan bentuk karakter emoji yang berwarna coklat ini yang bodi luarnya terbuat dari bahan silikon yang lembut dan nyaman untuk dipegang. Karena terbuat dari bahan silikon yang ringan, produk ini mudah dibawa saat bepergian dan tidak mudah pecah jika terjatuh.

Power bank hanya memiliki kapasitas daya 2600 mAh sehingga lebih cocok dijadikan cadangan baterai smartphone misalnya ketika Anda bepergian ke luar dalam janka waktu pendek. Meskipun kapasitas dayanya terbilang cukup kecil, bentuknya yang lucu bisa menambah koleksi atau bisa juga Anda berikan sebagai hadiah kepada teman atau keluarga.

6. Power Perisai Kapten America

6. Power Perisai Kapten America

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 178.500

Cocok dijadikan koleksi pecinta tokoh Captain America!

Power bank dengan bentuk unik menyerupai tameng Captain America ini didesain dengan 2 output port yang memungkinkan Anda mengisi dua gadget dalam waktu bersamaan. Produk ini terbuat dari material yang ringan sehingga memudahkan untuk dibawa menemani perjalanan Anda, terutama untuk kaum wanita yang tomboi dan suka terlihat keren. Kenapa tidak?

Power bank ini memiliki kapasitas daya 6800 mAh, cocok untuk mengisi daya smartphone ukuran besar atau untuk mengisi daya smartphone kecil hingga dua kali. Selain produk dengan output 1 A, power bank ini juga tersedia dalam pilihan arus 2 A untuk Anda yang ingin mengisi daya baterai pada gadget dengan lebih cepat.

5. Anker PowerCore Mini

5. Anker PowerCore Mini

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 494.000

Bentuk yang simpel seperti lipstik dan ringan untuk dibawa-bawa

Power bank dari Anker ini tersedia dengan ukuran mini dengan bentuk tabung yang menyerupai lipstik. Dengan ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan, produk ini mudah untuk dibawa-bawa di dalam tas atau bahkan dimasukkan ke dalam saku celana Anda. Sangat praktis, bukan?

Kapasitas yang dimilikinya memang tidak terlalu besar, yakni 3350 mAh. Akan tetapi, dengan bentuknya yang simpel, power bank ini sudah cukup untuk menjadi cadangan pengisi daya pada gadget Anda. Selain itu, produk ini didesain dengan menggunakan baterai berkualitas tinggi dari Panasonic yang memastikan kinerja power bank dan pengamanannya.

4. Optimuz Power Bank

4. Optimuz Power Bank

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 100.000

Desain simpel, kompatibel untuk semua gadget

Power bank Optimuz bisa menjadi salah satu pilihan power bank Anda karena beberapa keunggulan yang dimilikinya. Di antaranya adalah desain yang sangat tipis, elegan dan simpel, serta warna gradasi yang menarik dan lucu, cocok sekali bagi para wanita yang menginginkan tampilan power bank yang menarik, tetapi tidak berlebihan.

Dengan daya sebesar 6000 mAh, produk ini bisa digunakan untuk mengisi daya smartphone berukuran besar atau beberapa kali pengisian smartphone ukuran kecil. Selain itu, Anda tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengisi daya pada gadget, karena power bank ini memiliki output dan input sebesar 1 A.

3. Remax Proda Power Bank – Seri Kangguru

3. Remax Proda Power Bank - Seri Kangguru

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 203.000

Terbuat dari aluminium pilihan, dijamin awet!

Brand Remax Proda telah mengeluarkan power bank edisi binatang, dan salah satunya adalah seri kangguru yang imut ini! Dengan kapaitas 10000 mAh, power bank ini tergolong agak berat, tetapi masih bisa dipertimbangkan untuk dibawa bepergian, misalnya saat Anda ingin melakukan road trip jarak jauh.

Power bank ini mempunyai dual output yang berbeda yaitu 5V/ 2A dan 5V/2.4A sehingga bisa digunakan untuk mengisi daya gadget Anda sekaligus dengan cepat. Produk ini terbuat dari bahan aluminium pilihan sehingga awet untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Samsung Fennec Fox

2. Samsung Fennec Fox

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 335.000

Sering ketinggalan kabel? Tidak lagi dengan Samsung Fennec Fox!

Brand Samsung sudah banyak mengeluarkan berbagai produk elektronik, salah satunya adalah power bank edisi Fennec Fox ini. Edisi ini terbilang spesial karena dirancang khusus untuk menunjukkan bahwa Samsung ikut ambil peduli terhadap hewan yang terancam punah.

Power bank ini memiliki daya 8400 mAh yang didesain menarik dengan warna yang lembut serta kabel pengisian yang terpasang pada power bank itu sendiri. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketinggalan kabel untuk mengisi daya gadget! Selain kabel yang tertanam di dalamnya, power bank ini juga dilengkapi port USB yang memungkinkan Anda mengisi daya dua gadget sekaligus.

1. Mediasonic Probox Nekohako

1. Mediasonic Probox Nekohako

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 288.000

Lucu, modis, dan dilengkapi perlindungan ganda!

Anda suka dengan karakter kucing? Power bank dari Probox Nekohako dengan bentuk karakter kucing yang lucu ini bisa menjadi pilihan untuk menemani aktivitas keseharian Anda maupun saat melakukan perjalanan! Selain karena bentuknya yang lucu, ukuran power bank ini juga pas untuk digenggam sehingga akan terasa lebih praktis ketika Anda mengeluarkannya dari dalam tas.

Produk ini menggunakan silikon khusus untuk perlindungan kabelnya agar terhindar dari risiko korslet pada saat pengisian daya. Selain itu, power bank ini juga dilengkapi dengan berbagai perlindungan ganda, di antaranya over-charge protection dan over-current protection, yang memastikan Anda merasa aman saat menggunakannya.

Perhatikan kapasitasnya jika akan dibawa ke dalam pesawat

Perhatikan kapasitasnya jika akan dibawa ke dalam pesawat

Power bank biasanya menggunakan lithium ion sebagai baterainya, dan lithium ion sendiri adalah material yang bisa berisiko menimbulkan api atau ledakan akibat faktor eksternal seperti panas atau goncangan. Oleh karena itu, umumnya power bank harus dibawa ke kabin dan tidak boleh dimasukkan ke dalam tas yang disimpan ke bagasi pesawat.

Selain itu, masing-masing maskapai penerbangan juga memiliki perbedaan batas maksimal kapasitas power bank yang bisa dibawa ke dalam kabin pesawat. Jadi, ada baiknya untuk memastikan terlebih dahulu apakah power bank yang Anda miliki telah memenuhi standar dari maskapai penerbangan yang akan Anda gunakan.

Tip agar power bank lebih awet

Jika Anda memiliki power bank yang lucu, tetapi tidak awet pemakaiannya, tentu sangat disayangkan, bukan? Berikut tip yang bisa digunakan agar power bank Anda bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama.

Hindari suhu tinggi

Hindari suhu tinggi

Power bank akan cepat rusak jika berada pada ruangan atau lingkungan dengan suhu yang tinggi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk tidak menyimpan power bank pada tempat bersuhu tinggi atau kegiatan yang membuat power bank menjadi panas, misalnya bermain game saat ponsel sedang diisi power bank, atau meninggalkan power bank di mobil di bawah paparan matahari yang kuat. Selain itu, saat mengisi daya ke gadget dari power bank, akan lebih baik jika Anda mengisi daya sedikit demi sedikit dibandingkan melakukannya sekaligus dalam rentang waktu yang lebih lama.

Gunakan baterai antara 10-80%

Gunakan baterai antara 10-80%

Pengisian daya pada power bank sebaiknya dilakukan saat dayanya berada di antara sepuluh hingga 80 persen. Hal ini bertujuan agar daya yang ada di dalamnya lebih awet. Jika baterai dibiarkan kosong hingga 0% atau penuh sampai 100%, lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan. Jadi, jangan biarkan baterai berada dalam kondisi 0% untuk jangka waktu yang lama dan hindari pengisian berlebihan agar power bank lebih awet.

Tanda bahwa power bank harus diganti

Tanda bahwa power bank harus diganti

Salah satu tanda bahwa Anda harus mengganti power bank dengan yang baru adalah ketika pengisian daya hanya bisa setengah atau bahkan kurang dibandingkan saat pertama dibeli. Jika Anda biasa mengisi daya power bank setiap tiga hari sekali, minimal setelah empat tahun Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Kesimpulan

Setelah mengetahui cara memilih power bank, mempertimbangkan poin-poin yang harus diperhatikan serta melihat produk-produk yang direkomendasikan, apakah membantu Anda untuk menentukan pilihan?

Pilihlah power bank dengan melihat berbagai faktor, tidak hanya melihat bentuknya saja, tetapi dari kelebihan maupun kekurangannya juga. Temukan power bank terbaik yang lucu, unik yang akan menjadi teman gadget Anda dalam berbagai aktivitas baik di dalam maupun luar ruangan!