• 10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Harness (Tali Anjing) yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)

Bila Anda memiliki anjing peliharaan, mengajak anjing berjalan-jalan adalah suatu keharusan agar anjing terhindar dari stres. Saat melakukan kegiatan ini, tentunya Anda membutuhkan harness atau tali anjing. Namun, di pasaran sangat banyak tali anjing yang bagus sehingga mungkin membingungkan Anda.


Untuk itu, kami akan memberikan tips untuk memilih harness anjing agar Anda mudah menemukan produk yang tepat. Harness untuk anjing besar seperti Husky dan anjing kuat seperti Pitbull dan Herder akan kami berikan. Anda akan menjumpai merek Ferplast, Puppia, dan Rabbitgoo. Jadi, mari simak selengkapnya!

  • Pembaharuan terakhir: 27 Mei 2022
Daftar isi

Perbedaan harness dengan collar

Perbedaan harness dengan collar

Harness adalah alat berupa tali atau kain yang melingkari torso anjing. Berbeda dengan collar atau kalung anjing, harness dirancang agar membuat anjing lebih aman dan nyaman ketika berjalan-jalan. Tali yang melingkar hingga ke bagian dada anjing tersebut akan membuat Anda lebih mudah mengontrol dan mengarahkan si anabul.


Sementara itu, collar hanya melingkari leher anjing sehingga dapat membuat leher anjing sakit saat menariknya terlalu kencang. Dengan memakai harness, anjing kesayangan akan lebih gembira saat berjalan-jalan dan lebih leluasa bernapas meski ia menarik talinya dengan kencang.

Cara memilih harness (tali anjing)

Setidaknya ada tiga hal yang perlu menjadi perhatian Anda sebelum memutuskan untuk membeli harness. Hal-hal apa sajakah itu?

Pilih berdasarkan bentuknya

Bentuk harness secara garis besar terbagi menjadi tiga tipe, yaitu tipe 8-shaped, tipe shoulder, dan tipe fashionable. Pahami keunggulan dari masing-masing tipe dan pilih yang paling sesuai untuk anjing Anda.

Tipe yang digantung pada leher (8-shaped), pas untuk anjing yang suka menarik tali kekang

Tipe yang digantung pada leher (8-shaped), pas untuk anjing yang suka menarik tali kekang

Tipe harness ini bentuknya menyerupai angka delapan dengan salah satu loop dikenakan pada bagian leher anjing. Harness ini ideal untuk anjing berukuran besar serta anjing dengan kebiasaan menarik-narik tali kekang ketika berjalan. Sebab, harness ini akan memberikan tekanan pada leher anjing apabila ia menariknya terlalu kuat.


Selain itu, tipe 8-shaped cocok digunakan untuk melatih kedisiplinan anjing, lho. Hal ini dimungkinkan karena bentuk semacam ini akan memudahkan Anda untuk melakukan kontrol pada anjing.


Untuk anjing yang kurang suka dipegang di bagian kaki, harness yang digantung pada leher lebih sesuai. Sebab, Anda tinggal mengalungkan strap pada leher anjing dan mengencangkan strap satunya lagi. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengubah posisi anjing saat memakaikan harness.

Tipe yang digunakan melewati kedua bahu, tidak menekan trakea anjing

Tipe yang digunakan melewati kedua bahu, tidak menekan trakea anjing

Anjing dengan sistem pernafasan yang lemah serta anjing berusia tua disarankan menggunakan harness dengan bentuk ini. Bentuk harness ini tidak menekan trakea sehingga bisa digunakan dengan aman dan tidak membuat anjing menjadi batuk.


Akan tetapi, Anda akan sedikit kesulitan memegang kendali saat anjing berusaha menarik-narik. Ini disebabkan karena tidak adanya tekanan pada bagian leher sehingga anjing akan terus menarik dengan sekuat tenaga. Karena itu, tipe ini hanya direkomendasikan bagi anjing dengan kriteria yang telah dijelaskan di atas.


Sebagian anjing tetap menarik tali kekang walaupun nafasnya terengah-engah. Hal ini karena anjing tidak mengerti bahwa dengan menarik tali, justru hal itu akan menghambat sirkulasi pernapasannya. Jadi, pilihlah harness tipe ini bila anjing Anda memiliki pernapasan yang lemah atau sudah memasuki usia senior.

Tipe yang fashionable, tampak stylish dengan beragam desain

Tipe yang fashionable, tampak stylish dengan beragam desain

Harness tipe ini biasanya tidak diproduksi dalam skala pabrik, melainkan dibuat dengan jumlah terbatas atau sesuai permintaan konsumen. Pada bagian belakang harness terdapat beragam desain yang dilengkapi dengan loop besi untuk memasukkan tali. Betul-betul terlihat stylish, bukan?


Namun, daya tahannya akan menjadi persoalan karena harness ini terbuat dari bahan yang sama dengan pakaian biasa. Harness dengan bahan ini tidak cukup kuat serta mudah koyak sehingga segi keamanannya diragukan. Itu sebabnya harness tipe fashionable hanya direkomendasikan untuk keperluan foto dan bukan untuk berjalan-jalan di tempat umum.

Sesuaikan dengan kegunaan yang Anda inginkan

Sesuaikan dengan kegunaan yang Anda inginkan

Hal berikutnya yang perlu menjadi perhatian adalah kegunaan dari sudut pandang pemilik anjing. Anda dapat memilih harness sesuai kegunaan seperti contoh berikut ini.


  • Harness yang membuat anjing mudah dikontrol
  • Harness dengan struktur mudah dilepas-pasang
  • Harness yang memiliki reflector tape untuk Anda yang sering membawa anjing berjalan-jalan di malam hari.
  • Harness dengan pegangan di bagian belakang untuk menangani situasi-situasi yang membutuhkan kontrol secara cepat. Situasi tersebut contohnya di saat anjing Anda berusaha melompat ke arah orang tak dikenal atau anjing lain.
  • Harness yang terhubung ke moncong atau tulang dada untuk anjing berukuran sedang dan besar dengan kecenderungan menarik-narik. Harness demikian akan membuat anjing secara alami menengokkan wajahnya ke arah Anda ketika Anda menarik tali harness.

Periksa bahan dan keawetan produk

Periksa bahan dan keawetan produk

Selain poin-poin di atas, Anda juga perlu memilih harness yang kuat untuk digunakan setiap hari. Periksalah kekuatan harness dalam menahan tarikan dan ketahanannya ketika dicuci berulang-ulang. Untuk mengetahui hal itu, Anda perlu mengetahui karakteristik dari masing-masing bahan. Sebagai contoh, harness dari kulit sintetis mudah rusak dan lubang pengaitnya gampang lepas. Lalu, harness dengan velcro tape daya rekatnya relatif lemah dan anjing sering terganggu dengan bunyinya.


Selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan kualitas besi yang digunakan agar harness awet dipakai. Penting untuk diingat, besi berkualitas rendah dengan harga murah memiliki daya tahan yang rendah.


Sebagai informasi tambahan, harness fashionable berbahan kain fungsinya cenderung tidak optimal dan mudah rusak. Jika Anda tetap ingin membeli harness model ini, Anda harus siap untuk melengkapi aspek fungsionalnya.


Satu hal lagi, harness produksi perorangan biasanya dijual dengan harga mahal karena biaya material yang tinggi. Akan tetapi, harga fantastis tidak menjadi jaminan bahwa harness tersebut memiliki kualitas yang baik. Demi keamanan dan kenyamanan, kami sarankan Anda memilih produk dari produsen tepercaya atau yang direkomendasikan oleh para profesional.

10 Rekomendasi harness (tali anjing) terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk harness (tali anjing) terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10
UkuranTidak disebutkan
Fungsi lainMicro regulation closing system
Lingkar harness37-45 cm, 42-50 cm, 57-65 cm, 69-77 cm, dan 77-85 cm
BahanNilon
9

RabbitgooNo Pull Dog Harness with 2 Leash Clips

Mulai dari Rp 525.000,00

UkuranS, M, L, dan XL
Fungsi lainReflector, adjustable strap
Lingkar harnessS (39-70 cm), M (48-74 cm), L (52-91 cm), XL (51-100 cm)
BahanMesh padded
8
UkuranM, L, XL
Fungsi lainTempat botol minum, tahan air, dan sistem perekat
Lingkar harnessM (49-70 cm), L (70-95 cm), dan XL (86-115 cm)
BahanNylon
7

RockwareDog Leash Adjustable Harness Neck Collar Set Canvass Model

Mulai dari Rp 75.000,00

UkuranS, M, L, XL
Fungsi lainAdjustable belt
Lingkar harnessS (25-40 cm), M (30-45 cm), L (40-60 cm), dan XL (60-80 cm)
BahanJeans dan nilon
6
UkuranS, M, L, XL, XXL
Fungsi lainReflector, adjustable strap
Lingkar harnessS (50-55 cm), M (55-65 cm), L (65-80 cm), XL (70-90 cm), dan XXL (90-125 cm)
BahanNilon
5
UkuranS, M, L
Fungsi lainTidak disebutkan
Lingkar harnessS (26-45 cm), M (33-50 cm), L (42-58 cm)
BahanNilon
4
UkuranXS, S, M, L, XL
Fungsi lainGlow in the dark
Lingkar harnessXS (27 cm), S (34 cm), M (40 cm), L (44 cm), XL (51 cm)
BahanMesh
3
UkuranS, M, L
Fungsi lainTidak disebutkan
Lingkar harnessS 920-40 cm), M (36-50 cm), L (46-64 cm)
BahanKain
2
UkuranM, L, XL
Fungsi lainSafety snap, adjustable strap, pegangan di belakang
Lingkar harnessM (52-60 cm), L (63-77 cm), XL (72-91 cm)
BahanKain oxford (poliester)
1
UkuranXS, S, M, L
Fungsi lainAdjustable strap
Lingkar harnessXS (32-46 cm), S (37-52 cm), M (42-59 cm), L (48-67 cm)
BahanTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk harness (tali anjing) terbaik

Gambar produk
1
Bestguard Dog Harness 1

Bestguard

2
Breathable Harness Leash 1

3
Harness Bow Tie 1

4
Rompi Harness Reflektif 1

5
Tuxedo Harness untuk Anjing 1

6
Police K9 Dog Harness 1

Police K9

7
Rockware Dog Leash Adjustable Harness Neck Collar Set Canvass Model 1

Rockware

8
Military Army Vest Harness 1

9
Rabbitgoo No Pull Dog Harness with 2 Leash Clips 1

Rabbitgoo

10
Ferplast Agila Sport 2 1

Ferplast

Nama produk

Dog Harness

Breathable Harness Leash

Harness Bow Tie

Rompi Harness Reflektif

Tuxedo Harness untuk Anjing

Dog Harness

Dog Leash Adjustable Harness Neck Collar Set Canvass Model

Military Army Vest Harness

No Pull Dog Harness with 2 Leash Clips

Agila Sport 2

Keunggulan

Harganya ekonomis, pas untuk anjing pemburu

Firm di tangan, tali anjing tepat untuk Husky yang superaktif

Imut untuk dikenakan ke anabul berukuran kecil

Reflektornya besar, si anabul jadi makin aman berjalan pada malam hari

Tali anjing kecil dan anak anjing yang tampak menggemaskan

Tampil layaknya anjing pelacak kepolisian

Dua fungsi dalam satu produk, praktis!

Tali anjing besar yang terasa mantap, pas untuk Herder atau Pitbull

Dilengkapi reflector, jalan-jalan malam tidak masalah

Teknologi micro regulation, pengaturan menjadi mudah

Harga mulai dariRp 30.000,00Rp 89.999,00Rp 50.405,00Rp 49.000,00Rp 58.000,00Rp 330.000,00Rp 75.000,00Rp 350.000,00Rp 525.000,00Rp 266.000,00
UkuranXS, S, M, LM, L, XLS, M, LXS, S, M, L, XLS, M, LS, M, L, XL, XXLS, M, L, XLM, L, XLS, M, L, dan XLTidak disebutkan
Fungsi lainAdjustable strapSafety snap, adjustable strap, pegangan di belakangTidak disebutkanGlow in the darkTidak disebutkanReflector, adjustable strapAdjustable beltTempat botol minum, tahan air, dan sistem perekatReflector, adjustable strapMicro regulation closing system
Lingkar harnessXS (32-46 cm), S (37-52 cm), M (42-59 cm), L (48-67 cm)M (52-60 cm), L (63-77 cm), XL (72-91 cm)S 920-40 cm), M (36-50 cm), L (46-64 cm)XS (27 cm), S (34 cm), M (40 cm), L (44 cm), XL (51 cm)S (26-45 cm), M (33-50 cm), L (42-58 cm)S (50-55 cm), M (55-65 cm), L (65-80 cm), XL (70-90 cm), dan XXL (90-125 cm)S (25-40 cm), M (30-45 cm), L (40-60 cm), dan XL (60-80 cm)M (49-70 cm), L (70-95 cm), dan XL (86-115 cm)S (39-70 cm), M (48-74 cm), L (52-91 cm), XL (51-100 cm)37-45 cm, 42-50 cm, 57-65 cm, 69-77 cm, dan 77-85 cm
BahanTidak disebutkanKain oxford (poliester)KainMeshNilonNilonJeans dan nilonNylonMesh paddedNilon
Tautan produk

Cara pasang tali anjing dengan benar

Cara pasang tali anjing dengan benar

Memakaikan harness pada anjing sebetulnya tidak sulit ketika Anda sudah terbiasa. Namun, banyak orang tidak paham seberapa kencang harness harus dipasang karena bentuknya lebih rumit dibandingkan kalung anjing.


Agar dapat memasangnya dengan baik, Anda dapat menggunakan jari sebagai patokan. Kekencangan harness dianggap pas apabila dua jari Anda bisa masuk di sela-sela antara badan anjing dan harness. Berikut beberapa langkah dalam memasang harness anjing.


  • Berjongkoklah di belakang anjing Anda dan taruh dia dalam posisi berdiri atau duduk.
  • Masukkan kepala anjing melalui tali kekang dan diikuti dengan memasukkan kedua kakinya.
  • Setelahnya pastikan tali kekang cukup kencang, tetapi tidak sampai mencekik anjing. Pastikan ada jarak dua jari antara harness dengan tubuh atau leher anjing.

Baca juga rekomendasi aksesori dan perlengkapan anjing lainnya di sini

Semoga Anda sudah mengetahui produk yang ingin dibeli setelah menyimak rekomendasi kami ini. Selain itu, kami juga mempunyai beberapa rekomendasi aksesoris dan perlengkapan untuk anjing kesayangan Anda. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan produk-produk yang kami rekomendasikan untuk Anda? Selain mengontrol anjing ketika berjalan-jalan, harness juga akan membuat anjing terlihat lebih trendi. Kegiatan jalan-jalan bersama anjing kesayangan Anda pun akan lebih menyenangkan.


Oleh karena harness adalah benda yang rutin digunakan, memilih produk sesuai kebutuhan sangatlah penting. Semoga penjelasan dari kami membantu Anda menemukan produk yang Anda perlukan. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Shampo Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Anjing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Setiap dog lover pasti mendambakan seekor anjing dengan bulu yang sehat berkilau. Anda dapat mewujudkan keinginan ini dengan bantuan sampo anjing. Namun, dari banyaknya merek sampo anjing di pasaran, manakah yang bagus untuk hewan kesayangan Anda?Kami akan membantu Anda mendapatkan sampo anjing terbaik. Tak hanya berbagi informasi mengenai cara memilih, kami juga akan memberikan rekomendasi merek sampo anjing yang bagus. Anda akan menjumpai sampo antikutu dari Purotex, sampo anjing antirontok BUD-DEE, hingga sampo untuk mengatasi jamur, Miconazole. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kalung Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kalung atau collar anjing merupakan aksesori yang bisa memudahkan Anda saat mengajak anjing berjalan-jalan. Ada berbagai desain kalung anjing yang dijual di pet shop ataupun online shop. Namun, banyaknya kalung anjing yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih. Karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara memilih serta memperkenalkan sepuluh rekomendasi kalung anjing terbaik kepada Anda. Kalung dengan fitur tambahan seperti yang dilengkapi dengan LED juga turut kami ulas. Jadi, bagi Anda yang memelihara anjing di rumah, simak terus artikel ini, ya!
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Anjing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, makin banyak orang yang memelihara anjing. Oleh karena itu, kebutuhan akan kandang anjing baik untuk anjing besar maupun anjing kecil tentu meningkat. Apalagi, kandang anjing kadang digunakan sebagai tempat tidur dan beristirahat oleh anjing Anda.Terdapat beragam kandang anjing dengan berbagai ukuran, bahan, warna, serta harga beredar di pasaran. Kami akan menjelaskan cara memilih serta memberikan sepuluh rekomendasi kandang anjing dari berbagai merek yang bagus. Pilihlah kandang anjing berkualitas dalam artikel ini untuk anjing kesayangan Anda. Selamat berbelanja!
    Perawatan anjing
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Terbaik untuk Anjing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada banyak mainan dengan berbagai bentuk yang dapat membuat anjing Anda menjadi makin sehat, pintar, dan disiplin. Terdapat banyak jenis mainan anjing beredar di pasaran. Bila Anda baru pertama kali memelihara anjing, mungkin Anda bingung harus memilih mainan yang mana, bukan?Kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mainan terbaik untuk anjing. Ada mainan untuk dikunyah, untuk bermain lempar tangkap, perawatan gigi, atau untuk sekadar melatih anjing. Ada mainan anjing merek KONG, Nylabone, dan sebagainya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga.
    Perawatan anjing
  • 10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Mainan Terbaik untuk Anjing Kecil - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Kali ini, kami akan membahas mengenai mainan anjing. Mainan ini dikhususkan untuk jenis anjing kecil seperti corgy, chihuahua, dan anjing kecil lainnya. Banyak mainan anjing dari berbagai merek, seperti KONG, M-PETS, Nylabone, dan lain-lain. Jenis dan fungsi mainan yang beragam mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilihnya.Kami akan menjelaskan beberapa hal yang patut Anda pertimbangkan saat memilih mainan anjing. Kami juga akan memberikan rekomendasi mainan untuk anjing kecil Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Tito Suprayoga. Temukanlah mainan yang paling cocok untuk anjing kecil Anda!
    Perawatan anjing
  • 10 Rekomendasi Pet Cargo Anjing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pet Cargo Anjing yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Pet cargo sangat diperlukan untuk bepergian dengan anjing Anda. Tas ini berguna ketika Anda ingin bepergian baik menggunakan transportasi pribadi maupun umum, seperti pesawat, bus, dan kereta. Apakah Anda memiliki masalah untuk memilih produk pet cargo yang sesuai?Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih pet cargo yang tepat. Kami juga akan merekomendasikan produk pet cargo yang bagus dari berbagai merek baik untuk anjing kecil maupun anjing besar. Beberapa produk tersebut antara lain Sling Bag Pet Carrier, Folding Pet Carrier, dan Tas Astronot Anjing. Pahami artikelnya sampai selesai, ya!
    Perawatan anjing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori