10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini termasuk cukup sering digunakan di rumah. Model dan mereknya pun beragam, mulai dari Sharp, Philips, Oxone, dan merek lainnya. Anda mungkin bingung memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Untuk itu, artikel ini akan membahas cara memilih blender dan rekomendasi produk terbaik yang telah kami pilih dengan saksama. Kami juga akan menjelaskan perbedaannya dengan juicer dan food processor. Langsung saja, ya!

Daftar isi

Perbedaan antara blender dengan peralatan lain yang sejenis

Perbedaan antara blender dengan peralatan lain yang sejenis

Anda mungkin pernah melihat blender, food processor, dan juicer. Alat-alat tersebut terlihat mirip, tetapi sebetulnya memiliki tujuan penggunaan yang berbeda. Blender atau mixer adalah alat yang dapat digunakan untuk memotong makanan seperti buah atau sayur menjadi berukuran kecil, kemudian diaduk halus dengan menggunakan energi putar menjadi cairan.

Food processor adalah alat untuk memotong makanan dengan mata pisau yang cukup besar. Biasanya alat ini digunakan untuk menggiling daging dan sayuran. Sementara itu, juicer adalah alat untuk melumat atau memeras makanan, bukan memotong. Sekilas, ketiga alat ini terlihat sama, tetapi sebetulnya memiliki keunggulan yang berbeda. Jadi, pilihlah alat yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagi Anda yang tertarik ingin memiliki produk juicer dan food processor terbaik, Anda dapat melihatnya di rekomendasi artikel kami lainnya pada akhir artikel ini.

Cara memilih blender

Berikutnya, kami akan menjelaskan poin-poin yang harus diperhatikan dalam memilih blender yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Daya listrik yang digunakan akan memengaruhi hasil

Daya listrik yang digunakan akan memengaruhi hasil

Apabila Anda menginginkan tekstur lembut yang maksimal, kami merekomendasikan blender dengan kekuatan memotong yang tinggi. Daya putar blender bisa dilihat dari banyaknya daya listrik yang dibutuhkan. Maka dari itu, pastikan Anda mengeceknya sebelum membeli.

Blender pada umumnya membutuhkan daya listrik sekitar 180 watt hingga 900 watt. Semakin besar daya listriknya berarti kemampuan memotongnya semakin besar juga. Jika Anda menginginkan hasil yang sedikit bertekstur, kami menyarankan blender dengan daya sekitar 200 watt saja.

Pilih bentuk mata pisau yang sesuai dengan penggunaan Anda

Pilih bentuk mata pisau yang sesuai dengan penggunaan Anda

Terdapat dua tipe mata pisau pada blender yaitu flat blade cutter dan wave blade cutter. Bentuk mata pisau pada flat blade cutter adalah lurus, sedangkan wave blade cutter lebih bergelombang.

Flat blade cutter sangat cocok digunakan untuk memotong tumbuhan dan mengaduk daging giling. Apabila mata pisaunya bisa dilepas, Anda dapat mengasahnya seperti pisau biasa. Di sisi lain, tipe wave blade cutter cocok untuk menghancurkan makanan yang keras seperti kacang, es, dan lain-lain. Karena tipe ini memiliki kekuatan menghancurkan dan adukan yang kuat, tipe ini cocok untuk membuat smoothies dan hidangan lain yang terdiri dari campuran berbagai bahan.

Bahan mata pisau juga menentukan daya tahannya. Bahan stainless steel sangat kami rekomendasikan, karena tidak mudah berkarat dan mudah dibersihkan.

Perhatikan kapasitas blender

Perhatikan kapasitas blender

Poin penting lain dalam memilih blender adalah kapasitas blender. Blender dengan kapasitas yang besar akan lebih memudahkan Anda saat membuat jus untuk seluruh anggota keluarga Anda.

Sebagai patokan, smoothies yang dikonsumsi per orang dalam sekali minum biasanya 200 ml. Jadi, jika Anda berencana membuat smoothies untuk tiga orang, pilihlah blender dengan kapasitas minimal 600 ml. Pastikan bahwa Anda mempertimbangkan jumlah sajian yang hendak dibuat dalam sekali proses.

Akan lebih nyaman jika Anda menggunakan produk yang tidak bising

Akan lebih nyaman jika Anda menggunakan produk yang tidak bising

Karena blender sering digunakan, penting untuk memperhatikan besar suara yang dihasilkan. Semakin besar suara yang dihasilkan, tentu akan membuat Anda merasa terganggu.

Cara terbaik untuk mengetahui besar suara yang dihasilkan adalah dengan mencobanya langsung di toko sebelum membeli. Namun, Anda harus ingat bahwa blender tersebut sebaiknya dalam keadaan kosong saat dites di toko. Jadi, dapat diasumsikan bahwa suara yang dihasilkan oleh blender tersebut akan lebih besar ketika digunakan di rumah. Apabila Anda membelinya di toko online, periksalah review mengenai produk tersebut terlebih dahulu.

Jangan lupa untuk memastikan ada tidaknya fungsi pengaman

Jangan lupa untuk memastikan ada tidaknya fungsi pengaman

Blender memiliki mata pisau yang menempel di bagian dasarnya. Pisau ini dapat melukai Anda apabila tidak sengaja menyala atau terjadi malafungsi ketika Anda membersihkannya atau sedang mengutak-atik bagian blender. Beberapa blender bahkan dapat menyala walaupun penutupnya tidak dipasang.

Oleh karena itu, pilihlah blender yang memiliki fitur pengaman. Misalnya, pilih blender dengan mesin yang tidak akan menyala jika Anda tidak memasang bagian penutupnya dengan baik. Selain itu, untuk keamanan lebih baik Anda tidak menyambungkan blender dengan listrik ketika membersihkannya.

Ingatlah bahwa fitur pengaman ini tidak otomatis ada pada produk-produk yang harganya mahal. Periksalah selalu deskripsi produk blender yang akan Anda beli beserta dengan fitur pengamannya.

Periksa fitur tambahan yang tersedia

Beberapa produk memiliki fitur tambahan yang tentunya dapat mempermudah Anda ketika menggunakan blender. Berikut adalah fitur tambahan yang banyak disertakan pada blender. Mari lihat satu per satu!

Pilih blender yang memiliki pengatur kecepatan

Pilih blender yang memiliki pengatur kecepatan

Tahukah Anda bahwa nutrisi yang terkandung dalam sayuran dan buah-buahan dapat rusak jika digiling dengan kecepatan yang terlalu tinggi? Blender yang menggiling dengan kecepatan rendah dapat menjaga nutrisi pada sayuran dan buah Anda dengan lebih baik. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan nutrisi alami dari buah untuk memaksimalkan kesehatan Anda.

Jika Anda ingin membuat jus dengan kandungan nutrisi yang tinggi, kami merekomendasikan blender dengan kecepatan putaran yang rendah. Beberapa blender memiliki kecepatan yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, pilihlah blender dengan fungsi pengatur kecepeatan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk Anda yang menyukai smoothie, terdapat pula beberapa blender yang disertai dengan botol untuk menyajikan smoothie. Beberapa di antaranya juga dirancang agar dapat disimpan dalam kulkas. Bagi Anda yang tertarik dengan produk smoothie blender terbaik, Anda dapat melihatnya di rekomendasi artikel kami lainnya pada akhir artikel ini.

Blender yang mudah dibersihkan akan lebih praktis

Blender yang mudah dibersihkan akan lebih praktis

Pada saat memilih blender, kemudahan ketika dibersihkan adalah hal penting. Apabila mata pisau bisa dilepas dari blender, membersihkannya akan lebih mudah dan dapat membantu mencegah tangan Anda terluka.

Selain itu, blender dari bahan antigores seperti kaca akan lebih awet meskipun telah dicuci berkali-kali. Apabila Anda sering memakai blender, pilihlah produk yang mudah dicuci dengan air. Akan lebih praktis jika blender tersebut juga dapat dibersihkan di mesin pencuci piring.

10 Rekomendasi blender terbaik

Nah, apakah Anda sudah memahami cara memilih blender yang baik? Jika sudah, sekarang saatnya Anda memilih produk yang tepat. Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi produk blender yang telah kami pilih dengan saksama.

10. Cosmos Blender Plastik CB-180 Trinity/F

10. Cosmos Blender Plastik CB-180 Trinity/F

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 279.000

Dilengkapi dengan tiga lapis mata pisau

Apabila Anda memiliki anak kecil di rumah, mungkin blender berbahan plastik akan lebih aman bagi Anda. Produk dari Cosmos ini terbuat dari material plastik food grade sehingga aman untuk mengolah makanan dan minuman. Didukung dengan tiga lapis mata pisau pada produk ini, Anda dapat menghaluskan berbagai makanan dengan hasil memuaskan.

Pada saat membeli produk ini, Anda juga akan memperoleh wadah blender berukuran kecil yang dapat digunakan untuk menggiling kacang dan biji-bijian. Mengenai faktor keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena blender ini dilengkapi dengan fitur pengaman panas dan juga kunci pengaman.

9. Philips Daily Collection Blender HR2057/03

9. Philips Daily Collection Blender HR2057/03

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 285.000

Untuk Anda yang ingin menjaga tekstur dan kandungan nutrisi dalam makanan

Akan sangat baik jika Anda dapat mengolah makanan dengan tepat sehingga tidak merusak kandungan nutrisi di dalamnya. Blender ini dapat membantu menjaga manfaat baik dari makanan yang Anda giling karena hanya menggunakan daya listrik sebesar 280 watt. Selain itu, mata pisaunya terbuat dari bahan baja antikarat sehingga lebih awet.

Membersihkan produk ini juga mudah karena semua komponen yang dapat dilepas dan dipasang bisa dibersihkan dengan mesin pencuci piring. Ditambah lagi, di bagian bawah blender ini terdapat ruang kecil yang berfungsi untuk menyimpan kabel. Dengan demikian, menyimpannya juga terasa lebih praktis

8. Shake N Take 3 Blender

8. Shake n Take 3 Blender

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 107.000

Blender yang sekaligus berfungsi sebagai botol minum. Tumpukan piring kotor Anda otomatis berkurang!

Shake N Take 3 adalah blender yang akan mempermudah Anda ketika membuat jus dan smoothie setiap harinya. Hal tersebut dikarenakan tempat blender dapat langsung digunakan sebagai botol minum tanpa harus dituang ke wadah lain lagi. Anda cukup menghubungkan botol dengan mesin blender yang tersedia.

Fitur tersebut tentunya juga akan mengurangi jumlah piring kotor Anda di rumah. Di samping itu, produk ini memiliki desain warna yang sporty sehingga tetap terlihat keren ketika dibawa bepergian. Saat membeli blender ini, Anda juga akan mendapatkan tutup botol sehingga Anda tidak perlu terburu-buru menghabiskan jus yang dibuat.

7. Philips Daily Collection Blender HR2106/00

7. Philips Daily Collection Blender HR2106/00

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 469.000

Tahan lama karena terbuat dari kaca

Material kaca dikenal lebih awet karena warna dan baunya tidak akan berubah, serta tidak mudah tergores. Nah, blender yang satu ini memiliki wadah berbahan kaca. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengenai daya tahannya. Kapasitas wadahnya pun cukup besar yaitu 1,5 liter. Anda tidak akan merasa kerepotan ketika menyediakan smoothie untuk seluruh anggota keluarga.

Tidak hanya material wadah, tetapi bilah pisau di blender ini pun berkualitas. Dengan bilah pisau ProBlend 4, produk ini dapat memotong dan mencampur bahan makanan dengan efektif. Smoothie Anda akan terasa sangat lezat dan lembut. Selain itu, Philips 2106/00 dilengkapi dengan indikator kunci yang membantu Anda untuk mengetahui apakah blender ini siap digunakan.

6. Philips Daily Collection Blender Tangan HR1603/00

6. Philips Daily Collection Blender Tangan HR1603/00

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 575.000

Hand blender yang juga dapat difungsikan sebagai mixer

Selain memiliki desain yang menarik, blender tangan ini dapat dioperasikan dengan mudah. Anda cukup memasangkan pisau pemotong pada produk, kemudian menekan tombol yang tersedia. Mata pisaunya telah didesain berbentuk segitiga dengan teknologi ProMix sehingga menciptakan aliran putaran yang lebih lancar dan pemotongan yang lebih cepat.

Bukan hanya sebagai blender, produk ini juga dapat digunakan sebagai pengganti mixer saat Anda hendak membuat kue. Sangat serbaguna, ya! Dengan konsumsi daya listrik sebesar 550 watt, hand blender ini dapat memproduksi hasil gilingan yang halus. Menggunakannya pun akan terasa nyaman karena desain slim grip di bagian pegangan.

5. Berretta Portable Blender

5. Berretta Portable Blender

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 125.000

Pilihan tepat bagi Anda yang mobile karena memiliki baterai yang bisa diisi ulang

Bagi Anda yang sering bepergian atau banyak memiliki aktivitas di luar rumah, produk ini dapat menjadi pilihan tepat. Blender ini bekerja dengan menggunakan tenaga baterai yang dapat diisi ulang. Dalam keadaan baterai terisi penuh, Anda dapat menggunakan blender ini sebanyak sekitar sepuluh kali.

Bentuknya pun compact, menyerupai botol minum yang memiliki pisau pemotong di bagian bawah. Pisau pemotongnya dirancang agar dapat menghaluskan dengan lebih cepat. Produk ini dinilai sangat praktis dan bermanfaat. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membuat jus ketika Anda sedang travelling.

4. Oxone OX-864N Ice Blender Oxone – White

4. Oxone OX-864N Ice Blender Oxone - White

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 555.000

Nikmati sajian es campur homemade dengan adanya tombol penghancur es

Apakah Anda penggemar milkshake atau es campur? Jika ya, produk ini patut Anda coba. Blender ini memiliki tombol penghancur es yang dapat menggiling es hingga halus. Dengan begitu, Anda dapat kapan pun membuat sajian berbahan dasar es batu. Kapasitas blender ini juga cukup besar yaitu 1,5 liter untuk seluruh anggota keluarga.

Dari segi material, produk ini tidak akan mengecewakan karena terbuat dari bahan yang berkualitas. Pisau pemotongnya awet dan tahan lama, kemudian penyaringnya terbuat dari stainless steel. Wadahnya juga dibuat dari bahan yang awet dan aman untuk mengolah makanan Anda di rumah.

3. Signora Nutri Blender

3. Signora Nutri Blender

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukapalak

Harga : Rp 1.180.000

Produk compact dengan tenaga yang besar

Penampakan blender ini begitu compact dan ringkas sehingga tidak akan menghabiskan banyak ruang ketika disimpan. Meskipun tergolong mungil, konsumsi daya listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya sebesar 700 watt. Artinya, produk ini dapat memotong dan menghaluskan makanan Anda dengan tenaga yang besar sehingga prosesnya juga lebih cepat.

Pada blender ini tersedia tombol off, low, dan high untuk mengatur kecepatan yang Anda inginkan. Jika Anda sedang terburu-buru tombol high tentunya adalah pilihan yang baik. Akan tetapi, perhatikan pula juga nutrisi yang rusak akibat putaran yang terlalu cepat. Untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu, produk ini layak dicoba.

2. Sharp Blender Libre Premium Series EM-TI15LP(K)

2. Sharp Blender Libre Premium Series EM-TI15LP(K)

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 459.000

Percantik rumah Anda dengan blender yang elegan ini

Jika Anda menginginkan blender dengan tampilan yang elegan dan berkelas, produk ini dapat menjadi jawabannya. Interior rumah Anda akan terlihat semakin cantik dan mewah dengan adanya blender ini. Tidak hanya keren, produk ini juga tahan lama karena bagian jug-nya terbuat dari kaca, sedangkan pisau pemotongnya dari stainless steel.

Dengan daya tampung sebesar 1,5 liter, blender ini akan meringankan aktivitas Anda dalam menyiapkan smoothie bagi keluarga di rumah. Jika Anda ternyata juga seorang penggemar milkshake, produk ini semakin menyenangkan karena memiliki ice crusher. Milkshake buatan Anda akan terasa lebih lembut dan enak!

1. Sharp Blender EM-121-BK

1. Sharp Blender EM-121-BK

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 299.000

Konsumsi energi yang rendah dengan daya potong kuat

Daya listrik yang dibutuhkan oleh produk ini hanya sebesar 350 watt. Meskipun menggunakan energi yang tidak terlalu besar, tetapi daya potong blender ini sangat baik. Hal tersebut dikarenakan bentuk mata pisaunya yang didesain secara khusus agar dapat memotong dengan maksimal. Dengan demikian, tagihan listrik di rumah Anda tidak akan membengkak.

Bukan hanya itu, Anda juga akan diuntungkan dengan adanya tiga tingkat kecepatan yang dapat dipilih. Demi keamanan konsumen, Sharp merancang produk ini dengan safety lock function yang membuatnya tidak akan dapat menyala jika tidak terpasang dengan benar. Di sisi lain, kapasitas blender ini juga cukup besar untuk membuat jus bagi seluruh anggota keluarga.

Baca juga rekomendasi food processor atau juicer terbaik di sini!

Jika Anda membutuhkan food processor atau juicer, bacalah penjelasan lengkap dan rekomendasi produknya di sini!

Baca juga rekomendasi smoothie blender terbaik di sini!

Jika Anda ingin secara rutin membuat dan mengonsumsi smoothie, Anda dapat membaca rekomendasi smoothie blender di sini!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel kami, apakah Anda telah memutuskan blender yang akan dibeli? Dengan blender yang tepat, Anda akan dapat menikmati minuman yang lezat secara mudah.

Setiap orang menggunakan blender dengan cara yang berbeda, bergantung pada kebutuhannya. Oleh karena itu, pastikanlah blender yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Good luck!